Posts made by AYU ARINDA 2213053079

PKn SD 4I -> TUGAS

by AYU ARINDA 2213053079 -
Nama : Ayu Arinda
NPM : 2213053079

Teori belajar berkaitan dengan bagaimana siswa memproses dan menyerap informasi. Ini mencakup pemahaman tentang bagaimana siswa membangun pengetahuan, bagaimana mereka memahami dan menginterpretasikan informasi, dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses belajar mereka. Beberapa teori belajar yang populer adalah behavioristik, kognitif, konstruktivisme, humanistik, dan sibernetik.

Sementara itu, teori pembelajaran lebih berfokus pada bagaimana informasi disampaikan oleh guru. Ini mencakup strategi pengajaran, metode pembelajaran, dan alat atau bahan ajar yang digunakan. Tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Untuk pembelajaran nilai dan moral PKN SD, menurut pendapat saya , teori belajar konstruktivistik adalah teori paling efektif. Teori belajar konstruktivisme percaya bahwa pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri yang aktif dalam proses belajar. Guru bertindak sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk membuat koneksi antara konsep dan menerapkannya dalam konteks kehidupan nyata. Dalam konteks PKN, ini bisa berarti membantu siswa memahami bagaimana nilai-nilai seperti Pancasila diterapkan dalam situasi sehari-hari.

PKn SD 4I -> Tugas 2

by AYU ARINDA 2213053079 -
Nama : Ayu Arinda
NPM : 2213053079

Untuk kelas rendah SD, materi yang diajarkan biasanya lebih sederhana dan berorientasi pada pengenalan. Misalnya, siswa mungkin belajar tentang simbol-simbol nasional seperti bendera, lagu kebangsaan, dan lambang negara. Siswa juga bisa diperkenalkan kepada konsep dasar seperti apa itu negara, provinsi, dan kota. Materi ini biasanya disampaikan dengan cara yang menarik dan interaktif, misalnya melalui lagu, cerita, atau permainan.

Sementara itu, untuk kelas tinggi SD, materi PKN biasanya lebih kompleks dan mendalam. Siswa mulai belajar tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, struktur pemerintahan, serta nilai-nilai luhur bangsa seperti Pancasila dan UUD 1945. Misalnya, mereka mungkin belajar tentang bagaimana pemerintah bekerja, apa itu demokrasi, dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi dalam masyarakat.