Diskusi 1

Diskusi 1

Diskusi 1

Number of replies: 88

Tuliskan pengertian kurikulum menurut Ralph W Tylor th 1947? Jawaban dikumpul di forum ini paling lambat 17.00 WIB, Terimakasih

In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034060 MARIA FRANELA CHRISTI AUDREY གིས-
Maria franela christi audrey
21130304060
Geografi B

Tuliskan pengertian kurikulum menurut Ralph W Tylor th 1947?
Ralph. W Tylor (1957) mengemukakan bahwa kurikulum ialah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan serta diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034014 Elvas Maharani གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh, pak. Selamat sore.
Nama : Elvas Maharani
NPM   : 2113034014
Kelas  : B (Genap)
Izin menjawab tugas pertemuan pertama mata kuliah Dasar Kurikulum Geografi, terima kasih.

Menurut Ralph W Tylor (1947), kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. 

In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034036 ASMA NISA HANIFAH གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin menjawab pak,

Nama : Asma Nisa Hanifah
NPM: 2113034036
Kelas : B

Menurut Ralph W. Tyler, kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.Tyler juga berpendapat adanya empat hal yang dianggap mendasar untuk mengembangkan suatu kurikulum, yaitu :
1. Berhubungan dengan penentuan tujuan pendidikan yang ingin dicapai;
2. Berhubungan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan;
3. Berhubungan dengan pengorganisasian pengalaman belajar;
4. Berhubungan dengan pengembangan evaluasi.

Terima kasih pak, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034037 ALDA MUTIARA PUTRI གིས-
ALDA MUTIARA PUTRI.2113034037

Prinsip Dasar Kurikulum dan Petunjuk Penyelenggaraan dari teori Ralph W. Tyler memuat beberapa pokok penting yang perlu diketahui untuk membangun sebuah standarisasi pendidikan yang baik di sebuah negara.

Ralph Tyler menegaskan bahwa kurikulum merupakan seluruh pengalaman belajar yang di rencanakan dan juga di arahkan oleh sekolah guna mencapai tujuan pendidikannya.

Menurut Ralph W. Tyler dalam bukunya ini, menjelaskan bahwa pengembangan sebuah kurikulum harus memuat beberapa komponen dasar yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur baik atau tidaknya pengembangan kurikulum tersebut.

Komponen-komponen tersebut meliputi empat unsur, yaitu:
1. TUJUAN apa yang ingin di capai?
Penentuan Tujuan merupakan hal yang paling utama dalam mencapai sesuatu yang ingin di capai.

2. PENGALAMAN BELAJAR apa yang perlu di siapkan untuk mencapai sebuah tujuan?
Sebuah sistem pembelajaran harus menekankan betapa pentingnya pengalaman belajar bagi para peserta didik. Di samping materi pembelajaran yang di sampaikan, peserta didik pula harus di beri pelatihan langsung dengan kata lainnya adalah PRAKTIK langsung apa yang telah di teorikan.

3. Bagaimana PENGORGANISASIAN dalam pengalaman belajar?
Sebuah pengalaman belajar haruslah terorganisir sehingga dapat menempatkan mana yang harus di dahulukan, di tengah, ataupun di akhirkan dalam tahapan pembelajaran. Sehingga pengorganisasian pengalaman belajar ini menghasilkan tahapan-tahapan pembelajaran yang menjadi sebuah rangakaian kegiatan yang saling berkaitan (plot).

4. Bagaimana efektifitas pegalaman belajar di EVALUASI?
Evaluasi yang baik adalah yang mengacu kepada ketercapaian tujuan. Dalam sebuah pengembangan kurikulum, sebelumnya harus di evaluasi, sudah sampai mana tingkat ketercapaian tujuannya untuk mengetahui keefetifan pelaksanaan sebuah kurikulum.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2153034001 SHINTIA WAHYU LESTARI གིས-
Shintia Wahyu Lestari
2153034001

Menurut Ralph W Tyler kurikulum adalah semua pembelajaran siswa yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Menentukan tujuan merupakan hal yang paling awal dan harus dikerjakan kerana tujuan akan menentukan arah atau sasaran pendidikan.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034046 YUWANDA ADI PRASTYA གིས-
Menurut Ralph W Tyler berdasarkan buku yang ditulisnya yang berjudul Basic Principle and Curriculum 1947. Tyler mengemukakan bahwa kurikulum adalah keseluruhan pengalaman belajar yang dirancang dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Menurut Tyler model pengembangan kurikulum rasional lebih bersifat bagaimana merancang suatu kurikulum sesuai dengan tujuan dan misi suatu institusi pendidikan. Menentukan tujuan merupakan hal yang paling awal dan harus dikerjakan kerana tujuan akan menentukan arah/sasaran pendidikan
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034024 NI Komang Utami Arniasih གིས-
Nama: Ni Komang Utami Arniasih
NPM : 2113034024 (B)

Menurut Ralph W Tylor (1947) kurikulum merupakan seluruh pengalaman belajar yang telah direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Ralph W. Tyler juga mengajukan 4 pertanyaan pokok, yakni:
1) Tujuan apa yang harus dicapai sekolah?
2) Bagaimanakah memilih bahan pelajaran guna mencapai tujuan itu?
3) Bagaimanakah bahan disajikan agar efektif diajarkan?
4) Bagaimanakah efektivitas belajar dapat dinilai?
Berdasarkan pertanyaan tersebut maka diperoleh empat komponen kurikulum yakni tujuan, materi, strategi, dan evaluasi. Keempat komponen tersebut saling berhubungan dan mempengaruhi. Tujuan menentukan bahan apa yang akan dipelajari, bagaimana proses belajarnya, dan apa yang harus dinilai. Demikian pula penilaian dapat mempengaruhi komponen lainnya.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034018 Mutia Dwi Aprilia གིས-
Mutia Dwi Aprilia
2113034018

Menurut Ralph W Tyler Kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang dirancang dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.

Prinsip Dasar Kurikulum dan Petunjuk Penyelenggaraan dari teori Ralph W. Tyler memuat beberapa pokok penting yang perlu diketahui untuk membangun sebuah standarisasi pendidikan yang baik di sebuah negara.

Menurut Ralph W. Tyler dalam bukunya, menjelaskan bahwa pengembangan sebuah kurikulum harus memuat beberapa komponen dasar yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur baik atau tidaknya pengembangan kurikulum tersebut. Komponen-komponen tersebut meliputi empat unsur yaitu :
1. Tujuan apa yang ingin di capai?
2. Pengalaman belajar apa yang perlu disiapkan untuk mencapai sebuah tujuan ?
3. Bagaimana Pengorganisasian dalam pengalaman belajar ?
4. Bagaimana efektifitas pengalaman belajar di evaluasi ?
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034036 ASMA NISA HANIFAH གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin menjawab pak,

Nama : Asma Nisa Hanifah
NPM: 2113034036
Kelas : B

Menurut Ralph W. Tylor, kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.Tylor juga berpendapat bahwa ada empat hal yang dianggap mendasar untuk mengembangkan suatu kurikulum, yaitu :
1. Berhubungan dengan penentuan tujuan pendidikan yang ingin dicapai;
2. Berhubungan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan;
3. Berhubungan dengan pengorganisasian pengalaman belajar;
4. Berhubungan dengan pengembangan evaluasi.

Terima kasih pak, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034039 JULLIA FRADIAN SARI གིས-
Jullia Fradian Sari
NPM. 2113034039
Kelas A Geografi 2021

Kurikulum menurut Ralph W Tylor th 1947 adalah pembelajaran terjadi melalui pengalaman yang
pelajar, Kurikulum
terdiri dari semua pembelajaran siswa yang
direncanakan oleh dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai
tujuan pendidikan. (learning takes place through the experiences the
”learning experience" The curriculum
consist of all of the learning of students which is
planned by and directed by the school to attain its
educational goals.)

Tyler lebih bersifat bagaimana merancang suatu kurikulum, sesuai dengan tujuan dan misi suatu institusi pendidikan.

Menurut Tyler ada 4 hal yang dianggap fundamental untuk mengembangkan kurikulum. Pertama berhubungan dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, kedua berhubungan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pengorganisasian, ketiga pengalaman belajar dan keempat berhubungan dengan evaluasi.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034085 RATNA WIDYASTUTI གིས-
Nama : Ratna Widyastuti
NPM : 2113034085
Kelas : A

Ralph W. Taylor tahun 1947 mengatakan bahwa kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang telah direncanakan dan diarahkan secara efektif oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
dirumuskan 3 tugas teori kurikulum :
- Identifikasi masalah yang muncul dalam pengembangan kurikulum.
- Menghubungkan masalah dengan struktur yang mendukungnya.
- Meramalkan pendekatan di masa yang akan datang.
Teori Kurikulum 
Ralph W. Taylor 4 pertanyaan pokok inti kajian kurikulum :
- Tujuan
- Pengalaman pendidikan
- Organisasi pengalaman
- Evaluasi

In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034010 Vera wiwit pangesti གིས-
Nama : Vera Wiwit Pangesti
NPM : 2113034010
Kelas : Genap (B)

Menurut Ralph W. Tyler kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang telah direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya, serta dalam bukunya Basic Principles of Curriculum and Instruction mengatakan bahwa ketika kita hendak melakukan pengembangan kurikulum maka patut mengajukan 4 pertanyaan pokok, yakni;

Tujuan apa yang harus dicapai?
Bagaimana memilih bahan pelajaran guna mencapai tujuan itu?
Bagaimanakah bahan disajikan agar efektif diajarkan?
Bagaimanakah efektifitas belajar dapat dinilai?
Berdasarkan pertanyaan itu, maka diperoleh keempat komponen kurikulum yakni, (1) tujuan, (2) bahan pelajaran, (3) proses belajar-mengajar, (4) evaluasi atau penilaian.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034067 IKA NURYANTI གིས-
Nama : Ika Nuryanti
NPM : 2113034067
Kelas : A

Menurut Ralph W. Tylor (1947) kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Menurutnya terdapat 4 pertanyaan pokok atau 4 hal mendasar dalam pengembangan kurikulum yaitu yang pertama berkaitan dengan penentuan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, kedua berkaitan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan, ketiga berkaitan dengan pengorganisasian pengalaman belajar, dan keempat berkaitan dengan pengembangan evaluasi.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034040 M. Nur Rosid གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh, pak. Selamat sore.
Nama : M. Nur Rosid
NPM : 2113034040
Kelas : B (Genap)
Izin mengumpulkan tugas mata kuliah Dasar Kurikulum Geografi Pak.

Menurut Ralph W Tylor (1947), kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Sekian pak terimakasih. W assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034038 Merenda.Katresnani21 གིས-
Assalamualaikum warahmatullihiwabrakatuh, selamat sore pak
Nama: Merenda katresnani
NPM: 2113034038
izin menjawab:

pengertian kurikulum menurut Ralph W Tylor th 1947 yaitu sistem pemodelan pengembangan kurikulum yang rasional lebih bersifat bagaimana merancang suatu kurikulum sesuai dengan tujuan dan misi suatu institusi pendidikan. Dalam hal ini ia berupaya untuk menjelaskan mengenai pentingnya pendapat rasional, menganalisis, menginterpretasi kurikulum, dan program pengajaran dari suatu lembaga pendidikan. Untuk mengembangkan suatu lembaga pendidikan ia mebempatkan empat pertanyaan:
1. Objectives (Tujuan Pendidikan yang diharapkan)
2. Selecting Learning Experiences ( Menentukan pengalaman belajar yang akan diperoleh guna mencapai tujuan yang dimaksud)
3. Oeganizing Learning Experiences ( Mengorganisasi pengalaman bealajar yang akan diberikan)
4. Evaluation ( Mengevaluasi efektivitas pengalaman belajar guna mengetahui tujuan pendidikan telah dicapai)

Beliau dijuluki sebagai bapak Pengembang kurikulum, ia menanamkan perlunya hal yang lebih rasioanl, sistematis, dan pendekatan yang berarti dalam tugas mereka.Menurut Tyler, tugas pertama dalam pengembangan kurikulum adalah mendifisikan tujuan dengan mempertimbangkan studi tentang peserta didik, kehidupan kontemporer, dan saran dari spesialis materi pelajaran. Tyler merumuskan evaluasi hasil belajar dari tujuan pembelajaran yang dikembangka oleh Bloom dan Krathwohl.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034062 DWI FITRI SEPTIANI གིས-
Pengertian kurikulum menurut Ralph W Tylor tahun 1947
kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.
Pada tahun 1947 berlangsung diskusi yang menghasilkan tiga tugas utama teori kurikulum yaitu:
1. Mengidentifikasi masalah-masalah penting yang muncul dalam pengembangan kurikulum dan konsep-konsep yang mendasarinya
2. Menentukan hubungan antara masalah-masalah tersebut dengan struktur yang mendukungnya
3. Mencari atau meramalkan pendekatan-pendekatan pada massa yang akan datang untuk memecahkan masalah tersebut.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034073 DINDA AZIZAH NUR ROHIMA གིས-
Izin menjawab pertanyaan dari Bapak, sebelumnya saya izin memperkenalkan diri,
Nama : Dinda Azizah Nur Rohima
NPM : 2113034073
Kelas : A (Ganjil)

1. Pengertian Kurikulum menurut Ralph W. Tyler tahun 1947
Ralph W. Tyler menegaskan bahwa kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Sekian terima kasih Pak. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034008 Armita Dianti Febryana གིས-
Armita Dianti Febryana
2113034008

Menurut Ralph W Tylor tahun 1947 tentang kurikulum, kurikulum adalah
seluruh pengalaman belajar yang dirancang
dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai
tujuan pendidikan.

Menurut Tylor ada empat tahap yang harus
dilakukan dalam pengembangan kurikulum :
1. Menentukan tujuan pendidikan
2. Menentukan proses pembelajaran
3. Menentukan proses organisasi pengalaman belajar
4. Menentukan evaluasi pembelajaran
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034009 ROF'I DARAJAT ANNISA གིས-
Nama : Rof'i Darajat Annisa
Npm : 2113034009
Kelas : A(Ganjil) Geografi

Pengertian kurikulum menurut ralph W Tylor adalah seluruh pengalaman belajar yang di rencanakan dan juga di arahkan oleh sekolah guna mencapai tujuan pendidikannya. Pengembangan sebuah kurikulum harus memuat beberapa komponen dasar yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur baik atau tidaknya pengembangan kurikulum tersebut. Komponen itu meliputi tujuan, pengalaman belajar, pengorganisasian dan evaluasi.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034071 USWATUN HASANAH གིས-
Nama : Uswatun Hasanah
NPM : 2113034071
Kelas : A (Ganjil)

Menurut Ralph W. Tylor (1947) : kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Menurut Ralph W. Tylor ada empat hal yang dianggap mendasar untuk mengembangkan suatu kurikulum, yaitu :
1). Berhubungan dengan penentuan tujuan pendidikan yang ingin dicapai;
2). Berhubungan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan;
3). Berhubungan dengan pengorganisasian pengalaman belajar;
4). Berhubungan dengan pengembangan evaluasi.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034065 DETHA AVILIA SARASWATI གིས-
Nama : Detha Avilia Saraswati
NPM : 2113034065
Kelas : A

Pengertian kurikulum menurut Ralph W Tyler tahun 1947 ?
Kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Pengembangan kurikulum model Tyler terdiri dari empat tahap, yaitu merumuskan tujuan, memilih pengalaman belajar, mengorganisasikan pengalaman belajar dan mengevaluasi pengalaman belajar. Tyler pula mengatakan bahwa proses pengembangan kurikulum perlu dilakukan secara rasional dan sistematis agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034031 RENAL TARDIYANSAH གིས-
Nama : Renal Tardiyansah
Npm : 2113034031
Kelas : A

Menurut Ralph Tyler (1957), “Kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang dirancang dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.”

Ralph Tyler (1949), “learning takes place through the experiences the learner has "learning experiences" [the curiculum consist of] all off the learning of students which is planned by and directed by school to attain its educational goals.”

Ralph Tyler (1949), “pembelajaran terjadi melalui pengalaman, pembelajar memiliki “pengalaman belajar” [kurikulum terdiri dari] semua pembelajaran siswa yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.”
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034020 Annisa Martina Mirza གིས-
Nama : Annisa Martina Mirza
Npm : 2113034020
Kelas : Pendidikan Geografi B

Ralph W Tylor (1947), menurutnya kurikulum adalah suatu proses untuk menyatakan, memilih, mengatur, pengalaman belajar yang dirancang untuk mencapai tujuan dengan melakukan evaluasi. Menurutnya, ada 4 prinsip dasar kurikulum dan pengajaran, yaitu berupa tujuan pendidikan apa yang harus dicapai, menurut nya tujuan pendidikan adalah proses mengubah perilaku sehingga ouput yang dikeluarkan kurikulum harus dapat merubah perilaku siswa. Lalu prinsipnya harus berdasarkan pengalaman belajar apa yang harus diberikan untuk mencapai tujuan tersebut. Selanjutnya bagaimana pengalaman belajar dari masing-masing siswa tersebut dapat diorganisir secara efektif. Serta bagaimana cara agar tujuan tersebut dapat dicapai yaitu dengan sebuah evaluasi.

Sumber : Ralph W. Tyler's (1985). Principles of Curriculum, Instruction and Evaluation: Past Influences and Present Effects. Chicago : University Chicago.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

2113034035 WINDY ISABELA MARITO SIAHAAN གིས-
Kurikulum menurut Ralph W Tylor (1947) yaitu seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Kurikulum merupakan benang pengorganisasian untuk mencapai tujuan bersama yang jelas dan terperinci dan yang bisa menjadi tolak ukur. serta adanya tahapan-tahapan yang jelas dan berurutan untuk mencapai tujuan.