PARTISIPASI

PARTISIPASI

PARTISIPASI

Jumlah balasan: 21
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Njuah Mayatih Lumban Gaol -
Pembelajaran mandiri merupakan proses di mana siswa berperan aktif dalam mengatur dan melaksanakan aktivitas belajar mereka sendiri, sedangkan guru berfungsi sebagai pendukung atau fasilitator. Dalam proses ini, siswa belajar untuk menetapkan tujuan, mengelola waktu, menilai hasil, dan bertanggung jawab atas perkembangan pembelajaran mereka.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Annisa Fitria -
Terima kasih banyak atas penjelasan materinya. Dapat dipahami bahwa pembelajaran mandiri ini mengajarkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab dalam proses belajarnya sendiri, mulai dari merencanakan, melaksanakan, sampai mengevaluasi hasil belajar. Pendekatan seperti Student-Centered Learning dan Problem-Based Learning sangat mendukung strategi ini. Memang ada tantangannya seperti kurangnya interaksi atau kedisiplinan, tapi kalau guru bisa jadi fasilitator yang baik, strategi ini bisa sangat efektif untuk membentuk siswa yang mandiri dan siap menghadapi tantangan ke depan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Fadila Romadona Izzati -
Terimakasih sudah menyampaikan materi pembelajaran mandiri, sehingga dapat memahami pembelajaran mandiri adalah pembelajaran yang dimana siswa belajar sendiri mulai dari merencanakan tujuan, memilih sumber belajar dan lain sebagainya. Pada pembelajaran ini juga guru sebagai fasilitator. Namun, dalam pembelajaran mandiri ini juga terdapat kelebihan dan kekurangan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Anisa Maharani Azzahra -
Terima kasih atas penjelasan materinya, saya memahami bahwa pembelajaran mandiri ini mengajarkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab dalam proses belajarnya sendiri, mulai dari merencanakan, melaksanakan, sampai mengevaluasi hasil belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Aulia Dewi Rachmawati -
Terimakasih sudah menyampaikan materi pembelajaran mandiri, sehingga dapat memahami pembelajaran mandiri adalah pembelajaran yang dimana siswa belajar sendiri mulai dari merencanakan tujuan, memilih sumber belajar dan lain sebagainya. Pada pembelajaran ini juga guru sebagai fasilitator. Namun, dalam pembelajaran mandiri ini juga terdapat kelebihan dan kekurangan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Ratu Ayu Aprilia Melga -
Terimakasih kepada kelompok 4 atas penjelasan materinya. Dapat dipahami bahwa pembelajaran mandiri mendorong siswa untuk aktif mengatur dan bertanggung jawab atas proses belajarnya, dengan guru sebagai fasilitator. Metode ini melatih kemandirian, tanggung jawab, dan berpikir kritis, meski tetap memerlukan bimbingan agar siswa dapat belajar secara efektif dan menyenangkan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh YULIA CITRA -
Terimakasih atas penjelasan materi nya saya jadi paham bahwa Pembelajaran Mandiri adalah suatu pendekatan belajar di mana peserta didik mengambil inisiatif, tanggung jawab, dan kontrol atas proses belajarnya sendiri. Dalam pembelajaran ini, siswa tidak bergantung sepenuhnya pada guru, tetapi berperan aktif dalam menentukan tujuan, memilih sumber belajar, mengatur waktu, serta mengevaluasi kemajuan belajarnya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Ni Kadek Indah Sari -
terimakasih untuk penyampaian materi yang sangat baik, dari materi pembelajaran mandiri saya dapat memahami bahwa Pembelajaran mandiri dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan seperti kreativitas, disiplin, dan kemampuan berpikir kritis.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Cantika Nabilla -
Terima kasih atas penjelasan materinya, saya memahami bahwa pembelajaran mandiri ini menekankan kemandirian, inisiatif, dan kemampuan siswa dalam mengelola proses belajarnya sendiri untuk mencapai kompetensi yang diinginkan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Annisa Rahayu -
terimakasih atas pemaparan materinya, materi dalam strategi ini melatih kemandirian, disiplin, dan kemampuan mengelola waktu serta sumber belajar secara efektif
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Hikmah Apriasih Riswanti -
Pemaparan materinya sangat baik. Jadi dapat saya pahami bahwa pembelajaran mandiri adalah pendekatan yang memungkinkan siswa untuk mengatur dan mengelola proses belajarnya sendiri dengan dukungan dari guru sebagai fasilitator. Metode ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan menyelesaikan masalah secara aktif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Cintia Dwi Cahyati -
Terimakasih atas materinya dapat disimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran mandiri, siswa tidak hanya belajar tentang materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan penting seperti kemandirian, tanggung jawab, pengelolaan waktu, dan kemampuan belajar sepanjang hayat.