Forum Analisis Soal-2

Forum Analisis Soal-2

Forum Analisis Soal-2

Number of replies: 32
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Ajeng Nursyifa གིས-
Nama: Ajeng Nursyifa
NPM: 2215061031
Kelas: PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pancasila sebagai sistem nilai akan mantap berfungsi sebagai paradigma ilmu, apabila para akademisi dan praktisi, warga negara maupun penyelenggara negara, telah meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam berolah ilmu maupun beramal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketuhanan YME
Sila Pertama ini menyiratkan adanya konsep tentang keberadaan Tuhan YME yang terus menjalin hubungan dan kesatuan dengan manusia dan alam semesta beserta isinya. Ilmu berparadigma Pancasila bersifat teistik.

Kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila Kedua ini dengan jelas menyiratkan adanya konsep tentang manusia yang utuh. Dalam keutuhannya, ada rohani dan ada jasmani. Sebagai kesatuan rohaniah, keberadaan hati nurani (qalbu) tidak kalah penting daripada akal. Ilmu berparadigma Pancasila mengakui dan menghargai keberadaan akal (rasio), namun bukan segala-galanya (ratio above else) sebagaimana kredo “Cogito ergo sum.

Persatuan Indonesia
Keharusan menempatkan Sila Pertama dan sila Kedua sebagai jiwa Persatuan Indonesia, menunjukkan adanya keterpaduan antara karakter ilmu dengan faham kebangsaan Indonesia, sekaligus penolakan terhadap faham etnisisma dan etnosentrisma.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Sila ini menyiratkan adanya konsep bahwa rakyat atau wakil-wakil rakyat dalam menjalankan kekuasaannya harus dipimpin oleh kebijaksanaan, dengan penuh rasa tanggungjawab, baik secara vertikal kepada Tuhan YME maupun secara horizontal kepada seluruh rakyat Indonesia, dan tidak sekali-kali atas dasar kekuatan maupun legalitas formal. Semakin dekat manusia dengan sumber kebenaran absolut yaitu Tuhan YME, maka dia akan semakin bijaksana.

Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia
Keadilan itu bukan keadilan formal, suatu keadilan yang lahir karena perundang-undangan, melainkan keadilan yang bertumpu pada habitat sosialnya, yaitu masyarakat Indonesia, yang berkarakter komunalistik-religius. Ilmu berparadigma Pancasila mendorong perburuan keadilan sosial, sekaligus menolak dominasi positivisme.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapannya dengan adanya Pancasila sebagai paradigma ilmu membuat setiap orang dapat disiplin ilmu dan memiliki etika yang sesuai dengan perannya di dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Nada Berliani Putri གིས-
NAMA: NADA BERLIANI PUTRI
NPM: 2215061119
KELAS: PSTI C


ANALISIS SOAL 2
A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Jawab:
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Pada sila ini dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan, yang mempertimbangkan rasional, antara akal, rasa dan kehendak.

Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Pada sila ini memberikan dasar moralitas bagi manusia dalam mengembangkan ilmu.

Sila Persatuan Indonesia
Memberikan rasa kesadaran akan nasionalisme dari bangsa Indonesia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Hal yang mendasar adalah pengembangan ilmu yang didasarkan atas kepentingan demokrasi.

Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Ilmu yang kita terapkan harus dapat menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan.


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Jawab:
Harapan saya mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang yaitu dapat mengembangkan dan menerapkan ilmunya dengan tetap sesuai nilai-nilai Pancasila agar tidak terjadinya penyimpangan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Laurentius Nicholas Christmarines Christmarines གིས-
Nama : Laurentius Nicholas Christmarines
NPM : 2215061059
Kelas : PSTI-C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Sila pertama: Ketuhanan
Manusia mengakui keberadaan Tuhan dan harus memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan berdasarkan agama yang dianut. Perkembangan IPTEK di zaman sekarang sebaiknya tidak menghilangkan kepercayaan kita terhadap keberadaan Tuhan.

Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab
Sikap kita terhadap sesama manusia haruslah memiliki sifat kemanusiaan. Dengan perkembangan IPTEK di zaman sekarang, sifat kemanusiaan tersebut tidak boleh hilang.

Sila ketiga: Persatuan Indonesia
Kita sebagai rakyat Indonesia haruslah memiliki persatuan terhadap sesama rakyat Indonesia karena kita merupakan satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Perkembangan IPTEK tentunya dapat mengakibatkan perpecahan pada bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perkembangan IPTEK haruslah didasari dengan persatuan

Sila keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Sila ini mendasari perkembangan IPTEK secara demokratis.

Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Perkembangan IPTEK harus dapat menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Harapan saya adalah semoga pemimpin, warganegara, dan ilmuwan yang Pancasialis dapat mempertahankan pedoman utama nya yaitu Pancasila, dan tidak memakai kata-kata ‘Pancasila’ hanya untuk kepentingan politik dalam mencari pendukung atau suara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Fadhil Abdul Fattah གིས-
Nama : Fadhil Abdul Fattah
NPM : 2215061019
Kelas : PSTI C

Analisis Soal-2 :

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pancasila sebagai paradigma ilmu, apabila para akademisi dan praktisi, warga negara maupun penyelenggara negara, telah meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam berolah ilmu maupun beramal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sila pertama :
Pada sila pertama ini, kita sebagai manusia yang modern akan tetap selalu kembali kepada tuhan, hal ini juga melandaskan bahwa sebanyak apapun ilmu yang didapat, toleransi yang didapat dari ilmu agama juga dapat dijadikan pedoman agar dapat terjalinnya hidup yang damai.

Sila kedua :
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.

Sila Ketiga :
Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.

Sila Keempat :
Sila ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing sehingga tidak terjadi monopoli IPTEK.

Sila Kelima :
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan dari saya untuk memajukan sumber daya manusia yang maju di Indonesia dengan adanya pemimpin yang tegas, adil dan berpengatahuan karena dengan adanya pengetahuan akan menjadi kebal dari hasutan dari oknum oknum yang juga pintar dalam meliciki sesuatu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Fistriawan Aldillah གིས-
Nama : Fistriawan Aldillah
NPM : 2215061099
Kelas : PSTI C



Analisis soal

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
1) Sila ketuhanan yang maha esa: melengkapi ilmu pengetahuan yang mencitakan perimbangan antara rasa dan akal, sila ini menempatkan manusia dalam alam sebagai bagiannya
2) Sila kemanusiaan yang adil dan beradab : mengakui persamaan drajat, hak, dan kewajiban setiap manusia tanpa membeda bedakan suku,agama,jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan lainnya
3) Sila persatuan Indonesia : memberikan rasa kesadaran akan nasionalisme dari bangsa indonesia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
4) Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan : menjadi pedoman bahwa rakyat dipimpin dalam kebijaksanaan
5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: dalam pengembangan iptek harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilann dalam kehidupan kemanusiaan

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Harapan saya dengan pemimpin warganegara dan ilmuan yang pancasialis ialah dengan adanya Pancasila mereka dapat menerapkan ilmunya dengan tetap berpedoman kepada nilai nilai Pancasila agar tidak terjadi penyimpangan
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Meidiyana . གིས-
Nama: Meidiyana
NPM: 2215061063
Kelas: PSTI-C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Sila pertama:
Salah satu perkembangan Iptek harus sesuai dengan sila Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa dan didukung dengan UUD 1945 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sila kedua:
Pada perkembangan Iptek harus sesuai dengan sila Kemausiaan yang adil dan beradab agar berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.

Sila ketiga:
Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.

Sila keempat:
Sila ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing dan tidak menjatuhkan pendapat masing-masing terkait perkembangan Iptek.

Sila kelima:
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan dan seluruh masyarakat Indonesia.


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Harapan saya adalah agar kedepannya pemimpin, warganegara maupun ilmuan menerapkan nilai nilai Pancasila karena kesadaran yang dimiliki oleh masing-masing dan tidak mengabaikan moral serta norma yang ada.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Theofani Hati Kusumawardani གིས-
Nama : Theofani Hati Kusumawardani
NPM : 2255061004
Kelas : PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Sebagai paradigma ilmu, Pancasila menjadi dasar dari segala ilmu yang ada dan diyakini di Indonesia. Hal ini berarti Pancasila menjadi landasan utama dalam setiap aspek kehidupan manusia.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan saya pribadi terhadap pemimpin, akademisi, dan warganeara ialah konsep kesetaraan. Hal ini berarti para pemimpin tetap sama derajatnya seperti masyarakat, pula dengan akademisi dan warganegara biasa. Saya berharap tidak ada kesenjangan berarti yang terjadi dan pemimpin serta segenap rakyat dapat bahu membahu membangun negeri yang lebih baik.

Sekian dari saya, terima kasih…
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

AHMAD RAFALY གིས-
AHMAD RAFALY
2215061011
PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Sila Pertama menyiratkan adanya konsep tentang keberadaan Tuhan yang terus menjalin hubungan dan kesatuan manusia dengan alam semesta. Sila Kedua dengan jelas menyiratkan adanya konsep tentang hak dan kewajiban manusia yang utuh. Keharusan bagi kita untuk menempatkan sila Pertama, sila Kedua, sila Ketiga sebagai jiwa Persatuan Indonesia, menunjukkan adanya keterpaduan antara karakter ilmu dengan faham kebangsaan Indonesia, sekaligus penolakan terhadap faham etnisisma dan etnosentrisma. Sila ke-4 menyiratkan adanya konsep bahwa rakyat dengan wakil-wakil rakyat dalam menjalankan kekuasaannya harus dipimpin oleh kebijaksanaan serta dengan penuh rasa tanggungjawab, baik secara vertikal kepada Tuhan maupun secara horizontal kepada seluruh rakyat, dan tidak sekali-kali atas dasar kekuatan maupun legalitas formal. lalu sila ke-5 menyinggung bahwa kita harus memiliki sikap adil kepada orang lain. Pancasila sebagai paradigma ilmu membuat setiap orang dapat disiplin ilmu dan memiliki etika yang sesuai.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Tri Novita གིས-
Nama : Tri Novita
NPM : 2215061079

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Pengertian Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu mengandung konsekuensi yang berbeda-beda. Pengertian pertama bahwa iptek tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengandung asumsi bahwa iptek itu sendiri berkembang secara otonom, kemudian dalam perjalanannya dilakukan adaptasi dengan nilai-nilai Pancasila.
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Sila ini menyampaikan bahwa pengembangan IPTEK dimaknai sebagai bentuk syukur pemberian akal oleh Yang Maha Esa. Sehingga dalam proses pengembangan IPTEK tidak dibuat untuk mencederai keyakinan umat beragama.
2. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.
3. Sila Persatuan Indonesia Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.
4. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan Sila ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing sehingga tidak terjadi monopoli IPTEK.
5. Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Harapan saya mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang yaitu pemimpin yang berjiwa Pancasila dan bisa membawa bangsa Indonesia menggapai cita-cita bangsa, yaitu membawa penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia kearah terwujudnya kehidupan yang ber-ketuhanan, ber-kemanusiaan, ber-persatuan, ber-kerakyatan, dan ber-keadilan. Selain itu juga pemimpin yang dapat mengembangkan IPTEK yang ada di Indoensia agar bisa seperti negara lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Dian Fatonah གིས-
Nama : Dian Fatonah
NPM : 2215061115
Kelas : PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Jawab:
Sila Pertama dan Kedua: pertahanan dan keamanan Negara harus mendasarkan pada tujuan demi tercapainya kesejahteraan hidup manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Sila Ketiga: pertahanan dan keamanan Negara haruslah mendasarkan pada tujuan demi kepentingan warga dalam seluruh warga sebgai warga Negara.

Sila Keempat: pertahanan dan keamanan harus mampu menjamin hak dasar persamaan derajat serta kebebasan kemanusiaan.

Sila Kelima: pertahanan dan keamanan harus diperuntukan demi terwujudnya keadilan hidup masyarakat.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Jawab:
Harapan saya mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang adalah:
1. Model pemimpin menjadi Pemimpin yang amanah, adil, dan tetap berlandaskan dengan Pancasila.
2. Sebagai warganegara, maka seharusnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila serta menaati peraturan yang berlaku dan menjadi warganegara yang berprestasi dan berproses menjadi pemimpin di masa mendatang.
3. Ilmuwan diharapkan menjadi ilmuwan yang bermanfaat bagi seluruh warganegara, menemukan temuan-temuan yang dapat meningkatkan kemajuan IPTEk di Indonesia, serta membuat terobosan-terobosan baru sehingga dapat memajukan Negara Repulik Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Aditya Aditya Johansah གིས-
Nama : Aditya Johansah
NPM : 2215061039
Kelas : PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Jawab :
Pancasila sebagai paradigma ilmu berarti sebagai sumber dasar dari segala ilmu di Indonesia. Sila pertama menjadi sebuah landasan moral religi bagi seorang creator teknologi. Sila kedua merupakan sila yang menjadi landasan moral HAM yang penting bagi sebuah teknologi. Sila ketiga menjadi dasar persatuan yang berarti sebuah teknologi tidak boleh melakukan diskriminasi dan harus bertoleransi terhadap perbedaan yang ada di Indonesia. Sila keempat menjadi dasar pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mufakat dalam berdiskusi tentang teknologi. Sila kelima menjadi dasar keadilan, sebuah teknologi harus bersikap adil dan tidak berat sebelah.
Nilai-nilai Pancasila diperlukan dalam persaingan global, karena mayoritas ideologi Pancasila memiliki moral dan etika yang baik sehingga dapat diterima di masyarakat dunia.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Jawab :
Saya pribadi belum pernah melihat pemimpin yang benar-banar seorang pancasilais. Karena untuk menjadi seorang pancasilais bukan berarti hanya hapal pancaila, tapi harus bisa mengamalkan dengan sebenar-benarnya tanpa toleransi di lain hal. Menjadi seorang pencasilais merupakan sebuah hal yang mungkin hampir tidak mungkin terjadi, karena berbagai bentuk individu dan masyarakat di Indonesia yang perlu adalanya tolransi. Bukan hanya pemimpin, warga negara dan ilmuan juga akan sangat sulit menjadi seorang pancasilais. Apalagi seorang ilmuan yang sering membaca jurnal maupun tulisan-tulisan yang berasal dari luar NKRI.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Muhammad Aryudha Pratama གིས-
Nama : Muhammad Aryudha Pratama
NPM : 2215061055
Kelas : PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?.

Pancasila menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara jadi masyarakat hidup berdasarkan Pancasila.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan saya terhadap pemimpin, akademisi, dan warganeara ialah dapat menerima aspirasi dan masukan dari masyarakat yang dibawahnya sehingga bangsa dapat dapat maju dan mengembangkan ilmunya.

Sekian dari saya, terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Arnest Arnest Seyfo Eristiyan Putra གིས-
Nama: Arnest Seyfo Eristiyan Putra
NPM : 2215061135
Kelas : PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Sila 1:
Perkembangan IPTEK harus memiliki pertimbangan akal dan rasionalitas terhadap setiap perkembangannya dan tidak menghilangkan aspek ketuhanan yang telah dianut dalam perkembangan IPTEK .

Sila 2:
Perkembangan IPTEK harus selalu di landaskan dengan kemanusiaan yang beradadb agar tidak terjadi hal yang merugikan individu atau kelompok yang lain.

Sila 3:
Pada sila ke-3 sebagai dasar perkembangan IPTEK hingga saat ini harusnya memiliki tujuan yang jelas dalam menyatukan tanah air dan meningkatkan rasa nasionlisma antar kelompok dan individu.

Sila 4:
Sila ke-4 Pancasila menujukkan bahwa pada perkembangan IPTEK juga harus di landaskan dengan masukan dan kritikan agar dapat memberikan manfaat bagi setiap orang.

Sila 5:
Perkembangan IPTEK harus di dasarkan pada suatu keadilan yang sama-sama menjadi manfaat bagi individu atau kelompok lain dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat..


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Saya berharap kepada para Pancasilais untuk selalu mengimplementasikan Pancasila di dalam setiap tingkah laku ataupun karya agar setiap orang juga mampu tergerak hati dalam mewujudkan norma dan nilai Pancasila dalam setiap aktivitasnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Fadila Malika Sandi གིས-
Nama : Fadila Malika Sandi
Kelas : PSTI C
NPM : 2215061123

Analisis Soal-2

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Peran Pancasila sebagai paradigma ilmu adalah sebagai acuan, dimana paradigma merupakan sumber, fondasi, asal dan awal dari keberadaan dan perkembangan ilmu. Dalam pengembangan IPTEK yang saya pelajari, Pancasila dapat dijadikan sebagai landasan karena setiap nilai sila Pancasila mengandung hal-hal penting dan menunjukkan etika dalam mengembangkan IPTEK. Adapun nilai-nilai setiap sila Pancasila yang mengandung landasan pengembangan IPTEK.
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Sila ini menekankan bahwa pengembangan IPTEK dimaknai sebagai bentuk syukur pemberian akal oleh Yang Maha Esa. Sehingga dalam proses pengembangan IPTEK tidak dibuat untuk mencederai keyakinan umat beragama.
2. Kemanusian Yang Adil dan Beradab
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.
3. Sila Persatuan Indonesia
Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.
4. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sila ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing sehingga tidak terjadi monopoli IPTEK.
5. Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.
Proses pengembangan IPTEK di tengah persaingan global semakin maju dan cukup canggih untuk saat ini, meskipun masih memiliki kekurangan namun di era yang semakin modern pengembangan IPTEK semakin berkembang.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan saya untuk model pemimpin, warganegara dan ilmuawan di Indonesia untuk sekarang dan di masa mendatang yaitu yang paham dan dapat mengikuti perkembangan ilmu dan IPTEK dengan masih mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di dalamnya, yang tentunya tidak melanggar norma-norma Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Airta Pertiwi གིས-
Nama: Airta Pertiwi
NPM: 2215061043
Kelas: PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pancasila sebagai sistem nilai berfungsi sebagai paradigma ilmu. Para akademisi dan praktisi, warga negara maupun penyelenggara negara telah meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam berolah ilmu maupun beramal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Perihal disiplin ilmu yang saya tekuni adalah terkait dengan IPTEK.

Berdasarkan sila-sila tersebut dapat diambil fungsi ke ranah IPTEK sebagai berikut:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Dalam pengembangan IPTEK, manusia perlu memahami batas kemampuannya dalam berfikir, karena tidak semua yang ada di alam ini mampu dijangkau oleh pemikiran manusia, dari keterbatasan kemampuan tersebut manusia harus mengembalikan kepada sang Pencipta dan penguasa segala sesuatu yang ada di alam ini. Sehingga, manusia harus menciptakan perimbangan antara yang rasional dan irrasional, antara rasa dan akal.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Implikasi Sila ke-2 dalam pengembangan IPTEK adalah memberi arah dan mengendalikan ilmu pengetahuan. Ilmu dikembalikan pada fungsinya semula, yaitu untuk kemanusiaan, tidak hanya untuk kelompok lapisan tertentu. Juga memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan haruslah secara beradab.

3. Persatuan Indonesia
Memberikan kesadaran kepada bangsa Indonesia bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia akibat dari sumbangan iptek, dengan iptek persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud dan terpelihara, persaudaraan dan pesahabatan antar daerah di berbagai daerah terjalin karena tidak lepas dari faktor kemajuan iptek.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
Mendasari pengembangan Iptek secara demokratis. Artinya, setiap ilmuwan haruslah memiliki kebebasan untuk mengembangkan Iptek. Selain itu dalam pengembangan iptek setiap ilmuwan juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan harus memiliki sikap yang tebuka artinya terbuka untuk dikritik/dikaji ulang maupun dibandingkan dengan penemuan teori lainnya.

5. Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia
Pengembangan iptek haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lain, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara serta manusia dengan alam lingkungannya.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warga negara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapannya dengan adanya Pancasila sebagai paradigma ilmu membuat setiap orang dapat disiplin ilmu dan memiliki etika yang sesuai dengan perannya di dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Yosi Arjunita putri གིས-
NAMA: Yosi Arjunita Putri
NPM : 2215061095
KELAS: PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Peran Pancasila sebagai paradigma ilmu pada sila pertama mengacu pada konsep hubungan kepada Tuhan YME, dimana rohani lebih utama dari segala aspek yang ada pada kehidupan manusia. Pada sila kedua mengacu tentang bagaimana manusia berperilaku dan beradab. Pada sila ketiga dan keempat tersirat tentang interaksi manusia dalam kehidupan dan pengembangan iptek, bahwa persatuan dan kesatuan yang bisa diwujudkan salah satunya dengan musyawarah yang merupakan tonggak dalam mewujudkan perdamaian dan juga sebagai pendukung majunya teknologi. Dan pada sila kelima tersirat tentang pada pengembangan iptek yang harus tetap mengedepankan keseimbangan, keselarasan dan keadilan yang harus terus dipelihara dalam kehidupan.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warga negara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan dimasa mendatang?

Harapan saya untuk pemimpin masa depan ialah pemimpin yang mampu menerapkan segala nilai Pancasila dengan sangat baik dan update dalam modernisasi yang terjadi. Sehingga menurut saya nantinya pemimpin ini bisa lebih menangkap, mengolah dan mengkaji aspirasi masyarakat dengan baik karena banyak masyarakat yang memilih beraspirasi melalui medsos.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Adinda Salsabila Adinda Salsabila གིས-
Nama : Adinda Salsabila
Npm : 2215061035
Prodi : Teknik Informatika

Analisis Soal 2

A. Peran Pancasila menjadi kerangka berpikir ilmu bagi disiplin ilmu.
Ilmu adalah lentera kehidupan. Pancasila menjadi kerangka berpikir ilmu dijadikan dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan. Ilmu Pengetahuan memiliki posisi krusial pada kegiatan berpikir manusia. Pancasila menjadi kerangka berpikir adalah nilai-nilai dasar pancasila secara normatif sebagai dasar, kerangka acuan, & tolok ukur segenap aspek pembangunan nasional yg dijalankan pada Indonesia.

1. Sila Pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" yaitu melengkapi ilmu pengetahuan membentuk perimbangan antara yg rasional & irasional, antara rasa & akal. Selain itu menjadi pengingat bahwa pada perkembangan ilmu pengetahuan & era globalisasi kita wajib bisa menyeimbangkan antara kehidupan menggunakan kegiatan spiritual.

2. Sila Kedua "Kemanusiaan Yang Adil & Beradab"

Pada sila ini ilmu pengetahuan dipakai memberi arah & mengendalikan ilmu pengetahuan & dikembalikan dalam kegunaannya semula, yaitu buat kemanusiaan, nir hanya buat kelompok, lapisan tertentu.

3. Sila Ketiga "Persatuan Indonesia"

Pada sila ini menjadi komplementasikan universalisme pada sila-sila yg lain. Ilmu pengetahuan bisa mempersatukan warga Indonesia, perkembangan & era globalisasi memudahkan buat mencapai hal-hal yg jauh & sulit dijangkau.

4. Sila Keempat "Kerakyatan Yang Dipimpin Permusyawaratan/Perwakilan Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan"

Sila keempat menjadi penerapan & penyebaran ilmu pengetahuan wajib demokratis bisa dimusyawarahkan secara perwakilan, sinkron kebijakan, penelitian & penerapan massa. Perwakilan sebagai pengingat bagi para pemimpin juga wakil- wakil masyarakat bahwa bertanggung jawab menggunakan tugas nya.

5. Sila Kelima "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia"

Keadilan sosial pula menjaga ekuilibrium antara kepentingan individu & warga , lantaran kepentingan individu nir boleh terinjak sang kepentingan semu. Individualitas adalah landasan yg memungkinkan timbulnya kreativitas & inovasi.

Kebijakan ini adalah pengingat bahwa seluruh orang mempunyai hak yg sama & keadilan yg sama. Di tengah persaingan dunia ini, proses penerapan kerangka berpikir tadi sedang berlangsung, & diperlukan output yg diperlukan sinkron menggunakan konsep kerangka berpikir tadi.

B. Harapan saya, pemimpin pada Indonesia wajib berjiwa pancasila yg mengerti sahih akan hakikat pancasila menjadi ideologi Bangsa Indonesia. Pemimpin yg wajib menegakkan keadilan. Para pemimpin masa depan Indonesia wajib lebih poly mendengarkan aspirasi masyarakat, nir merogoh keputusan menggunakan sebelah pihak tanpa memikirkan orang diluar sana. Harus sanggup menghargai para atlet buat kedepannya. Lantaran para atlet adalah aset bangsa yg mengharumkan negara ini. Dengan mendukung talenta yg pada miliki rakyat negara Indonesia sama hal nya menggunakan mendukung perubahan yg lebih baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Yusri Afta Putra གིས-
Nama : Yusri Afta Putra
NPM : 2215061091
Kelas : PSTI C

Analisis Soal-2

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pancasila menjadi landasan pengembangan IPTEK karena setiap nilai sila Pancasila mengandung hal-hal penting dan menunjukkan etika dalam mengembangkan IPTEK.

1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Sila ini menekankan bahwa pengembangan IPTEK dimaknai sebagai bentuk syukur pemberian akal oleh Yang Maha Esa. Sehingga dalam proses pengembangan IPTEK tidak dibuat untuk mencederai keyakinan umat beragama.

2. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.

3. Sila Persatuan Indonesia
Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.

4. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sila ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing sehingga tidak terjadi monopoli IPTEK.

5. Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan saya mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais adalah semoga mereka semua memiliki karakteristik yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia sebagaimana yang terkandung dalam Pancasila, antara lain yaitu beriman, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), memiliki rasa nasionalisme, mendengarkan pendapat orang lain, serta adil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Fiska Viola Nadila གིས-
Nama : Fiska Viola Nadila
NPM : 2215061051
Kelas : PSTI C

Analisis soal:
A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Jawab:
1) Sila Ketuhanan Yang Maha Esa : untuk menyadarkan bahwa ilmu merupakan pemberian tuhan YME yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hal positif.
2) Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab : semua orang dapat memperoleh ilmu, tidak hanya kelompok atau lapisan tertentu.
3) Sila Persatuan Indonesia : meningkatkankan rasa nasionalisme dari bangsa Indonesia agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia agar lebih maju.
4) Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan : penerapan dan penyebaran ilmu pengetahuan harus demokratis dan dapat dimusyawarahkan secara perwakilan dari kebijakan, penelitian sampai penerapan.
5) Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia : menjaga keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat, karena individualitas memungkinkan timbulnya kreativitas dan inovasi.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Jawab:
• Pemimpin yang bisa memimpin dengan berlandaskan Pancasila dan memiliki sikap yang mencerminkan nilai dalam Pancasila.
• Warga negara yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-harinya dan menaati peraturan-peraturan yang ada.
• ilmuwan yang jujur, tekun dan memajukan ilmu pengetahuan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Cikal Gibran Amaro གིས-
Nama : Cikal Gibran Amaro
NPM : 2215061107
Kelas : PSTI C


A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pancasila sebagai sistem nilai akan mantap berfungsi sebagai paradigma ilmu, apabila para akademisi dan praktisi, warga negara maupun penyelenggara negara, telah meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam berolah ilmu maupun beramal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sila pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa
Kita harus tetap mengingat adanya keberadaan Tuhan Yang Maha Esa yang dapat mengimplementasikan perkembangan ilmu teknologi dan juga tetap mempertimbangkan bahwa adanya keberadaan dan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa

Sila kedua : Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Sikap kita terhadap sesama manusia haruslah memiliki sifat kemanusiaan. Dengan perkembangan IPTEK di zaman sekarang, sifat kemanusiaan tersebut tidak boleh hilang.

Sila ketiga : Persatuan Indonesia
Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.

Sila keempat : Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
Sila ini mendasari perkembangan IPTEK secara demokratis

Sila kelima : Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Perkembangan IPTEK harus di dasarkan pada suatu keadilan yang sama-sama menjadi manfaat bagi individu atau kelompok lain dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat..





B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan saya adalah dengan adanya seorang pemimpin yang memiliki sifat pancasilais maka InsyaAllah akan berjalannya sesuatu hal yang ia pimpin dengan cara dan berjalan ke tujuan yang benar.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Agnes anggraini གིས-
Nama: Agnes anggraini
NPM: 2215061103
Kelas: PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Sila pertama: Salah satu perkembangan Iptek harus sesuai dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dan didukung dengan UUD 1945 agar memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
sila kedua: Pada perkembangan Iptek harus sesuai dengan sila Kemausiaan yang adil dan beradab supaya tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia bisa menyejahterakan manusia.

Sila ketiga: Pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.

Sila keempat: membuka kesempatan yang sama bagi semua warga supaya mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing dan tidak menjatuhkan pendapat masing-masing terkait perkembangan Iptek.

Sila kelima: Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan dan seluruh masyarakat Indonesia.


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Harapan saya adalah agar kedepannya pemimpin, warganegara maupun ilmuan berjiwa Pancasila dan bisa membawa bangsa Indonesia mencapai untuk ke hal yang lebih baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Rey Gavrila Naibaho གིས-
Nama: Rey Gavrila Naibaho
Npm: 2215061067

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

1). Sila 1 Ketuhanan yang Maha Esa
Dimana berisi tentang disiplin ilmu beragama/religius serta mengajarkan kita bagaimana menghargai waktu dan etika dalam beribadah

2). Sila 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab
Dimana berisi tentang nilai nilai sosial dan bagaimana etika kita dalam memanusiakan manusia, bagaimana cara bersikap dan menghargai orang lain dalam medsos maupun kehidupan nyata

3). Sila 3 Persatuan Indonesia
Dimana berisi tentang nilai nilai solidaritas baik itu dalam kehidupan dunia nyata maupun kehidupan dunia maya, hal ini diperlukan dalam perkembangan IPTEK guna memajukan komunitas teknologi Indonesia.

4). Sila 4 Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Dimana berisi nilai nilai saling menghargai pendapat antar sesama kita manusia mau itu dalam kehidupan nyata ataupun kehidupan dunia maya, IPTEK Indonesia akan berkembang bila masyarakat Indonesia saling menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.

5). Sila 5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Dimana berisi tentang nilai nilai keadilan guna menciptakan keseimbangan antar masyarakat tidak ada perbedaan antar satu dengan yang lain.


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Tentu saja pemimpin yang menerapkan nilai-nilai Pancasila karena akan menjadi contoh bagi masyarakatnya, jika pemimpinnya baik pasti masyarakatnya akan baik juga. Karena jika pemimpin sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila niscaya negara yang dipimpinnya akan sejarahtera selalu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Keysha Dwi Nova Rohima Keysha Dwi Nova Rohima གིས-
Nama : Keysha Dwi Nova Rohima
NPM : 2215061047
Kelas : PSTI C

Analisis soal 2
A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Jawab :
Sila ke 1 : Ketuhanan yang maha Esa

Dari Sila pertama dapat diketahui semua ilmu dapat berkaitan dengan agama , agar lebih terarah dalam mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sila ke 2 : Kemanusiaan yang adil dan beradab

Dari perkembangan ilmu di zaman sekarang juga tidak terlepas dari kerja sama antar sesama manusia dalam mengembangkan sesuatu. Untuk itu harus tetap menanamkan sifat rendah hati dalam pengaplikasian atau menambah ilmu di kehidupan sehari-hari.

Sila ke 3 : Persatuan Indonesia

Pancasila sebagai sistem nilai akan mantap berfungsi sebagai paradigma ilmu, apabila para akademisi dan praktisi, warga negara maupun penyelenggara negara, telah meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam berolah ilmu maupun beramal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sila ke 4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang karena masyarakat saling bertukar pendapat dan menghargai satu sama lain sehingga banyak inovasi dan ide yang tertuang di dalamnya. Oleh karena itu nilai nilai dalam setiap sila harus diamalkan dan merupakan bagian dari kehidupan

Sila ke 5 : Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Peran Pancasila sebagai paradigma disiplin ilmu yakni terkandung dalam sila ke lima. Dalam kandungan sila tersebut dapat diartikan bahwasanya seluruh kalangan masyarakat Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menuntut dan mengenyam bangku pendidikan. Yang menyebabkan kondisi disiplin ilmu di Indonesia akan semakin meningkat kedepannya.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Jawab :
Pancasila merupakan ideologi bangsa, yaitu cita-cita yang ingin dicapai oleh Bangsa Indonesia. Pemimpin yang dibutuhkan Bangsa Indonesia adalah pemimpin yang berjiwa Pancasila. Pemimpin yang baik memiliki misi untuk membawa bangsa dan negaranya menggapai cita-cita bangsa, yaitu membawa penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia kearah terwujudnya kehidupan yang ber-ketuhanan, ber-kemanusiaan, ber-persatuan, ber-kerakyatan, dan ber-keadilan.
Pemimpin yang mengerti benar akan hakikat pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. Sehingga dengan begitu, semua kebijakan yang diambilnya kelak akan berpedoman pada ideologi Bangsa. diharapkan baik pemimpin,warga,ataupun ilmuan baik sekarang ataupun dimasa yang akan datang memiliki karakter beriman,memiliki rasa nasionalisme,menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia,dan menghargai pendapat orang lain,dan mampu bersikap adil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

VIOLITA ALTINA PUTRI གིས-
NAMA: VIOLITA ALTINA PUTRI
NPM: 2255061016

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Jawab:
Setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia harus didasarkan pada nilai-nilai Pancasila. Pancasila berperan penting bagi kehidupan barbangsa dan bernegara, dimana harus didasari oleh kehidupan tatanan Negara seperti politik, ekonomi, budaya, hukum dan antar umat beragama.
Dalam pembangunan ilmu yang prosesnya berada di tengah persaingan global seperti saat ini Pancasila haruslah menjadi paradigma dan dasar dari kemajuan atau perkembangan yang ada. Dengan dilandasi oleh nilai nilai sebagai berikut:
1. Sila Pertama, menunjukan tidak satu pun sukubangsa ataupun golongan sosial dan komuniti setempat di Indonesia yang tidak mengenal kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Sila Kedua, merupakan nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh segenap warganegara Indonesia tanpa membedakan asal-usul kesukubangsaan, kedaerahan, maupun golongannya;
3. Sila Ketiga, mencerminkan nilai budaya yang menjadi kebulatan tekad masyarakat majemuk di kepulauan nusantara untuk mempersatukan diri sebagai satu bangsa yang berdaulat;
4. Sila Keempat, merupakan nilai budaya yang luas persebarannya di kalangan masyarakat majemuk Indonesia untuk melakukan kesepakatan melalui musyawarah. Sila ini sangat relevan untuk mengendalikan nilai-nilai budaya yang mendahulukan kepentingan perorangan.
5. Sila Kelima, betapa nilai-nilai keadilan sosial itu menjadi landasan yang membangkitkan semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikutserta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Jawab:
Seorang pemimpin adalah seseorang yang mengatur dan memiliki wewenang lebih. Bukan hanya itu seseorang pemimpin juga menjadi contoh bagi orang-orang yang di pimpin, maka dari itu sekarang pemimpin haruslah berjiwa Pancasila, pemimpin yang mengerti benar akan hakikat pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. Sehingga dengan begitu, semua kebijakan yang diambilnya kelak akan berpedoman pada ideologi Bangsa. Pemimpin harus memiliki lima karakteristik sebagaimana yang terkandung dalam Lima sila yang terdapat dalam Pancasila. Dengan begitu akan terwujudnya suatu keadilan, kemakmuran, dan kedamaian.
Bukan hanya seorang pemimpin, tetapi seorang warga negara serta ilmuan juga harus memiliki sikap yang berlandasi dan berpedoman kepada nilai-nilai Pancasila agar saling menghargai sesama, satu tujuan dan dengan karakter yang berlandaskan Pancasila, diharapkan mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi , yaitu kepada kesejahteraan dan kemakmuran seperti yang dicita-citakan oleh seluruh rakyat Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Laura Maylani གིས-
Nama: Laura Maylani
NPM: 2215061071
Kelas: PSTI C
a. Pancasila terdapat lima sila yang mencerminkan nilai-nilai yang ada dalam bangsa Indonesia. Sila pertama ketuhanan yang maha esa, sila ini memiliki konsep dalam pengembangan iptek ini memiliki pertimbangan antara rasional dan irasional. Sila kedua, memberikan arah. Hal ini dikarenakan dalam mengembangkan teknologi ditunjukkan untuk kemanusiaan bukan untuk lapisan masyarakat tertentu. Sila ketiga, dalam pengembangan iptek ini harus ditunjukkan untuk seluruh tanah air dan bangsa. Sila keempat, penerapan dan penyebaran iptek yang dilakukan haruslah secara demokratis agar dalam penerapannya tidak terjadi monopoli IPTEK. Sila kelima, yang mana sila ini menjaga sebuah keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat.
b. Harapan saya bagi pemimpin, warganegara, dan ilmuwan di Indonesia pada masa sekarang atau yang akan datang adalah seseorang yang mengerti dan paham akan nilai dari sebuah pancasila itu sendiri dan tentunya mereka dapat menerapkannya dalam segala bidang kehidupan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Muhamad Raya Nugroho གིས-
Nama : Muhamad Raya Nugroho
Npm : 2215061083
Kelas : PSTI C

A. Bagaimanakah kiprah Pancasila menjadi kerangka berpikir ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing menggunakan merinci setiap sila ke pada kebijakan ilmu & landasan etika bagi pengembangan ilmu yg anda pelajari & bagaimana prosesnya pada tengah persaingan dunia misalnya kini ini?
1) Sila ketuhanan yg maha esa:
melengkapi ilmu pengetahuan yg mencitakan perimbangan antara rasa & akal, sila ini menempatkan insan pada alam menjadi bagiannya
2) Sila humanisme yg adil & beradab :
mengakui persamaan drajat, hak, & kewajiban setiap insan tanpa membeda bedakan suku,agama,jenis kelamin, kedudukan sosial, rona kulit & lainnya
3) Sila persatuan Indonesia :
menaruh rasa pencerahan akan nasionalisme menurut bangsa indonesia buat berbagi ilmu pengetahuan & teknologi
4) Sila kerakyatan yg dipimpin sang hikmat kebijaksanaan pada permusyawaratan perwakilan :
sebagai panduan bahwa warga dipimpin pada kebijaksanaan
5) Keadilan sosial bagi semua warga Indonesia:
pada pengembangan iptek wajib didasarkan dalam ekuilibrium & keadilann pada kehidupan humanisme

B. Bagaimanakah harapanmu tentang contoh pemimpin, warganegara & ilmuwan yg Pancasilais pada Indonesia kini & pada masa mendatang?
Harapan aku menggunakan pemimpin warganegara & ilmuan yg pancasialis merupakan menggunakan adanya Pancasila mereka bisa menerapkan ilmunya menggunakan permanen berpedoman pada nilai nilai Pancasila supaya nir terjadi penyimpangan
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Eric Rizky Febrian གིས-
Nama: Eric Rizky Febrian
NPM: 2215061075
Kelas: PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Nilai Ketuhanan
Ilmu pengetahuan harus tetap menjaga keseimbangan antara rasional dan irasional, keseimbangan antara akal, rasa, dan kehendak. Sila pertama menempatkan manusia di alam semesta bukan sebagai pusatnya melainkan sebagai bagian yang sistematik dari alam semesta yang diolahnya. Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dalam mengamalkan komitmen etis ketuhanan ini, Pancasila harus didudukan secara proporsional, bahwa ia bukanlah agam yang berpretensi mengatur sister keyakinan, sistem peribadatan, sistem norma dan identitas keagamaan dalam ranah privat dan ranah komunitas agama masing-masing.

Nilai Kemanusiaan
Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani masing-masing, dengan memperlakukan sesuatu hal dengan sebagaimana semestinya.
a. Memberi arah dan mengendalikan ilmu pengetahuan, ilmu dikembalikan pada fungsinya semula yaitu kemanusiaan, tidak hanya untuk kelompok atau lapisan tertentu.
b. Memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan iptek haruslah secara beradab, membangan iptek harus berdasarkan kepada usaha-usaha yaitu untuk mencapai kesejateraan umat manusia.
c. Ilmu pengetahuan dan teknologi harus diabadikan untuk peningkatan harkat dan martabat manusia, bukan menjadikan manusia sebagai makhluk yang angkuh dan sombong akibat memiliki ilmu pengetahuan.

Nilai Persatuan
Nilai persatuan Indonesia memberikan kesadaran kepada bangsa Indonesia akan rasa nasionalisme bangsa Indonesia. Oleh karena itu ilmu pengetahuan dan teknologi harus dapat dikembangkan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hendaknya diarahkan demi kesejahteraan umum manusia termasuk di dalam nya kesejahteraan bangsa Indonesia dan rasa nasionalismenya.
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan negara persatuan itu diperkuat dengan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sipil dan politik dengan terus mengembangkan pendidikan kewargaan dengan dilandasi prinsip-prinsip kehidupan publik yang lebih partisipatif dan non-diskriminatif.

Nilai Kerakyatan
Nilai kerakyatan mendasari pengembangan ilmu pengetahuan dan secara demokratis, yang artinya setiap ilmuwan haruslah memiliki kebebasan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tetapi juga harus saling menghormati dan menghargai kebebasan orang lain. Ilmu pengetahuan yang telah teruji kebenarannya harus dapat dipersembahkan untuk kepentingan masyarakat.
Nilai kerakyatan juga mensyaratkan adanya wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendalam yang mengatasi ruang dan waktu tentang materi yang dimusyawarahkan.

Nilai Keadilan
Berdasarkan nilai keadilan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan manusia, yaitu keseimbangan dan keadalian dalam hubungan antara manusia dengan sesamanya, manusia dengan penciptanya, dan manusia dengan lingkungan di mana meraka berada.
Pengembangan ilmu pengetahuan yang berkeadilan harus dapat teraktualisasi dalam pengelolaan kekayaan alam sebagai milik bersama bangsa Indonesia untuk kemakmuran rakyat.


B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Pemimpin dan tokoh bangsa, baik eksekutif, legislatif, dan yudikatif harus bisa menjadi contoh atau panutan masyarakat, terutama dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila. Hal itu penting agar Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara terus berdiri tegak dalam membentengi bangsa dari ancaman radikalisme dan terorisme. Harapan saya untuk pemimpin bangsa yang sekarang dan di masa depan adalah para pemimpin harus menunjukkan bahwa mereka itu adalah Pancasilais sejati maka setelah itu rakyat akan mengikutinya. Karena kalau para pemimpin tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai seorang yang Pancasilais, maka jangan harap rakyat atau pengikutnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Ghefira Zahira Sofa གིས-
Nama : Ghefira Zahira Sofa
NPM : 2215061127

A. Pancasila berperan sebagai sistem nilai akan mantap berfungsi sebagai paradigma ilmu, apabila para akademisi dan praktisi, warga negara maupun penyelenggara negara, telah meyakini kebenaran nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai acuan dalam berolah ilmu maupun beramal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Ketuhanan YME
Sila Pertama ini menyiratkan adanya konsep tentang keberadaan Tuhan YME yang terus menjalin hubungan dan kesatuan dengan manusia dan alam semesta beserta isinya. Ilmu berparadigma Pancasila bersifat teistik.
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila Kedua ini dengan jelas menyiratkan adanya konsep tentang manusia yang utuh. Dalam keutuhannya, ada rohani dan ada jasmani. Sebagai kesatuan rohaniah, keberadaan hati nurani (qalbu) tidak kalah penting daripada akal. Ilmu berparadigma Pancasila mengakui dan menghargai keberadaan akal (rasio), namun bukan segala-galanya (ratio above else) sebagaimana kredo “Cogito ergo sum.
Persatuan Indonesia
Keharusan menempatkan Sila Pertama dan sila Kedua sebagai jiwa Persatuan Indonesia, menunjukkan adanya keterpaduan antara karakter ilmu dengan faham kebangsaan Indonesia, sekaligus penolakan terhadap faham etnisisma dan etnosentrisma.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Sila ini menyiratkan adanya konsep bahwa rakyat atau wakil-wakil rakyat dalam menjalankan kekuasaannya harus dipimpin oleh kebijaksanaan, dengan penuh rasa tanggungjawab, baik secara vertikal kepada Tuhan YME maupun secara horizontal kepada seluruh rakyat Indonesia, dan tidak sekali-kali atas dasar kekuatan maupun legalitas formal. Semakin dekat manusia dengan sumber kebenaran absolut yaitu Tuhan YME, maka dia akan semakin bijaksana.
Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia
Keadilan itu bukan keadilan formal, suatu keadilan yang lahir karena perundang-undangan, melainkan keadilan yang bertumpu pada habitat sosialnya, yaitu masyarakat Indonesia, yang berkarakter komunalistik-religius. Ilmu berparadigma Pancasila mendorong perburuan keadilan sosial, sekaligus menolak dominasi positivisme.

B. Harapannya Pancasila sebagai paradigma ilmu membuat setiap orang dapat disiplin ilmu dan memiliki etika yang sesuai dengan perannya di dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Muhamad Arifin Syam གིས-
Nama: M Arifin Syam
NPM: 225506100
Kelas: PSTI C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pancasila sebagai paradigma ilmu dapat dilaksanakan ketika seseorang menyakini tiap tiap sila yang ada pada Pancasila.

Sila Ketuhana yang Maha Esa
Pada sila ini menghubungkan kita dengan tuhan yang maha esa, pada saat sekarang sebaiknya tidak menghilangkan kepercayaan kita terhadap keberadaan Tuhan.

Sila Kemanusian Yang Adil dan Beradab
Pada sila ini mengharuskan kita untuk menggunakan ilmu yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan, tidak berlebihan sehingga dapat mengganggu orang lain.

Sila Persatuan Indonesia
Pada sila ini kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh terpecah belah atas ilmu yang ada, bahkan pada saat persaingan global seperti saat ini.

Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Sila ini mendasari perkembangan IPTEK secara demokratis sehingga semua masyarakat dapat kesempatan yang sama untuk dapat mengembangkan IPTEK.
Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pada sila ini kita dapat mengembangkan IPTEK tetapi harus dapat menjaga keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Untuk Kedepannya, harapan saya menganai para pemimpin dan warganegara serta ilmuwan yang ada di negara tercinta kita ini, dapat memahami dan mengimplementasikan dari tiap tiap nilai yang terdapa pada Pancasila. Selalu mengamalkan Pancasila dalam setiap perkembangan yang ada.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Nur Emy Ramadhani གིས-
Nama: Nur Emy Ramadhani
NPM: 2215061027
Kelas: PSTI C

Analisis soal 2

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Jawab:
1.Pada sila pertama ini, kita sebagai manusia yang modern akan tetap selalu kembali kepada tuhan, hal ini juga melandaskan bahwa sebanyak apapun ilmu yang didapat, toleransi yang didapat dari ilmu agama juga dapat dijadikan pedoman agar dapat terjalinnya hidup yang damai.

2.Pada Sila kedua ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.

3.Pada Sila Ketiga ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.

4.Pada Sila Keempat ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing sehingga tidak terjadi monopoli IPTEK.

5.Pada Sila Kelima ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Jawab:
Harapan saya dengan pemimpin warganegara dan ilmuan yang pancasialis ialah dengan adanya Pancasila mereka dapat menerapkan ilmunya dengan tetap berpedoman kepada nilai nilai Pancasila agar tidak terjadi penyimpangan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

M. Reza Satya Nugraha གིས-
Nama : M. Reza Satya Nugraha
NPM : 2215061087
Kelas : PSTI-C

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?

Pengertian Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu mengandung konsekuensi yang berbeda-beda. Pengertian pertama bahwa iptek tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengandung asumsi bahwa iptek itu sendiri berkembang secara otonom, kemudian dalam perjalanannya dilakukan adaptasi dengan nilai-nilai Pancasila.
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Sila ini menyampaikan bahwa pengembangan IPTEK dimaknai sebagai bentuk syukur pemberian akal oleh Yang Maha Esa. Sehingga dalam proses pengembangan IPTEK tidak dibuat untuk mencederai keyakinan umat beragama.
2. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia.
3. Sila Persatuan Indonesia
Sila ini mengingatkan agar pengembangan IPTEK ditujukan untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu, sila ini juga memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia dapat meningkat dengan adanya kemajuan IPTEK.
4. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sila ini menekankan agar membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan merasakan hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing sehingga tidak terjadi monopoli IPTEK.
5. Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan pada keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?

Harapan saya adalah semoga pemimpin, warganegara, dan ilmuwan dapat mempertahankan pedoman utama dinegara kita yaitu Pancasila, dan tidak memakai kata-kata ‘Pancasila’ hanya untuk kepentingan politik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal-2

Den Muhammad Wyzdan Alfarizy གིས-
NAMA: DEN M. WYZDAN ALFARIZY
NPM: 2215061003
KELAS: PSTI C

Izin, pak. Dari Soal 2 yang terdapat di pertemuan ke-15 ini, saya dapat memberi sedikit jawaban dari opini saya pribadi sebagai berikut.

A. Bagaimanakah peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu anda masing-masing dengan merinci setiap sila ke dalam kebijakan ilmu dan landasan etika bagi pengembangan ilmu yang anda pelajari dan bagaimana prosesnya di tengah persaingan global seperti sekarang ini?
Pancasila sebagai paradigma ilmu adalah sebagai dasar bagaimana kita menuntut ilmu dan menjadi acuan dalam mengimplementasikan ilmu tersebut ke kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu terkait teknologi adalah:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Dalam disiplin ilmu pengetahuan teknologi, sila pertama ini menjadi acuan kita agar menyeimbangkan ilmu pengetahuan dengan tetap menjaga keimanan.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Dalam disiplin ilmu pengetahuan teknologi, sila kedua ini menjadi dasar prinsip bahwa kita harus tetap adil dan beradab dalam implementasi dari ilmu tersebut.
3. Persatuan Indonesia
Dalam disiplin ilmu pengetahuan teknologi, sila ketiga ini mengingatkan agar kita harus tetap menjaga persatuan, tidak boleh sampai mengganggu bahkan mencederai persatuan bangsa dalam implementasi dari ilmu tersebut.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Dalam disiplin ilmu pengetahuan teknologi, sila keempat ini mengajarkan bahwa kita harus bijaksana dalam implementasi dari ilmu tersebut.
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Dalam disiplin ilmu pengetahuan teknologi, sila kelima ini mengajarkan kita bahwa harus menjunjung tinggi keadilan sosial dalam menjalankan ilmu tersebut.

B. Bagaimanakah harapanmu mengenai model pemimpin, warga negara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang?
Harapan untuk pemimpin adalah supaya dapat amanah, bersih, dan yang terpenting membawa suatu kemajuan bagi bangsa Indonesia dengan berdasar kepada nilai-nilai Pancasila.
Harapan untuk warga negara adalah supaya dapat rukun, memperkuat persatuan, dan membantu para pemimpin negara demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Harapan untuk ilmuwan dan akademisi adalah supaya memberi kontribusi luar biasa lewat ilmu pengetahuan kepada negara untuk membantu negara menjadi lebih baik.