Silahkan kelompok 2 balas pesan saya ini dengan menyertakan link youtube video kalian. Setelah itu kelompok lain silahkan menonton dan mulai berdiskusi setelahnya.
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum warhmatullahi wabarakatuh
Saya Kharisma Restiani (2030401017) dari kelompok 4 izin bertanya
Menurut kalian bagaiamana cara memaksimalkan kegiatan menyimak dikte agar murid dapat menagkap dan menulis ulang dengan baik? Lebih mengutamakan kompetensi guru dalam memberi bahan simakan atau murid yang menyimak dalam memaksimalkan kegiatan menyimak dikte?
Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum warhamatullahi wabaraktuh
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Nadya Mayang Sari
NPM : 2013041021
Izin menjawab,
menurut saya,kompetensi guru dalam memberi bahan simakan dan juga murid yang dalam menyimak dua-duanya sangat berpengaruh dalam memaksimalkan menyimak,guru berperan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan menyimak yang,guru harus memberikan pembelajaran yang baik guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran,namun juga melakukan pendampingan.Materi pelajaran dabm sumber materi harus bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut begitu juga dengan peserta didik kemampuan yang dimiliki atau dicapai peserta didik harus memahami menghayati menyimak dengan fokus jika keduanya bisa memaksimalkan kegiatan pembelajaran maka akan mempermudah jalannya menyimak pembelajaran pun bisa kita pahami
Terima kasih, Wassalamualaikum Wr.Wb
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama Irma Bela Oktaviana
Npm 2013041003
Dari kelompok 12(parafrase)izin bertanya kepada kelompok 2
jika ada siswa yang tertinggal saat menulis apakah kita sebagai guru harus mengulang materi yang di diktekan atau melanjutkan saja materi yang di diktekan?
Terima kasih
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya Eva Berliana dengan NPM 2063041001, dari kelompok 2 izin menjawab.
Menurut pendapat saya jika terdapat siswa yang tertinggal saat menulis apa yang di dikte, jika pada saat pembelajaran berlangsung kita sebagai guru boleh mengulang apa yang di dikte karena agar siswa yang tertinggal saat menulis akan lebih memahami dan siswa tersebut akan lebih fokus untuk menyimak apa yang di dikte agar tidak tertinggal materi yang di dikte kembali. Tetapi guru boleh tidak mengulang materi jika pada saat itu guru sedang menguji fokus keterampilan menyimak siswa agar guru dapat menilai seberapa fokus siswa dalam menyimak materi yang disampaikan.
Sekian terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Nadya Mayang Sari
NPM : 2013041021
Izin menjawab,
Sebagai guru,guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya di kelas,dan harus mampu. melakukan kegiatan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.Jika ada murid yang tertinggal atau meminta pengulangan alam dikte guru harus membantunya membacakan atau mendiktekan kembali apa yang kurang, seorang guru menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang guru sehingga tujuan dari pendidikan bisa dicapai dengan baik
Terima kasih, Wassalamualaikum Wr.Wb
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: kansa amaida putri
Npm: 2053041007
Dari kelompok 13
Izin bertanya kepada kelompok 2
Jelaskan kelemahan dan kelebihan dari menyimak dikte?
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Nadya Mayang Sari
NPM : 2013041021
Izin menjawab,
Kelebihan : mempermudahkan jalannya pembelajaran karna dengan dikte apa yang disampaikan oleh guru atau penyampaian materi lebih mudah dipahami dan murid hanya tinggal mendengar lalu menuliskan kembali apa yang disampaikan dengan begitu akan mempermudah proses pembelajaran
Kelemahan : jika ada murid yang kurang fokus,maka akan menghambat jalannya menyimak dikte dikarenakan ada murid yang tertinggal,kurang mendengarkan dll.Sehingga guru harus mengulang kembali apa yang disampaikan dan murid-murid yang lain yang sudah setengah perjalanan saat menulis jadi harus menunggu dan berhenti karena harus menunggu teman yang tertinggal
Terima kasih , Wassalamualaikum Wr.Wb
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Kelebihannya teknik simak-tulis (dikte) adalah siswa lebih dapat mengingat materi yang gurunya sampaikan karena siswa tersebut menuliskan kembali apa yang gurunya ujarkan. Kelemahannya adalah, teknik ini berjalan dengan baik jika siswa tersebut sudah menguasai kemampuan membaca dengan baik. Karena pada teknik simak-tulis ini menuntut siswa untuk mengenali fonem, tanda-tanda baca, penulisan huruf besar, membedakan ujaran langsung dan tak langsung, memperhatikan permulaan atau akhir paragraf dan hal lainnya yang berkaitan dengen kepenulisan.
Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. Terima kasih dan selamat pagi. Wassalamualaikum.
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh
Nama : Nurul Astry Ramadhany
Npm : 2013041045
Dari kelompok 12 Izin bertanya
Dari beberapa faktor gangguan menyimak,Faktor apakah yang paling berpengaruh pada Kegiatan Menyimak Tulis-Dikte ini.
Terimakasih
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Faktor pemengaruh dalam menyimak yang paling memengaruhi keberhasilan teknik simak-tulis ini adalah faktor pengalaman. Sebba menurut saya, jika teknik ini ingin berhasil maka seseorang yang menjadi penyimak sekaligus penulis dalam teknik ini haruslam memiliki kemampuan membaca yang baik, sehingga dapat menuliskan kembali apa yang pembicara ujarkan. Kemampuan membaca yang baik tentunya dapat diperoleh dengan berbagai cara, contohnya adalah pendidikan. Jika para penyimak dan penulis dalam kegiatan simak-tulis memiliki pengalaman pendidikan yang baik dan cukup tinggi, maka pasti teknik ini akan berhasil.
Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. Terima kasih dan selamat pagi. Wassalamualaikum.
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya Salwa Pramesti Maharani dengan NPM 2013041013 kelas A, kelompok 1 izin bertanya.
Apakah kegiatan dalam teknik dengar tulis (dikte) hanya berlangsung pada suatu pembelajaran? Lalu, apakah ada kekurangan dan kelebihan pada penggunaan menyimak teknik ini? Tolong paparkan secara jelas!
Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Saya Eva Berliana dengan NPM 2063041001, dari kelompok 2 izin menjawab pertanyaan Salwa.
Pada kegiatan teknik dengar tulis (dikte) berlangsung tidak hanya pada saat pembelajaran saja, dalam kehidupan sehari hari teknik dengar tulis (dikte) sering terjadi, misalnya pada saat menonton televisi yaitu pada acara memasak kita sebagai penonton sekaligus pendengar yang ingin mengetahui resep dari masakan tersebut akan segera mencatat apa saja bahan yang di perlukan serta bagaimana langkah langkah untuk memasaknya.
Kekurangan teknik dengar tulis (dikte) yaitu harus membutuhkan media untuk mencatatnya seperi buku, kertas, pena ataupun handphone.
Kelebihan teknik dengar tulis (dikte) yaitu dapat memudahkan kita untuk mengingat kembali apa yang sudah dicatat dengan cara membacanya kembali.
Sekian terima kasih,
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Nama saya sindy Aulia npm 2013041049
Izin bertanya :
Apa saja manfaat dan keuntungan dari teknik simak tulis ini??
Sekian, terima kasih
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Nama : Elisa Fitri
Npm : 2013041019
Dari kelompok 13 izin bertanya,
Jelaskan bagaimana cara agar kita selalu konsentrasi mendengarkan apa yang di diktekan,sehingga kita bisa menulis nya dengan sempurna.
Terima kasih,
Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Bagaimana cara agar kita selalu konsentrasi mendengarkan apa yang di diktekan,sehingga kita bisa menulis nya dengan sempurna?
Menurut saya, yang pertama caranya adalah mengondusifkan situasi atau keadaan ruangan tempat kita melakukan kegiatan simak-tulis. Jangan ada suara yang terlalu bising dan berisik agar konsentrasi peserta kegiatan simak-tulis tidak terpecah ke suara bising tersebut dan fokus terhadap apa yang pembicara ujarkan. Lalu yang kedua, sebaiknya teknik menyimak simak-tulis ini dilakukan oleh seseorang yang sudah mahir dalam hal membaca. Karena jika seseorang tersebut sudah bisa membaca pastilah lama-kelamaan akan bisa menulis, sesuai dengan proses perkembangan pendidikan anak, yaitu membaca dan menerka dulu baru menulis. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatansimak-tulis karena menulis dapat dikatakan terdapat pada tingkatan atas, di bawah membaca.
Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu pemahaman sdri. Elisa. Terima kasih, selamat pagi. Wassalamualaikum.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya Eva Berliana dengan NPM 2063041001, dari kelompok 2 izin menambahkan.
menurut saya cara agar kita konsentrasi mendengar apa yang di dikte adalah
1. mengontrol pikiran yaitu dengan menghilangkan hal yang mengganggu pikiran kita
2. fokus untuk mendengrakan apa yang di dikte
3. mengambil waktu untuk beristirahat sejenak
4. melatih kemampuan fokus sesering mungkin.
Sekian terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum warahmatulhi Wabarakatuh
Nama : Dwi Febtiani
NPM : 2013041055
Dari kelompok 9 izin bertanya,
Menurut kalian, Bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk menyimpulkan suatu materi yang telah didekte kan oleh guru?
Sekian terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullhi Wabarakatuh
Assalamualaikum, perkenalkan saya Alya Selsa (1913041053) izin bertanya,
Bagaimana caranya agak anak dapat menulis apa yg didikte dengan sempurna dan cepat?
Terima kasih, wasalamualaikum.
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Nadya Mayang Sari
NPM : 2013041021
Izin menjawab,
agar murid dapat menulis dengan sempurna dan cepat
1.guru,pilah apa yang ingin disampainkan ke dalam beberapa bagian.Berikan penyempaian secara bertahap tidak terburu-buru agar murid tetap fokus dalam mendengarkan
2.berikan keyakinan bahwa murid mampu,dengan percaya diri komsentrasi anak akan naik berlipat ganda,percaya diri sangat mempengaruhi kesuksesan anak dalam belajar
3.guru memberikan arahan yang jelas untuk mengerjakan tugas,agar murid mengerti apa maksud penyampaian dari petunjuk yang diberikan oleh guru
Terima kasih, Wassalamualaikum Wr.Wb
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum..
Saya Nindy Destiana (2013041053) dari kelompkk 6 izin bertanya.
Dalam proses menyimak-dengar tulis (dikte) biasanya ada masalah seperti lupa kalimat yang pendikte bacakan. Didalam hal tersebut mana yang lebih efektif untuk kita lakukan? Apakah mengingat kembali perkataan pendikte atau melanjutkan dulu sampai selesai baru meminta pendikte mengulangi perkataannya?
Terima kasih
Assalamualaikum warahmatullagi wabarakatuh
Saya Eva Berliana dengan NPM 2063041001, dari kelompok 2 izin menjawab.
Menurut pendapat saya dalam proses menyimak dengar tulis (dikte) hal yang lebih efektif untuk dilakukan adalah jangan meminta pendikte mengulangi perkataanya setelah ia selesai mendiktekan tetapi jika tertinggal kita langsung meminta pendikte untuk mengulang kembali kalimat yang tertinggal pada saat itu juga karena itu akan membuat kita selanjutnya lebih memusatkan fokus dalam menyimak apa dikte agar tidak tertinggal kembali.
Sekian terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Re: VIDEO Kelompok 2 - Dengar Tulis (Dikte)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, saya Septa Ahmad Santoso (2013041039) dari kelompok 5 izin bertanya. Dalam teknik tulis atau dikte terkadang membuat seorang penyimak cepat bosan dan jenuh. Lalu bagaimana cara membuat teknik ini dapat dilakukan dengan cara menyenangkan atau tidak cepat bosan.
Terima kasih