Forum Discuss Kelompok Kelas D

Forum Discuss Kelompok Kelas D

Forum Discuss Kelompok Kelas D

Number of replies: 15

Asalmualikum wr wb.

Selamat sang, silahkan discuss kelompok di forum ini, dental menyebutkan nama dan npm. ada 5 pertanyaan, silahka dimulai sekarang.


In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

RIZKY AMAR MAKRUF (2315031119) གིས-
NAMA RIZKY AMAR MAKRUF
NPM 2315031119
Izin bertanya, jelaskan peranan pancasila sebagai filsafat bagi seoerang mahasiswa dalam kehidupan sehari sehari ????
In reply to RIZKY AMAR MAKRUF (2315031119)

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Lazuardi Putra Perkasa གིས-
baik terima kasih pertanyaan yang bagus dari Rizky ammar Makruf,
izin menjawab.

Pancasila memiliki peranan penting dalam membentuk karakter, etika, dan panduan moral bagi seorang mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari contoh dalam pembentukan etika dan moral yang baik, kepemimpinan dan kesadaran sosial.
In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Muhammad Ilham གིས-
Izin bertanya
Nama : Muhammad Ilham
NPM : 2315031055
Kelas TE D
Di dalam ppt tersebut menjelaskan salah satu tantangan terhadap pancasila sebagai sistem filsafat adalah kapitalisme
kapitalisme adalah aliran yang meyakini kebebasan individual oleh pengembang usaha nya untuk kesejahtraan masyrakat.
Nah dampaknya tadi adalah monopoli dan gaya hidup konsumerisme.
Pernyaaan saya Apa sih itu konsumerisme dan apa menurut pendapat pribadi kalian agar mengatasi gaya hidup konsumerisme?
Terimakasih sebelumnya
In reply to Muhammad Ilham

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

M. Ghaza darmawan གིས-
baik, terimaksih atas pertanyaannya Muhammad ilham

izin menjawab
Gaya hidup konsumerisme adalah perilaku konsumsi berlebihan terhadap pemakaian barang-barang produksi. Sebagai salah satu dampak dari globalisasi, gaya hidup konsumerisme membuat seseorang ingin selalu terlihat trendy dengan membeli barang-barang sesuai trend.

Cara untuk mengatasinya adalah
1. Jangan membeli barang hanya karena ikut-ikutan tren
2. Belajarlah untuk mengelola keuangan agar kondisi finansialmu bisa stabil
3. Biasakan diri untuk bersikap bijak sebelum membeli barang yang sebenarnya kurang penting
4. Belilah barang-barang yang sifatnya long-lasting biar awet
5. Selalu menanamkan prinsip bahwa membeli barang mewah itu tak selamanya akan membahagiakan
In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

M. Ghaza darmawan གིས-
baik selamat siang semua, kami dari kelompok 4 bertugas sebagai moderator di dalam forum diskusi ini

sebelumya izin memperkenalakan diri:
saya M. Ghaza darmawan selaku moderator dalam diskusi kali ini.

dan juga perkenalkan anggota kelompok saya yaitu:
1. Thio danuanza
2. iqbal arifky
3. lazuardi putra perkasa
4. Indra wahyuni
5. M. yasha dimas R
6. M. Ghaza darmawan

silahkan yang ingin bertanya mengenai materi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat bisa ditulis dalam forum diskusi ini
In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Rico Ferdiansyah 2315031136 གིས-
Nama : Rico Ferdiansyah
NPM : 2315031136
Kelas : TE D
Izin Bertanya, apakah ada konflik atau kontroversi dalam interpretasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai sistem filsafat? jika ada sebutkan serta jelaskan mengapa menjadi kontroversi
In reply to Rico Ferdiansyah 2315031136

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Thio Danuanza གིས-
Terimakasih atas pertanyaan Rico Ferdiansyah
Izin menjawab pertanyaannya
Terdapat konflik dan kontroversi dalam interpretasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai sistem filsafat di Indonesia. Adapun beberapa dari kontroversi tersebut sebagai berikut :

1. Konsep Ketuhanan: Salah satu poin kontroversial terkait Pancasila adalah konsep ketuhanan. Beberapa kelompok berpendapat bahwa Pancasila harus diinterpretasikan dengan orientasi agama tertentu, sementara yang lain berpendapat bahwa itu harus lebih inklusif dan bisa diterima oleh semua agama. Ini memunculkan perdebatan tentang apakah Pancasila harus memiliki dasar agama atau bersifat sekuler.

2. Keadilan Sosial: Nilai keadilan sosial dalam Pancasila juga menjadi sumber kontroversi. Pertanyaan muncul tentang sejauh mana pemerintah harus campur tangan dalam urusan ekonomi untuk mencapai keadilan sosial. Beberapa menganggap bahwa lebih banyak intervensi diperlukan, sementara yang lain berpendapat bahwa pendekatan yang lebih liberal lebih baik.

3. Kepemimpinan Politik: Pancasila juga menciptakan perdebatan tentang sistem politik yang harus diadopsi. Ada perbedaan pendapat tentang apakah sistem demokrasi pancasila dengan ideologi yang lebih otoriter lebih sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

4. Hak Asasi Manusia: Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam konteks hak asasi manusia juga menjadi sumber konflik. Ada pertanyaan tentang sejauh mana pemerintah harus menghormati hak asasi manusia, terutama dalam hal kebebasan berekspresi dan kebebasan beragama.

Kontroversi-kontroversi ini muncul karena Pancasila adalah sebuah konsep yang luas dan memiliki ruang beragam interpretasi. Berbagai kelompok masyarakat dan pemerintah memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai ini dalam kebijakan dan praktik sehari-hari.
In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Ari Saputra Ari གིས-
Nama : Ari Saputra
NPM : 2315031064
izin bertanya, bagaimana pandandan pancasila terhadap sumber sumber pengetahuan manusia dalam korteks epistemologi?
In reply to Ari Saputra Ari

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Iqbal Arifky གིས-
Terimakasih atas petanyaannya Ari Saputra
Izin menjawab, sebelumnya perkenalkan nama saya Iqbal Arifky

jadi pandangan pancasila terhadap sumber sumber pengetahuan manusia dalam konteks epistemologi itu ada hubungannya dengan pancasila yaitu terhadap sumber sumber ilmu pengetahuan seperti kebenaran dari Pancasila dan susunan pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.

Nah itu dia pandangan pancasila terhadap sumber pengetahuan manusia dalam konteks epistemologi, apakah jawaban dari saya sudah cukup memuaskan?
In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Dhimas Haryadi གིས-
Nama: Dhimas Haryadi
NPM: 2315031007
Kelas: TE D

Pertanyaan :

Salah satu tantangan Pancasila sebagai sistem filsafat yaitu komunisme dan kapitalisme. Nah,
Seperti yang kita sudah ketahui pada saat ini bahwa paham komunis dan kapitalis sangat populer dan bahkan banyak warga negara asing yang sudah beralih ke paham tersebut. Yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana propaganda komunis dan kapitalis tersebut dapat mempengaruhi pemahaman dan pemikiran generasi muda indonesia terhadap Pancasila? Serta bagaimana tindakan kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap mempertahankan ideologi pacasila?
In reply to Dhimas Haryadi

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Indra Wahyuni Iin གིས-
Baik, disini saya indra wahyuni
Akan menjawab pertanyaan dari saudara dimas haryadi 

Propaganda komunis dan kapitalis dapat mempengaruhi pemahaman dan pemikiran generasi muda Indonesia terhadap Pancasila dengan cara berikut:

1. Pengaruh Media: Propaganda dari kedua paham ini bisa tersebar melalui media sosial, film, buku, dan berbagai platform media. Generasi muda yang terpapar berlebihan pada narasi komunis atau kapitalis bisa mulai meragukan nilai-nilai Pancasila.

2. Pendidikan: Implementasi paham komunis atau kapitalis dalam kurikulum pendidikan bisa memengaruhi pemahaman generasi muda. Penting untuk memastikan bahwa pendidikan mencerminkan prinsip-prinsip Pancasila.

3. Ketidakpuasan: Jika generasi muda menghadapi ketidakpuasan ekonomi atau sosial, propaganda paham komunis atau kapitalis dapat menjadi alternatif yang lebih menarik.

Untuk mempertahankan ideologi Pancasila, generasi penerus bangsa dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Pendidikan Pancasila yang Kuat: Memastikan bahwa pendidikan di sekolah memahamkan generasi muda tentang makna dan nilai-nilai Pancasila.

2. Diskusi dan Dialog: Mendorong diskusi terbuka tentang Pancasila dan perbandingan dengan paham lain. Ini membantu pemahaman yang lebih mendalam.

3. Keterlibatan Sosial: Terlibat dalam kegiatan sosial yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong dan toleransi.

4. Penelitian Independen: Generasi muda dapat melakukan penelitian independen untuk memahami lebih dalam Pancasila dan menghadapi propaganda dengan argumen yang kuat.

5. Kebebasan Berpendapat: Menghormati kebebasan berpendapat, tetapi juga mendorong generasi muda untuk kritis dan kreatif dalam pemikiran mereka.
In reply to First post

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

Nando Fatiko Darlan གིས-
Nama : Nando Fatiko Darlan
Npm : 2315031032

Izin bertanya, apakah arti dari substansial, dan sebutkan arti substansial dari masing masing pancasila.
Terima kasih
In reply to Nando Fatiko Darlan

Re: Forum Discuss Kelompok Kelas D

M Yasha Dimas R གིས-
Terimakasih pertanyaan bagusnya, Nando
Izin menjawab, sebelumnya nama saya Muhamad Yasha Dimas Radityo

Sila pertama Pancasila,
Ketuhanan Yang Maha Esa
mengandung arti substansial bahwa
bangsa dan negara Indonesia dalam
hidup dan kehidupannya benar-benar
menyakini dan menyadari akan
kekuasaan serta kedaulatan Tuhan yang
bersifat mutlak dan tak terbagi.

Sila kedua, Kemanusiaan yang
adil dan beradab memiliki makna
substansial pengakuan terhadap harkat
dan martabat manusia yang luhur, tanpa
harus dibeda-bedakan antara satu sama
lainnya karena perbedaan keyakinan
politik, status sosial dan ekonomi, asal-
usul, keturunan, ras, warna kulit,
bahasa, agama, budaya, adat istiadat,
suku, dan perbedaan lainnya.

Sila Persatuan Indonesia secara
substansial mengandung makna sebagai
bentuk penggambaran kesadaran bangsa
Indonesia selaku diri pribadi yang
berhakikat makhluk sosial.

Oleh karenanya
secara substansial sila keempat adalah
semangat demokrasi yang tetap terikat
pada nilai-nilai tertentu yaitu terikat
pada pertanggungjawaban kepada
Tuhan, prinsip kemanusiaan, dan juga
identitas persatuan Indonesia

Sila ke lima secara substansial adalah perwujudan dari konsekuensi dari nilai-
nilai yang tercermin dalam empat sila
lainnya.