PARTISIPASI

PARTISIPASI

PARTISIPASI

Number of replies: 18
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

Tria Anisa གིས-
saya telah mengikuti dan mempelajari topik perkuliahan pada pertemuan hari ini. Pertemuan ini membahas topik PIPS dalam Masyarakat Global. Melalui pendekatan yang relevan dan partisipatif, peserta didik Indonesia dapat tumbuh menjadi individu yang kritis, terbuka, dan berdaya saing global. Isu-isu global seperti perubahan iklim, kemiskinan, perdamaian, dan globalisasi merupakan bagian integral dari pembelajaran IPS yang harus diintegrasikan secara efektif dalam kurikulum dan metode pengajaran.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

Abdaa Idzaa Shollaa གིས-
Saya telah mengikuti dengan seksama dan mendalami topik yang dibahas dalam perkuliahan pada sesi pertemuan hari ini. Dalam kesempatan ini, fokus utama pembahasan adalah mengenai PIPS dalam konteks Masyarakat Global. Dengan menerapkan pendekatan yang relevan serta bersifat partisipatif, diharapkan para peserta didik di Indonesia dapat berkembang menjadi individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis, sikap terbuka, serta daya saing yang tinggi di tingkat global. Berbagai isu global yang mencakup perubahan iklim, kemiskinan, perdamaian, dan globalisasi merupakan elemen yang sangat penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan harus diintegrasikan secara efektif ke dalam kurikulum serta metode pengajaran yang diterapkan. Hal ini bertujuan agar peserta didik tidak hanya memahami, tetapi juga mampu berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh masyarakat global saat ini.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

Indah Handayani གིས-
Izin menanggapi, Bapak. Menurut Indah peran Pendidikan IPS dalam masyarakat global saat ini menjadi sangat penting. Melalui IPS, siswa tidak hanya diajarkan tentang kehidupan sosial di lingkup lokal, tetapi juga diajak memahami isu-isu global seperti perdamaian, keberagaman budaya, ketimpangan sosial, hingga dampak globalisasi. Apalagi di era digital, batas antarnegara menjadi semakin kabur, sehingga anak-anak perlu dibekali literasi global sejak dini. Dengan begitu, siswa tidak hanya tumbuh menjadi warga negara Indonesia yang baik, tapi juga menjadi bagian dari masyarakat global yang peduli, toleran, dan kritis terhadap permasalahan dunia.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

Maria Vionita Widiastuti གིས-
Pendidikan global merupakan kebutuhan mendesak dalam dunia yang saling terhubung.
Melalui pendekatan yang relevan dan partisipatif, peserta didik Indonesia dapat tumbuh menjadi individu yang kritis, terbuka, dan berdaya saing global. Kurikulum Merdeka menyediakan peluang luas untuk mengintegrasikan nilai-nilai global ke dalam pembelajaran yang kontekstual, sehingga menjadikan siswa bukan hanya sebagai warga negara Indonesia, tetapi juga warga dunia.