Silahkan lakukan diskusi setelah membaca Peraturan berikut.

Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

elisaseftriyana elisaseftriyana གིས-
Number of replies: 45
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078 གིས-
menurut saya perubahan peraturan yang begitu banyak dari Kemendikbudristek tentang tentang capaian pembelajaran pada tingkat usia dini, pendidikan dasar dan juga pendidikan menengah tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia karena perubahan tersebut menurut saya terlalu ribet dan juga saat dilakukan masi banyak kesenjangan yang terjadi seperti implementasi lapangan tidak optimal, kesenjangan infrastruktur dan akses pendidikan masi banyak dan perubahan kurikulum tidak merubah metode evaluasi nya.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Desty amanda sanjaya གིས-
Nama : Desty Amanda Sanjaya
Npm : 2453032019

saya sangat setuju dengan pendapat anda,karna sistem pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya pas,sehingga setiap pergantian presiden dan mentri pendidikan maka kebijakan dan kurikulum pendidikan akan berubah ubah.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Ichmida Mahida JZ_2413032081 གིས-
izin menambahkan, saya setuju dengan pendapat saudara hafidz, karna memang jika kita lihat dari perkembangan pendidikan di Indonesia yg kurikulum pendidikan nya sering sekali di ganti oleh mentri pendidikan namun terkadang tidak sesuai dengan kemampuan anak anak dan guru yg ada di Indonesia sehingga menyebabkan kesulitan bagi para peserta didik untuk beradaptasi, bukan hanya peserta didik tetapi juga para pendidik atau guru pun mengalami kebingungan untuk memahami bagaimana cara mengelola kurikulum yg diberikan oleh pemerintah untuk bisa diterima dan dipahami oleh anak murid nya dengan baik.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Niken Okta Azhari 2413032083 གིས-
Nama: Niken Okta Azhari
Npm : 2413032083

Jika menurut hafidz diakui bahwa kesenjangan infrastruktur dan akses pendidikan masih menjadi masalah yang belum sepenuhnya teratasi, hal ini bukan berarti perubahan kurikulum tidak memiliki manfaat. Justru, perubahan ini dapat menjadi langkah awal dalam mengarah pada sistem pendidikan yang lebih fleksibel dan berpusat pada peserta didik. Implementasi yang belum optimal lebih mencerminkan tantangan dalam pelaksanaan di lapangan, bukan semata-mata kegagalan dari kebijakan itu sendiri.
Dengan begitu, daripada melihat perubahan ini sebagai sesuatu yang sia-sia, hal ini akan lebih kondusif jika fokus diberikan pada bagaimana memperbaiki implementasi kebijakan di lapangan. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan kesiapan tenaga pendidik, memperbaiki akses pendidikan, serta memastikan bahwa perubahan kurikulum diiringi dengan kebijakan pendukung yang memadai.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

cindy risky shaharani 2413032073 གིས-
Izin menambahkan, menurut saya , Ketika perubahan kebijakan tidak diimbangi dengan pembangunan infrastruktur pendidikan yang memadai, hal ini dapat memperlebar kesenjangan pendidikan, semua peserta didik, termasuk mereka yang berada di daerah terpinggirkan, dapat merasakan manfaat dari perubahan kurikulum dan capaian pembelajaran. Tanpa perhatian yang cukup terhadap aspek ini, dampak dari perubahan kebijakan mungkin tidak akan signifikan karna sebuah sistem pendidikan yang efektif membutuhkan keterlibatan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat. Tanpa adanya kolaborasi dan partisipasi aktif dalam proses perubahan, implementasi capaian pembelajaran akan menjadi tantangan yang sulit dihadapi.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Debi Tri Hapsari 2413032072 གིས-
Menurut saya perubahan peraturan CP pada tingkat usia dini, pendidikan dasar, dan menengah yang cukup banyak itu masih signifikan. mengapa? karena di setiap jenjang nya tidak bisa di pukul sama rata untuk capaian pembelajaran nya. misalnya, SMA sederajat jika CP selama 3tahun itu sama dan tidak terlalu banyak maka sulit untuk mengetahui apakah anak tersebut sudah mencapai tujuan dari pembelajaran atau tidak, mengingat materi pembelajaran yang tidak sedikit dan setiap siswa atau peserta didik yang memiliki kemampuan berfikir yang berbeda beda. Tapi perlu di ketahui lagi bahwa Indonesia ini keadaan wilayah atau tempat nya tidak sama sehingga CP bisa disesuaikan kembali dengan keadaan wilayah tersebut.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Dini Aprilia 2453032022 གིས-
Nama : Dini Aprilia
NPM : 2453032022

Pendapat anda cukup menarik dan saya setuju karena relevan dalam diskusi tentang kebijakan pendidikan di Indonesia. Memang, perubahan peraturan yang terlalu sering atau kompleks bisa membingungkan bagi tenaga pendidik dan sulit diimplementasikan dengan baik. Beberapa poin yang Anda angkat, seperti kesenjangan infrastruktur, akses pendidikan yang belum merata, serta metode evaluasi yang tidak mengalami perubahan signifikan, adalah tantangan nyata dalam sistem pendidikan kita.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Etna Annisa Salwa Dzakiyah 2453032014 གིས-
Saya setuju dengn pendapat anda hanya saja menurut saya Pembelajaran pada tingkat usia dini, Pendidikan dasar juga pendidikan menengah sangat berpengaruh besar dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Adanya perubahan pendidikan pada tingkat usia dini, menengah ataupun pendidikan dasar. Akan selalu berdampak pada peluang pendidikan yang akan mendatang, kesenjangan infrastruktur dan proses di bidang akses pendidikan dapat menumbuhkan berbagai metode metode evaluasi yang baru sehingga dalam metode ini terdapat beberapa evaluasi mengenai perkembangan pendidikan di indonesia sperti peranan guru dalam Memproses, menganalisis data dan informasi
Peserta didik memilih dan mengorganisasikan
informasi yang diperoleh. Ia menafsirkan
informasi yang didapatkan dengan jujur dan
bertanggung jawab. Selanjutnya, menganalisis
menggunakan alat dan metode yang tepat,
menilai relevansi informasi yang ditemukan
dengan mencantumkan referensi rujukan,
serta menyimpulkan hasil dari setiap evaluasi yang ada. Dari hal ini evaluasi” yang telah ada dapat di gunakan dalam proses pendidikan dan akses informasi dalam berbagai bidnag pendidikan.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

NAYLA RAHIMA PUTRI 2453032023 གིས-
izin menambahkan menurut saya, Pendidikan Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara mencerminkan nilai-nilai luhur yang dapat membimbing perilaku sosial, moral, dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Pancasila diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai pentingnya nilai-nilai seperti gotong royong, keadilan sosial, demokrasi, serta toleransi. Pengaruh terhadap siswa-siswi bisa sangat positif, terutama dalam membentuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Dengan memahami Pancasila, siswa diharapkan bisa lebih menghargai keberagaman budaya, agama, dan suku bangsa di Indonesia. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk selalu bertindak adil, jujur, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sosialnya.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

2453032012 2453032012 གིས-
Pendapat hafis cukup menarik dan relevan dengan realitas pendidikan di Indonesia. Banyak perubahan regulasi dari Kemendikbudristek memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi tantangan implementasi di lapangan sering kali menjadi hambatan utama.
In reply to Muhammad Hafidz Fallahan 2413032078

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Asyifa Novia Safitri 2413032075 གིས-
Saya setuju dengan pendapat hafidz dimana perubahan peraturan Kemendikbudristek yang terlampau sering, tanpa disertai persiapan matang dan evaluasi komprehensif, justru memperparah kesenjangan pendidikan. Kurangnya keterlibatan guru dan pihak terkait, fokus pada perubahan struktural tanpa substansial, ketiadaan standarisasi yang jelas, kesenjangan digital, serta minimnya evaluasi dampak yang mendalam, menyebabkan perubahan tersebut gagal memberikan dampak signifikan. Alih-alih meningkatkan kualitas, perubahan ini malah menambah beban guru dan siswa, serta memperlebar jurang ketidaksetaraan pendidikan di Indonesia.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Indra maulana 2453032021 གིས-
Menurut pemahaman saya kurikulum merdeka ini sangat baik dan di harapkan bisa di terapkan di seluruh sekolah di indonesia berikut saya mencoba untuk meringkas 3 poin di atas

Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka adalah target kemampuan yang diharapkan bisa dikuasai siswa di setiap tahap belajar. Kemampuan ini nggak cuma soal pengetahuan, tapi juga keterampilan dan sikap. CP dibuat supaya belajar lebih fleksibel, menyesuaikan kebutuhan dan potensi anak, serta membantu mereka lebih siap saat naik ke jenjang pendidikan berikutnya.

Untuk mendukung CP, ada elemen pendidikan Pancasila, yang bertujuan membentuk siswa jadi pribadi yang seimbang, baik secara akademik maupun karakter. Enam nilai utamanya adalah Beriman dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.
In reply to Indra maulana 2453032021

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Indra maulana 2453032021 གིས-
Proses belajar dibagi ke beberapa fase sesuai usia. Fase Fondasi untuk PAUD, Fase A buat kelas 1-2 SD, Fase B untuk kelas 3-4 SD, Fase C di kelas 5-6 SD, Fase D untuk SMP, dan Fase E serta F buat SMA. Setiap fase ini dirancang agar anak bisa berkembang secara bertahap, sesuai kemampuan dan kebutuhan mereka.

Jika ada salah mohon maaf teman teman
In reply to Indra maulana 2453032021

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

AMELIA MERTADINOVA གིས-
izin menambahkan argumen dari Indra Maulana, Pendidikan Pancasila dengan enam nilai utamanya Beriman dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif, merupakan fondasi penting dalam membentuk siswa yang seimbang secara akademik dan karakter. Jika merujuk pada dokumen Kemendikbudristek No. 33 Tahun 2022, pendidikan ini tidak hanya sekedar mengajarkan teori, tetapi harus diterapkan dalam keseharian peserta didik melalui pengalaman nyata, seperti praktek gotong royong, diskusi kasus, dan proyek sosial.
Selain itu, dokumen tersebut juga menekankan pentingnya keterlibatan keluarga dan masyarakat dalam pendidikan karakter siswa. Pendidikan karakter tidak bisa berjalan sendiri di lingkungan sekolah, tetapi harus didukung oleh lingkungan yang lebih luas agar siswa memiliki pemahaman yang utuh tentang bagaimana nilai-nilai Pancasila diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Pendekatan ini selaras dengan tujuan utama CP yang tidak hanya menargetkan capaian akademik, tetapi juga membentuk peserta didik yang siap menghadapi tantangan sosial dengan moralitas yang kuat, kemandirian, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Oleh karena itu, Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka harus diimplementasikan secara menyeluruh dan konsisten agar nilai-nilai tersebut benar-benar membentuk karakter siswa secara optimal.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Citra Ardila 2453032009 གིས-
Menurut saya capaian pendidikan anak usia dini sangat dibutuhkan untuk menguatkan peran PAUD sebagai jenjang fondasi pada pendidikan dasar. Stimulasi sendiri dirancang dengan cara memperkaya lingkungan yang di mana dapat menyuburkan interaksi anak dengan lingkungan di sekitarnya termasuk peran pendidik dan orang tua sangat membantu dalam hal ini. Dengan cara ini di harapkan proses stimulasi akan memberikan dampak yang optimal pada peningkatan karakter, keterampilan maupun pengetahuan anak.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Ridwan Mufid གིས-
Menurut saya Pendidikan Pancasila tidak hanya penting dalam konteks formal di sekolah, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, diharapkan generasi muda Indonesia dapat menjadi individu yang berkarakter, toleran, dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.
In reply to Ridwan Mufid

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

NISRINA HANIFAH 2413032084 གིས-
Saya setuju dengan pendapat Ridwan karena dengan internalisasi nilai-nilai Pancasila, proses pendidikan akan lebih komprehensif, menyentuh aspek karakter, keterampilan, dan pengetahuan. Hal ini akan memberikan dampak yang lebih baik untuk perkembangan generasi yang lebih unggul.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Wayan Dina Fretyana 2453032018 གིས-
Nama: Wayan Dina Fretyana
Npm: 2453032018

menurut saya capaian pembelajaran dikatakan berhasil dilaksanakan jika elemen dan fase dari A-F berhasil terlaksana juga,karna jika 1 elemen atau materi pendidikan Pancasila saja yg terlewatkan mungkin akan mengurangi penjelasan dari beberapa materi yang harusnya dijelaskan oleh pendidik kepada peserta didik,dan sama seperti elemen,fase A-F menjelaskan tentang capaian pembelajaran dari kelas 1 sd sampai dengan lulus SMA jika 1 Fase saja terlewatkan itu berarti peserta didik tidak bisa disebut berhasil dalam kegiatan pembelajaran.
bisa disimpulan antara capaian pembelajaran,elemen dan fase saling berkaitan satu sama lain karena mungkin menjadi penilaian penting dalam kurikulum dan pembelajaran ataupun dalam keberhasilan peserta didik.
In reply to Wayan Dina Fretyana 2453032018

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Desty amanda sanjaya གིས-
Nama : Desty Amanda Sanjaya
Npm : 2453032019

setelah saya membaca dan memahami dapat di simpulkan bahwa selain pendidikan pancasila memiliki 4 elemen terdapat juga tujuan mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
1. siswa dapat mencintai negara dan lingkungannya untuk mewujudkan persatuan dan keadilan sosial
2. Memahami makna dan nilai-nilai Pancasila
3. menyelaraskan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4. Memahami jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia
5. mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta berperan aktif dalam kancah global.
In reply to Desty amanda sanjaya

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Citra Ardila 2453032009 གིས-
Izin menambahkan jawab dari Desty
Bahwasanya saya setuju dengan simpulan Pendidikan Pancasila yang dimana bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap bangsa dan lingkungan, sehingga siswa dapat berkontribusi dalam mewujudkan persatuan dan keadilan sosial. Selain itu, mata pelajaran ini membantu siswa memahami nilai-nilai Pancasila, menyeimbangkan hak dan kewajiban dalam kehidupan bernegara, serta mengenali identitas mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Lebih jauh, Pendidikan Pancasila juga berperan dalam membentuk kesadaran siswa untuk menjaga keutuhan NKRI dan berpartisipasi dalam dinamika global.
In reply to Citra Ardila 2453032009

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Asyifa Novia Safitri 2413032075 གིས-
Izin menambahkan pendapat dari Citra Ardila. Menurut saya Meskipun tujuan Pendidikan Pancasila sangat mulia, yaitu menanamkan rasa cinta tanah air, nilai-nilai Pancasila, dan kesadaran akan hak dan kewajiban, implementasinya sering kali menghadapi tantangan. Metode pengajaran yang monoton dan kurang relevan dengan realitas siswa dapat membuat mereka sulit memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut. Selain itu, kurangnya teladan dari pendidik dan tokoh masyarakat, serta potensi indoktrinasi dalam pengajaran, dapat mengurangi efektivitas pendidikan ini. Penting untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki kurikulum serta metode pengajaran Pendidikan Pancasila agar dapat mencapai tujuannya secara optimal.
In reply to Desty amanda sanjaya

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

ANNISA JANNATUL MA'WA གིས-
Izin menambahkan pendapat dari Desty Amanda Sanjaya. Di point nomor 5 bahwa Desty mengatakan tujuan dari elemen pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah untuk mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Memang benar hal tersebut bahwasanya kita sebagai warga negara wajib mempertahankan wilayah NKRI. Apalagi di masa sekarang ini, adanya pengaruh globalisasi terhadap NKRI. Mulai dari masuknya budaya asing secara mudah ke Indonesia, misalnya adalah K-Pop di era sekarang. Di mana masyarakat Indonesia lebih suka mengenal bahasa Korea (asing), kebudayaan asing dan lain sebagainya. Ini bukan hanya untuk negara korea saja tetapi untuk negara-negara lainnya. Masyarakat Indonesia kebanyakan menganggap bahwa budaya lokal dinilai sangat kuno dan terlalu tradisional, sehingga mereka mulai melunturkan budaya mereka sendiri. Padahal, salah satu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI juga merupakan suatu hal yang bisa kita lakukan dengan mudah. Yaitu dengan memperkenalkan budaya lokal Indonesia, karena Indonesia ini sangat beragam. Seharusnya, kita sebagai warga negara bangga menjadi bangsa indonesia, karena diseluruh dunia Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam, budaya, daerah, maupun pulau yang banyak. Sehingga kita sebagai warga negara harus mempertahankan kebudayaan lokal, entah itu dari segi suku, ras, maupun pulau yang kita tinggali. Jangan sampai warga negara asing menguasai daerah daerah di Indonesia demi kepentingan individu.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Muhammad Arjun Saputra 2453032016 གིས-
Saya setuju dengan pendapat anda,bahwa perubahan peraturan yang sering dilakukan oleh Kemendikbudristek memang belum tentu memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Selain itu perubahan yang dianggap terlalu rumit justru bisa membebani tenaga pendidik dan peserta didik dalam proses adaptasi.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

SALSABILLA 2453032010 གིས-
Menurut pendapat saya capaian pembelajaran tentang kurikulum merdeka tahun 2022 pastinya belum akan mengakomodir secara keseluruhan pada tingkat jenjang pendidikan, tetapi alangkah baiknya jika kurikulum ini masih tetap dijalankan karena pelaksanaan kurikulum ini baru berlangsung bahkan belum mejangkau semua sekolah jika dilihat pada programnya kurikulum ini menerapkan kemerdekaan siswa dalam belaja sehingga siswa dapat bereksporasi dalam belajar dengan suasana yg sesuai dg yg siswa inginkan sehingga siswa lebih merasa luar dalam berpikir dan berkreatifitas, jika kurikulum ini baru saja dinikmati oleh para siswa dan di praktekan oleh para guru lalu harus mengalami perubahan lagi maka akan membuat semua akan kembali ke program yg baru sehingga menjadi kurang efektif karena siswa dan guru sibuk untuk mempelajari kurikulum perubahan ya baru
In reply to SALSABILLA 2453032010

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Eidhelwise Deswita Maharani 2413032074 གིས-
Izin menambahkan pernyataan dari salsabila, menurut saya pribadi Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi siswa untuk bereksplorasi dalam belajar, bukan berarti penerapannya harus dipertahankan tanpa evaluasi menyeluruh. Jika ada aspek yang kurang efektif atau belum sesuai dengan kebutuhan pendidikan di berbagai daerah, perubahan atau penyesuaian tetap diperlukan. Selain itu, tidak semua sekolah memiliki kesiapan yang sama dalam mengadopsi kurikulum ini, terutama terkait sarana, prasarana, serta kesiapan guru dalam mengajar dengan metode yang lebih fleksibel. Jika kurikulum ini tetap dijalankan tanpa evaluasi mendalam, ada risiko kesenjangan dalam kualitas pendidikan antar sekolah yang berbeda fasilitas dan sumber daya.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Eidhelwise Deswita Maharani 2413032074 གིས-
menurut saya pada fase F tentang pembelajaran pancasila di kelaa XI dan XII SMA/MA/Program paket C
Pada elemen pancasila harapan capaian pembelajaran untuk peserta didik diharapkan mampu menganalisis kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka serta peluang dan tantangan penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. agar bisa mencapai capaian pembelajaran itu menurut saya untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, peserta didik perlu menganalisis isu-isu aktual yang berkaitan dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi dan debat dapat melatih mereka berpikir kritis tentang peluang dan tantangan penerapannya. Selain itu, keterlibatan dalam proyek sosial seperti gotong royong atau kampanye toleransi akan membantu mereka mengalami langsung nilai-nilai Pancasila. Refleksi dan presentasi juga dapat memperkuat pemahaman mereka dengan mengevaluasi sejauh mana Pancasila sudah diterapkan di lingkungan sekitar. Dengan pendekatan ini, peserta didik tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata.

apakah ada yg ingin menambahkan?
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Puan Maharani 2453032015 གིས-
Nama: Puan Maharani
NPM: 2453032015
menurut saya capian pembelajaran digunakan untuk menilai apakah siswa dan siswi telah mencapai kemampuan yang sesuai dengan tujuan pembelajarannya. bisanya capaian pembelajaran itu melalu tiga tahap, yang pertama pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Pendidikan Pancasila juga terkait erat dengan capaian pembelajaran, elemen, dan fase pendidikan di Indonesia. Pendidikan Pancasila bertujuan menanamkan nilai-nilai dasar negara dalam setiap fase pembelajaran. Capaian pembelajaran mencakup penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Elemen pendidikan Pancasila meliputi nilai-nilai dalam setiap sila (Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, Keadilan Sosial) yang harus diterapkan dalam sikap dan perilaku siswa. Setiap fase pendidikan (dasar, menengah, tinggi) menekankan penerapan nilai Pancasila secara progresif, dimulai dari pengenalan hingga implementasi dalam kehidupan bermasyarakat.
In reply to Puan Maharani 2453032015

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

SALSABILLA 2453032010 གིས-
Saya setuju dengan puan maharani karena capaian pembelajaran itu sebagai tolak ukur dimana kita dapat menilai apakah siswa tersebut telah mencapai kompetensi yang di targetkan, yang dimana pencapaian pembelajaran itu dapat di ukur baik dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Dan saya juga setuju bahwa pancasila berperan dalam nilai nilai dasar dalam setiap fase pembelajaran karena di sini menunjukan bahwa capaian pembelajaran itu bukan hanya tentang penguasaan ilmu tetapi juga tentang internalisasi nilai - nilai yang membentuk karakter siswa
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

ANNISA JANNATUL MA'WA གིས-
Menurut saya, capaian kurikulum di Indonesia ini masih belum bisa digunakan secara optimal di seluruh sekolah indonesia, terutama pada kurikulum merdeka. Mengapa? Karena pada dasarnya masih banyak guru yang memiliki keterbatasan dalam memahami terkait esensi bagaimana kurikulum merdeka. Di mana guru juga belum siap beralih pada kurikulum merdeka. Karena setiap berapa tahun ke belakang pemerintah selalu mengubah-ubah kurikulum di Indonesia, dari KTSP 2006, kurikulum 2013, hingga saat ini yaitu kurikulum merdeka yang akan diganti nama menjadi kurikulum nasional. Sehingga, dari tahun ke tahun banyaknya kuliatas pendidikan di indonesia mulai menurun karena adanya perubahan pada kurikulum. Apalagi di masa sekarang para siswa sudah bisa menggunakan teknologi berupa handphone sebagai upaya dalam membantu mereka belajar. Namun, terdapat sisi negatif dari adanya teknologi tersebut. Yaitu, siswa rata-rata jadi malas membaca buku dan mereka lebih memilih untuk mencari jawaban atau hal lainnya pada handphone mereka. Karena pada kurikulum merdeka ini siswa lebih mengutamakan pembelajaran secara aktif dan mandiri
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

DIANA OCTAFIA 2413032076 གིས-
Menurut pendapat saya, tentang capaian pembelajaran yang di sampaikan adalah regulasi ini memberi kebebasan bagi sekolah dan siswa untuk belajar dengan lebih fleksibel. Perubahan ini penting karena sistem pendidikan kita terlalu kaku, memaksa semua siswa belajar dengan kecepatan sama.

Saya setuju aturan ini fokus pada pemahaman, bukan sekadar menghafal. Fase dalam capaian pembelajaran juga memberi lebih banyak waktu untuk memahami materi. Namun, ada tantangan dalam penerapan kebijakan ini, seperti kesiapan guru yang sudah terbiasa dengan sistem lama. Integrasi nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan secara nyata. Secara keseluruhan, Kurikulum Merdeka adalah ide baik untuk pendidikan di Indonesia, tetapi semua pihak harus siap menjalankannya.
In reply to DIANA OCTAFIA 2413032076

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Givona Cattlya Mahira Br.P 2453032013 གིས-
Nama:Givona Cattlya Mahira Br.P
NPM:2453032013

saya setuju dengan pendapat anda karna sistem pendidikan di indonesia ini cukup memadai juga menurut saya dan dengan adanya kurikulum merdeka kita sebagai peserta didik atau siswa lebih bisa berkembang dan berfikir lebih efektif dengan mempelajari hal-hal baru.
In reply to DIANA OCTAFIA 2413032076

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Debi Tri Hapsari 2413032072 གིས-
saya setuju dengan pendapat diana, kesiapan guru dan peserta didik dalam menerapkan kurikulum merdeka merupakan suatu keharusan, karena jika tidak siap maka kurikulum merdeka tidak terlaksana dengan baik dan menjadi serius dalam kualitas pembelajaran dan ke efektifan anak dalam belajar
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Debi Tri Hapsari 2413032072 གིས-
Elemen Pendidikan Pancasila itu ada 4 yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal ika, dan Negara kesatuan republik Indonesia. Jika dari ke 4 elemen sudah di ajarkan pada peserta didik dan peserta didik paham tentang materi tersebut tetapi peserta didik tidak mampu meng implementasi kan salah satu capaian belajar dari elemen tersebut, contoh nya pada fase C program paket A anak tidak menghormati perbedaan budaya sepeti berbeda suku dan agama. Apakah hal tersebut merupakan gagal nya capaian pembelajaran?
In reply to Debi Tri Hapsari 2413032072

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

NISRINA HANIFAH 2413032084 གིས-
Jika peserta didik tidak mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang telah diajarkan, maka dapat dikatakan bahwa capaian pembelajaran belum sepenuhnya berhasil. Diperlukan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk memastikan bahwa nilai-nilai tersebut tidak hanya dipahami, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to Debi Tri Hapsari 2413032072

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Desty amanda sanjaya གིས-
menurut pemahaman saya tentang hal tersebut,blm di nyatakan gagal karna dalam hal ini membutuhkan proses secara perlahan (adaptasi) agar mendapatkan hasil yang maksimal pendidik harus lebih extra dalam membimbing,sehingga lama kelamaan peserta didik akan terbiasa dalam mengimplementasi kan seperti saling menghargai perbedaan
In reply to Debi Tri Hapsari 2413032072

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

cindy risky shaharani 2413032073 གིས-
Menurut saya, eskipun peserta didik telah diajarkan tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, penting untuk membedakan antara pemahaman teoritis dan kemampuan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman yang baik akan teori belum tentu menjamin tindakan yang sejalan dengan teori tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa capaian pembelajaran tidak hanya mengukur aspek kognitif tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik karna, Pendidikan Pancasila bertujuan tidak hanya untuk mengajarkan nilai-nilai, tetapi juga untuk membentuk sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Jika peserta didik tidak menghormati perbedaan budaya atau agama, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada kekurangan dalam pembentukan karakter dan sikap toleransi. Pendidikan karakter harus menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat mentransformasikan pengetahuan menjadi tindakan
In reply to Debi Tri Hapsari 2413032072

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

DIANA OCTAFIA 2413032076 གིས-
Menurut pendapat saya, saya percaya bahwa seseorang tidak dapat dianggap gagal dalam pembelajaran jika mereka memahami aspek-aspek Pendidikan Pancasila tetapi tidak menerapkannya dalam kehidupan mereka. Pendidikan mencakup pemahaman teori dan aplikasinya dalam dunia nyata.

Contoh kasus anak-anak dalam fase C program paket A yang tidak menghormati perbedaan budaya menunjukkan bahwa beberapa aspek pembelajaran perlu ditingkatkan, terutama dalam hal sikap dan karakter. Ini adalah masalah yang perlu diperbaiki, bukan kegagalan total. Pengalaman langsung dan bimbingan dari guru dan orang tua harus menjadi bagian dari pendidikan karakter. Jika ada siswa yang belum menunjukkan sikap yang sesuai dengan prinsip Pancasila, ada kesempatan untuk memberikan bimbingan tambahan. Setiap anak berkembang dengan cara yang berbeda, dan tugas guru adalah membantu anak-anak menerapkan ide-ide ini dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Ridwan Mufid གིས-
Nama : Ridwan Mufid N.S
NPM. : 2413032079

Menurut saya mengkaji konstitusi dan norma yang berlaku dari lingkup terkecil hingga global sangat penting dalam memahami dan mempraktikkan hak serta kewajiban kita. Pendidikan mengenai konstitusi memberikan fondasi yang kuat untuk memahami hak asasi manusia dan mendorong kita untuk bersuara kritis terhadap pelanggaran-pelanggaran tersebut. Dengan demikian, kita dapat berkontribusi secara positif sebagai individu, warga negara Indonesia, dan anggota masyarakat dunia. Pendidikan konstitusional juga berperan dalam menjaga keutuhan bangsa dan memperkuat kesadaran kolektif akan nilai-nilai kemanusiaan.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Wayan Dina Fretyana 2453032018 གིས-
izin menjawab pertanyaan Debi tri hapsari
menurut saya jika seorang anak tidak bisa menghormati perbedaan agama dan suku pada salah satu elemen pada fase C capaian pembelajaran tersebut bisa disebut gagal,mengapa??
karna capaian pembelajaran bisa dikatakan berhasil jika peserta didik berhasil menerapkan apa yg diajarkan karna pada pengertian belajar sendiri itu bisa disebut sebagai perubahan.Jadi jika seorang peserta didik tidak bisa menerapkan apa yg diajarkan seperti menghormati perbedaan capaian pembelajaran memang bisa dikatakan gagal karna peserta didik tidak memiliki perubahan pada dirinya sendiri untuk menerapkan apa yg telah diajarkan atau ilmu yg telah diberikan pendidik.
capaian pembelajaran sendiri menurut saya juga sebagai tolak ukur bagimana dan sampai mana peserta didik memahami materi yg diberikan.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Etna Annisa Salwa Dzakiyah 2453032014 གིས-
Nama:Etna annisa salwa dzakiyah
NPM:2453032014

Menurut saya perkembangan kurikulum merdeka saat ini sangatlah baik, Karena dalam perkembangan kurikulum merdeka saat ini dapat mempermudah peserta didik dalam memahami setiap pelajaran atau bahkan perkembangan pendidikan yang semakin pesat, para peserta didik ini bisa dapat dengan mudah memahami berbagai hal yang sebelumnya mereka sulit dalam setiap pemahamanya, kurikulum merdeka Di rancang untuk membekali perserta didik di dalam Kurikulum Merdeka dirancang untuk membekali peserta didik agar memiliki penguasaan pengetahuan operasional yang lengkap dan kemampuan kerja, dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hal-hal yang terkait administrasi perkantoran yang dapat digunakan sebagai pendukung dalam bekerja atau berwirausaha.

Keterampilan komputer aplikasi perkantoran terdiri atas sistem komputer, pengolah kata, pengolah angka, pengolah presentasi, dan pengolah internet.

Pembelajaran pada Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran dilakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan dapat mengintegrasikan Program Pemberdayaan. Pembelajaran Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran dan menginternalisasikan dimensi profil pelajar Pancasila. Pendekatan pembelajaran dalam Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran dapat menggunakan

Oleh karna itu saya rasa perkambangan kurikulum merdeka sangat di perlukan untuk para perserta didik , karna dalam kurikulum ini wawasan dan pengetahuan perserta didik dapat tumbuh dnegen pesat.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Than Yachan Suriya གིས-
menurut yang saya tangkap dan baca dari materi ini jadi capaian belajar itu ibarat target atau tujuan yang harus dicapai siswa dalam belajar.jadi di setiap jenjang pendidikan ada hal hal tertentu yang harus dikuasai
lalu, elemen pendidikan pancasila itu seperti pilar pilar yang membangun pemahaman kita tentang negara ada 4 bagian penting yaitu pancasila,uud 1945,bhinneka tunggal ika dan NKRI dan yang terakhir adalah fase jadi fase itu menurut saya merupakan semacam tahapan belajar yang di sesuaikan dengan usia siswa
jadi intinya belajar Pendidikan Pancasila itu penting agar siswa mengerti tentang negara,aturan aturan dalam negara dan bagaimana cara menjadi warga negara yang baik
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Ichmida Mahida JZ_2413032081 གིས-
sebelumnya izin berpendapat, di dalam bahan materi tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan
Pancasila sesuai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Namun mengapa masih sering sekali ditemukan adanya siswa/i yg bisa dikatakan belum mencapai target dari Pancasila sebagai tujuan pendidikan nasional, padahal saya yakin bahwa pemerintah membuat kurikulum atau aturan aturan sekolah sudah disesuaikan dengan nilai nilai Pancasila, jika dibilang itu karna kurangnya kesadaran oleh diri anak itu sendiri lalu bagaimana cara untuk para pendidik ini untuk menyadarkan murid murid mereka tentang pentingnya menerapkan nilai nilai Pancasila supaya kalimat "Pancasila sebagai tujuan pendidikan nasional" itu tercapai?
Saya juga berfikir bahwa sepertinya akan nyaris sia sia jika hanya seorang pendidik atau guru saja yg hanya berusaha untuk membuat anak anak sadar akan hal tersebut, karna mereka pasti juga akan melihat dan menilai sendiri dari kehidupan di Indonesia ini bahwa "kenapa saya harus menerapkan nilai Pancasila, jika pemerintah/masyarakat lainya saja tidak peduli akan nilai Pancasila tersebut"
In reply to Ichmida Mahida JZ_2413032081

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

NISRINA HANIFAH 2413032084 གིས-
Pancasila sebagai dasar negara memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial, dapat membimbing perilaku dan sikap siswa. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai ini ke dalam kurikulum, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis, tetapi juga dibekali dengan moral dan etika yang kuat.

Pentingnya integrasi ini terletak pada pembentukan identitas nasional dan karakter bangsa. Ketika siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, mereka akan lebih siap menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Selain itu, pendidikan yang berlandaskan Pancasila dapat membantu mencegah konflik sosial dan mempromosikan toleransi di antara berbagai kelompok masyarakat.

Dengan demikian, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan tidak hanya relevan, tetapi juga sangat diperlukan untuk menciptakan generasi yang berintegritas dan memiliki rasa cinta tanah air.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

Yeza May Respati 2413032086 གིས-
Menurut saya perubahan kurikulum dan asesmen pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan sebenarnya langkah yang cukup baik, tapi tetap ada tantangan dalam penerapannya. Dari yang saya lihat, Kurikulum Merdeka yang sekarang diterapkan punya niat bagus, yaitu lebih fleksibel dan berorientasi pada pengembangan kompetensi, bukan sekadar hapalan. Tantangan yang di hadapi itu bisa berupa, beberapa guru tidak siap dengan metode baru, belum tentu semua sekolah memiliki fasilitas jika pembelajaran berbasis proyek. Jadi perubahan kurikulum tersebut baik tetapi banyak tantangan yang harus di hadapi oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Jika semua pihak mendukung perubahan ini maka bisa jadi langkah maju buat pendidikan di Indonesia.
In reply to elisaseftriyana elisaseftriyana

Re: Silahkan baca bahan bahan berikut, kemudian pelajari maksud dari Capaian Pembelajan, Elemen Pendidikan Pancasila dan Fase.

SYFA SAIKUNASIA གིས-
Menurut pendapat saya, kurikulum dan capaian pembelajaran , di Indonesia sudah cukup baik, namun kemampuan belajar tidak hanya soal pengetahuan tetapi juga tentang keterampilan dan sikap seorang pelajar tersebut, dan pendidikan pancasila juga terkait erat dengan capaian sebuah pembelajaran, elemen dan fase pendidikan yg ada di Indonesia, yang bertujuan menanamkan nilai nilai dasar negara di dalam setiap fase pembelajarannya, yang mencakup tentang penguasaan, pengetahuan, sikap dan keterampilan yang mencerminkan nilai pancasila.