Kiriman dibuat oleh ENI TRI SUNDARI 2253053001

Waalaikumussalam wr.wb

Baik terimakasih kepada saudari susia utami atas pertanyaanya, sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Eni Tri Sundari

NPM : 2253053001

Izin menjawab pertanyaannya, menurut kelompok kami Strategi pembelajaran IPS dapat memanfaatkan teknologi dengan berbagai cara untuk mendukung proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif:

1. Pembelajaran Daring
Menggunakan platform pembelajaran online untuk menyediakan materi interaktif, seperti video, kuis, dan forum diskusi, yang memungkinkan peserta didik belajar secara fleksibel dan mandiri.

2. Media Sosial
Memanfaatkan media sosial untuk berdiskusi tentang isu-isu sosial terkini, sehingga peserta didik dapat berbagi perspektif atau sudut pandang dan informasi secara real-time atau waktu nyata.

3. Aplikasi Pembelajaran
Menggunakan aplikasi edukasi untuk membuat kuis atau permainan yang berkaitan dengan materi IPS, meningkatkan motivasi peserta didik melalui pendekatan yang menyenangkan.

4. Proyek Digital
Mendorong peserta didik untuk membuat presentasi multimedia, infografis, atau video tentang topik tertentu. Ini mengembangkan keterampilan kreativitas dan teknologi mereka.

5. Simulasi Virtual
Menggunakan simulasi atau permainan edukatif yang menggambarkan situasi sejarah atau sosial, memberi peserta didik pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif.

6. Forum Diskusi Online
Menciptakan ruang bagi peserta didik untuk mendiskusikan tema-tema IPS secara online, yang mendorong pemikiran kritis dan kolaborasi.

Waalaikumussalam wr.wb

Baik terimakasih kepada saudari tarisa atas pertanyaanya, sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Eni Tri Sundari 

NPM : 2253053001 

Izin menjawab pertanyaannya, menurut kelompok kami partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPS sangat penting untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan minat belajar. Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:

1. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)

Mengenalkan masalah nyata seperti masalah sosial, ekonomi, atau budaya yang relevan dengan kehidupan siswa. Selanjutnya Bagi siswa menjadi kelompok kecil untuk mencari solusi dan Menemukan informasi dan tahap terakhir peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan solusi yang ditemukan.

2. Simulasi dan Role-Playing

Menciptakan situasi nyata seperti mensimulasikan peristiwa sejarah, proses politik, atau interaksi sosial. Berikan peran setiap peserta didik agar mendapatkan peran tertentu dalam simulasi. Setelah bermain peran mereka akan membuat keputusan berdasarkan informasi yang mereka miliki dan peran yang mereka perankan.

3. Diskusi Kelompok

Membentuk kelompok heterogen yaitu menggabungkan peserta dengan berbagai kemampuan untuk saling melengkapi. Selanjutnya, berikan pertanyaan untuk mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan menganalisis. Tahap terakhir menyampaikan dan mendengarkan pendapat dari peserta didik lain karena setiap peserta didik miliki kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.

4. Proyek Kelompok

Memberikan tugas proyek yang menarik serta pilih topik yang relevan dan menantang bagi peserta didik. Berikan tugas kepada  Setiap anggota kelompok karena memiliki tanggung jawab yang berbeda. Selanjutnya menyajikan hasil proyek yaitu dengan mempresentasikan hasil proyek dalam bentuk poster, video, atau drama.

5. Penggunaan Teknologi

Menerapkan media pembelajaran yang interaktif seperti video, animasi, atau simulasi untuk memperjelas konsep. Memanfaatkan platform online gunakan forum diskusi, blog, atau media sosial untuk berbagi informasi dan berkolaborasi.


Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ibu,
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,
Nama : Eni Tri Sundari
NPM : 2253053001
Kelas : 2E
Sebagai anggota dari kelompok 2
Izin mengumpulkan progres tugas minggu-2, bahwa kami sudah melakukan wawancara guru tepatnya di SDN 6 METRO TIMUR.. Dengan tenaga pendidik terkhusus Wali Kelas 2 Ibu Oktantya Prameswari dan akan mulai penyusun RPP.
Terimakasih ibu
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ibu

Sebelumnya izin memperkenalkan diri saya Eni Tri Sundari dengan NPM 2253053001 sebagai anggota dari kelompok 2

Izin mengumpulkan laporan hasil diskusi kelompok 2 pada hari ini ibu

Kelompok 2
Tempat Observasi: SD Negeri 6 Metro Timur

Anggota Kelompok:
1. Amanda Debi Pradita 2213053215
2. Cantika Sabila 2213053176
3. Eni Tri Sundari 2253053001
4. Naura Anandia Ghatsa 2253053037
5. Silvia Nurilmala 2213053299

Terimakasih ibu

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh