Forum diskusi kelompok 13

forum diskusi

forum diskusi

muhisom M.Pd.I གིས-
Number of replies: 79

silahkan bagi yang ingin bertanya dan menjawab pertanyaan rekannya

In reply to muhisom M.Pd.I

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
selamat pagi kepada bapak/ ibu dosen serta rekan rekan semua.

Yang kami hormati Ibu Dra. Nelly Tri Astuti, M.Pd bersama Bapak Muhisom, M.Pd.I selaku dosen pengampu matakuliah manajemen pendidikan.

Dan rekan-rekan seperjuangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.

Sholawat dan salam kita curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yg kita rasakan saat ini.

Pada hari ini kami dari kelompok 13 akan mempresentasikan hasil diskusi kami yang akan membahas tentang "konsep manajemen pendidikan tingkat sekolah dasar"

Sebelumnya perkenalkan nama saya Aldi Febriawan sebagai moderator yang akan mengarahkan jalannya acara diskusi kita pada pagi hari ini.

Adapun anggota kelompok 13 yaitu :
1. Aldi Febriawan 2053053036
2. Dewi nurhanifah 2053053025
3. Intan Dewi Pangestika
2013053183

Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. pembukaan
2. Penyampaian dan penyajian materi
3. tanya jawab
4. Penutup

langsung saja kita masuk ke acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka dengan melafazkan basmallah bersama-sama "bismillahirrahmanirrahim"
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Laras Putria གིས-
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Tedi Kurniawan2053053040 གིས-
Nama ; Tedi Kurniawan
Npm : 2053053040

Izin bertanya moderator

Bagaimana implementasi sikap kepemimpinan dari seorang guru terhadap terhadap kegiatanbelajar mengajar di kelas?
In reply to Tedi Kurniawan2053053040

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
Ijin menjawab
Nama : Aldi Febriawan
Npm : 2053053036
kepemimpinan seorang guru dalam pendidikan sangat berpengaruh dalam menghasilkan out put yang berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Sekarang ini kiprah guru sebagai teladan seolah luluh oleh keegoisan anak didik, pengaruh teknologi, dan juga keapatisan guru. Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh pendidikan yang merupakan salah satu contoh sosok yang berdedikasi sebagai guru , pendidik, pembimbing dan pejuang yang hingga kini terus terpatri dan abadi di masarakat Indonesia.

Guru sebagai pendidik harus bisa menjadi pemimpin yang disukai, dipercaya, mampu membimbing, berkepribadian , serta abadi sepanjang masa.
Sosok guru sebagai pembimbing dan motivatorpun sangat berperan untuk kemajuan pendidikan , sikap memberi dan mendahulukan kepentingan siswa / umum menjadi teladan dalam prilaku akan menjadikan panutan pengikut-pengikutnya atau siswa-siswi dengan sendirinya.
Mereka sangat membutuhkan figur-figur seorang pemimpin yang bisa membentuk pribadinya mejadi lebih berguna dan dihargai sebagai pribadi yang utuh.
Sebagai sosok yang disukai dan menyukai siswa, seorang guru secara fisik hendaknya bisa menyenangkan hati siswa. Ini bisa dimulai dari cara berpakaian, berbicara dan tidak pelit bercanda ria.
Dalam pembelajaran di kelas jangan sungkan-sungkan memberikan pujian , penghargaan untuk merangsang kemajuan belajarnya sampai siswa itu benar-benar merasa berharga dan bermanfaat bagi dirinya maupun teman-temannya. Sebagai guru harus jeli, apa yang diinginkan anak didiknya dan tidak pelit terhadap nasihat.
Selain itu pemimpin yang hampir sempurna adalah pemimpin yang berkepribadian yang baik, mampu mengenal dirinya sendiri karena dengan mengenal kekurangan-kekurangannya pasti kita akan mampu memperbaikinya dan menyadarinya sehingga mau menerima masukan dan kritikan, terus belajar dan mengenal kelebihan dirinya serta mampu mentransfer ilmunya kepada anak didik sehingga generasi kita akan lebih baik dan sukses.
Menahan nafsu pun tidak kalah penting dalam mewujudkan guru yang berkepribadian baik, bersikap demokratis, tidak sewenang-wenang karena merasa lebih pintar, lebih tua, dan berpengalaman.
In reply to muhisom M.Pd.I

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
Baiklah disini saya buka sesi tanya jawab dengan 2 termin di mana satu termin terdiri dari 3 begitu pun di termin ke dua juga terdiri untuk 3 penanya. Baik untuk termin pertama saya persilahkan kepada teman teman yang ingin bertanya.
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Nur Meitiana Zalianti 2053053027 གིས-
Nama : Nur Meitiana Zalianti
NPM : 2053053027

izin bertanya moderator,
Dalam lingkungan kelas, pendidik adalah administrator. pendidik harus melaksakan kegiatan manajemen. Pertanyaan saya, coba jelaskan kegiatan manajemen yang dilakukan pendidik itu seperti apa?

Terimakasih
In reply to Nur Meitiana Zalianti 2053053027

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
Ijin menjawab
Nama : Aldi Febriawan
Npm : 2053053036
Jawab :
Manajemen kelas merupakan kegiatan-kegiatan yang diupayakan oleh seorang guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Kegiatan ini merupakan suatu usaha yang sengaja dilakukan oleh guru supaya pembelajaran dapat berjalan efektif sehingga memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin dan membentuk perilaku berbudaya. Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar ang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Dengan kata lain manjemen kelas merupakan usaha secara sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis.
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 གིས-
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005

Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Meitiana
Kegiatan manajemen yang dilakukan pendidik antara lain: membuat jadwal pelajaran, membuat denah tempat duduk, melakukan absensi peserta didik, merekap nilai, mengisi rapor, dan lain sebagainya.
In reply to Nur Meitiana Zalianti 2053053027

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
In reply to Nur Meitiana Zalianti 2053053027

Re: forum diskusi

Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017 གིས-
Izin menambahkan jawaban nur meitiana..
Menurut saya kegiatan manajemen kelas yang dilakukan oleh pendidik itu seperti
1. Menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui penggunaan disiplin
2. Menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi
3. Memaksimalkan kebebasan siswa
4. Menciptakan suasana kelas dengan cara mengikuti petunjuk atau resep yang telah disajikan
5. Menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran yang bermutu dan dilaksanakan dengan baik
6. Mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dengan mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan
7. Mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif
8. Menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif
Terimakasih..
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Destiana Puanda Ashari གིས-
Nama : Destiana Puanda Ashari
Npm : 2053053021

Izin bertanya moderator, Bagaimana cara pendidik dalam meningkatkan efisiensi kerja menuju arah tercapainya hasil kerja yang optimal dalam mewujudkan sekolah dasar yang efektif?
Terima kasih
In reply to Destiana Puanda Ashari

Re: forum diskusi

Dewi Nurhanifah 2053053025 གིས-
Izin menjawab moderator
Dewi Nurhanifah
(2053053025)

1) interaksi kolegialitas di antara
guru-guru. 2) pemahaman proses-proses kognitif dalam penyelenggaraan
pengajaran.3) penguasaan struktur pengetahuan mata pelajaran. 4)
pemilikan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai, keyakinan, dan
standar. 5) keterampilan mengajar, 6) pengetahuan bagaimana siswa
belajar.
Fasilitas belajar menyangkut ketersediaan hal-hal yang dapat
memberikan kemudahan bagi perolehan pengalaman belajar yang efektif
dan efisien. Fasilitas belajar yang sangat penting adalah perpustakaan,
komputer, dan kondisi fisik lainnya yang secara langsung mempengaruhi
kenyamanan belajar (Sulfemi, 2019).
In reply to Destiana Puanda Ashari

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
In reply to muhisom M.Pd.I

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
Jika tidak ada yang ingin menyanggah dah menambahkan jawaban, maka akan saya buka termin kedua, saya persilahkan untuk 3 orang penanya
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

resti septika 2013053061 གིས-
Nama : Resti septika
Npm : 2013053061

Izin bertanya moderator ..
Sebagai seorang pendidik harus bisa menjaga mutu dan akreditas sekolahnya .Pertanyaannya menurut kelompok kalian apakah konsep menajemen yang harus dilakukan oleh pendidik tersebut untuk menjaga mutu atau akreditas sekolahnya ?
Terima kasih
In reply to resti septika 2013053061

Re: forum diskusi

Intan Dewi Pangestika 2013053183 གིས-
Izin menjawab,
Nama : Intan Dewi Pangestika
NPM : 2013053183

Untuk memperoleh mutu pendidikan sekolah yang baik, para siswa yang dilayaninya harus memiliki potensi yang memadai untuk menyelesaikan program-program belajar yang dituntut oleh kurikulum sekolah. Kemampuan profesional guru direfleksikan pada mutu pengalaman pembelajaran siswa yang berinteraksi dalam kondisi proses belajar mengajar. Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh :
1) tingkat penguasaan guru terhadap bahan pelajaran dan penguasaan struktur konsep-konsep keilmuannya.
2) metode, pendekatan, gaya atau seni dan prosedur mengajar, pemanfaatan, fasilitas belajar secara efektif dan efisien.
3) pemahaman guru terhadap karateristik kelompok dan perorangan siswa.
4) kemampuan guru menciptakan dialog kreatif dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
5) kepribadian guru.
Atas dasar analisis tersebut, maka upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah harus disertai dengan upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan profesional dan memperbaiki kualitas kepribadian gurunya. Pada tingkat sekolah, upaya tersebut ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan berikut, yaitu :
1) interaksi kolegialitas di antara guru-guru.
2) pemahaman proses-proses kognitif dalam penyelenggaraan pengajaran.
3) penguasaan struktur pengetahuan mata pelajaran.
4) pemilikan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai, keyakinan, dan standar.
5) keterampilan mengajar.
6) pengetahuan bagaimana siswa belajar.
In reply to resti septika 2013053061

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Lesi Agustin 2053053037 གིས-
Nama : Lesi Agustin Npm : 2053053037 Izin bertanya moderator Apa saja syarat agar sekolah dapat dikatakan efektif dan efesien?
In reply to Lesi Agustin 2053053037

Re: forum diskusi

Intan Dewi Pangestika 2013053183 གིས-
Izin menjawab,
Nama : Intan Dewi Pangestika
NPM : 2013053183

Sekolah efektif yaitu sekolah yang memiliki sistem pengelolaan yang baik, transparan dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting sekolah, baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efesien.
Konsep sekolah efektif adalah sekolah yang mampu mengoptimalkan semua masukan dan proses bagi ketercapaian output pendidikan, yaitu prestasi sekolah terutama prestasi siswa yang ditandai dengan dimilikinya semua kemampuan berupa kompetensi yang dipersyaratkan didalam belajar, yaitu:
a. kepemimpinan kepala sekolah kuat.
b. harapan yang tinggi terhadap prestasi pelajar.
c. menekankan pada keterampilan dasar.
d. keteraturan dan atmosfer terkendali.
In reply to Lesi Agustin 2053053037

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Cindy Ardila Putri 2053053043 གིས-
Izin bertanya moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
Npm:2053053043:

Apakah dalam penerapan manajemen pendidikan tingkat sekolah dasar terdapat hambatan? jika iya bagaimana cara mengatasinya
In reply to Cindy Ardila Putri 2053053043

Re: forum diskusi

Dewi Nurhanifah 2053053025 གིས-
Izin menjawab
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM : 2053053025
1) kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendekatan educational production function yang tidak dilaksanakan secara konsekuen, (2) penyelenggaraan pendidikan dilakukan secara sentralistik, sehingga sekolah sebagai penyelenggara pendidikan sangat tergantung pada keputusan birokrasi, yang kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kondisi sekolah setempat, (3) sangat minimnya peran serta masyarakat, khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan.
Cara mengatasinya :
Salah satu upaya yang sekarang sedang dikembangkan adalah reorientasi penyelenggaraan pendidikan, melalui manajemen sekolah (School Based Management).
In reply to Cindy Ardila Putri 2053053043

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
In reply to muhisom M.Pd.I

Re: forum diskusi

Aldi febriawan 2053053036 གིས-
Baik jika tidak ada lagi rekan yang ingin menambahkan maka usai sudah presentasi kita pada hari ini marilah bersama sama kita melafazkan hamdalah " Alhamdulillahirobil'alamiin" terima kasih untuk teman teman semua yang sudah ikut berpartisipasi dalam pembelajaran Hari ini, saya perwakilan kelompok 13 selaku moderator mohon maaf apabila ada salah kata ataupun kalimat kepada Allah saya mohon ampun saya akhiri wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhh dan Selamat pagi.
In reply to Aldi febriawan 2053053036

Re: forum diskusi

Intan Dewi Pangestika 2013053183 གིས-