Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

Number of replies: 29

Mahasiswa simak video pada pertemuan hari ini dan analisis berikan tanggapan sesuai pendapat kalian diberikan teori.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Regita Tri Astuti 2053053016 -
Assalamualaikum wr wb,
Izin berpendapat pak,bu
Nama : Regita tri astuti
Npm : 2053053016

Menurut saya, dalam vidio tersebut banyak kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran pkn sd, contohnya adalah sikap cinta tanah air , religius, dan disiplin. Sikap cinta tanah air diimplementasikan dengan menyanyikan lagu indonesia raya di awal pembelajaran. Itu termasuk salah satu cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme siswa agar selalu menghargai dan mengingat perjuangan para pahlawan. Kemudian sikap religius diimplementasikan dengan membaca doa di awal pembelajaran dan diakhir, berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing tanpa memaksakan suatu agama antara satu siswa dengan siswa lain. Kemudian sikap disiplin diimplementasikan dengan cara duduk dikelas yang rapi dan juga memberi salam kepada guru.

Sekian, terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Destiana Puanda Ashari -
Nama : Destiana Puanda Ashari
Npm : 2053053021

Izin menyampaikan pendapat dari video tersebut pak, Menurut pendapat saya dalam paparan video tersebut terdapat seorang pendidik sedang menyusun rencana pembelajaran yang menarik dengan membuat tulisan angka dengan menggunakan kertas” dan pembelajaran dilakukan dengan permainan bebas (free play) hal tersebut dapat membuat peserta didik semangat dan termotivasi, tidak membosankan dan tentunya bagi peserta didik akan terasa lebih bermakna atau tidak mudah bosan. Proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat dan bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Aditya Mahendra 2053053012 -
Nama : Aditya Mahendra
NPM : 2053053012

Izin memberikan tanggapan,
Menurut saya teori yang digunakan dalam video pembelajaran tersebut menggunakan teori kognitif dan teori Kontruktivisme karena dalam video tersebut pendidik memberi kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen dengan obyek yang nyata dan ditunjang oleh temannya dan tentunya pendidik dan sesuai dengan tahap perkembangannya. Disitu juga media pembelajaran yang dihadirkan pendidik lebih menarik yang akan meningkatkan minat peserta didik dan akan menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan tetapi efektif.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Ira nursanti 2053053024 -
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024

Izin berpendapat
Menurut dari hasil analisis saya, di dalam video pembelajaran tersebut terdapat strategi pembelajaran seperti pada awal video pendidik mempersiapkan sebuah media belajar agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang akan di ajarkan nanti,selain itu juga sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung pendidik menuntun dan mengarahkan agar peserta didik untuk berdoa dan menyanyikan lagu indonesia raya,kegiatan tersebut termasuk dalam sikap cinta tanah air.
dan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode tanya jawab dimana pada metode ini bersifat dua arah sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara pendidik dan peserta didik, pendidik bertanya dan peserta didik menjawab atau peserta didik bertanya dan pendidik menjawab, dalam komunikasi ini terlihat hubungan timbal balik secara langsung.
Agar tidak bosan di akhir-akhir kegiatan pembelajaran pendidik menerapkan metode bermain sambil belajar, Metode Bermain Sambil Belajar adalah suatu metode yang dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran yang dapat menciptakan suasana untuk membangkitkan kemampuan berpikir dan berargumentasi dalam menyelesaikan masalah dengan berbagai ide atau gagasan

Sekian tanggapan dari saya,terimakasih pak,bu
wassalamualaikum wr.wb
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 -
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005

Izin menanggapi, Pak.
Dari video yang telah disajikan, dapat saya analisis bahwa pembelajaran yang berlangsung menggunakan strategi kelompok kecil. Dimana peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok atas dasar pertimbangan jumlah peserta didik. Dalam proses pembelajarannya, pendidik menggunakan beberapa metode pembelajaran, antara lain:
  • Pada menit ke 8:59, pendidik menggunakan metode bercerita dengan cerita berjudul "Yuk Main Dik". metode ini digunakan untuk memperkenalkan bunyi bahasa pada peserta didik.
  • Pada menit ke 11:56, pendidik menggunakan metode diskusi. Pendidik membagikan huruf acak yang harus peserta didik susun bersama kelompoknya kemudian mempresentasikannya di depan kelas.
  • Pada menit ke 15:18, pendidik menggunakan metode penugasan dengan meminta peserta didik untuk membuka buku halaman 30 dan mengerjakan latihan menyususn huruf acak menjadi sebuah nama.
  • Pada menit ke 16:19, pendidik menggunakan metode tanya jawab. Pendidik meminta peserta didik mengamati sebuah gambar yang ada di buku, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan menjawab pertanyaan temannya terkait gambar yang telah diamati.
  • Pada menit ke 18:26, pendidik menggunakan metode bermain. Pendidik mengajak peserta didik bermain "Kumpul Teman" untuk melatih peserta didik terkait materi lambang bilangan.


In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Intan Bestika Putri 2053053026 -
Nama : Intan Bestika Putri
NPM : 2053053026

Izin menanggapi,
Dari video yang telah ditampilkan, terlihat antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Hal tersebut berkaitan dengan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik itu sendiri. Dalam proses mengajarnya, pendidik memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif sehingga terciptanya lingkungan kelas yang komunikatif. Strategi yang dipakai pendidik tersebut menekankan pada peran aktif peserta didik dalam memperoleh pengetahuannya, sedangkan pendidik banyak berperan sebagai fasilitator. Dalam prosesnya, pendidik tersebut membimbing peserta didik untuk menemukan dan mengemukakan gagasannya terkait materi yang dipelajari. Strategi pembelajaran yang diterapkan pendidik tersebut mengacu pada pengajaran teori kognitif dengan mengutamakan peran pendidik itu sendiri dalam menciptakan situasi belajar yang melibatkan peserta didik belajar secara aktif dan mandiri.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Novia purnamasari 2053053028 -
Izin memberikan analisis mengenai Vidio tersebut pak

Nama : Novia purnamasari
Npm : 2053053028

Dalam Vidio tersebut banyak mencotohkan pembelajran pkn sd salah satunya adalah mencontohkan sikap cinta tanah air , religius, dan disiplin. Sikap cinta tanah air diimplementasikan dengan menyanyikan lagu indonesia raya di awal pembelajaran. Itu termasuk salah satu cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme siswa agar selalu menghargai dan mengingat perjuangan para pahlawan.
In reply to Novia purnamasari 2053053028

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Regita Aprilia 2053053022 -
Nama : Regita Aprilia
Npm : 2053053022
Izin menganalisis Vidio tersebut pak

Menurut saya teori yang di gunakan adalah teori kognitif.
Dalam Vidio tersebut secara langsung guru menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat merangsang minat belajar yang lebih pada siswa sekolah dasar di situ guru menggunakan media belajar sehingga peserta didik tidak bosan ketika melakukan pembelajaran, selain itu juga guru mengenalkan rasa cinta tanah air contohnya menyanyikan lagu kebangsaan dan mengajarkan nilai religius yaitu berdoa sebelum melakukan kegiatan maupun sesudah kegiatan, pendidik juga mulai mengajarkan berdiskusi sehingga siswa lebih pandai lagi dalam berinteraksi antara siswa dengan yang lainya.

Sekian analisis dari saya terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Amanda Surya Widiyati 2053053020 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020

Izin berpendapat bapak dan ibu,
Pada vidio yang telah saya amati tadi, bahwasanya pendidik menggunakan teori belajar behavioristik, dimana teori tersebut adalah teori belajar yang mengedepankan perubahan perilaku siswa sebagai hasil proses pembelajaran mulai dari membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada saat proses pembelajaran pendidik menggunakan metode bercerita melalui sebuah buku bacaan, selain itu pendidik juga menggunakan media pembelajaran berupa huruf- huruf untuk disusun menjadi sebuah kalimat atau nama agar peserta didik mampu memahami sebuah bahasa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Clarissa Fara Adellia 2053053034 -
assalamualaikum, izin berpendapat mengenai vidio pembelajaran yang telah ditampilkan
nama : clarissa fara adellia 2053053034

dalam vidio tersebut menunjukan pendidik menggunakan metode kooperatif dalam mengajar, ditunjukan pada vidio tersebut bahwa pendidik membentuk kelompok kecil untuk mengerjakan tugas lalu hasilnya akan dipresentasikan bersama, selain itu dalam vidio pembelajaran tersebut menggunakan metode pengulangan yang dimana pendidik diawal pembelajaran mengulang atau mennayakan materi apa yang sebelumnya disampaikan oleh pendidik, dengan tujuan peserta didik tetap mengingat materi pekan lalu.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Nurulita Kurniasih 2053053006 -
Nama : Nurulita Kurniasih
NPM : 2053053006

Izin menyampaikan pendapat pak, menurut saya proses pembelajaran dalam video tersebut sangat menarik karena pendidik sangat kreatif dalam menggunakan berbagai macam sumber daya sebagai media belajar guna membantu pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Selain itu juga pendidik menggunakan model pembelajaran yang bervariasi mulai dari pengembangan diri hingga interaksi sosial, pemilihan teknik-teknik belajar yang juga tepat dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal itu akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan sehingga menghasilkan proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Aldi febriawan 2053053036 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Aldi Febriawan
NPM : 2053053036

Izin berpendapat bapak dan ibu,
Pada vidio yang telah saya amati tadi, bahwasanya pendidik menggunakan teori belajar behavioristik, dimana teori tersebut adalah teori belajar yang mengedepankan perubahan perilaku siswa sebagai hasil proses pembelajaran mulai dari membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada saat proses pembelajaran pendidik menggunakan metode bercerita melalui sebuah buku bacaan, selain itu pendidik juga menggunakan media pembelajaran berupa huruf- huruf untuk disusun menjadi sebuah kalimat atau nama agar peserta didik mampu memahami sebuah bahasa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Dewi Nurhanifah 2053053025 -
assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM : 2053053025

Izin menyampaikan pendapat pak Menurut pendapat saya dalam proses pembelajaran seorang pendidik sebelum melakukan kegiatan pembelajaran inti pendidik terlebih dahulu menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan untuk mengajar seperti menyiapkan kartu angka, kartu huruf , dan contoh lambang bilangan.
Dan setelah menyiapkan perseia[pan pembelajaran pendidik mengajarkan kegiatan religius dengan cara membaca doa diawal pembelajaran dan akhir pembelajaran. selain melakukan kegiatan religius pendidikan mengajarkan sikap rasa cinta tanah air meningkatkan sikap nasionalisme dengan menyanyikan lagu nasional. kemudian pendidik juga mengajarkan sikap saling menghargai dan cara sikap bersosial terhadap satu sama lain.pendidik juga mengajarkan sikap disiplin keoada peserta didik.

sekian tanggapan dari saya, terimakasih pak, bu
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Reni Dwi yulianti 2053053013 -
Izin menjawab pak
Nama : reni dwi yulianti
Npm : 2053053013

Berdasarkan vidio tersebut peserta didik menggumakan metode belajar dengan membentuk kelompok belajar. Kegiatan pembelajaran tersebut berhubungan dengan pembelajran PKN dimulai dengan berdoa yang berati menanamkan sikap religius dan menyanyikan lagu indonesia raya yang berati mencerminkan sikap cinta tanah air.

Terimaksih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Intan Dewi Pangestika 2013053183 -
Nama : Intan Dewi Pangestika
NPM : 2013053183

Izin menyampaikan pendapat,
Pada video tersebut, pendidik telah menentukan strategi pembelajaran sebelum memulai kegiatan belajar mengajar secara baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pendidik sudah menetukan pendekatan, strategi, metode, dan Teknik yang akan digunakan. Pendidik juga menyiapkan media pembelajaran dan kegiatan yang menarik agar siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, seperti bermain game, bekerja kelompok menyusun kata, dan lainnya. Pendidik membuat suasana belajar menjadi aktif dengan mendorong siswa untuk berperan aktif mengelurkan pendapat dan ikut serta dalam semua kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terkait dengan teori kognitif yang mengutamakan peran pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang melibatkan peserta didik belajar mandiri
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Alma Afifah 2053053044 -
Nama: Alma Afifah
NPM: 2053053044

Menurut saya, kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya sangat mencerminkan penerapan pembelajaran PKN SD. Karena, dengan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya bisa menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik. Dan saat menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya juga peserta didik berbaris dengan rapih yang merupakan penerapan disiplin. Sebelum memulai pembelajaran juga pendidik memimpin doa.

Dan saat proses pembelajaran pendidik menggunakan Tahap enaktif adalah tahapan belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung. Karena pendidik mengambil contoh dari barang-barang yang terdapat disekitarnya. Dan pendidik juga menggunakan metode belajar sambil bermain.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Cindy Ardila Putri 2053053043 -
Nama: Cindy Ardila Putri
Npm:2053053043

Izin menyampaikan pendapat pak
Dari hasil analisis Vidio dalam pembelajaran tersebut pendidik  menggunakan teori kognitif karna dalam Vidio tersebut pendidik mencoba untuk membangun ingatan peserta  didik dan menggunakan teori konstruktivisme karena pendidik melibatkan para peserta didik untuk mengamati,menganalisis secara langsung dalam Vidio tersebut pendidik menggunakan metode belajar yang tepat dengan bantuan beberapa media,seperti sedotan,kartu angka dan kartu huruf sehingga peserta didik mampu untuk mempelajarinya secara langsung dan akan lebih mudah untuk dipahami dan membuat peserta didik menjadi senang ketika pembelajaran berlangsung

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Diva syafira rahmadani 2053053001 -
Izin memberikan pendapat pak
Nama : Diva Syafira Rahmadani
NPM : 2053053001

Dalam video tersebut membahas mengenai Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas 1 mengenai tema Aku dan diriku. Video tersebut menjelaskan mengenai praktik pembelajaran menggunakan model kurikulum 2013. Kegiatan awal diawali dengan berdoa lalu menyanyikan lagu Indonesia raya, selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan inti, dimana pendidik mengajarkan konsep bilangan menggunakan alat peraga kepada peserta didiknya. Lalu menuju kegiatan penutup yang dilanjutkan dengan doa, kesimpulan dan pemberian tugas.
Teori pembelajaran yang dapat dikaitkan dengan kegiatan pembelajaran tersebut teori kognitif yang mengutamakan peran pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang melibatkan peserta didik belajar mandiri
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Lesi Agustin 2053053037 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhh izin menganalisis pak
Nama : Lesi Agustin
Npm : 2053053037

Jadi, terdapat dalam video yang telah disajikan, saya menganalisis bahwa dalam pembelajaran tersebut terdapat Strategi pembelajaran yang sangat kreatif dan inovatif dimana seorang guru menyiapkan bahan yang akan diajarkan kepada peserta didik dalam pembelajaran tersebut terdapat metode pembelajaran diskusi, dan metode pembelajaran partisipatoris atau proses sosialisasi berfokus pada penanaman kebiasaan,
adat istiadat dan norma tanpa terpaksa.
Dimana seorang guru memberikan kebiasaan diawal pembelajaran yaitu berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, tujuan nya agar seorang peserta didik meningkatkan rasa nasionalisme siswa agar selalu menghargai dan mengingat perjuangan para pahlawan. dan ditengah pembelajaran guru menyuruh siswa untuk berdiskusi secara kelompok, yang bertujuan agar seorang siswa tidak bosan dalam belajar dan mampu menangkap materi yang disampaikan oleh seorang pendidik

Sekian Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by MUKTI SETIAWAN 2053053003 -
nama: Mukti Setiawan
npm: 2053053003

izin menanggapi, menurut saya bahwasanya dalam vidio tersebut siswa sangat kondusif dengan pengarahan guru ,serta mengarahkan siswa untuk tetap cinta tanah air, dan tetap religius sesuai dengan pengamalan pancasila. serta Menurut saya analisis dari video tersebut dengan menggunakan teori yaitu teori kognitif dan teori pemrosesan sensor hal ini berkenaan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih membangun ingatan hal ini sesuai dengan teori kognitif, dan membangun informasi tentang materi matematika yang telah diberikan sesuai dengan teori pemrosesan sensor.
Peserta pendidik tidak lupa membangun komunikasi kepada peserta didik dan memberikan siswa untuk bertanya sehingga metode dan teori yang digunakan saling berkaitan agar para pendidik itu sendiri menciptakan situasi belajar yang mengakibatkan peserta didik belajar yang kondusif dan aktif.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Laras Putria -
Nama : Laras Putria
NPM : 2053053007
Izin menyampaikan tanggapan pak bu,

Video tersebut merupakan video pembelajaran anak SD. Bnyak sekali rasa yg terkandung dalamnya. Rasa cinta tanah air dan rasa religius. Pembelajaran tersebut menurut saya menggunakan teori kognitif yang dimana pendidik menciptakan ide pembelajaran yang menarik dan menciptakan situasi belajar yang melibatkan peserta didik belajar secara aktif dan mandiri.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by resti septika 2013053061 -
Nama : Resti Septika
Npm : 2013053061

Izin berpendapat bapak dan ibu
Menurut saya berdasarkan analisis dari Vidio pada awal Kegiatan pembelajaran tersebut berhubungan dengan pembelajran PKN yang digambarkan dari dimulai pembelajaran dengan berdoa yang berati menanamkan sikap religius perserta didik dan menyanyikan lagu indonesia raya yang berati mencerminkan sikap cinta tanah air perserta didik tersebut .Pada Vidio juga di perlihatkan bahwa pendidik menggunakan metode bercerita,diskusi ,tanya jawab dan metode bermain ,Yang membuat suasana kelas menjadi tidak membosankan dan membuat perserta didik menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut .
Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017 -
Dari video tersebut, pendidik menggunakan teori belajar behavioristik yang dikembangkan oleh ilmuan Gegne. Dimana dalam pembelajran tersebut pendidik memberikan stimulus dan respon yang baik oleh peserta didik, sehingga peserta didik dapat aktif selama pembelajaran. Dan yang saya lihat di daam video pembelajran terebut, penddidik menggunakan benda konkret sebagai media pembelajaran yang real atu nyata. Dengan menggunakan media benda konkret sebagai media pembelajaran tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal. Selain itu penggunaan media juga akan merangsang anak dalam memahami konsep yang disampaikan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Rosa Ramayanti 2053053030 -
Nama Rosa Ramayanti
Npm 2053053030
izin menanggapi Pak,

Menurut saya, di dalam video pembelajaran yang telah di berikan, pendidik menggunakan strategi pembelajaran seperti pada awal video tersebut. Pendidik mempersiapkan sebuah media yang akan digunakan saat belajar agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang akan di sampaikan, selain itu juga sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung pendidik menuntun serta mengarahkan peserta didik agar berdoa terlebih dahulu sebelum melaksakan proses belajar mengajar, setelah itu menyanyikan lagu indonesia raya,kegiatan tersebut termasuk dalam sikap cinta tanah air. Yang dilakukan oleh Pendidik ini termasuk kedalam teori belajar behavioristik, dimana teori tersebut adalah teori belajar yang mengedepankan perubahan perilaku siswa sebagai hasil proses pembelajaran mulai dari membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah belajar serta ditambah dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di awal pembelajaran
Setelah itu dilanjutkan dengan metode bercerita melalui sebuah buku bacaan, dan saat proses pembelajaran pendidik menggunakan Tahap enaktif yaitu di mana tahapan belajar ini peserta didik diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkrit secara langsung. Karena pendidik mengambil contoh dari barang-barang yang terdapat disekitarnya. Dan pendidik juga menggunakan metode belajar sambil bermain.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Herma Handani -
Assalamualaikum wr wb,
Izin berpendapat pak,bu
Nama : Herma Handani
Npm : 2053053029

Menurut pendapat saya dalam paparan video tersebut ketika melakukan pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat menambah minat belajar yang lebih pada siswa sekolah dasar pendidik juga mempersiapkan sebuah media belajar contohnya video pada awal pembelajaran agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang akan di ajarkan nanti selain itu guru mengenalkan rasa cinta tanah air, Strategi pembelajaran yang diterapkan pendidik tersebut mengacu pada pengajaran memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan sehingga menghasilkan proses belajar yang efektif
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Andhara Hani Pramesty -
Nama : Andhara Hani Pramesty
NPM : 2053053041

Izin menyampaikan pendapat.
Dari vidio yang telah disajikan, saya menganalisis bahwa dalam proses pembelajaran tersebut menggunakan Strategi pembelajaran yang sangat kreatif dan inovatif dimana seorang pendidik menyiapkan bahan ajar seperti menyiapkan kartu huruf, kartu angka dan contoh lambang bilangan yang akan diajarkan kepada peserta didik. Dalam pembelajaran tersebut juga menggunakan metode diskusi dan metode pembelajaran partisipatoris atau proses sosialisasi berfokus pada penanaman kebiasaan, adat istiadat dan norma tanpa terpaksa.
Dimana seorang pendidik memberikan kebiasaan diawal pembelajaran yaitu berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya agar bertujuan untuk mengajarkan sikap cinta tanah air dan juga meningkatkan sikap nasionalisme agar peserta didik selalu menghargai dan mengingat perjuangan para pahlawan. Pada saat pembelajaran berlangsung, pendidik juga mengajak peserta didik untuk berdiskusi, dengan tujuan agar peserta didik tidak mudah bosan dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan mampu menangkap materi yang disampaikan oleh seorang pendidik sehingga membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dah komunikatif.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by aliffia hanif ariyani -

Nama : Aliffia Hanif

NPM : 2053053011

Izin menyampaikan pendapat pak, menurut saya pada pembelajaran tersebut guru menggunakan teori Brunner (Discovery learning) karena , pada vidio tersebut guru mengembangkan model pembelajaran terhadap pandangan kognitif . Siswa belajar melalui keterlibatan aktif dengan konsep dan prinsip, dan guru mendorong siswa untuk mendapatkan pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka menemukan konsep dan prinsip untuk diri mereka sendiri. Dalam pembelajaran tersebut sampai dengan tahap enaktif, yaitu suatu tahap pembelajaran , pengetahuan dimana pengetahuan itu dipelajari secara aktif, dengan menggunakan benda-benda kongkrit atau menggunakan situasi yang nyata .

Pada langkah pertama , guru membimbing siswa untuk memperoleh pengetahuan konseptual ,Setelah siswa memperoleh pengetahuan konseptual selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk memperoleh pengetahuan prosedural berdasarkan pengetahuan konseptual yang telah dimilikinya (konsep pembelajaran menggunakan alat peraga). Yang terakhir, Agar siswa lebih memahami konsep tersebut, Guru meminta masing- masing kelompok  maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusinya.


In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by M. Dicky Kurniawan 2053053031 -
Nama: M. Dicky Kurniawan
NPM: 2053053031

Izin memberikan pendapat, menurut saya teori yang digunakan pada video pembelajaran tersebut menggunakan teori konstruktivisme karena dalam video tersebut peserta didik dapat bereksperimen dengan obyek nyata yang di dampingi oleh pendidik. Dalam video tersebut juga media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sangat menarik yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar serta akan menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan tetapi juga efektif.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Tanggapan Analisis Video

by Nur Meitiana Zalianti 2053053027 -
Nama : Nur Meitiana Zalianti
NPM : 2053053027

izin memberi tanggapan pak,
menurut saya dalam video tersebut menggunakan teori kognitif karena teori ini dianjurkan siswa dapat belajar sesuai tahapan perkembangan mereka. Dalam video tersebut pendidik sebelum mengajar mereka mempersiapkan bahan ajar terlebih dahulu. Setelah bahan ajar telah selesai dipersiapkan peserta didik masuk ke dalam kelas yang ingin dia ajarkan, sebelum masuk ke pembelajaran pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa telebih dahulu karena ini bisa meningkatkan nilai nilai moral dalam beragama. Setelah selesai berdoa pendidik mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ini salah satu contoh kegiatan untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

sekian pendapat dari saya.