Diskusi

DISKUSI

DISKUSI

Valensy Rachmedita M. Pd. གིས-
Number of replies: 38

Forum diskusi ini terbuka untuk umum, silahkan didiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan materi pertemuan kesepuluh yang masih kurang jelas atau belum dipahami.

In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Ilham.Pratama21 2113033059 གིས-
Assalamu'alaikum bu
Nama : Ilham Pratama
Npm : 2113033059
Kelas : A

Dari materi yang sudah saya baca di vclass pertemuan ke 10 , saya menyimpulkan bahwa kemampuan atau kinerja seorang guru harus benar benar matang dan menguasai mata pelajaran yang di ambil nya, karena jika tidak benar benar menguasai murid akan salah jalan dan tidak mendapatkan ilmu yang sesuai dengan apa yang harus dipelajari
Terima kasih bu.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

ALLIYA.PUTRI21 ALLIYA.PUTRI21 གིས-
Assalamualaikum bu
Izin memperkenalkan diri
Nama: Alliya Putri fersilia Irawan
Npm:2113033025
setelah membaca materi yang ibu berikan pada vclass pertemuan ke 10 ini, satu hal yang ingin saya tanyakan yaitu apakah pengalaman seorang guru dalam mengajar dapat mempengaruhi kualitas anak didiknya?
Sekian, maaf bila ada yang kurang berkenan
Terimakasih ibu
In reply to ALLIYA.PUTRI21 ALLIYA.PUTRI21

Re: DISKUSI

DEVIRA.ZIDNY21 DEVIRA.ZIDNY21 གིས-
Assalamualaikum wr.wb bu
Nama: Devira zidny eight santi
Npm: 2113033005

Izin menjawab pertanyaan dari alliya putri bu

Guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam pendidikan formal. Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satu syarat utamanya adalah meningkatkan kualitas tenaga pendidik yaitu guru. Guru merupakan bagian dari sistem yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan, untuk itu guru dalam proses pembelajaran harus memiliki kemampuan kompetensi profesional guna mencapai harapan yang dicita-citakan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dan proses pembelajaran pada khususnya. Tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar mempengaruhi kompetensi profesional guru. Dengan tingkat pendidikan tinggi pastinya akan berperan dalam kompetensi profesional guru. Demikian juga halnya dengan pengalaman mengajar, guru tentu lebih menguasai bidangnya, hal ini disebabkan karena dengan pengalaman mengajar, guru dapat memiliki berbagai macam keterampilan, keahlian, dan kemampuan yang diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya pengalaman seorang pengajar akan memberikan pengaruh yang besar bagi peserta didik,seperti metode pembelajarannya yang baik akan disukai oleh peserta didik dan akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang akan disampaikan.

Terimakasih,mohon maaf jika ada salah kata
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

ADI KURNIAWAN གིས-
Assalamu'alaikum bu
Nama : Adi Kurniawan
Npm : 2113033015
Kelas : A

Berdasarkan materi dari pertemuan ke 10, yang sudah saya baca, saya bisa menjelaskan sedikit terkait penyampaian materi tersebut dijelaskan di era modern saat ini atau yang biasa kita tau era globalisasi ini melihat sosok seorang guru haruslah dapat mengupdate diri mereka sendiri terkait sistem belajar mengajar saat ini, terlebih khususnya lagi seorang guru mata pelajaran pendidikan sejarah ini yang tidak hanya menyampaikan hal hal atau sebuah fakta kering namun juga harus selalu memperhatikan dalam perencanaan, fasilitas serta sumber lain yang mengandung proses belajar mengajar supaya membangkitkan rasa ingin tahu lebih lanjut dengan bertanya tanya tentang apa, mengapa, dan bagaimana terjadinya sebuah peristiwa serta memotivasi sehingga mendorong siswa untuk melakukan sesuatu yang perlu sehingga menghasilkan pemahaman fakta sejarah dengan benar. Kurang lebih yang saya sampaikan terkait isi dari pertemuan ke 10 ini.

Sebelumnya terimakasih ibu
Walaikumsallam Wr. Wb.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Enggar Ajeng anggini གིས-
Assalamualaikum wr. wb
Nama:enggar ajeng anggini
Npm:2113033009
Kelas:A
Izin bertanya ibu,
Pada materi tentang fakta sejarah dan wawasan sejarah terdiri beberapa teori-teori kebenaran atau fakta. pertanyaannya
apa yang menyebabkan melemahnya teori kebenaran korespondensi,koherensi,pragmarisme dan performatif ? Terimakasih.
In reply to Enggar Ajeng anggini

Re: DISKUSI

Siti Dyandra Ovielia གིས-
Izin menjawab, Bu.
Nama: Siti Dyandra Ovielia
NPM: 2113033045

Sebelumnya maaf saya hanya dapat menjawab mengenai kelemahan Teori Kebenaran Korespondensi.

Teori Korespondensi menggunakan panca indera untuk melihat kenyataan yang ada, sehingga bisa saja terjadi kesalahan akibat kurang cermatnya panca indera yang digunakan sehingga apa yang dijadikan sebagai sebuah kebenaran tidak sesuai dengan kenyataannya. Teori Korespondensi pun dapat dikatakan sulit karena kita harus bener-bener mencari soal realitas keadaan sejarah itu dan tidak semua sejarah mempunya sisi itu. Ada sejarah yang tidak memiliki titik terang untuk membuktikan suatu sejarah itu benar ada atau tidak.

Namun, teori-teori kebenaran tersebut harus dipadukan bersama-sama untuk mencari kebenaran soal alur cerita sejarah yang absolut, dengan tidak berlarat-larat pada Teori Koherensi yang bersifat relativisme, tetapi dapat memikul usaha bersama-sama dengan Teori Korespondensi demi mencari dan membuktikan sebuah kebenaran pada sejarah.

Itu saja yang bisa saya sampaikan, atas ketidaklengkapannya saya ucapkan mohon maaf. Terima kasih.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

AHMAD Vaizin གིས-
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
Nama : Ahmad Vaizin
NPM : 2113033011

Izin bertanya bu, berkaitan dengan materi yang telah dilampirkan. Pertanyaan saya yakni bagaimanakah cara seorang tenaga pendidik dapat membantu seorang siswa nya dalam menjabarkan 3 hal utama mengenai kemampuan pemahaman fakta sejarah yang terdiri dari kemampuan menerjemahkan, menginterpretasi dan mengekstrapolasi untuk menjawab?

Sekian pertanyaan saya bu. Wasalamulaikum warahmatulahi wabarakatuh
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

ABI.QOLBI21 ABI.QOLBI21 གིས-
Assalamualaikum wr wb
Nama: Abi Qolbi Umayroh Tio Putri
NPM: 2113033075

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan dalam perencanaan, fasilitas, sumber lain, dan menggunakan metode lalu membuatnya semenarik mungkin agar pembelajaran sejarah ini tidak membosankan. Karena rata rata pelajaran sejarah ini cenderung membosankan. Guru harus bisa membuat peserta didik konsentrasi dan menciptakan rasa ingin tahu terkait pelajaran sejarah ini.
Terimakasih ibu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

ANINDIA 2113033047 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya Anindia npm 2113033047
ibu dan teman-teman sekalian

Saya izin bertanya
Pada pembelajaran ke 10 yang saya baca

Bahwa di dalam buku psikologi kependidikan faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa menurut Abin Syamsuddin M 1966 salah satunya kapasitas, bakat khusus.

Jadi yang ingin saya tanyakan contoh kapasitas seperti apa yang mengfaktori keberhasilan itu Dan bagaimana jika siswa tidak tau bakat khusus nya ?

Sekian terimakasih ibu dan teman-teman semoga tejawab.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Marlian Adi Saputra 2113033019 གིས-
Assalamualaikum ibu
Sebelumnya Perkenalkan saya Marlian Adi Saputra
NPM 2113033019
Izin bertanya, seperti yang tertera dalam jurnal atau materi yang disampaikan pada pertemuan k-10 ini dijelaskan tentang guru dan tenaga pendidik di zaman modern atau globalisasi sekarang. Nah pertanyaan saya bagaimana si bu agar kita sebagai murid atau mahasiswa dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru terlebih di zaman sekarang ini dimana semua bisa diakses tanpa adanya batas bata yang ada. Globalisasi juga memberi dampak seperti apa ya bu terkhusus dalam dunia pendidikan
Terimakasih bu, mohon maaf bila ada kesalahan
Saya akhiri Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Nurrokhim.Adi21 Nurrokhim.Adi21 གིས-
Assalamualaikum bu
Izin memperkenalkan diri
Nama: Nurrokhim Adi Saputra
Npm:2113033001

Dari materi yang sudah saya baca di vclass pertemuan ke 10 , saya menyimpulkan menjelaskan sedikit terkait penyampaian materi tersebut dijelaskan di era modern saat ini atau yang biasa kita tau era globalisasi ini melihat sosok seorang guru haruslah dapat mengupdate diri mereka sendiri terkait sistem belajar mengajar saat ini.
Sekia terima kasih bu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Ariskaauliazannati Ariskaauliazannati གིས-
Assalamualaikum wr wb bu
Nama: Ariska aulia zannati
Npm: 2113033063
Kelas: A

Dari materi yg telah saya baca dan pahami di vclass saya dapat menyimpulkan bahwa dalam proses belajar pembelajaran umum seorang guru bukan saja harus mampu meningkatkan kosentrasi murid untuk merencanakan bahan pelajaran , melainkan mencakup bidang pengetahuan, ketrampilan, dan guru harus mampu membangkitkan rasa serta nilai, sikap dan rasa ingin tahu muridnya lebih dalam lagi.dan demikian guru sangat berperan penting dalam hal ini karena jika tidak menguasa beberapa hal itu maka murid tidak akan mendapatkan ilmu sesuai apa yg seharusnya didapatkan.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Syafa.Putri21 Syafa.Putri21 གིས-
Assalamu'alaikum bu
Nama : Syafa Putri Talisa
Npm : 2113033031
Kelas : A

Dari materi yang sudah saya baca di vclass pertemuan ke 10 , saya menyimpulkan bahwa kedudukan yang penting dan strategis dari pembelajaran sejarah dalam pembangunan watak bangsa merupakan fungsi yang tidak dapat digantikan oleh mata pelajaran lainnya. Berdasarkan uraian tersebut maka guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri agar meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah kepada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran sejarah dapat tercapai. Tujuan pembelajaran sejarah yang dimaksud bertumpu kepada makna watak tridimensi waktu, yakni: masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Sehingga dengan memperhatikan ketiga unsur tersebut, berarti sejarah (cenderung) praxis, artinya nilai guna dan fakta sejarah menjadi hal yang utama

Terimakasih ibu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

INDAH.PERMATASARI21 INDAH.PERMATASARI21 གིས-
Nama:indah permatasari martan
Npm:2113033027
Kelas:A

Assalamualaikum ibu, izin bertanya
Apakah ada penyebab yang membuat siswa kesulitan dalam pemahaman menerjemahkan sebuah fakta sejarah, kemudian bagaimanakah peran seorang guru untuk dapat membantu siswanya dalam menyelesaikan kesulitan kesulitan tersebut.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Putri Nabila Reta 2113033051 གིས-
Assalamualaikum Ibu mohon izin berdiskusi,
Perkenalkan nama saya Putri Nabila Reta dengan NPM 2113033051

Dari apa yang saya baca dari jurnal yang Ibu lampirkan dengan judul "PEMAHAMAN FAKTA SEJARAH NASIONAL INDONESIA PADA SISWA SMU DITINJAU DARI KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU SEJARAH" oleh MH Sukarno, dapat saya tarik sebuah kesimpulan bahwasanya di dalam jurnal itu memuat sebuah penelitian soal pengalaman dari guru sejarah dan siswa yang diajar mengenai pemahaman fakta sejarah nasional Indonesia.

Di sini bisa saya simpulkan bahwa para guru sejarah harus memiliki sebuah pondasi kuat untuk menarik perhatian para siswa agar mereka mendapatkan rasa nyaman ketika menerima pembelajaran soal fakta sejarah nasional Indonesia. Di katakan di dalam jurnal menurut W.S. Winkel (1996) ia menyatakan bahwa: "Pemahaman mencakup kemampuan untuk menangkap makna dan arti bahan yang dipelajari." Dari sini bisa saya tangkap maksudnya adalah guru harus bisa memiliki sebuah kreativitas tersendiri untuk mengungkapkan kata pemahaman itu yang ingin ia berikan kepada para siswa, agar para siswa bisa lebih mudah untuk menangkap makna dan arti dari bahan materi yang sedang ia pelajari di sekolah.

Ada juga dikatakan dalam jurnal tersebut menurut Nugroho Notosusanto (1986) ia mengatakan bahwa: "Fakta sejarah nasional Indonesia sebagai sesuatu untuk dijabarkan secara langsung atau tidak langsung dari dokumen-dokumen sejarah dan dianggap kredibel setelah pengujian yang seksama." Dari kalimat tersebut bisa kita ambil lagi maksudnya adalah selain menjadi guru yang kreatif agar bisa memudahkan para siswa untuk belajar soal sejarah dan faktanya. Para guru juga bisa membuat beberapa jadwal metode pembelajaran untuk memberikan sebuah visualisasi ataupun deskripsi mengenai fakta sejarah nasional Indonesia. Dimana di era modern ini, para guru bisa mengajak para siswa untuk belajar dari luar sekolah, dengan datang ke museum dan melihat barang-barang bukti dari sebuah peristiwa sejarah untuk memberikan sebuah pandangan dan gambaran agar para siswa tidak jenuh dalam belajar.

Sekian itu yang bisa saya tangkap dan saya simpulkan, maaf bila ada salah kata dari tangkapan saya Ibu. Terimakasih Ibu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

DIEN.FRISQYTA21 DIEN.FRISQYTA21 གིས-
Assalamualaikum,Bu. izin memperkenalkan diri
Nama: Dien Frisqyta Amalia
NPM: 2113033039

Dari materi yang sudah dijabarkan melalui laporan yang sudah ibu berikan diatas, dapat disimpulkan seorang pengajar harus tetap belajar bagaimana caranya agar murid muridnya tidak bosan dan paham dengan materi yang diajarkan karena banyak pengajar yang kehilangan kepemimpinannya dalam mengajar karena terlalu monoton dan tidak mengupdate cara mengajarnya, dalam pemahaman suatu fakta sejarah seorang siswa harus dituntut paham dengan apa yang diajarkan mengetahui apa yang sedang didiskusikan serta seorang siswa sendiri harus bisa memahami kemampuan menerjemahkan, menginterpretasi,dan mengestraporasi siswa juga diharapkan dapat mengetahu kemungkinan terjadinya sebuah perubahan

sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf
terima kasih, Bu.
wassalamualaikum wr. wb
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

NITYA.SALSABILA21 2113033013 གིས-
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Nama : Nitya Salsabila
NPM : 2113033013
Kelas : A
Izin bertanya Ibu
Berdasarkan materi yang sudah ada dipertemuan ke-10 dijelaskan bahwa Guru yang baik ialah yang berhasil membangkitkan kuriositas muridnya untuk Pendidikan menengah diselenggarakan tahu lebih banyak mengenai materi yang untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan diajarkan. Pertanyaan saya bagaimana dan dengan cara seorang guru dapat membangkitkan kuriositas muridnya dalam pendidikan?
Sekian,Terimakasih Ibu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Agusta Olyvia Yohani 2113033035 གིས-
Selamat Siang Ibu
Nama: Agusta Olyvia Yohani
Npm: 2113033035

Dari materi yang sudah saya baca pada pertemuan ke 10, dapat saya simpulkan bahwa dalam melaksanakan proses belajar mengajar kualitas kinerja seorang guru itu sangat penting untuk menunjang kualitas proses belajar mengajar. Terutama dalam pelajaran sejarah, karena pada faktanya banyak yang mengatakan bahwa pelajaran sejarah itu membosankan dan tidak menarik. Hal ini dikarenakan kurang memadainya kemampuan guru sejarah dalam mengembangkan strategi serta metode sejarah. Sebagai seorang guru tidak hanya mampu meningkatkan konsentrasi peserta didik, tetapi juga harus mampu membangkitkan rasa ingin tahu lebih lanjut kepada peserta didik.
Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih ibu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

DEVIRA.ZIDNY21 DEVIRA.ZIDNY21 གིས-
Assalamualaikum wr.wb bu
Nama: Devira zidny eight santi
Npm: 2113033005


Dari materi yang sudah dilampirkan saya mendapatkan bahwasannya dalam pembelajaran guru biasanya hanya menceritakan fakta-fakta kering tentang sejarah. Model serta teknik pembelajaran hanya itu itu saja yaitu guru memulainya dengan bercerita atau lebih tepatnya membacakan apa yang sudah tertulis dibuku dan akhirnya langsung menutup pelajarannya. Pertanyaan saya metode yang seperti apa yang harus kita terapkan agar peserta didik kita bisa paham dengan materi yang kita sampaikan serta tidak membosankan?

Terimakasih,mohon maaf jika ada salah kata
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to DEVIRA.ZIDNY21 DEVIRA.ZIDNY21

Re: DISKUSI

M. Reza Ramadhani 2113033049 གིས-
Assalamualaikum wr.wb ibu
saya M.Reza Ramadhani
2113033049
saya Izin menjawab pertanyaan dari devira ibu
metode yang seperti apa yang harus kita terapkan agar peserta didik kita bisa paham dengan materi yang kita sampaikan serta tidak membosankan?
1. belajar menggunakan metode teknologi
Coba cara lain untuk menampilkan pelajaran melalui slide PowerPoint. Sisipkanlah animasi lucu dan bergerak di dalam beberapa slide.
2.Menggunakan mind map
Menurut prinsip Brain Management, konsep mind map dikatakan sesuai dengan kerja alami otak. Mind map dapat membuat kedua belah otak bekerja secara bersamaan dan akan membantu memahami konsep dengan lebih baik. Mind map akan membantu murid melihat konsep materi secara menyeluruh dengan lebih jelas, melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain, membuat materi menjadi lebih mudah dipahami dengan petunjuk visual, serta membuat belajar menjadi lebih menyenangka
sekian ibu mungkin hanya ini jawaban saya bisa saya sampaikan, Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

nike.sabilillah.21 nike.sabilillah.21 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya Nike Sabilillah
Npm 2113303081
Kelas A
Izin bertanya ibu
Dari materi pertemuan 10 yang telah saya baca adakah hubungan antara kemampuan guru, pembelajaran dan pengalaman guru dalam mengajar sejarah terhadap pemahaman fakta sejarah nasional indonesia baik secara sendiri maupun secara bersama-sama di era milenial saat ini?
Terimakasih ibu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Febrianto.21 Febrianto.21 གིས-
Assalamualaikum ibu
Nama: Febrianto
Npm: 2113033053
Kelas : A

Izin bertanya buk dari artikel yang saya baca di vclass pertemuan ke-10 di situ terdapat sebuah pemahaman yaitu terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi cara belajar siswa. Nah yang ingin saya tanyakan apakah faktor-faktor tersebut sudah relevan untuk di gunakan sebagai sistem belajar di Indonesia?
Sekian bu, Terimakasih
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Tri Sela Andani གིས-
Assalamualaikum wr wb
Nama : Tri Sela Andani
NPM : 2113033033
Kelas : A

Setelah membaca materi yang ibu berikan di vclass dapat saya simpulkan
Di dalam sejarah tercantum paham-paham yang dapat mempersatukan bangsa menjadi satu nation. Sejarah nasional membatasi perhatiannya terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia sebagai kesatuan republik geografis ialah negara republik Indonesia. Sejarah nasional yang dimaksud tidak hanya meliputi sejarah republik Indonesia tetapi juga menguraikan sejarah sebelum berdirinya republik Indonesia yang dihadapi ialah kesatuan-kesatuan lokal sejarah kerajaan-kerajaan kata-kata daerah-daerah maksud dari pada sejarah nasional yaitu sejarah total atau menyeluruh yang memandang perkembangan masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan yang utuh dalam wilayah republik Indonesia.

Terimakasih ibu
Wassalamualaikum wr wb
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

SITI NURHAFIDHOH 2113033003 གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Siti Nurhafidhoh
NPM : 2113033003

Dari materi yang telah saya baca pada pertemuan ini, saya bisa menyimpulkan bahwa Upaya peningkatan keterampilan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar harus terus dipantau oleh penanggung jawab sistem pendidikan.
Jika guru melakukannya atas inisiatifnya sendiri, peningkatannya akan lebih berhasil. Guru tidak hanya dapat meningkatkan konsentrasi siswa ketika merencanakan materi kelas, tetapi juga membangkitkan rasa ingin tahu lebih lanjut dengan menanyakan apa, mengapa, dan bagaimana sesuatu atau suatu peristiwa terjadi. Guru yang baik adalah seseorang yang dapat membangunkan siswa dan belajar lebih banyak tentang apa yang diajarkan, motivasi untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan mengembangkan rasa ingin maju. Faktor motivasi ini yang akan menggerakkan siswa untuk melakukan sesuatu atau menggunakan strategi tertentu untuk memahami dengan baik fakta sejarah nasional Indonesia.
Sekian, terimakasih
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

APRIZAL.ARDIYANSYAH21 APRIZAL.ARDIYANSYAH21 གིས-
Assalamu'alaikum wr.wb
Sebelumnya izin memperkenalkan diri Bu.
Nama: Aprizal Ardiyansyah
Npm :2113033029

Dari materi pertemuan ke-10 saya telah membaca jurnal yang ibu berikan,dan setelah saya membaca jurnal ,ada beberapa hal yang belum saya pahami Bu ,maka dari itu saya izin untuk bertanya Bu, Apa kah ada interaksi atau hubungan timbal balik,antara kemampuan guru dalam pembelajaran dan pengalaman mengajar guru sejarah dengan pemahaman fakta Nasional sejarah Indonesia pada sekolah menengah umum, atau sekolah menengah atas di era milenial 4.0 dan digitalisasi yang sudah sangat maju saat ini, dan bagaimana pula pengaruh hal tersebut dengan para anak-anak milenial penerus bangsa,supaya menjadi pelajar yang tidak hanya berpendidikan ,tetapi juga berprestasi ,sehingga menjadi salah satu sumber daya manusia yang berkwalitas,dan bisa memenuhi harapan bangsa Indonesia,yaitu Indonesia emas di tahun 2045.
Sekian Bu,terimakasih .
Wassalamu'alaikum wr.wb
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Stefanny Gloria Mulyanti 2113033043 གིས-
Izin menanggapi bu
Nama : Stefanny Gloria Mulyanti
NPM : 2113033043

Berdasarkan materi pertemuan kesepuluh, dapat saya simpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar, pembelajaran umum seorang guru bukan saja harus mampu meningkatkan kosentrasi murid untuk merencanakan bahan pelajaran , melainkan mencakup bidang pengetahuan, keterampilan, dan guru harus mampu membangkitkan rasa serta nilai, sikap dan rasa ingin tahu muridnya lebih dalam lagi, oleh karena itu seorang pengajar harus tetap belajar bagaimana caranya agar murid muridnya tidak bosan dan paham dengan materi yang diajarkan karena banyak pengajar yang kehilangan kepemimpinannya dalam mengajar karena terlalu monoton dan tidak mengupdate cara mengajarnya, dalam pemahaman suatu fakta sejarah seorang siswa harus dituntut paham dengan apa yang diajarkan, mengetahui apa yang sedang didiskusikan serta juga diharapkan dapat mengetahui kemungkinan terjadinya sebuah perubahan. Dan terlebih khususnya lagi seorang guru mata pelajaran pendidikan sejarah ini, yang tidak hanya menyampaikan hal hal atau sebuah fakta saja, namun juga harus selalu memperhatikan dalam sumber lain yang mengandung proses belajar mengajar supaya membangkitkan rasa ingin tahu lebih lanjut dengan bertanya tanya tentang apa, mengapa, dan bagaimana terjadinya sebuah peristiwa serta memotivasi sehingga mendorong siswa untuk melakukan sesuatu yang perlu sehingga menghasilkan pemahaman fakta sejarah dengan benar.

Sekian terimakasih
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

MUHAMMAD.HATTA21 MUHAMMAD.HATTA21 གིས-
Nama:Muhammad Hatta Fahada
Npm:2113033071
Setelah saya membaca jurnal tersebut saya dapat menyimpulkan. meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanaakan pembelajaraan supaya para murid tidak mudah bosan dan mengerti apa yang disampaikan guru,dengan metode membangkitkan keingin tahuan murid .

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembalajaran siswa
1.faktor internal(faktor dari siswa)
2.faktor ekseternal(dari luar siswa)
3.faktor pendekatan(apporch to learning)

Dalam pemahaman fakta sejarah pertama tama kita harus memahami konsep pemahaman ,dan menjelaskan melalui metode pendekatan lebih wort it dan menjelaskan dengan cara bercerita tetapi sesuai fakta sumber sumber aktual yang ada tanpa ada nya dikurangi atau bahkan di kurangi
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

ANINDYA PRAMESWARI 2113033067 གིས-
Assalamu’alaikum Bu, izin memperkenalkan diri
Nama : Anindya Prameswari
NPM : 2113033067

Izin bertanya Bu, setelah saya membaca jurnal yang ibu lampirkan, disitu dijelaskan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan terlaksana fungsi dari pendidikan diperlukan strategi yang perlu dikembangkan. Jadi saya ingin bertanya bu, bagaimana stategi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran sejarah bagi seorang calon pendidik?
Sekian pertanyaan dari saya, saya ucapkan terimakasih Bu
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

RINA.PUSPITA21 RINA.PUSPITA21 གིས-
Assalamu'alaikum bu
Nama : Rina Puspita Sari
NPM : 2113033061
Kelas : A (Ganjil)

Kesimpulan yang saya dapatkan dari materi di vclass yang telah saya baca yaitu :
Kemampuan guru dalam pembelajaran dan pengalaman guru dalam mengajar sejarah sanagat penting. Kualitas belajar mengajar juga di tentukan oleh kinerja guru oleh karena itu guru dituntut memiliki kemampuan menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran, terutama dalam pelajaran sejarah agar pelajaran tersebut tidak terkesan membosankan. Dalam pelajaran Sejarah Nasional Indonesia pun guru juga dituntut tidak hanya menyajikan fakta-fakta sejarah saja namun juga harus mengajak sisiwa untuk memperdalam materi dan memperluas wawasannya.

Sekian, terimakasih bu.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Radina.Febi21 Radina.Febi21 གིས-
Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama : Radina Febi Aniza
NPM : 2113033055

Dari materi pertemuan ke-10 saya dapat menyimpulkan bahwa seorang guru terutama guru sejarah yang banyak orang mengira metode pembelajarannya sangat monoton dan membosankan bisa dirubah apalagi diera modern seorang guru harus lebih bisa mengupdate diri untuk mengikuti sistem pembelajaran pada saat ini. Maka dari itu seorang guru dituntut mengubah strategi pembelajaran dengan mengikuti zaman. Lalu yang ingin saya tanyakan adalah ketika seorang guru telah mengubah strategi pembelajaran dengan mengikuti era modern saat ini apakah para murid akan memahami dengan mudah penjelasan dari guru tersebut bu? Karena didalam pemahaman fakta sejarah dalam konsep comprehension siswa dituntut memahami atau mengerti apa yang diajarkan, dan mengetahui apa yang dikomunikasikan oleh guru.

Baik terima kasih bu,
Wassalamualaikum Wr. Wb.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

SAHROZY.PUTRA21 SAHROZY.PUTRA21 གིས-
Assalamualaikum wr wb
Nama : Sahrozy Putra Rhomadona
NPM : 2113033037
Kelas : A (Ganjil)

Dari materi yang sudah saya baca pada pertemuan 10, dapat saya simpulkan bahwa guru atau tenaga pendidik harus selalu memperhatikan dalam perencanaan fasilitas serta sumber lain yang mendukung proses belajar mengajar, guru juga di tuntut untuk memiliki kualitas kinerjanya agar proses belajar dapat berjalan dan peserta didik dapat mendapatkan ilmu yang sudah di ajarkan oleh guru atau pendidik dengan baik.
Dengan demikian pendidikan nasional kita akan mengalami peningkatan sehingga pendidikan nasional bisa berganti menjadi pendidikan modern yang telah di kembangkan oleh negara negara yang sudah membentuk masyarakatnya memiliki pemikiran yang maju.

Sekian bu mohon maaf bila ada yang kurang tepat
Terima kasih
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Rahma Wati 2113033041 གིས-
Assalamualaikum bu
Izin memperkenalkan diri
Nama: Rahma Wati
Npm: 2113033041

Dari materi yang sudah saya baca dapat di simpulkan, dalam proses belajar mengajar sangat di pengaruhi oleh kualitas kinerja guru. Usaha meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar perlu mendapat perhatian dari penanggung jawab sistem pendidikan. Dari materi tersebut dapat di ketahui adanya hubungan antara kemampuan guru dalam pembelajaran dan pengalaman guru dalam mengajar.
Terima kasih bu.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

KHESIEYA.MAULANA21 KHESIEYA.MAULANA21 གིས-
asslamualikum bu
perkenalkan Nama : Khesieya Maulana Zahra. NPM : 2113033065
setelah membaca artikel yang telah ibu berikan saya dapat menyumpulkan bahwa cara guru dalam menyampaikan cerita sejarah, menumbuhkan motivasi belajar sejarah, menciptakan rasa penasaran murid terhadap cerita sejarah sangat penting dalam proses pembelajaran. intinya guru di era sekarang di tuntut untuk agar tidak hanya sekedar mendongengkan cerita sejarah, tetapi juga harus bisa menarik siswa untuk masuk kecerita tersebut sehingga terciptalah rasa keingin tahuan akan lanjutan atau bagai bagaimana kisah sejarah itu berlangsung.
Izin bertanya juga Bu berikan contoh bagai mana cara pengajaran terhadap siswa agar rasa keingin tahuan atau motivasi mereka muncul ?
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Ramadhan.Novian21 Ramadhan.Novian21 གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama:Ramadhan Novian Saputro
NPM:2113033021
Kelas:A

Izin bertanya ibu dan teman teman semua
Ddi dalam materi yang ibu sampaikan terdapat bahasan yang membahas tentang faktor yang mempengaruhi belajar siswa,yaitu faktor internal,faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar,apa saja contoh faktor tersebut dan faktor mana yang paling berpengaruh atau yang paling dominan?
terimakasih ibu dan teman teman
wassalamualaikum wr.wb
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

CRISTO.ANDREAN21 CRISTO.ANDREAN21 གིས-
Selamat siang bu
Izin memperkenalkan diri
Nama: Cristo Andrean Sihotang
Npm:2113033077

Dari materi yang saya baca dipertemuan ke 10,
Saya ingin bertanya bu, Bagaimana pengaruh seorang pengajar dalam memberikan materi kepada peserta didik dalam menyampaikan wawasan dan fakta sejarah kepada peserta didik nya. Terima kasih.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

SABRINA ELITA SYFAA 2113033057 གིས-
Assalamu’alaikum Bu, izin memperkenalkan diri
Nama : Sabrina Elita Syfaa
NPM : 2113033057

Izin bertanya Bu, setelah saya membaca jurnal yang ibu lampirkan, disitu dijelaskan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa menurut Abin Shamsudin M itu ada 7 faktor, termasuk motivasi. Jadi, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara seorang guru memberikan metode pembelajaran yang efektif agar murid termotivasi dalam setiap pembelajaran?

Sekian, Terima kasih bu
In reply to SABRINA ELITA SYFAA 2113033057

Re: DISKUSI

CHRISTIANO.DONNY21 CHRISTIANO.DONNY21 གིས-
assalamualikum, bu.

Nama: Christiano Donny Praditya
NPM: 2113033023

izin menjawab pertanyaan dari sabrina,

untuk meningkatkan motivasi dalam belajar ada 5 cara, yaitu.
1. Tingkatkan Kualitas Guru.
2. Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran.
3. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat.
4. Memanfaatkan Media Belajar.
5. Lakukan Evaluasi Pembelajaran.

sekian yang dapat saya sampaikan, Terima Kasih.
In reply to Valensy Rachmedita M. Pd.

Re: DISKUSI

Al Ahya 2113033073 གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri bu
Nama: Al Ahya Ansori
Npm: 2113033073

Dari pertemuan ke sepuluh ini saya dapat menyimpulkan guru atau tenaga kependidikan bahwa berhasil membangkitkan kuriositas muridnya untuk tahu lebih banyak mengenai materi yang di sampaikan, motivasi yang dapat mendorong rasa ingin tahu dan ingin maju. Guru bukan saja harus mampu meningkatkan konsentrasi murid untuk merencanakan bahan pelajaran, melainkan juga harus mampu membangkitkan rasa ingin tahu lebih lanjut dengan bertanya tentang apa, mengapa dan bagaimana terjadinya sesuatu atau peristiwa tersebut

mohon maaf jika ada salah kata. Sekian terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb