Komentar

Komentar

Komentar

Number of replies: 32

Mahasiswa berikut ini kolom komentar untuk menanggapi video pembelajaran pada pertemuan 15. setiap mahasiswa wajib memberikan tanggapan terkait isi materi yang dijelaskan dalam video. Tuliskan nama npm dan prodi sebelum memberikan komentar

In reply to First post

Re: Komentar

Febrian Febrian Nugroho གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh 

Nama : Febrian Nugroho 
NPM : 2115061108 
Prodi : S1 Teknik Informatika 

Tangapan saya mengenai video pembelajaran ialah, Pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa sebagai substansi pendidikan. 

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat dirunut dalam berbagai kebijakan yang dilakukan oleh penyelenggara negara. Globalisasi yang menyebabkan lemahnya daya saing bangsa Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga Indonesia lebih berkedudukan sebagai konsumen daripada produsen dibanding dengan negara-negara yang lain. Oleh karena itu pancasila harus dijadikan dasar pengembangan ilmu agar masalah sejenis tidak menerpa negara Indonesia tercinta. 

Demikianlah tanggapan saya terhadap video pembelajaran 15 tentang dinamika dan tantangan pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu. 

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
In reply to First post

Re: Komentar

Dede Kurniawan གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Nama : Dede Kurniawan
NPM : 2115061072
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Tanggapan saya tentang video pembelajaran yang berjudul Dinamika dan Tantangan Pancasila. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan menghadapi berbagai tantangan dari luar dan dari dalam. Secara historis, Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dapat kita telusuri dari pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang mengacu pada pengembangan IPTEK yang berlandaskan Pancasila. Pada zaman orde lama dan orde baru, Pancasila belum dijelaskan secara gamblang mengenai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Masyarakat menolak berbagai ilmu pengetahuan yang bertentangan dengan ketuhanan dan kemanusiaan. Perkembangan IPTEK di Indonesia saat ini masih bergantung pada kebutuhan dunia industri dan pasar sehingga tidak berlandaskan pada Pancasila. Hal ini disebabkan karena berbagai tantangan seperti pengaruh globalisasi dan menyebarnya paham kapitalisme. Kita sebagai generasi muda harus dapat mencerdaskan bangsa dengan berbagai ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada Pancasila. Tanpanya, kita akan jauh tertinggal dibanding negara lain dalam berbagai aspek.
In reply to First post

Re: Komentar

Muhammad Afif Rafi'Syaiim Muhammad Afif Rafi'Syaiim གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Muhammad Afif Rafi’Syaiim
NPM : 2115061096
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi tentang video pembelajaran dengan judul Dinamika dan Tantangan Pancasila. Tanggapan saya ialah bahwa pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan telah dan masih menghadapi berbagai tantangan dan dinamika. Pancasila sebagai pengembangan ilmu belum dibicarakan secara eksplisit oleh para penyelenggara negara sejak Orde Lama sampai era Reformasi. Para penyelenggara negara pada umumnya hanya menyinggung masalah pentingnya keterkaitan antara pengembangan ilmu dan dimensi kemanusiaan (humanism). Kajian tentang pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu baru mendapat perhatian yang lebih khusus dan eksplisit oleh kaum intelektual. Namun dalam kurun waktu akhir akhir ini, belum ada lagi suatu upaya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kaitan dengan pengembangan Iptek di Indonesia. Pengembangan iptek di indonesia masih belum didasari pancasila yang mana akan menjadi tugas kita sebagai generasi muda untuk mengembangkan iptek dengan didasari pancasila.
Demikian tanggapan saya
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Komentar

Budi Budi cahyono གིས-
nama :budi cahyono
npm ; 2115061123
prodi : teknik informatika.

tanggapan saya mengenai video pembelajaran pada pertemuan hari ini (15) adalah pancasila sebagai pengembangan ilmu,
jadi, setiap warga indonesia wajib menuntut ilmu di negri ini, dalam pembukaan UUD 1945 di alenia 4 tercantum jelas tugas serta peran bangsa indonesia yang diwajibkan untuk menuntut ilmu. dalam penerapanya, di orde lama, soekarno sudah terlebih dahulu mengaitkan tentang menuntut ilmu dengan ibadah, hingga saat ini, pancasila menjadi dasar pngembangan dan dasar pemikiran untuk pengembngan ilmu di indonesia. , konsep-konsep dan bahkan teori-teori baru dalam berbagai bidang kehidupannya yang bersumber dari ideologi dan konstitusi bersama, serta pada waktu yang sama berhasil pula menguatkan relevansinya dengan realita perkembangan masyarakat dan tuntutan perubahan zaman.
In reply to First post

Re: Komentar

Arbian Alex Pritama གིས-
Nama : Arbian Alex Pritama
NPM : 2155061017
Prodi : Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Izin menanggapi tentang video pembelajaran dengan judul Dinamika dan Tantangan Pancasila. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan menghadapi berbagai tantangan dari luar dan dari dalam. Pada zaman orde lama dan orde baru, Pancasila belum dijelaskan secara gamblang mengenai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Namun dalam kurun waktu akhir akhir ini, belum ada lagi suatu upaya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kaitan dengan pengembangan IPTEK di Indonesia. Perkembangan IPTEK di Indonesia saat ini masih bergantung pada kebutuhan dunia industri dan pasar sehingga tidak berlandaskan pada Pancasila. Hal ini disebabkan karena berbagai tantangan seperti pengaruh globalisasi dan menyebarnya paham kapitalisme. Pengembangan IPTEK di indonesia masih belum didasari pancasila yang mana akan menjadi tugas kita sebagai generasi muda untuk mengembangkan iptek dengan didasari pancasila.
In reply to First post

Re: Komentar

Grace Grace Yoelanda Turnip གིས-
Nama : Grace Yoelanda Turnip
NPM : 2115061044
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tanggapan saya terkait video yang berjudul Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu. Pancasila sebagai nilai pengembangan ilmu belum dibicarakan secara eksplisit oleh penyelenggara negara sejak Orde Lama sampai dengan Era Reformasi. Para penyelenggara pada umumnya hanya menyinggung tentang masalah pentingnya keterkaitan antara pengembangan ilmu dan dimensi kemanusiaan.Kemudian adanya juga beberapa bentuk tantangan pada Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu yaitu Kapitalisme, globalisasi, konsumerisme, dan pragmatisme. Tetapi sebenarnya adalah maksud dari Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu yaitu dari sekian banyaknya manfaat dari Pancasila, Pancasila juga dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan ilmu yang semakin lama semakin kompleks. Pancasila mencangkup nilai-nilai ketuhanan yang menciptakan keseimbangan antara yang logis dan tidak logis, kemanusiaan yang menuntun para kaum berilmu kearah pengendalian berilmu, dan persatuan yang memberikan kepada bangsa Indonesia bahwa nasionalisme dapat terwujud dan terpelihara. Maka dari itu masyarakat Indonesia harus lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. Juga lebih mengkaji ilmu-ilmu dengan tujuan untuk membangun kehidupan tanah air.

Demikianlah tanggapan saya tentang video tersebut.
In reply to First post

Re: Komentar

Muhkito Afif Muhkito Afif གིས-
Nama : Muhkito Afif
NPM : 2115061007
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Izin menanggapi video pembelajaran pada pertemuan 15 yang berjudul Dinamika dan Tantangan Pancasila. Tanggapan saya adalah bahwa pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan masih menghadapi berbagai tantangan dan dinamika. Penyelenggara negara pada umumnya hanya menyinggung masalah pentingnya keterkaitan antara pengembangan ilmu dan dimensi kemanusiaan. Kajian tentang pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu baru mendapat perhatian yang lebih khusus dan eksplisit oleh kaum intelektual. Hal ini disebabkan karena berbagai tantangan seperti pengaruh globalisasi dan menyebarnya paham kapitalisme. Oleh karena itu pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa sebagai substansi pendidikan dan pancasila harus dijadikan dasar pengembangan ilmu agar bangsa Indonesia dapat berkembang mewariskan nilai-nilai luhur pancasila.
In reply to First post

Re: Komentar

Milano Sheva Wibowo Milano Sheva Wibowo གིས-
Nama : Milano Sheva Wibowo
NPM : 2115061052
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Izin menanggapi video pembelajaran pada pertemuan ke 15 ini terkait Dinamika dan Tantangan Pancasila. saya menanggapi Bahwa pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, yaitu pancasila mengenai Pluralitas nilai yang berkembang seiring dengan kemajuan iptek menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini harus mendapat perhatian khusus untuk tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. dan juga beberapa perkembangan iptek yang didominasi oleh negara barat dapat mengancam nilai nilai khas dalam bangsa indonesia, oleh karena itu diperlukan adanya orientasi yang jelas guna menangkal pengaruh nilai global yang dapat merusak nilai kepribadian bangsa. oleh karena itu mengenai hal tersebut kita harus mampu untuk menanamkan suatu hal yang telah diajarkan oleh para leluhur terdahulu.
In reply to First post

Re: Komentar

ROTUA PAULINA གིས-
Nama : Rotua Paulina
NPM : 2115061088
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Izin menanggapi video pembelajaran dengan judul Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Pengembangan Ilmu.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia dan dapat diterapkan di berbagai aspek kehidupan bernegara. Salah satu aspek yang bisa menerapkan nilai Pancasila yakni dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri. Karena Pancasila merupakan satu kesatuan dari sila-silanya yang harus menjadi sumber nilai, kerangka berpikir, serta asas moralitas bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Sekian yang dapat saya sampaikan.
Terima kasih.
In reply to First post

Re: Komentar

Muhamad Adil Hidayat Muhamad Adil Hidayat གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Muhamad Adil Hidayat
NPM : 2115061068
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menganggapi terkait video pembelajaran pertemuan 15 yaitu Dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. Dari yang disampaikan di video saya sangat setuju terkait bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. dan juga bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri. Oleh karena itu Kita sebagai generasi muda harus dapat mencerdaskan bangsa dengan berbagai ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada Pancasila. Sekian tanggapan saya mengenai video pembelajaran pertemuan 15 tentang dinamika dan tantangan pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
In reply to First post

Re: Komentar

PUTRI INDRIYANTI གིས-
Nama : Putri Indriyanti
NPM : 2115061023
Prodi : Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Izin menanggapi video pembelajaran pada pertemuan 15. Pancasila sebagai nilai pengembangan ilmu dapat diartikan bahwa seluruh sila-sila Pancasila dijadikan sebagai pedoman, landasan atau pegangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak berlandaskan terhadap nilai-nilai Pancasila telah mengabaikan amanat yang ada pada pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang merupakan dokumen sejarah bangsa Indonesia. Pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia sendiri belum terpacu pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, melainkan lebih berorientasi pada kebutuhan pasar saja, sehingga prodi-prodi yang sangat diminati di perguruan tinggi adalah program studi yang paling berpengaruh pada dunia pasar atau dunia pekerjaan. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi Pancasila dalam hal pengembangan ilmu. Oleh sebab itu, pentingnya peran dari masyarakat Indonesia bekerja sama dalam mencerdaskan bangsa Indonesia dan dalam upaya pelaksanaan tersebut perlunya memperhatikan bahwa pengembangan ilmu pengetahuan harus berdasarkan pada nilai-nilai luhur sebagai substansi pendidikan serta Pancasila harus dijadikan pedoman, landasan atau pegangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.
In reply to First post

Re: Komentar

Asima Beatricia Zivanka Rajagukguk Asima Beatricia Zivanka Rajagukguk གིས-
Nama : Asima Beatricia Zivanka Rajagukguk
NPM : 2115061116
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi terkait video pembelajaran mengenai Pancasila sebagai dasar dari nilai pengembangan ilmu. Pengembangan ilmu di Indonesia harus didasarkan oleh nilai-nilai Pancasila karena hal ini akan sangat memengaruhi bangsa Indonesia kedepannya. Berbagai tantangan kedepannya harus dihadapi oleh bangsa kita. Bangsa Indonesia harus menciptakan generasi-generasi unggul yang paham dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila ini agar bangsa ini dipimpin oleh orang-orang yang mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila serta tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 , yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut dapat tercapai untuk Indonesia yang lebih baik lagi.
In reply to First post

Re: Komentar

Athalla Aqsha གིས-
Nama : Athalla Aqsha suryoatmodjo
NPM : 2115061104
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tanggapan saya tentang video pembelajaran yang berjudul Dinamika dan Tantangan Pancasila. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan. Pancasila merupakan satu kesatuan dari sila-silanya harus merupakan sumber nilai, kerangka berpikir serta asas moralitas bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pengembangan ilmu dan teknologi yang menyangkut manusia haruslah selalu menghormati martabat manusia, haruslah meningkatkan kualitas hidup manusia baik sekarang maupun di masa depan, membantu pemekaran komunitas manusia, baik lokal, nasional maupun global, harus terbuka untuk masyarakat lebih yang memiliki dampang langsung kepada kondisi hidup masyarakat, ilmu dan teknologi hendaknya membantu penciptaan masyarakat yang semakin lebih adil.
In reply to First post

Re: Komentar

Nur Annisa Septriza Septriza གིས-
Nama : Nur Annisa Septriza
NPM : 2115061060
Prodi : Teknik Informatika

Tanggapan saya tentang video pembelajaran yang berjudul Dinamika dan Tantangan Pancasila yaitu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sekarang ini belum berakar pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Terdapat beberapa tantangan Pancasila sebagai pengembangan ilmu :

1. Kapitalisasme yang menguasai perekonomian dunia, akibatnya ruang bagi penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu menjadi terbatas
2. Globalisasi yang menyebabkan lemahnya daya saing Indonesia, dalam perkembangan IPTEK.
3. Konsumerisme, menyebabkan negara Indonesia menjadi pasar bagi produk teknologi negraa lain yang lebih maju.
4. Paragmatisme yang berorientasi pada 3 ciri, yaitu kemampuan kerja, kepuasan, dan hasilnya mewarnai perilaku kehidupan, sebagian besar masyarakat Indonesia. Pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan nilai nilai luhur bangsa sebagai substansi pendidikan

Pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama yaitu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
In reply to First post

Re: Komentar

Afrizal Yogi Pratama གིས-
Nama : Afrizal Yogi Pratama
NPM : 2115061032
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Berdasarkan video pembelajaran pada pertemuan 15 tentang “Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Pengembangan Ilmu” kita dapat mengetahui bahwa Pancasila juga dapat menjadi acuan dalam pengembangan IPTEK karena nilai-nilainya yang mencakup nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Setiap IPTEK yang dikembangkan di Indonesia harus tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Untuk saat ini pengembangan IPTEK belum mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa, tetapi masih lebih mengacu pada kebutuhan pasar. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, karena itu pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa sebagai substansi pendidikan. Hal ini menjadi tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk mengembangkan IPTEK dengan mengacu pada nilai-nilai Pancasila.

Sekian tanggapan yang dapat saya berikan untuk video pembelajaran pada pertemuan 15 tentang “Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Pengembangan Ilmu”.
In reply to First post

Re: Komentar

OKTA.SURYA.ARIF21 OKTA.SURYA.ARIF21 གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Nama : Okta Surya Arif
NPM : 2155061005
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tangapan saya mengenai video pembelajaran ialah, Pengembangan ilmu pengetahuan harus berlandaskan pada nilai-nilai luhur bangsa. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama pentingnya bagi mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa, sebagai substansi pendidikan.

Pancasila merupakan dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat ditelusuri dalam berbagai kebijakan yang dilakukan oleh penyelenggara negara. Globalisasi telah melemahkan daya saing bangsa Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga memiliki posisi sebagai konsumen daripada produsen dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, Pancasila harus dijadikan sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan agar masalah serupa tidak menimpa negara kita tercinta, Indonesia.

Demikianlah tanggapan saya terhadap video pembelajaran 15 tentang dinamika dan tantangan pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu.
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
In reply to First post

Re: Komentar

Nur Kartikawati གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin memperkenalkan diri,
Nama : Nur Kartikawati
NPM : 2115061084
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Mohon izin menyampaikan tanggapan terkait video pembelajaran pertemuan 15 tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Pengembangan Ilmu. Pancasila dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi karena nilai-nilainya, antara lain nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Dari apa yang disampaikan dalam video tersebut, saya setuju bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Hal ini karena Pancasila merupakan kesatuan shirara itu dan harus menjadi sumber nilai, struktur pemikiran, dan prinsip moral bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Komentar

Vidya Adelia Anya གིས-
Nama: Vidya Adelia Anya
NPM: 2115061019
Prodi: S1 Teknik Informatika

Dalam video yang diberikan dijelaskan bahwa Pancasila sebagai nilai pengembangan keilmuan tidak dibahas secara gamblang oleh penyelenggara negara dari era orde lama hingga era reformasi. Penyelenggara umumnya hanya membahas masalah pentingnya hubungan antara perkembangan ilmu pengetahuan dan sisi kemanusiaan, dan beberapa bentuk tantangan terhadap Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan, yaitu kapitalisme, Ada juga globalisasi, konsumerisme dan praktisisme. Namun kenyataannya, maksud Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan, yaitu penggunaan Pancasila sebagai acuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin kompleks karena banyaknya keunggulan Pancasila. Pancasila membekali bangsa Indonesia dengan nilai-nilai Ketuhanan yang menyeimbangkan kemanusiaan logis dan tidak logis dengan kaidah berilmu ke berilmu, dan kemampuan mewujudkan dan memelihara nasionalisme. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu lebih memahami dan mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan.
In reply to First post

Re: Komentar

Renatha Renatha Amelia Manggala Putri གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Renatha Amelia Manggala Putri
NPM : 2115061048
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tanggapan mengenai video pembelajaran pada pertemuan 15 “Dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu” :

Berdasarkan video tersebut saya memahami bahwa dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu yaitu secara realita Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu ini belum dibicarakan secara eksplisit oleh para penyelenggara negara, masih bersifat wacana yang belum berada pada tingkat aplikasi kebijakan negara, dan baru mendapat perhatian yang lebih khusus oleh kaum intelektual. Bahkan, perkembangan IPTEK di Indonesia belum berakar pada nilai-nilai budaya dan lebih berorientasi pada kebutuhan pasar. Selain itu, setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa sebagai substansi pendidikan.

Sekian tanggapan dari saya, terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Komentar

Levian Dandra གིས-
Nama : Levian Dandra
NPM : 2115061036
Prodi : S1 Teknik Informatika

Dari apa yang disampaikan dalam video tersebut, saya setuju sepenuhnya bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. dan juga bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus mencantumkan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal dalam pengembangan IPTEK itu sendiri. Karena sejak orde lama hingga era reformasi, penyelenggara negara belum secara eksplisit membahas Pancasila sebagai nilai pengembangan keilmuan. Penyelenggara umumnya hanya menyebutkan pentingnya hubungan antara pengembangan keilmuan dan dimensi kemanusiaan, sehingga Pancasila sebagai landasan pengembangan keilmuan juga memiliki beberapa bentuk tantangan yaitu kapitalisme, globalisasi, konsumerisme dan pragmatisme. Namun sebenarnya Pancasila dimaksudkan untuk dijadikan sebagai dasar pengembangan keilmuan, yaitu dari sekian banyak manfaat Pancasila, Pancasila juga dapat dijadikan sebagai acuan pengembangan keilmuan dalam perkembangan keilmuan yang semakin kompleks.
In reply to First post

Re: Komentar

Diah Diah Ayu Mitha Anggraini གིས-
Izin perkenalkan diri

Nama: Diah Ayu Mitha
NPM: 2155061001
Kelas: TI C
Prodi: Teknik Informatika

Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut adalah pancasila sudah dijadikan sebagai pedoman dalam pengembangan IPTEK di Indonesia. Apabila pengembangan IPTEK tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila, maka dianggap telah mengabaikan amanat yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 alenia ke 4. Namun Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu belum dibicarakan secara eksplisit oleh penyelenggara negara, baru mendapatkan perhatian khusus dari kaum intelektual. Perkembangan IPTEK di Indonesia masih mengacu pada kebutuhan pasar sehingga prodi yang dicari pada perguruan tinggi hanyalah prodi yang menaungi dunia pasar. Terdapat beberapa tantangan pancasila sebagai dasar perkembangan ilmu seperti kapitalisme, globalisasi, komsumerisme dan pragmatisme. Sebagai warga negara kita mempunyai hak dan kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan upaya pengembangan ilmu pengetahuan harus berdasarkan nilai-nilai luhur bangsa indonesia sebagau substansi pendidikan.

sekian tanggapan saya, terima kasih
In reply to First post

Re: Komentar

Alysa Astry Djayanti གིས-
Nama: Alysa Astry Djayanti
NPM: 2115061003
Kelas: PSTI C
Prodi: S1 Teknik Informatika

berdasarkan video pembelajaran pada pertemuan 15 dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa hal yang dapat menunjukan dinamika dan tantangan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, yang pertama adalah kapitalisme yang menguasai perekonomian dunia yang mengakibatkan ruang bagi penerapan nilai-nilai pancasila sebagai dasar nilai pnegembangan menjadi terbatas. Lalu, globalisasi juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lemahnya daya saing bangsa Indonesia dalam pengembangan IPTEK sehingga membuat Indonesia lebih berkedudukan sebagai konsumen daripada produsen. Lalu konsumerisme yang menyebabkan negara Indonesia menjadi pasar bagi produk teknologi negara lain yang lebih maju IPTEK-nya. Terakhir adalah pragmatisme yang berorientasi pada tiga ciri, yaitu kemampuan kerja, kepuasan, dan hasilnya mewarnai perilaku kehidupan, sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan IPTEK harus disesuaikan dengan nilai substansi pendidikan.
In reply to First post

Re: Komentar

M Khasan Baihaqy གིས-
Nama : M Khasan Baihaqy
NPM : 2155061009
Kelas : PSTI C

Pengembangan Pancasila sebagai ilmu pengetahuan ialah dikembangkannya nilai yang belum dibicarakan secara eksplisit oleh penyelenggara negara. Ini dapat menjadi sebuah pencegahan untuk misalnya melawan pengembangan ilmu kapitalisme yang menguasai perekonomian dunia. Ini juga diangkat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam segi IPTEK yang berdasar nilai Pancasila. jika IPTEK ini tidak sejalan dengan nilai Pancasila maka IPTEK ini bisa ditolak atau bahkan sebaliknya yang lebih parahnya lagi justru nilai Pancasila yang ditolak dan lebih memilih IPTEK.
In reply to First post

Re: Komentar

Debi Manda གིས-
Nama : Debi Manda
NPM : 2115061080
Kelas : PSTI C
Prodi : Teknik Informatika

Tangapan saya mengenai video pembelajaran tentang Dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu adalah sumber historis Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dari UUD Negara Republik Indonesia 1945 alinea 4. Setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Namun pada masa globalisasi ini banyak informasi akibat perkembangan IPTEK yang tidak sesuai dngan nilai-nilai Pancasila, maka dari itu sebagai generasi muda penerus bangsa, kita sebaiknya memfilterisasi informasi yang didapat, untuk menghidari kita pada paham yang melenceng serta untuk membentuk generasi muda yang paham IPTEK dengan berlandaskan nilai Pancasila.
Demikianlah tanggapan saya terhadap video pembelajaran 15 dan terima kasih.
In reply to First post

Re: Komentar

Brilian Wahyu Hidayat Brilian Wahyu Hidayat གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Brilian Wahyu Hidayat
NPM : 2115061040
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu. Pancasila sebagai pengembangan ilmu belum dibicarakan secara eksplisit oleh para penyelenggara negara sejak Orde Lama sampai era Reformasi. Ada beberapa bentuk tantangan terhadap Pancasila sebagai dasar pengembangan iptek di Indonesia seperti kapitalisme, globalisasi, konsumerisme, dan pragmatisme. Sila-sila Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek dapat menjadi sarana untuk mengontrol dan mengendalikan kemajuan iptek yang berpengaruh pada cara berpikir dan bertindak masyarakat yang cenderung pragmatis. Artinya, penggunaan benda-benda teknologi dalam kehidupan masyarakat Indonesia dewasa ini telah menggantikan peran nilai-nilai luhur yang diyakini dapat menciptakan kepribadian manusia Indonesia yang memiliki sifat sosial, humanis, dan religius. Selain itu, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, artinya kelima sila Pancasila merupakan pegangan dan pedoman dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
In reply to First post

Re: Komentar

YUNIA.CANTIKA.SARI21 YUNIA.CANTIKA.SARI21 གིས-
Nama : Yunia Cantika Sari
NPM : 2155061017
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin memberikan tanggapan

para penyelenggara negara perlu mendapat perhatian yang lebih khusus oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sekarang ini belum berakar pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia ini lebih pada kebutuhan pasar sehingga program studi yang Laku keras di perguruan tinggi adalah prodi-prodi yang terserap oleh dunia pasar kereta Hai hal ini menunjukkan terdapat beberapa tantangan Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu hai pertama kapitalisme yang menguasai perekonomian dunia akibatnya ruang bagi penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu menjadi terbatas. globalisasi yang menyebabkan lemahnya daya saing bangsa Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga Indonesia lebih sebagai konsumen daripada produksen dibanding dengan negara-negara yang lain selanjutnya menyebabkan negara Indonesia menjadi pasar bagi produk teknologi negara lain yang lebih maju tentunya Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu baru pada yang belum berada pada tingkat aplikasi kebijakan negara pada tiga ciri yaitu kemampuan kerja kepuasan dan hasilnya mewarnai perilaku kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia .


Terima kasih.
In reply to First post

Re: Komentar

Echa Andrea Gustiar Echa Andrea Gustiar གིས-
Nama : Echa Andrea Gustiar
NPM : 2115061064
Prodi : Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

Tanggapan saya dari video pembelajaran pada pertemuan 15 dapat diketahui bahwa dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan keilmuan yaitu Pancasila sebagai landasan nilai untuk pengembangan keilmuan belum secara eksplisit dibahas oleh penyelenggara negara dari era orde lama hingga era reformasi, masih bersifat wacana dan belum berada pada tingkat aplikasi kebijakan negara, serta baru mendapat perhatian yang lebih khusus oleh kaum intelektual. Penyelenggara umumnya hanya membahas masalah pentingnya hubungan antara perkembangan ilmu pengetahuan dan sisi kemanusiaan, dan beberapa bentuk tantangan terhadap Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan, yaitu kapitalisme, Ada juga globalisasi, konsumerisme dan praktisisme. Namun kenyataannya, maksud Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan, yaitu penggunaan Pancasila sebagai acuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin kompleks karena banyaknya keunggulan Pancasila. Pancasila membekali bangsa Indonesia dengan nilai-nilai Ketuhanan yang menyeimbangkan kemanusiaan logis dan tidak logis dengan kaidah berilmu ke berilmu, dan kemampuan mewujudkan dan memelihara nasionalisme. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu lebih memahami dan mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan.

Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan mengenai video pembelajaran.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.
In reply to First post

Re: Komentar

Euis Rohimattul Mutmainnah Euis Rohimattul Mutmainnah གིས-
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Euis Rohimattul Mutmainnah
NPM : 2115061120
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI C

Tanggapan saya mengenai video pembelajaran pada pertemuan 15, pembelajaran yang saya tangkap dari video tersebut adalah Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu belum dibicarakan secara eksplisit pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama tentunya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Lalu dalam video dibahas mengenai dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu. Jelaskan mengenai sumber historis politis dan sosiologis Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu, lalu diuraikan mengenai dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu silakan kalian perhatikan catat hal-hal yang penting. Diketahui meskipun Pancasila diterapkan sebagai satu-satunya asas organisasi politik dan kemasyarakatan tetapi penjelasan tentang Pancasila sebagai dasar nilai Pengembangan ilmu belum diungkap secara tegas penekanannya hanya ada pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus diabdikan kepada manusia dan kemanusiaan sehingga dapat memberi peningkatan martabat manusia dan kemanusiaan pada masa reformasi Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu lebih bersifat apologis karena hanya memberikan dorongan kepada kaum intelektual untuk menjabarkan nilai-nilai Pancasila lebih.Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama tentunya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa oleh karena itu pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa sebagai substansi pendidikan.
In reply to First post

Re: Komentar

MUHAMMAD FITRA YUDHA MUHAMMAD FITRA YUDHA གིས-
Nama : MUHAMMAD FITRA YUDHA
NPM : 2115061015
izin menanggapi. Pancasila sebagai landasan nilai pengembangan keilmuan telah menghadapi berbagai tantangan dan dinamika. Pancasila sebagai perkembangan ilmu pengetahuan tidak dibahas secara gamblang oleh pemerintah negara, mulai dari orde lama hingga reformasi agama. Pengelola nasional umumnya hanya menyebut pentingnya keterkaitan antara perkembangan ilmu pengetahuan dan dimensi kemanusiaan (humanisme). Kajian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu baru mendapat perhatian khusus dan jelas dari kalangan intelektual. Namun, akhir-akhir ini tidak ada upaya untuk memperbarui nilai-nilai Pancasila mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Ini sudah kewajiban kita sebagai masyarakat Indonesisa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan Pancasila.
In reply to First post

Re: Komentar

Rona Aprilia Rona Aprilia གིས-
Nama : Rona Aprilia
NPM : 2115061027
Prodi : Teknik Informatik

Berdasarkan video pembelajaran yang berjudul “Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu” diperoleh bahwa Sumber historis pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu adalah pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 pada alinea 2 kata "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa" mengacu pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus berdasarkan nilai-nilai pancasila. Kemudian, Sumber politis pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dilakukan oleh penyelenggara negara. pancasila sebagai dasar dalam pengembangan ilmu pada zaman orde lama belum secara eksplisit dikemukakan, namun oleh soekarno dikaitkan langsung dengan dimensi kemanusiaan dan hubungan antara ilmu dan amal. Pada orde baru, penegasan tentang pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu, belum diungkapkan secara tegas. Sedangkan pada masa reformasi, pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu, lebih bersifat apologis karena hanya memberikan dorongan kepada kaum intelektual. selanjutnya Sumber sosiologis pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu ditemukan pada sikap masyarakat yang sangat memperhatikan dimensi ketuhanan dan kemanusiaan.
In reply to First post

Re: Komentar

Marva Muhammad Aula Marva Muhammad Aula གིས-
Nama : Marva Muhammad Aula
NPM : 2115061056
Kelas : PSTI C

Izin menanggapi Pak.
Tangapan saya mengenai video pembelajaran ialah Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan masih menghadapi berbagai tantangan dan dinamika. Oleh karena itu, Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa, sebagai substansi pendidikan. Pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia sendiri belum terpacu pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, melainkan lebih berorientasi pada kebutuhan pasar saja, sehingga prodi-prodi yang sangat diminati di perguruan tinggi adalah program studi yang paling berpengaruh pada dunia pasar atau dunia pekerjaan. Pada zaman orde lama dan orde baru, Pancasila belum dijelaskan secara gamblang mengenai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Lalu, globalisasi juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lemahnya daya saing bangsa Indonesia dalam pengembangan IPTEK sehingga membuat Indonesia lebih berkedudukan sebagai konsumen daripada produsen.
In reply to First post

Re: Komentar

Sean Gabe Alesandro Siregar Sean Gabe Alesandro Siregar གིས-
Perkenalkan nama saya Sean Gabe Alesandro Siregar
NPM 2115061092
Tanggapan saya dari video pembelajaran berjudul "Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Pengembangan Ilmu" adalah pengembangan ilmu pengetahuan harus didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama tentunya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Ada beberapa bentuk tantangan terhadap Pancasila sebagai dasar pengembangan iptek di Indonesia seperti kapitalisme, globalisasi, konsumerisme, dan pragmatisme. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu lebih memahami dan mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan. dengan mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari maka rakyat Indonesia akan terhindar dari dampak negatif perkembangan ilmu.