Responsi Pertemuan 2,

responsi pertemuan 2

Re: responsi pertemuan 2

Fhatwa Auliyana 2411011083 གིས-
Number of replies: 0
Nama; Fhatwa Auliyana
NPM; 2411011083

Selamat siang Mis Nova, izin memberikan jawaban dari tugas pertemuan 2

1. Jelaskan apakah ada perbedaan individu di dalam organisasi.

Tentu ada. Perbedaaan individu dalam organisasi tidak dapat dihindarkan dan itu normal dikarenakan setiap karyawan memiliki keunikannya tersendiri. Perbedaan individu ini juga bisa disebabkan oleh perbedaan budaya dan suku, biologis, psikologis, sosial, dan pengalaman dan pengetahuan.

2. Jika anda sebagai seorang manajer SDM, apa yang mendasari anda untuk memilih karyawan.

Jika saya seorang manajer SDM, saya akan memilih karyawan sesuai dengan standar seleksi perusahaan. Standar ini biasanya mengacu pada KSAO (Knowledge, Skill, Ability, and Others). Sebelum memilih karyawan, manajer perlu tahu posisi kosong apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, kemudian manajer menyeleksinya para pelamar melalui pengalaman, pengetahuan, keterampilan, kemampuan, kepribadian, pengalaman, dan lain-lain.

3. Bagaimana cara untuk mengubah perilaku individu? Jelaskan.

Beberapa cara untuk mengubah perilaku individu bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan menetapkan prinsip di lingkunhan individu tersebut. Selain itu, memberikan umpan balik (pujian dan penghargaan) serta evaluasi juga dapat membantu dalam mengubah perilaku individu, terlebih lagi individu di lingkungan perusahaan/organisasi.

4. Jelaskan komponen sikap.

Komponen sikap adalah unsusr-unsur yang emmebentuk seseorang. Unsur-unsur tersebut terdiri atas tiga bagian, yaitu afektif yang menggambarkan perasaan atau emosi terhadap sesuatu, kognitif yang berisi keyakinan atau pengetahuan tentang sesuatu, dan konatif yang menunjukkan kecenderungan seseorang untuk bertindak sesuai perasaan dan keyakinannya.

5. Apakah sikap dapat mempengaruhi kepuasan kerja?

Tentu saja bisa. Sikap positif di lingkungan organisasi dapat membuat karyawan merasa nyaman, aman, bersemangat, dan dihargai. Hal ini tentu akan meningkatkan kepuasan di lingkungan kerja. Begitu pula sebaliknya, apabila sikap negatif yang muncul dinlingkungan kerja, maka akan menimbulkan keluhan, demotivasi, bahkan turnover.