bagi yang ingin bertanya dan menjawab pertanyaan rekannya sampaikan di forum diskusi
Assalamu’alaikum Wr.Wb. selamat pagi bapak dosen dan teman-teman lainnya yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.
Adapun topik yang akan kami bahas adalah fungsi fungsi perencanaan .Perkenalkan nama saya Hendrawan Dwi Cahyo yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok saya adalah
Alma afifah
Amanda surya widiyati
Rosaa Ramayanti
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
Sesi pembukaan
Sesi Penyampaian dan penyajian materi
Sesi tanya jawab
Sesi Penutup
langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmallah bersama-sama.
Adapun topik yang akan kami bahas adalah fungsi fungsi perencanaan .Perkenalkan nama saya Hendrawan Dwi Cahyo yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok saya adalah
Alma afifah
Amanda surya widiyati
Rosaa Ramayanti
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
Sesi pembukaan
Sesi Penyampaian dan penyajian materi
Sesi tanya jawab
Sesi Penutup
langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmallah bersama-sama.
Walaikumsalam wr wb
In reply to Hendrawan Dwi Cahyo 2053053038
Re: forum diskusi
Selamat pagi
In reply to Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005
Re: forum diskusi
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Hendrawan Dwi Cahyo 2053053038
Re: forum diskusi
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam.wr.wb
Waalaikumsalam Wr.Wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Selanjutnya adalah sesi tanya jawab
Kesempatan sesi tanya jawab saya buka 2 sesi. Setiap sesi saya buka 3 pertanyaan. Untuk sesi tanya jawab pertama, saya persilahkan bagi yang ingin bertanya.
Kesempatan sesi tanya jawab saya buka 2 sesi. Setiap sesi saya buka 3 pertanyaan. Untuk sesi tanya jawab pertama, saya persilahkan bagi yang ingin bertanya.
Nama : Intan Bestika Putri
NPM : 2053053026
Izin bertanya moderator,
Bagaimana hubungan antara manajemen dengan sumber daya manusia?
NPM : 2053053026
Izin bertanya moderator,
Bagaimana hubungan antara manajemen dengan sumber daya manusia?
Nama: Alma Afifah
NPM: 2053053044
Izin menjawab,
Hubungan antara manajemen dan sumber daya manusia (SDM) atau jika ditanya hubungannya biasa disebut dengan manajemen sumber daya manusia. Jadi, manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan. Selanjutnya, MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) berarti mengatur dan mengurus.
Karenanya, MSDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin dan mengendalikan.
NPM: 2053053044
Izin menjawab,
Hubungan antara manajemen dan sumber daya manusia (SDM) atau jika ditanya hubungannya biasa disebut dengan manajemen sumber daya manusia. Jadi, manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan. Selanjutnya, MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) berarti mengatur dan mengurus.
Karenanya, MSDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin dan mengendalikan.
Terima kasih Alma atas penyampaian jawabannya.
In reply to Alma Afifah 2053053044
Re: forum diskusi
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Intan Bestika Putri.
Secara sederhana, manajemen yang baik akan menciptakan sumber daya manusia yang baik. Dan sebaliknya, sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan manajemen yang baik pula.
Sekian penambahan jawaban dari saya
Terimakasih
NPM: 2053053005
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Intan Bestika Putri.
Secara sederhana, manajemen yang baik akan menciptakan sumber daya manusia yang baik. Dan sebaliknya, sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan manajemen yang baik pula.
Sekian penambahan jawaban dari saya
Terimakasih
Moderator izin bertanya
Sebelumnya perkenalkan saya Rafika Haerani (202110261089)
sudah tertulis dalam makalah bahwa salah satu manfaat dari adanya perencanaan itu untuk menetapkan arah tujuan. Lalu bagaimana jika saat menerapkan program perencanaan tersebut salah satu rencana nya tidak tercapai/terlaksana. Apakah program perencanaan tersebut masih di anggap berhasil?
Sebelumnya perkenalkan saya Rafika Haerani (202110261089)
sudah tertulis dalam makalah bahwa salah satu manfaat dari adanya perencanaan itu untuk menetapkan arah tujuan. Lalu bagaimana jika saat menerapkan program perencanaan tersebut salah satu rencana nya tidak tercapai/terlaksana. Apakah program perencanaan tersebut masih di anggap berhasil?
Izin menjawab
Tidak berhasil atau lebih tepatnya kurang berhasil karena rencana untuk menetapkan arah tujuan harus jelas sederhana dan tidak terlalu sulit, maka dari itu saat melakukan perencanaan arah tujuan harus secara matang jika tidak maka arah tujuan tidak akan berjalan dengan optimal
Tidak berhasil atau lebih tepatnya kurang berhasil karena rencana untuk menetapkan arah tujuan harus jelas sederhana dan tidak terlalu sulit, maka dari itu saat melakukan perencanaan arah tujuan harus secara matang jika tidak maka arah tujuan tidak akan berjalan dengan optimal
Terima kasih hendrawan atas jawaban nya
nama : mukti setiawan
npm: 2053053003 izin bertanya moderator
Menurut kelompok Anda, fungsi manajemen mana yang cocok diterapkan di sekolah menurut pendapat para ahli?
npm: 2053053003 izin bertanya moderator
Menurut kelompok Anda, fungsi manajemen mana yang cocok diterapkan di sekolah menurut pendapat para ahli?
izin menjawab pertanyaan dari saudara mukti setiawan
George Robert Terry adalah tokoh yang dikenal sebagai pelopor istilah fungsi Menejemen itu sendiri, dan Menurut sosok Bapak Ilmu Manajemen ini, semua tindakan yang dilakukan untuk mencapai target dan tujuan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki.
George menyimpulkan fungsi manajemen adalah tentang bagaimana proses perencanaan (perencanaan), pengendalian (pengendalian), dan pengorganisasian (pengorganisasian).
Nah dari kesimpulan menurut bapak tersebut ke4nya bisa di gunakan atau di terapkan untuk Menejemen di sekolah.
1. Perencanaan
Pada dasarnya, perencanaan pendidikan adalah proses pemikiran yang sistematis dan analisis rasional (mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa pelaksananny, mengapa hal itu harus dilakukan, dan kapan suatu kegiatan dilaksanakan?) untuk meningkatkan mutu pendidikan agar lebih efektif dan efisien, sehingga proses pendidikan dapat memenuhi kebutuhan dan kebutuhan masyarakat.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian, pembagian tugas seyogiannya disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian orang yang memegang tugas. Misalnya dalam pendidikan, pembagian tugas guru dalam bidang studi yang diajarkan harus sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikannya. Sebagaimana kita ketahui, “jika suatu pekerjaan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya”. Artinya, suatu pekerjaan yang ditangani oleh orang yang bukan ahlinya di bidang tersebut, pekerjaan tersebut tidak akan sukses seperti yang diinginkan.
3. Pengarahan
Pengarahan ditujukan untuk mengarahkan agar bawahan menjadi pegawai yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang memadai, serta dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Pada dasarnya pengarahan dengan motivasi, komunikasi, dinamika kelompok, dan kepemimpinan.
4. Pengawasan
Pengawasan sangat diperlukan untuk melihat dan sejauh mana hasil yang telah tercapai. pengawasan juga bisa diartikan atau disamakan dengan “pengendalian”, yang diperlukan untuk memastikan bahwa suatu aktivitas atau kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
baik terimakasih
George Robert Terry adalah tokoh yang dikenal sebagai pelopor istilah fungsi Menejemen itu sendiri, dan Menurut sosok Bapak Ilmu Manajemen ini, semua tindakan yang dilakukan untuk mencapai target dan tujuan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki.
George menyimpulkan fungsi manajemen adalah tentang bagaimana proses perencanaan (perencanaan), pengendalian (pengendalian), dan pengorganisasian (pengorganisasian).
Nah dari kesimpulan menurut bapak tersebut ke4nya bisa di gunakan atau di terapkan untuk Menejemen di sekolah.
1. Perencanaan
Pada dasarnya, perencanaan pendidikan adalah proses pemikiran yang sistematis dan analisis rasional (mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa pelaksananny, mengapa hal itu harus dilakukan, dan kapan suatu kegiatan dilaksanakan?) untuk meningkatkan mutu pendidikan agar lebih efektif dan efisien, sehingga proses pendidikan dapat memenuhi kebutuhan dan kebutuhan masyarakat.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian, pembagian tugas seyogiannya disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian orang yang memegang tugas. Misalnya dalam pendidikan, pembagian tugas guru dalam bidang studi yang diajarkan harus sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikannya. Sebagaimana kita ketahui, “jika suatu pekerjaan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya”. Artinya, suatu pekerjaan yang ditangani oleh orang yang bukan ahlinya di bidang tersebut, pekerjaan tersebut tidak akan sukses seperti yang diinginkan.
3. Pengarahan
Pengarahan ditujukan untuk mengarahkan agar bawahan menjadi pegawai yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang memadai, serta dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Pada dasarnya pengarahan dengan motivasi, komunikasi, dinamika kelompok, dan kepemimpinan.
4. Pengawasan
Pengawasan sangat diperlukan untuk melihat dan sejauh mana hasil yang telah tercapai. pengawasan juga bisa diartikan atau disamakan dengan “pengendalian”, yang diperlukan untuk memastikan bahwa suatu aktivitas atau kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
baik terimakasih
walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumussalam wr wb
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam
Bissmillahirohmanirohim
Bissmillahirohmanirohim
Baik sesi pertama saya tutup,izin kami untuk berdiskusi terlebih dahulu
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumsalam wr.wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu
Bagi teman-teman yang ingin menambahkan atau menyanggah saya persilahkan
In reply to Hendrawan Dwi Cahyo 2053053038
Re: forum diskusi
selamat pagi
Baik untuk penanya sesi ke 2 kami buka bagi teman teman yang ingin bertanya kami persilahkan
Izin bertanya
Nama : reni dwi yulianti
Npm : 2053053013
Agar controliing bisa berjalan dengan baik salah satu caranya dengan Follow up (tindak lanjut), apabila menemukan kesalahan, seharusnya pemimpin mencari solusi atas permasalahan itu, dengan memberi peringatan pada pekerja yang dengan sengaja atau tidak sengaja berbuat kesalahan, dan memberikan petunjuk supaya kesalahan yang sama tak terulang lagi. Maka peringatan berupa apa yang cocok untuk diberikan kepada pekerja?
Nama : reni dwi yulianti
Npm : 2053053013
Agar controliing bisa berjalan dengan baik salah satu caranya dengan Follow up (tindak lanjut), apabila menemukan kesalahan, seharusnya pemimpin mencari solusi atas permasalahan itu, dengan memberi peringatan pada pekerja yang dengan sengaja atau tidak sengaja berbuat kesalahan, dan memberikan petunjuk supaya kesalahan yang sama tak terulang lagi. Maka peringatan berupa apa yang cocok untuk diberikan kepada pekerja?
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020
Izin menjawab atas pertanyaan saudari Reni dwi yulianti moderator
Pemimpin harus melakukan pengawasan yang lebih baik lagi dan lebih ketat terhadap pegawai agar memungkinkan pegawai dapat bekerja lebih baik, demikian halnya dengan penerapan disiplin terhadap pegawai tentunya dapat membentuk pribadi pegawai yang bertanggung jawab sehingga pekerjaan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.
Peringatan yang cocok untuk diberikan kepada pekerja yaitu perlu adanya tindak lanjut yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat agar memberikan efek jera terhadap pegawai yang melakukan kesalahan yang fatal, efek jera tersebut bukan hanya semata diberikan untuk para pegawai yang bersalah saja tetapi juga untuk peringatan kepada pegawai yang lainnya agar lebih berhati-hati ketika bekerja
NPM : 2053053020
Izin menjawab atas pertanyaan saudari Reni dwi yulianti moderator
Pemimpin harus melakukan pengawasan yang lebih baik lagi dan lebih ketat terhadap pegawai agar memungkinkan pegawai dapat bekerja lebih baik, demikian halnya dengan penerapan disiplin terhadap pegawai tentunya dapat membentuk pribadi pegawai yang bertanggung jawab sehingga pekerjaan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.
Peringatan yang cocok untuk diberikan kepada pekerja yaitu perlu adanya tindak lanjut yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat agar memberikan efek jera terhadap pegawai yang melakukan kesalahan yang fatal, efek jera tersebut bukan hanya semata diberikan untuk para pegawai yang bersalah saja tetapi juga untuk peringatan kepada pegawai yang lainnya agar lebih berhati-hati ketika bekerja
Izin bertanya moderator, sebelumnya kenalkan saya Nur Meitiana Zalianti dengan NPM 2053053027.
Pertanyaan saya, Coba kalian jelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing proses perencanaan tersebut! Terimakasih
Pertanyaan saya, Coba kalian jelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing proses perencanaan tersebut! Terimakasih
izin menjawab pertanyaan dari saudari Nur Meitiana Zalianti
Keuntungan dan Kelemahan Proses Perencanaan
Menurut Siagian 2007 perencanaan pada dasarnya merupakan pengambilan keputusan sekarang tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa depan yang mempunyai keuntungan dan kelemahan.
Keuntungan dan Kelemahan Proses Perencanaan
Menurut Siagian 2007 perencanaan pada dasarnya merupakan pengambilan keputusan sekarang tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa depan yang mempunyai keuntungan dan kelemahan.
Dengan perencanaan yang baik akan diperoleh keuntungan sebagai berikut:
1. Perencanaan akan menyebabkan berbagai macam aktivitas organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dan dapat dilakukan secara teratur.
2. Perencanaan akan mengurangi atau menghilangkan jenis pekerjaan yang tidak produktif.
3. Perencanaan dapat dipakai untuk mengukur hasil kegiatan yang telah dicapai karena dalam perencanaan ditetapkan berbagai standard.
4. Perencanaan memberikan suatu landasan pokok fungsi manajemen lainnya, terutama untuk fungsi pengawasan.
Sebaliknya, perencanaan juga memiliki kelemahan yaitu:
Sebaliknya, perencanaan juga memiliki kelemahan yaitu:
1. Perencanaan mempunyai keterbatasan mengukur informasi dan fakta-fakta di masa yang akan datang dengan tepat. Universitas Sumatera Utara
2. Perencanaan yang baik memerlukan sejumlah dana.
3. Perencanaan mempunyai hambatan psikologis bagi pimpinan dan staf karena harus menunggu dan melihat hasil yang akan dicapai.
4. Perencanaan menghambat timbulnya inisiatif. Gagasan baru untuk mengadakan perubahan harus ditunda sampai tahap perencanaan berikutnya.
5. Perencanaan juga menghambat tindakan baru yang harus diambil oleh staff Muninjaya, 2004.
baik terimakasih
baik terimakasih
Nama : Regita tri astuti
Npm : 2053053016
Izin bertanya moderator
Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur segala hal. Bagaimana cara anda dalam memanajemen atau mengatur peserta didik dalam suatu kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan?
Terimakasih
Npm : 2053053016
Izin bertanya moderator
Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur segala hal. Bagaimana cara anda dalam memanajemen atau mengatur peserta didik dalam suatu kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan?
Terimakasih
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020
Izin menjawab moderator
Dapat diartikan bahwa manajemen kelas menunjukkan sebagai bentuk pola tingkah laku yang kompleks dari tenaga pengajar dalam hal ini guru sebagai upaya mewujudkan proses pengajaran dan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan secara efektif dan efisien. cara dalam memanajemen atau mengatur peserta didik dalam suatu kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan yaitu sebagai berikut.
1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman
2. Merangkum Pokok Pembelajaran
3. Belajar Bersama
Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.
4. Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu
Metode ini digunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.
5. Belajar dengan Praktik
Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.
6. Tetapkan aturan dengan tegas namun 'bersahabat'
Saat ada siswa melakukan pelanggaran, kita harus tegas dalam memberikan konsekuensi, sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Alangkah lebih baik bila aturan dibuat bersama siswa sejak awal tahun ajaran.
7. Pastikan siswa tetap fokus
Beberapa siswa mungkin tidak fokus dengan materi yang kita berikan. Ada banyak sebab mengapa siswa bisa tidak fokus pada pelajaran, bisa karena ngantuk, bosan, capek, dan sebab lainnya. Beberapa cara yang bisa kita praktekkan adalah dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dengan cara menunjuk siswa (terutama yang terlihat kurang fokus), mengajak siswa melakukan ice breaking, dan kejutan-kejutan menarik lainnya.
8. Serius tapi santai
Mulailah mengajar dengan serius. Bila sudah berhasil menggiring siswa dalam suasana demikian, atur irama pembelajaran menjadi santai kemudian serius lagi, dan begitu seterusnya. Kalau serius melulu siswa akan ngantuk atau bosan mengikuti pelajaran. Makanya perlu juga pembelajaran diselingi dengan homor dan intermezo sebagai penyegaran bagi siswa. Ada kalanya kita mengajak siswa untuk serius dalam memperhatikan dan mengikuti pelajaran, namun tidak ada salahnya juga bila kita mengajak siswa untuk tertawa dengan humor-humor segar.
9. Jangan biarkan ada waktu tersisa yang kosong
Ada kalanya saat kita usai mengajarkan semua materi pelajaran, kita masih memiliki sisa waktu antara 5 hingga 10 menit. Sebagai pendidik yang baik, kita tidak boleh membiarkan anak-anak “menganggur” di sisa waktu. Di waktu siswa tersebut, kita bisa memberikan pengayaan, mengajak anak nonton film pendek yang berhubungan dengan pelajaran, memberikan tanya jawab, memberikan soal latihan, dan aktivitas lainnya.
10. Bersemangat sejak awal pembelajaran
NPM : 2053053020
Izin menjawab moderator
Dapat diartikan bahwa manajemen kelas menunjukkan sebagai bentuk pola tingkah laku yang kompleks dari tenaga pengajar dalam hal ini guru sebagai upaya mewujudkan proses pengajaran dan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan secara efektif dan efisien. cara dalam memanajemen atau mengatur peserta didik dalam suatu kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan yaitu sebagai berikut.
1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman
2. Merangkum Pokok Pembelajaran
3. Belajar Bersama
Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.
4. Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu
Metode ini digunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.
5. Belajar dengan Praktik
Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.
6. Tetapkan aturan dengan tegas namun 'bersahabat'
Saat ada siswa melakukan pelanggaran, kita harus tegas dalam memberikan konsekuensi, sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Alangkah lebih baik bila aturan dibuat bersama siswa sejak awal tahun ajaran.
7. Pastikan siswa tetap fokus
Beberapa siswa mungkin tidak fokus dengan materi yang kita berikan. Ada banyak sebab mengapa siswa bisa tidak fokus pada pelajaran, bisa karena ngantuk, bosan, capek, dan sebab lainnya. Beberapa cara yang bisa kita praktekkan adalah dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dengan cara menunjuk siswa (terutama yang terlihat kurang fokus), mengajak siswa melakukan ice breaking, dan kejutan-kejutan menarik lainnya.
8. Serius tapi santai
Mulailah mengajar dengan serius. Bila sudah berhasil menggiring siswa dalam suasana demikian, atur irama pembelajaran menjadi santai kemudian serius lagi, dan begitu seterusnya. Kalau serius melulu siswa akan ngantuk atau bosan mengikuti pelajaran. Makanya perlu juga pembelajaran diselingi dengan homor dan intermezo sebagai penyegaran bagi siswa. Ada kalanya kita mengajak siswa untuk serius dalam memperhatikan dan mengikuti pelajaran, namun tidak ada salahnya juga bila kita mengajak siswa untuk tertawa dengan humor-humor segar.
9. Jangan biarkan ada waktu tersisa yang kosong
Ada kalanya saat kita usai mengajarkan semua materi pelajaran, kita masih memiliki sisa waktu antara 5 hingga 10 menit. Sebagai pendidik yang baik, kita tidak boleh membiarkan anak-anak “menganggur” di sisa waktu. Di waktu siswa tersebut, kita bisa memberikan pengayaan, mengajak anak nonton film pendek yang berhubungan dengan pelajaran, memberikan tanya jawab, memberikan soal latihan, dan aktivitas lainnya.
10. Bersemangat sejak awal pembelajaran
Izin menambahkan jawaban dari regita tri astuti :
Cara saya mengatur atau memanajemen suatu kelas supaya tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan yaitu :
1. Mengatur dan memastikan suasana kelas harus kondusif dan terarah
2. Memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dianggap paling tepat dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran
3. Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4. Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh pendidik dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya
Cara saya mengatur atau memanajemen suatu kelas supaya tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan yaitu :
1. Mengatur dan memastikan suasana kelas harus kondusif dan terarah
2. Memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dianggap paling tepat dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran
3. Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4. Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh pendidik dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya
Baik sesi kedua saya tutup, izinkan kami untuk berdiskusi terlebih dahulu
Demikian tadi presentasi kelompok kami, mari kita mengucapkan Alhamdulillah. Saya sebagai moderator mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
In reply to Hendrawan Dwi Cahyo 2053053038
Re: forum diskusi
Selamat pagi
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
waalaikumsalam
Alhamdulillah..
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr.wb
waalaikumsalam wr wb
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Hendrawan Dwi Cahyo 2053053038
Re: forum diskusi
alhamdulillahirabbilalamin. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah...
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr.wb
Alhamdulillah...
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh