FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Jumlah balasan: 12


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi  yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Adventinus Bernadianto 2213053165 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi ibu dan rekan-rekan

Izin mengirimkan hasil diskusi kelompok 6:
Andini Putri Endria
(2213053149)
Adventinus Bernadianto
(2213053165)
Muadhatus Solehah
(2213053174)
Ninda Putriayu
(2213053136

Bagi rekan rekan mahasiswa yang ingin bertanya terkait materi yang telah kami berikan, dipersilahkan
Sebagai balasan Adventinus Bernadianto 2213053165

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273 -
Nama: Ellena Aulia Yunika Putri
NPM : 2213053273

izin bertanya kepada kelompok 6, Menurut kelompok kalian bagaimana penggunaan media audiovisual dapat membantu siswa dengan gaya belajar yang berbeda, seperti mereka yang lebih cepat belajar melalui visual dibanding audio atau sebaliknya?
Sebagai balasan Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Andini Putri Endria 2213053149 -
Terimakasih ellena
Izin menjawab dari pertanyaan saudari ellena. Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran dapat menjembatani kebutuhan siswa dengan gaya belajar yang berbeda, seperti siswa visual yang lebih cepat memahami melalui gambar dan siswa auditori yang lebih responsif terhadap suara. Dengan kombinasi elemen visual dan suara, media ini memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan bervariasi, memungkinkan siswa memilih komponen yang paling sesuai dengan preferensi mereka. Misalnya, siswa visual bisa lebih fokus pada gambar, diagram, atau teks yang ditampilkan, sementara siswa auditori bisa lebih memperhatikan penjelasan verbal atau narasi. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman, tetapi juga membantu mengakomodasi perbedaan gaya belajar, sehingga materi dapat dipahami lebih menyeluruh oleh peserta didik
Sebagai balasan Adventinus Bernadianto 2213053165

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Ratih Kurniasih 2213053159 -
Nama: Ratih Kurniasih
Npm: 2213053159

Pertanyaan:
Dalam pemilihan media pembelajaran, bagaimana prinsip keterhubungan dengan pengalaman nyata dapat membantu siswa sekolah dasar memahami materi? Jelaskan bagaimana media konkret atau visual dapat digunakan untuk memperjelas konsep yang abstrak bagi siswa?
Sebagai balasan Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Ninda Putriayu 2213053136 -
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Ratih

Prinsip keterhubungan dengan pengalaman nyata dalam pemilihan media pembelajaran sangat penting untuk siswa sekolah dasar karena pada usia ini mereka masih berada dalam tahap operasional konkret, artinya mereka lebih mudah memahami hal-hal yang bisa mereka lihat, sentuh, atau alami langsung daripada konsep yang abstrak.

Menggunakan media konkret atau visual membantu siswa SD memahami materi abstrak dengan cara sebagai berikut:
1. Media konkret seperti balok atau kancing membantu siswa memahami operasi dasar, misalnya, konsep pembagian dijelaskan dengan membagi kelereng.
2. Keterhubungan dengan pengalaman sehari-hari membuat materi lebih akrab; misalnya, siklus air dijelaskan dengan gambar atau model penguapan.
3. Media visual seperti video atau animasi menjadikan pembelajaran lebih menarik, misalnya, animasi tata surya untuk memahami rotasi planet.
4. Alat bantu visual menyederhanakan konsep sulit, seperti gelas ukur untuk volume atau kertas potongan untuk pecahan.
Sebagai balasan Adventinus Bernadianto 2213053165

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041 -
Izin bertanya

Nama : Arcilia Intan Permadani
NPM : 2213053041

Bagaimana peran media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa (membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan) Peserta didik SD?
Sebagai balasan ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Muadhatus Solehah 2213053174 -
izin menjawab pertanyaan dari saudari Acilia.
Media pembelajaran interaktif memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Peserta didik SD, baik dalam aspek membaca, menulis, berbicara, maupun mendengarkan. Penggunaan media pembelajaran interaktif mampu menarik minat peserta didik sehingga pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan mengurangi kejenuhan. Dengan cara ini, peserta didik terdorong untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan berbahasa, seperti membaca atau mendengarkan cerita. Selain itu, media interaktif juga menyediakan berbagai teks digital dan tugas menulis kreatif yang dapat diakses dengan mudah, seperti aplikasi membaca yang membantu peserta didik mempelajari kosakata baru dan memahami teks, serta platform menulis digital yang memungkinkan peserta didik untuk berlatih menulis dan mendapatkan umpan balik langsung. Dalam aspek berbicara dan mendengarkan, media interaktif memberikan peluang bagi peserta didik untuk melatih kemampuan mereka melalui rekaman suara atau simulasi percakapan. Fitur rekam ulang pada media ini memungkinkan siswa mendengarkan kembali hasil percakapan mereka, memperbaiki pelafalan, dan memahami intonasi dengan lebih baik.
Sebagai balasan Adventinus Bernadianto 2213053165

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Mery Nurkhaliza 2213053009 -
Nama: Mery Nurkhaliza
NOMOR: 2213053009

Izin bertanya kepada kelompok 6, Bagaimana pendidk dapat memastikan bahwa penggunaan media digital tidak mengalihkan fokus peserta didik dari pemahaman materi bahasa dan sastra itu sendiri?
Sebagai balasan Mery Nurkhaliza 2213053009

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Ninda Putriayu 2213053136 -
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Mery

Pendidik dapat memastikan bahwa penggunaan media digital tidak mengalihkan fokus peserta didik dari pemahaman materi bahasa dan sastra dengan menyusun kegiatan pembelajaran yang terarah dan berpusat pada tujuan pembelajaran. Langkah pertama adalah memilih media digital yang sesuai dengan topik dan keterampilan yang ingin dicapai, misalnya aplikasi interaktif untuk analisis teks atau video yang mendukung interpretasi sastra. Pendidik juga perlu memberikan panduan penggunaan media secara jelas dan menetapkan waktu yang terbatas agar peserta didik tidak terdistraksi. Selain itu, penting untuk membiasakan peserta didik melakukan refleksi atau diskusi setelah menggunakan media digital guna memastikan bahwa mereka benar-benar memahami dan dapat menghubungkan konten digital dengan materi yang diajarkan. Integrasi aktivitas analisis dan tanya jawab berbasis teks juga dapat membantu peserta didik mempertahankan fokus pada pemahaman materi inti, alih-alih hanya terpesona oleh aspek visual atau teknologi dari media tersebut.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Rahmadani 2213053162 -
Izin Bertanya 

Nama: Rahmadani 
NPM : 2213053162

Apa yang kamu ketahui tentang media digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia? Bagaimana cara kamu menggunakan media digital, seperti video atau aplikasi, untuk membantu memahami teks atau cerita yang sulit?
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh ANNISYA ANGGREINY -
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

Izin bertanya kepada kelompok 6, pertanyaan saya yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran yang menarik, seperti video interaktif dan permainan edukatif, terhadap motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa dan sastra Indonesia di tingkat SD?
Sebagai balasan ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

oleh Andini Putri Endria 2213053149 -
Terima kasih annisya, izin menjawab pertanyaan dari saudari annisya. Penggunaan media pembelajaran yang menarik, seperti video interaktif dan permainan edukatif, dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa dan sastra Indonesia di tingkat SD. Media ini membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan lebih kontekstual, sehingga siswa merasa lebih tertarik dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, media visual dan interaktif memudahkan siswa memahami konsep-konsep abstrak dalam bahasa dan sastra dengan lebih konkret dan menarik. Dengan meningkatnya minat belajar, siswa juga cenderung mengingat dan memahami materi lebih mendalam, yang pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar mereka.