Diskusi

Diskusi

Re: Diskusi

oleh Prestisia Ananda 1953054007 -
Jumlah balasan: 0
1. Pendekatan pendekatan yang ada dalam bimbingan konseling anak usia dini adala - Kuratif (diarahkan kepada individu yang mengalami masalah) -Remedial (diarahkan kepada individu yang mengalami kelemahan atau kekurangan. - Preventif (diarahkan kepada antisipasi masalah-masalah umum individu untuk mencegah jangan sampai masalah itu terjadi.

2. Teknik dalam melaksanakan pendekatan adalah : - Aktif (Guru harus menciptakan suasan yang sedemikian rupa sehingga anak-anak aktif untuk bertanya dan mempertanyakan -Kreatif (menghasilkan generasi yangmampu menciptakan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan kepentingan orang lain) -Efektif (pembelajaran yang dilaksanakan dapat menumbuhkan daya kreatif bagi anak sehingga dapat membekali anak dengan berbagai kemampuan) -Menyenangkan (Kondisi yang menyenangkan, aman, dan nyaman, akan mengaktifkan otak untuk berfikir dan mengoptimalkan proses belajar sertameningkatkan kepercayaan diri anak)

3. Prinsip prinsip perkembangan adalah : •BK (ada individu yang tidak bermasalah. Layanan bimbingan tidak hanya diperuntukkan bahwa anak bermasalah tetapi perlu menjadi upaya bantuan yangdiberikan untuk seluruh anak didik) • BK (Konselor atau pendidik aktif membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara aktif memahami dunia mereka) • Guru Pendamping (guru bertugas sebagai pengajar pun berperan sebagai pembimbing untuk membantu tumbuh kembang anak) • Kurikulum (Setiap bimbingan direncanakan dengan baik dan didukung dengan kurikulum yang terorganisasi)

4. Unsur unsur lingkungan perkembangan adalah : • Peluang (anak mempelajari perilaku-perilaku baru) • Pendukung (menumbuhkan kemampuan anak untuk mempelajari perilaku baru) • Penghargaan (untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi anak dan perbaikan)