Kiriman dibuat oleh Nadila Febilia Afrisa 2213053076

PKn SD 4I -> TUGAS

oleh Nadila Febilia Afrisa 2213053076 -
Menurut pendapat saya perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dapat dilihat dari pendekatan, fokus, dan konteks penerapannya.
Teori Belajar:
- Merupakan pandangan tentang bagaimana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru.
- Lebih berfokus pada proses internal individu dalam mengolah informasi dan pengalaman untuk membangun pemahaman baru.
- Berorientasi pada aspek-aspek psikologis, seperti kognitif, afektif, dan perseptual.
Contoh teori belajar adalah Teori Kognitif dari Piaget. Piaget menyatakan bahwa anak-anak membangun pemahaman mereka tentang dunia melalui proses asimilasi (menginterpretasikan informasi baru berdasarkan pemahaman yang ada) dan akomodasi (mengubah pemahaman mereka untuk mencocokkan informasi baru).

Teori Pembelajaran:
- Lebih menitikberatkan pada interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal, termasuk guru, teman sebaya, dan situasi pembelajaran.
- Memperhatikan strategi, metode, dan lingkungan pembelajaran yang efektif dalam memfasilitasi proses belajar.
- Mengakui peran penting konteks sosial dan budaya dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan.
Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Vygotsky menekankan peran penting interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti kolaborasi antara siswa dan guru atau kerja kelompok, serta konstruksi pengetahuan melalui zona perkembangan proksimal (jarak antara apa yang dapat dipelajari secara mandiri oleh individu dan apa yang dapat dipelajari dengan bantuan).

Perbedaan inilah yang menunjukkan bahwa teori belajar lebih fokus pada proses internal individu, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembentukan pengetahuan dan keterampilan.