Summary Video

Summary Video

Summary Video

Jumlah balasan: 8

Tuliskan disini, apa yang bisa Anda simpulkan tentang pembelajaran sebagai sebuah sistem! Maksimal 250 kata.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh HabibahHusnul 2523031006 -
Nama: Habibah Husnul Khotimah
NPM : 2523031006

Kesimpulan yang dapat saya berikan terkait video dengan topik "Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem"
Terdapat komponen yang membangun sistem yang satu dan lainnya saling berkaitan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komponen yang membangun sistem pembelajaran antara lain:
1. Tujuan pembelajaran: perencana, pelaksanaan, evaluasi.
2. Pendidik adalah subjek yang akan memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran. pendidikan bekerjasama dengan pengembangan teknologi pembelajaran ataupun desain pembelajaran untung menterjemahkan tujuan pembelajaran lebih spesifik agar nanti bisa mengimplementasikannya
3. Peserta didik adalah subjek utama yang akan dikembangkan dirinya. perlu dianalisis kebutuhannya baik berdasarkan usia, gaya belajar, motivasi, dan kecerdasan.
4. Media, metode, materi, strategi
media mencakup materi yang akan dikuasai siswa, saat memilih metode juga disampaikan materi, inilah yang disebut strategi pembelajaran
5. Evaluasi merupakan hal yang penti untuk melihat pencapaian tujuan pembelajaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Resti Apriliyani -
Nama : Resti Apriliyani
NPM : 2523031007

Pembelajaran sebagai sebuah sistem dapat dipahami sebagai suatu proses yang terstruktur dan saling berhubungan antara berbagai komponen untuk mencapai tujuan pendidikan. Sistem ini mencakup input, seperti guru, peserta didik, materi, metode, dan sarana prasarana; proses, yaitu kegiatan belajar mengajar yang terjadi melalui interaksi antara guru dan peserta didik; output, berupa hasil belajar, perubahan perilaku, dan pencapaian kompetensi; serta umpan balik yang digunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran berikutnya.

Melihat pembelajaran sebagai sistem berarti menyadari bahwa setiap komponen tidak dapat berdiri sendiri. Kualitas input akan memengaruhi proses, dan kualitas proses akan menentukan output. Selain itu, umpan balik memungkinkan sistem pembelajaran menjadi dinamis, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik maupun perkembangan zaman. Dengan pendekatan sistem, guru tidak hanya berfokus pada penyampaian materi, tetapi juga memperhatikan keterkaitan faktor-faktor pendukung seperti motivasi, lingkungan belajar, serta strategi evaluasi. Hal ini menjadikan pembelajaran lebih holistik, terarah, dan berkesinambungan.

Kesimpulannya, pembelajaran sebagai sebuah sistem menekankan pentingnya keterpaduan antar komponen untuk menghasilkan proses belajar yang efektif, efisien, dan bermakna bagi peserta didik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Siti Aminah -
Nama : Siti Aminah
NPM : 2523031002

Kesimpulan dari video tentang pembelajaran sebagai sebuah sistem artinya pembelajaran memiliki beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Antar komponen mendukung komponen yang lainnya. Jika salah satu komponen tidak berjalan dengan baik maka komponen yang lain ikut terganggu. Komponen tersebut diantaranya
1. Tujuan Pembelajaran, komponen ini menjadi arah embelajaran seperti apa yang akan digunakan
2. Input yang terdiri dari pendidik, peserta didik, buku, media pembelajaran
3. Proses pembelajaran yang terdiri dari langkah-langkah pembelajaran tergantung dengan model pembelajaran yang dipakai. Pemilihan media pembelajaran dan model pembelajaran itu berdasarkan tujuan pembelajaran apa yang harus dicapai
4. Evaluasi pembelajaran, untuk menilai apakah tujuan pembelajaran dapat tercapai
5. Umpan balik
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh amaradina fatia sari -
Nama : Amaradina Fatia Sari
NPM : 2523031004

Izin menanggapi bu terkait dengan video “Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem” adapun beberapa komponen yang dapat membangun pembelajaran sebagai suatu sistem diantaranya:
1. Tunjuan pembelajaran : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi;
2. Pendidik : adalah subejek untuk mengembangkan peserta didiknya, pendidik bekerjasama dengan desain pembelajaran;
3. Peserta didik : adalah subjek utama yang akan dikembangkan potensi diri;
4. Media, metode, materi dan strategi;
5. Evaluasi.
Komponen satu dengan komponen yang lainnya memiliki hubungan dalam sistem pendidikan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Ahmad Ridwan Syuhada -
Nama : Ahmad Ridwan Syuhada
NPM: 2523031008

Pembelajaran sebagai sistem adalah proses terstruktur yang menghubungkan berbagai komponen untuk mencapai tujuan pendidikan. Komponen utama meliputi tujuan pembelajaran, pendidik, peserta didik, serta media, metode, materi, strategi, dan evaluasi. Pendidik berperan mengembangkan potensi peserta didik melalui desain pembelajaran, sementara peserta didik menjadi subjek aktif dalam proses belajar.
Interaksi antar komponen menghasilkan output berupa hasil belajar, perubahan perilaku, dan pencapaian kompetensi. Evaluasi berfungsi sebagai umpan balik agar pembelajaran terus diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan zaman.
Dengan pendekatan sistem, pembelajaran tidak hanya menekankan penyampaian materi, tetapi juga keterpaduan faktor pendukung, sehingga tercipta proses belajar yang efektif, efisien, holistik, dan bermakna bagi peserta didik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Indri Mutiara -
Izin memperkenalkan diri
Nama : Indri Mutiara
NPM : 2523031001

Izin menjawab terkait video “Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem”. Dari video tersebut, ada beberapa komponen yang dapat mendorong pembelajaran sebagai suatu sistem diantaranya:
1. Tujuan pembelajaran, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
2. Pendidik merupakan subjek untuk mengembangkan peserta didiknya, pendidik bekerjasama dengan desain pembelajaran
3. Peserta didik adalah subjek utama yang akan dikembangkan potensi diri;
4. Media, metode, materi dan strategi sebagai penunjang dalam pembelajaran di sekolah
5. Evaluasi, proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi mengenai proses serta hasil belajar peserta didik dengan tujuan menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Diah Rachmawati Syukri -
Nama : Diah Rachmawati Syukri
NPM : 2523031003

Izin menanggapi bu terkait kesimpulan topik video “Pembelajaran sebagai Suatu Sistem” terdapat komponen - komponen dalam suatu sistem pembelajaran
1. Tujuan pembelajaran : tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan hasil belajar peserta didikarah yang ingin dicapai
2. Peserta didik : subjek utama yang mengalami proses belajar adalah tanggung jawab dan pengalaman pribadi yang dialami oleh peserta didik itu sendiri, didukung oleh guru sebagai fasilitator dan perancang lingkungan belajar yang kondusif
3. Pendidik (guru) : fasilitator yang merancang, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran.
4. Media dan sumber belajar : alat bantu yang memperjelas dan mempermudah pemahaman.
5. Evaluasi : alat ukur keberhasilan proses dan hasil belajar Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui efektivitas proses belajar, tingkat pemahaman peserta didik, serta menentukan langkah perbaikan dan tindak lanjut agar pembelajaran menjadi lebih optimal dan bermakna
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Summary Video

oleh Maria Ulfa Rara Ardhika -
Nama : Maria Ulfa Rara Ardhika
NPM : 2523031009

Pembelajaran dapat dipahami sebagai sebuah sistem yang bekerja secara terintegrasi untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam perspektif sistem, proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, peserta didik, pendidik, materi, metode, media, lingkungan belajar, dan evaluasi. Setiap komponen memiliki fungsi tertentu dan saling bergantung satu sama lain. Keberhasilan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh kualitas guru atau materi, tetapi oleh bagaimana seluruh komponen tersebut dirancang, diorganisasikan, dan dioperasikan secara terpadu.
Sebagai sebuah sistem terbuka, pembelajaran juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti teknologi, budaya, kebijakan pendidikan, serta kondisi sosial-psikologis peserta didik. Karena itu, pembelajaran harus bersifat adaptif dan responsif terhadap perubahan. Pendekatan sistem menekankan pentingnya perencanaan pembelajaran yang sistematis, mulai dari analisis kebutuhan, penentuan tujuan, pemilihan strategi, hingga pelaksanaan dan refleksi hasil belajar.
Melalui pandangan sistem, guru berperan sebagai perancang, pengelola, dan pengendali proses pembelajaran agar seluruh komponen berjalan serasi. Ketika satu komponen tidak berfungsi optimal, kinerja sistem secara keseluruhan akan terganggu. Dengan demikian, pembelajaran sebagai sistem bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang efektif, efisien, dan bermakna, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi secara utuh sesuai tujuan pendidikan yang diharapkan.