Forum Analisis Video 1

Forum Analisis Video 1

Forum Analisis Video 1

Number of replies: 31

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by RAFIDO AZURI -
nama : Rafido azuri
npm :2113053115
kelas :3B
izin menjawab bu,
menurut video youtube yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
di video tersebut mejelaskan tentang kondisi pendidikan yang berada di pedalaman kalimantan selain itu ada seorang pendidik yang berusaha untuk meyakinkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi setiap manusia. pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun.
disana ada seorang relawan yang bernama martencis veronika siregar yang bisa menjadi inspirasi kepada kita semua bahwa kita harus bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada generasi yang akan mendatang
di video tersebut memberikan amanat kepada kita semua untuk selalu bersyukur dan tetap semangat dalam menggapai keinginan kita,
selain itu kita harus menghargai keberagaman yang ada . karena indonesia merupakan negara yag sangat kaya akan keberagaman ,mulai dari suku, bahasa, dan agama yang beragam.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by AGUSTINA YOBEE -
Nama : Agustina Yobee
Npm : 2113053302
Kelas : 3B

izin menjawab bu,
menurut video youtube yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
di video tersebut mejelaskan tentang kondisi pendidikan yang berada di pedalaman kalimantan.
Ketika menginjakan kaki di provinsi yang berada Pulau Kalimantan ini ada rasa takut dan cemas yang memenuhi hati. Rasa takut itu muncul karena perjalan kali ini adalah pengalaman pertama saya merantau dengan jarak yang cukup jauh sementara rasa cemas muncul karena ada banyak perbedaan yang sangat ketara mengenai daerah nya .
Lihatlah guru-guru di peloksok sana! Mereka. yang memulai perjuangan dengan masuk ke pedalaman, bercengkrama dengan kehidupan orang-orang desa, dan mengfokuskan diri untuk mengajar. Merekalah para pejuang yang hanya mengharapkan balasan dari Tuhan.

selain itu ada seorang pendidik yang berusaha untuk meyakinkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi setiap manusia. pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun.
disana ada seorang relawan yang bernama martencis veronika siregar yang bisa menjadi inspirasi kepada kita semua bahwa kita harus bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada generasi yang akan mendatang
di video tersebut memberikan amanat kepada kita semua untuk selalu bersyukur dan tetap semangat dalam menggapai keinginan kita,
selain itu kita harus menghargai keberagaman yang ada . Juga melihat bagaimana mereka mensyukuri kehidupan yang diberikan ilahi. Semua ini menjadi perpustakaan abadi yang mengajari kita tentang arti semboyan Bhineka tunggal ika; berbeda-beda tapi satu jua.
Mempertaruhan segalanya demi pendidikan di negara Indonesia tercinta. Tetaplah teguh berjuang. Kelak setiap nama para pejuang dalam pendidikan atau dalam bidang yang lainnya akan abadi di hati setiap orang yang mengenalnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Anisa Dian Pratiwi -
Nama : Anisa Dian Pratiwi
NPM : 2113053026
Kelas : 3B

Izin menganalisis video diatas bu terkait dengan cerita pengajar muda di pelosok kalimantan. Di video tersebut tertera anak anak Dayak Kalimantan Utara yang dimana mereka merupakan salah satu keragaman budaya di dalam negara kita Indonesia. seperti yang telah di ceritakan oleh pengajar muda martan siregar yang merupakan bagian dari anggota indonesia mengajar. menurutnya Anak anak di daerah pelososk kalimantan masih kurang berminat untuk melanjutkan sekolah dari Sekolah Dasar ke jenjang berikutnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan orang tua di daerah tersebut akan pentingnya pendidikan. Akibatnya pernikahan dini terjaadi di daerah tersebut mulai dari perempuan berumur 12 tahun atau lulus sd sekalipun sudah ada yang melamar. Nah tidak hanya soal pernikahan dini yang sudah menjadi tradisi di daerah tersebut, kurangnya pendidikan juga mejadi salah satu persoalan di daerah tersebut. Padahal pendidikan sendiri sangatlah penting untuk anak tersebut. Karena pendidikan inilah yang akan mereka gunakan untuk bekal dalam menghadapi dan juga menjalani kehidupannya kelak. Dalam proses kegiatan belajar tersebut pengajar muda menghias kelas sedemikian rupa untuk meningkatkan minat dan bakat anak anak di daerah tersebut untuk menuntut ilmu. 

Tantangan yang selanjutnya yaitu bagaimana pengajar muda di daerah terssebut dapat menciptakan kelas yang kondusif. Karena anak anak di daeraah tersebut mudah bosan sehingga hal tersebutlah yang mendorong pengajar untuk menciptakan dan menemukan ide untuk menyelesaikan masalah tersebut. Metode belajar ini kerap efektif utuk di lakukan di daerah tersebut di karenakan anak anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di alam. Dengan metode ini juga anak anak akan merasa sudah biasa dan tidak bosan dengaan belajar di alam. Adakalanya bahwa memotivasi anak anak di pedalaman untuk pergi disekolah itu sulit. Cara yang dapat dilakukan ialah seperti cara diatas yaitu mengajak anak untuk belajar di Alam dengan memanfaatkan segala media yang sudah tersedia.

terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by REVI MARISKA -
Nama : Revi Mariska
Npm : 2113053161
Kelas : 3B

Hasil analisa video "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"

Pembuat video tersebut menyebutkan bahwa pendidikan adalah cahaya, apabila kita tidak punya cahaya untuk melakukan perjalanan kita bisa tersesat. Maksudnya cahaya mampu membantu kita menunjukkan arah hingga kita sampai tujuan, pendidikan adalah suatu hal yang begitu penting karena pendidikan merupakan proses yang mampu menunjukkan serta menuntun kita pada jalan yang benar.

Pendidikan nilai dan moral dalam pelosok Kalimantan cukup baik, dimana semua murid akan menyapa guru dengan senyuman, salam, sapa serta berlaku sopan dan santun terhadap semua kalangan. Guru harus mempunyai metode pembelajaran yang menarik agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, guru berperan sebagai motivator untuk siswa agar mereka menjadi rajin dan tekun dalam pembelajaran. Pendekatan kepada siswa sangat penting bagi guru untuk mengetahui metode seperti apa yang cocok untuk mengajar siswa-siswa tersebut.

Daerah-daerah pelosok semestinya kita perhatikan, karena disana juga banyak anak-anak yang seharusnya mendapatkan hak pendidikan yang cukup sebagai bekal mereka, sejatinya mereka yang hidup di daerah pelosok merupakan penerus bangsa Indonesia untuk mewujudkan negara yang maju dan berkembang.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Triana Anggun Saputri -
Nama: Triana Anggun Saputri
Npm: 2113053059
Kelas: 3 B
Izin menjawab
Pada analisis video ke 1 mengenai Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia, menjelaskan bahwa pendidikan itu di ibaratkan seperti cahaya,jadi ketika kita di perjalanan tidak punya cahaya maka kita bisa tersesat,namun sebaliknya ketika kita punya cahaya kita tau arah kita mau kmana tujuan kita kemana.Lalu video tersebut menampilkan anak anak Dayak yang sedang memakai baju adat karena sedang merayakan hari Kartini. Martencis Veronica seorang pengajar muda yang ditetapkan di daerah plosok yaitu tanjung matol,hal demikian membuat orang tua martencis selalu khawatir.
Anak anak ditanjung matoa rata rata hanya lulusan SD. Orang tua akan hal ini masih kurang kesadaran pentingnya pendidikan. Anak perempuan banyak menikah di usia dini.Tidak hanya itu kurangnya perhatian terhadap pendidikan anak menjadi persoalan. Martencis mengajar di salah satu SD di tanjung matoa. Martencis menghias kelas agar anak anak mau bersekolah dan tidak jenuh. Dalam hal ini martencis mengatakan bahwa pada kelas rendah harus menggunakan metode metode yang kreatif supaya mereka tertarik.
Anak anak di SD yang martencis ajar mudah sekali bosan,sehingga sebagai pendidik perlu mencari strategi agar peserta didik tidak bosan atau jenuh. Salah satunya ialah dengan mengajak peserta didik untuk belajar di luar sekalian menghirup udara segar. Belajar itu bisa darimana saja dan dimana saja.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by RULIK WIDIARTI 2113053263 -
Nama : Rulik Widiarti
NPM : 2113053263
Kelas : 3B
Izin menanggapi pak / bu
Berdasarkan video yang telah saya tonton dan analisis mengenai “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan-Lentera Indonesia”. Pengalaman mengajar di pelosok Kalimantan cukupm menarik dan penonton ikut serta diberikanb berbagai pengalaman tentang bagaimana kondisi pendidikan di daerah sana. Dari video tersebut terlihat bahwasannya pemenuhan hak atas kebutuhan seperti pendidikan maupun kesehatan di daerah pelosok Kalimantan memang cukup tertinggal. Memang jika suatu daerah pelosok tentu perkembangannya berbeda dengan daerah yang sudah maju. Terlihat dari fasilitas yang dimiliki tidak juga cukup memadai. Ruang kelas yang seadanya dan bangunan yang sangat sederhana. Kemudian jika dilihat kembali orang-orang yang terdapat di Kecamatan Tanjung Mato kurang akan perolehan pendidikan. Hal ini diakibatkan oleh adanya kurang sadarnya para orang tua akan pentingnya pendidikan. Pola pikir mereka masih terbelakang belum kearah kemajuan untuk masa depan. Yang terpenting bagi mereka adalah mereka dapat tercukupi kebutuhan pangan dan papan saja. Kemudian informasi yang diperoleh yaitu banyak anak yang menikah di usia dini. Tentu ini sangat disayangkan sekali. Ketika usia anak-anak yang tentunya masih pada fase untuk bersenang –senang kini sudah berbeda cerita.

Pola pikir yang didasarkan pada kebudayaan yang sudah menjadi adat istiadat yang menjadi faktor penyebab pemikiran orang-orang disana tidak berpikir secara maju. Mayoritas orang pedalaman tentunya masih sangat percaya, memelihara dan memegang teguh adat istiadat dan juga kebudayaan yang sudah berjalan selama berpuluh-puluh tahun. Tetapi, untuk hal berkaitan dengan tradisi tentunya orang baru tidak bisa seenaknya merubah. Perubahan itu harus datang murni dari orang-orang asli yang menjalankannya. Program mengajar ini harus didukung penuh, karena melalui program ini dapat menadi perantara untuk membantu memajukan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan. Motivasi belajar yang kurang dan kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan hal ini yang menjadi faktor pendorong tertinggalnya daerah pelosok. Mungkin jika para masyarakat yang menadi orang tua sering kali ditunjukkan dan juga dimotivasi untuk sadar akan pentingnya pendidikan, mereka tentu akan turut serta berpartisipasi dalam pemenuhan hak anak-anaknya untuk memperoleh pendidikan. Pemerintah juga sedemikian rupa harus senantiasa menengok kebelakang melihat daerah yang mengalami ketertinggalan dalam hal pendidikan. Anak-anak yang tinggal didaerah pelosok tidak menutup kemungkinan untuk tidak ikut adanya perkembangan zaman. Para relawan yang turun ke daerah tersebut tentunya harus didukung penuh, karena akan banyak memberikan bantuan untuk membuka wawasan yang lebih luas bagi anak-anak disana.

Terima Kasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by HAYA ASYIFA 2113053007 -
Nama : haya asyifa
Npm : 2113053007
Kelas : 3b

Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia
Menurut analisis saya kesadaran penduduk Tanjung Matol masihlah sangat minim akan pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anaknya. Seperti halnya dimana pernikahan anak perempuan dibawah umur merupakan hal lumrah terjadi di desa tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi akan menurunnya kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anak desa tersebut yaitu faktor dari suatu adat kebiasaan ataupun tradisi, memiliki pemikiran yang masih tradisional, akses kota yang jauh untuk menempuh pendidikan, tidak adanya akses informasi dan komunikasi bagi masyarakat untuk menambah pengetahuan akan pentingnya suatu pendidikan. Oleh karena itu para pendidik disana merasa bertanggung jawab dan memiliki peran penting untuk memberikan kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan terutama bagi masa depan anak bangsa baik pria maupun wanita.
Pendidik yang mengajar disana tentunya harus memiliki kemampuan untuk dapat memberikan pembelajaran menggunakan metode-metode yang kreatif walaupun dengan fasilitas yang terbatas, hal ini dikarenakan di desa tersebut tidak adanya pendidikan TK ataupun paud sehigga kelas 1 SD merupakan kelas yang memiliki perjalanan yang begitu panjang bagi pendidik untuk memulai dan mengajarkan pengetahuan akan ilmu pengetahuan. Diharapkan dengan menggunakan metode yang kreatif ini dapat memberikan motivasi, semanagat dan rasa senang bagi para peserta didik untuk terus mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh rasa semangat tentunya.
Dari hal tersebut dapat kita simpulkan jika seorang pendidik memiliki pengaruh dan peran penting dalam membangun keasadaran akan pentingnya pendidikan baik bagi peserta didik maupun bagi pandangan orang tua terhadap pendidikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Zahrani Abdillah -
Nama : Zahrani Abdillah
NPM : 2153053033
Kelas : 3B

Izin menanggapi,

Berdasarkan video yang telah saya tonton, saya menganalisis bahwa pendidikan diibaratkan sebgai cahaya, walaupun jalan sedang gelap, tetapi jika ada cahaya maka akan menuntun kita sampai ketempat yang kita mau, tidak peduli jalan tersebut apakah banyak liku – liku atau becek banyak terjangan, namun jika ada cahaya maka kita akan sampai pada yang kita tuju. Pendidikan merupakan hal yang penting, karena pendidikan akan mengubah pola piker kita dan mengubah masa depan kita.

Namun, tidak semua orang itu berpikiran bahwa pendidikan itu penting, di wilayah 3T pendidikan belom dipandang penting terutama wanita. Wanita di daerah pelosok Kalimantan banyak yang sudah disuruh menikah padahal anak seumuran tersebut diluar sana masih mencari ilmu, bermain dengan temannya, menghabiskan masa mudanya, namun karena tradisi, wanita di pelosok tersebut diminta untuk menikah muda. Tidak hanya karena tradisi tersebut saja, namun kurang memperhatikannya orang tua pada pendidikan anak.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by LINDA OKTAVIA -
Nama : Linda Oktavia
Npm : 2113053037
Kelas : 3B

Izin menjawab bu, analisis yang saya lakukan terhadap video yang berjudul “ Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan-Lentera Indonesia”
Didalam video tersebut terdapat sosok pengajar muda (Martencis Veronica Siregar) yang sedang mengabdi mengikuti program kampus mengajar. Dalam ceritanya, didesa yang terbilang cukup pelosok ini memiliki budaya yang mewajarkan untuk pernikahan dini. Tak hanya itu, orangtua disana kurang perhatian tentang pendidikan anak. Bahkan ada beberapa yang dia ajar itu hanya terdapat segelintir anak saja. Cita-cita nya sangat sederhana, yaitu ingin anak-anak didaerah tersbut memiliki keinginan untuk pergi ke sekolah, belajat dan memiliki pendiidkan yang lebih baik untuk masa depannya.
Pengajar muda trsbut memiliki tugas agar sauna mengajar menjadi menyenangkan, dikarenakan anak-anak disana sangat mudah bosan. Maka dari itu, terkadang proses belajar dilakukan diluar kelas agar tidak boring.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Nisa Juwita -
Nama : Nisa Juwita
NPM : 2113053256
Kelas : 3 B
Izin mengunggah hasil analisis video 1 pertemuan 13.
Video tersebut menceritakan seorang guru muda dari Gerakan Indonesia Mengajar bernama Martencis Veronica Siregar yang telah mengajar selama 1 tahun di Desa Tanjung Matol, Nunukan, Kalimantan Utara. Sebelumnya ia adalah relawan gerakan peduli HIV/AIDS di Jayapura, Papua. Selama 1 tahun di desa Tanjung Matol ia mengajar siswa kelas 1 dan juga mengajar les untuk siswa kelas 6 SDN 011 Sembakung. Martencis punya cita-cita sederhana, dia hanya ingin anak-anak Tanjung Matol bisa sekolah.
Dalam 6 bulan pertama di Kampung Matol, ia masih takut mengganggu adat dan tradisi masyarakat. Bukan hanya soal pernikahan dini bagi anak perempuan, kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya menjadi masalah baginya. Bahkan, terkadang hanya segelintir anak yang mau datang ke kelasnya untuk belajar.
Melihat kondisi anak-anak disana yang kurang motivasi belajar, Kepala SDN 011 Sembakung, Pak Hasri memberikan hadiah yang cukup unik bagi siswa berprestasi yaitu jalan-jalan keluar Tanjung Matol. Alasan Kepala Sekolah dan Martencis setuju karena pemberian ini bisa membuka wawasan baru bagi anak-anak Matol tentang dunia luar.
Terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Faradilla Bastari -
Nama: Faradilla Bastari
NPM: 2113053032
Kelas: 3B

Analisis saya terkait video dari kanal Youtube NET. Documentary yang berjudul Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia yakni seorang pengajar muda yang bernama Martencis Veronica Siregar yang mengajar di Desa Tanjung Matol, Kalimantan Utara. Anak-anak di Tanjung Matou sangat sedikit yang melanjutkan pendidikan mereka setelah tamat dari SD. Orangtua di sana belum menyadari pentingnya pendidikan, bahkan anak-anak perempuan di Tanjung Matol banyak yang menikah dini sekitar umur 12 tahun. Tak hanya di pendidikan, perhatian orang tua juga kurang untuk anak-anak. Hal ini juga mendorong menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia. Dampak dari rendahnya kualitas pendidikan tersebut yakni rendahnya mutu sumberdaya manusia yakni rendahnya produktivitas dan rendahnya daya saing. Sejalan dengan itu, Hasibuan (2003:144) menyatakan bahwa “Sumberdaya manusia menjadi unsur pertama dan utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan”.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Vera Nalia -
Nama : Vera Nalia
Npm : 2113053149
Kelas : 3B
Analisis video 1 yang berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan Lentera Indonesia", pendidikan seperti cahaya, ketika didalam perjalanan kita tidak mempunyai sebuah cahaya maka kita akan tersesat, begitu pula sebaliknya jika didalam perjalanan kita mempunyai cahaya maka kita akan lebih terarah dan mempunyai sebuah tujuan yang jelas.
Divideo tersebut menampilkan anak suku Dayak yang sedang memakai baju adat mereka karena mereka sedang merayakan hari Kartini. Anak anak ditanjung matoa rata rata lulusan SD. Karena Orang tua disana masih kurang kesadaran akan pentingnya dunia pendidikan bagi anak. Kemudian Martencis Veronica seorang pengajar muda yang ditetapkan di daerah plosok yaitu tanjung matol,hal demikian membuat orang tua martencis selalu khawatir.
Anak perempuan disana banyak yang menikah dibawah umur .karena kurangnya perhatian terhadap pendidikan anak-anak didaerah tanjung matol.
terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by MUHAMAD ARYA WIRAYUDA -
Nama: Muhamad Arya Wirayuda
NPM: 2113053106
Izin menjawab.
Hasil analisis saya terhadap video berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan”. Pendidikan diibaratkan cahaya, apabila kita tidak memiliki cahaya dalam melakukan perjalanan, kita bisa tersesat. Maknanya yaitu cahaya mampu membantu kita menunjukkan arah hingga kita sampai pada tujuan, karena pendidikan merupakan proses yang mampu menunjukkan serta menuntun kita pada jalan yang benar.

Pada video tersebut, terdapat sosok Martencis Veronica Siregar yang merupakan Pengajar Muda yang mengabdi di SDN 11 Sembakung, Tanjung Matol, Kalimantan Utara. Sosok guru Martencis ini pula yang menekankan kepada siswanya bahwa belajar itu bisa dari mana saja dan di mana saja.
Dalam video juga memperlihatkan saat pembelajaran berlangsung. Guru harus memiliki metode pembelajaran yang menarik dengan suasana yang menyenangkan, agar siswa tidak mudah bosan dan dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Peran guru sangat berpengaruh terlebih peran guru sebagai motivator untuk siswa agar mereka menjadi rajin dan tekun dalam pembelajaran.

Namun, pada kenyataannya, kebudayaan yang sudah menjadi adat istiadat merupakan faktor penyebab pemikiran orang-orang di sana, khususnya para orang tua di sana yang masih banyak belum berpikir maju. Seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan. Di sinilah peran Para relawan seperti halnya Martencis Veronica Siregar sangat dibutuhkan, di mana pendidik memiliki pengaruh dan peran yang penting dalam membangun kesadaran baik dari pola pikir orang tua maupun siswa terkait pendidikan yang merupakan kunci dari perubahan ke arah yang lebih baik.
Sekian, Terima Kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Fara Sasmiati -
Nama : Fara Sasmiati
Npm : 2113053267
Kelas : 3B

Izin menjawab Pak/Bu,
Berdasarkan video tersebut telah kita ketahui bahwa minatnya jumlah peserta didik dalam melanjutkan pendidikannya masih lah sangat minim terkhusus lagi di dikalangan daerah yang pelosok, bahkan orang tua pun masih banyak yang kurang sadar akan pentingnya sebuah Pendidikan bagi anak sehingga berdampak banyaknya anak perempuan yang nikah muda. Pendidikan adalah wadah atau tempat dalam proses pembelajaran mengenai pengetahuan, dan keterampilan melalui pengajaran, dan pelatihan. Jika saja orang tua dan kalangan budaya setempat masih menerapkan sistem zaman terdahulu tanpa mementingkan perkembangan proses belajar si anak kapan perempuan akan semakin maju, terlebih lagi orang tua adalah faktor utama dalam membimbing dan mengembang anak dalam proses pertumbuhan dan pembelajaran saat si anak aktif-aktif nya dalam mengikuti suatu Pendidikan, tetapi kalaupun perhatian yang diberikan kurang terhadap Pendidikan si anak maka anak tersebut pun juga akan sesuka hati dan semau mereka dalam mengikuti mengikuti pembelajaran. Tidak heran jika di daerah pelosok Indonesia Lembaga Pendidikan masih terbilang asing dan di anggap remeh oleh kebiasaan dan budaya mereka yang masih mempercayakan sistem kebudayaan zaman dahulu sehingga anak-anak penerus generasi pun semakin terbelakang terhadap dunia Pendidikan yang semestinya mereka kejar sebagai bekal di masa mendatang. Mungkin negara Indonesia sudah melakukan upaya sebisa mungkin agar Pendidikan dikalangan desa pelosok dapat berjalan dan dikembangkan namun jika di desa tersebut saja cuek dan acuh masalah Pendidikan sang anak mana akan mempengaruhi juga minat belajar sang anak. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sebagai calon pendidik yang mendapatkan tugas dalam mengemban Pendidikan di desa pelosok harus mempunyai ekstra strategi bagaimana cara kita untuk meningkatkan suasana kelas yang seru dan asyik sehingga akan membuat si anak terus semangat dalam proses pembelajaran dan datang ke sekolah, apalagi jika peserta didik dalam belajar mudah sekali bosen mau tidak mau kita juga harus memutar otak bagaimana pembelajaran tidak membuat si anak cepat bosan dan mengantuk. Kekreatifan dan kepintaran tenaga pendidik juga diperlukan disini dalam membangun suasana kelas yang semestinya dilakukan dikalangan anak yang tidak adanya awal Pendidikan berupa TK dan PAUD pasti melalui tahap-tahap awalan belajar melalui bermain, dan bercerita untuk pengenalan tahap-tahap pembelajaran ketas sesuai standar Pendidikan.
Oleh karena itu, kita peserta didik atau pun pendidik yang hidup dikalangan yang sadar akan pentingnya Pendidikan harus bersyukur dan terus semangat dalam mengejar ilmu Pendidikan karena jika kita lihat masih banyak diluaran sana anak-anak zaman sekarang kurang nya dorongan dan kesadaran orang tua dalam Pendidikan yang masih berpegang teguh pada prinsip kebudayaan, sehingga menjadi PR tesendiri bagi calon tenaga pendidik nantinya untuk dapat menyadarkan masyarakat setempat secara perlahan akan pentingnya Pendidikan bagi perkembangan anak tanpa perlu mencampuri dan mengaitkan masalah kebiasaan budaya mereka agar tidak terjadinya selisih paham dalam memberikan arahan dan artian kearah konteks yang baik. Karena kunci utama dalam perkembangan Pendidikan suatu desa atau daerah adalah kesadaran masyarakat setempat dalam menunjang Lembaga kependidikan yang tergerak dan maju sebagai wadah pembekalan awal pertumbuhan anak dari usia dini sampai usia dewasa.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Silva Ayuningsih -
Nama : Silva Ayuningsih
NPM : 2113053028
Kelas : 3B

Analisis video 1 yang berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Sepelosok Kalimantan - Lentera Indonesia”

Dalam video tersebut, dapat saya analisis bahwa pendidikan itu seperti cahaya, jadi ketika kita tidak punya cahaya ketika sedang dalam perjalanan maka kita akan tersesat, namun ketika kita punya cahaya kita tahu arah kita mau kemana dan itu akan menuntun kita sampai ketujuan. Anak-anak di Tanjung Matol tersebut masih sedikit minat melanjutkan pendidikan setelah tamat SD. Orang tua disana masih kurang sadar akan pentingnya pendidikan. Bahkan, di daerah tersebut banyak anak perempuan yang menikah diusia dini, sekitar umur 12 tahun atau lulus SD sudah ada yang melamar.

Dengan adanya tradisi seperti ini, maka akan membuat kita tersadar bahwa mau sampai kapan seperti ini, jika seperti ini terus maka kapan negara ini akan maju. Kurangnya perhatian orang tua pada pendidikan anak pun jadi persoalan.

Dalam pembelajarannya pun, kelas harus dihias semenarik mungkin, metode pembelajarannya juga harus yang benar-benar kreatif dan tertuju pada mereka, serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, karna di daerah tersebut belum ada TK ataupun PAUD.

Dari analisis video ini, dapat kita simpulkan bahwa seorang guru harus mau ditempatkan di daerah mana saja, guru mempunyai tanggung jawab yang besar bagi bangsa ini. Di daerah seperti itu pun, kita harus bisa menjadi perubah bagi orang-orang didalam nya. Kita harus memberi pengarahan dan pandangan kepada mereka bahwa pentingnya pendidikan bagi anak-anak.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Susi Riyanti -
Nama: Susi Riyanti
NPM: 2113053292
Kelas: 3B
Pada video tersebut pendidikan diibaratkan seperti cahaya, dimana jika memiliki cahaya dalam kehidupan maka kita tahu kearah mana kita akan melangkah untuk mencapai tujuan dari hidup kita, pada video tersebut menayangkan pendidikan di pelosok Kalimantan, yang masih kental dengan budaya lama seperti pernikahan dini anak perempuan yang menyebabkan kurangnya pendidikan di pelosok Kalimantan, namun tidak hanya itu kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak juga menjadi persoalan.
Kendala pendidikan di daerah terpencil juga salah satunya yaitu kurangnya semangat anak – anak dalam belajar sehingga untuk pendidik harus memutar otak untuk menemukan cara agar menciptakan suasana belajar yang menarik. Pada contoh video tersebut agar memancing semangat siswa yang lain, guru memberi reword kepada siswa yang rajin belajar untuk jlan – jalan ke kota, tujuanya agar menumbuhkan rasa semangat belajar bagi siswa yang lain, dan memberikan wawasan baru kepada siswa yang berprestasi.
Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by ADELIA MAWARNI -
Nama : Adelia Mawarni
Npm : 2113053017
Kelas : 3B

Izin menjawab berdasarkan analisis saya pada video 1 yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan", dilihat dari video tersebut bahwa pendidikan itu seperti cahaya, ketika kita sedang dalam perjalanan kita tidak mempunyai sebuah cahaya maka kita akan tersesat, begitu pula sebaliknya jika didalam perjalanan kita mempunyai cahaya maka kita akan lebih terarah dan mempunyai sebuah tujuan yang jelas. divideo tersebut terlihat pengajar muda yg meberikan kontribusi nyata dengn meninggalkan kenyamanan yg ada untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. seorang yang bernama Martencis Veronica Siregar adalah Pengajar Muda yang mengabdi di SDN 11 Sembakung, Tanjung Matol, Kalimantan Utara. pengajar muda Martencis ini yang menekankan kepada siswanya bahwa belajar itu bisa dari mana saja dan di mana saja. pendidikan itu sangat penting demi generasi penerus bangsa yang hebat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Dian Ananta Isrovi -
Nama : Dian Ananta Isrovi
NPM : 2113053061
Kelas : 3B
Izin menanggapi ibu,

Terkait video yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan". Dalam video tersebut Martencis Siregar sebagai guru muda menjelaskan bagaimana keadaan pendidikan di pedalaman kalimantan. Disana para orang tua belum sadar mengenai pentingnya pendidikan bagi anak mereka. Banyak para siswi perempuan yang baru lulus sekolah dasar sudah dilamar bahkan menikah. Menurut saya itu sangat miris sekali, karena diumur yang masih belia seharusnya mereka melanjutkan sekolah sampai selesai. Peran guru juga sangat penting disini, guru dituntut memiliki kreativitas agar peserta didik memiliki minat belajar yang baik. Dalam pendidikan mereka juga jadi perlu metode-metode yang lebih kreatif supaya mereka tertarik. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, guru berperan sebagai motivator untuk siswa agar mereka menjadi rajin dan tekun dalam pembelajaran. Perlu apresiasi kepada murid yang rajin seperti mengajak siswanya keluar desa untuk membuka wawasan baru bagi anak-anak Tanjung Mattol terutama soal cerita dunia diluar.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Ronald Sitorus -
Nama : Ronald sitorus
NPM : 2153053045
Kelas : 3B
Izin menjawab bu hasil analisis saya mengenai vidio 1 tentang cerita pengajar muda di pelosok kalimantan
Minimnya pendidikan di indonesia sudah terlihat sangat jelas di depan mata kita,tidak perlu melihat terlalu jauh hingga di pelosok negri.bahkan di perkotaan pun masih banyak anak anak yang menghabiskan waktunya untuk bekerja dikarenakan biaya.namun terkadang justru orang orang di sekitar kita yang menghambay proses pendidikan seperti kebanyakan pemerintah yg melakukan korupsi dana pendidikan,apalagi di pelosok negri yang bahkan listrik pun hampir tak sampai.
Jauh di pelosok sana bisa di lihat ada seorang wanita muda yang menghabiskan waktu nya dan melepaskan peluang karir bagi dirinya demi kepentingan warga yang ada di pelosok negri.Mereka. yang memulai perjuangan dengan masuk ke pedalaman, bercengkrama dengan kehidupan orang-orang desa, dan mengfokuskan diri untuk mengajar. Merekalah para pejuang yang sesungguhnya.

Mengajar di kota memang menjadi idaman banyak guru. Fasilitas yang menunjang proses belajar-mengajar tersedia. Juga mudah ke sekolah. Internet gampang. Namun apakah artinya daerah pinggiran atau 3T tidak pantas untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik?
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by SEKAR SARI SAPTUTI -
Nama : Sekar Sari Saptuti
NPM : 21130531253
Kelas : 3b
Izin menjawab.
Dari video analisis 1 yang menunjukkan keadaan pendidikan di daerah terpencil di Indonesia yang memang masih minim fasilitas dan kurangnya tenaga pengajar. Namun ada juga beberapa relawan yang sangat perduli akan hal tersebut dan memiliki mimpi untuk mewujudkan generasi bangsa yang berpendidikan dan berusaha keras untuk memajukan pendidikan di daerah tersebut sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa, meskipun dalam keadaan cukup sulit dan menantang. Dari video tersebut, perlu kita sadari sebagai penerus bangsa bahwa pendidikan adalah hal yang paling utama di Negara kita. Kita juga harus bersyukur karena diberi kesempatan dalam menuntut ilmu dengan akses dan fasilitas yang tidak sulit seperti yang di alami teman-teman kita di daerah pelosok negri. Sebisa mungkin tak hanya berusaha menuntut ilmu tetapi juga mengamalkannya dikemudian hari dengan membantu membangun sistem pendidikan di manapun kita berada, terutama jika kita berasal dari desa terpencil, maka kita harus berusaha untuk memajukan pendidikan di sana. Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by RISKI wulandari -
Nama : Riski Wulandari
NPM : 2113053285

Izin menjawab ibu, Setelah menyaksikan video yang berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia” dapat saya simpulkan bahwa Guru merupakan suatu pekerjaan yang tidak bisa di bilang mudah atau diremehkan karena banyak sekali tanggung jawab yang di emban baik itu dari siswa maupun dari keluarga, dimana dari video tersebut diperlihatkan ada seorang guru yang rela jauh dari keluarga bahkan tempat mengajarnya bisa dikatakan sangat tertinggal yang jauh dari hirup pikuk perkotaan. Masyarakat di daerah tersebut juga masih banyak mengandalkan tradisi turun temurun yang menganggap bahwa pendidikan tidak terlalu penting sehingga banyak anak-anak yang masih dibawah umur sudah tidak melanjutkan pendidikannya bahwa tidak sedikit dari mereka sudah menikah.

Hal ini tentu saja membuat kita berpikir bahwa pendidikan di Indonesia belum bisa dikatakan berhasil karena masih banyak daerah yang tidak terjangkau dengan manisnya pendidikan yang disebabkan oleh banyak faktor. Namun meskipun banyak sekali tantangan dalam proses belajar mengajar, sebagai seorang guru tentu tidak boleh menyerah dengan keadaan yang ada justru kita bisa melakukan ekspor yang lebih dalam tentang sumber daya yang ada seperti yang dilakukan oleh ibu guru tersebut. beliau sangat telaten dan menikmati pekerjaan karena beliau yakin bahwa inilah pekerjaan terbaik yang sudah ditakdirkan Tuhan untuknya. Tidak hanya itu, beliau juga menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bersifat aktif dan bukannya pasif dengan tujuan untuk menggali minat para siswa untuk semangat dalam proses belajar. Dengan metode tersebut siswa lebih ditekankan untuk memberikan pendapatnya sendiri sesuai dengan apa yang mereka pikirkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by VINKA BERLIANA KUSUMAWIJAYA -
Nama: Vinka Berliana Kusumawijaya
NPM: 2153053022
Kelas: 3B

izin menjawab bu,
Berdasarkan video yang telah saya tonton dan analisis mengenai “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan-Lentera Indonesia”. Dari video tersebut terlihat bahwasannya pemenuhan hak atas kebutuhan seperti pendidikan maupun kesehatan di daerah pelosok Kalimantan memang cukup tertinggal. Memang jika suatu daerah pelosok tentu perkembangannya berbeda dengan daerah yang sudah maju. Terlihat dari fasilitas yang dimiliki tidak juga cukup memadai. Ruang kelas yang seadanya dan bangunan yang sangat sederhana. Kemudian jika dilihat kembali orang-orang yang terdapat di Kecamatan Tanjung Mato kurang akan perolehan pendidikan. Hal ini diakibatkan oleh adanya kurang sadarnya para orang tua akan pentingnya pendidikan. Pola pikir mereka masih terbelakang belum kearah kemajuan untuk masa depan.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Annisa Rahmah -
Nama : Annisa Rahmah
Npm : 2113053051


Dari analisis vidio di atas yaitu “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan” di awal vidio di artikan pendidikan sebagai cahaya, apabila dalam melakukan perjalan kita tidak memiliki cahaya, maka dalam perjalanan akan tersesat. Jika kita memiliki cahaya, maka kita mengetahui arah dan tidak tersesat. Dari vidio di atas dapat ditarik kesimpulan tidak merata nya pendidikan yang ada di Indonesia, terutama pendidikan di dalam daerah pedesaan atau daerah yang jauh dari kota. Banyak faktor yang mempengaruhi penyebab sulitnya akses pendidikan di daerah pedesaan misalnya seperti masih sedikitnya minat melanjutkan pendidikan setelah tamat SD, orang tua yang kurang sadar terhadap pentingnya pendidikan bagi anak, menormalisir kebiasaan pernikahan anak usia dini, masih melekatnya kebiasaan dan tradisi warga masyarakat sekitar, masyarakat desa yang enggan menerima arus modernisasi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by NUR FITRIYANA PRATIWI -
Nama : Nur Fitriyana Pratiwi
Npm : 2113053195
Kelas : 2B

Izin menjawab.
Berdasarkan video youtube yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" maka analisis saya Dapat kita ketahui bahwa pendidikan yang ada di daerah pelosok-pelosok sangatlah terbatas. Menurut Martencis Veronica Siregar, selaku pengajar muda di sekolah setempat Pendidikan merupakan sebuah cahaya dimana jika kita tidak memiliki cahaya maka kita bisa tersesat. Oleh karena itu, pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, di daerah pelosok-pelosok pendidikan kurang diutamakan, bahkan hampir kebanyakan anak perempuannya nikah dini.

Disinilah, peran pendidik sangat penting untuk mendukung pendidikan dimanapun baik di daerah kota maupun di daerah pelosok. Pendidik perlu kreatif dalam mengelola kelas-kelas yang agar bisa menarik minat peserta didik serta meningkatkan semangat peserta didik dalam mengejar ilmu pendidikan. Untuk pendidikan nilai dan moral masih baik, ketika pendidik muda ini berjalan menuju sekolah, terlihat para peserta didik menyambut dengan gembira sambil memberikan salam kepada pendidik muda tersebut. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa peran guru amat sangatlah penting bagi kehidupan anak-anak. Ilmu yang dibawakan pun akan menjadi bekal nanti ketika suatu saat kita akan terjun ke dunia yang sebenarnya.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Nana Nabila Putri -
Nama : Nana Nabila Putri
NPM : 2113053152
Kelas : 3B

Izin menanggapi Pak/Ibu,
Analisis saya mengenau vidio 1 yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan-Lentera Indonesia". Dari vidio tersebut memperlihatkan dan menjelaskan mengenai pendidikan dan bagaimana pendidikan di salah satu daerah di kalimantan yang sangat memprihatinkan. Di daerah tersebut sarana dan prasarana penunjang pembelajaran masih belum terpenuhi dan orang tua masih tabu akan pentingnya pendidikan, sehingga anak-anak di sana tidak mendapatkan pendidikan dengan baik dan hanya sampai lulusan SD. Dalam proses pembelajaran, beliau menyarankan untuk menggunakan metode-metode yang menarik dan kreatif, agar peserta didik semangat dan termotivasi untuk belajar. Contohnya seperti mendekorasi kelas, mengajak peserta didik belajar di luar ruangan, dan lain-lain.

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan, pendidikan sebagai sumber cahaya pemberi wawasan dalam berkehidupan dan mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Diharapkan pemerintah dapat melakukan pemerataan mutu pendidikan, memenuhi kebutuhan para pendidik dan memberikan fasilitas sekolah. Keterlibatan pemerintah dan masyarakat bersama-sama dengan pelaku pendidikan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di desa, dan kehadiran guru di sekolah adalah prioritas. Terima kasih Pak/Bu
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by LUTVI CHAHYANI -
Nama: Lutvi Chahyani
NPM: 2113053121
Kelas: 3B

Izin menjawab,
Berdasarkan video yang berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan” terlihat bahwa kebutuhan pendidikan di daerah tersebut masih kurang. Di daerah tersebut masih sedikit anak-anak yang berminat melanjutkana sekolah setelah mereka tamat SD, orang tua mereka masih kurang sadar mengenai pentingnya pendidikan. Masyarakat setempat juga masih menganut kebudayaan menikahkah anak perempuan setelah lulus sekolah dasar. Dalam mengajar juga beberapa tantangan yang harus dihadapi salah satunya yaitu menciptakan suasana belajar yang kondusif, karena mereka cenderung bosan ketika belajar maka proses belajar dilakukan tidak hanya di dalam kelas saja namun juga di luar kelas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by SEPTI AYU NINGRUM -
Nama : Septi Ayu Ningrum
Npm : 2113053157
Kelas : 3B

Izin menanggapi bu,
berdasarkan hasil analisis saya dari vidio diatas yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" dapat ditarik kesimpulan bahwa didalam vidio tersebut berisi tentang cerita seorang pengajar muda bernama martencis veronika siregar yang mengajar didaerah pedalaman kalimantan . Pengalamannya yang baru pertama kali menginjakkan kaki didarah tersebut, rasa cemas dan terkejutnya ketika melihat perbedaan-perbedaan yang sangat kentara didaerah tersebut membuatnya memiliki tekad yang besar untuk mengubah itu semua. Disaat dia harus melihat dan menghadapi kehidupan dimana masyarakat didaerah tersebut belum mengetahui tentang pentingnya pendidikaan. Bahkan mirisnya lagi ketika dia harus melihat kurangnya pemahaman dan kesadaran orang tua, bahkan ada anak perempuan yang sudah akan dilamar saat usianya baru 14 tahun. hal itulah yang membuatnya bertekad untuk mengabdikan dan percaya bahwa dirinya ditakdirkan oleh tuhan untuk berada ditempat tersebut. Dia bahkan menggunakan cara-cara agar anak-anak memiliki semangat dan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan dengan mengajak anak-anak agar belajar diluar kelas supaya tidak bosan dan mengajarkan bahwa belajar itu bisa dilakukan dimaja saja dan kapan saja bahkan belajar itu b isa tentang apa saja. Dia jjuga memiliki cara untuk memotivasi para siswa lainnya dengan mengajak salah satu siswa nya pergi keluarb ke pusat kabupaten daerah tersebut untuk melihat dunia luar dan memiliki berbagai impian serta menceritakannya kepada teman-teman lainnya. Dari vidio ini kita bisa mengambil nilai positif dari kegigihan seorang martencis dalam mengajar. serta kita bisa belajar untuk mensyukuri segala hal dan percaya bahwa hal kecil yang kita lakukan dapat bermakna besar bagi keadaan sekitar.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Ulya Dwi Badzlina -
Nama : Ulya Dwi Badzlina
NPM : 2113053175
Kelas : 3B

Izin menanggapi.
Berdasarkan video yang telah saya lihat dengan judul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia" dapat dianalisis bahwa ada seorang wanita yang dengan sukarela menjadi guru didaerah yang terpelosok.Dimana,daerah tersebut sangat jarang sekali anak-anak yang menempuh pendidikan.Maka dari itu,hal tersebut menjadi sebua tantangan untuk bagaimana agar anak-anak didaerah tersebut mendapatkan pendidikan yang layak.Oleh karenanya wanita bernama martencis veronika siregar ini,harus mempunyai metode belajar yang menarik agar anak-anak tidak bosan dan bersemangat saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.Dan cara untuk memotivasi anak-anak agar rajin belajar adalah dengan cara mengajak anak-anak keliling kota.Dari banyaknya hal yang telah diperlihatkan,oleh karena itu,seharusnya pendidikan yang layak harus diratakan,karena dari pendidikan yang baik,maka akan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas.

Terima Kasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by SYAFIRA DWI SYAKINA -
Nama : Syafira Dwi Syakina
Npm: 2153053026
Kelas: 3B

Izin menjawab bu, berdasarkan video pertama dapat saya analisis bahwasanya kondisi pendidikan yang berada di pedalaman kalimantan selain itu ada seorang pendidik yang berusaha untuk meyakinkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi setiap manusia.Selain itu ada seorang pendidik yang berusaha untuk meyakinkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi setiap manusia. pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun.

Daerah-daerah pelosok semestinya kita perhatikan, karena disana juga banyak anak-anak yang seharusnya mendapatkan hak pendidikan yang cukup sebagai bekal mereka, sejatinya mereka yang hidup di daerah pelosok merupakan penerus bangsa Indonesia untuk mewujudkan negara yang maju dan berkembang.
Sekian terimakasih bu
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Bernaditus Heraldi -
Nama : Bernaditus Heraldi
NPM : 2113053260
Kelas : 3 B

Izin menjawab, Menurut analisis saya berdasarkan video yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" di mana yang kita ketahui bahwa anak-anak suku Dayak di Kalimantan Utara tinggal di pedalaman yang masih kurang berminat untuk bersekolah. Padahal menurut pengajar muda di sana yang bernama Martencis Veronica Siregar, pendidikan merupakan sebuah cahaya yang di mana ketika kita tidak memiliki cahaya tersebut kita bisa tersesat sehingga pendidikan itu sangat penting untuk kehidupan manusia.
Jika dilihat dari video YouTube tadi kita bisa menyimpulkan bahwa pendidikan di Indonesia masih belum terjangkau di semua tempat rumput utama di daerah-daerah terpencil. Sehingga kita harus bersyukur karena kita dapat mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Kita sebagai calon guru harus bisa menyalurkan ilmu tersebut sampai ke daerah terpencil. Seperti yang dilakukan oleh pengajar muda Martencis Veronica Siregar, yang dengan semangat memberikan ilmu-ilmu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan bisa membuat anak-anak bersemangat untuk bersekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by BAGUS ADI SAPUTRA -
Nama : Bagus Adi Saputra
NPM : 2113053147

Dalam video tersebut ditampilkan ada seorang wanita yang dengan sukarela menjadi guru didaerah yang terpelosok.Dimana,daerah tersebut sangat jarang sekali anak-anak yang menempuh pendidikan. rasa cemas dan terkejutnya ketika melihat perbedaan-perbedaan yang sangat signifikan didaerah tersebut membuatnya memiliki tekad yang besar untuk mengubah itu semua. Masyarakat di daerah tersebut juga masih banyak mengandalkan tradisi turun temurun yang menganggap bahwa pendidikan tidak terlalu penting sehingga banyak anak-anak yang masih dibawah umur sudah tidak melanjutkan pendidikannya bahwa tidak sedikit dari mereka sudah menikah. Peran guru sangat penting disini, guru dituntut memiliki kreativitas agar peserta didik memiliki minat belajar yang baik. Dalam pendidikan mereka juga jadi perlu metode-metode yang lebih kreatif supaya mereka tertarik. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sebagai calon pendidik yang mendapatkan tugas dalam mengemban Pendidikan di desa pelosok harus mempunyai ekstra strategi bagaimana cara kita untuk meningkatkan suasana kelas yang seru dan asyik sehingga akan membuat si anak terus semangat dalam proses pembelajaran dan datang ke sekolah.