Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Number of replies: 34
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by VIOLITA ALTINA PUTRI -
NAMA: VIOLITA ALTINA PUTRI
NPM: 2255061016
KELAS: PSTI C

Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada bebarapa jenis pemahaman. Salah satunya adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Seperti pada penelitian jurnal ini, mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Pada penelitian yang dijelaskan pada jurnal ini membuktikan bahwa kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.

Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan. Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Keysha Dwi Nova Rohima Keysha Dwi Nova Rohima -
Nama : Keysha Dwi Nova Rohima
NPM : 2215061047
Kelas : PSTI C

Analisis Jurnal:

Dari jurnal ini dapat diketahui bahwa pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang urgensi Pancasila dapat dilakukan dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.

Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tertimbun budaya barat yang berkembang. Tujuan pelajaran pendidikan pancasila yaitu Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan dan lainnya yang membantu aktivitas dalam kehidupan sehari hari . Laju perkembangan iptek semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. 

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan tetap berpegang teguh pada pancasila sebagai dasar negara.
In reply to Keysha Dwi Nova Rohima Keysha Dwi Nova Rohima

Re: Forum Analisis Jurnal

by Fadila Malika Sandi -
Nama: Fadila Malika Sandi
NPM : 2215061123
Kelas : PSTI C

ANALISIS JURNAL

Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan yang berlangsung. Di era globalisasi juga banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Yang menjadi akar permasalahannya ialah pada era globalisasi saat ini adalah nilai-nilai dalam Pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia berpengaruh dengan perkembangan teknologi.

Bagi generasi muda alangkah baiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru. Sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.

Oleh karena itu, perlunya mengaktualisaikan Pancasila khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Meidiyana . -
Nama : Meidiyana
NPM : PSTI-C
Kelas : 2215061063

ANALISIS JURNAL
Pengetahuan yg dapat kita ambil di jurnal adalah di era globalisasi banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, salah satu factor pendukungnya adalah iptek sendiri dalam globalisasi ini, karena prosesnya yang begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Termasuk Indonesia, dalam hal ini akan dibahas lebih ke pendidikannya terhadap Pancasila.

Perlu mengaktualisaikan Pancasila khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.

Dengan di selenggarakan nya pendidikan pancasila terutama pada perguruan tinggi, diharapkan dapat menjadi wahana yang asik bagi mahasiswa untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah masalah serta menyaring berbagai dampak dari adanya perkembangan teknologi yang tentu saja diiringi dengan sikap yang baik terutama sesuai dengan norma norma Pancasila.

Maka dari itu, bagi generasi muda alangkah baiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru. Sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Tri Novita -
Nama : Tri Novita
NPM : 2215061079
Kelas : PSTI C

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pada Era globalisasi yang tengah berlangsung saat ini tentu saja membawa kemajuan yang sangat signifikan bagi berbagai aspek. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan yang berlangsung, era globalisasi juga banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Yang menjadi akar permasalahannya ialah pada era globalisasi saat ini adalah nilai-nilai dalam Pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia berpengaruh dengan perkembangan teknologi.

Penyelenggarakan pendidikan pancasila terutama pada perguruan tinggi, diharapkan mahasiswa untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah masalah serta menyaring berbagai dampak dari adanya perkembangan teknologi yang tentu saja diiringi dengan sikap yang baik terutama sesuai dengan norma norma Pancasila. Bagi generasi muda alangkah baiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru. Sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara. perkembangan sebuah negara sangat amat didorong dari aspek Ilmu pengetahuan dan Teknologi.

Berdasarkan riset dan survey yang dilakukan oleh para mahsiswa secara umum, para responden telah menyikapi perkembangan iptek dengan baik. namun, mahasiswa sebagai generasi muda perlu menjaga kepribadian dalam mengahapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menyaring berbagai dampak yang terjadi, serta mengaktualisasikan nilai nilai pancasila dalam melakukan nya. khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ajeng Nursyifa -
NAMA: AJENG NURSYIFA
NPM: 2215061031
KELAS: PSTI C


Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada bebarapa jenis pemahaman. Salah satunya adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Seperti pada penelitian jurnal ini, mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Pada penelitian yang dijelaskan pada jurnal ini membuktikan bahwa kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.

Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan. Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.

Segitu saja analisis jurnal yang saya ketahui sebelumnya
TERIMAKASIH
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Yusri Afta Putra -
Nama : Yusri Afta Putra
NPM : 2215061091
Kelas : PSTI C

Analisis Jurnal "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Ilmu Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman. Pertama, bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Kedua, bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri. Ketiga, bahwa nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek di Indonesia, artinya mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia. Keempat, bahwa setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah indegenisasi ilmu (mempribumian ilmu).

Keempat pengertian Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu sebagaimana dikemukakan di atas mengandung konsekuensi yang berbeda-beda. Pengertian pertama bahwa iptek tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengandung asumsi bahwa iptek itu sendiri berkembang secara otonom, kemudian dalam perjalanannya dilakukan adaptasi dengan nilai-nilai Pancasila. Pengertian kedua bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal mengandaikan bahwa sejak awal pengembangan iptek sudah harus melibatkan nilai-nilai Pancasila. Namun, keterlibatan nilai-nilai Pancasila ada dalam posisi tarik ulur, artinya ilmuwan dapat mempertimbangkan sebatas yang mereka anggap layak untuk dilibatkan. Pengertian ketiga bahwa nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek mengasumsikan bahwa ada aturan main yang harus disepakati oleh para ilmuwan sebelum ilmu itu dikembangkan. Namun, tidak ada jaminan bahwa aturan main itu akan terus ditaati dalam perjalanan pengembangan iptek itu sendiri. Sebab ketika iptek terus berkembang, aturan main seharusnya terus mengawal dan membayangi agar tidak terjadi kesenjangan antara pengembangan iptek dan aturan main. Pengertian keempat yang menempatkan bahwa setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri sebagai proses indegenisasi ilmu mengandaikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, tetapi sudah menjadi paradigma ilmu yang berkembang di Indonesia. Untuk itu, diperlukan penjabaran yang lebih rinci dan pembicaraan di kalangan intelektual Indonesia, sejauh mana nilai-nilai Pancasila selalu menjadi bahan pertimbangan bagi keputusan-keputusan ilmiah yang diambil.

Dari jurnal tersebut, diketahui hasil penelitian membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Menurut saya dalam menyikapi perkembangan iptek yang sangat cepat dan luas, hendaknya bangsa Indonesia harus memahami dan menjadikan pancasila sebagai titik acuan ketika mengembangkan iptek maupun memakai suatu iptek. Dengan menerapkan pancasila dalam setiap iptek, maka diharapkan bangsa Indonesia memiliki iptek yang berlandaskan pancasila. Saat ini masyarakat tidak bisa lepas dari teknologi informasi oleh sebab itu masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi tersebut dan sebaiknya gunakan untuk hal-hal yang positif seperti di bidang pendidikan, ekonomi, politik dan bidang lainnya. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar, seperti informasi mengenai gaya hidup bangsa barat yang gaya hidup bangsa barat bertentangan dengan nilai yang ada didalam Pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai Pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Dian Fatonah -
Nama : Dian Fatonah
NPM : 2215061115
Kelas : PSTI C

Analisis Jurnal :
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek
yang mengalami perkembangan yang
signifikan. Globalisasi tersebut berlangsung melalui dua dimensi yaitu dimensi ruang dan waktu.Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Pengaruh baik atau buruknya teknologi terhadap Pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi Pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut.

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa
2. Memberikan pemahaman dan
penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa
3. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila.

# Mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila.

# Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga
budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan
perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Cindy Mustika Weny -
Nama : Cindy Mustika Weny
NPM : 2215061111
Kelas : PSTI-C

“Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk : Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Cikal Gibran Amaro -
Nama : Cikal Gibran Amaro
NPM : 2215061107
Kelas : PSTI C

Analisis Jurnal : "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Hal yang saya dapatkan dari analisis ini adalah :

Saat ini, segala aspek kehidupan telah
mampu berkembang dengan pesatnya,
perkembangan tersebut beriringan pula
dengan perkembangan pendidikan dari
yang tradisional menjadi modern, secara
otomatis perkembangan tersebut menuntut
masyarakat menuju kearah globalisasi.

Akibatnya, segala informasi yang bernilai
positif maupun negatif, dapat dengan
mudah di akses oleh masyarakat. Dan di
akui atau tidak, perlahan-lahan mulai
mengubah pola hidup dan pola pemikiran
masyarakat khususnya dalam aspek
pendidikan.

Pancasila merupakan warisan luar
biasa dari pendiri bangsa yang mengacu
kepada nilai-nilai luhur. Oleh karena itu,
perlu adanya pemulihan kembali kesadaran
kolektif bangsa tentang posisi vital dan
urgensi Pancasila dalam kehidupan
masyarakat terutama mahasiswa melalui
mata kuliah Pengembangan Kepribadian
Pancasila.

Maka dari itu, perlu mengaktualisaikan Pancasila
khususnya pada generasi muda melalui
Kementrian Pendidikan nasional dengan
mengemas materi dan metode
pembelajaran yang tidak bersifat
indoktrinasi.
Pemerintah melalui kementrian
komunikasi dan informasi perlu
meningkatkan filtering terhadap globaliasai
arus informasi yang dikemas dalam
berbagai media, khususnya teknologi
informasi (internet) untuk menangkal
berbagai susupan informasi yang berbau
radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by AHMAD RAFALY -
NAMA: AHMAD RAFALY
NPM: 2215061011
KELAS: TI C

BERIKUT HASIL ANALISIS JURNAL SAYA:
Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila,  iptek tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan setiap iptek yang dikembangkan harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal serta harus melibatkan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek.  Ada aturan main yang harus disepakati oleh sebelum ilmu itu dikembangkan. Namun, tidak ada jaminan bahwa aturan main itu akan terus ditaati dalam perjalanan pengembangan iptek itu sendiri. Sebab ketika iptek terus berkembang, aturan main seharusnya terus mengawal dan membayangi agar tidak terjadi kesenjangan antara pengembangan iptek dan aturan main. lalu selanjutnya setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri.

Hal ini meminta kita bahwa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari , perlu mempunyai toleransi dalam perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman pancasila.sejak usia dini. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada harus dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan sehari hari. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir situs yang sering menampilkan konten negatif di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat menyuarakan pendapat di media online.

Generasi muda alangkah baiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek,dan menyeleksi pengaruh kebudayaan yang buruk menurut pancasila. Sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara. Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini menjadi bahan evaluasi agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Theofani Hati Kusumawardani -
Nama : Theofani Hati Kusumawardani
NPM : 2255061004
Kelas : PSTI-C

Berdasarkan video tersebut, saya menjadi lebih mengerti akan hubungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan kemajuan suatu negara dalam menghadapi globalisasi.

Saat ini merupakan era globalisasi dimana berbagai aspek berkembang serta menuju era teknologi dan informasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan menunjukkan hasil signifikan. Globalisasi mendorong munculnya perubahan dunia, berbagai kesulitan yang semula dihadapi kini dapat terpecahkan akibat adanya globalisasi. Semua sejatinya bergantung pada sikap kita sebagai masyarakat.

Menurut Notoadmodjo (2003), sikap memiliki tingkatan. Tingkat pertama ialah penerimaan (receive) yakni subjek mampu memperhatikan stimulus yang diberikan oleh objek. Tingkat kedua ialah respon (responding), yakni subjek memberi reaksi atas stimulus yang diberikan objek. Berikutnya ialah menghargai (value) yakni mampu memberi apresiasi terhadap suatu objek. Tingkat berikutnya ialah tanggung jawab (responsible) yang berarti dapat bertanggung jawab atas pilihan dirinya.

IPTEK menjadi aspek terpenting dalam perkembangan sebuah negara. Perkembangan suatu negara tidak lepas dari perkembangan IPTEK. Apabila IPTEK tidak berkembang, negara tidak akan dapat berkembang mengikuti arah perkembangan dunia.
Penting bagi masyarakat, terutama mahasiswa (dalam jurnal ini) untuk mengembangkan sikap positif terhadap IPTEk sejalan dengan dasar kita, Pancasila. Perlu dilakukan filtering terhadap pengaruh-pengaruh globalisasi, sehingga tidak terbawa arus globalisasi begitu saja.

Sekian yang dapat saya utarakan, terima kasih pak..
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Airta Pertiwi -
Nama: Airta Pertiwi
NPM: 2215061043
Kelas: PSTI C

Di era Globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang berdampak karena globalisasi.Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada dimasyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan.
Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam, bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh
masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang berguna dan bernilaisitif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. Marsyarakat yang awalnya awam terhadap suatu hal, lama kelamaan akan terbiasa dan merasa aman serta nyaman menggunakan teknologi tersebut.

Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Mahasiswa kadang lupa pengimplementasian nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga kadang terjadi penyimpangan terhadap nilai-nilai tersebut. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut.

Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan dan penguatan kembali nilai-nilai Pancasila dilingkungan terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Fadhil Abdul Fattah -
Nama : Fadhil Abdul Fattah
NPM : 2215061019
Kelas : PSTI C

Analisis Jurnal :

Sebagai proses, globalisasi belangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideolohi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain. Teknologi infotmasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi .
Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan buday dan adat ketimuran seperti indonesia.
Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat akan terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.
Pancasila merupakan warisan luar biasa pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa indonesia ini berpendapat bahwa pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat indonesia yang plural tidak tergantikan.
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga berkembang di berbagai bidang.
Ilmu dan pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun tidak selamanya bahwa pengerahuan itu sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan. Secara etimologis, kata teknologi berasal dari kata techne dan logos. Techne berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu, sedangkan logos mengacu kepada kata logis yang mengacu pada makna tata pikir. Secara terminologi, teknologi mempunyai arti kemampuan manusia untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan alam guna kepentingan hidupnya. Dalam memanfaatkan kekuatan alam tersebut dilakukan dengan menciptakan alat-alat.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantantan perkembangan iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan negara.
Perlu mengaktualisasikan pancasila khususnya pada generasi muda melalui kementerian pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indokrinasi.
Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globalisasi arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Aditya Aditya Johansah -
Nama : Aditya Johansah
Kelas : PSTI C
NPM : 2215061039

Pembangunan iptek berlandaskan Pancasila yang bertujuan untuk menjamin kesejahteraan bangsa Indonesia dan sebagai pelindung pertahanan negara dari pengaruh buruk. Terdapat penjabaran pada masing-masing sila Pancasila, yaitu: Pertama, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, iptek bukan hanya pencipta atau penemuan baru, tetapi iptek yang canggih ini dapat menetapkan tujuannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan memperhatikan dampak negatifnya bagi masyarakat. Dengan ini, manusia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila secara bijak untuk menghindari penipuan iptek.
Kedua, Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, dalam sila ini kita perlu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bijaksana sebagaimana mestinya untuk meningkatkan kesejahteraan sesama manusia, bukan menjadi manusia yang sombong dan sombong karena ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ketiga, Sila Persatuan Indonesia, cara penerapannya adalah dengan mewujudkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia, dalam sila ini iptek diharapkan mampu mempersatukan bangsa, sehingga tidak terjadi perpecahan antar warga negara Indonesia, dan warga negara internasional.
Keempat, Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh hikmat Kebijaksanaan dalam permusyawaratan Perwakilan, dalam sila ini seorang ilmuan harus dapat menghargai kebebasan setiap manusia, dan menerima kritik dari segala penjuru mengenai penemuan-penemuan barunya.
Kelima, Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dalam sila ini ilmu pengetahuan dan teknologi harus memperhatikan kesesuaian interaksi manusia dengan dirinya sendiri, dengan orang lain, dengan Tuhannya, serta alam dan lingkungannya.

Solusi yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu, warga negara Indonesia perlu mengingat atau merenungkan kembali bahwa ideologi dasar didasarkan pada lima sila dasar Pancasila, sadar akan perbuatan baik atau buruk, tidak membeda-bedakan. antar suku, ras, atau antar golongan. beragama, cinta produk lokal atau dalam negeri, tidak sombong dengan teknologi yang dimiliki, dan menggunakan iptek dengan baik yaitu dengan bijak sehingga tidak merugikan manusia lainnya. Proses pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat bukan hanya menjadi kewajiban penyelenggara negara, tetapi sudah menjadi tanggung jawab semua pihak. Karena dengan menjadikan bangsa Indonesia maju, maka warga negara Indonesia harus ikut serta dalam memajukan bangsa.

Pancasila merupakan pandangan ilmiah terhadap kegiatan ilmiah di Indonesia, sehingga para ilmuwan harus mengembangkan ilmunya dengan mempertimbangkan apakah tepat sasaran dan tidak merugikan manusia, dengan tetap menjaga kelestarian alam dan budaya. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan iptek sangatlah penting, di sini Pancasila dapat menjadi acuan pengembangan dan pemanfaatan iptek sesuai dengan kepribadian luhur bangsa Indonesia. Perkembangan iptek harus selalu berakar pada budaya negara, dan iptek harus selalu menghargai dan terbuka terhadap segala kritik masyarakat, tentunya dengan cara yang baik.
Sebagai orang Indonesia, mari kita semua selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan teknologi secara cerdas dan berusaha untuk tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kita. Menjadi masyarakat yang cerdas, mampu memanfaatkan teknologi untuk kepentingan yang baik, dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan, dan seluruh bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Arnora Mardiansyah -
NAMA : ARNORA MARDIANSYAH
NPM : 2215061015
KELAS : PSTI C

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.
Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi.

Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Agnes anggraini -
Nama : Agnes anggraini
NPM : 2215061103
Kelas : PSTI C

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
adalah untuk :
Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang secara spesifik tujuan penyelenggaraan.

Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Secara garis besar sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten).
Sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan.

Tingkatan Sikap
Sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu: (1) Menerima (receiving) Menerima diartikan bahwa orang (subyek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (obyek), (2) Merespon (responding) Memberikan jawaban apabila memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi sikap karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan. (3) Menghargai (valuing) Mengajak orang lain untuk mengerjakan atau mendiskusikan dengan orang lain terhadap suatu masalah adalah suatu indikasi sikap tingkat tiga, (4) Bertanggung jawab (responsible) Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko adalah mempunyai sikap yang paling tinggi.

Fungsi Sikap
Sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu: (1) Fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian atau fungsi manfaat, Fungsi ini berkaitan dengan sarana dan tujuan. Orang memandang sejauh mana obyek sikap dapat digunakan sebagai sarana atau alat dalam rangka mencapai tujuan. (2) Fungsi pertahanan ego, Ini merupakan sikap yang diambil oleh seseorang demi untuk mempertahankan ego atau akunya. Sikap ini diambil oleh seseorang pada waktu orang yang bersangkutan terancam keadaan dirinya atau egonya, (3) Fungsi ekspresi nilai, Sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya. Dengan mengekspresikan diri seseorang akan mendapatkan kepuasan dapat menunjukkan kepada dirinya. (4) Fungsi pengetahuan Individu
mempunyai dorongan untuk ingin mengerti
dengan pengalaman-pengalamannya.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara.

Teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Den Muhammad Wyzdan Alfarizy -
NAMA: DEN M. WYZDAN ALFARIZY
NPM: 2215061003
KELAS: PSTI C

Izin, pak. Dari jurnal/artikel di pertemuan ke-13 ini, saya dapat meringkas atau menyorot beberapa hal sebagai berikut.

Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama.

Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang

Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
(1) Dasar Filosofis;
(2) Dasar Sosiologis;
(3) Dasar Yuridis;

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Arnest Arnest Seyfo Eristiyan Putra -
NAMA: ARNEST SEYFO ERISTIYAN PUTRA
NPM: 2215061135
KELAS: PSTI C

Analisis Jurnal:
Di era globalisasi, banyak aspek mengalami kemajuan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi pasti akan membawa kemajuan di setiap aspek globalisasi. Globalisasi mendorong munculnya banyak kemungkinan mengenai perubahan global yang akan terjadi. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan banyak hambatan dan rintangan membuat dunia semakin terbuka dan saling bergantung. Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) selalu menjadi kekuatan pendorong yang paling penting dari pembangunan negara. Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat karena tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat di berbagai bidang.

Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan secara benar dan bertanggung jawab. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran, untuk transaksi dan bisnis di sektor komersial. Orang-orang harus memfilter semua informasi yang berasal dari jejaring sosial, memblokir teman atau situs web yang sering memposting konten seksual eksplisit dan kekerasan di media sosial, dan menggunakan bahasa yang sopan saat mengomentari acara online dan jejaring sosial.

Mahasiswa sebagai generasi muda harus menjaga jati diri bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengetahui cara menyeleksi pengaruh buruk dari budaya baru, agar budaya selanjutnya tidak merugikan dan berdampak negative terhadap bangsa Indonesia dan harus menerapkan Pancasila sebagai dasar negara agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan dan pembangunan negara. Perlu dilakukan pemutakhiran Pancasila khususnya bagi generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak disebarluaskan. Pemerintah melalui Kemenkominfo harus meningkatkan screening terhadap globalisasi arus informasi bersyarat di berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) guna membendung beragam arus informasi berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Laurentius Nicholas Christmarines Christmarines -
Nama : Laurentius Nicholas Christmarines
NPM : 2215061059
Kelas : PSTI-C

Berdasarkan jurnal yang saya baca, banyak aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan di era globalisasi. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Tujuan spesifik dari penyelenggaraan Pendidikan Pancasila adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan lainnya adalah memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada jurnal terdapat penelitian yang membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama. Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Nada Berliani Putri -
NAMA: NADA BERLIANI PUTRI
NPM: 2215061119
KELAS: PSTI C

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi mempunyai dasar-dasar, yaitu:
1. Dasar Filosofis
Pertentangan ideologi telah menimbulkan ‘perang dingin’ yang dampaknya terasa di seluruh dunia. Namun para pendiri negara Republik Indonesia mampu melepaskan diri dari tarikan-tarikan dua kutub ideologi dunia tersebut dengan merumuskan pandangan dasar (philosophische grondslag) pada sebuah konsep filosofis yang bernama Pancasila.
2. Dasar Sosiologis
Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat disemaikan dan dikembangkan secara terencana dan terpadu.
3. Dasar Yuridis
Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Adinda Salsabila Adinda Salsabila -
Nama : Adinda Salsabila
Npm : 2215061035
Prodi : Teknik Informatika

Analisis jurnal

Globalisasi berlangsung melalui dimensi ruang dan waktu. Sekarang perkembangan teknologi sangat cepat dan kita bisa dengan mudah mengakses dan mencari informasi karena perkembangan teknologi tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu faktor pendukung yang utama dalam globalisasi.

Banyak hal positif yang bisa diambil dari kemajuan IPTEK ini, namun banyak pula hal negatif yang harus kita hindari. Dengan itu nilai-nilai Pancasila harus terus diterapkan dan ditekankan pada masyarakat. Dan generasi muda sekarang harus dapat menyeleksi baik atau buruk yang didapat dari kemajuan IPTEK tersebut dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Rafael Pascal Jeremiah -
Nama : Rafael Pascal Jeremiah
NPM : 2215061007
Kelas : PSTI C

Dari review yang saya baca, ada banyak aspek yang terlihat perkembangan signifikan di era globalisasi. Perkembangan yang terus berlangsung tentunya membawa kemajuan pada segala aspek yang terkena pengaruh globalisasi. Kemajuan teknologi ini telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan.

Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang membimbing setiap orang untuk meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dari sudut pandang nilai-nilai inti Pancasila sebagai ideologi, dan dasar negara Republik Indonesia. Membentuk sikap mental peserta didik yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai keramat, manusiawi, patriotik, dan solidaritas kebangsaan, serta memantapkan masyarakat madani yang demokratis, adil, dan berkeadilan, berlandaskan Pancasila, mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal bangsa Indonesia. masyarakat.

Tujuan khusus penyelenggaraan Pendidikan Pancasila adalah memantapkan Pancasila sebagai landasan falsafah negara dan ideologi bangsa melalui kebangkitan nilai-nilai inti Pancasila sebagai standar dasar pendidikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan lainnya adalah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan penghayatan terhadap jiwa dan nilai-nilai inti Pancasila sebagai warga negara Republik Indonesia, serta pedoman yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam jurnal tersebut terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini memiliki perkembangan kepribadian pancasila yang baik. Menurut siswa yang diwawancarai, mereka harus memiliki sikap jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari, harus memiliki toleransi terhadap perbedaan ras dan agama. Pendidikan pancasila sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditanamkan sejak dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden dalam penelitian ini secara umum mampu merespon dengan baik perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Fiska Viola Nadila -
Nama : Fiska Viola Nadila
NPM : 2215061051
Kelas : PSTI C

Ilmu adalah serangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif, dilakukan dengan beberapa metode berupa prosedur sehingga menghasilkan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala alam, masyarakat, atau manusia dengan tujuan untuk mendapatkan kebenaran, pemahaman, memberikan penjelasan atau melakukan penerapan. Singkatnya, ilmu merupakan rangkaian aktivitas berpikir yang bersifat sistematis, objektif, bermetode agar menghasilkan pengetahuan yang objektif pula. Kemudian teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia.

Pancasila bukan merupakan ideologi yang kaku dan tertutup, namun justru bersifat reformatif, dinamis, dan antisipatif. Dengan demikian Pancasila mampu menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yaitu dengan tetap memperhatikan dinamika aspirasi masyarakat. Kemampuan ini sesungguhnya tidak berarti Pancasila itu dapat mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung, tetapi lebih menekan pada kemampuan dalam mengartikulasikan suatu nilai menjadi aktivitas nyata dalam pemecahan masalah yang terjadi (inovasi teknologi canggih).

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.

Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Laura Maylani -
NAMA : LAURA MAYLANI
NPM : 2215061071
KELAS : PSTI C
Sekarang ini perkembangan iptek sangat pesat. Bahkan saking cepatnya perkembangan iptek membawa kita dalam era globalisasi. Perkembangan teknologi atau globalisasi ini memberikan banyak dampak dari berbagai aspek kehidupan. Hal ini dikarenakan IPTEK merupakan foktor pendukung utama globalisasi.

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang cukup besar bagi pendidikan. IPTEK memberikan dampak positif ataupun negatif semua bergantung pada sikap masyarakat.
Pelaksanaan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memiliki dasar-dasar sebagai berikut, dasarfilosofis, dasar sosiologis dan dasar yuridis. Yang mana pendidikan pancasila ini menciptakan mahasiswa yang mampu memperkuat pancasila sebagai falsafah negara dan ideologi negara, pemahaman akan nilai-nilai pancasila dan membentuk sikap mental mahasiswa yang dapat mengapresiasi nilai-nilai pancasila yang ada.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhamad Arifin Syam -
Nama : M Arifin Syam
NPM : 2255061008
Kelas : PSTI-C

Pada era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan segala aspek yang mendapat dampak
adanya globalisasi.Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempitdan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan.

Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri.

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada bebarapa jenis pemahaman. Salah satunya adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Seperti pada penelitian jurnal ini, mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Yosi Arjunita putri -
NAMA: Yosi Arjunita Putri
NPM: 2215061095
KELAS: PSTI C

Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan secara benar dan bertanggung jawab. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran, untuk transaksi dan bisnis di sektor komersial. Orang-orang harus memfilter semua informasi yang berasal dari jejaring sosial, memblokir teman atau situs web yang sering memposting konten seksual eksplisit dan kekerasan di media sosial, dan menggunakan bahasa yang sopan saat mengomentari acara online dan jejaring sosial.
Dengan demikian Pancasila mampu menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yaitu dengan tetap memperhatikan dinamika aspirasi masyarakat. Kemampuan ini sesungguhnya tidak berarti Pancasila itu dapat mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung, tetapi lebih menekan pada kemampuan dalam mengartikulasikan suatu nilai menjadi aktivitas nyata dalam pemecahan masalah yang terjadi (inovasi teknologi canggih).
Kita Sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ghefira Zahira Sofa -
Nama : Ghefira Zahira Sofa
NPM : 2215061127

Analisis Jurnal

Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila.

Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" kita perlu tahu bahwa sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten). Kemudian Ciri-ciri sikap menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003, p.34) adalah: Sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan obyeknya, Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu. Menurut Notoadmodjo (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010), sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu: (1) Menerima (receiving) Menerima diartikan bahwa orang (subyek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (obyek), (2) Merespon (responding) Memberikan jawaban apabila memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi sikap karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan.

Perkembangan globalisasi selain berdampak posititf, tidak memungkiri untuk menimbulkan dampak negatif pula, terkhusus untuk generasi muda sebagai pengguna dengan sekala terbesar. Dengan itu pendidikan adalah salah satu kunci untuk menghindari atau menekan dampak dampak negatif yang di timbulkan oleh perkembangan globalisasi dan teknologi informasi. Pendidikan pancasila adalah salah satu pendidikan wajib yang memberikan pelajaran dengan nilai nilai pancasila yang terimplementasikan di dalamnya. pendidikan pancasila memberikan pengarahan, pedoman, pemecahan masalah, pemeersatu perbedaan dan masih banyak lagi
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Eric Rizky Febrian -
Nama : Eric Rizky Febrian
NPM : 2215061075
Kelas : PSTI C

Pentingnya Pancasila sebagai Dasar Pengembangan Ilmu dapat ditelusuri ke dalam hal-hal sebagai berikut; Pertama, pluralitas nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia dewasa ini seiring dengan kemajuan iptek menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Kedua, dampak negatif yang ditimbulkan kemajuan iptek terhadap lingkungan hidup berada dalam titik nadir yang membahayakan eksistensi hidup manusia di masa yang akan datang. Oleh karena itu, diperlukan tuntunan moral bagi para ilmuwan dalam pengembangan iptek di Indonesia. Ketiga, perkembangan iptek yang didominasi negara-negara Barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehidupan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan.

Nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek mengasumsikan bahwa ada aturan main yang harus disepakati oleh para ilmuwan sebelum ilmu itu dikembangkan. Namun, tidak ada jaminan bahwa aturan main itu akan terus ditaati dalam perjalanan pengembangan iptek itu sendiri. Sebab ketika iptek terus berkembang, aturan main seharusnya terus mengawal dan membayangi agar tidak terjadi kesenjangan antara pengembangan iptek dan aturan main.

Pembangunan nasional adalah upaya bangsa untuk mencapai tujuan nasionalnya sebagaimana yang dinyatakan dalam Pembukaan UUD 1945. Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Negara dalam rangka mewujudkan tujuannya melalui pembangunan nasional untuk mewujudkan tujuan seluruh warganya harus dikembalikan pada dasar-dasar hakikat manusia. Oleh karena itu pembangunan nasional harus meliputi aspek jiwa yang mencakup akal, rasa dan kehendak, aspek raga, aspek individu, aspek makhluk sosial, aspek pribadi dan juga aspek kehidupan ketuhanannya.

Dalam upaya manusia mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat dan martabatnya maka manusia mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pancasila telah memberikan dasar nilai-nilai bagi pengembangan iptek demi kesejahteraan hidup manusia. Pengembangan iptek sebagai hasil budaya manusia harus didasarkan pada moral ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Oleh karena itu pada hakikatnya sila-sila Pancasila harus merupakan sumber nilai, kerangka pikir serta basis moralitas bagi pengembangan iptek.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Rey Gavrila Naibaho -
Nama: Rey Gavrila Naibaho
NPM: 2215061067
Kelas: PSTI C

Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu.Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Mahasisa dewasa ini memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Kita semua harus melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhammad Aryudha Pratama -
NAMA: Muhammad Aryudha Pratama
NPM : 2215061055
KELAS:PSTI C
Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, salah satu factor pendukungnya adalah iptek sendiri dalam globalisasi ini, karena prosesnya yang begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Termasuk Indonesia, dalam hal ini akan dibahas lebih ke pendidikannya terhadap Pancasila.
Penyelenggarakan pendidikan pancasila terutama pada perguruan tinggi, diharapkan mahasiswa untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah masalah serta menyaring berbagai dampak dari adanya perkembangan teknologi yang tentu saja diiringi dengan sikap yang baik terutama sesuai dengan norma norma Pancasila. Bagi generasi muda alangkah baiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru. Sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara. perkembangan sebuah negara sangat amat didorong dari aspek Ilmu pengetahuan dan Teknologi.Dengan menerapkan pancasila dalam setiap iptek, maka diharapkan bangsa Indonesia memiliki iptek yang berlandaskan pancasila. Saat ini masyarakat tidak bisa lepas dari teknologi informasi oleh sebab itu masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi tersebut dan sebaiknya gunakan untuk hal-hal yang positif seperti di bidang pendidikan, ekonomi, politik dan bidang lainnya. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar, seperti informasi mengenai gaya hidup bangsa barat yang gaya hidup bangsa barat bertentangan dengan nilai yang ada didalam Pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai Pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Nur Emy Ramadhani -
Nama: Nur Emy Ramadhani
NPM : 2215061127
Kelas : PSTI C

ANALISIS JURNAL:

Setelah membaca dan menganalisis jurnal, yang dapat saya ambil di jurnal adalah di era globalisasi banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, salah satu factor pendukungnya adalah iptek sendiri dalam globalisasi ini, karena prosesnya yang begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.

Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tertimbun budaya barat yang berkembang. Tujuan pelajaran pendidikan pancasila yaitu Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan. Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Fistriawan Aldillah -
NAMA: FISTRIAWAN ALDILLAH
NPM : 2215061099
KELAS: PSTI C

Globalisasi yang tengah berlangsung saat ini tentu saja membawa kemajuan yang sangat signifikan bagi berbagai aspek. Ada banyak banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besardengan segala peradaban dan kebudayaannyaPerubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
Perlu mengaktualisaikan Pancasila khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by M. Reza Satya Nugraha -
Nama : M. Reza Satya Nugraha
NPM : 2215061087
Kelas : PSTI-C

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Tujuan spesifik dari penyelenggaraan Pendidikan Pancasila adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan lainnya adalah memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada penelitian yang dijelaskan pada jurnal ini membuktikan bahwa kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.

Seiring dengan kemajuan iptek nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan iptek yang didominasi negara-negara barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehiduapan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan. Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.