Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Number of replies: 16
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Ageng Nugrahanny 2206061016 གིས-
Ageng Nugrahanny
2206061017

analisis jurnal atau point penting yang saya dapat adalah :
1.sebagai masyarakat indonesia, perbedaan (agama,suku,ras dan bahasa daerag) bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan pada era saat ini
2. pancasila merupakan sebuah warisan kejeniusan dan proses filsafati para founding father
3. para peneliti mengadakan penelitian pancasila agar setiap masyarakat dan mahasiswa mengerti akan nilai dan kaidah pancasila
3. lembaga pendidikan formal dan non formal beserta lembaga lainnya harus mengaksualisasikan nilai pancasila supaya menjadi peneran dan penunjuk akan tercapainya tujuan negara
4. di era reformasi pada saat ini, pancasila telah memudar eksistensinya di kalangan generasi milenial
5. mahasiswa harus memahami sampai pada hakikat hakikat pancasila
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Mey Halen Isabella གིས-
Mey Halen Isabella
2206061012

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila di pada mata kuliah Pancasila dengan menentukan subjek penelitian menggunakan teknik caranya melakukan internalisasi dan revitalisasi Pancasila dengan cara: (1) memberikan pengetahuan tentang Pancasila sebagai ideologi negara sehingga mahasiswa menolak ideologi Pancasila menjadi ideologi dan dasar negara dosen Pancasila dan mahasiswa UAD Pancasila, serta mahasiswa UAD yang Pancasila yang dilakukan oleh dosen mata dana yang berasal dari mahasiswa dan dosen dalam mata kuliah Pancasila dengan juga diterapkan di dalam Pancasila yang ada di dalam Pancasila dan cara dalam Pancasila dan sudah melakukan untuk bangsa dan negara Indoensia yang nilai di dalam sila-sila Pancasila yang
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

muhammad ridho rizqullah 2206061004 གིས-
Nama: Muhammad Ridho Rizqullah
NPM: 2206061004
analisis:
Pancasila mempunyai kedudukan dan fungsi yang bermacam-macam, seperti Pancasila sebagai dasar, ideologi, pandangan hidup, dasar filsafat, serta masih banyak kedudukan dan fungsi lainnya. Fungsi dan kedudukan Pancasila tersebut tidak berdiri sendiri-sendiri melainkan merupakan satu kesatuan. eksistensi Pancasila mempunyai tantangan di era digital saat ini. Terdapat pengaruh dunia digital yang membuat semakin mudahnya ideologi lain masuk ke Indonesia yang dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia. terdapat lima akar permasalah bangsa yaitu Pertama demokrasi yang sangat liberal; Kedua ketidakadilan dan kesenjangan sosial yang semakin tajam; Ketiga Pemberantasan korupsi yang tidak serius; keempat kesalahan sistem pendidikan; Kelima pertumbuhan penduduk yang tak terkendali. Hal tersebut dapat menyebabkan atau memicu permasalahan secara nasional yaitu disintegrasi bangsa karena Indoensia negara yang sangat luas dengan tujuh belas ribu lebih pulau dengan bermacam-macam suku, agama, bahasa, dan kebudayaan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

RAISSYA NABILA SYAKIRA 2206061013 གིས-
Raissya Nabila Syakira (2206061013)

analisis jurnal berjudul internalisasi nilai-nilai pancasila di perguruan tinggi
Jurnal ini menjelaskan bahwa pancasila merupakan ideologi, dasar negara, dan dasar falsafah bangsa negara. Saat ini telah terjadi menurunnya semangat kebangsaan dan mengendurnya pemahaman pancasila, keberadaan ideologi pancasila saat ini justru dirongrong oleh bangsanya sendiri, sebagai contoh bahwa pancasila hanyalah sebagai simbol ceremony pada saat upacara dihari senin dan dihari-hari besar. Selain itu semakin banyak ideologi dari luar yang masuk ke indonesia yang semakin membuat pancasila terpinggirkan, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa ideologi pancasila akan hilang dari jiwa generasi muda. Pancasila dapat menyelesaikan semua permasalahan yang ada, karena nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila selalu relavan dengan perkembangan zaman saat ini. Menginternalisasikan pancasila merupakan suatu proses penanaman pancasila kedalam diri seseorang untuk membentuk pola pikir supaya sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila. Oleh sebab itu, pancasila juga merupakan kalimat pemersatu bangsa indonesia untuk tetap bertahan dalam negara kesatuan republik indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Litaffina Haulina Wedya 2206061010 གིས-
Litaffina Haulina Wedya
2206061010

Dari analisis yang saya pahami dan saya tinjau dari jurnal tersebut yang membahas tentang

INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila di
perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Ahmad Dahlan yang ditujukan
pada mata kuliah Pancasila dengan menentukan subjek penelitian menggunakan teknik
puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi
serta menggunakan teknis analisis data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan mata kuliah Pancasila lebih efektif menggunakan
pendekatan kontektual dengan mengembangkan potensi akademik, menyiapakan hidup
berdampingan di masyarakat, dan membangun budaya hidup sesuai nilai Pancasila. Adapun
caranya melakukan internalisasi dan revitalisasi Pancasila dengan cara: (1) memberikan
pengetahuan tentang Pancasila sebagai ideologi negara sehingga mahasiswa menolak ideologi
selain Pancasila. (2) memberikan contoh teladan seperti disiplin, sikap toleran, dan sikap
religius. (3) kunjungan ke Kampung Pancasila di Yogyakarta untuk belajar keberhasilan
membudayakan hidup berdasarkan nilai Pancasila. (4) aksi nyata aktualisasi nilai-nilai
Pancasila dengan kegiatan bakti sosial.

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan
Mata kuliah Pancasila sangat efektif
dilaksanakan dengan menggunakan
pendekatan kontekstual dengan cara
mendekatkan Pancasila kepada mahasiswa
dengan
memberikan contoh
mengimplementasikan Pancasila ke dalam
kehidupan sehari-hari seperti melakukan
kunjungan ke Kampung Pancasila dan bakti
sosial yang dilakukan oleh mahasiswa pada
dua pertemuan terakhir mata kuliah
Pancasila. Kegiatan bakti sosial ada yang
dilakukan di rumah warga, di panti asuhan,
dan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah
yang berlokasi di Piyungan. Dana diambil
dari uang pribadi mahasiswa dan ada yang
dari donatur. Oleh karena itu, mahasiswa
dapat melakukan praktek langsung di
lapangan tentang pengamalan sila-sila dalam
Pancasila.
Pancasila mempunyai tantangan di
dalam dunia digital yang dengan mudah
masuk membawa ideologi-ideologi dari
luar. Hal tersebut membuat negara menjadi
waspada terhadap ideologi-ideologi yang
masuk yang bertentangan dengan Pancasila
apalagi negara ini merupakan negara yang
majemuk yang dengan mudah dapat
terprovokasi.
Pancasila juga dapat
menyelesaikan masalah kebangsaan di mana
Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang
ada di Indonesia. Nilai-nilai universal dapat
dilihat dari sila pertama sampai sila kelima.
Oleh karena itu, Pancasila dianggap sebagai
alasan untuk bertahan dalam bingkai Negara
Kesatuan Republik Indonensia.

Saran

Perguruan tinggi (kampus) baik negeri
maupun swasta lebih variatif dalam
mengelola kelas mata kuliah Pancasila. Cara
yang dapat ditempuh dengan diadakan
workshop dosen pengampu mata kuliah
Pancasila. Dengan diakan worksop akan
dapat membuat dosen pengampu lebih
mempunyai variasi dalam melakukan
pembelajaran Pancasila di kelas, sehingga
mahaiswa tidak bosan bahkan akan
membuat mahasiswa tertarik untuk lebih
mempelajari
dan
kemudian
mempraktekannya.
Dosen diharapkan untuk lebih
mendalami Pancasila sebagai ideologi dan
dasar negara Indonesia serta memberikan
contoh dalam menginternalisasi. Hal
tersebut dapat dimulai dari hal-hal yang
sederhana yang ada di terjadi di sekitar
mahasiswa. Dengan mendekatkan Pancasila
kepada mahasiswa sebagai generasi muda
akan membuat generasi muda Indonesia
akan lebih mencintai dan menghargai Panncasila
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Jesiyanti 2206061014 གིས-
Nama :jesi yanti
Npm : 2206061014

Analisis yg saya dapat ialah Pancasila dianggap sebagai ideologi
yang sudah final dan terkesan tidak bisa lagi
untuk diotak atik secara kritis. Oleh karena
itu, Pancasila seolah-olah terkesan tertutup
oleh pengembangan pemikiran padahal
masyarakat Indonesia dan dunia selalu
mengalami perkembangan dan perubahan.
Wahyudi dalam Jihad Wada
(2014:143) menyatakan bahwa Pancasila
merupakan sebuah konsepsi politis yang
merupakan rumpun moral (nilai). Pancasila
sebagai dasar negara mampu menjadi cara
pandang Bangsa Indoensia yang memiliki
ciri khusus dalam hubungan politik.
Pancasila memang harus mampu dijadikan
pedoman dalam membedakan cara
berpolitik lainnya. Hal tersebut mempunyai
manfaat dalam kehidupan politik seperti
menawarkan jalan keluar menghindari
negara yang bersifat otoriter. Selain itu
mampu mengembangkan konsep
masyarakat yang pluralisme sebagai ciri
khas dari kebudayaan politik yang
demokratis.
Sekarang ini pemahaman tentang
nilai-nilai Pancasila mengalami degradasi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

hottua simarmata 2206061005 གིས-
Hottua Gede Paskalin Simarmata
2206061005
Pancasila mempunyai tantangan di
dalam dunia digital yang dengan mudah
masuk membawa ideologi-ideologi dari
luar. Hal tersebut membuat negara menjadi
waspada terhadap ideologi-ideologi yang
masuk yang bertentangan dengan Pancasila
apalagi negara ini merupakan negara yang
majemuk yang dengan mudah dapat
terprovokasi.
Pancasila juga dapat
menyelesaikan masalah kebangsaan di mana
Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang
ada di Indonesia. Nilai-nilai universal dapat
dilihat dari sila pertama sampai sila kelima.
Oleh karena itu, Pancasila dianggap sebagai
alasan untuk bertahan dalam bingkai Negara
Kesatuan Republik Indonensia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

RIZKIA RAMADHANITA 2206061003 གིས-
NAMA : RIZKIA RAMADHANITA
NPM : 2206061003

°Analisis yang saya pahami dari jurnal Internalisasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi adalah Pancasila sebagai merupakan ideologi dasar negara dan dasar falsafah bangsa negara, memberikan contoh teladan seperti disiplin, sikap toleran dan sikap relagius. Pancasila merupakan rekontruksi dari bermacam-macam suku, adat, budaya ras serta agama yang ada di Indonesia tanpa mengkerdilkan salah satunya. Pancasila di sekolah atau di lembaga pendidikan dianggap gagal dalam memperbaiki kondisi masyarakat penilaian ini didasarkan dengan semakin maraknya perilaku menyimpang yang jauh dari pedoman moral Pancasila. Pancasila meskipun telah berumur lebih dari 74 tahun, semestinya dengan umur yang semakin tua, semakin matang, dan dewasa, tetapi pada kenyataannya Pancasila semakin tergerus oleh perkembangan zaman dan arus globalisasi yang semakin masif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, karena sasarannya adalah mencari atau menggali tentang proses menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila. penelitian kualitatif dimulai dengan menggunakan asumsi dan penggunaan kerangka penafsiran secara teoretis yang membentuk kata kelompok, pada suatu permasalahan sosial atau manusia, prosedur kualitatif mengandalkan pengolahan data yang berupa teks dan hukum yang memiliki peran penting dalam menganalisis datanya serta sumber dari strategi penelitian yang berbeda-beda. Internalisasi nilai-nilai Pancasila pemilihan secara proposal sampling mempertimbangkan subjek yang mengetahui permasalahan penelitian dengan kriteria terutama mereka yang terlibat secara langsung dalam uniternalisasikan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa serta yang menjadi sasaran dari pendidikan Pancasila tersebut. Mata kuliah Pancasila sangat efektif dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan cara mendekatkan Pancasila kepada mahasiswa dengan memberikan contoh mengimplementasikan Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari seperti melakukan kunjungan ke kampung dan bakti sosial yang dilakukan oleh mahasiswa pada dua pertemuan terakhir mata kuliah PancasilaPancasila mempunyai tantangan di dalam dunia digital yang dengan mudah masuk membawa ideologi dulu dari luar. Hal tersebut membuat negara menjadi waspada terhadap ideologi-ideologi yang masuk bertentangan dengan Pancasila apalagi negara yang kini merupakan negara yang majemuk yang dengan mudah dapat terprovokasi Pancasila juga dapat menyelesaikan masalah kebangsaan di mana Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang ada di Indonesia. Nilai-nilai universal dapat dilihat dari sila pertama sampai sila kelima oleh karena itu, Pancasila dianggap sebagai alasan untuk bertahan dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Anita Pertiwi 2206061006 གིས-
Nama: Anita Pertiwi
NPM: 2206061006

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan mata kuliah Pancasila lebih efektif menggunakan pendekatan kontektual dengan mengembangkan potensi akademik, menyiapakan hidup berdampingan di masyarakat, dan membangun budaya hidup sesuai nilai Pancasila.

Pembahasan
Internalisasi Pancasila Melalui Mata Kuliah Pancasil
Untuk melakukan internalisasi (Irawan, 2014: 6) terdapat tiga proses yang dapat dikaitkan dengan pembinaan, dalam hal ini mahasiswa, yaitu sebagai berikut. Pertama, transformasi nilai yang merupakan proses pendidikan dalam menginformasikan nilai-nilai yang baik dan kurang baik. Tahap ini hanya terjadi komunikasi secara verbal antara pendidik dengan peserta didik. Kedua, transaksi nilai yang merupakan suatu tahap pendidikan nilai dengan cara melakukan interaksi dengan peserta didik dengan pendidik. Ketiga, transinternalisasi merupakan tahap yang jauh lebih mendalam daripada dua tahap sebelumnya. Tahap transinternalisasi bukan hanya dilakukan secara verbal tetapi juga sikap mental dan kepribadian, sehingga komunikasi kepribadian dapat berperan secara aktif.
Sekarang ini pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila mengalami degradasi. Bukan hanya pemahamannya saja tetapi juga pengetahuan tentang sila-sila Pancasila ada yang sama sekali tidak hafal. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil survei yang dilakukan oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) yang mengatakan bahwa dari 100 orang terdapat 24 orang yang tidak hafal setiap sila dari Pancasila (JPNN, 2018).
Revitalisasi Pancasila di UAD melalui proses kuliah yang memberikan tugas kepada mahasiswa dengan aksi nyata pengamalan nilai-nilai Pancasila. Wujud nyata tersebut dilakukan dengan adanya kegiatan bakti sosial oleh mahasiswa semester II yang menempuh mata kuliah Pancasila. Adapun bakti sosial tersebut dilaksanakan di Panti Asuhan Anak Tauhidul Ummah yang berlokasi di Jalan Ketulan, Bulus I, Candibinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta 55582. Panti asuhan tersebut terdapat sekitar dua puluh anak dengan jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak Kanak sampai dengan Sekolah Menengah Pertama.
Makna pokok dari nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus membudaya. Pancasila sendiri merupakan nilai-nilai yang sangat berharga dengan esensi unsur-unsur kemanusiaan dan nilai-nilai kodrat yang senantiasa melekat pada individu yang harus diererima oleh Bangsa Indonesia (Bambang Sumarjoko, 2013:113).

Simpulan dan Saran
Simpulan Mata kuliah Pancasila sangat efektif dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan cara mendekatkan Pancasila kepada mahasiswa
Saran Dosen diharapkan untuk lebih mendalami Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia serta memberikan contoh dalam menginternalisasi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Muhammad firja tullah 2206061011 གིས-
Nama : muhammad firja tullah
NPM : 2206061011

Analisis saya adalah pancasila dianggap ideologi yang sudah tidak bisa diubah secara kritis, hal ini menyebabkan pancasila terkesan tertutup oleh pengembangan pemikiran, padahal masyarakat selalu mengalami perkembangan dan perubahan. Wahyudi dalam jihat wada menyatakan bahwa pancasila merupakan konsepsi politis yang merupakan rumpun moral. Pancasila memang harus mampu dijadikan pedoman dalam membedakan cara berpolitik lainnya, pancasila sebagai dasar negara mempu menjadi cara pandang bangsa indonesia yang memiliki ciri khusus dalam politik. Hal tersebut mempunyai manfaat dalam kehidupan politik dan mampu mengembangkan konsep masyarakat yang pluralisme sebagai ciri budaya yang demokratis
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Nazwa Meisya Ananda 2206061015 གིས-
Nama: Nazwa Meisya Ananda
NPM: 2206061015

Menganalisis jurnal yang saya dapat adalah pelaksanaan mata kuliah Pancasila lebih efektif menggunakan
pendekatan kontektual dengan mengembangkan potensi akademik, menyiapakan hidup
berdampingan di masyarakat, dan membangun budaya hidup sesuai nilai pancasila. Penjelasan Archipelago
dalam buku Yudilatif (Negara Paripurna,
2012:2) menjelaskan bahwa Pancasila
merupakan warisan dari nusantara yang
sesuai dengan karakteristik alam yang
terdapat lautan luas yang berisi gugusan
pulau-pulau.

Revitalisasi Pancasila harus
dilaksanakan secara konsisten dan
berkesinambungan supaya di dalam
melakukan revitalisasi tersebut tidak lantas
menghilangkan esensi dari makna nilai
Pancasila itu sendiri. Pancasila yang
merupakan dasar pembentukan dan
mengelola Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI) harus dapat diwariskan
kepada generasi muda, salah satunya
melalui sebuah pendidikan yang
dilaksanakan melalui pendidikan formal.

Dengan adanya pembelajaran di
kelas pada mata kuliah Pancasila dapat
dilihat bahwa mahasiswa semakin paham
tentang Pancasila. Bukan hanya sekedar
paham tetapi juga mahasiswa berusaha
untuk mengimplementasikannya di
kehidupan sehari-hari. Meskipun terdapat
kendala di dalam pembelajaran Pancasila di
dalam kelas, namun mahasiswa bisa
mengatasinya dengan pembelajaran secara
mandiri dan bertanya kepada dosen yang
bersangkutan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

DINI OLIVIA གིས-
Dini Olivia
2206061002

Internalisasi nilai-nilai Pancasila terutama pemilihan proposal mempertimbangkan subjek yang mengetahui penelitian dengan kriteria yang terlibat secara langsung dalam uniteralisasikan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa serta yang menjadi sasaran dari pendidikan Pancasila tersebut. Mata kuliah Pancasila sangat efektif diterapkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan cara mendekatkan Pancasila kepada mahasiswa dengan memberikan contoh mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti melakukan kunjungan ke kampung dan bakti sosial yang dilakukan oleh mahasiswa pada dua pertemuan terakhir mata kuliah PancasilaPancasila memiliki tantangan di dalam dunia digital yang mudah masuk membawa ideologi dulu dari luar. Hal tersebut membuat negara waspada terhadap ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila apalagi negara yang kini merupakan negara yang majemuk dengan mudah dapat terprovokasi Pancasila dapat menyelesaikan masalah kebangsaan di mana Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang ada di Indonesia. Nilai-nilai universal dapat dilihat dari sila pertama sampai sila kelima oleh karena itu, Pancasila dianggap sebagai alasan untuk bertahan dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

AULIYA AGUSTIN གིས-
Nama: AULIYA AGUSTIN
Npm: 2206061007

Dari jurnal penelitian yang berjudul "Internalisasi Nilai-nilai Pancasila di Perguruan Tinggi " saya dapat menganalisis bahwa Pancasila merupakan ideologi bagi bangsa Indonesia yang dimana Pancasila merupakan sebuah warisan kejeniusan dari proses filsafati para founding father, julukan tersebut diperuntukkan untuk para tokoh ppengusul perumusan Pancasila. Penjelasan Archipelago dalam buku Yudilatif (Negara Paripurna, 2012:2) menjelaskan bahwa Pancasila merupakan warisan dari nusantara yang sesuai dengan karakteristik keadaan alam yang ada di Indonesia yaitu terdapat lautan serta pulau yang terbentang luas. Kemudian Secara de facto dan de jure, Pancasila sudah menjadi ideologi dan dasar negara. De facto sendiri diambil dari kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah berjalan dari jaman dahulu hingga sekarang.
 
Keberadaan ideologi Pancasila seolah-olah justru ‘dirongrong’ oleh bangsanya sendiri. Sebagai contoh dengan membuat Pancasila hanyalah sebagai simbol ceremony upacara di hari senin dan hari-hari besar kebangsaan lainnya tanpa dipahami dan diterapkan didalam kehidupan sehari-hari. Kemudian Pemahaman mahasiswa terhadap Pancasila mulai berkurang, bahkan ada yang tidak hafal isi dari sila-sila Pancasila. Kenyataan ini membuat aktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan akan sangat sulit terwujud karena faktor kurangnya pengetahuan. Oleh karena itu, diperlukan revitalisasi Pancasila supaya tidak hilang atau hanya sekedar slogan saja di kalangan generasi muda.

Penelitian analisis dari mata kuliah Pancasila dapat membantu untuk memperluas pemahaman bagi mahasiswa bagaimana cara membentuk pola pikir dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai konsensus sekaligus sebagai indentitas nasional.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Suci Erly Suryani 2206061008 གིས-
NAMA : SUCI ERLY SURYANI
NPM : 2206061008

Pancasila merupakan ideologi, dasar negara, dan dasar falsafah bangsa negara. Selain itu Pancasila merupakan sebuah warisan kejeniusan dari proses filsafati para founding father.

Penelitian dilakukan di Universitas Ahmad Dahlan dengan upaya Pancasila tidak tergerus zaman dan arus globalisasi. Dilakukan revitalisasi Pancasila supaya tidak hilang dan hanya slogan saja di kalangan generasi muda seperti mahasiswa.

Proses kuliah di dalam kelas pada mata kuliah Pancasila dapat membentuk pola fikir mahasiswa UAD supaya sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan praktek langsung di lapangan untuk mengamalkan sila-sila yang ada di dalam Pancasila. Seperti yang dilakukan mahasiswa dan dosen pada tanggal 12 Mei 2019 berkunjung ke kampung Pancasila.

3 proses pembinaan mahasiswa dengan cara ;

(1) Transformasi nilai yang menginformasikan
nilai-nilai yang baik dan kurang baik. Tahap
ini hanya terjadi komunikasi secara verbal dan Dosen menjelaskan secara rinci memberikan contoh implementasi di setiap nilai-nilai Pancasila yang terjadi di sekitar mahasiswa.
(2) Transaksi nilai, yang
merupakan tahap pendidikan dengan melakukan interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Dosen mata
kuliah Pancasila di UAD menjelaskan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila adanya sesi tanya jawab dengan mahasiswa.
(3) Tahap
transinternalisasi, dilakukan secara verbal tetapi juga sikap mental dan kepribadian. Dosen mata kuliah Pancasila selalu memberikan contoh hal-hal yang sederhana misalnya datang tepat waktu dan membuang sampah di tempat sampah.

Dengan mendekatkan Pancasila kepada mahasiswa sebagai generasi muda akan membuat generasi muda Indonesia akan lebih mencintai dan menghargai Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Belva Egalita 2206061009 གིས-
Nama : Belva Egalita
Npm : 2206061009

Menurut Analiais yang saya dapat dari Jurnal Internalisasi nilai-nilai pancasil di perguruan tinggi adalah :
1. cara melakukan internalisasi dan revitalisasi pencasila dengan cara :
1. Memberikan pengetahuan tentang pencasila sebagai ideologi negara sehingga mahasisa menolak ideologi selain pncasila
2. Memberikn contoh teladan seperti disiplin, sikap toleran, dan sikap religius
3. Aksi nyata aktualisasi nilai-nilai pancasila dengan kegiatan bakti sosial.
2. Mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pencasila di perguran tinggi
3. Pancasila dapat menyelesaikan masalah kebangsaan dimana pancasila sebgai pemersatu perbedan yang ada diindonesia. Nilai- nilai universal dapat dilihat dari sila pertama sampai sila ke lima.
4. Pancasila mempunyai tantangan didunia digital yang dengan mudah masuk membawa ideologi-ideologi dari luar. Hal tersebut membuat negara menjadi waspada terhadap ideologi-ideologi yang masuk yang bertentangan dengan pancasila apalagi negara ini merupakan negara majemuk yang dengan mudah dapat terprovokasi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Safira Hapsari 2206061017 གིས-
NAMA : SAFIRA HAPSARI
NPM : 2206061017

Analisi yang saya dapat dari jurnal INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Ahmad Dahlan yang ditujukan pada mata kuliah Pancasila dengan menentukan subjek penelitian menggunakan teknik puposive sampling.

Pancasila merupakan ideologi, dasar negara, dan dasar falsafah bangsa negara. Selain itu Pancasila merupakan sebuah warisan kejeniusan dari proses filsafati para founding father. Penjelasan Archipelago dalam buku Yudilatif (Negara Paripurna, 2012:2) menjelaskan bahwa Pancasila merupakan warisan dari nusantara yang
sesuai dengan karakteristik alam yang
terdapat lautan luas yang berisi gugusan
pulau-pulau.
Pancasila dianggap sebagai ideologi yang sudah final dan terkesan tidak bisa lagi
untuk diotak atik secara kritis. Oleh karena itu, Pancasila seolah-olah terkesan tertutup oleh pengembangan pemikiran padahal masyarakat Indonesia dan dunia selalu mengalami perkembangan dan perubahan. Kesannya Pancasila boleh dibanggakan tetapi tidak boleh dilakukan kritikan (Dawam Raharjo, 2015).
Sekarang ini pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila mengalami degradasi.Bukan hanya pemahamannya saja tetapi juga pengetahuan tentang sila-sila Pancasila
ada yang sama sekali tidak hafal. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil survei yang
dilakukan oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) yang mengatakan bahwa dari 100 orang terdapat 24 orang yang tidak hafal setiap sila dari Pancasila (JPNN, 2018).
Pada era reformasi Pancasila seolah olah telah memudar eksistensinya dikalangan generasi milenial. Hal tersebut dibuktikan ketika dilakukan wawancara oleh
peneliti kepada beberapa mahasiswa di bulan Februari 2018 masih ada yang tidak
paham mengenai Pancasila dan bahkan ada yang tidak hafal isi dari sila-sila Pancasila