Kiriman dibuat oleh Della Pratiwi 2213053073

Baik terima kasih saudari Asyifa atas pertanyaannya
Nama : Della Pratiwi
NPM : 2213053073

Izin menjawab pertanyaan dari saudari asyifa, pertanyaannya yaitu Menurut Kelompok Kalian Bagaimana model pembelajaran IPS yang inovatif dapat diintegrasikan dengan informasi teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh aplikasi teknologi yang dapat digunakan.

Menurut kelompok kami terdapat beberapa model pembelajaran IPS yang Inovatif yang dapat diintegrasikan dengan informasi teknologi untuk meningkatkan keterampilan berfikir siswa :

1. Model Problem-Based Learning (PBL) :
- Integrasi Teknologi : Menggunakan platform seperti Google Classroom atau Moodle untuk mendiskusikan masalah nyata yang dihadapi masyarakat, memungkinkan peserta didik untuk berkolaborasi secara online.
- Contoh Aplikasi : Peserta didik dapat menggunakan Google Docs untuk melakukan penelitian bersama tentang isu sosial tertentu, seperti dampak perubahan iklim.

2. Model Project-Based Learning (PJBL) :
- Integrasi Teknologi : Memanfaatkan aplikasi seperti Padlet untuk mengumpulkan ide dan sumber daya dalam proyek kelompok.
- Contoh Aplikasi : Peserta didik membuat peta interaktif menggunakan Google My Maps untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam di Indonesia dan presentasi hasilnya secara daring.

3. Discovery Learning :
- Integrasi Teknologi : Menggunakan aplikasi seperti Quizizz untuk membuat kuis interaktif yang membantu peserta didik menemukan konsep-konsep baru melalui permainan.
- Contoh Aplikasi : Peserta didik dapat berpartisipasi dalam kuis yang berkaitan dengan sejarah lokal atau nasional, yang mendorong mereka untuk mencari tahu lebih banyak tentang topik tersebut.

Contoh Aplikasi Teknologi yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut :
- Google Classroom : Platform ini memungkinkan pendidik untuk mengelola kelas secara digital, membagikan materi, dan memberikan tugas kepada peserta didik secara efisien.
- Moodle : Sebuah Learning Management System (LMS) yang menyediakan ruang kelas digital bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran dan berinteraksi dengan sesama peserta didik serta pendidik.
- Quizizz : Aplikasi ini memungkinkan pendidik membuat kuis interaktif yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan juga sebagai cara menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar.
Baik terima kasih saudari Annisa Nurul Puteri
Nama : Della Pratiwi
NPM : 2213053073

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Annisa Nurul Puteri
Pertanyaannya yaitu Bagaimana pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini.

Jadi menurut kelompok kami, pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa dengan menggunakan model-model pembelajaran yang aktif, interaktif, dan berbasis masalah. Menurut kelompok kami berikut adalah beberapa contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini :

1. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) :
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menyediakan masalah-masalah nyata sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah bagi peserta didik.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL):
- Identifikasi masalah nyata.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) : Peserta didik ditugaskan untuk menyelesaikan masalah lingkungan, seperti pengurangan sampah di sekolah, yang memerlukan penelitian, analisis, dan pengembangan solusi.

2. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL) :
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau rangkaian kegiatan menghasilkan produk dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL):
- Pengembangan proyek.
- Penelitian dan analisis.
- Pembuatan produk.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL): Peserta didik membuat proyek tentang peta persebaran sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia, yang melibatkan penelitian, analisis, dan pembuatan produk.

3. Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning :
Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah-masalah tidak nyata atau hasil rekayasa pendidik sebagai sarana untuk mengantarkan peserta didik menemukan sendiri pemecahan terhadap masalah tersebut.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning :
- Pengenalan masalah.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning: Peserta didik ditugaskan untuk menemukan cara mengurangi energi listrik di sekolah, yang memerlukan penelitian dan analisis untuk menemukan solusi.

4. Model Pembelajaran Inkuiri (IL) :
Model Pembelajaran Inkuiri (IL) adalah model pembelajaran yang menekankan peserta didik menemukan sendiri jawaban atas masalah yang teliti karena inkuiri memiliki arti "bertanya tentang" atau "mencari informasi".
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Inkuiri (IL):
- Pengenalan masalah.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Inkuiri (IL) : Peserta didik ditugaskan untuk menemukan informasi tentang dinamika penduduk di Indonesia, yang memerlukan penelitian dan analisis untuk menemukan jawaban.