Kiriman dibuat oleh YUANI TRI ASTUTI 2213053046

Nama : Yuani Tri Astuti
Npm : 2213053046

Metode pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di tingkat Sekolah Dasar (SD) yang sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13) adalah pendekatan yang berpusat pada peserta didik, yang mempromosikan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Berikut adalah rincian pengertian metode pembelajaran PKN di SD sesuai K13:

1. **Berpusat pada Peserta Didik**: Metode ini mengakui keunikkan dan kebutuhan individu peserta didik. Guru memahami karakteristik setiap siswa dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan mereka.

2. **Pembelajaran Aktif**: Peserta didik diajak untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui berbagai kegiatan seperti diskusi, permainan peran, simulasi, penelitian kecil, dan proyek-proyek kolaboratif. Hal ini memungkinkan mereka untuk membangun pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep PKN.

3. **Pembelajaran Kolaboratif**: Peserta didik diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan teman sekelas dalam memecahkan masalah, berdiskusi, atau membuat proyek bersama. Kolaborasi ini membantu mereka untuk belajar dari pengalaman dan sudut pandang orang lain serta mengembangkan keterampilan sosial.

4. **Pembelajaran Kontekstual**: Pembelajaran PKN disesuaikan dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Guru menciptakan situasi pembelajaran yang relevan dengan realitas sosial, politik, dan budaya mereka, sehingga konsep-konsep PKN dapat dipahami dan diaplikasikan dengan lebih baik.

5. **Menggunakan Berbagai Strategi Pembelajaran**: Guru menggunakan beragam strategi pembelajaran seperti cerita, permainan, diskusi, observasi, dan penelitian kecil untuk menjaga keberagaman gaya belajar peserta didik dan memfasilitasi pemahaman yang mendalam.

6. **Pengembangan Keterampilan Abad ke-21**: Selain memahami konsep-konsep PKN, peserta didik juga didorong untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, komunikasi efektif, kolaborasi, dan pemecahan masalah.

Dengan mengimplementasikan metode pembelajaran PKN yang sesuai dengan Kurikulum 2013, diharapkan peserta didik di SD dapat aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memahami nilai-nilai kewarganegaraan secara mendalam, dan menjadi individu yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam masyarakat.