Diskusi

Submit

Submit

Sugiana, M. Pd. གིས-
Number of replies: 28

 Silahkan berikan tanggapan teman-teman mahasiswa disini, terkait dengan topik diskusi di atas.

In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Septri Wijiyanti 2013054035 གིས-
Assalamualaikum bu saya Septri Wijiyanti NPM 2013054035 Izin menjawab
1. Cara mengoptimalkan kecerdasan logis matematis (logical Mathematical).
Kita bisa mengenalkan pertama kali pemahaman konsep matematika sejak usia dini dari lingkungan sekitar kita dan pengalaman sehari-hari anak serta memberikan stimulasi yang mendukung. Tentu saja hal ini dilakukan tanpa paksaan dan tekanan, dan melalui permainan-permainan. Banyak permainan eksplorasi yang bisa mengasah kemampuan logika matematika anak, namun tentu hal ini harus disesuaikan dengan usia anak. Saat anak bermain pasir, anak sesungguhnya sedang menghidupkan otot tangannya yang melatih motorik halusnya sehingga kelak anak mampu memegang pensil, menggambar dan lain-lain. Dengan bermain pasir anak sesungguhnya belajar estimasi dengan menuang atau menakar yang kelak semua itu ada dalam matematika. Selain itu Ketika kita mengenalkan angka pada anak jangan hanya sebagai simbol, misalnya kita mempunyai dua jeruk, sediakan dua buah jeruk. Sehingga anak paham tentang konsep angka dan bilangan. Lagu juga bisa menjadi media untuk memperkenalkan berbagai tema tentang angka. Seperti lagu balonku ada lima. Atau kita bisa berkreasi menciptakan lagu sederhana sendiri sambil memperagakan jari kita sebagai alat untuk menghitung, sehingga secara perlahan anak mudah menangkap konsep abstrak dalam bilangan.

2. Evaluasi kecerdasan yang dominan pada diri sendiri
Setelah saya evaluasi, diri saya lebih dominan terhadap kecerdasan musical. Kecerdasan musical memiliki ciri-ciri seperti
tertarik dengan alunan musik,
senang bersenandung,
dapat membuat lirik lagu sendiri,
mampu menghafal lagu,
mampu mengenali tinggi dan rendahnya nada,
mampu mengenali nada yang tidak tepat,
mampu mengobservasi lagu secara keseluruhan,
selalu mendengarkan musik
Setelah saya amatai kembali cirri-ciri tersebut memanglah ada pada diri saya.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Rista Fitria Rahmawati 2013054033 གིས-
Pertanyaan :
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.

Jawaban :
1. Cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini, yaitu dapat dilakukan melalui :
a. Jika anak memiliki kecerdasan verbal-linguistik, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara memberi anak kesempatan berbicara, menyediakan banyak buku-buku, rekaman, serta menciptakan peluang mereka untuk menulis, menyediakan peralatan membuat tulisan, tape recorder, mesin ketik, keyboard, untuk mereka belajar mengidentifikasi huruf dalam kata-kata.
b. Jika anak memiliki kecerdasan logis-matematis, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara menyediakan alat-alat bermain konstruktif, puaskan rasa ingin tahu anak, dan beri kesempatan anak untuk bertanya, menduga, dan mengujinya.
c. Jika anak memiliki kecerdasan visual-spasial, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi warna, coretan, arah, bentuk, dan ruang.
d. Jika anak memiliki kecerdasan musikal, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara memfasilitasi anak agar dapat berekspresi secara musikal melalui salam berirama, deklamasi, menyanyi bersama, tepuk bernada, dan, bila mungkin, orkestra kaleng bekas, dan latihan membedakan bunyi dan suara di sekitarnya.
e. Jika anak memiliki kecerdasan musikal, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara memberi anak tugas-tugas motorik halus, seperti menggunting, melipat, menjahit, menempel, merajut, menyambung, mengecat, dan menulis, serta motorik kasar, seperti berlari, melompat, berguling, meniti titian, berjalan satu kaki, senam irama, merayap, dan lari jarak pendek.
f. Jika anak memiliki kecerdasan interpersonal, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara memberi anak tugas-tugas menarik yang harus diselesaikan anak secara berpasangan dan berkelompok.
g. Jika anak memiliki kecerdasan naturalis, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara membawa anak-anak ke alam terbuka, menyediakan materi-materi yang tepat untuk mempertimbangkan kecerdasan naturalis, seperti membiasakan menyiram tanaman, menciptakan permainan yang berkaitan dengan unsur-unsur alam, seperti membandingkan berbagai bentuk daun dan bunga, mengamati perbedaan tekstur pasir, tanah, dan kerikil, mengoleksi biji-bijian, dan menirukan karakteristik binatang tertentu.
h. Jika anak memiliki kecerdasan intrapersonal, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara memberi anak tugas yang harus dikerjakan sendiri, dipercaya untuk berkreasi dan mencari solusi, dan didorong untuk mandiri dengan disertai sikap positif dalam menilai setiap perbedaan individu, seperti pujian yang tulus, sikap tidak mencela, dukungan yang positif, menghargai pilihan anak, serta kemauan mendengarkan cerita dan ide-ide anak.
i. Jika anak memiliki kecerdasan eksistensial, kita dapat mengoptimalkan kecerdasannya dengan cara menanggapi setiap pernyataan, pertanyaan, dan kritik anak perihal hakikat dan makna kegiatan, situasi, peristiwa, impian, perilaku yang teramati/terasakan oleh anak dengan jawaban yang baik dan jelas sesuai kapasitas anak serta merangsang kemampuan anak untuk belajar menangkap makna berbagai hal yang dilihat, dialami, dan dirasakannya.

2. Evaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri saya sendiri, yaitu menurut saya, saya memiliki kecerdasan yang dominan, yang meliputi:
1. Kecerdasan verbal linguistik, hal ini karena saya menyukai dan mampu berdiskusi serta mengikuti debat suatu masalah, belajar bahasa asing, bermain “game” bahasa, membaca dengan pemahaman tinggi, dan mudah mengingat ucapan orang lain;
2. Kecerdasan logis-matematis, hal ini karena saya menyukai dan efektif dalam hal menghitung dan menganalisis hitungan, menemukan fungsi-fungsi dan hubungan, memperkirakan, memprediksi, bereksperimen, mencari jalan keluar yang logis, menemukan adanya pola, mengorganisasikan/membuat garis besar, membuat langkah-langkah, bermain permainan yang perlu strategi, berpikir abstrak dan menggunakan simbol abstrak;
3. Selanjutnya, saya juga dominan dalam kecerdasan visual spasial, hal ini karena saya menyukai dan mampu dalam hal arsitektur, bangunan, dekorasi, apresiasi seni, desain, atau denah. Saya juga menyukai dan efektif dalam membuat dan membaca chart, peta, koordinasi warna, membuat bentuk, patung dan desain tiga dimensi lainnya, menciptakan dan menginterpretasi grafik, desain interior, serta dapat membayangkan secara detil benda-benda, pandai dalam navigasi, dan menentukan arah. Suka melukis, membuat sketsa, bermain game ruang, berpikir dalam image atau bentuk, serta memindahkan bentuk dalam angan-angan;
4. Saya juga memiliki kecerdasan interpersonal, hal ini karena saya cenderung menyukai dan efektif dalam hal mengasuh dan mendidik orang lain, berkomunikasi, berinteraksi, berempati dan bersimpati, memimpin dan mengorganisasikan kelompok, berteman, menghormati pendapat dan hak orang lain, melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, sensitif atau peka pada minat dan motif orang lain, dan handal bekerja sama dalam tim;
5. Dan yang terakhir, saya juga memiliki kecerdasan intrapersonal, hal ini karena saya cenderung menyukai dan mampu mengontrol perasaan, mengembangkan keyakinan dan opini yang berbeda, menyukai waktu untuk menyendiri, berpikir, dan merenung, selalu melakukan introspeksi, mengetahui dan mengelola minat dan perasaan, mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, pandai memotivasi diri, mematok tujuan diri yang realistis, dan memahami.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Mutiara Stefania 2013054026 གིས-
Assalamualaikum wr wb saya mutiara stefania npm 2013054026 izin menjawab diskusi
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
jawaban;
Bacakan Buku untuk Anak
Mulailah membacakan buku untuknya bahkan meski mereka tidak mengerti kata-katanya. Dengan cara ini memberinya awal yang baik dalam mengembangkan keterampilan berbahasa. Anak-anak yang mulai membaca sejak kecil lebih mungkin mengembangkan minat baca seumur hidup serta menangkap pelajaran dengan baik di sekolah. Membaca buku adalah salah satu aktivitas penting yang dapat membuat anak-anak pintar.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
jawaban:
menurut saya salah satu kecerdasan yang bisa saya rasakan ketika sudah membaca materi terse but adalah kecerdasan interpersonal karena berdasarkan yang saya pahami melekat di diri saya. Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak adalah kepekaan terhadap perasaan teman sebaya, kemampuan mengorganisasi teman sebaya, kemampuan memotivasi dan mendorong orang lain, keramahan sikap dan kemampuan bersosialisi, kecenderungan bekerja sama dengan orang lain dan berbagi, kemampuan menengahi konflik.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Mutiarahmadisya salsabillah p 2013054048 གིས-
Assalamualaikum wr.wb, bu. Saya Mutiarahmadisya Salsabillah P NPM 2013054048 izin menjawab pertanyaan, bu.
1. Menurut pendapat saya, pengoptimalan salah satu kecerdasan pada anak usia dini dapat dilakukan dengan memberikan dukungan dan motivasi. Dukungan bisa berupa fasilitas dan lingkungan yang mendukung perkembangan kecerdasan anak. Sedangkan, motivasi bisa berupa apresiasi atas pencapaian anak ataupun pemberian semangat agar anak lebih giat berlatih untuk mengembangkan kecerdasannya.
2. Berdasarkan hasil evaluasi diri, saya memiliki kecerdasan intra-personal dan linguistik yang lebih dominan, bu. Kecerdasan intra-personal yang lebih dominan dapat di lihat dari saya yang mengerti apa yang saya inginkan, apa kelebihan dan kekurangan saya serta apa tujuan dan motivasi saya di masa yang akan datang. Sedangkan, kecerdasan linguistik dapat dilihat dari kegemaran saya di bidang sastra dan kepenulisan.
Demikian jawaban saya bu, terima kasih bu…
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Aisyah Nissa Izzati Putri 2013054042 གིས-
Assalamualaikum bu. Selamat siang, saya Aisyah Nissa Izzati Putri NPM 2013054042. Izin menjawab pertanyaan diskusi
1. cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini. Disini saya memilih kecerdasan naturalist dengan cara menstimulasi kecerdasan anak, caranya yaitu:
-Biarkan anak bermain peran bersama teman sebayanya.
-Pelihara hewan atau tanaman di rumah.
-Ajak anak berwisata ke kebun binatang.
-Ajak anak buat kegiatan kemah literasi.
-Biarkan atau minta anak menggambar pemandangan.
-Mengumpulkan daun-daunan kemudian menjadikannya karya seni.
-Berguling atau berbaring di rerumputan hijau dan mencium aromanya. Selain baik untuk paru-paru, anak akan belajar bahwa beristirahat adalah waktu yang penting dan berharga.
-Mengumpulkan kerang saat berada di pantai.
-Belajar membuat api unggun.
-Mengumpulkan sampah di taman.
2. Setelah saya mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri saya. Didapatkan bahwa saya memiliki beberapa kecerdasan yaitu kecerdasan naturalist alasannya karena saya menyukai hewan seperti kucing, saya suka dengan alam dan suka merawat tanaman, loghical-mathematical karena saya menyukai hal-hal yang bergelung dengan angka dan saya suka berfikir secara kritis, interpersonal alasannya karena saya suka mendengarkan cerita dari orang lain dan merasakan apa yang sedang orang tersebut alami serta saya juga suka memberi motivasi kepada orang lain, linguistic alasannya karena saya suka berbicara didepan umum untuk menyampaikan pemikiran saya dan menjadi pemimpin, intrapersonal alasannya karena saya dapat mengetahui apa yang saya sendiri inginkan dan saya juga ingin keinginan saya tersebut tercapai dengan usaha saya sendiri dan terakhir saya juga memiliki sifat kecerdasan spatial alasannya karena saya suka merancang hal-hal baru seperti mendekorasi kamar, merangkau puzzle dan lain-lain. Sekian bu jawaban dari saya, terimakasih. Wassalamualaikum
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Dian rahma Putri 2013054036 གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Dian Rahma Putri NPM 2013054036 izin menjawab pertanyaan diskusi tersebut bu.

1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
Jawab: Menurut Howard Gardner kecerdasan dalam multiple intelligences ada 9 macam. Dan setiap kecerdasan memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengoptimalkan kecerdasannya. Kecerdasan naturalis merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini dan cara mengoptimalkannya yaitu dengan cara:
1. Membawa anak-anak ke alam terbuka,
2. Menyediakan materi-materi yang tepat untuk mempertimbangkan kecerdasan naturalis, seperti membiasakan menyiram tanaman, menciptakan permainan yang berkaitan dengan unsur-unsur alam, seperti membandingkan berbagai bentuk daun dan bunga, mengamati perbedaan tekstur pasir, tanah, dan kerikil, mengoleksi biji-bijian, dan menirukan karakteristik binatang
tertentu.
3. Buku-buku dan VCD yang memuat seluk-beluk hewan, alam, dan tumbuhan dengan gambar-gambar yang bagus dan menarik perlu di pajang di depan anak.
4. Dan kecerdasan naturalis dapat dioptimalkan dengan melakukan kegiatan investigasi, eksperimen, menemukan elemen, fenomena alam, pola cuaca, kondisi yang mengubah karakteristik sebuah benda, misalnya es mencair ketika terkena panas matahari.

2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Jawab:
Setalah saya mengevaluasi terkait dengan kecerdasan dominan yang ada pada diri sendiri bahwa dapat disimpulkan yaitu diri saya memiliki tipe kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan verbal-linguistik. Saya mengetahui kecerdasan dominan yang saya miliki yaitu dari melihat cara diri saya belajar selama ini. Dan selama ini cara belajar saya menunjukan bahwa kecerdasan dominan yang saya miliki menunjuk ke tipe kecerdasan tersebut.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Vina Lestari 2013054031 གིས-
Assalamualaikum, saya vina lestari NPM 2013054031 Izin menjawab diskusi
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.

Mengembangkan kecerdasandan kreativitas Menyadari akan arti pentingnya orang tua bagi pengembangan kecerdasan dan kreativitas anak, maka sangat dianjurkan kepada setiap orang tua untuk meluangkan waktu secara teratur bagi putra-putrinya untuk mengembangkan kemampuan bahasa misalnya, biasakan agar orang tua rajin menjalin percakapan dengan si kecil. Ajaklah berdialog dan berilah kesempatan kepada anak untuk mengemukakan pendapatnya, sedangkan untuk mengembangkan kemampuan dasar matematika anak dapat diperkenalkan konsep matematika secara sederhana, misalnya menghitung jumlah anak tangga. Sementara untuk memuaskan kebutuhan ilmiahnya, anak bisa diajak menjelajahi dunianya dengan cara melakukan eksperimen, misalnya mengamati tumbuhnya kecambah, proses telur yang menetas dan sebagainya. Kaitkan semua kegiatan diatas sebagai suatu aktivitas yang menyenangkan dan selalu ditunggu oleh anak. Ini adalah hal-hal yang merangsang pengembangan kecerdasan anak. Banyak dijumpai anak-anak yang memiliki kecerdasan dan kreativitas luar biasa adalah anak-anak yang memiliki hubungan emosional yang dekat dengan orang tuanya. Orang tua John Irving misalnya, menghabiskan waktu berjam-jam bermain dan terlibat secara intelektual bersama John setiap hari, sehingga akhirnya ia menjadi penuis ternama. Begitu pula orang tua Steven Spielberg, tak jemu-jemunya berdialog dan melayani aneka pertanyaan serta rasa ingin tahu Steven, sehingga akhirnya ia menjadi sutradara film terkenal. Tak terkecuali orang tua Thomas Alva Edison memegang peranan penting bagi perkembangannya sehingga ia menjadi seorang penemu ulung. Rumah yang menunjang kreativitas adalah rumah dimana anak dan orang dewasa yang berada didalamnya terlibat dalam kebiasan kreatif. Aktivitas mendongeng atau membacakan cerita sangat bersemangat untuk merangsang kecerdasan maupun kreativitas anak. Melalui dongeng, anak juga dapat diajak berkomunikasi serta mencoba untuk melontarkan suatu gagasan terhadap pemecahan suatu masalah. Dan melalui dialog batin si kecil dengan dongeng-dongeng yang didengarnya itu, tanpa sadar mereka telah menyerap beberapa sifat positif, sperti keberanian, kejujuran, kehormatan diri, memiliki cita-cita, menyayangi binatang, membedakan hal-hal yang baik dan yang buruk, dan seterusnya. Mengembangkan kecerdasan emosional.


2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.

Kecerdasan Interpersonal
Karena Profesi guru merupakan profesi yang menuntut beberapa kompetensi, seperti kompetensi profesional, pedagogi, sosial, dan kepribadian. Jika dikaitkan dengan delapan aspek kecerdasan ganda menurut Howard Gardner, yaitu kecerdasan linguistik, logika matematika, visual, spasial, musik, interpersonal, intrapersonal dan kecerdasan naturalis, maka kecerdasan interpersonal menjadi kemampuan yang mutlak dibutuhkan oleh saya sebagai calon guru untuk menjalankan profesinya. Sebab, kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan yang berhubungan langsung dengan kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial guru dan mutlak dimiliki oleh semua guru. Objek profesi guru adalah manusia dan proses sosial, sehingga menjadi tidak mungkin jika seorang guru yang ingin sukses mengajar dan mendidik tetapi tidak memiliki kecerdasan interpersonal atau kecerdasan sosial. untuk itulah, kecerdasan interpersonal menjadi sesuatu yang urgen dimiliki oleh setiap guru yang ingin sukses dalam profesi mulianya ini.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Annisa Oktafricili Yanti 2013054029 གིས-
Izin menjawab bu saya Annisa Oktafricili Yanti NPM 2013054029.
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
Jawab : Optimalisasi perkembangan kecerdasan pada anak usia dini melalui upaya pembelajaran yang diberikan pada anak perlu disesuaikan dengan taraf dan tugas perkembangannya karena semua anak memang tidak dapat disamakan karena masing-masing mempunyai sifat pembawaan sendiri-sendiri (ciri khas dan keunikan). Namun demikian, tidak semua pendidikan untuk anak dapat diterapkan secara mutlak. Namun paling tidak, sifat-sifat dan kebiasaan anak-anak secara umum banyak kesamaannya tersebut, Sekolah yang baik adalah baik menurut anak bukan baik menurut iklan. Misalnya saat mendaftarkan sekolah, anak diberi kesempatan untuk melihat dan mencoba, jika memang anak merasa ”sreg” nyaman barulah orang tua mendaftarkan anak sekolah. Meskipun kenyataannya banyak orang tua memilih sekolah hanya karena keinginan orang tua yang mendasarkan pada prestise, padahal harapan yang ingin diwujudkan dengan bersekolah adalah agar tugas perkembangan dalam setiap fase dapat dilaksanakan dengan optimal oleh si anak.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, Silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Jawab : Menurut evaluasi pada kecerdasan diri secara dominan saya senang mendengarkan musik dengan cara mampu menghafal lagu, mampu mengenali tinggi dan rendahnya nada dan saya juga suka mendengarkan cerita dari orang lain dan merasakan apa yang sedang orang tersebut alami serta saya juga suka memberi motivasi kepada orang lain. Terima kasih bu
In reply to Annisa Oktafricili Yanti 2013054029

Re: Submit

Ria Juliana གིས-
No 2
2. Menurut saya pribadi, terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing masing, dari beberapa jenis kecerdasan saya lebih mengarah pada Kecerdasan Kinestik. Karena
Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek. Seseorang yang optimal dalam kecerdasan ini cenderung dan menyukai dan efektif dalam hal mengekspresikan dalam mimikatau gaya, atletik, dan menari dan menata tari,kuat dan terampil dalam motorik halus, koordinasi tangan dan mata,motorik kasar dan saya tahan. Mereka juga mudah belajar dengan melakukan, mudah memanipulasikan benda-benda(dengan tangannya), membuat gerak-gerik yang anggun, dan pandai menggunakan bahasa tubuh. Informasi mengenai kecerdasan kinestetik pada anak-anak sangat mudah diperoleh.
Dan saya sendiri merasakan hal tersebut, saya sendiri menyadari bahwa saya adalah tipikal orang yang pendiam dan tidak banyak berbicara, tetapi saya bisa mengekspresikan diri saya melalui gerakan gerakan misalnya gerakan tari. Pada saat saya melakukan gerak gerakan tersebut terlebih lagi di iringi oleh alunan musik yang berirama saya merasa lebih nyaman dan merasakan ketenangan.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Befri Rahikmah 2013054049 གིས-
Assalamu'alaikum Bu, saya Befri Rahikmah (2013054049) izin menjawab diskusi di atas Bu.
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
Jawabannya :
Berikut 6 tips komunikasi efektif yang perlu diajarkan orang tua ke anak untuk mengoptimalkan kecerdasan interpersonal:
1. Tumbuhkan karakter yang baik dalam berkomunikasi.
2. Perhatikan etika dalam berkomunikasi.
3. Melakukan komunikasi tidak hanya satu arah, tetapi juga dua arah.
4. Jangan hanya ajarkan anak bicara, tapi juga tumbuhkan kemampuan mendengar saat berkomunikasi dengan orang lain ya.
5. Hindari hambatan komunikasi dengan memunculkan rasa untuk memahami dan berempati.
6. Eratkan emosi si Kecil dengan memberikan kata-kata motivasi, ide, gagasan, atau pemikiran yang positif.
7. Ajarkan anak mengenali hambatan komunikasi dan cara mengatasinya.
Dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal, orang tua bisa mengenalkan beragam aktivitas seru. Misalnya bermain peran atau kegiatan olahraga bersama teman. Anak-anak perlu berinteraksi dengan orang lain, serta merasakan pengalaman secara langsung.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Jawaban :
Setelah saya mengevaluasi diri saya sendiri, ternyata kecerdasan yg mendominan diri saya adalah Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Eksistensial. Dimana saya cenderung menyukai & efektif dalam hal mengasuh dan mendidik orang lain, berkomunikasi, berinteraksi, berempati dan bersimpati, memimpin & mengorganisasikan kelompok, berteman, menyelesaikan dan menjadi mediator konflik, menghormati pendapat dan hak orang lain, melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, sensitif atau peka pada minat dan motif orang lain, dan handal bekerja sama dalam tim. Dan juga saya cenderung mempertanyakan hakikat kehidupan, mencari inti dari setiap permasalahan, merenungkan berbagai hal atau peristiwa yang dialami, memikirkan hikmah atau makna di balik peristiwa atau masalah, dan mengkaji ulang setiap pendapat dan pemikiran.
Terima kasih Bu.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Wiwit Salindri གིས-
Saya Wiwit Salindri NPM 2013054027, izin menjawab Bu,
1. Cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini yaitu dengan menstimulasi nya, contohnya seperti pada kecerdasan musical dengan mendengarkan lagu, memberinya petunjuk akan nada2 lagu juga bisa mensuport nya ketika bernyanyi dan lain lain.
2. Evaluasi pada diri saya kecerdasan yang dominan pada diri saya yaitu kecerdasan musical dimana saya mampu untuk bernyanyi, senang mendengarkan lagu dan bersemangat ketika mengikuti suatu acara misalnya ketika ada acara Hadroh saya ikut serta dan lain lain.
Selain itu kelebihan saya yaitu interpersonal skill, dimana saya mampu menjalin hubungan atau berkomunikasi dengan seseorang baik yang sudah saya kenal maupun belum dalam situasi apapun dan dimanapun. Misalnya ketika di kendaraan umum saya mampu mencairkan suasana dengan mengajak ngobrol teman sebangku atau yang dekat dengan saya.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Putri ristamarin 2053054009 གིས-
Assalamualaikum ibu saya Putri ristamarin 2053054009 izin menjawab

1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.

Jawaban :
1. kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan untuk menggunakan separuh atau sebagian tubuh seperti tangan, jari, lengan untuk menyelesaikan masalah, membuat sesuatu, atau menghasilkan produk. Contoh yang tampak untuk diamati adalah aktivitas seorang olahragawan atau dalam pertunjukan menari atau berakting.
kecerdasan kinestetik adalah kemampuan berpikir dengan menggunakan tubuhnya, yang ditunjukkan dengan ketangkasan tubuh untuk memahami perintah otak. Hal ini mengarah pada sejumlah kemampuan fisik yang lebih spesifik, seperti kemampuan koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan serta kemampuan menerima rangsang.
Anak yang memiliki kelebihan dalam kecerdasan kinestetik biasanya cukup aktif, hampir tidak bisa berdiam diri dan merasa bosan jika harus duduk dalam waktu yang lama. Mereka lebih menyukai pembelajaran yang melibatkan fisik, seperti olahraga, menari atau keterampilan.

2. kecerdasan yang dominan pada diri saya setelah saya mengevaluasi diri ada dua
1. saya memiliki kecerdasan intrapersonal, karena saya mampu mengontrol perasaan, mengembangkan keyakinan dan opini yang berbeda, menyukai waktu untuk menyendiri, merenung, mengetahui dan mengelola minat dan perasaan, mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, mematok tujuan diri yang realistis, dan memahami.
2. Dan juga saya dominan terhadap kecerdasan musical. Kecerdasan musical sebagai contoh saya menyukai music,hambir setiap hari bernyanyi dan mendengarkan lagu.

In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Ria Juliana གིས-
Assalamualaikum bu, saya Ria Juliana NPM 2053054008 izin menjawab,
1. Stimulasi Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Akademis Anak
Sejak dini, Si Kecil harus dibantu untuk mengoptimalkan kecerdasan terutama akademisnya. Berikut adalah beberapa stimulasi yang dapat mencerdaskan anak:
1) Bacakan Buku untuk Anak
Mulailah membacakan buku untuknya bahkan meski mereka tidak mengerti kata-katanya. Dengan cara ini memberinya awal yang baik dalam mengembangkan keterampilan berbahasa. Anak-anak yang mulai membaca sejak kecil lebih mungkin mengembangkan minat baca seumur hidup serta menangkap pelajaran dengan baik di sekolah. Membaca buku adalah salah satu aktivitas penting yang dapat membuat anak-anak pintar.
2) Bicaralah dengan Anak
Mengajak Si Kecil berbicara dapat mengembangkan kemampuan bahasa yang kuat. Tak hanya itu, dengarkan anak ketika sedang berbicara. Hal ini dapat memperkuat usahanya untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuannya untuk berbahasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang melakukan lebih banyak percakapan di rumah memiliki aktivitas otak dan sikap verbal yang lebih besar. Ajukan pertanyaan dan tunggu tanggapan daripada melakukan narasi satu arah. Dengan anak yang lebih kecil, Kita dapat bertukar pikiran dan bermain ekspresi.
3) Berolahraga
Latihan fisik tidak hanya membuat anak Kita menjadi kuat, tetapi juga membuat anak mereka pintar. Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak dan membangun sel-sel otak baru. Olahraga baik untuk ketajaman mental orang dewasa, tetapi pada anak memiliki efek yang lebih tahan lama pada otak yang masih berkembang.
4) Dekatkan dengan Musik
Jadikan musik sebagai bagian dari kehidupan anak. Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan memori, perhatian, motivasi, dan pembelajaran. Musik juga dapat menurunkan stres yang merusak otak anak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa otak anak-anak berkembang lebih cepat dengan pelatihan musik.
5) Batasi Tontonan TV
Membiarkan anak terlalu banyak menonton TV membuatnya tidak melakukan kegiatan yang lebih penting bagi otaknya yang sedang berkembang, seperti bermain, bersosialisasi, dan membaca buku.
6) Biarkan Mereka Mengambil Risiko
Anak-anak yang tidak mengambil risiko ataupun mengalami rasa sakit seperti jatuh dari sepeda akan lebih memiliki harga diri yang rendah. Jangan membantu mereka anak-anak terlalu cepat. Biarkan mereka memecahkan masalah sendiri sehingga mereka belajar dari pengalaman.
7) Memberi Makanan Bernutrisi
Memberikan makanan yang tepat untuk anak sangat penting untuk membuatnya pintar. Memberi Si Kecil nutrisi yang tepat harus dimulai saat sedang hamil. Untuk anak yang lebih besar, berikan makanan yang kaya protein seperti telur, ikan, daging. Makanan ini dapat meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan pemikirannya. Karbohidrat memberi otak anak energi yang digunakan dalam berpikir. Asupan terbaik adalah yang berasal dari gandum utuh dan buah-buahan. Ingatlah bahwa karbohidrat olahan dan gula memiliki efek buruk pada kemampuan fokus dan tingkat aktivitas.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Theodora Armi Pramesti གིས-
Selamat siang saya Theodora Armi Pramesti NPM 2053054007
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki AUD?
• Menggapai setiap pertanyaan, pernyataan, dan kritik anak perihal hakikat dan makna kegiatan, situasi, peristiwa, impian, dan perilaku.
• Bacakan Buku untuk Anak
Dengan cara ini memberinya awal yang baik dalam mengembangkan keterampilan berbahasa.
• Bicaralah dengan Anak
Hal ini dapat memperkuat usahanya untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuannya untuk berbahasa.
• Dekatkan dengan Musik
Mendengarkan musik dapat meningkatkan memori, perhatian, motivasi, dan pembelajaran.
• Memberi Makanan Bernutrisi
Memberikan makanan yang kaya protein seperti telur, ikan, daging. Makanan ini dapat meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan pemikirannya.
2. Mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing.
• Kecerdasan linguistik dapat dengan mudah mengolah kata atau bisa digambarkan sebagai seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan ataupun tulisan. Umumnya, mereka memiliki pengetahuan yang luas dalam kosakata.
• Kecerdasan logis-matematis adalah kemampuan memecahkan masalah yang terstruktur menggunakan daya nalar logika, analisa berdasarkan fakta, serta perhitungan angka.
• Kecerdasan Visual-Spasial adalah segala sesuatu kecerdasan berdasarkan gambaran visual yang diproyeksikan dalam pikiran. Bila ada anak didik yang memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi, menggambar, yang umumnya sangat memperhatikan pola warna, jarak, volume, dan bentuk objek
• Kecerdasan di Bidang Musik adalah kemampuan dibidang musik, baik dari segi pendengaran, penghayatan lagu hingga kemampuan untuk memainkan alat music
• Kecerdasan naturalis adalah kemampuan yang dapat menggolongkan flora, fauna, dan berbagai lingkungan sekitar dengan baik sehingga dapat disebut sebagai kemampuan alam.
• Kecerdasan Jasmani adalah kecerdasan yang lebih cenderung berorientasi pada kemampuan fisik yang kuat dan sangat menyukai pelajaran olahraga dan hal-hal yang menantang adrenalin.
• Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan untuk memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Keunggulan seseorang yang sudah mengenal diri sendiri adalah bisa tumbuh menjadi anak yang dapat bijak dan mengontrol emosi dengan baik.
• Kecerdasan interpersonal mampu memahami diri perasaan dan emosi orang lain dengan begitu baik. Biasanya, anak yang sering dijadikan tempat curhat ataupun suka membantu temannya yang dalam kesulitan memiliki kecerdasan intrapersonal yang baik.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Tita Mardalina 2013054032 གིས-
Assalamu’alaikum ibu, izin menjawab pertanyan saya Tita Mardalina NPM: 2013054032.
1. Menurut saya cara untuk mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak yaitu,
- Memberikan permainan yang cocok dan dapat mengembangkan kecerdasan anak misalnya anak memiliki kecerdasan visual spasial salah satu permainan yang cocok mengembangkan kecerdasan anak dengan permainan Tamgrams atau mencocokkan bentuk permainan sederhana ini adalah alat yang sederhana namun menyenangkan. Dengan permainan sederhana ini, anak bisa diajarkan kesabaran dan pemecahan masalah. Permainan ini biasa terdiri atas berbagai bentuk seperti kotak, persegi panjang atau persegi serta potongan dengan berbagai bentuk. Potongan kecil-kecil tadi harus ditempatkan dalam kotak sehingga seluruh bentuk bisa terisi dengan potongan kecil. Anak akan banyak belajar seputar bentuk dan warna.
-Memberikan dukungan atau motivasi dan membiarkan anak bebas meng eksplorasi hal-hal yang disukainya namun tetap dalam pengawasan orangtua seperti mengajak anak naik gunung untuk mengenalkan tumbuhan dan hewan yang belum pernah dilihat. Selain itu membiarkan anak bermain dengan teman sebayanya juga dapat mengembangkan kecerdasan anak untuk bersosialisasi atau berkomunikasi.
2. Evaluasi kecerdasan pada diri sendiri,
Setelah saya mengevaluasi dari hal yang saya sukai saya melihat bahwa diri saya dominan dengan kecerdasan naturalis, itu dikarenakan saya menyukai traveling atau petualangan ke tempat-tempat yang dekat dengan alam seperti pergi rekreasi ke air terjun dan saya juga menyukai dan mengamati hal-hal tentang bentuk, warna, bau, nama tumbuhan nama-nama atau jenis hewan yang belum atau baru pertama kali saya lihat.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Sunyi Sabila 2013054040 གིས-
Assalamu'alaikum...saya Sunyi Sabila Npm 2013054040 izin menjawab.
1. Salah satu cara mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki anak usia dini yaitu dengan cara mengasah kecerdasan anak. setiap anak dilahirkan cerdas dengan membawa potensi dan keunikan masing-masing yang memungkinkan mereka untuk menjadi cerdas. Howard Gardner dalam bukunya Multiple Intelligences, menyatakan terdapat delapan kecerdasan pada manusia yaitu: kecerdasan linguistik/verbal/bahasa, kecerdasan matematis logis, kecerdasan visual/ruang/spasial, kecerdasan musikal/ritmis, kecerdasan kinestetik jasmani, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Tugas orangtua dan pendidik lah mempertahankan sifat-sifat yang menjadi dasar kecerdasan anak agar bertahan sampai tumbuh dewasa, dengan memberikan faktor lingkungan dan stimulasi yang baik untuk merangsang dan mengoptimalkan fungsi otak dan kecerdasan anak.
Ex:
1. Kecerdasan Linguistik : lebih sering diajak berkomunikasi , memberikan kesempatan berbicara, mengajarkan membaca dan menyediakan buku-buku serta belajar mengidentifikasi huruf dalam kata-kata ini supaya bisa meningkatkan kecerdasan nya.
2. Kecerdasan logis matematis : cenderung lebih suka kepekaan dalam hal logis menyukai analisis hitung, memprediksi, mengira, pendidik supaya lebih mendorong mendukung anak dengan menyediakan alat-alat konstruktif, memberikan anak kesempatan bertanya, menduga , mengujinya.
3. Kecerdasan visual spasial : cenderung memiliki kepekaan terhadap dunia visual seperti lebih kearah seni , mengapresiasi seni, desain, dekorasi, membayangkan sesuatu, menciptakan ide secara visual spasial. Pendidik supaya lebih mendukung dengan cara menyediakan fasilitas yang baik dan membiarkan anak bereksplorasi dengan sendirinya.
4. Kecerdasan musikal : lebih cenderung memiliki kemampuan menciptakan dan mengapresiasi irama, nada. Seseorang yang bisa mengoptimalkan dalam hal ini efektif mengarang melodi dan lirik , bernyanyi , lebih peka terhadap menangkap nada-nada. Pendidik dapat mengoptimalkan dengan cara latihan mendengar bunyi dan suara di sekitarnya.
5. Kecerdasan kinestetik : lebih cenderung memiliki kemampuan mengontrol gerak tubuh. Seseorang yang optimal dalam hal ini dapat mengekspresikan dalam hal mimik gaya, atletik, menari dan menata tarian. Pastinya anak yang lebih suka terhadap ini membutuhkan kesempatan untuk bergerak menguasai gerakan. Dan diberi tugas motorik halus seperti menggunting , menulis dan motorik kasar seperti berlari, melompat , senam irama. Dan tentunya mereka perlu akses seperti kelapangan bermain, lapangan rintangan, ruang olahraga dan selalu dalam pengawasan orang tua.
6. Kecerdasan interpersonal : lebih cenderung memiliki kemampuan mencerna dan merespon sesuai suasana hati, memotivasi. Seseorang yang optimal dalam hal ini mempunyai empati dan simpati yang tinggi terhadap seseorang.
7. Kecerdasan Naturalis : cenderung memiliki kemampuan ahli membedakan anggota-anggota satu spesies efektif menyukai tumbuhan,hewan, mengeksplorasi flora fauna memahami ketergantungan terhadap lingkungan. Anak-anak yang dengan kecerdasan naturalis tinggi cenderung tidak takut memegang serangga dan berada didekat binatang (indra-supit 2003). Tentunya pendidik yang cerdas dapat membawa anak-anak didik mereka ke alam terbuka.
8. Kecerdasan interpersonal : lebih cenderung memiliki kemampuan memahami perasaan diri sendiri. Seseorang yang optimal dalam kecerdasan ini efektif mengembangkan kemampuan dan keyakinan yang berbeda menyukai waktu menyendiri, mengetahui kelemahan kelebihan sendiri.
9. Kecerdasan Eksistensial : lebih cenderung memiliki kemampuan berpikir yang hakiki. Seseorang yang optimal dalam hal ini cenderung berani menyatakan keyakinan dan memperjuangkan kebenaran memiliki kemampuan merasakan , memimpikan, dan merencanakan hal besar. Oleh karena itu , anak-anak yang memiliki kemampuan eksistensial belum mempunyai penyaring kebudayaan seperti orang dewasa, mereka selalu dapat menerima rahasia kehidupan dan secara terus-menerus mengajukan pertanyaan besar yang sulit dijawab oleh orang dewasa disekitarnya (Armstrong, 2002)

2. Untuk Evaluasi diri saya lebih dominan Otak kanan.
Otak kanan dinilai lebih baik untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas. Orang yang dominan menggunakan otak kanan digambarkan lebih menyukai dalam hal-hal, seperti: seni, musik, imajinasi.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Alfina Damayanti གིས-
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
Jika dari kecerdasan musikal ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya diantara lain: memberi motivasi kepada anak untuk belajar suatu alat musik, mengajak anak untuk menciptakan musik sendiri, serta juga bisa mengajak anak untuk menikmati suatu pertunjukan musik.


2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Setelah saya evaluasi, diri saya lebih dominan ke kecerdasan logis matematis. logis matematis adalah kemampuan dalam menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, mengolah alur pikiran yang panjang dan mencerna pola-pola logis atau numeris dengan benar. Didalam kehidupan sehari hari saya lebih suka berhitung, lebih menyukai permainan strategi dan matematis, saat bekerja saya harus melihat gambaran besarnya terlebih dahulu sebelum melakukan.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Adinda recta trisila 2013054045 གིས-
assalamualaikum bu saya Adinda Recta Trisila npm 2013054045 izin menjawab
1. Cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini, yaitu dapat dilakukan dengan:
• Mengajak anak bercocok tanam atau memelihara hewan
• Membiarkan anak mencoret-coret dinding
• Memberikan alat musik yang sederhana
• Mengajak pergi wisata ke kebun binatang atau taman
• Mengajarkan cara bergambar
• Mengumpulkan barang bekas untuk membuat suatu seni
• Mengajarkan cara berhitung melalui benda disekitarnya
• Membiarkan anak bergaul dengan teman – teman sebayanya di dekat rumahnya

2. Evaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri saya sendiri yaitu setelah saya evaluasi ada berbagai seperti
• Saya dominan kecerdasan interpersonal karena saya sangat menyukai berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang-orang disekitar dan saya mampu mengontrol perasaan saya dan merenung atau berpikir berbagai hal kejadian yang saya alami
• Dan juga dominan kecerdasan musical karena saya senang sekali menyanyikan dan mendengaran berbagai lagu di setiap harinya dan mampu menghafal lagu dengan sangat cepat dan terkadang saya suka menciptakan lirik dan nada lagu sendiri
• Selain itu saya dominan mendengarkan cerita orang lain dan memberikan berbagai solusi agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan karena terkadang saya merasakan apa yang sedang orang lain rasakan
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Syadita tria risarani 2053054006 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,saya Syadita Tria Risarani NPM 2053054006. Izin menjawab pertanyaan
1.Cara mengoptimalkan kecerdasan pada anak usia dini yaitu di sini saya ambil kecerdasan kinestetik dimana untuk mengoptimalkan kecerdasan yaitu:
a.mendukung anak terus aktif[Anak yang memiliki kecerdasan kinestetik bukan berarti ia hiperaktif,namun memang senang bergerak sehingga perlu stimulasi yang tepat agar dapat berkembang. Salah satu caranya adalah dengan terus mendukung anak tetap aktif,bukan malah menghalangi atau menyuruh anak diam.Sebagai orang tua bisa mengarahkan anak dalam kegiatan positif contohnya menari,menggambar dll]
b.Melibatkan Anak untuk Membantu Pekerjaan Rumah Tangga[karena dengan kegiatan ini kecerdasan kinetik perlu menyentuh dan bergerak untuk belajar,melakukan langsung kegiatan rumah tangga bisa jadi salah satu stimulus baik bagi perkembangannya.
c.Mengajari Anak Calistung dengan Melibatkan Gerak Tubuh[karena di sini anak lebih senang bergerak orang tua bisa mengajak anak untuk membaca,menulis atau mengitung sambil melibatkan gerak tubuh agar anak lebih menerima informasi yang diinginkan]
d.Mempersiapkan Fasilitas atau Alat untuk Mendukung Proses Belajar[karena anak lebih suka bergerak di sarankan orang tua untuk mempersiapkan alat yang dapat mendukung proses belajarnya misalnya saja jika anak ingin bermain sepak bola maka sebagai orang tua berikan fasilitas seperti bola,contoh lain jika anak gemar menggambar maka berika fasilitas ke anak berupa krayon,pensil,penghapus dll sebagai alat untuk menggambar.

2.Kecerdasan yang paling berdominan terhadap diri saya yaitu kecerdasan interpersonal,kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan seseorang untuk menilai dan memahami kebutuhan orang lain.Mengapa karena jika ada orang yang sedang kesulitan dalam bekerja maka saya sebagai orang yang ada di sekitar dia ingin membantu dari membantu tenaga,uang hingga membantunya untuk dia pulang jika dia pada saat itu tersesat,kemudian saya juga orangnya jika pada saat itu saya dan orang tersebut sedang kesulitan,tetapi jika kesulitan saya dengan kesulitan dia lebih berat kesulitan dia maka saya lebih mendahulukan menolong dia baru menolong diri saya sendiri.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Rafika Yuda Prasasti 2053054010 གིས-
Assalammualaikum bu saya Rafika Yuda Prasasti NPM 2053054010 Izin menjawab pertanyaan
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
jawab:
1).untuk mengoptimalkan kecerdasan interpersonal:
1. Tumbuhkan karakter yang baik dalam berkomunikasi.
2. Perhatikan etika dalam berkomunikasi.
3. Melakukan komunikasi tidak hanya satu arah, tetapi juga dua arah.
4. Jangan hanya ajarkan anak bicara, tapi juga tumbuhkan kemampuan mendengar saat berkomunikasi dengan orang lain ya.
5. Hindari hambatan komunikasi dengan memunculkan rasa untuk memahami dan berempati.
6. Eratkan emosi si Kecil dengan memberikan kata-kata motivasi, ide, gagasan, atau pemikiran yang positif.
7. Ajarkan anak mengenali hambatan komunikasi dan cara mengatasinya

2). 1. Kecerdasan Linguistik/Verbal
Kecerdasan ini merupakan suatu kemampuan untuk menggunakan kata-kata
secara efektif, baik lisan ataupun tulisan. Pada kecerdasan ini termasuk kemampuan
untuk memanipulasi sintaks atau struktur bahasa, fonologi atau bunyi dalam bahasa,
semantik atau pemaknaan bahasa, dan dimensi pragmatik atau penggunaan secara
praktis bahasa.
2. Kecerdasan Logika-Matematika
Kemampuan menggunakan bilangan secara efektif dan tinggi dalam
berargumentasi. Dalam kecerdasan ini termasuk kepekaan terhadap pola-pola logis
dan hubungan-hubungannya, pernyataan dan proporsi. Jenis proses yang digunakan
dalam pemecahan logika matematika termasuk : kategorisasi, klasifikasi, inferensi,
generalisasi kalkulasi dan tes hipotesis.
3. Kecerdasan Spasial
Kemampuan untuk mempersepsikan dunia visual spasial secara tepat dan
kemampuan mentransformasikan pada persepsi-persepsi demikian. Kecerdasan ini
melibatkan kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ukuran, luas dan hubunganhubungan yang ada pada unsur itu.
4. Kecerdasan Kinestetik (bodily –kinestetic)
Kemampuan dalam menggunakan keseluruhan potensi tubuh untuk
mengekspresikan ide-ide dan perasaan. Memiliki kemampuan untuk menggunakan
tangan untuk memproduksikan atau mentransformasikan hal/benda. Dalam hal ini,
termasuk keterampilan khusus seperti koordinasi, keseimbangan, kekuatan,
fleksibilitas, dan kecepatan.
5. Kecerdasan Musikal
Kemampuan mempersepsikan, membedakan dan mengekspresikan bentuk -
bentuk musik. Kecerdasan ini melibatkan kepekaan terhadap ritme, melodi, dan
bunyi musik lainnya dari sesuatu ciptaan musik. Termasuk dalam kecerdasan ini
adalah memiliki kemampuan pemahaman musik, baik pemahaman dari atas ke
bawah atau sebaliknya ataupun kedua-duanya (global ataupun intuitif, ataupun
dalam analitik dan teknikal).
6. Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan mempersepsikan dan membedakan dalam modus, maksud
tertentu, motivasi dan perasaan dari orang lain. Di dalam kecerdasan ini termasuk
kepekaan ekspresi muka, suara dan gerak-gerik. Memiliki kemampuan untuk
membedakan hal-hal dari banyak jenis tanda-tanda interpersonal.
7. Kecerdasan Intrapersonal
Berpengetahuan sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif atas
dasar pengetahuan sendiri. Dalam kecerdasan ini termasuk memiliki gembaran
akurat tentang diri sendiri (kekuatan sendiri dan keterbatasan sendiri). Kesadaran
tentang perasaan dalam diri sendiri , intensi, motivasi, temperamen dan keinginankeinginan, dan kemampuan untuk disiplin diri sendiri, pemahaman sendiri dan
percaya diri.
8. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan ini berkaitan dengan seluruh yang terdapat di alam dunia ini.
Kecerdasan ini sangat sensitif untuk disimulasikan dengan semua aspek alam,
mencakup bertanam, binatang, cuaca, dan gambaran fisik dari bumi. Di dalamnya
mencakup keterampilan mengenali berbagai kategori dan varitas dari binatang,
serangga, tanaman dan bunga.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Opin 2013054034 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Opin npm 2013054034 izin menjawab Bu
1. Cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini:
Salah satunya yaitu kecerdasan interpersonal yang meliputi kemampuan berhubungan baik dengan orang lain, memahami perasaan orang lain, dan menikmati keberadaan di tengah-tengah kelompok. adapun cara mengembangkannya agar optimal adalah dengan mengajak anak beraktivitas bersama orang-orang baru mendorongnya untuk berinteraksi dengan orang lain serta mengikutsertakan anak dalam bakti sosial dan pemberian bantuan untuk orang lain.
2. Evaluasi kecerdasan terhadap diri masing-masing
Setelah saya evaluasi, diri saya ternyata lebih dominan terhadap kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan aspek internal diri sendiri, seperti perasaan hidup, rentang emosi, kemampuan membedakan ragam emosi, menandainya dan menggunakan untuk memahami dan membimbing tingkah laku sendiri orang, yang dengan kecerdasan interpersonal mampu mendeteksi dan merespon sebuah suasana hati atau mood motivasi dan keinginan seseorang. Setelah saya evaluasi ternyata saya dominan di kecerdasan intrapersonal
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Salsabilla madinah 2013054037 གིས-
assalamualaikum bu saya salsabilla amdinah npm 2013054037 izin menjawab
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
jawab: Untuk anak usia dini yang masih dalam perkembangan kognitif pra operasional maka membutuhkan bantuan lingkungan untuk menstimulasi dan memberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Agar seluruh potensi yang telah dimiliki manusia dapat berkembang secara optimal, maka
dibutuhkan upaya-upaya dari lingkungan eksternal serta semangat dari faktor internal (dengan memahami kelebihan dan kelemahan) untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan tuntutan sosial. Sehingga menjadi manusia yang berkembang sempurna untuk menghadapi kompetisi pada fase berikutnya (remaja, dewasa, tua, dan lansia).
Karena kesuksesan perkembangan di usia dini akan menentukan kesuksesan perkembangan selanjutnya.

2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
jawab :
a. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan ritmik-musikal adalah kemampuan seseorang untuk menyimpan nada di dalam benaknya, untuk mengingat irama, dan secara emosional terpengaruh oleh musik. Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.
Ciri-ciri: yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai salah satu alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, gemar bekerja sambil bernyanyi.

b.Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan yang menyangkut kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri dan bertanggungjawab atas kehidupannya sendiri. Ciri-cirinya: sering menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri, mempunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak dibagikan atau diungkapkan kepada orang lain, mengenal emosi diri sendiri dan orang lain, serta mampu menyalurkan pikiran dan perasaan.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Septi Dwi Krisnawati 2013054038 གིས-
Selamat siang Bu, saya Septi Dwi Krisnawati NPM 2013054038 izin menyampaikan kesimpulan/pendapat saya mengenai topik diskusi tersebut.
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
Jawab :
Cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yaitu verbal-linguistik:
1) Mengajak anak ke toko buku;
2) Beri kesempatan berbicara;
3) Sediakan
banyak buku-buku, rekaman, serta menciptakan peluang mereka untuk
menulis;
4) Menyediakan peralatan membuat tulisan, tape recorder, mesin ketik,
keyboard, untuk belajar mengidentifikasi huruf dalam kata-kata;
5) Memperkaya kosakata;
6) Meningkatkan pemahaman membaca;
7) Melatih variasi penggunaan intonasi dalam berbagai konteks berbeda;
8) Meningkatkan kemampuan mendengarkan dan membaca;
9) Meningkatkan kemampuan untuk menyusun dan mengedit kata dalam proses menulis maupun berpikir;
10) Melakukan wawancara juga bisa menjadi aktivitas sederhana lain yang bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan verbal linguistik anak.


2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Jawab:
Setelah saya evaluasi ada 3 kecerdasan yang dominan dalam pribadi saya antara lain;
1. Kecerdasan verba-linguistik
Saya dominan di kecerdasan verbal linguistik karena :
- Cenderung menyukai dan efektif dalam hal berkomunikasi lisan dan tulisan
mengarang cerita;
- Diskusi dan mengikuti debat suatu masalah;
- Belajar bahasa
asing dan bermain “game” bahasa;
- Membaca dengan pemahaman tinggi;
- Mudah mengingat ucapan orang lain;
- Tidak mudah salah tulis atau salah eja;
- Pandai membuat lelucon;
- Pandai membuat puisi;
- Tepat dalam tata bahasa
- Kaya kosa kata, dan menulis secara jelas.

2. Kecerdasan Kinestetik
Saya juga dominan di kecerdasan Kinestetik karena :
- Cenderung menyukai dan efektif dalam hal mengekspresikan dalam mimik
atau gaya;
- Atletik;
- Pandai menari dan menata tari;
- Kuat dan terampil dalam motorik
halus, koordinasi tangan dan mata, motorik kasar dan daya tahan;
- Mudah belajar dengan melakukan, mudah memanipulasikan benda-benda (dengan tangannya);
- Membuat gerak-gerik yang anggun, dan pandai menggunakan bahasa tubuh.

3. Kecerdasan Interpersonal
Saya juga dominan memiliki kecerdasan interpersonal karena:
- Cenderung menyukai dan
efektif dalam hal mengasuh dan mendidik orang lain;
- Berkomunikasi, berinteraksi, berempati dan bersimpati;
- Memimpin dan mengorganisasikan
kelompok, berteman;
- Menyelesaikan dan menjadi mediator konflik,
- Menghormati pendapat dan hak orang lain, melihat sesuatu dari berbagai

Sekian kesimpulan/pendapat yang bisa saya sampaikan. Terima kasih Bu...
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Lamtiurma adelina br.Sianturi གིས-
1. a.kecerdasan linguistik verbal dapat dioptimalkan dengan cara menyimak cerita, membaca buku, bercakap-cakap, bercerita, bermain peran, bermain teka-teki dan bermain kartu huruf. semua kegiatan tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap buku, pengenalan baca tulis, kemampuan berbicara, dan pengembangan kosakata.
b. kecerdasan logika matematika dapat dioptimalkan dengan cara, memberikan berbagai permainan yang berhubungan dengan angka dan berhitung. salah satu permainan dapat mengembangkan kemampuan anak untuk berpikir divergen mandiri dan memupuk kreativitas anak adalah permainan brainstorming sebab akibat (anak diminta pendapatnya tentang suatu hal mengenai sebab dan akibat).
c. kecerdasan visual spasial ditandai dengan kepekaan mempersepsi dunia spasial-visual atau hal hal yang berhubungan dengan ruang dan bentuk. dapat dioptimalkan dengan berlatih membuat denah atau peta secara sederhana.
d. kecerdasan musikal dapat dioptimalkan dengan cara anak sering menyanyi, bersenandung, bersiul dan dapat mengikuti irama lagu dengan menghentakan kaki dan gerakan tubuhnya.
e. kecerdasan bodykinestetik dapat dioptimalkan dengan cara, dengan bermain memasangkan kancing baju.
f. kecerdasan interpersonal ditandai dengan kemampuan memahami dan merespon dengan tepat. pengoptimalan nya dengan cara membuat kelompok bermain dan dibagikan untuk ketua dan anggota.
g. kecerdasan intrapersonal. kegiatan bermain cermin dan berbicara sendiri. tujuannya agar dapat mengenali siapa dirinya sendiri dan apa saja kekurangan dan kelebihan dirinya.
h. kecerdasan naturalis. kegiatan bermain di alam, media yang digunakan yang ada di lingkungan sekitar.

2. kecerdasan yang dominan pada diri sendiri yaitu kecerdasan intrapersonal, yaitu orang yang memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi serta pengetahuan dan kelemahannya sendiri.cenderung menyukai efektif dalam hal berfantasi atau bermimpi. mereka juga mampu mengontrol perasaan, menyukai waktu untuk menyendiri, berpikir dan merenung, serta pandai memotivasi diri sendiri. mereka adalah individu yang mandiri.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

RIVA ADELA 2013054046 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu, Saya Riva Adela NPM 2013054046 izin menjawab pertanyaan
1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini?
Adapaun cara mengoptimalkan kecerdasan verbal-linguistik yaitu antara lain :
a) Mengajarkan anak berbicara dengan benar saat anak masih berusia di bawah satu tahun, yaitu contohnya mengatakan kata ‘susu’ bukan ‘cucu’.
b) Sering mengajak anak berkomunikasi atau berbicara contohnya mengenalkan nama benda sebanyak mungkin secara berulang-ulang
c) Sering memberikan pertanyaan pada anak
d) Dengan mendengarkan lagu atau bernyanyi dengan lagu kesukannya.
e) Menciptkan peluang mereka untuk berbicara yaitu dengan memberikan kesempatan pada anak menjadi pemandu perjalanan keluarga dan meminta dia untuk menjelaskan tempat-tempat yang didatangi atau ajak anak berbicara mengenai kegiatan hariannya tentang teman dan sekolah.
f) Mengajak anak-anak ke toko buku dan menyediakan banyak buku dirumah
g) Sering membacakan certita berulang-ulang pada anak seperti membacakan cerita dari buku dongeng, atau menggunkanan ilustrasi gambar dari buku.
h) Bercerita dengan menggunakan suatu media alat seperti boneka atau papan beralas flannel.
i) Menyuruh anak untuk membacakan cerita dengan lantang hal ini akan membantu mengasah kemampuan verbal-linguistiknya seperti meningkatkan pemahaman membaca dapat meningkatkan kemampuannya untuk menyusun dan mengedit kata dalam proses menulis maupun berpikir.
j) Mengajak anak bermain peran
k) Menciptakan peluang untuk anak menulis contohnya menyediakan peralatan tulisnya.

2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan!
Setelah saya melalukakan pengamatan mengenai kecererdasan majemuk, ternyata kecerdasan yang dominan pada diri saya yaitu
a) kecerdasan logika-matematika karena saya suka menghitung dan menganalisis hitungan, menemukan fungsi-fungsi dan hubungan, memperkirakan, memprediksi, bereksperimen, mencari jalan keluar yang logis, menemukan adanya pola, induksi dan deduksi, mengorganisasikan/membuat garis besar, membuat langkah-langkah, bermain permainan yang perlu strategi, berpikir abstrak dan menggunakan simbol abstrak.
b) kecerdasan musikal karena bernyanyi kecil, menyanyi dan bersiul.
c) kecerdasan interpersonal menyukai dan efektif dalam hal mengekspresikan dalam mimik atau gaya, atletik, menari dan menata tari; kuat dan terampil dalam motorik halus, koordinasi tangan dan mata, motorik kasar dan daya tahan.
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Oppy Anggun Pratiwi 2013054051 གིས-
Assalamualaikum Bu, saya Oppy Anggun Pratiwi NPM 2013054051 izin menjawab pertanyaan,

1. Bagaimana cara mengoptimalkan salah satu kecerdasan yang dimiliki anak usia dini.
Jawab : Dalam mengoptimalkan kecerdasan interpersonal ini, orang tua perlu mengajarkan anak komunikasi yang baik. Ada 6 tips atau cara komunikasi efektif yang perlu diajarkan orang tua ke anak untuk mengoptimalkan kecerdasan interpersonalnya, yaitu :
1. Tumbuhkan karakter yang baik dalam berkomunikasi.
2. Perhatikan etika dalam berkomunikasi.
3. Melakukan komunikasi tidak hanya satu arah, tetapi juga dua arah.
4. Jangan hanya ajarkan anak bicara, tapi juga tumbuhkan kemampuan mendengar saat berkomunikasi dengan orang lain ya.
5. Hindari hambatan komunikasi dengan memunculkan rasa untuk memahami dan berempati.
6. Eratkan emosi si Kecil dengan memberikan kata-kata motivasi, ide, gagasan, atau pemikiran yang positif.
7. Ajarkan anak mengenali hambatan komunikasi dan cara mengatasinya.
Dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal, orang tua bisa mengenalkan beragam aktivitas seru. Misalnya bermain peran atau kegiatan olahraga bersama teman. Anak-anak perlu berinteraksi dengan orang lain, serta merasakan pengalaman secara langsung.

2. Berdasarkan materi yang telah disampaikan, silahkan masing-masing mahasiswa untuk mengevaluasi diri terkait dengan kecerdasan yang dominan pada diri masing-masing. Diperbolehkan lebih dari satu kecerdasan.
Jawab : Setelah saya membaca materi yg diberikan, saya dapat memberikan kesimpulan bahwa kecerdasan yg dominan dalam diri saya adalah sebagai berikut :
1. Kecerdasan Verbal-Linguistik. Hal ini karena saya menyukai dan efektif dalam hal berkomunikasi lisan dan tulisan, diskusi, tidak mudah salah tulis atau salah eja, dan menulis secara jelas.
2. Kecerdasan Musikal. Hal ini karena saya menyukai dan efektif dalam hal mangarang melodi dan lirik, bernyanyi kecil, menyanyi, mudah belajar/mengingat irama dan lirik, dan menyukai mendengarkan dan mengapresiasi musik.
3. Kecerdasan Interpersonal. Hal ini karena saya menyukai dan efektif dalam hal mengasuh dan mendidik orang lain, berkomunikasi, berinteraksi, berempati dan bersimpati, memimpin dan mengorganisasikan kelompok, berteman, menyelesaikan dan menjadi mediator konflik, menghormati pendapat dan hak orang lain, melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, sensitif atau peka pada minat dan motif orang lain, dan handal bekerja sama dalam tim.

Sekian pendapat yg dapat saya sampaikan, terima kasih Bu..
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Ayu Dinanti 2013054044 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bu. Saya Ayu Dinanti Npm 2013054044 izin menjawab.
1. Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan berpikir atau mencerna musik, menggunakan musik sebagai sarana berkomunikasi, menginterpretasikan bentuk dan ide musikal, serta menciptakan pertunjukan dan komposisi yang ekspresif.ada 5 cara untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak, antara lain: a. Memberi motivasi kepada anak untuk belajar suatu alat musik b. Mengajak anak untuk menciptakan musik sendiri. c. Mengajak anak untuk menikmati suatu pertunjukan musik. d. sering mengajak anak bermain musik bersama

2. Evaluasi kecerdasan diri sendiri.
1. Saya suka dengan seni
2. Saya dapat menghafal dengan cepat beberapa gerakan dalam tarian
3. Dapat menari dengan ketukan yang tepat
4. Suka mendengarkan musik
5. Dapat bernyanyi sesuai nada
6. Mengetahui tinggi rendahnya suatu nada
7. Dapat membuat lirik lagu sederhana
Setelah saya melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, itulah beberapa kecerdasan yang saya miliki.
Terimakasih bu
In reply to Sugiana, M. Pd.

Re: Submit

Niken Tiara Sari གིས-

Niken tiara sari

2053054002

Setiap jenis kecerdasan tentu membutuhkan dorongan belajar yang berbeda-beda tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan majmuk anakseperti : 

1.mengamati minat dan bakatanak

2.mengembangkan dan mendukung bakat dan minat anak,jika anak menyukai bahasa Cara mengembangkannya adalah dengan bernyanyi, sering mengajak anak mengobrol, dan sering bermain kata.

Jika anak menyukai matematika,atau sains Cara mengembangkannya dengan mengenalkan konsep angka dan berhitung sedini mungkin, mengajak anak melakukan permainan strategi, serta melakukan percobaan ilmiah sederhana.

Begitupula kecerdasan yang lainnya orang tua dapat mencari hal yang dapat membantu mengembangkan kecerdasan anak.

3.Bila pengembangannya sudah baik, pastikan pula segi nutrisi anak terpenuhi sempurna. Misalnya, kebutuhan vitamin dan mineral, termasuk Omega-3. Nutrisi yang baik untuk perkembangan otak dan pembelajaran anak Bila nutrisi sudah terpenuhi, kemungkinan beragam jenis kecerdasan anak akan berkembang dengan baik.