Baik terima kasih saudari Annisa Nurul Puteri
Nama : Della Pratiwi
NPM : 2213053073
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Annisa Nurul Puteri
Pertanyaannya yaitu Bagaimana pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini.
Jadi menurut kelompok kami, pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa dengan menggunakan model-model pembelajaran yang aktif, interaktif, dan berbasis masalah. Menurut kelompok kami berikut adalah beberapa contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini :
1. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) :
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menyediakan masalah-masalah nyata sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah bagi peserta didik.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL):
- Identifikasi masalah nyata.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) : Peserta didik ditugaskan untuk menyelesaikan masalah lingkungan, seperti pengurangan sampah di sekolah, yang memerlukan penelitian, analisis, dan pengembangan solusi.
2. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL) :
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau rangkaian kegiatan menghasilkan produk dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL):
- Pengembangan proyek.
- Penelitian dan analisis.
- Pembuatan produk.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL): Peserta didik membuat proyek tentang peta persebaran sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia, yang melibatkan penelitian, analisis, dan pembuatan produk.
3. Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning :
Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah-masalah tidak nyata atau hasil rekayasa pendidik sebagai sarana untuk mengantarkan peserta didik menemukan sendiri pemecahan terhadap masalah tersebut.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning :
- Pengenalan masalah.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning: Peserta didik ditugaskan untuk menemukan cara mengurangi energi listrik di sekolah, yang memerlukan penelitian dan analisis untuk menemukan solusi.
4. Model Pembelajaran Inkuiri (IL) :
Model Pembelajaran Inkuiri (IL) adalah model pembelajaran yang menekankan peserta didik menemukan sendiri jawaban atas masalah yang teliti karena inkuiri memiliki arti "bertanya tentang" atau "mencari informasi".
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Inkuiri (IL):
- Pengenalan masalah.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Inkuiri (IL) : Peserta didik ditugaskan untuk menemukan informasi tentang dinamika penduduk di Indonesia, yang memerlukan penelitian dan analisis untuk menemukan jawaban.