jelaskan masing masing hal berikut ini dan berikan contohnya sesuai dengan materi Sekolah dasar:
1. kompetensi inti
2. kompetensi dasar
3. indikator pencapaian
4. dan bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian
silahkan di jawab....
jelaskan masing masing hal berikut ini dan berikan contohnya sesuai dengan materi Sekolah dasar:
1. kompetensi inti
2. kompetensi dasar
3. indikator pencapaian
4. dan bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian
silahkan di jawab....
Menurut saya, Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti (KI). Rumusan pada kompetensi dasar ini dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik pada jenjang atau kelasnya. Selain itu, kompetensi dasar ini disusun berdasarkan masing-masing mata pelajaran. Adapun contoh dari Kompetensi Dasar (KD) yaitu misalnya Kompetensi Dasar (KD) pada pembelajaran PPKn Kelas IV Semester I sebagai berikut.
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No. Absen: 10
Izin mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator penyelenggara, dan cara menyusun pedoman penyelenggara.
1. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kompetensi inti pada kurikulum 2013 adalah kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti umumnya terdiri atas empat dimensi seperti berikut:
Kompetensi Inti 1 (KI-1) : untuk Kompetensi Inti Sikap Spiritual
Kompetensi Inti 2 (KI-2) : untuk Kompetensi Inti Sikap Sosial
Kompetensi Inti 3 (KI-3) : untuk Kompetensi Inti Pengetahuan
Kompetensi Inti 4 (KI-4) : untuk Kompetensi Inti Keterampilan
2. Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan ciri-ciri peserta didik, kemampuan awal, serta dari suatu mata pelajaran. Kompetensi Dasar untuk mencapai Kompetensi Inti. Contoh KD: Kelas 2 Tema 1 Hidu Rukun Subtema 1 Hidup Rukun di Rukun Mata Pelajaran PPKn
3.1 hubungan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 hubungan hubungan lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
3. Menurut Standar Proses pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007, indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator kompetensi yang diperlukan dengan menggunakan kata operasional yang dapat diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Merujuk pada definisi di atas, dapat dijelaskan bahwa indikator kompetensi merupakan tolok ukur ketercapaian suatu KD. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dikategorikan menjadi tiga, yaitu: Indikator Kunci, Indikator pendukung, dan Indikator pengayaan.
Contoh Indikator:
3.1.1 hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar lambang negara dengan sila-sila Pancasila
4. Dalam merumuskan indikator yang harus diperhatikan adalah:
1. Indikator dari KD.
2. Menggunakan kata operasional (KKO) yang dapat diukur.
3. Indikator adalah kalimat yang simpel, jelas dan mudah dicapai.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa, sekolah, masyarakat dan lingkungan.
Berikut ini langkah-langkah merumuskan indikator kebijakan:
Pertama, analisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD:
1. Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taksonomi Bloom.
2. Menentapkan KD yang akan diturunkan menjadi indikator.
3. Menentukan Kata Kerja dari Kompetensi Dasar sesuai dengan Taxonomi Bloom.
Kedua, menganalisis berdasarkan tingkat UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) kompetensi pada KD:
1. Indikator Kunci
2. Indikator Pendukung atau indikator prasyarat membantu peserta didik memahami indikator.
3. Indikator Pengayaan
Contoh Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
A. Perumusan IPK pada Jenjang SD Kelas IV
Bahasa Indonesia
KD Pengetahuan : 3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
IPK Kunci :
Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
IPK Pendukung:
1. kalimat kalimat utama paragraf pada teks nonfiksi.
2. kalimat kalimat penjelas paragraf pada teks nonfiksi.
3. Menggali konsep-konsep (informasi penting) paragraf pada teks nonfiksi.
4. Menghubungkan konsep-konsep (informasi penting) yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
5. Menelaah konsep-konsep (informasi penting) yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
IPK Pengayaan : (Tidak Wajib)
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.