FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

Jumlah balasan: 13


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Della Pratiwi 2213053073 -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,selamat pagi ibu dan rekan-rekan mahasiswa

Sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Della Pratiwi

NPM : 2213053073

Kelas : 5E

Disini saya selaku perwakilan dari kelompok 4 kelas 5 E yang beranggotakan :

1. Della Pratiwi (2213053073)

2. Eni Tri Sundari (2253053001)

3. Sabna Laila Fitri (2213053197)

Izin mengirimkan makalah, ppt dan mind map kelompok kami ibu dan rekan-rekan mahasiswa

Link Google Drive :https://drive.google.com/drive/folders/1XNA2TZL8iB3hhvvlT-Q0Igegl81I5WfW

Terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Lampiran MindMap K4 PPIPS 5E.jpeg
Sebagai balasan Della Pratiwi 2213053073

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh TASYA 2213053109 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Tasya
NPM : 2213053109

Izin bertanya kepada kelompok 4, pertanyaan saya
Menurut kelompok anda Apa tujuan utama dari penerapan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)?

Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan TASYA 2213053109

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Sabna Laila Fitri 2213053197 -
Izin Menjawab,
Menurut Kelompok kami, Tujuan utama dari penerapan PAIKEM adalah menciptakan suasana kelas yang interaktif di mana peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran, seperti mengajukan pertanyaan, memberikan pendapat, dan berdiskusi dengan teman sebaya. Pendidik berperan sebagai fasilitator yang mendorong kreativitas peserta didik dan memberikan kebebasan untuk berpikir secara mandiri. PAIKEM juga berupaya membuat pembelajaran lebih menyenangkan sehingga peserta didik merasa nyaman dan antusias dalam belajar.

Contohnya, seperti Di kelas IPS, pendidik mengadakan diskusi kelompok tentang dampak globalisasi. Peserta didik diminta untuk berdiskusi mengenai dampak positif dan negatif globalisasi terhadap budaya lokal. Mereka dapat menggunakan poster, video, atau presentasi kreatif untuk memaparkan ide-ide mereka. Dengan pendekatan ini, peserta didik tidak hanya belajar teori, tetapi juga terlibat aktif dalam proses belajar melalui kolaborasi dan kreativitas.
Sebagai balasan Della Pratiwi 2213053073

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh ASYIFA NURHALIZA 2213053074 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktu, Izin Memperkenalkan diri
Nama : Asyifa Nurhaliza
Npm : 2213053074

Izin bertanya kepada kelompok 4, Menurut Kelompok Kalian Bagaimana model pembelajaran IPS yang inovatif dapat diintegrasikan dengan informasi teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh aplikasi teknologi yang dapat digunakan.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan ASYIFA NURHALIZA 2213053074

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Della Pratiwi 2213053073 -
Baik terima kasih saudari Asyifa atas pertanyaannya
Nama : Della Pratiwi
NPM : 2213053073

Izin menjawab pertanyaan dari saudari asyifa, pertanyaannya yaitu Menurut Kelompok Kalian Bagaimana model pembelajaran IPS yang inovatif dapat diintegrasikan dengan informasi teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh aplikasi teknologi yang dapat digunakan.

Menurut kelompok kami terdapat beberapa model pembelajaran IPS yang Inovatif yang dapat diintegrasikan dengan informasi teknologi untuk meningkatkan keterampilan berfikir siswa :

1. Model Problem-Based Learning (PBL) :
- Integrasi Teknologi : Menggunakan platform seperti Google Classroom atau Moodle untuk mendiskusikan masalah nyata yang dihadapi masyarakat, memungkinkan peserta didik untuk berkolaborasi secara online.
- Contoh Aplikasi : Peserta didik dapat menggunakan Google Docs untuk melakukan penelitian bersama tentang isu sosial tertentu, seperti dampak perubahan iklim.

2. Model Project-Based Learning (PJBL) :
- Integrasi Teknologi : Memanfaatkan aplikasi seperti Padlet untuk mengumpulkan ide dan sumber daya dalam proyek kelompok.
- Contoh Aplikasi : Peserta didik membuat peta interaktif menggunakan Google My Maps untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam di Indonesia dan presentasi hasilnya secara daring.

3. Discovery Learning :
- Integrasi Teknologi : Menggunakan aplikasi seperti Quizizz untuk membuat kuis interaktif yang membantu peserta didik menemukan konsep-konsep baru melalui permainan.
- Contoh Aplikasi : Peserta didik dapat berpartisipasi dalam kuis yang berkaitan dengan sejarah lokal atau nasional, yang mendorong mereka untuk mencari tahu lebih banyak tentang topik tersebut.

Contoh Aplikasi Teknologi yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut :
- Google Classroom : Platform ini memungkinkan pendidik untuk mengelola kelas secara digital, membagikan materi, dan memberikan tugas kepada peserta didik secara efisien.
- Moodle : Sebuah Learning Management System (LMS) yang menyediakan ruang kelas digital bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran dan berinteraksi dengan sesama peserta didik serta pendidik.
- Quizizz : Aplikasi ini memungkinkan pendidik membuat kuis interaktif yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan juga sebagai cara menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar.
Sebagai balasan Della Pratiwi 2213053073

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Susia Utami 2213053051 -
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Izin memeperkenalkan diri
Nama: Susia Utami
NPM: 2213053051
Kelas: 5E

Izin bertanya kepafa kelompok 4 pertanyaaanya yaitu Bagaimana strategi pembelajaran IPS dapat memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif?

Wasalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
Sebagai balasan Susia Utami 2213053051

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh ENI TRI SUNDARI 2253053001 -
Waalaikumussalam wr.wb

Baik terimakasih kepada saudari susia utami atas pertanyaanya, sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Eni Tri Sundari

NPM : 2253053001

Izin menjawab pertanyaannya, menurut kelompok kami Strategi pembelajaran IPS dapat memanfaatkan teknologi dengan berbagai cara untuk mendukung proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif:

1. Pembelajaran Daring
Menggunakan platform pembelajaran online untuk menyediakan materi interaktif, seperti video, kuis, dan forum diskusi, yang memungkinkan peserta didik belajar secara fleksibel dan mandiri.

2. Media Sosial
Memanfaatkan media sosial untuk berdiskusi tentang isu-isu sosial terkini, sehingga peserta didik dapat berbagi perspektif atau sudut pandang dan informasi secara real-time atau waktu nyata.

3. Aplikasi Pembelajaran
Menggunakan aplikasi edukasi untuk membuat kuis atau permainan yang berkaitan dengan materi IPS, meningkatkan motivasi peserta didik melalui pendekatan yang menyenangkan.

4. Proyek Digital
Mendorong peserta didik untuk membuat presentasi multimedia, infografis, atau video tentang topik tertentu. Ini mengembangkan keterampilan kreativitas dan teknologi mereka.

5. Simulasi Virtual
Menggunakan simulasi atau permainan edukatif yang menggambarkan situasi sejarah atau sosial, memberi peserta didik pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif.

6. Forum Diskusi Online
Menciptakan ruang bagi peserta didik untuk mendiskusikan tema-tema IPS secara online, yang mendorong pemikiran kritis dan kolaborasi.
Sebagai balasan Della Pratiwi 2213053073

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Dini Fitri utami_ 2253053057 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Dini Fitri Utami
NPM : 2253053057

Izin bertanya kepada kelompok 4, pertanyaan saya
Apakah Pembelajaran Berbasis masalah membantu peserta didik dalam kehidupan sehari hari?

Terimakasih,
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabbarrakatuh
Sebagai balasan Dini Fitri utami_ 2253053057

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Sabna Laila Fitri 2213053197 -
Izin Menjawab, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan problem-solving. Peserta didik dihadapkan pada masalah dunia nyata yang membutuhkan solusi, sehingga mereka terbiasa mengaitkan teori yang dipelajari di kelas dengan tantangan sehari-hari. Dengan demikian, peserta didik lebih siap menghadapi dan menyelesaikan masalah yang mereka temui di luar kelas.

Contohnya, Dalam pelajaran IPS, peserta didik diberikan masalah seperti kemacetan lalu lintas di kota besar. Mereka diminta untuk merumuskan penyebab kemacetan dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah ini. Dalam prosesnya, siswa meneliti data lalu lintas, mengamati lingkungan sekitar, dan berdiskusi mengenai kebijakan transportasi publik yang bisa diterapkan. Ini mendorong mereka untuk berpikir kritis tentang isu sosial dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk memperbaiki keadaan.
Sebagai balasan Della Pratiwi 2213053073

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Tarisa Seilvia -
Assalamu'alaikum wr wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : tarisa seilvia
Npm : 2213053085
Kelas 5 E

Bagaimana strategi pembelajaran IPS dapat mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran? 
Sebagai balasan Tarisa Seilvia

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh ENI TRI SUNDARI 2253053001 -

Waalaikumussalam wr.wb

Baik terimakasih kepada saudari tarisa atas pertanyaanya, sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Eni Tri Sundari 

NPM : 2253053001 

Izin menjawab pertanyaannya, menurut kelompok kami partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPS sangat penting untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan minat belajar. Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:

1. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)

Mengenalkan masalah nyata seperti masalah sosial, ekonomi, atau budaya yang relevan dengan kehidupan siswa. Selanjutnya Bagi siswa menjadi kelompok kecil untuk mencari solusi dan Menemukan informasi dan tahap terakhir peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan solusi yang ditemukan.

2. Simulasi dan Role-Playing

Menciptakan situasi nyata seperti mensimulasikan peristiwa sejarah, proses politik, atau interaksi sosial. Berikan peran setiap peserta didik agar mendapatkan peran tertentu dalam simulasi. Setelah bermain peran mereka akan membuat keputusan berdasarkan informasi yang mereka miliki dan peran yang mereka perankan.

3. Diskusi Kelompok

Membentuk kelompok heterogen yaitu menggabungkan peserta dengan berbagai kemampuan untuk saling melengkapi. Selanjutnya, berikan pertanyaan untuk mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan menganalisis. Tahap terakhir menyampaikan dan mendengarkan pendapat dari peserta didik lain karena setiap peserta didik miliki kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.

4. Proyek Kelompok

Memberikan tugas proyek yang menarik serta pilih topik yang relevan dan menantang bagi peserta didik. Berikan tugas kepada  Setiap anggota kelompok karena memiliki tanggung jawab yang berbeda. Selanjutnya menyajikan hasil proyek yaitu dengan mempresentasikan hasil proyek dalam bentuk poster, video, atau drama.

5. Penggunaan Teknologi

Menerapkan media pembelajaran yang interaktif seperti video, animasi, atau simulasi untuk memperjelas konsep. Memanfaatkan platform online gunakan forum diskusi, blog, atau media sosial untuk berbagi informasi dan berkolaborasi.


Sebagai balasan Della Pratiwi 2213053073

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Annisa Nurul Puteri 2213053065 -
Assalamualaikum, izin memperkenalkan diri :
Nama : Annisa Nurul Puteri
Npm : 2213053065
Kelas : 5E
Izin bertanya,
Bagaimana pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini.

Terimakasih.
Sebagai balasan Annisa Nurul Puteri 2213053065

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 4

oleh Della Pratiwi 2213053073 -
Baik terima kasih saudari Annisa Nurul Puteri
Nama : Della Pratiwi
NPM : 2213053073

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Annisa Nurul Puteri
Pertanyaannya yaitu Bagaimana pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa? Berikan contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini.

Jadi menurut kelompok kami, pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa dengan menggunakan model-model pembelajaran yang aktif, interaktif, dan berbasis masalah. Menurut kelompok kami berikut adalah beberapa contoh model pembelajaran IPS yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini :

1. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) :
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menyediakan masalah-masalah nyata sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah bagi peserta didik.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL):
- Identifikasi masalah nyata.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem-Based Learning (PBL) : Peserta didik ditugaskan untuk menyelesaikan masalah lingkungan, seperti pengurangan sampah di sekolah, yang memerlukan penelitian, analisis, dan pengembangan solusi.

2. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL) :
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau rangkaian kegiatan menghasilkan produk dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL):
- Pengembangan proyek.
- Penelitian dan analisis.
- Pembuatan produk.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau Project-Based Learning (PJBL): Peserta didik membuat proyek tentang peta persebaran sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia, yang melibatkan penelitian, analisis, dan pembuatan produk.

3. Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning :
Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah-masalah tidak nyata atau hasil rekayasa pendidik sebagai sarana untuk mengantarkan peserta didik menemukan sendiri pemecahan terhadap masalah tersebut.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning :
- Pengenalan masalah.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Penemuan (DL) atau Discovery Learning: Peserta didik ditugaskan untuk menemukan cara mengurangi energi listrik di sekolah, yang memerlukan penelitian dan analisis untuk menemukan solusi.

4. Model Pembelajaran Inkuiri (IL) :
Model Pembelajaran Inkuiri (IL) adalah model pembelajaran yang menekankan peserta didik menemukan sendiri jawaban atas masalah yang teliti karena inkuiri memiliki arti "bertanya tentang" atau "mencari informasi".
- Langkah-langkah Model Pembelajaran Inkuiri (IL):
- Pengenalan masalah.
- Penelitian dan analisis.
- Pengembangan solusi.
- Presentasi hasil.
- Contoh Model Pembelajaran Inkuiri (IL) : Peserta didik ditugaskan untuk menemukan informasi tentang dinamika penduduk di Indonesia, yang memerlukan penelitian dan analisis untuk menemukan jawaban.