Summary Video

Summary Video

Summary Video

Jumlah balasan: 6
Berikan simpulan Anda tentang model desain pembelajaran ASSURE. Bandingkan dengan 2 model sebelumnya yang sudah kita pelajari yaitu ADDIE dan Dick&Carey!
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Indri Mutiara -
Nama : Indri Mutiara
NPM : 2523031001

Secara keseluruhan, model desain pembelajaran ASSURE dapat disimpulkan sebagai model yang praktis, berorientasi pada penerapan di kelas, dan menekankan keterlibatan aktif peserta didik. Model ini terdiri dari enam langkah utama, yaitu Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Revise. Setiap tahap berfokus pada bagaimana guru dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dengan memanfaatkan media dan teknologi, serta melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar. Kelebihan utama ASSURE adalah kesederhanaan dan fleksibilitasnya, sehingga sangat cocok digunakan oleh guru di lapangan untuk merancang pembelajaran yang kreatif dan kontekstual.

Jika dibandingkan dengan model ADDIE, ASSURE lebih operasional dan aplikatif. Model ADDIE bersifat konseptual dan digunakan sebagai kerangka besar dalam pengembangan sistem pembelajaran dengan lima tahap (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). ADDIE memberikan panduan umum dan sistematis, tetapi tidak selalu menjelaskan secara rinci bagaimana media dan keterlibatan siswa harus dikelola di kelas. Sebaliknya, ASSURE lebih konkret dalam penerapannya karena menuntun guru dalam memilih media, memanfaatkan teknologi, dan memastikan partisipasi aktif siswa selama pembelajaran.

Sedangkan dibandingkan dengan model Dick & Carey, ASSURE bersifat lebih sederhana dan fleksibel. Model Dick & Carey menekankan proses desain yang sangat sistematis dan analitis, mencakup banyak tahapan mulai dari analisis kebutuhan hingga evaluasi sumatif, sehingga lebih cocok untuk pengembangan program pembelajaran berskala besar. Sementara itu, ASSURE lebih fokus pada implementasi pembelajaran di ruang kelas, dengan penekanan pada penggunaan media dan strategi pembelajaran yang interaktif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Ahmad Ridwan Syuhada -
Nama: Ahmad Ridwan Syuhada
NPM: 2523031008
Model desain pembelajaran ASSURE merupakan model yang sederhana namun sistematis, terdiri dari enam langkah utama yaitu menganalisis karakteristik peserta didik, menetapkan tujuan pembelajaran, memilih metode dan media, memanfaatkan media dan bahan pembelajaran, mengaktifkan partisipasi peserta didik, serta melakukan evaluasi dan revisi. Model ini sangat sesuai untuk digunakan dalam situasi pembelajaran kelas yang nyata, terutama dalam konteks pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran. Kelebihan ASSURE terletak pada penekanan pada keterlibatan peserta didik dan pemilihan media yang tepat untuk mendukung efektivitas pembelajaran. Dibandingkan dengan model ADDIE yang bersifat lebih generik dan luas, ASSURE lebih fokus pada perencanaan dan penggunaan media sehingga cocok untuk merancang pembelajaran berbasis teknologi. Sementara itu, jika dibandingkan dengan model Dick & Carey, ASSURE cenderung lebih sederhana dan fleksibel, dengan penekanan pada partisipasi aktif pembelajar serta penggunaan media secara optimal, sedangkan Dick & Carey lebih terstruktur dan prosedural dengan fokus pada setiap tahap perancangan detail secara sistematis. Secara keseluruhan, ASSURE menawarkan pendekatan yang praktis dan aplikatif di kelas dengan media pembelajaran, sedangkan ADDIE dan Dick & Carey lebih cocok untuk pengembangan desain pembelajaran yang lebih lengkap dan terperinci, terutama pada skala yang lebih luas dan komprehensif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh HabibahHusnul 2523031006 -
Nama: Habibah Husnul Khotimah
NPM: 2523031006

Berdasarkan hasil pengamatan video pembelajan, menjelaskan bahwa model desain pembelajaran ASSURE adalah model yang berorientasi pada penerapan media dan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Model ini dikembangkan oleh Heinich, Molenda, dan Russell (1999) dan terdiri atas enam langkah: Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Media, and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, serta Evaluate and Revise. Setiap tahap dirancang untuk membantu guru mengenali karakteristik peserta didik, menentukan tujuan pembelajaran yang jelas, serta memanfaatkan media pembelajaran secara efektif. Melalui model ini, guru dapat mengarahkan proses pembelajaran agar lebih interaktif, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Dengan demikian, model ASSURE memberikan panduan praktis dan sistematis dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses belajar yang aktif dan bermakna.

Jika dibandingkan dengan model ADDIE dan Dick & Carey, perbedaan mendasar terletak pada fokus dan tingkat kedetailannya. Model ADDIE memiliki lima tahap utama yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate yang bersifat lebih umum dan fleksibel, sehingga cocok untuk berbagai konteks desain pembelajaran, baik di lembaga pendidikan maupun pelatihan industri. Sementara itu, model Dick & Carey bersifat lebih sistematis dan komprehensif, karena melihat pembelajaran sebagai suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen saling berkaitan, mulai dari analisis kebutuhan, penentuan tujuan, pengembangan instrumen evaluasi, hingga revisi program. Model ini sangat sesuai untuk pengembangan program pembelajaran berskala besar yang membutuhkan analisis mendalam dan proses evaluasi formatif yang berlapis.

Secara keseluruhan, ketiga model tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan berorientasi pada hasil belajar. Namun, model ASSURE lebih praktis digunakan oleh guru di kelas karena langkah-langkahnya sederhana dan aplikatif dalam konteks pembelajaran berbasis media dan teknologi. Sementara model ADDIE cocok dijadikan kerangka kerja umum dalam pengembangan sistem pembelajaran, dan model Dick & Carey sesuai untuk proyek pengembangan pembelajaran yang kompleks dan terstruktur. Oleh karena itu, pemilihan model desain pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, konteks, dan sumber daya yang tersedia agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Diah Rachmawati Syukri -
Nama : Diah Rachmawati Syukri
NPM : 2523031003

Model desain pembelajaran ASSURE adalah model yang sistematis yang membantu guru atau instruktur dalam merancang pembelajaran yang efektif dengan langkah-langkah yang jelas, yaitu: menganalisis karakteristik siswa, menetapkan tujuan pembelajaran, memilih metode, media, dan bahan ajar, memanfaatkan media dan bahan tersebut, melibatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, serta melakukan evaluasi dan revisi

Model ASSURE, ADDIE, dan Dick and Carey semuanya merupakan model desain pembelajaran yang populer namun memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda.
Model ASSURE menonjol pada analisis karakteristik peserta didik secara detail dan penggunaan media pembelajaran secara optimal. Model ini mengutamakan keterlibatan aktif siswa dan menekankan evaluasi serta revisi untuk peningkatan berkelanjutan. ASSURE cocok untuk pembelajaran yang berbasis media dan teknologi, serta fleksibel untuk penyesuaian dengan kebutuhan siswa.
Model ADDIE lebih bersifat siklus sistematis dengan lima tahap utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. ADDIE digunakan secara luas karena struktur yang jelas dan fleksibel, cocok diterapkan di berbagai konteks pembelajaran untuk pengembangan instruksional yang komprehensif. Namun, model ini terkadang dianggap terlalu umum dan membutuhkan penyesuaian agar sesuai kebutuhan spesifik.
Sementara itu, model Dick and Carey adalah yang paling rinci dan terstruktur di antara ketiganya, dengan langkah-langkah yang sangat detail mulai dari analisis kebutuhan instruksional sampai evaluasi. Model ini fokus pada hubungan antar komponen pembelajaran dan pencapaian tujuan secara sistematis. Namun, kekurangannya adalah cenderung kaku dan memerlukan waktu serta sumber daya cukup besar untuk implementasinya.
Secara ringkas, ASSURE unggul pada penggunaan media dan personalisasi pembelajaran, ADDIE kuat pada pengembangan proses yang sistematis dan komprehensif, sedangkan Dick and Carey menawarkan desain yang sangat terperinci dan terfokus pada tujuan pembelajaran tertentu. Pilihan model sebaiknya disesuaikan dengan konteks pembelajaran, ketersediaan sumber daya, dan tujuan instruksional yang ingin dicapa

Bisa disimpulkan sebagai berikut
1. ADDIE adalah model yang paling fleksibel dan menjadi pondasi bagi sebagian besar model ID lainnya. Ini adalah standar industri untuk mengelola proyek desain pembelajaran.
2. ASSURE adalah model yang paling berorientasi pada pengajar/guru dan paling baik digunakan untuk merencanakan pelajaran sehari-hari atau unit pembelajaran kecil, dengan fokus khusus pada bagaimana media digunakan.
3. Dick & Carey adalah model yang paling terstruktur dan berorientasi sistem, ideal untuk pengembangan kurikulum yang memerlukan hasil yang sangat spesifik dan terukur, di mana setiap langkah harus divalidasi dan selaras
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh amaradina fatia sari -
Nama : Amaradina Fatia Sari
NPM : 2523031004

Model desain pembelajaran ASSURE merupakan salah satu model yang menekankan penerapan teknologi dan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar secara sistematis dan berorientasi pada peserta didik. Model ini terdiri atas enam langkah utama, yaitu Analyze Learners (menganalisis karakteristik peserta didik), State Objectives (merumuskan tujuan pembelajaran), Select Methods, Media, and Materials (memilih metode, media, dan bahan ajar), Utilize Media and Materials (menggunakan media dan bahan ajar), Require Learner Participation (melibatkan partisipasi aktif peserta didik), serta Evaluate and Revise (mengevaluasi dan merevisi pembelajaran). Melalui tahapan tersebut, model ASSURE membantu guru dalam merancang pembelajaran yang tidak hanya terstruktur, tetapi juga kontekstual, interaktif, dan berfokus pada keterlibatan aktif peserta didik.
Jika dibandingkan dengan model ADDIE dan model Dick & Carey, ketiganya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik, namun berbeda dalam fokus penerapan, tingkat kompleksitas, dan orientasi desainnya.
Model ADDIE bersifat umum dan fleksibel, digunakan sebagai kerangka dasar dalam berbagai konteks desain pembelajaran. Model ini menekankan siklus sistematis mulai dari analisis hingga evaluasi, sehingga cocok untuk perencanaan pembelajaran dalam skala besar seperti pengembangan kurikulum atau program pendidikan. Sementara itu, model Dick & Carey lebih kompleks dan detail, karena memandang pembelajaran sebagai sistem yang saling berinteraksi antara tujuan, materi, strategi, dan evaluasi. Model ini menuntut analisis mendalam dan cocok diterapkan dalam pengembangan instruksional berbasis kompetensi atau pelatihan profesional yang membutuhkan hasil belajar yang terukur secara kuantitatif.
Berbeda dari keduanya, model ASSURE lebih praktis dan aplikatif bagi guru di kelas, karena secara khusus dirancang untuk membantu pengajar mengintegrasikan media, teknologi, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran sehari-hari. Model ini tidak serumit Dick & Carey atau sekomprehensif ADDIE, tetapi memiliki keunggulan dalam aspek penggunaan media dan teknologi pendidikan secara efektif serta perhatian pada karakteristik peserta didik. Dalam konteks pembelajaran abad ke-21, di mana pembelajaran harus berpusat pada peserta didik, kolaboratif, dan berbasis teknologi, model ASSURE memberikan pendekatan yang lebih kontekstual dan relevan bagi guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Maria Ulfa Rara Ardhika -
Nama: Maria Ulfa Rara Ardhika
NPM: 2523031009

Model desain pembelajaran ASSURE merupakan model yang berfokus pada pemanfaatan media, teknologi, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. Model ini menekankan pentingnya memahami karakteristik peserta didik secara mendalam, memilih metode dan media yang tepat, serta menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. ASSURE dirancang agar pembelajaran berlangsung lebih praktis, fleksibel, dan mudah diterapkan di kelas, terutama dalam konteks pembelajaran modern yang membutuhkan penggunaan teknologi dan aktivitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Dibandingkan dengan model ADDIE, ASSURE memiliki orientasi yang lebih aplikatif dan langsung ke praktik pembelajaran. ADDIE berfungsi sebagai kerangka besar desain instruksional yang sistematis dan mendalam, terutama pada tahap analisis dan perencanaan. Sementara itu, ASSURE lebih ringkas dan fokus pada bagaimana guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang efektif di kelas dengan langkah-langkah yang konkret, seperti memilih media, mengembangkan strategi penyampaian, dan melakukan evaluasi langsung terhadap pelaksanaan pembelajaran. Jika ADDIE banyak digunakan dalam pengembangan program dan kurikulum skala besar, ASSURE lebih cocok untuk digunakan guru dalam perencanaan pembelajaran harian atau desain pembelajaran berbasis teknologi.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan model Dick & Carey, ASSURE tampak lebih sederhana dan fleksibel. Dick & Carey memiliki struktur yang sangat sistematis, terinci, dan berorientasi pada kinerja yang dapat diukur. Model tersebut sangat cocok untuk merancang pembelajaran kompleks, terstruktur, atau yang membutuhkan analisis instruksional mendalam. Sebaliknya, ASSURE lebih menekankan proses implementasi praktis, pemilihan media, serta cara guru melibatkan siswa secara aktif. ASSURE tidak terlalu mendalam dalam analisis seperti Dick & Carey, tetapi lebih responsif terhadap kebutuhan pembelajaran interaktif dan media digital, sehingga ideal untuk pembelajaran yang membutuhkan penyesuaian cepat.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa model ASSURE merupakan model desain pembelajaran yang praktis, fleksibel, dan sangat cocok untuk pembelajaran berbasis teknologi serta situasi kelas yang membutuhkan keterlibatan aktif siswa. Dibandingkan ADDIE dan Dick & Carey, ASSURE memberikan pendekatan yang lebih langsung dan aplikatif untuk digunakan guru. Namun, untuk desain pembelajaran yang membutuhkan struktur sistematis dan perencanaan yang komprehensif, ADDIE dan Dick & Carey masih lebih unggul. Dengan demikian, pemilihan model terbaik tetap bergantung pada konteks: ADDIE untuk kerangka besar, Dick & Carey untuk desain instruksional terperinci, dan ASSURE untuk implementasi pembelajaran di kelas yang praktis dan berpusat pada siswa.