Nama: Vraditha Aulia Putri
NPM : 2213053090
Kelas : 4J
Teori belajar merujuk pada pemahaman tentang bagaimana siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan, sementara teori pembelajaran berkaitan dengan bagaimana guru menyampaikan materi dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
contoh:
1. Teori Belajar:
Contoh: Teori kognitif Piaget tentang tahap-tahap perkembangan moral pada anak. Menurut Piaget, anak-anak pada usia 6-12 tahun mengalami tahap heteronomi di mana mereka melihat aturan sebagai sesuatu yang berasal dari luar dan dianggap sakral. Hal ini menunjukkan bagaimana anak-anak belajar dan memahami konsep moral berdasarkan pengalaman dan tahapan perkembangan kognitif mereka.
2. Teori Pembelajaran:
Contoh: Pendekatan konstruktivisme sosial dalam pembelajaran nilai dan moral PKN. Dalam pembelajaran ini, siswa tidak hanya menerima pengetahuan tentang nilai dan moral dari guru, tetapi juga membangun pemahaman mereka sendiri melalui interaksi sosial dengan guru dan teman sekelas. Misalnya, melalui diskusi kelompok atau simulasi peran, siswa belajar tentang nilai-nilai demokrasi dan tanggung jawab warga negara dengan mempraktikkan situasi-situasi yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam teori belajar, pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai proses pembelajaran yang mencakup hak-hak dan tanggung jawab warga negara, pemerintah dan lembaga-lembaga negara, sejarah dan konstitusi, identitas nasional, sistem hukum dan supremasi hukum, hak-hak asasi manusia, politik, ekonomi dan sosial, prinsip dan proses demokrasi, partisipasi aktif warga negara dalam masalah kewargaan, dan nilai-nilai kewarganegaraan demokratis. Dalam teori pembelajaran, pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai proses belajar yang mencakup partisipasi aktif dan bertanggung jawab, berkembang secara positif dan demokratis, berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, dan berpikir kritis.
NPM : 2213053090
Kelas : 4J
Teori belajar merujuk pada pemahaman tentang bagaimana siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan, sementara teori pembelajaran berkaitan dengan bagaimana guru menyampaikan materi dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
contoh:
1. Teori Belajar:
Contoh: Teori kognitif Piaget tentang tahap-tahap perkembangan moral pada anak. Menurut Piaget, anak-anak pada usia 6-12 tahun mengalami tahap heteronomi di mana mereka melihat aturan sebagai sesuatu yang berasal dari luar dan dianggap sakral. Hal ini menunjukkan bagaimana anak-anak belajar dan memahami konsep moral berdasarkan pengalaman dan tahapan perkembangan kognitif mereka.
2. Teori Pembelajaran:
Contoh: Pendekatan konstruktivisme sosial dalam pembelajaran nilai dan moral PKN. Dalam pembelajaran ini, siswa tidak hanya menerima pengetahuan tentang nilai dan moral dari guru, tetapi juga membangun pemahaman mereka sendiri melalui interaksi sosial dengan guru dan teman sekelas. Misalnya, melalui diskusi kelompok atau simulasi peran, siswa belajar tentang nilai-nilai demokrasi dan tanggung jawab warga negara dengan mempraktikkan situasi-situasi yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam teori belajar, pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai proses pembelajaran yang mencakup hak-hak dan tanggung jawab warga negara, pemerintah dan lembaga-lembaga negara, sejarah dan konstitusi, identitas nasional, sistem hukum dan supremasi hukum, hak-hak asasi manusia, politik, ekonomi dan sosial, prinsip dan proses demokrasi, partisipasi aktif warga negara dalam masalah kewargaan, dan nilai-nilai kewarganegaraan demokratis. Dalam teori pembelajaran, pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai proses belajar yang mencakup partisipasi aktif dan bertanggung jawab, berkembang secara positif dan demokratis, berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, dan berpikir kritis.