silahkan bagi yang ingin bertanya dan menjawabkan
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
selamat pagi kepada bapak/ ibu dosen serta rekan rekan semua.
Yang kami hormati Ibu Dra. Nelly Tri Astuti, M.Pd bersama Bapak Muhisom, M.Pd.I selalu dosen pengampu matakuliah manajemen pendidikan.
Dan rekan-rekan seperjuangan yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.
Sholawat dan salam kita curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yg kita rasakan saat ini.
Pada hari ini kami dari kelompok 11 akan mempresentasikan hasil diskusi kami yang akan membahas tentang "Sekolah Efektik"
Sebelumnya perkenalkan nama saya Lesi Agustin sebagai moderator yang akan mengarahkan jalannya acara diskusi kita pada pagi hari ini.
Adapun anggota kelompok 11 yaitu :
1. Bella Cornelia ( 2053053018 )
2. Cindy Ardila Putri ( 2053053043 )
3. Lesi Agustin ( 2053053037 )
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. pembukaan
2. Penyampaian dan penyajian materi
3. tanya jawab
4. Penutup
langsung saja kita masuk ke acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka dengan melafazkan basmallah bersama-sama "bismillahirrahmanirrahim"
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakathu
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumsalam wr wb
Selamat pagi..
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Walaikumsalam warohmatulahi wabarokatuh
Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirahmanirahim
Bismillahirahmanirahim
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Walaikumsalam warohmatullohi wabarokatu
Waalaikumussalam wr wb
Waalaikumsalam wr wb
walaikumsalam wr,wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatu
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakathu
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Waalaikumsalam wrwb
Bissmillahirohmanirohim
Bissmillahirohmanirohim
waalaikumsallam wr.wb
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Baik saya persilahkan kepada teman teman semua untuk dapat memahami dan membaca materi yang sudah saya bagikan.
Kemudian bila nanti terdapat pertanyaan atau materi yang kurang dipahami dapat ditanyakan pada sesi tanya jawab.
Kemudian bila nanti terdapat pertanyaan atau materi yang kurang dipahami dapat ditanyakan pada sesi tanya jawab.
Baik lah untuk teman teman yang sudah memahami materi yang saya bagikan langsung saja saya akan membuka sesi ke 3 yaitu tanya jawab.
Baiklah disini saya buka sesi tanya jawab dengan 2 termin di mana satu tersmin terdiri dari 3 penanya dan di termin ke dua juga terdiri untuk 3 penanya. Baik untuk termin pertama saya persilahkan kepada teman teman yang ingin bertanya.
Baiklah disini saya buka sesi tanya jawab dengan 2 termin di mana satu tersmin terdiri dari 3 penanya dan di termin ke dua juga terdiri untuk 3 penanya. Baik untuk termin pertama saya persilahkan kepada teman teman yang ingin bertanya.
Izin bertanya :
Nama : Reni Dwi Yulianti
Nama : Reni Dwi Yulianti
Npm : 2053053013
Dalam mengadakan hubungan dengan wali siswa, adakah faktor penghambat sehingga wali siswa tidak hadir ke sekolah?
Dalam mengadakan hubungan dengan wali siswa, adakah faktor penghambat sehingga wali siswa tidak hadir ke sekolah?
Baiklah disini saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Reni.
Hal ini sering kali menjadi hambatan bagi orang tua wali yang kadang memiliki harapan dan kepentingan berbeda tentang Bagaimana cara mendidik anak dengan baik
Adapun penghambat wali siswa tidak bisa hadir di sekolah yakni di antara nya :
1. Ekonomi
Orangtua siswa yang memiliki tingkat ekonomi masih rendah sering disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kesibukan ini menyebabkan mereka cenderung sulit berpartisipasi/terlibat aktif dalam berbagai kegiatan bersama sekolah.
2. Kurang percaya diri
Orangtua siswa kurang percaya diri untuk membantu sekolah. Hal ini diperkuat dengan sikap pihak sekolah yang juga kurang percaya diri membantu orangtua murid dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan anak di rumah.
3. Kesenjangan generasi
Orangtua siswa yang usianya sangat tua atau tokoh masyarakat yang sudah sepuh cenderung tidak mau terlibat banyak dalam berbagai kegiatan sekolah, meskipun sebenarnya keterlibatan mereka sangat dibutuhkan sekolah.
4. Kesibukan pekerjaan
Kesibukan pekerjaan merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi orangtua siswa terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah, lebih-lebih di pedesaan yang umumnya bermatapencaharian sebagai petani.
5. Pengalaman negatif masa lalu
Sekolah sering memiliki pengalaman negatif akibat keterlibatan orangtua siswa. Hal ini membawa dan mempengaruhi sekolah untuk enggan berbuat banyak dalam membangun kemitraan yang optimal.
Hal ini sering kali menjadi hambatan bagi orang tua wali yang kadang memiliki harapan dan kepentingan berbeda tentang Bagaimana cara mendidik anak dengan baik
Adapun penghambat wali siswa tidak bisa hadir di sekolah yakni di antara nya :
1. Ekonomi
Orangtua siswa yang memiliki tingkat ekonomi masih rendah sering disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kesibukan ini menyebabkan mereka cenderung sulit berpartisipasi/terlibat aktif dalam berbagai kegiatan bersama sekolah.
2. Kurang percaya diri
Orangtua siswa kurang percaya diri untuk membantu sekolah. Hal ini diperkuat dengan sikap pihak sekolah yang juga kurang percaya diri membantu orangtua murid dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan anak di rumah.
3. Kesenjangan generasi
Orangtua siswa yang usianya sangat tua atau tokoh masyarakat yang sudah sepuh cenderung tidak mau terlibat banyak dalam berbagai kegiatan sekolah, meskipun sebenarnya keterlibatan mereka sangat dibutuhkan sekolah.
4. Kesibukan pekerjaan
Kesibukan pekerjaan merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi orangtua siswa terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah, lebih-lebih di pedesaan yang umumnya bermatapencaharian sebagai petani.
5. Pengalaman negatif masa lalu
Sekolah sering memiliki pengalaman negatif akibat keterlibatan orangtua siswa. Hal ini membawa dan mempengaruhi sekolah untuk enggan berbuat banyak dalam membangun kemitraan yang optimal.
Bagaimana saudari Reni apakah sudah jelas jawabannya?
Izin bertanya moderator, Sebelumnya perkenalkan .
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Manajemen kelas dapat didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan guru untuk mengendalikan dan mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, kondusif dan menyenangkan agar dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Menurut kelompok kalian Bagaimana cara mewujudkannya ?
Terima kasih
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Manajemen kelas dapat didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan guru untuk mengendalikan dan mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, kondusif dan menyenangkan agar dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Menurut kelompok kalian Bagaimana cara mewujudkannya ?
Terima kasih
Izin menjawab moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
Npm:2053053043
Menurut kelompok kami adapun cara yang dapat dilakukan pendidik dalam mewujudnyakannya yaitu dengan cara:
1.Menerapkan metode/model pembelajaran yang bervariasi.
2.Menjadi guru yang tegas.
3.Menyepakati aturan bersama. ...
4.Menjadi pendidik yang menyenangkan.
5.Atur posisi duduk peserta didik sebaik mungkin.
6.Mendesain kelas agar nyaman.
7. Biarkan siswa berkereasi.
8.Belajar diluar ruangan
Nama:Cindy Ardila Putri
Npm:2053053043
Menurut kelompok kami adapun cara yang dapat dilakukan pendidik dalam mewujudnyakannya yaitu dengan cara:
1.Menerapkan metode/model pembelajaran yang bervariasi.
2.Menjadi guru yang tegas.
3.Menyepakati aturan bersama. ...
4.Menjadi pendidik yang menyenangkan.
5.Atur posisi duduk peserta didik sebaik mungkin.
6.Mendesain kelas agar nyaman.
7. Biarkan siswa berkereasi.
8.Belajar diluar ruangan
Bagaimana saudari alifiya apakah bisa di pahami dengan jelas?
Izin bertanya
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024
Pertanyaan saya
Hambatan apa yg sering muncul dalam pelaksanaan sekolah efektif?
Sertakan juga cara penyelesaian dari masalah tersebut.
Terimakasih
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024
Pertanyaan saya
Hambatan apa yg sering muncul dalam pelaksanaan sekolah efektif?
Sertakan juga cara penyelesaian dari masalah tersebut.
Terimakasih
Terimakasih pada teman teman yang sudah bertanya saya cukupkan untuk termin pertama dan berikan waktu untuk kelompok 11 menjawab pertanyaan nya.
Baiklah untuk kelompok 11 silahkan bila ada yang ingin menjawab pertanyaan nya
Izin menjawab pertanyaan ira moderator
Nama : Bella Cornelia
Npm : 2053053018
1.banyak suara berisik - mencari ruang yang sepi agar tdk terganggu
2.kecanduan hp - matikan hp jauhkan dari mata agas tidak selalu mengingatnya
3.tdk konsentrasi - menenangkan diri
4.tdk konsentrasi - lakukan hal yang kira kira membuat nyaman ketika belajar misalnya dengan mendengarkan lagu atau makan makanan ringan tergantung diri sendiri
5.kurang nyaman - pilihlah tempat yang nyaman untuk belajar
6.malas - jauhkan dari rasa malas , tanam rasa disiplin dalam diri sendiri dan pikirkan masa depan
7.banyak pikiran - lupakan sejenak apapun itu
Nama : Bella Cornelia
Npm : 2053053018
1.banyak suara berisik - mencari ruang yang sepi agar tdk terganggu
2.kecanduan hp - matikan hp jauhkan dari mata agas tidak selalu mengingatnya
3.tdk konsentrasi - menenangkan diri
4.tdk konsentrasi - lakukan hal yang kira kira membuat nyaman ketika belajar misalnya dengan mendengarkan lagu atau makan makanan ringan tergantung diri sendiri
5.kurang nyaman - pilihlah tempat yang nyaman untuk belajar
6.malas - jauhkan dari rasa malas , tanam rasa disiplin dalam diri sendiri dan pikirkan masa depan
7.banyak pikiran - lupakan sejenak apapun itu
saya sudah paham atas jawabannya, terimakasih sudah menjawab suadari bella.
Bagaimana saudari Ira apakah sudah jelas jawabannya?
Baiklah untuk tanya jawab termin pertama saya tutup langsung saja saya buka untuk tanya jawab termin ke 2 bagi teman teman yang ingin bertanya saya persilahkan
Hanya untuk 3 penanya saja
Hanya untuk 3 penanya saja
Izin bertanya moderator
Nama : diva syafira rahmadani
Npm : 2053053001
Pertanyaan saya yaitu :
Bagaimana cara pendidik dalam meningkatkan efisiensi kerja menuju arah tercapainya hasil kerja yang optimal dalam mewujudkan sekolah yang efektif?
Nama : diva syafira rahmadani
Npm : 2053053001
Pertanyaan saya yaitu :
Bagaimana cara pendidik dalam meningkatkan efisiensi kerja menuju arah tercapainya hasil kerja yang optimal dalam mewujudkan sekolah yang efektif?
Izin menjawab moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
Cara yang dapat dilakukan Pendidik adalah:
A. Mengadakan kunjungan ke sekolah lain (studi komperatif)
Suatu hal yang sangat penting seorang guru mengadakan kunjungan antar sekolah sehingga akan menambah wawasan pengetahuan, bertukar pikiran dan informasi tentang kemajuan sekolah. Ini akan menambah dan melengkapi pengetahuan yang dimilikinya serta mengatai permasalahan-permasalahan dan kekurangan yang terjadi sehingga peningkatan pendidikan akan bisa tercapai dengan cepat.
B.Mengadakan Hubungan Dengan Wali Siswa
Mengadakan pertemuan dengan wali siswa sangatlah penting sekali, karena dengan ini guru dan orang tua akan dapat saling berkomunikasi, mengetahui dan menjaga peserta didik serta bisa mengarahkan pada perbuatan yang positif. Karena jam pendidikan yang diberikan di sekolah lebih sedikit apabila dibandingkan jam pendidikan di dalam keluarga.
C.Peningkatan Materi
Dalam rangka peningkatan pendidikan maka peningkatan materi perlu sekali mendapat perhatian karena dengan lengkapnya meteri yang diberikan tentu akan menambah lebih luas akan pengetahuan. Hal ini akan memungkinkan peserta didik dalam menjalankan dan mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan baik dan benar. Materi yang disampaikan pendidik harus mampu menjabarkan sesuai yang tercantum dalam kurikulum. Pendidik harus menguasai materi dengan ditambah bahan atau sumber lain yang berkaitan dan lebih actual dan hangat. Sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi mempelajari pelajaran.
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
Cara yang dapat dilakukan Pendidik adalah:
A. Mengadakan kunjungan ke sekolah lain (studi komperatif)
Suatu hal yang sangat penting seorang guru mengadakan kunjungan antar sekolah sehingga akan menambah wawasan pengetahuan, bertukar pikiran dan informasi tentang kemajuan sekolah. Ini akan menambah dan melengkapi pengetahuan yang dimilikinya serta mengatai permasalahan-permasalahan dan kekurangan yang terjadi sehingga peningkatan pendidikan akan bisa tercapai dengan cepat.
B.Mengadakan Hubungan Dengan Wali Siswa
Mengadakan pertemuan dengan wali siswa sangatlah penting sekali, karena dengan ini guru dan orang tua akan dapat saling berkomunikasi, mengetahui dan menjaga peserta didik serta bisa mengarahkan pada perbuatan yang positif. Karena jam pendidikan yang diberikan di sekolah lebih sedikit apabila dibandingkan jam pendidikan di dalam keluarga.
C.Peningkatan Materi
Dalam rangka peningkatan pendidikan maka peningkatan materi perlu sekali mendapat perhatian karena dengan lengkapnya meteri yang diberikan tentu akan menambah lebih luas akan pengetahuan. Hal ini akan memungkinkan peserta didik dalam menjalankan dan mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan baik dan benar. Materi yang disampaikan pendidik harus mampu menjabarkan sesuai yang tercantum dalam kurikulum. Pendidik harus menguasai materi dengan ditambah bahan atau sumber lain yang berkaitan dan lebih actual dan hangat. Sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi mempelajari pelajaran.
Bagaimana saudari diva apakah sudah jelas jawabannya?
Nama : Fuji Bestari
NPM : 2053053019
Izin bertanya moderator, berkaitan dengan materi yang sudah diberikan dari kelompok 11, saya ingin bertanya apa yang akan terjadi jika dalam usaha peningkatan efektivitas dan mutu sekolah terhambat? Dan dampak seperti apa yang akan terjadi pada siswa di sekolah tersebut? Jelaskan
NPM : 2053053019
Izin bertanya moderator, berkaitan dengan materi yang sudah diberikan dari kelompok 11, saya ingin bertanya apa yang akan terjadi jika dalam usaha peningkatan efektivitas dan mutu sekolah terhambat? Dan dampak seperti apa yang akan terjadi pada siswa di sekolah tersebut? Jelaskan
Baiklah disini saya akan menjawab pernyataan saudari Fuji Bestari
Permasalahan mutu pendidikan tidak berdiri sendiri, tetapi terkait dengan suatu
sistem yang saling berpengaruh.
Secara eksternal, komponen
masukan pendidikan yang secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan mutu
pendidikan meliputi
(1) ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan yang belum
memadai baik secara kuantitas dan kualitas, maupun kesejahteraannya;
(2) Prasarana dan
sarana belajar yang belum tersedia dan belum didayagunakan secara optimal,
(3)
Pendanaan pendidikan yang belum memadai untuk menunjang mutu pembelajaran; dan
(4) proses pembelajaran yang belum efisien dan efektif. Salah satu faktor yang terpenting
dalam mempengaruhi kualitas pendidikan adalah ketersediaan pendidik dan tenaga
kependidikan.
Pemerintah telah berusaha menambah tenaga pendidik, khususnya guru. Upaya
tersebut belum dapat memenuhi kekurangan guru di setiap jenjang pendidikan sebagai
akibat banyaknya guru yang mencapai usia pensiun, berhenti, mutasi, dan meninggal
dunia. Padahal di SMP saja setiap tahun ada tambahan 400 ribu murid baru. Untuk
mengatasi kekurangan guru, maka mulai tahun 2003 telah dilakukan pengadaan guru
bantu mencapai jumlah 190.332 orang dan pada tahun 2004 juga dilakukan pengadaan
guru bantu sekitar 71.309 orang.
Permasalahan mutu pendidikan tidak berdiri sendiri, tetapi terkait dengan suatu
sistem yang saling berpengaruh.
Secara eksternal, komponen
masukan pendidikan yang secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan mutu
pendidikan meliputi
(1) ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan yang belum
memadai baik secara kuantitas dan kualitas, maupun kesejahteraannya;
(2) Prasarana dan
sarana belajar yang belum tersedia dan belum didayagunakan secara optimal,
(3)
Pendanaan pendidikan yang belum memadai untuk menunjang mutu pembelajaran; dan
(4) proses pembelajaran yang belum efisien dan efektif. Salah satu faktor yang terpenting
dalam mempengaruhi kualitas pendidikan adalah ketersediaan pendidik dan tenaga
kependidikan.
Pemerintah telah berusaha menambah tenaga pendidik, khususnya guru. Upaya
tersebut belum dapat memenuhi kekurangan guru di setiap jenjang pendidikan sebagai
akibat banyaknya guru yang mencapai usia pensiun, berhenti, mutasi, dan meninggal
dunia. Padahal di SMP saja setiap tahun ada tambahan 400 ribu murid baru. Untuk
mengatasi kekurangan guru, maka mulai tahun 2003 telah dilakukan pengadaan guru
bantu mencapai jumlah 190.332 orang dan pada tahun 2004 juga dilakukan pengadaan
guru bantu sekitar 71.309 orang.
Bagaimana saudari Fuji apakah sudah jelas jawabannya
Baik sudah jelas moderator terima kasih banyak
Izin menambahkan jawaban dar pertanyaan Fuji..
Menurut saya, jika peningkatan efektifitas dan mutu sekolah terhambat maka yg akan terjadi adalah ketertinggalan. Guru atau pendidik menjadi sentral dalam memajukan mutu sekolah dan peserta didik. Jika pendidiknya kurang bermutu, maka dampak nya bagi peserta didik adalah tujuan dari kompetensi pembelajaran tidak akan tercapai secara maksimal dan kemudian peserta didik akan tertinggal, baik dari segi materi sampai dengan pengetahuannya.
Menurut saya, jika peningkatan efektifitas dan mutu sekolah terhambat maka yg akan terjadi adalah ketertinggalan. Guru atau pendidik menjadi sentral dalam memajukan mutu sekolah dan peserta didik. Jika pendidiknya kurang bermutu, maka dampak nya bagi peserta didik adalah tujuan dari kompetensi pembelajaran tidak akan tercapai secara maksimal dan kemudian peserta didik akan tertinggal, baik dari segi materi sampai dengan pengetahuannya.
In reply to Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017
Re: forum diskusi
Nama: M. Dicky Kurniawan
Npm: 2053053031
Izin menambahkan jawaban moderator dari pertanyaan Fuji,
Faktor yang mempengaruhi
1. Faktor ekonomi, bisa diamati dari banyaknya dana BOS yang tersedia untuk masing-masing sekolah.
2. Faktor geografis atau letak sekolah tidak bisa juga diabaikan. Terbukti dengan sekolah yang maju, lebih didominasi oleh sekolah-sekolah yang berada di pusat kota
3. Faktor lingkungan sosial, dapat dilihat bila linkungan sosial sekitar sekolah baik maka citra sekolah akan baik begitu pula sebaliknya
Npm: 2053053031
Izin menambahkan jawaban moderator dari pertanyaan Fuji,
Faktor yang mempengaruhi
1. Faktor ekonomi, bisa diamati dari banyaknya dana BOS yang tersedia untuk masing-masing sekolah.
2. Faktor geografis atau letak sekolah tidak bisa juga diabaikan. Terbukti dengan sekolah yang maju, lebih didominasi oleh sekolah-sekolah yang berada di pusat kota
3. Faktor lingkungan sosial, dapat dilihat bila linkungan sosial sekitar sekolah baik maka citra sekolah akan baik begitu pula sebaliknya
Baiklah terima kasih Saudara Vinsensius dan Dicky atas penambahan jawabannya
Nama : regita tri astuti
Npm : 2053053016
Izin bertanya moderator
Apa standar model sekolah yang efektif? Dan bagimana jika sekolah tidak memiliki model sekolah?
Terimakasih
Npm : 2053053016
Izin bertanya moderator
Apa standar model sekolah yang efektif? Dan bagimana jika sekolah tidak memiliki model sekolah?
Terimakasih
Terima kasih untuk pertanyaannya baiklah saya tutup untuk sesi tanya jawab.
Berikan waktu untuk kelompok kami berdiskusi terlebih dahulu.
Berikan waktu untuk kelompok kami berdiskusi terlebih dahulu.
Silahkan kepada kelompok 11 bila ada yang ingin menjawab saya Persilahkan
Izin menjawab pertanyaan regita moderator
Nama : Bella Cornelia
Npm : 2053053018
Sekolah yang memiliki strategi dan tindakan yang efektif dan kreatif serta menyenangkan, meski belum disertai tingkat pencapaian hasil yang memuaskan, jauh lebih “sehat” dan “menjanjikan” dibanding sekolah yang memiliki tingkat pencapaian hasil yang tinggi, tetapi tidak berdasarkan strategi dan tindakan yang dilakukan. Banyak sekolah yang sudah merasa nyaman dengan rutinitas belajar yang membosankan dan kurang efektif bagi siswa dengan alasan minimnya sarana dan prasarana. Model-model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yang telah diuji membuktikan hal tersebut. Dua bab pertama dalam buku ini merupakan pendahuluan dan memaparkan kondisi makro mengenai dimensi dan masalah pendidikan di Indonesia.
Bagaimana saudari Regita apakah sudah jelas jawabannya?
Untuk teman teman yang ingin menambah jawaban saya persilahkan
Baik trimakasih atas jawabannya
Sebelumnya untuk teman-teman yang ingin menambahkan atau menanggapi jawaban saya persilahkan
In reply to Ira nursanti 2053053024
Re: forum diskusi
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Ira Nursanti.
Hambatan yang sering muncul dalam pelaksanaan sekolah efektif antara lain:
Sulitnya membuat peserta didik fokus dan konsentrasi belajar di dalam kelas. Solusi dari masalah tersebut adalah pendidik dapat menutup pintu kelas agar fokus perhatian peserta didik tidak terpecah dengan keadaan di luar ruangan. Selain itu, pendidik dapat menerapkan berbagai strategi, metode, dan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik.
Sekian penambahan dari saya, terimakasih.
NPM: 2053053005
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Ira Nursanti.
Hambatan yang sering muncul dalam pelaksanaan sekolah efektif antara lain:
Sulitnya membuat peserta didik fokus dan konsentrasi belajar di dalam kelas. Solusi dari masalah tersebut adalah pendidik dapat menutup pintu kelas agar fokus perhatian peserta didik tidak terpecah dengan keadaan di luar ruangan. Selain itu, pendidik dapat menerapkan berbagai strategi, metode, dan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik.
Sekian penambahan dari saya, terimakasih.
In reply to Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005
Re: forum diskusi
Terimakasih saudari Komang atas penambahan jawabannya.
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Lesi Agustin 2053053037
Re: forum diskusi
Selamat pagi
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Baiklah usai sudah presentasi kita pada hari ini marilah bersama sama kita melafazkan kalimat hamdalah " Alhamdulillahirobil'alamiin" terima kasih untuk teman teman semua yang sudah ikut berpartisipasi dalam pembelajaran Hari ini, saya perwakilan kelompok 11 selaku moderator mohon maaf apabila ada salah kata ataupun kalimat kepada Allah saya mohon ampun saya akhiri wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhh dan Selamat siang
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam Warahmatullhi Wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
In reply to Lesi Agustin 2053053037
Re: forum diskusi
Selamat pagi
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh
waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr wb terima kasih