Forum Diskusi

Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 35

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by FERNANDA RIZKY ARDILA 2213053071 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Fernanda Rizky Ardila
NPM : 2213053071
Kelas : 4D

Tugas Diskusi Topik 2 Paradigma Baru PKn SD

Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban :
Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah kita harus menjelaskan dan memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada peserta didik bahwa civic partisipan merupakan sebuah upaya atau cara warga negara untuk dapat menyadari dan membantu mendorong keingingan untuk berpartisipasi dalam membangun negaranya. Untuk peserta didik SD kita dapat menanamkan cara-cara yang biasa dilakukan oleh peserta didik yang secara tidak langsung merupakan bentuk dari partisipasinya dalam membangun negara. Seperti ketika kita melakukan pemilihan ketua kelas, maka secara tidak sadar peserta didik telah ikut berpartisipasi dalam demokrasi negara Indonesia. Ketika mereka melakukan pemilihan ketua kelas, peserta didik akan ikut mencalonkan dirinya untuk pemilihan ketua kelas dan peserta didik yang lain akan ikut membantu pemilihan ini dengan cara memberikan hak pilihnya kepada salah satu calon ketua kelas yang dipilihnya. Dari peristiwa ini kita sudah menanamkan civic partisipan kepada peserta didik di SD yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dari peserta didik tersebut.

Selain itu, kita juga dapat menanamkan dan menumbuhkan civic partisipan dalam lingkungan SD dengan cara kita menunjukkan kontribusi dan partisipasi kita sendiri sebagai seorang tenaga pendidik untuk membangun negara kita. Yaitu, dengan cara mengajar dan memberikan ilmu yang bermanfaat serta berguna bagi para peserta didik sebagai generasi muda dan generasi emas bangsa. Dari hal-hal yang kita tunjukkan dari diri kita sebagai seorang pendidik sekaligus seorang civic partisipan, peserta didik akan termotivasi untuk dapat menjadi civic partisipan juga pada porsi dan kapasitasnya sebagai peserta didik yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini akan mempermudah proses penanaman civic partisipan dalam lingkungan SD.

Adapun contoh nyata yang lain dari civic partisipan di lingkungan SD adalah dengan cara peserta didik menaati peraturan yang ada, mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik, menjaga lingkungan dan tidak mencemarinya, turut serta dalam pemilihan ketua kelas, serta ikut aktif dalam rangkaian kegiatan yang ada di sekolah juga merupakan sebuah civic partisipan yang nantinya akan mendorong partisipasinya sebagai warga negara dalam membangun negara Indonesia. Karena dengan peserta didik melakukan hal-hal tersebut, secara tidak sadar mereka telah memupuk jiwa dan sikap yang disiplin yang selalu berkobtribusi dalam membangun negaranya. Oleh karena itu, dengan hal-hal tersebut nantinya peserta didik akan tumbuh menjadi generasi muda yang berkontribusi dan berpartisipasi dalam membangun negara kita kedepanya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Garin Ayu Liwana -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Garin Ayu Liwana
NPM : 2213053101
Kelas : 4D

Tugas diskusi : Pradigma Baru PKn SD

Bagaimana pendapat kalian tentang cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD? Berikan analisamu disertai contoh.

Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD adalah dengan memberikan pemahaman dan penjelasan tentang pentingnya civic partisipan untuk negaranya serta mewujudkan generasi yang demokratis. Sehingga ketika mereka mengetahui apa itu civic partisipan mereka mampu berperan dan melakukan konstribusi untuk perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik dan lebih maju. Menurut saya karena target yang di tuju adalah lingkungan SD yang mana cendrung lebih bisa memahami hal konkret dibandingkan penalaran jadi akan lebih efektif jika menghadapkan mereka kepada masalah atau krisis yang di alami di masyarakat atau negaranya. Hal ini membuat mereka cendrung lebih bisa memahami apa yang harus mereka lakukan dan pentingnya peranan dan konstribusi mereka untuk negaranya.
Guru berperan penting dalam menanamkan civic partisipan bagi peserta didik. Dalam proses pembelajaran guru bisa menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa bekerja sama dengan cara berdiskusi, memberikan bimbingan, arahan, nasihat serta support dan motivasi tentang pentingnya peran pendidikan dan civic partisipan untuk negaranya. Sebenarnya cara menanamkan civic partisipan tidak melulu melalui pembelajaran, bisa juga dengan memberikan peluang kepada siswa untuk mengembangkan bakatnya seperti olahraga, kegiatan ekstrakulikuler, pramuka, upacara bendera, dll.
Contoh civic partisipan di lingkungan SD adalah dengan melaksanakan upacara bendera dengan tertib, mentaati peraturan dan tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam ekstrakulikuler seperti pramuka, megikuti pentas budaya, ikut serta dalam pemilihan ketua osis dan ketua kelas atau mencalonkan diri sebagai ketua. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut dapat menumbuhkan dan menanamkan civic partisipan kepada peserta didik. Dan secara alamiah menumbuhkan sikap tanggung jawab, disiplin, serta meningkatkan jiwa nasionalisme dan sosial. Sehingga nantinya peserta didik secara sadar akan memahami tanggung jawab nya sebagai warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan negaranya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Atrasina Qisthin 2213053182 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Atrasina Qisthin
NPM : 2213053182
Kelas : 4 D

Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban :
menurut pendapat saya, cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD untuk kelas rendah maupun kelas tinggi adalah dengan menanamkan sifat gotong royong di lingkungan sekolah, karena ketika murid ikut berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong di lingkungan sekolah itu berarti murid sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang ada disekolah. contoh lain yang dapat diambil adalah ketika sekolah sedang melakukan kegiatan perlombaan atau sekolah mengadakan ekskul siswa turut berpartisipasi dan mengikuti lomba atau ekskul tersebut, ikut meramaikan kegiatan tersebut agar sekolah terlihat aktif dan semakin maju
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by cendikiawardani 2213053226 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Cendikiawardani
Kelas : 4D
Kererlibatan masyarakat sangatlah penting untuk menanamkan civic participation bisa dilakukan melalui beberapa cara:

1. Pendidikan Kewarganegaraan: Memasukkan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang mengajarkan nilai-nilai demokrasi, partisipasi, hak dan kewajiban warga negara sejak dini. Misalnya, dengan mengadakan diskusi tentang pemilihan ketua kelas atau mengorganisir kegiatan sosial di sekolah.

2. Model Peran : Guru dan staf sekolah dapat menjadi contoh yang baik dengan terlibat aktif dalam kegiatan sosial dan kewarganegaraan di luar kurikulum sekolah. Misalnya, mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan lingkungan atau membantu komunitas setempat.

3. Proyek Kolaboratif : Mengadakan proyek kolaboratif antara siswa, guru, orang tua, dan masyarakat setempat. Misalnya, proyek penanaman pohon di sekitar sekolah yang melibatkan semua pihak dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaannya.

4. Pengalaman Langsung : Memberikan pengalaman langsung tentang proses demokrasi dan partisipasi. Misalnya, dengan mengadakan pemilihan ketua kelas secara demokratis, mengadakan pemungutan suara untuk keputusan tertentu di sekolah, atau mengundang pembicara yang ahli dalam bidang kewarganegaraan untuk berbicara di sekolah.

5. Kegiatan Ekstrakurikuler : Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler seperti debat, model PBB, atau klub sosial yang mengajarkan siswa tentang pentingnya berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Contoh konkretnya, sebuah sekolah dasar mengadakan proyek penanaman pohon di sekitar sekolah. Proyek tersebut melibatkan siswa dalam perencanaan, penanaman, dan pemeliharaan pohon. Selain itu, guru-guru juga melibatkan orang tua siswa dan masyarakat setempat dalam proyek tersebut. Melalui pengalaman ini, siswa belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan, bekerja sama, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Fitri Nanda Shafira 2213053150 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Fitri Nanda Shafira
Npm :2213053150
Kelas : 4D

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Diskusi: pradigma baru PKN SD

Jawaban:
Dalam Civic participation sendiri merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Dalam hal ini pendapat saya dalam menanamkan civic participation di lingkungan SD yaitu memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara, sebagai guru berupaya membentuk civic participation dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. dengan adanya ini bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah, guru menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggung jawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang di alami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan satu dengan yang lain. Dengan hal ini partisipasi yang di berikan oleh para siswa umum nya berupa ide.
Contohnya yaitu dengan meningkatkan kegiatan sekolah yang inovatif dan kreatif untuk mendukung adanya partisipasi peserta didik seperti kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan partisipasi lain.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Widyawati Widodo -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Widyawati Widodo
NPM : 2253053008
Tugas diskusi topik 2

Jawaban :
Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sd yaitu dengan cara mengajak peserta didik bersosialisasi di lingkungan masyarakat dan mengajarkan keterlibatan warga di lingkungan sekolah dasar dalam meningkatkan kesadaran sosial dan menumbuhkan partisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat sejak usia dini. Contohnya yaitu, pembelajaran aktif kewarganegaraan, dengan pembalajaran ini siswa jadi lebih mudah untuk belajar aktif.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by REZZA RISKY FADILA 2213053144 -
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Rezza Risky Fadila
Npm :2213053144
Kelas :4D
Tugas Diskusi Topik 2 Paradigma Baru PKn SD

Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.


Jawaban:
Civic partisipan merupakan suatu kemampuan dalam berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab.
Menurut saya dalam lingkungan sekolah dasar ada berbagai cara dalam menanamkan civic pertisipan ini, berikut beberapa cara dalam menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar diataranya yaitu:
1.Melalui pendidikan nilai-nilai moral
2.Proyek Kolaboratif di Sekolah seperti bersih bersih bersama

Berikut salah satu contoh dari penerapan cara di atas :
Sebuah sekolah dasar mengadakan program "operasi semut" yang tujuannya agar seluruh siswa-siswa secara bersama-samaa aktif terlibat gotong royong dalam membersihkan lingkungan sekolah mereka setiap 1 minggu sekali. Dengan ini, mereka tidak hanya belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan saja, melainkan juga belajar kerjasama saling membatu dengan teman sebayanya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Agmelia Fatika Anggraini 2253053021 -
Nama: Agmelia Fatika Anggraini
Npm: 2253053021

Menurut saya untuk menanamkan civic participation di lingkungan sekolah dasar, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendorong partisipasi aktif dan tanggung jawab sosial. Berikut contohnya:
Di sebuah sekolah dasar, guru-guru mengintegrasikan pelajaran tentang demokrasi dan partisipasi masyarakat ke dalam kurikulum mereka. Mereka mengadakan pemilihan ketua kelas setiap tahun, di mana setiap siswa memiliki kesempatan untuk mencalonkan diri dan memilih pemimpin mereka. Selain itu, sekolah juga mengadakan proyek lingkungan tahunan di mana siswa bekerja bersama untuk merawat taman sekolah mereka. Melalui pengalaman ini, siswa belajar tentang pentingnya berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan menjaga lingkungan mereka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Elsa Nur Pareza 2213053163 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Elsa Nur Pareza
NPM : 2213053163
Kelas : 4 D

Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban :
Menanamkan civic participan dalam lingkungan Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan beberapa cara.
•Pertama, dengan melakukan pendekatan pembelajaran aktif yang melibatkan siswa dalam kegiatan bersama, seperti membersihkan lingkungan sekolah.
•Kedua, dengan memfasilitasi diskusi tentang isu-isu sosial yang relevan bagi siswa, seperti kebersihan lingkungan.
•Ketiga, dengan memperkenalkan peran yang positif, seperti guru dan staf sekolah yang aktif dalam kegiatan sosial, yang dapat menjadi contoh bagi siswa.
•Dan terakhir, melalui pengenalan konsep-konsep dasar tentang demokrasi dan tanggung jawab sosial dalam kurikulum, seperti melalui pelajaran kewarganegaraan. Dengan kombinasi pendekatan ini, siswa dapat belajar dan terlibat secara aktif dalam kehidupan masyarakat sejak usia dini.

Sebagai contoh, sebuah Sekolah Dasar dapat mengadakan kegiatan berasam yaitu membersihkan lingkungan, di mana siswa bekerja sama membersihkan area sekolah mereka sambil belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih dan saling berpartisipasi. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar keterampilan praktis, tetapi juga memahami pentingnya peran mereka dalam menjaga lingkungan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Maharani Puspita Dewi Wardana 2213053279 -
Nama : Maharani Puspita Dewi Wardana
Npm : 2213053279
Kelas : 4D

Izin menjawab ibu
Civic partisipan memiliki arti partisipasi seseorang dalam kegiatan kewarganegaraan yang berguna untuk mewujudkan individu yang bertanggung jawab. Cara untuk menanamkan civic partisipan di sekolah dasar tentunya dengan melibatkan siswa dalam kegiatan disekolah seperti mengadakan gotong royong untuk membersihkan sekolah, mengolah sampah organik dan anorganik serta menanam tumbuhan. Dengan kegiatan tersebut kita dapat melatih partisipasi siswa dalam berkegiatan sosial dan melatih sikap tanggung jawab.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Azzahra Luthfiah Armina 2213053036 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Azzahra Luthfiah Armina
NPM: 2213053036
Kelas: 4D

Tugas Diskusi Topik 2: Paradigma Baru PKn SD

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD? Berikan analisamu disertai contoh..

Jawab:
Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipasi dalam lingkungan SD yang pertama dengan cara memberikan pengetahuan atau pemahaman mendasar tentang civic partisipasi. Dapat kita ketahui bahwa civic partisipasi adalah kemampuan berpartisipasi sebagai warga Negara yang dilakukan secara sadar dan penuh tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini yaitu dapat memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

Kita sebagai pendidik dapat menanamkan Civic partisipasi dalam lingkungan sekolah dasar yaitu dengan berbagai cara yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan sosial dan pemerintahan. Kegiatan tersebut dapat berupa dengan cara mengadakan program mengabdi kepada masyarakat di mana siswa dapat terlibat dalam kegiatan sosial seperti membersihkan lingkungan. Dalam hal ini siswa dapat belajar tentang betapa pentingnya membantu sesama dan berkontribusi kepada masyarakat. Kegiatan lainnya dalam membentuk civic partisipasi yaitu dengan pembentukan kelas yang demokrasi dalam artian ini kita dapat membentuk kelas demokrasi di mana Siswa belajar tentang prinsip-prinsip demokrasi, hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Dalam hal ini kegiatannya yaitu sekolah mengadakan pemilihan Ketua Kelas secara demokrasi, yaitu dengan siswa diberi kesempatan untuk mencalonkan diri dan memilih calon yang dianggap paling cocok untuk memimpin kelas mereka dan juga siswa dapat berperan sebagai calon dan pemilih. Mereka dapat belajar tentang proses pemilihan umum dan merasakan bagaimana rasanya menjadi bagian dari proses demokrasi. Melalui kegiatan inilah siswa dapat belajar secara langsung tentang pentingnya partisipasi yang aktif dalam masyarakat dan bagaimana mereka dapat berkontribusi. Hal inilah yang akan membantu mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan.

Dalam membentuk civic partisipasi pendidik dapat berupaya untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan civic partisipasi, beberapa upaya yang dapat dilakukan pendidik dalam memotivasi siswa yaitu dengan terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa Contohnya yaitu kegiatan olahraga, pramuka dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya walaupun kegiatan ini dapat dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu tetapi hal inilah yang dapat menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama.

Menanamkan Civic partisipasi di lingkungan SD dapat dilakukan melalui pembelajaran yang aktif, diskusi, dan kegiatan masyarakat. Contohnya yaitu mengadakan kegiatan membersihkan sekolah bersama siswa untuk meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab terhadap lingkungan. Diskusi tentang nilai-nilai kebersamaan dan keterlibatan dalam keputusan sekolah dan juga membantu membentuk partisipasi warga sekolah. Sebagai pendidik kita diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pembentukan civic partisipasi terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun kegiatan sekolah lainnya. Dalam hal ini kita berharap dalam menanamkan nilai demokrasi agar civic partisipasi peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab. Sekolah diharapkan terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua ataupun kegiatan partisipasi lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ocha Estiani 2213053243 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Nama : Ocha Estiani
NPM: 2213053243
Kelas : 4D

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban : menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan memberikan pemahaman tentang wawasan kepada peserta didik bahwasanya civic partisipan ini tujuannya untuk membangun negaranya agar lebih maju, peserta didik dapat membangun jiwa civic partisipan bisa melalui kegiatan kerja sama membangun lingkungan belajar mengajar yg kondusif karena hal ini tentunya menjadi awal yg bagus sebab peserta didik telah paham bagaimana cara membangun kelas supaya pembelajaran berjalan lancar dan optimal, selain itu tentunya bisa dengan memberikan hak suara terkait pemilihan perangkat kelas karena hal tersebut juga termasuk kedalam civic partisipan yg berguna untuk melatih jiwa partisipasi bela negara peserta didik.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Zahara Siti Khodijah 2213053267 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Zahara Siti Khodijah
NPM : 2213053267
Kelas: 4D

Tugas Diskusi Topik 2 Paradigma Baru PKn SD

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh

Civic partisipan merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Keterampilan partisipasi meliputi bekerja sama, memenuhi suatu kesepakatan, bernegosiasi dan berkomunikasi.
Dalam realisasinya civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara berdiskusi dalam kelompok dan keikut sertaan peserta didik dalam kegiatan yang diadakan sekolah seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, kerja bakti dan perlombaan. Kegiatan ini memberikan ruang bagi peserta didik untuk terlibat aktif dan dapat mendorong partisipasi peserta didik dilingkungan sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Mizannur 2213053006 -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Mizannur
NPM : 2213053006
Kelas : 4D

Pertanyaan.
Bagaimanakah pendapat kalian cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkupan SD yaitu dengan cara memfokuskan pada pembentukan diri peserta didik yang beragam baik itu dari segi agama, sosiokultural, bahasa, usia dan suku bangsa untuk menjadi warga negara yg cerdas, terampil dan berkarakter sesuai Pancasila dan UUD 1945, di mana dengan adanya civic partisipan akan merubah perilaku siswa, membentuk karakter dan sikap mental profesional yang berorientasi pada global mindset. Contohnya seperti, ketika di suatu sekolah di adakan sebuah lomba, maka siswa yang lain ikut berpartisipasi atau berkontribusi dalam jalannya sebuah acara tersebut, baik itu seorang siswa menjadi peserta, penonton ataupun yang lainnya, yang pastinya dalam perlombaan tersebut di setiap sekolah harus adanya partisipan dari seorang murid, dengan adanya partisipan tersebut, maka sebuah acara akan lebih mudah untuk di jalankan di karenakan adanya partisipan dari siswa2 di sekolah tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Siti hardiyanti hastuti 2213053083 -
Nama :Siti Hardiyanti Hastuti
Npm : 2213053083

*Pertanyaan*
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh

*Jawaban*
Menurut pendapat saya menanamkan Civic partisipan ke lingkungan anak sekolah dasar memberikan contoh atau memberikan pemahaman kepada siswa sekolah dasar, karena pada dasarnya siswa SD itu kurang memahami ketika tidak diberikan pemaparan bagaimana Civic partisipan tersebut, cara ini merupakan cara yang mudah untuk menanamkan Civic partisipan kepada lingkungan SD, contoh yang harus kita lakukan kepada anak SD yaitu untuk pembentukan struktur kelas, yang terdiri dari ketua, wakil, dan lain lain. Ini merupakan sebuah tanggung jawab secara tidak sadar peserta didik sudah melakukan atau memilih salah satu teman teman nya untuk menjadi ketua kelas. Ketika ketua kelas sudah ada maka ketua kelas tersebut sudah mendapatkan tanggungjawab untuk kelas tersebut tanpa disadari peserta didik sudah melakukan Civic partisipan dalam lingkungan sd. Selain itu kita sebagai guru harus bisa memberikan materi dengan baik agar peserta didik dapat memahami langsung.

Contoh lain cara menanamkan Civic partisipan kedalam lingkungan SD, ketika pendidik memberikan soal maka peserta didik sudah diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan tugas tersebut hal ini membuat peserta didik sudah berpartisipasi terhadap menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by RAFLY IZZA PRAMUDIA 2213053212 -
Nama : Rafly Izza Pramudia
NPM : 2213053212
Semester/kelas : 4D

Pertanyaan : Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban : Menurut pendapat saya, lebih baik diberi pemahaman terlebih dahulu mengenai apa itu civic partisipan? Dari yang saya pahami, civic partisipan adalah upaya untuk mengembangkan pemahaman, kesadaran dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan dan tanggung jawab kewarganegaraan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi dengan pemahaman kuat untuk dapat berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat secara positif.
Sebagai tenaga pendidik, cara penanaman civic partisipan di lingkungan SD menurut saya adalah dengan penumbuhan jiwa jiwa sosial dan kemasyarakat. Contohnya dengan mengajak siswa berinteraksi dengan teman sekelasnya dengan membentuk kelompok-kelompok kecil untuk becengkrama dan bekerjasama, misal dalam pembagian kelompok piket kelas dan sebagainya yang memberikan dampak positif juga untuk lingkungan sekitar.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Risma Iryani 2213053268 -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Risma Iryani
NPM : 2213053268
Kelas : 4D

Tugas Diskusi :
Topik 2 Paradigma Baru PKn SD

Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh!

Jawaban :

Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dimulai dengan memberikan pembelajaran PPKn. Karena, civic partisipan itu sendiri merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab itu sesuai dengan pembelajaran PPKn atau pendidikan kewarganegaraan khususnya di lingkungan sekolah dasar yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik dan mampu membantu para peserta didik agar dapat memahami serta melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara yang baik, cerdas, terampil dan bertanggung jawab.
Selain dengan pembelajaran PPKn menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD dapat dengan menerapkan atau menghadirkan beberapa kegiatan yang sifatnya mampu menumbuhkan sifat nasionalisme atau berkaitan dengan kewarganegaraan misalnya melalui upacara (dengan tata tertibnya) dan kegiatan ekstrakurikuler. Dan menurut pendapat saya dengan pendidik yang membiasakan pembelajaran yang peserta didiknya diajak berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, instruksi, dan memberikan dukungan kepada peserta didik untuk belajar tentang bagaimana pentingnya berpartisipasi sebagai warga negara dapat menjadi cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD.

-Contoh dari cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD sesuai dengan pendapat saya yaitu pelaksanaan pembelajaran PPKn, pelaksanaan upacara bendera, kegiatan ekstrakurikuler, pemilihan ketua kelas, dan kegiatan pramuka. Dengan kegiatan tersebut maka dapat menumbuhkan sifat nasionalisme para peserta didik SD dan dapat mendukung tumbuhnya civic partisipan dalam lingkungan SD.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Arda Ami Guspina 2213053256 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Arda Ami Guspina
Npm : 2213053256
Kelas : 4D

Pertanyaan:Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.
Jawaban:Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan kedalam lingkugan sd yakni pentingnya memberi penjelasan dan pemahaman kepada peserta didik untuk mengenal bagaimana cara bertanggung jawab sebagai warga negara berbangsa dan bernegara. Contoh nya seperti memberi tugas kepada anak anak untuk membersihkan kelas setiap pagi hari itu termasuk bertanggung jawab, dan dimulai dari ha-hal kecil.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Salsabila Geisa Kesuma 2213053121 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Salsabila Geisa Kesuma
NPM : 2213053121
Kelas : 4D
Menurut pendapat saya untuk menanamkan civic participation dalam lingkungan sekolah dasar, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yakni beberapa strategi yang bisa diterapkan:

1. Pendidikan Kewarganegaraan: Memasukkan mata pelajaran kewarganegaraan dalam kurikulum sekolah dasar untuk mengajarkan nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan tanggung jawab sosial kepada siswa.

2. Pembentukan Organisasi Siswa: Mendorong siswa untuk membentuk organisasi seperti OSIS atau kelompok-kelompok kecil yang bertujuan untuk memecahkan masalah di lingkungan sekolah atau masyarakat sekitar.

3. Proyek Sosial : Mengadakan proyek sosial seperti kegiatan penggalangan dana untuk amal, membersihkan lingkungan sekolah, atau membantu masyarakat sekitar sebagai bentuk pengalaman langsung dalam berpartisipasi aktif.

4. Simulasi Pemilihan Mengadakan simulasi pemilihan kepala sekolah atau pemilihan ketua kelas untuk memberikan pahaman tentang proses demokrasi dan pentingnya partisipasi dalam pengambilan keputusan.

Dengan demikian, melalui pendekatan yang kreatif dan edukatif, civic participation dapat ditanamkan secara efektif dalam lingkungan sekolah dasar.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Riska Adila Khoirina 2213053218 -
Nama: Riska Adila Khoirina
NPM: 2213053218
Kelas: 4D

Pertanyaan:
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawab:
Menurut saya, pertama-tama kita memberi pemahaman dulu kepada siswa apa itu civic partisipan, kemudian cara penanaman civic partisipan di lingkungan SD bisa dengan penumbuhan jiwa-jiwa sosial dan kemasyarakat. Cara yang mudah untuk menanamkan civic partisipan kepada lingkungan SD, contoh yang harus kita lakukan kepada anak SD yaitu untuk pembentukan struktur kelas, yang terdiri dari ketua, wakil, dan lain lain. Ini merupakan sebuah tanggung jawab secara tidak sadar peserta didik sudah melakukan atau memilih salah satu teman teman nya untuk menjadi ketua kelas. Ketika ketua kelas sudah ada maka ketua kelas tersebut sudah mendapatkan tanggungjawab untuk kelas tersebut tanpa disadari peserta didik sudah melakukan Civic partisipan dalam lingkungan sd.
Contohnya menggukana hak suara dalam pemilihan perangkat kelas, berdiskusi dengan teman saat sedang belajar perkelompok, gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, mengikuti upacara, dan lain sebagainya

Sekian terimakasih...
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Arba'a Hidayat Abimanyu 2263053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Arba’a Hidayat Abimanyu
NPM : 2263053002
Kelas : 4D

Tugas Diskusi Paradigma Baru Pkn SD

Untuk menanamkan civic participation di lingkungan SD, penting untuk menciptakan suasana yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan pembelajaran. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Pendidikan Kewarganegaraan yang Aktif: Memasukkan materi tentang hak dan kewajiban warga negara serta pentingnya partisipasi dalam pembelajaran kewarganegaraan akan membantu siswa memahami pentingnya berkontribusi dalam masyarakat.

2. Keterlibatan dalam Proyek Sosial: Mengorganisir proyek sosial di sekolah yang melibatkan siswa secara aktif, seperti kegiatan lingkungan, kampanye sosial, atau kegiatan amal, akan membantu mereka merasakan dampak positif dari partisipasi mereka.

3. Pemberian Tanggung Jawab: Memberikan tanggung jawab kepada siswa dalam mengelola kegiatan sekolah, seperti menyusun acara, mengorganisir kegiatan, atau menjadi bagian dari kelompok pengambil keputusan, akan memperkuat rasa memiliki dan keterlibatan mereka.

4. Model Peran Positif: Mendemonstrasikan partisipasi aktif sebagai contoh oleh guru dan staf sekolah akan membantu menginspirasi siswa untuk mengikuti jejak mereka.

Contoh: Di sebuah SD, siswa-siswa diberi tanggung jawab untuk mengelola program penghijauan sekolah. Mereka diajak untuk merencanakan, menanam, dan merawat taman sekolah. Selama proses tersebut, mereka belajar tentang pentingnya lingkungan dan bagaimana partisipasi mereka dapat membuat perubahan positif. Melalui pengalaman ini, mereka juga belajar tentang kerjasama, tanggung jawab, dan keterlibatan dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NADIA AFISTA 2213053048 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Nadia Afista
NPM: 2213053048
Kelas: 4D
Tugas Diskusi Topik 2

Jawaban:

Menurut saya, cara yang cukup efektif dalam menanamkan partisipasi warga di lingkungan sekolah dasar (SD) adalah dengan melalui pengenalan yang aktif terhadap tanggung jawab sosial dan pengalaman langsung dalam berkontribusi. Misalnya, dapat diambil contoh melalui proyek sederhana yaitu kebersihan sekolah di mana siswa-siswa secara aktif terlibat dalam membersihkan lingkungan sekolah mereka sendiri. Hal tersebut, tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, tetapi juga memberi mereka rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap sekolah mereka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Riski agistia 2213053303 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Riski Agistia
Npm : 2213053303
Kelas :4D

Tugas diskusi Topik 2

Pertanyaan
Menurut pendapat kaliankah bagaimana cara menanamkan partisipan sipil dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh

*Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah kita harus menjelaskan dan memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada peserta didik bahwa civic partisipan merupakan sebuah upaya atau cara warga negara untuk dapat mewujudkan dan membantu mendorong keingingan untuk dalam membangun negaranya .

Contohnya adalah
1). Pembentukan Komite Sekolah: Membentuk komite sekolah yang terdiri dari orang tua siswa, guru, dan masyarakat setempat dapat meningkatkan partisipasi sipil dalam pengambilan keputusan terkait sekolah. Komite ini dapat terlibat dalam perencanaan program-program pendidikan, pengelolaan dana sekolah, dan penyelesaian masalah.

2).Kelas Terbuka dan Diskusi: Mengadakan kelas terbuka atau forum diskusi antara guru, orang tua, dan siswa untuk berbagi gagasan, masukan, dan permasalahan yang dihadapi sekolah dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mendukung pendidikan anak-anak mereka.

3).Kegiatan Kolaboratif: Mengadakan kegiatan kolaboratif antara sekolah dan komunitas setempat seperti kegiatan lingkungan, seni budaya, atau sosial dapat memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, serta memperluas jaringan partisipasi sipil.

4).Program Pelatihan dan Lokakarya: Menyelenggarakan program pelatihan dan lokakarya bagi orang tua tentang berbagai aspek pendidikan anak dapat membantu mereka menjadi mitra yang lebih efektif dalam mendukung perkembangan akademik dan sosial anak-anak mereka.

Contoh: Sebuah sekolah dasar di sebuah desa mengadakan program "Hari Terbuka Sekolah" setiap semester, di mana orang tua dan masyarakat umum diundang untuk mengunjungi sekolah, berinteraksi dengan guru, melihat aktivitas kelas, dan memberikan masukan tentang bagaimana sekolah dapat lebih baik mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka. Program ini telah meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan sekolah dan memberikan mereka kesempatan untuk merasa lebih terlibat dalam proses pendidikan anak-anak mereka
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Keyla Nabela Larasati 2213053108 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Keyla Nabela Larasati
NPM : 2213053108
Kelas : 4D

Tugas Diskusi Topik 2

Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.
Jawab: Menurut pendapat saya setelah membaca dari beberapa sumber untuk menanamkan civic participation dalam lingkungan SD, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Bisa dengan memasukkan mata pelajaran kewarganegaraan dalam kurikulum SD untuk mengajarkan nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan tanggung jawab sosial kepada siswa/i. Kemudian bisa dengan mengajak siswa untuk membentuk organisasi seperti OSIS atau kelompok-kelompok kecil yang bertujuan untuk memecahkan masalah di lingkungan sekolah. Bisa juga dengan membuat proyek sosial seperti kegiatan penggalangan dana untuk amal, membersihkan lingkungan sekolah, atau membantu masyarakat sekitar sebagai bentuk partisipasi aktif siswa dalam kegiatan sosial. Serta mengadakan simulasi pemilihan ketua kelas untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang proses demokrasi dan partisipasi dalam pemilihan.

Contoh: Mengadakan program "Sekolah Peduli Lingkungan" siswa diajak untuk merawat lingkungan sekolah, mengurangi sampah plastik, dan mengajak orang tua serta masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dengan demikian, siswa akan belajar tentang tanggung jawab sosial dan pentingnya partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan sejak usia dini.
In reply to Keyla Nabela Larasati 2213053108

Re: Forum Diskusi

by Desfi belisa 2213053190 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Desfi Belisa
Npm : 2213053190
Kelas : 4D

Tugas diskusi topik 2
Jawaban:
Menurut pendapat saya cara untuk menanamkan civic partisipan dalam lingkungan peserta didik(SD) yakni kita harus memberi pemahaman serta menumbuhkan rasa kesadaran penuh pada peserta didik akan peran dan kotribusinya sebagai warga negara. Pendidik dapat menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggung jawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang di alami, mengajarkan hidup rukun, adil dan saling menghargai.
contohnya yaitu seperti siswa mengikuti pemilihan ketua kelas dan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler lainnya contohnya pramuka.
Dengan kegiatan tersebut sehingga implementasi pembelajaran PPKn pada kehidupan sehari-hari siswa dapat menjadi lebih baik. Pada proses pengembangan keterampilan partisipasi warganegaranya memerlukan keterlibatan pihak-pihak
seperti guru, orang tua, dan lingkungan sekitarnya. kecenderungan siswa di sekolah yang selalu melakukan
kenakalan bahkan tindak kekerasan antara teman sebayanya masi sangat membutukan didikan moral dan
partisipasi guru secara efektif, pelaksanaan dan keikutsertaan siswa dalam berbagai kegiatan masih perlu
ketegasan dan dukungan dari para pendidik.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Kalia zalfa Sharfinabilla 2213053014 -
Nama : Kalia Zalfa Shardinabilla
NPM : 2213053014

Untuk menanamkan civic participation di lingkungan SD, penting untuk mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi, partisipasi, dan tanggung jawab sosial dalam kurikulum dan kegiatan sekolah. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

1. Pendidikan Kewarganegaraan: Memasukkan mata pelajaran kewarganegaraan yang membahas tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, proses demokrasi, serta pentingnya partisipasi aktif dalam kehidupan sosial dan politik.
2. odel Peran: Melibatkan siswa dalam simulasi pemilihan umum, debat, atau proyek-proyek yang memerlukan kerja sama dan pengambilan keputusan bersama.
3. royek Sosial: Mengorganisir proyek sosial di sekolah atau dalam komunitas lokal, seperti membersihkan lingkungan, membantu orang tua, atau menggalang dana untuk kegiatan amal.
4. artisipasi dalam Pengambilan Keputusan: Mendorong siswa untuk terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah, misalnya dengan memilih perwakilan kelas atau memberikan masukan dalam perencanaan kegiatan.

Contoh: Di sebuah SD, guru-guru mengintegrasikan pembelajaran kewarganegaraan dalam kurikulum dengan menyelenggarakan proyek "Lingkungan Bersih". Setiap kelas bertanggung jawab untuk membersihkan area sekitar sekolah setiap bulannya. Siswa-siswa juga diajak untuk mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan di sekitar mereka dan mencari solusi bersama-sama. Selain itu, mereka secara demokratis memilih perwakilan kelas yang akan menyampaikan ide-ide dan masukan mereka kepada pihak sekolah dalam rapat perwakilan siswa. Melalui kegiatan ini, siswa belajar tentang pentingnya partisipasi aktif dalam merawat lingkungan dan bagaimana mengambil peran dalam pengambilan keputusan di lingkungan mereka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by dila septiani 2213053189 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Dila Septiani
Npm : 2213053189
Kelas : 2D

Menurut saya Menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD sangatlah penting untuk membangun generasi muda yang aktif dan bertanggung jawab sebagai warga negara. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Demokratis

Membentuk Dewan Perwakilan Siswa (DPS) yang melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan sekolah.
Menerapkan sistem musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah di kelas.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan seperti pemilihan ketua kelas, OSIS, dan perlombaan.
Contoh:

Di SD Merdeka, siswa dilibatkan dalam pemilihan menu kantin sekolah melalui DPS.
Di SD Cendekia, siswa kelas 6 mengadakan musyawarah mufakat untuk menentukan kegiatan akhir tahun.
2. Mengintegrasikan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Kegiatan Praktis

Melaksanakan proyek pengabdian masyarakat seperti membersihkan lingkungan sekolah atau membantu panti asuhan.
Mengadakan simulasi pemilu untuk mengenalkan proses demokrasi kepada siswa.
Membahas isu-isu terkini di kelas dan mendorong siswa untuk mencari solusi bersama.
Contoh:

SD Pelita mengadakan kegiatan membersihkan taman di sekitar sekolah.
SD Bangsa mengadakan simulasi pemilu untuk pemilihan ketua OSIS.
SD Harapan mengadakan diskusi tentang isu perundungan di sekolah.
3. Memberikan Contoh dan Teladan yang Baik

Guru dan staf sekolah menunjukkan sikap dan perilaku yang bertanggung jawab sebagai warga negara.
Menerapkan disiplin positif yang membantu siswa memahami konsekuensi dari tindakan mereka.
Menghargai pendapat dan perbedaan antar siswa.
Contoh:

Guru di SD Gembira selalu membuang sampah pada tempatnya.
SD Juara menerapkan sistem poin untuk mendorong perilaku positif siswa.
SD Mandiri mengadakan kegiatan perayaan Hari Pahlawan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.
4. Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat

Bekerja sama dengan orang tua dalam kegiatan sekolah seperti bakti sosial atau parenting.
Mengundang narasumber dari masyarakat untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang berbagai isu.
Mendorong partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Contoh:

SD Sejahtera mengadakan kegiatan donor darah yang melibatkan orang tua siswa.
SD Bahagia mengundang pemadam kebakaran untuk memberikan edukasi tentang keselamatan kepada siswa.
SD Makmur mengadakan program "Orang Tua Mengajar" di mana orang tua siswa dapat berbagi ilmu dengan siswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Gadis Nurma Guspita 2213053097 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gadis Nurma Guspita
NPM : 2213053097
Kelas : 4D

Tugas Diskusi Topik 2: Paradigma Baru PKn SD

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD? Berikan analisamu disertai contoh..

JAWAB :
Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkunan SD yaitu dengan memberikan Integrasi pendidikan kewarganegaraan seperti mengenai hak dan kewajiban, demokrasi, toleransi, dan partisipasi dalam kehidupan. Selain itu juga sebagai pendidik harus bisa menjadi model atau contoh dsalam partisipasi dapat memperlihatkan kepada siswa bagaimana melibatkan diri dalam suatu kegiatan dengan melihat contoh langsung dari orang dewasa di sekitar mereka, siswa akan lebih cenderung untuk meniru dan terlibat secara aktif. Contohnya seperti pengelolaan sampah dan penghijauan. Siswa-siswa tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, tetapi juga terlibat dalam kegiatan penghijauan di sekitar area sekolah mereka. Dari krgiatan sisa tersebut merupakan contoh dari civic partisipan yaitu siswa telah ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab untuk sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by FRISKA FARADILA -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Friska Faradila
NPM : 2213053278
Kelas : 4D


Pertanyaan :
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Civic Participan mengacu pada kemampuan berpartisipasi sebagai warga Negara yang dilakukan secara sadar dan penuh tanggung jawab, dalam ranah sekolah dasar, guru serta lingkungan sekolah berperan penting dalam mengembangkan kemampuan tersebut. berikut beberapa contoh cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic participan di SD :
1. memperkenalkan sistem voting dalam pemilihan perangkat kelas, dengan cara ini peserta didik berkontribusi langsung dalam pemilihan yang melatih siswa menggunakan hak pilihnya dalam berdemokrasi,
2. melatih rasa toleransi dan menghargai pendapat dengan melakukan diskusi atau tanya jawab yang setiap siswa diberikan kebebasan dalam mengemukakan pendapatnya,
3. melatih tanggung jawab siswa dengan cara memberi amanah untuk piket kelas, dengan cara ini anak akan terbiasa bertanggung jawab dengan kewajiban yang harus ia jalankan,
4. sekolah mengadakan agenda rutin yaitu gotong royong, kegiatan ini akan menimbulkan rasa empati tolong menolong dalam diri anak,
5. adanya peraturan disekolah yang harus ditaati oleh seluruh warga sekolah merupakan wujud dari mendisiplinkan diri peserta didik agar terbiasa taat dalam berwarganegara.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Maya Rezki Yudistrinda 2213053116 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Maya Rezki Yudistrinda
NPM : 213053116

Pertanyaan:
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

Jawaban :
Menanamkan civic participan dalam lingkungan Sekolah Dasar sangat penting untuk dilakukan, dalam hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara.
1. Melakukan pendekatan pembelajaran aktif yang melibatkan siswa dalam kegiatan bersama, seperti membersihkan lingkungan sekolah.
2. Memfasilitasi diskusi tentang isu-isu sosial yang relevan bagi siswa.
3. Memperkenalkan peran yang positif, seperti guru dan staf sekolah yang aktif dalam kegiatan sosial (hal ini dapat menjadi contoh bagi siswa).
4. Melakukan pengenalan konsep-konsep dasar tentang demokrasi dan tanggung jawab sosial dalam kurikulum (seperti melalui pelajaran kewarganegaraan).

Berdasarkan cara-cara diatas saya memberikan contoh yaitu, guru dapat mengajak semua siswa untuk bekerjasama menjaga kebersihan sekolah, kemudian mengikuti kegiatan upacara bendera atau hal-hal kecil seperti mengajak/menyuruh anak yang piket untuk piket tepat waktu. Semua hal ini penting dilakukan oleh guru untuk mendukung tumbuhnya civic partisipan, menanamkan sikap nasionalisme dan juga cinta tanah air, serta menanamkan kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dea marlinda 2213053147 -
Nama : Dea Marlinda
NPM : 2213053147
KELAS : 4D

Tugas Diskusi Topik 2

Menurut pendapat saya menanamkan civic participation di lingkungan sekolah dasar sangat perlu untuk di lakukan, oleh karena itu terdapat beberapa cara yang dapat di lakukan yaitu :
mengintegrasikan mata pelajaran kewarganegaraan yang meliputi hak dan kewajiban, toleransi serta berdemokrasi kepada siswa, dan membuat siswa berpartisipasi langsung di dalam pembelajarannya. Sebagai seorang pendidik juga sudah semestinya memberikan contoh atau teladan agar dapat di ikuti oleh para siswa. Seperti misalnya guru ikut serta dalam kegiatan bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, bukan hanya memerintahkan saja, dengan begitu siswa akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Windi Desmila 2213053060 -
Nama: Windi Desmila
NPM: 2213053060
Kelas: 4D

Menurut pendapat saya salah satu caranya adalah melibatkan siswa dalam proyek-proyek berbasis masyarakat. Misalnya, mereka bisa terlibat dalam kegiatan kebersihan lingkungan sekitar sekolah atau proyek penghijauan. Proses ini tidak hanya mengajarkan tanggung jawab terhadap lingkungan, tetapi juga melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan kecil yang memengaruhi komunitas mereka.

Selain itu, pembentukan kelompok siswa yang bertanggung jawab atas inisiatif tertentu, seperti "Komite Kebersihan" atau "Kelompok Lingkungan," dapat memberikan peluang untuk berpartisipasi aktif dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang meningkatkan lingkungan sekolah.

Penting juga memasukkan materi pembelajaran tentang hak, kewajiban, dan nilai-nilai kewarganegaraan dalam kurikulum, sehingga siswa memahami pentingnya partisipasi dalam pembangunan masyarakat sejak usia dini.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Arda Ami Guspina 2213053256 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama:Arda Ami Guspina
Npm:2213053256
Kelas:4D

Menurut pendapat saya kita sebagai pendidik harus lebih dahulu memberikan pemahaman kepada peserta didik apa itu civic partisipan. Civic partisipankemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik. Sebagai contoh seperti melaksanakan gotong royong atau piket kelas, pemilihan ketua kelas, dan belajar lebih dalam kewarganegaraan bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Alisa Syabrina 2253053049 -
Nama: Alisa Syabrina
NPM : 2253053049
Menanamkan partisipasi warga dalam lingkungan sekolah dasar (SD) merupakan langkah penting untuk membentuk kesadaran sosial dan keterlibatan aktif dalam masyarakat sejak dini. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menanamkan civic participation dalam lingkungan SD:
- Menyertakan mata pelajaran kewarganegaraan yang aktif dalam kurikulum SD sangatlah esensial. Materi pembelajaran mencakup pemahaman tentang hak dan tanggung jawab warga negara, demokrasi, proses pemilihan umum, serta pentingnya partisipasi dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, siswa dapat mempelajari hak mereka untuk berpendapat dalam forum kelas atau sekolah.

-Mengorganisir proyek-proyek yang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan kewarganegaraan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya partisipasi. Contohnya, proyek membersihkan lingkungan sekolah atau mengadakan kegiatan amal bagi komunitas setempat. Dengan terlibat dalam kegiatan semacam ini, siswa dapat merasakan manfaat positif dari kontribusi mereka.

- Memfasilitasi diskusi dan debat mengenai isu-isu sosial dan politik yang relevan dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan memahami berbagai sudut pandang. Melalui dialog semacam ini, mereka dapat memahami dan menghargai perbedaan pendapat serta belajar untuk mengekspresikan gagasan mereka dengan percaya diri.

- Memberikan kesempatan bagi siswa untuk turut serta dalam proses pengambilan keputusan di tingkat sekolah, seperti melalui dewan siswa atau komite siswa-guru, dapat memberikan pengalaman langsung dalam proses demokratis. Hal ini dapat memberi mereka rasa memiliki terhadap sekolah mereka dan meningkatkan motivasi untuk berkontribusi.

Sebagai contoh penerapan dari strategi-strategi ini adalah sebagai berikut:

- Sebuah SD mengadakan proyek lingkungan di mana siswa bekerja bersama untuk membersihkan taman sekolah dan mengumpulkan sampah plastik. Selama proses ini, guru juga mengadakan diskusi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan dampak sampah plastik terhadap ekosistem. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang tanggung jawab mereka terhadap lingkungan tetapi juga merasakan dampak positif dari partisipasi aktif mereka dalam meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nabilla Alya Khoirun Nissa 2213053201 -
Nama: Nabilla Alya Khoirun Nissa
NPM: 2213053201
Kelas: 4D

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan partisipan sipil dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

=> Untuk menanamkan partisipasi masyarakat dalam lingkungan sekolah dasar(SD)
• Sekolah perlu melibatkan orang tua/ wali murid dalam merencanakan dan mengambil keputusan yang terkait dengan peserta didik. Ini bisa dilakukan melalui pertemuan rutin, forum terbuka, atau kegiatan partisipatif lainnya.
• Guru dapat menerapkan kearifan lokal dan sumber daya setempat dalam kurikulum.
• Mengedukasi orang tua dan wali murid tentang pentingnya pendidikan dan cara untuk mendukung perkembangan anak di rumah.
• Sekolah harus secara terbuka menginformasikan tentang kebijakan, anggaran dan kinerja sekolah pada masyarakat, sehingga ini bisa menciptakan rasa tanggung jawab bersama dan memungkinkan partisipasi yang lebih efektif.

Contohnya seperti program sekolah desa yang melibatkan masyarakat lokal dalam perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan sekolah telah terbukti meningkatkan akses dan kualitas pendidikan dasar bagi anak-anak di daerah pedesaan.