silahkan bagi yang ingin bertanya dan menjawab pertanyaan rekannya
Assalamu’alaikum Wr.Wb. selamat pagi bapak dosen dan teman-teman lainnya yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.
Perkenalkan nama saya Ira Nursanti yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok kami adalah
1. Carolina Dartika D
2. Christiani Maya M
3. Ira Nursanti
4. Tedi kurniawan
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. Sesi pembukaan
2. Sesi Penyampaian dan penyajian materi
3. Sesi tanya jawab
4. Sesi Penutup
langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmallah bersama-sama
Perkenalkan nama saya Ira Nursanti yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok kami adalah
1. Carolina Dartika D
2. Christiani Maya M
3. Ira Nursanti
4. Tedi kurniawan
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. Sesi pembukaan
2. Sesi Penyampaian dan penyajian materi
3. Sesi tanya jawab
4. Sesi Penutup
langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmallah bersama-sama
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Bismillah
Bismillah
In reply to Ira nursanti 2053053024
Re: Forum diskusi
Selamat pagi
Waalaikumsalam wr.wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam wr wb.
Bismillah
Bismillah
Walaikumsalam wr wb
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Waalaikusalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalikumsallam warohmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warohmatulahi wabarokatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Selanjutnya adalah sesi tanya jawab
Kesempatan sesi tanya jawab saya buka 2 sesi. Setiap sesi saya buka 3 pertanyaan. Untuk sesi tanya jawab pertama, saya persilahkan bagi yang ingin bertanya.
Kesempatan sesi tanya jawab saya buka 2 sesi. Setiap sesi saya buka 3 pertanyaan. Untuk sesi tanya jawab pertama, saya persilahkan bagi yang ingin bertanya.
Izin bertanya moderator
Nama:Cindy Ardila Putti
Npm:2053053043
Npm:2053053043
Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari input sekolah!
In reply to Cindy Ardila Putri 2053053043
Re: Forum diskusi
Izin menjawab dari pertanyaan nya Cindy,
Kelebihan dan kekurangan input sekolah yaitu :
1.Tingkat perhatian dan perlakuan guru terhadap murid di kelas
Untuk hal ini, sekolah negeri akan kalah jauh dibandingkan sekolah swasta dikarenakan jumlah murid yang sangat banyak dalam satu kelasnya untuk sekolah negeri. Rata-rata murid di setiap kelas untuk sekolah negeri berkisar antara 40-45 orang
2.Guru atau pengajar
Sekolah negeri tentu mempunyai tenaga pendidik yang terspesialisasi dalam bidangnya. Ditambah, umumnya guru di sekolah negeri dibiayai oleh negara, alias PNS.
3.Pola Pengajaran serta Program dan kurikulum.
Sekolah negeri memakai pola pengajaran yang sangat statis, Materi yang diberikan oleh guru dari sekolah negeri cenderung disampaikan dalam format satu arah atau feedback, artinya guru berceramah kepada murid-murid dan tidak ada timbal balik yang terjadi antara murid dan guru.Tidak seperti sekolah swasta yang biasanya memakai pola pengajaran secara dinamis.
4.Cara belajar
Murid swasta banyak melakukan diskusi dengan guru, presentasi di depan kelas, berdebat dan beradu argumentasi.Sementara murid sekolah negeri belajar dengan cara menghafal dan memahami materi dengan mendengarkan guru dan membaca textbook.
5.Persepsi masyarakat
Persepsi tersebut umumnya berdasar pada kualitas output atau kelulusan siswa suatu sekolah. Sehingga otomatis sekolah tersebut dianggap favorit oleh masyarakat dan menggiring para calon siswa baru untuk berbondong-bondong masuk ke sekolah tersebut. Namun demikian, persepsi sekolah favorit ini menggiring sebagian besar siswa yang memiliki nilai tinggi untuk mendaftar ke sekolah negeri
6.Gengsi orang tua
Orangtua hanya berpikir bahwa sekolah negeri memberikan gengsi bagi anak-anaknya. Karena itulah, para orangtua memaksakan dengan berbagai cara untuk anaknya bisa diterima di sekolah negeri. Tidak selalu sekolah swasta atau yang non favorit nilainya kalah dengan sekolah negeri yang dikenal favorit.
Kelebihan dan kekurangan input sekolah yaitu :
1.Tingkat perhatian dan perlakuan guru terhadap murid di kelas
Untuk hal ini, sekolah negeri akan kalah jauh dibandingkan sekolah swasta dikarenakan jumlah murid yang sangat banyak dalam satu kelasnya untuk sekolah negeri. Rata-rata murid di setiap kelas untuk sekolah negeri berkisar antara 40-45 orang
2.Guru atau pengajar
Sekolah negeri tentu mempunyai tenaga pendidik yang terspesialisasi dalam bidangnya. Ditambah, umumnya guru di sekolah negeri dibiayai oleh negara, alias PNS.
3.Pola Pengajaran serta Program dan kurikulum.
Sekolah negeri memakai pola pengajaran yang sangat statis, Materi yang diberikan oleh guru dari sekolah negeri cenderung disampaikan dalam format satu arah atau feedback, artinya guru berceramah kepada murid-murid dan tidak ada timbal balik yang terjadi antara murid dan guru.Tidak seperti sekolah swasta yang biasanya memakai pola pengajaran secara dinamis.
4.Cara belajar
Murid swasta banyak melakukan diskusi dengan guru, presentasi di depan kelas, berdebat dan beradu argumentasi.Sementara murid sekolah negeri belajar dengan cara menghafal dan memahami materi dengan mendengarkan guru dan membaca textbook.
5.Persepsi masyarakat
Persepsi tersebut umumnya berdasar pada kualitas output atau kelulusan siswa suatu sekolah. Sehingga otomatis sekolah tersebut dianggap favorit oleh masyarakat dan menggiring para calon siswa baru untuk berbondong-bondong masuk ke sekolah tersebut. Namun demikian, persepsi sekolah favorit ini menggiring sebagian besar siswa yang memiliki nilai tinggi untuk mendaftar ke sekolah negeri
6.Gengsi orang tua
Orangtua hanya berpikir bahwa sekolah negeri memberikan gengsi bagi anak-anaknya. Karena itulah, para orangtua memaksakan dengan berbagai cara untuk anaknya bisa diterima di sekolah negeri. Tidak selalu sekolah swasta atau yang non favorit nilainya kalah dengan sekolah negeri yang dikenal favorit.
Bagainana saudari cindy apakah sudah jelas?
Baik dapat dimengerti terimakasih
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020
Izin bertanya, didalam 12 komponen diantaranya ada fasilitas dan alat bantu belajar didalam suatu sekolah. Bagaimana menurut kalian jika fasilitas dan alat bantu belajar kurang memadai dan mengganggu kenyamanan peserta didik sehingga menghambat pembelajaran disekolah? Apa yang sebaiknya dilakukan seorang pendidik?
NPM : 2053053020
Izin bertanya, didalam 12 komponen diantaranya ada fasilitas dan alat bantu belajar didalam suatu sekolah. Bagaimana menurut kalian jika fasilitas dan alat bantu belajar kurang memadai dan mengganggu kenyamanan peserta didik sehingga menghambat pembelajaran disekolah? Apa yang sebaiknya dilakukan seorang pendidik?
In reply to Amanda Surya Widiyati 2053053020
Re: Forum diskusi
Izin menjawab.
Menurut saya, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah menjadi masalah yang sangat penting. dikarenakan dapat membuat pembelajaran di sekolah berjalan kurang optimal dan tidak mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk itu perlu adanya tindak lanjut dari pemerintah, sekolah, lembaga pendidikan, maupun orangtua peserta didik.
untuk halnya seorang pendidik dalam menghadapi permasalahan tersebut, upaya yang harus dilakukan jika sarana dan prasarana kurang memadai yakni dengan meningkatkan kreatifitasnya dalam mengajar dengan alat seadanya.
Sekian dan terimakasih
Menurut saya, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah menjadi masalah yang sangat penting. dikarenakan dapat membuat pembelajaran di sekolah berjalan kurang optimal dan tidak mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk itu perlu adanya tindak lanjut dari pemerintah, sekolah, lembaga pendidikan, maupun orangtua peserta didik.
untuk halnya seorang pendidik dalam menghadapi permasalahan tersebut, upaya yang harus dilakukan jika sarana dan prasarana kurang memadai yakni dengan meningkatkan kreatifitasnya dalam mengajar dengan alat seadanya.
Sekian dan terimakasih
Bagaimana saudari amanda apakah bisa di mengerti?
baik sudah dapat dimengerti, terimakasih atas jawabannya
In reply to Amanda Surya Widiyati 2053053020
Re: Forum diskusi
Sama sama amanda
Izin bertanya moderator,
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Bagaimanakah kinerja sekolah sebagai system dalam pendidikan?
Terima kasih
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Bagaimanakah kinerja sekolah sebagai system dalam pendidikan?
Terima kasih
Izin menjawab.
Sekolah sebagai sistem, artinya semua elemen atau unsure yang ada di sekolah sebagai satu kesatuan yang utuh, tidak terpisahkan satu dengan yang lain, seperti siswa, guru, kepala sekolah, gedung, alat peraga, dan perangkat pembelajaran, dan sebagainya.
Dalam era kemandirian sekolah dan era Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), tugas dan tanggung jawab yang pertama dan yang utama dari para pimpinan sekolah adalah menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi semakin efektif, dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi sekolah itu sendiri dan bagi masyarakatluas penggunanya
Sekolah sebagai sistem pendidikan adalah sekolah yang memberdayakan seluruh komponen yang ada di dalamnya secara terpadu, satu sama lain saling berkaitanerat dan mendorong kegiatan sekolah untuk mencapai tujuan, antara lain input, proses, output, dan mendorong Sekolah sebagai sistem, artinya semua elemen atau unsure yang ada di sekolah sebagai satu kesatuan yang utuh, tidak terpisahkan satu dengan yang lain, seperti siswa, guru, kepala sekolah, gedung, alat peraga, dan perangkat pembelajaran, dan sebagainya.
Dalam era kemandirian sekolah dan era Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), tugas dan tanggung jawab yang pertama dan yang utama dari para pimpinan sekolah adalah menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi semakin efektif, dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi sekolah itu sendiri dan bagi masyarakatluas penggunanya
Sekolah sebagai sistem pendidikan adalah sekolah yang memberdayakan seluruh komponen yang ada di dalamnya secara terpadu, satu sama lain saling berkaitanerat dan mendorong kegiatan sekolah untuk mencapai tujuan, antara lain input, proses, output, dan outcome.
Sekian dan terimakasih
Sekolah sebagai sistem, artinya semua elemen atau unsure yang ada di sekolah sebagai satu kesatuan yang utuh, tidak terpisahkan satu dengan yang lain, seperti siswa, guru, kepala sekolah, gedung, alat peraga, dan perangkat pembelajaran, dan sebagainya.
Dalam era kemandirian sekolah dan era Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), tugas dan tanggung jawab yang pertama dan yang utama dari para pimpinan sekolah adalah menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi semakin efektif, dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi sekolah itu sendiri dan bagi masyarakatluas penggunanya
Sekolah sebagai sistem pendidikan adalah sekolah yang memberdayakan seluruh komponen yang ada di dalamnya secara terpadu, satu sama lain saling berkaitanerat dan mendorong kegiatan sekolah untuk mencapai tujuan, antara lain input, proses, output, dan mendorong Sekolah sebagai sistem, artinya semua elemen atau unsure yang ada di sekolah sebagai satu kesatuan yang utuh, tidak terpisahkan satu dengan yang lain, seperti siswa, guru, kepala sekolah, gedung, alat peraga, dan perangkat pembelajaran, dan sebagainya.
Dalam era kemandirian sekolah dan era Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), tugas dan tanggung jawab yang pertama dan yang utama dari para pimpinan sekolah adalah menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi semakin efektif, dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi sekolah itu sendiri dan bagi masyarakatluas penggunanya
Sekolah sebagai sistem pendidikan adalah sekolah yang memberdayakan seluruh komponen yang ada di dalamnya secara terpadu, satu sama lain saling berkaitanerat dan mendorong kegiatan sekolah untuk mencapai tujuan, antara lain input, proses, output, dan outcome.
Sekian dan terimakasih
Apakah sudah dapat di mengerti saudari alifia?
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsallam warahmatullahi wabarakatuhh.
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Baik sesi pertama saya tutup terimakasih kepada teman-teman yang sudah bertanya,izin kelompok kami untuk berdiskusi terlebih dahulu
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Waalaikumsalam
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Bagi teman-teman yg ingin menambah kan jawaban pada sesi satu ini di persilahkan
Baik jika tidak ada ,untuk penanya sesi ke 2 kami buka bagi teman teman yang ingin bertanya kami persilahkan
Nama : Destiana Puanda Ashari
Npm : 2053053021
Izin bertanya moderator, Jelaskan apa yang menjadi landasan dan alasan sistem pendidikan selalu dirubah-rubah ?
Npm : 2053053021
Izin bertanya moderator, Jelaskan apa yang menjadi landasan dan alasan sistem pendidikan selalu dirubah-rubah ?
Terimakasih
Izin menjawab.
Kurikulum indonesia selalu berubah - ubah karena mengikuti adanya perkembangan zaman yang terjadi, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Kurikulum indonesia selalu berubah – ubah karena mengikuti adanya perkembangan zaman yang terjadi, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kurikulum adalah pedoman dasar untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Kurikulum juga dapat di katakan sebagai program atau rancangan pembelajaram yang berisi mengenai materi dan indikator yang harus di lakukan saat pembelajaran, termasuk pencapaian – pencapaian yang harus di lakukan saat pembelajaran.
Kurikulum sebagai kegiatan pembelajaran tidak mungkin tidak mengalami perubahan. Adanya perubahan zaman di iringi perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan adanya perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum merupakan kebijakan yang di tetapkan oleh mentri indonesia.
Sekian dan terimakasih
Kurikulum indonesia selalu berubah - ubah karena mengikuti adanya perkembangan zaman yang terjadi, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Kurikulum indonesia selalu berubah – ubah karena mengikuti adanya perkembangan zaman yang terjadi, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kurikulum adalah pedoman dasar untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Kurikulum juga dapat di katakan sebagai program atau rancangan pembelajaram yang berisi mengenai materi dan indikator yang harus di lakukan saat pembelajaran, termasuk pencapaian – pencapaian yang harus di lakukan saat pembelajaran.
Kurikulum sebagai kegiatan pembelajaran tidak mungkin tidak mengalami perubahan. Adanya perubahan zaman di iringi perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan adanya perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum merupakan kebijakan yang di tetapkan oleh mentri indonesia.
Sekian dan terimakasih
Apakah bisa di mengerti saudari desti?
Izin bertanya moderator
Nama:Shafa Mutiara Maharani
Npm:2053053002
Pertanyaan nya
Jelaskan proses pendidikan sebagai suatu sistem?
Terimakasih
Nama:Shafa Mutiara Maharani
Npm:2053053002
Pertanyaan nya
Jelaskan proses pendidikan sebagai suatu sistem?
Terimakasih
Izin menjawab
Pendidikan adalah usaha untuk memanusiakan manusia, pendidikan bermaksud membantu manusia untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Oleh sebab itu manusia tidak dapat terlepas dari lingkungannya ini lah yang menyebabkan kenapa manusia sangat berkaitan erat dengan lingkungan. Salah satu cara untuk memperoleh gambaran yang lebih mantap tentang pendidikan adalah menggunakan pendekatan sisitem. Tujuan dari pendekatan dsistem dalam pendidikan sendiri ialah untuk memaksimalkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem merupakan suatu totalitas yang terpadu dari semua elemen dan semua kegiatan saling berkaitan satu sama lain secara fungsional agar dapat mencapai tujuan.
Maksud dari pendidikan sebagai suatu sistem adalah pendidikan sendiri terdiri dari elemen-elemen atau unsur-unsur pendididkan yang dalam kegiatannya saling terkait secara fungsional, sehingga merupakan satu kesatuan yang terpadu dan diharapkan dapat mencapai tujuan.
Pendidikan adalah usaha untuk memanusiakan manusia, pendidikan bermaksud membantu manusia untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Oleh sebab itu manusia tidak dapat terlepas dari lingkungannya ini lah yang menyebabkan kenapa manusia sangat berkaitan erat dengan lingkungan. Salah satu cara untuk memperoleh gambaran yang lebih mantap tentang pendidikan adalah menggunakan pendekatan sisitem. Tujuan dari pendekatan dsistem dalam pendidikan sendiri ialah untuk memaksimalkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem merupakan suatu totalitas yang terpadu dari semua elemen dan semua kegiatan saling berkaitan satu sama lain secara fungsional agar dapat mencapai tujuan.
Maksud dari pendidikan sebagai suatu sistem adalah pendidikan sendiri terdiri dari elemen-elemen atau unsur-unsur pendididkan yang dalam kegiatannya saling terkait secara fungsional, sehingga merupakan satu kesatuan yang terpadu dan diharapkan dapat mencapai tujuan.
Apakah bisa di mengerti saudari shafa?
Baik dapat di mengerti moderator, terimakasih atas jawabannya moderator.
Nama : Resti septika
Npm : 2013053061
Izin bertanya moderator
Menurut kelompok kalian apakah sistem pendidikan yang ada di Indonesia sudah maju atau malah tertinggal dari sistem pendidikan di negara - negara lain ?jelaskan
Npm : 2013053061
Izin bertanya moderator
Menurut kelompok kalian apakah sistem pendidikan yang ada di Indonesia sudah maju atau malah tertinggal dari sistem pendidikan di negara - negara lain ?jelaskan
Izin menjawab
Pendidikan adalah salah satu aset paling berharga yang bisa dimiliki seseorang. Dengan memiliki pendidikan yang tinggi, otomatis ilmu yang dimiliki juga akan bertambah luas pula. Alhasil, seseorang dengan pendidikan tinggi akan disegani dan menjadi individu yang banyak dibutuhkan keahliannya.
Di Indonesia sendiri, sistem pendidikan yang masih membutuhkan banyak pembenahan di berbagai aspek. Meski pemerintah telah berusaha sekuat tenaga untuk menyempurnakan sistem pendidikan, tak bisa dipungkiri jika masih terdapat beberapa kelemahan di beberapa sisi.
Agar revisi sistem pendidikan dalam negeri dapat berjalan dengan optimal, dibutuhkan contoh referensi sistemnya dari negara yang lebih maju. Kegiatan membandingkan sistem pendidikan Indonesia dengan negara maju hendaknya dilakukan agar menjadi bahan introspeksi bagian mana yang perlu diperbaiki. Untuk itu, pembahasan mengenai sistem pendidikan Indonesia dan perbandingannya dengan negara maju berikut ini layak untuk disimak bersama.
Mengatasi masalah pendidikan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Adanya ketimpangan pendidikan karena efektivitas serta efisiensi yang kurang masih gampang ditemui. Gaya pengajaran yang kurang kreatif dan hanya menumpukan pendidikan pada sistem hafalan tanpa memahami juga menjadi masalah yang sejak lama belum ditemukan jalan keluar.
Pendidikan adalah salah satu aset paling berharga yang bisa dimiliki seseorang. Dengan memiliki pendidikan yang tinggi, otomatis ilmu yang dimiliki juga akan bertambah luas pula. Alhasil, seseorang dengan pendidikan tinggi akan disegani dan menjadi individu yang banyak dibutuhkan keahliannya.
Di Indonesia sendiri, sistem pendidikan yang masih membutuhkan banyak pembenahan di berbagai aspek. Meski pemerintah telah berusaha sekuat tenaga untuk menyempurnakan sistem pendidikan, tak bisa dipungkiri jika masih terdapat beberapa kelemahan di beberapa sisi.
Agar revisi sistem pendidikan dalam negeri dapat berjalan dengan optimal, dibutuhkan contoh referensi sistemnya dari negara yang lebih maju. Kegiatan membandingkan sistem pendidikan Indonesia dengan negara maju hendaknya dilakukan agar menjadi bahan introspeksi bagian mana yang perlu diperbaiki. Untuk itu, pembahasan mengenai sistem pendidikan Indonesia dan perbandingannya dengan negara maju berikut ini layak untuk disimak bersama.
Mengatasi masalah pendidikan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Adanya ketimpangan pendidikan karena efektivitas serta efisiensi yang kurang masih gampang ditemui. Gaya pengajaran yang kurang kreatif dan hanya menumpukan pendidikan pada sistem hafalan tanpa memahami juga menjadi masalah yang sejak lama belum ditemukan jalan keluar.
Apakah bisa di mengerti saudari resti?
Baik sesi kedua saya tutup terimakasih kepada teman-teman yang sudah bertanya,izinkan kelompok kami untuk berdiskusi terlebih dahulu
Demikian tadi presentasi kelompok kami, mari kita mengucapkan lafaz Hamdallah. Saya sebagai moderator mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya. Akhir kata
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Waalaikumsalam warohmatullohi wabarokatu
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumsalam wr wb
Alhamdulillahirabbilalamin. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih banyak moderator
In reply to Ira nursanti 2053053024
Re: Forum diskusi
Selamat pagi, terimakasih moderator dan kelompok 4
walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr.wb
Terima kasih kelompok 4 atas penyampaian materinya
Terima kasih kelompok 4 atas penyampaian materinya
Alhamdulillah , walaikumsalam wr wb
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumsalam
Assalamualaikum wr.wb
Izin mengumpulkan hasil diskusi kelompok 4 pak.
Terimakasih
walaikumsalam wr.wb terimakasih Ira