FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Number of replies: 11


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Choirunnisa Tasyania 2213053049 གིས-

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

zin mengumpulkan makalah, ppt dan mind mapping kelompok 2 ibu 

Anggota kelompok 2

1. Choirunnisa Tasyania 2213053049

2. Ida Ayu Alit DiahPitaloka 2213053021

3. Muthia Az-zahra 2213053281

In reply to Choirunnisa Tasyania 2213053049

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Mutia Maulidya 2213053059 གིས-
Nama : Mutia Maulidya
NPM : 2213053059

Izin bertanya
Bagaimana teknik pengulangan dan pembiasaan dalam teori behavioristik bisa digunakan untuk mengajarkan materi sejarah atau geografi dalam pembelajaran IPS?

Terimakasih
In reply to Mutia Maulidya 2213053059

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Choirunnisa Tasyania 2213053049 གིས-
Izin menjawab pertanyaan Mutia maulidya

Teknik pengulangan dan pembiasaan dalam teori behavioristik dapat digunakan untuk mengajarkan materi sejarah atau geografi dalam IPS dengan cara berikut:

1. Pengulangan Materi: Materi sejarah atau geografi dapat disajikan secara berulang-ulang untuk memastikan bahwa siswa memahami konsep-konsep dasar. Hal ini dapat dilakukan melalui latihan, quiz, dan tes yang berulang.

2. Pembiasaan: Siswa dapat dilatih untuk mengingat dan menerapkan konsep-konsep sejarah atau geografi melalui kegiatan yang berulang, seperti:
- Membuat peta atau diagram yang menunjukkan lokasi geografis.
- Mengingat tanggal-tanggal penting dalam sejarah.
- Membuat skenario atau cerita singkat tentang peristiwa sejarah.

3. Penggunaan Penguatan Positif: Siswa yang menunjukkan kemampuan dalam mengingat atau menerapkan konsep-konsep sejarah atau geografi dapat diberikan penguatan positif, seperti pujian, hadiah, atau penghargaan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk terus belajar dan mengulangi materi tersebut.

4. Menggunakan Media Interaktif: Penggunaan media interaktif seperti permainan edukatif, simulasi, dan aplikasi mobile dapat membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih mudah mengulangi dan memahami materi.

Dengan cara-cara ini, teori behavioristik dapat membantu siswa mengingat dan memahami materi sejarah atau geografi dengan lebih efektif.
In reply to Choirunnisa Tasyania 2213053049

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Septi Nurmila Sari 2253053004 གིས-
Assalamualaikum

Nama : Septi Nurmila Sari
Npm : 2253053004

izin bertanya kepada kelompok 2
Bagaimana hubungan antara perkembangan sosial seorang siswa di lingkungan sekolah dengan pembelajaran IPS yang mereka terima? Berikan contoh konkret bagaimana pembelajaran IPS bisa mempengaruhi interaksi sosial siswa.

terimakasih
In reply to Septi Nurmila Sari 2253053004

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Ida Ayu Alit Diah Pitaloka གིས-
Izin menjawab pertanyaan Septi Nurmila.

Perkembangan sosial siswa di lingkungan sekolah sangat berhubungan erat dengan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikut beberapa cara di mana hubungan ini terjalin :

1. Interaksi Sosial
Pembelajaran IPS sering melibatkan diskusi kelompok, proyek bersama, dan kegiatan kolaboratif lainnya yang memperkuat keterampilan sosial siswa, seperti komunikasi, kerja sama, dan empati.

2. Pemahaman Sosial
IPS membantu siswa memahami berbagai aspek masyarakat, budaya, dan sejarah, yang dapat meningkatkan kesadaran sosial dan toleransi terhadap perbedaan. Ini penting untuk perkembangan sosial mereka.

3. Keterampilan Kritis
Melalui pembelajaran IPS, siswa diajak untuk berpikir kritis mengenai isu-isu sosial, politik, dan ekonomi. Keterampilan ini mendukung kemampuan mereka untuk berpartisipasi secara aktif dan bijaksana dalam masyarakat.

4. Pengalaman Sosial
Aktivitas seperti kunjungan lapangan atau proyek berbasis komunitas yang sering terintegrasi dalam pembelajaran IPS memberikan siswa pengalaman langsung dalam berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan sosial mereka.

Dengan demikian, pembelajaran IPS berkontribusi pada perkembangan sosial siswa dengan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berfungsi secara efektif dalam masyarakat.

Dan untuk contoh konkritnya, dengan mengajak siswa bergotong royong membersihkan area sekolah, kemudian mengadakan studi ke panti panti, baik itu panti asuhan maupun panti jompo. Untuk memancing interaksi sosial mereka.
In reply to Choirunnisa Tasyania 2213053049

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Alivia Cahya Kusworo 2213053053 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Alivia Cahya Kusworo
NPM : 2213053053

Izin bertanya pada kelompok 2
Di dalam kelas pasti ada bermacam macam karakter peserta didik, menurut kalian teori belajar apa yang cocok diterapkan untuk peserta didik yang mempunyai bermacam macam karakter tersebut?

Terimakasih
In reply to Alivia Cahya Kusworo 2213053053

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Muthia Az-Zahrah 2213053281 གིས-
Izin menjawab pertanyaan Alivia Cahya Kusworo terkait pertanyaannya, menurut kelompok kami teori belajar yang cocok untuk berbagai karakter siswa yaitu dengan menggunakan teori Kontruktivisme dimana teori ini berhubungan dengan tingkah laku individu.
Teori konstruktivisme mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuannya sendiri. Dengan demikian, siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda (visual, auditori, kinestetik) dapat menemukan cara belajar yang paling sesuai bagi mereka. Siswa bukan hanya penerima informasi, tetapi juga sebagai pencipta pengetahuan. Hal ini memungkinkan siswa dengan berbagai tingkat kemampuan untuk belajar dengan kecepatan masing-masing. Teori konstruktivisme menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menarik, seperti proyek kelompok, eksperimen, dan diskusi. Hal ini membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Contoh penerapan yang cocok dalam teori Kontruktivisme yaitu dengan melakukan proyek kelompok, diskusi kelas, pembelajaran berbasis masalah, dan eksperimen atau praktik langsung.

Teori konstruktivisme memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat siswa yang beragam. Dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, teori ini dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterampilan siswa. Dengan menerapkan teori ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, menantang, dan bermakna bagi semua siswa.
In reply to Choirunnisa Tasyania 2213053049

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Linda Agustina 2213053120 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Linda Agustina

NPM: 2213053120

Izin bertanya kepada kelompok 2, bagaimana penggunaan teori humanistik dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar , mengingat pesat nya pengaruh teknologi yang mempengaruhi kehidupan peserta didik sehari hari!

In reply to Linda Agustina 2213053120

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Choirunnisa Tasyania 2213053049 གིས-
Izin menjawab pertanyaan Linda Agustina

Penggunaan teori humanistik dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dapat diintegrasikan dengan pengaruh teknologi yang mempengaruhi kehidupan peserta didik sehari-hari dengan beberapa cara:

1. Mengintegrasikan Teknologi dengan Nilai-Nilai Humanistik:
- Guru dapat menggunakan teknologi untuk mengajarkan nilai-nilai humanistik seperti empati, kerja sama, dan keadilan. Misalnya, melalui simulasi interaktif, siswa dapat memahami bagaimana keputusan individu mempengaruhi masyarakat secara lebih luas.

2. Membuat Pembelajaran IPS Interaktif:
- Menggunakan media pembelajaran interaktif seperti video, gambar, dan simulasi untuk membuat pembelajaran IPS lebih menarik dan interaktif. Hal ini dapat meningkatkan daya serap siswa dan memungkinkan mereka memahami konsep secara lebih visual dan praktis.

3. Mengembangkan Keterampilan Sosial:
- Melalui platform kolaboratif online, siswa dapat berinteraksi dengan teman-teman lainnya dan mengembangkan keterampilan sosial seperti komunikasi, kerja sama, dan empati. Hal ini dapat membantu siswa memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memperkuat hubungan sosial[3].

4. Mengawasi dan Mengontrol Konten:
- Guru harus mengawasi dan mengontrol konten yang diakses oleh siswa untuk memastikan bahwa mereka tidak terpapar konten negatif seperti pornografi atau informasi palsu. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pembelajaran yang efektif dan memantau aktivitas online siswa.

5. Mengembangkan Keterampilan Digital:
- Mengajarkan keterampilan digital yang relevan dengan IPS, seperti analisis data, kritik media, dan etika online. Hal ini dapat membantu siswa memahami bagaimana teknologi mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan bagaimana mereka dapat menggunakan teknologi dengan bijak.

Dengan cara-cara ini, teori humanistik dapat diintegrasikan dengan pengaruh teknologi dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep IPS secara teoritis tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai humanistik dalam kehidupan sehari-hari yang dipengaruhi oleh teknologi.
In reply to Choirunnisa Tasyania 2213053049

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Grechia Yayang Agustin 2213053132 གིས-
Nama : Grechia Yayang Agustin
Npm : 2213053132

Izin bertanya kepada kelompok 2
Bagaimana teori belajar IPS dapat mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis pada siswa sekolah dasar dan apa indikator keberhasilannya?

Terima kasih
In reply to Grechia Yayang Agustin 2213053132

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Muthia Az-Zahrah 2213053281 གིས-
Izin menjawab pertanyaan dari Grecia Yayang Agustin terkait pertanyaan mengenai pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis dalam teori belajar.
Menurut kelompok kami Teori belajar IPS yang paling relevan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis adalah konstruktivisme. Teori ini menekankan bahwa siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Dalam konteks IPS, siswa diajak untuk Melakukan observasi, wawancara, atau eksperimen sederhana untuk mengumpulkan data.
Menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki.
Memilah-milah informasi, membandingkan, dan mencari pola. Dan menilai kebenaran dan relevansi informasi.

Ada beberapa indikator yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis pada siswa, antara lain:
* Kognitif:
Siswa dapat mengajukan pertanyaan yang relevan dengan topik yang sedang dipelajari.
Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang relevan dan tidak relevan.
* Afektif:
Siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai fenomena sosial.
Siswa memiliki sikap terbuka terhadap pendapat orang lain.
*Psikomotor:
Siswa dapat mengumpulkan data secara sistematis.
Siswa dapat menyajikan data dalam berbagai bentuk (tabel, grafik, dll.).

Teori konstruktivisme mengajarkan kita bahwa siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman. Jadi, bukan guru yang memberikan semua jawaban, tapi siswa yang aktif mencari tahu. Dengan cara ini, siswa lebih mudah mengingat dan memahami materi IPS.
Pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPS merupakan hal yang sangat penting. Dengan menerapkan teori konstruktivisme dan melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang bervariasi, guru dapat membantu siswa menjadi pembelajar yang aktif, kreatif, dan kritis.