Okta Alvonsa Modestia
2213053025
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran
Teori Belajar:Teori belajar menekankan proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan.Fokus pada perubahan perilaku dan pemahaman kognitif yang terjadi pada individu.Berfokus pada bagaimana individu mengorganisir, memproses, dan menggunakan informasi yang diterima.
Contoh: Teori Kognitif Piaget mengajukan bahwa anak-anak mengalami tahapan perkembangan kognitif yang berbeda dalam memahami dunia, dari tahap sensorimotor hingga tahap operasional konkret.
Teori Pembelajaran:Teori pembelajaran menyoroti interaksi antara individu dengan lingkungannya, termasuk guru, teman sebaya, dan sumber belajar lainnya.Fokus pada proses eksternal yang terjadi di lingkungan belajar, termasuk interaksi sosial, instruksi guru, dan penggunaan alat pembelajaran.Menekankan peran penting pengaruh lingkungan dalam membentuk perilaku dan pengetahuan individu.
Contoh: Teori Sosial Albert Bandura menunjukkan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan, termasuk model sosial yang diamati, penghargaan, dan hukuman.Dengan demikian, perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokus utama mereka: teori belajar lebih menekankan proses internal individu, sementara teori pembelajaran lebih menekankan interaksi sosial dan lingkungan eksternal dalam pembentukan perilaku dan pengetahuan.
2213053025
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran
Teori Belajar:Teori belajar menekankan proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan.Fokus pada perubahan perilaku dan pemahaman kognitif yang terjadi pada individu.Berfokus pada bagaimana individu mengorganisir, memproses, dan menggunakan informasi yang diterima.
Contoh: Teori Kognitif Piaget mengajukan bahwa anak-anak mengalami tahapan perkembangan kognitif yang berbeda dalam memahami dunia, dari tahap sensorimotor hingga tahap operasional konkret.
Teori Pembelajaran:Teori pembelajaran menyoroti interaksi antara individu dengan lingkungannya, termasuk guru, teman sebaya, dan sumber belajar lainnya.Fokus pada proses eksternal yang terjadi di lingkungan belajar, termasuk interaksi sosial, instruksi guru, dan penggunaan alat pembelajaran.Menekankan peran penting pengaruh lingkungan dalam membentuk perilaku dan pengetahuan individu.
Contoh: Teori Sosial Albert Bandura menunjukkan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan, termasuk model sosial yang diamati, penghargaan, dan hukuman.Dengan demikian, perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokus utama mereka: teori belajar lebih menekankan proses internal individu, sementara teori pembelajaran lebih menekankan interaksi sosial dan lingkungan eksternal dalam pembentukan perilaku dan pengetahuan.