Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Number of replies: 31
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Yoga Adi Pratama -
Nama : Yoga Adi Pratama
NPM : 2315031004

Hasil Analisis Jurnal
Jurnal yang berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respons mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Populasi penelitian ini terdiri dari 103 individu, dan teknik pengambilan sampel acak kluster proporsional digunakan untuk memilih sampel sebanyak 40 mahasiswa. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dengan uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product-moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa, sebagai generasi muda, harus menjunjung tinggi karakter bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan memegang teguh Pancasila sebagai dasar negara, yang dapat berkontribusi pada pembangunan nasional.

Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS Ver. 19. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respons mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, menunjukkan hubungan yang kuat. Koefisien determinasi (R2) adalah 0,282, yang berarti 28,2% variasi respons mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila, sedangkan sisanya sebesar 71,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyarankan agar mahasiswa, sebagai generasi muda, menjaga karakter bangsa dalam menghadapi tantangan.
In reply to Yoga Adi Pratama

Re: Forum Analisis Jurnal

by Dimas Husen -
Nama : Dimas Husen
NPM : 2315031036

Judul Jurnal: The Impact of Pancasila Personality Development on Students' Attitudes towards Science and Technology

Penulis: Musyidah

Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Regresi analisis menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.
Jurnal ini juga menekankan pentingnya pelestarian nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan formal untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pancasila merupakan norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang memiliki kekuatan hukum yang sah dan mengikat. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi bertujuan untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa, memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa, mempersiapkan mahasiswa untuk menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan bangsa, dan membentuk sikap mental yang menghargai nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa.

Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi memiliki peran penting dalam keberhasilan pembangunan nasional dan pelestarian nilai-nilai Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia memiliki kekuatan hukum yang sah dan mengikat .

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila dan sikap disiplin yang tinggi.Dalam era kemajuan teknologi, penggunaan internet dan perkembangan IPTEK telah mempengaruhi pola hidup dan pemikiran masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik dan penuh tanggung jawab. Selain itu, sebagai bangsa yang berbudaya, penting untuk tidak terpengaruh oleh budaya yang tidak sesuai dengan budaya kita.Dalam konteks pendidikan, pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui pendidikan formal. Melalui pendidikan, nilai-nilai Pancasila dapat disemaikan dan dikembangkan secara terencana dan terpadu.Pendidikan Pancasila juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan bangsa, serta membentuk sikap mental yang menghargai nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Fajar Nugroho -
Nama: Fajar Nugroho
NPM: 2315031043

Hasil Analisis Jurnal

Jurnal "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Pancasakti Tegal pada program studi matematika semester II tahun akademik 2016/2017. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik proporsional cluster random sampling.
Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Validitas dan reliabilitas data diuji menggunakan koefisien korelasi product moment Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden dalam penelitian ini memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Penelitian ini menyarankan agar mahasiswa sebagai generasi muda dapat menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara. Hal ini diharapkan dapat membantu pembangunan negara.
Analisis deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk menjelaskan tanggapan responden yang dikategorikan dalam rentang skala. Perhitungan rentang skala dilakukan dengan mengalikan frekuensi data dengan bobotnya. Nilai tertinggi diperoleh dari jumlah responden dikalikan dengan skor jawaban tertinggi (4).
Selain itu, penelitian ini juga menggunakan analisis regresi sederhana untuk menganalisis pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Analisis ini dilakukan menggunakan program SPSS Ver. 19.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara ,buatlah dalam betuk lain tanpa mengubah makna
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhammad Izhar Azhari -
Nama : Muhammad Izhar Azhari
NPM : 2315031116

Jurnal berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila Terhadap Menyikapi Perkembangan IPTEK pada Mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017" menyajikan sebuah penelitian tentang pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh mata kuliah tersebut terhadap sikap mahasiswa dan menganalisis signifikansi dari pengaruh tersebut.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan tanggapan responden yang dikelompokkan dalam rentang skala, sedangkan analisis verifikatif digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.

Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi sederhana dengan program SPSS. Persamaan regresi yang diperoleh dari analisis adalah Ŷ = 12,525 + 0,616X, di mana Ŷ merupakan sikap terhadap IPTEK dan X merupakan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap IPTEK. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Koefisien determinasi (R2) adalah 0,282, yang berarti 28,2% variasi sikap terhadap IPTEK dapat dijelaskan oleh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa responden dalam penelitian ini secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Responden
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Fardan zaindi akmal 2315031131 -
Nama: Fardan Zaindi Akmal
NPM : 2315031131
Kelas :TE B

Analisis Jurnal
Jurnal tersebut juga membahas tentang pengaruh mata pelajaran Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran tersebut terhadap perkembangan kepribadian siswa dan kemampuannya dalam menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada era globalisasi, di berbagai aspek kehidupan mengalami perkembangan yang signifikan sehingga membawa kemajuan pada berbagai bidang yang terkena dampak globalisasi. Proses ini terjadi melalui interaksi antar bangsa dalam ruang dan waktu, dimana ruang semakin sempit dan waktu semakin singkat akibat interaksi dan komunikasi global. Teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, memegang peranan penting dalam mendukung globalisasi. Pesatnya perkembangan teknologi memungkinkan informasi dapat disebarluaskan ke seluruh dunia dalam berbagai bentuk dan kepentingan. Pancasila sebagai dasar negara dianggap sebagai warisan luar biasa para founding fathers Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai luhur. Mayoritas masyarakat Indonesia meyakini Pancasila sebagai ideologi negara dan pedoman hidup masyarakat Indonesia tidak tergantikan. Sifat Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak bisa digantikan oleh ideologi sekuler yang mungkin tidak selalu ramah terhadap agama. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemulihan kesadaran kolektif bangsa akan pentingnya kedudukan dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat khususnya kalangan pelajar melalui mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila terhadap kemampuan menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi siswa. Populasi penelitian berjumlah 103 siswa, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Validitas dan reliabilitas data diuji dengan menggunakan koefisien korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta secara umum mempunyai perkembangan kepribadian Pancasila yang baik. Kajian tersebut menekankan pentingnya mahasiswa menjaga jati diri bangsa dan berpegang teguh pada Pancasila sebagai landasan negara dalam menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa sebagai generasi muda hendaknya melestarikan kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara, sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional. Secara keseluruhan penelitian menyoroti pentingnya mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila dalam membentuk sikap siswa terhadap sains.

Jurnal tersebut menekankan pentingnya mahasiswa menjaga jati diri bangsa dan berpegang teguh pada Pancasila sebagai landasan negara dalam menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Sakha Devitto Vallindra 2315031035 -
Nama : Sakha Devitto Vallindra
NPM : 2315031035


Pembahasan jurnal ini tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden mempunyai sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Analisis regresi menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun perlu diketahui bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Ulasan ini juga menekankan pentingnya pelestarian nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan formal untuk menjaga keutuhan masyarakat nasional. Pancasila merupakan norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang mempunyai kekuatan hukum yang sah dan mengikat.

Di perguruan tinggi sendiri pendidikan Pancasila memiliki peran yang penting dalam keberhasilan pembangunan nasional. Dan juga Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia memiliki kekuatan hukum yang sah dan mengikat .

Melalui pendidikan ini lah nilai-nilai Pancasila dapat berkembang dan terimplementasi secara terpadu.Pendidikan Pancasila juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan bangsa, serta membentuk sikap mental yang menghargai nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Angga Dwi Adi Saputra 2315031003 -
Nama : Angga Dwi Adi Saputra
NPM: 2315031003

Judul Jurnal: The Influence of Pancasila Personality Development on Students' Attitudes Towards Science and Technology
Penulis: Musyidah

Jurnal ini mengulas tentang dampak pembelajaran kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan pendekatan deskriptif dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Analisis regresi menunjukkan bahwa pembelajaran kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan pada sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Walaupun demikian, perlu diperhatikan bahwa sebesar 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar lingkup penelitian.

Jurnal ini juga menegaskan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan formal untuk menjaga kesatuan masyarakat Indonesia. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi nasional yang memiliki kekuatan hukum yang kuat dan mengikat. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi bertujuan untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa, memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk menganalisis serta mencari solusi terhadap berbagai tantangan bangsa, dan membentuk sikap mental yang menghargai nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, cinta tanah air, dan persatuan bangsa.

Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi memiliki peran penting dalam kesuksesan pembangunan nasional dan pelestarian nilai-nilai Pancasila sebagai pondasi negara. Karena Pancasila adalah norma dasar negara dan ideologi nasional, sangat penting bagi mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila dan menjunjung tinggi disiplin. Dalam era kemajuan teknologi dan pengaruh perkembangan IPTEK, penting untuk memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Selain itu, sebagai bangsa yang memiliki budaya yang kaya, penting untuk tetap mempertahankan nilai-nilai budaya yang sesuai dengan identitas kita. Dalam konteks pendidikan, pelestarian nilai-nilai Pancasila dapat dicapai melalui pendidikan formal yang dirancang dengan cermat dan terpadu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Danda wilians -
Nama: Danda Wilians
NPM: 2315031019

Jurnal ini merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk menguji pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam merespon ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan Iptek. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap Iptek. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 28,2% variasi sikap terhadap Iptek dapat dijelaskan oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa perkembangan Iptek dipengaruhi secara positif oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila. Responden dalam penelitian ini menunjukkan sikap yang baik terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar mahasiswa menjaga identitas nasional mereka dan secara selektif mengadopsi pengaruh budaya baru. Pemerintah juga perlu meningkatkan penyaringan informasi untuk melawan radikalisme.

Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan pemahaman tentang pentingnya mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan memberikan rekomendasi bagi perguruan tinggi dan pemerintah dalam meningkatkan pemahaman dan pengembangan Iptek di Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ridho Kurnia Anjifa 2315031011 -
Nama : Ridho Kurnia Anjifa
NPM : 2315031011

Menurut saya pembahasan jurnal ini tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden mempunyai sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Analisis regresi menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun perlu diketahui bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Ulasan ini juga menekankan pentingnya pelestarian nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan formal untuk menjaga keutuhan masyarakat nasional. Pancasila merupakan norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang mempunyai kekuatan hukum yang sah dan mengikat.

Jurnal ini juga menegaskan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan formal untuk menjaga kesatuan masyarakat Indonesia. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi nasional yang memiliki kekuatan hukum yang kuat dan mengikat. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi bertujuan untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa, memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk menganalisis serta mencari solusi terhadap berbagai tantangan bangsa, dan membentuk sikap mental yang menghargai nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, cinta tanah air, dan persatuan bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Shafa alkausar salsabilah Shafa -
Nama : Shafa Alkausar Salsabilah
Npm : 2315031027

Judul Jurnal: The Impact of Pancasila Personality Development on Students' Attitudes towards Science and Technology.

Hasil Analisis Jurnal:

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik.
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.
Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi),dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pendidikan Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Farrel aryo fahdian Farrel aryo fahdian -
FARREL ARYO FAHDIAN
2315031020


Menurut saya Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan dan pedoman pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia.

Di bawah ini beberapa aspek penting Nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi: Sumber motivasi: Nilai Pancasila merupakan sumber motivasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nasional dalam bidang pendidikan pendidikan suatu negara yang berstandar Pancasila tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan melindungi kemerdekaan, kedaulatan, dan martabat negara sepenuhnya .

Faktor Internal Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : Setiap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia harus mencantumkan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan asumsi bahwa sejak awal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus mencakup nilai-nilai Pancasila .

Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangannya harus memperhatikan nilai-nilai ideologi nasional agar tidak menimbulkan kerugian bagi kemanusiaan .

Penerapan nilai-nilai Pancasila: Masyarakat Indonesia dapat mengatur dan memilih perbuatan baik atau buruk dalam kehidupan sehari-hari, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai-nilai Pancasila
Sosialisasi : Upaya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa sosialisasi melalui webinar dan kegiatan sejenisnya, untuk mengamalkan masyarakat Indonesia dengan cara menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupannya .
Dalam rangka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, nilai-nilai Pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan dan penyaringan untuk menjaga nama baik dan keutuhan bangsa, serta untuk mengatasi dampak-dampak negatif yang mungkin timbul dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
dan juga nilai iptek yang terkandung dalam isi pancasila mempunyai arti sebagai berikut
1.Pengembangan ilmu pengetahuan harus menghormati keyakinan agama masyarakat karena boleh jadi penemuan ilmiah tidak sesuai dengan keyakinan agama tetapi tidak boleh bertentangan dengan karena keduanya mempunyai logika masing-masing .
2.Tujuan ilmu pada perkembangan kemanusiaan dan berpedoman pada nilai-nilai etika yang berlandaskan kemanusiaan.
3.Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan faktor yang membantu “menyeragamkan” budaya, sehingga menjadi faktor yang membantu menyatukan dan memungkinkan komunikasi antar komunitas .
Membangun landasan penguasaan ilmu pengetahuan masyarakat Teknologi melalui sistem pendidikan merupakan salah satu cara untuk memperkuat solidaritas dan membangun jati diri bangsa.
4.Prinsip demokrasi mengharuskan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi didistribusikan secara merata ke seluruh masyarakat, karena pendidikan merupakan kebutuhan seluruh masyarakat.
5.Kesenjangan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi harus terus dikurangi agar lebih merata, melalui prinsip keadilan sosial.
Yang kedua yang menempatkan Pancasila sebagai landasan moral pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dirinci sebagai berikut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhammad Taufiqurrahman -
Nama: M. Taufiqurrahman
NPM: 2315031067

Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan Iptek. Analisis regresi menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap Iptek. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 28,2% variasi sikap terhadap Iptek dapat dijelaskan oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.

Penelitian ini juga menemukan bahwa perkembangan Iptek secara positif dipengaruhi oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila. Responden dalam penelitian ini menunjukkan sikap yang baik terhadap perkembangan Iptek, dengan skor di atas 80. Analisis regresi menunjukkan pengaruh signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Penelitian ini menyarankan agar mahasiswa menjaga identitas nasional mereka dan secara selektif mengadopsi pengaruh budaya baru. Pemerintah juga perlu meningkatkan penyaringan informasi untuk melawan radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Cinda Kamilah -
Nama : Cinda Kamilah Harahap
NPM : 2315031075
Kelas : PSTE B

HASIL ANALISIS JURNAL

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan judul : The Effect of Pancasila Personality Development Subject in Responding Science and
Technology

Secara umum, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat memberikan kontribusi positif dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertama, konsep Pancasila yang mencakup sila-sila seperti gotong royong, keadilan sosial, dan demokrasi dapat membentuk sikap etis dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat mengembangkan kesadaran akan tanggung jawab sosial dalam penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat mencegah penyalahgunaan serta menekankan pada dampak positifnya terhadap masyarakat dan lingkungan.

Selain itu, mata kuliah tersebut juga dapat memperkuat pemahaman etika dalam penelitian dan pengembangan teknologi. Dengan memiliki landasan moral yang kuat, para profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengambil keputusan yang lebih bijak dan bertanggung jawab.
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap Sikap Mahasiswa dalam Menanggapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menanggapi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif.

Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Koefisien determinasi sebesar 28,2% menunjukkan bahwa variasi sikap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Penelitian ini menemukan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dipengaruhi secara positif oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.

Responden dalam penelitian ini menunjukkan sikap yang baik terhadap perkembangan Iptek, dengan skor di atas 80.
Analisis regresi menunjukkan pengaruh signifikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi sikap siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar siswa tetap mempertahankan identitas etnisnya dan menerapkannya secara selektif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhammad Novaldi Ramadhana -
Nama: Muhammad Novaldi Ramadhana
NPM: 2315031092

Hasil Analisis Jurnal
Jurnal yang berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Dengan populasi peneitian ini sebanyak 103 mahasiswa, penelitian ini menggunakan teknik proporsional cluster random sampling dengan mengambil 70% dari setiap kelas sehingga sampelnya terdiri dari 40 orang mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan metode deskriptif dan regresi, setelah sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa, sebagai generasi muda, diharapkan dapat menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek. Perkembangan Iptek berdampak pada berbagai aspek, termasuk dalam interaksi antar bangsa yang melibatkan dimensi ruang dan waktu. Hal ini juga mencakup interaksi dalam skala informasi dan komunikasi, yang menjadi faktor utama dalam globalisasi.

Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan, menyebabkan dunia semakin terbuka dan tanpa batas. Perubahan ini juga tercermin dalam pendidikan, yang telah berkembang dari tradisional menjadi modern. Internet menjadi sumber informasi utama, menggantikan metode tradisional seperti buku. Kemajuan teknologi ini memberikan dampak besar pada kehidupan manusia dan masyarakat, dengan segala aspeknya, baik positif maupun negatif. Namun, permasalahan muncul ketika nilai-nilai Pancasila, yang menjadi dasar ideologi bangsa Indonesia, terpengaruh oleh perkembangan teknologi dan budaya Barat yang mendominasi. Pancasila sebagai landasan negara yang akomodatif terhadap pluralitas bangsa Indonesia tidak dapat digantikan oleh ideologi sekularisme yang mungkin bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut.

Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi menjadi kunci dalam memperkuat identitas bangsa dan mengajarkan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa. Revitalisasi nilai-nilai ini diharapkan dapat membangun masyarakat madani yang berlandaskan Pancasila, mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal, serta konsisten terhadap prinsip-prinsip sosial.

Penelitian ini juga menganalisis sikap mahasiswa terhadap Iptek menggunakan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh signifikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Iptek. Kesimpulan ini didukung oleh data hasil kuesioner dengan skor di atas 80, menunjukkan bahwa responden secara positif menyikapi perkembangan Iptek.

Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa, terutama dalam menghadapi arus perkembangan Iptek yang terus berlangsung.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Erick Satriyo -
Nama: Erick Satriyo
NPM: 2315031059
Kelas: Teknik Elektro B

Analisis Jurnal Mata kuliah Pendidikan Pancasila dalam meyikapi perkembangan IPTEK. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. 

Secara keseluruhan, jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Responden diminta untuk memilih salah satu jawaban dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan dengan skala likert. Skor numerik atas jawaban responden tersebut terdiri dari empat poin yaitu skor yang berturutan dari angka 1 sampai 4. Dalam penelitian ini jenis pertanyaan yang ditanyakan dalam kuesioner adalah jenis pertanyaan positif.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis deskriptif dilakukan untuk menjelaskan tanggapan responden yang dikelompokkan dalam rentang skala. Adapun perhitungan rentang skala adalah dengan mengalikan seluruh frekuensi data dengan bobotnya. Analisis verifikatif digunakan dalam rangka untuk membuktikan hipotesis penelitian, yaitu membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik dan mampu menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan total skor responden yang lebih dari 80. Sedangkan responden yang memiliki total skor di bawah 80 dikatakan tidak dapat menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik statistik analisis regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS Ver untuk menganalisis pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dengan sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Bondan Narendra -
Nama: Bondan Narendra
NPM: 2315031140

Hasil Analisis Jurnal
Jurnal yang berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Apa hubungannya antara Pancasila dan IPTEK? Berikut Penjelasannya
Dasar Ketuhanan Yang Maha Esa, yang bagi bangsa Indonesia adalah mutlak. Jika diikuti pandangan-pandangan secular dunia barat, yang ilmunya dipelajari dan jadi rujukan para cendekiawan, sepertinya berjalan berlawanan.

Sila-sila Pancasila yang menjadi system etika dalam pengembangan IPTEK
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Mengimplementasikan ilmu pengetahuan mencipta, keseimbangan antara rasional dan irasional, antara akal dan kehendak. Berdasarkan sila ini IPTEK tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan dibuktikan dan diciptakan tetapi juga dipertimbangkan maksud dan akibatnya apakah merugikan manusia disekitarnya atau tidak.
2. Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan IPTEK harus bersikap beradab karena IPTEK adalah sebagai hasil budaya manusia yang beradab dan bermoral.
3. Sila Persatuan Indonesia
Mengkomplementasikan universalitas dan intersionalisme dalam sila-sila yang lain. Pengembangan IPTEK hendaknya dapat mengembangkan rasa nasionalisme kebesaran bangsa serta keluhuran bangsa sebagai bagian umat manusia di dunia.
4. Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawwaratan Perwakilan
Mendasari pengembnangan IPTEK secara demokratis, artinya setiap ilmuan harus memiliki kebebasan untuk mengembangkan IPTEK juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan juga memiliki sikap yang terbuka untuk dikritik dikaji ulang maupun di bandingkan dengan penemuan lainnya.
5. Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mengkomplementasikan pengembangan IPTEK haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri maupun dengan Tuhannya, manusia dengan manusia, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara, serta manusia dengan alam lingkungannya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Aradea Nuhzul Ankesa -
NAMA : ARADEA NUHZUL ANKESA
NPM : 2315031076

Analisis Jurnal

Jurnal ini membahas dampak globalisasi, khususnya terkait perkembangan teknologi informasi, dan mencoba menyoroti implikasinya pada nilai-nilai lokal, seperti Pancasila di Indonesia. Saya melihat bahwa pengaruh globalisasi, terutama melalui teknologi informasi, memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan.

Penting untuk diakui bahwa perkembangan teknologi telah membuka akses informasi secara luas, mempercepat komunikasi, dan merubah cara pendidikan dilakukan. Namun, seiring dengan keuntungan tersebut, muncul tantangan terhadap nilai-nilai lokal, seperti Pancasila. Globalisasi dapat membawa pengaruh budaya asing yang dapat mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat.

Pentingnya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila sebagai solusi tampak masuk akal. Melalui pendidikan, kita dapat membangun kesadaran kolektif terhadap nilai-nilai lokal dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi dinamika global. Namun, saya merasa bahwa pengaruh teknologi tidak hanya sekadar mengancam nilai-nilai, tetapi juga membuka peluang baru untuk memperkuat dan menyebarkan nilai-nilai tersebut.

Secara pribadi, saya setuju dengan pandangan bahwa perubahan dalam sikap masyarakat, terutama terkait dengan pengaruh teknologi, seharusnya tidak hanya dipandang sebagai ancaman. Sebaliknya, ini juga dapat dijadikan peluang untuk memperkuat dan memperkaya nilai-nilai lokal, memastikan bahwa mereka tetap relevan dalam masyarakat yang semakin terkoneksi global.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Stevy Febriani -
STEVY FEBRIANI
2315031108
TE B

Analisis Jurnal :
Dampak Perkembangan Kepribadian Pancasila Terhadap Sikap Siswa Terhadap Sains dan Teknologi

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik.
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek dapat membantu pembangunan Negara. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesat, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan pelajar, sebenarnya bukan pancasila yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri Memberikan pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan informasi teknologi tersebut. Pesatnya perkembangan informasi teknologi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang dibandingkan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat digantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pendidikan Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Anis Setiawati -
Nama : Anis Setiawati
NPM : 2315031012
Kelas : TE B

Hasil Analisis Jurnal

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa responden penelitian ini secara umum mempunyai perkembangan kepribadian Pancasila yang baik. Generasi muda pelajar harus menjaga jati diri bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, dan memastikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan negara.

Selama ini perkembangan teknologi begitu pesat sehingga informasi apapun dapat tersebar ke seluruh dunia dalam berbagai bentuk dan kepentingan. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting pendukung globalisasi.
Saat ini segala aspek kehidupan dapat berkembang dengan pesat, dan perkembangan tersebut juga seiring dengan berkembangnya pendidikan dari tradisi menuju modernitas, dan perkembangan tersebut secara otomatis menuntut masyarakat untuk bergerak menuju globalisasi. Kemajuan teknologi ini telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia beserta seluruh peradaban dan kebudayaan. Saat ini di Indonesia terlihat kemajuan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap aspek pendidikan masyarakat (modernisasi) baik pada masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Diakui atau tidak, gaya hidup dan pola pikir masyarakat lambat laun mulai berubah, khususnya di bidang pendidikan. Jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yaitu Pancasila. Melihat realitas masyarakat khususnya pelajar, bukan Pancasila melainkan masyarakat itu sendiri yang terkena dampak perkembangan teknologi informasi. Berdampak positif atau negatif terhadap Pancasila, tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi Pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan berbagai pengaruh eksternal yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila yang ramah agama tidak bisa digantikan dengan ideologi sekuler yang belum tentu ramah agama.
Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kesadaran nasional akan pentingnya dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat, khususnya pelajar, melalui kursus pengembangan karakter Pancasila.
Materi dan Metode Pendidikan Pancasila memberikan segala pedoman untuk mengkaji, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan pembangunan nasional dan negara dengan berpedoman pada nilai-nilai inti Pancasila sebagai ideologi dan landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 rakyat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Renaldi Adi Suryadi -
Nama: Renaldi Adi Suryadi
Npm: 2315031068
TE B

Tugas analisis jurnal


Jurnal tersebut membahas dampak globalisasi pada berbagai aspek kehidupan, terutama dalam konteks teknologi, pendidikan, dan pengaruhnya terhadap nilai-nilai budaya, khususnya Pancasila di Indonesia. Ada pemaparan tentang perkembangan teknologi informasi yang cepat dan pengaruhnya terhadap pola pemikiran dan pendidikan masyarakat, serta perlunya pemulihan kesadaran kolektif tentang pentingnya Pancasila melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Selain itu, jurnal ini juga membahas pendidikan Pancasila di perguruan tinggi sebagai upaya memperkuat nilai-nilai dasar Pancasila, mempersiapkan mahasiswa dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan membentuk sikap mental yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Jurnal ini juga mengulas tentang sikap, karakteristik, dan tingkatan sikap, serta fungsi sikap dalam konteks pendidikan Pancasila. Selain itu, terdapat pembahasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai faktor penting dalam perkembangan suatu negara.

Penelitian yang dilakukan dalam jurnal ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif, dilakukan di Universitas Pancasakti Tegal dengan responden berjumlah 40 mahasiswa program studi matematika.

Secara keseluruhan, jurnal ini menggambarkan pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tantangan globalisasi dalam masyarakat Indonesia, khususnya kalangan mahasiswa sebagai generasi muda.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Felix Benaya Prima . -
Felix Benaya Prima
2315031084
TE B

Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Populasi dalam penelitian ini mencakup 103 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional cluster random sampling. Dalam hal ini, tiap kelas diambil 70%, sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel adalah 40 orang. Data yang dikumpulkan berupa kuesioner, yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Sebelumnya, data diuji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa, sebagai generasi muda, diimbau untuk menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK. Berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara dianggap sebagai kunci untuk memastikan bahwa perkembangan IPTEK dapat membantu dalam pembangunan Negara.

Dalam konteks globalisasi, penelitian menyoroti peran dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan waktu, dalam interaksi antar bangsa. Teknologi informasi dan komunikasi diakui sebagai faktor pendukung utama dalam proses globalisasi, memungkinkan informasi tersebar luas ke seluruh dunia.

Perubahan dari pendidikan tradisional ke modern, terutama dengan adanya internet, memiliki dampak signifikan. Globalisasi diakui sebagai fenomena yang mengubah berbagai aspek kehidupan, membuka dunia secara lebih luas dan meningkatkan ketergantungan antarbangsa.

Kemudian menyoroti peran teknologi informasi dalam perkembangan pendidikan, dengan internet sebagai sumber informasi yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Meskipun memberikan akses yang lebih mudah, kemajuan teknologi juga membawa dampak besar terhadap budaya dan adat ketimuran di Indonesia.

Penelitian mengangkat isu perubahan dalam dunia pendidikan yang membutuhkan penyesuaian dengan perkembangan zaman. Munculnya teknologi seperti televisi, telepon, telepon genggam, dan internet tidak hanya memengaruhi masyarakat perkotaan, tetapi juga mencapai masyarakat di pedesaan.

Jurnal ini menekankan bahwa akar permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana nilai-nilai Pancasila yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia dapat tetap terjaga di tengah pengaruh perkembangan teknologi informasi


In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhammad Rafif Azmi -
Nama : Muhammad Rafif Azmi
NPM : 2315031091
kelas : PSTE B
Matkul : Pendidikan Pancasila

Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini terdiri dari 103 orang mahasiswa, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik dan merespons ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik pula. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pancasila memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, dan penting untuk mengajarkannya kepada mahasiswa guna membentuk karakter nasional yang kuat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by merdi dwi saputra -
NAMA : merdi dwi saputra
NPM : 2315031139

Analisis Jurnal

Jurnal ini membahas dampak globalisasi, khususnya terkait perkembangan teknologi informasi, dan mencoba menyoroti implikasinya pada nilai-nilai lokal, seperti Pancasila di Indonesia. Saya melihat bahwa pengaruh globalisasi, terutama melalui teknologi informasi, memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan.

Penting untuk diakui bahwa perkembangan teknologi telah membuka akses informasi secara luas, mempercepat komunikasi, dan merubah cara pendidikan dilakukan. Namun, seiring dengan keuntungan tersebut, muncul tantangan terhadap nilai-nilai lokal, seperti Pancasila. Globalisasi dapat membawa pengaruh budaya asing yang dapat mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat.

Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan, menyebabkan dunia semakin terbuka dan tanpa batas. Perubahan ini juga tercermin dalam pendidikan, yang telah berkembang dari tradisional menjadi modern. Internet menjadi sumber informasi utama, menggantikan metode tradisional seperti buku. Kemajuan teknologi ini memberikan dampak besar pada kehidupan manusia dan masyarakat, dengan segala aspeknya, baik positif maupun negatif. Namun, permasalahan muncul ketika nilai-nilai Pancasila, yang menjadi dasar ideologi bangsa Indonesia, terpengaruh oleh perkembangan teknologi dan budaya Barat yang mendominasi. Pancasila sebagai landasan negara yang akomodatif terhadap pluralitas bangsa Indonesia tidak dapat digantikan oleh ideologi sekularisme yang mungkin bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut.

Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi menjadi kunci dalam memperkuat identitas bangsa dan mengajarkan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa. Revitalisasi nilai-nilai ini diharapkan dapat membangun masyarakat madani yang berlandaskan Pancasila, mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal, serta konsisten terhadap prinsip-prinsip sosial.

Penelitian ini juga menganalisis sikap mahasiswa terhadap Iptek menggunakan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh signifikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Iptek. Kesimpulan ini didukung oleh data hasil kuesioner dengan skor di atas 80, menunjukkan bahwa responden secara positif menyikapi perkembangan Iptek.

Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa, terutama dalam menghadapi arus perkembangan Iptek yang terus berlangsung.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Dwi Cahyani Desri -
Nama : Dwi Cahyani Desri
NPM : 2315031100
Kelas : TE B

• Hasil Analisis Jurnal

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan judul : The Effect of Pancasila Personality Development Subject in Responding Science and
Technology

Secara umum, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat memberikan kontribusi positif dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertama, konsep Pancasila yang mencakup sila-sila seperti gotong royong, keadilan sosial, dan demokrasi dapat membentuk sikap etis dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat mengembangkan kesadaran akan tanggung jawab sosial dalam penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat mencegah penyalahgunaan serta menekankan pada dampak positifnya terhadap masyarakat dan lingkungan.

Selain itu, mata kuliah tersebut juga dapat memperkuat pemahaman etika dalam penelitian dan pengembangan teknologi. Dengan memiliki landasan moral yang kuat, para profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengambil keputusan yang lebih bijak dan bertanggung jawab.
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap Sikap Mahasiswa dalam Menanggapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menanggapi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif.

Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Koefisien determinasi sebesar 28,2% menunjukkan bahwa variasi sikap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Penelitian ini menemukan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dipengaruhi secara positif oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.

Responden dalam penelitian ini menunjukkan sikap yang baik terhadap perkembangan Iptek, dengan skor di atas 80.
Analisis regresi menunjukkan pengaruh signifikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi sikap siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar siswa tetap mempertahankan identitas etnisnya dan menerapkannya secara selektif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Anis Setiawati -
Nama : Anis Setiawati
NPM : 2315031012

ANALISIS JURNAL

Bagian 1 : Hasil Penelitian Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Populasi penelitian ini berjumlah 103 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling, dimana 70% siswa dipilih dari setiap kelas sebagai peserta penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peserta mempunyai perkembangan kepribadian Pancasila yang baik.
Peneliti menyimpulkan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda harus menjaga jati diri bangsa dengan menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan tetap menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berkontribusi terhadap pembangunan nasional.

Bagian 2 : Menganalisis hasil penelitian dan dampak mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa sebesar 28,2% perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dipengaruhi oleh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila, sedangkan sisanya, atau 71,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan tanggapan baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan terdapat tanda positif pada hasil kuesioner dengan skor di atas 80.

Bagian 3: Signifikansi dan dampak penelitian terhadap pengembangan kepribadian Pancasila Menyikapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Makna Penelitian Inilah perlunya peserta didik menjaga nilai-nilai Pancasila agar mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu menyaring pengaruh-pengaruh negatif budaya-budaya baru.
Kajian ini penting karena menyoroti peran nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menyoroti pentingnya penghormatan terhadap nilai-nilai kebangsaan dalam menghadapi globalisasi.
Penelitian ini mempunyai dampak yang signifikan khususnya dalam konteks pendidikan dan pembangunan nasional.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Elvira Salsabila Rahmadani -
Nama : Elvira Salsabila Rahmadani
NPM : 2315031060

Kesimpulan dari jurnal ini adalah bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Pancasakti Tegal terhadap 40 mahasiswa program studi Matematika semester II. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik, dan sebagian besar dari respons ini dapat dijelaskan oleh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variabel menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 28,2%. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa tetap mempertahankan karakter nasional dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sementara pemerintah dan lembaga pendidikan mempromosikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila tetap menjadi landasan falsafah negara dan ideologi bangsa, serta untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila sebagai prinsip nasional dalam menghadapi dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan, serta perlunya mempertahankan nilai-nilai Pancasila untuk memperkuat persatuan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, jurnal ini memberikan kontribusi penting dalam memahami pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memberikan arahan untuk kebijakan pendidikan dan pengembangan
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Jovio Andisha Jovio -
Nama: Jovio Andisha
NPM: 2315031051

Jurnal ini merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk menguji pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam merespon ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan Iptek. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap Iptek. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 28,2% variasi sikap terhadap Iptek dapat dijelaskan oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa perkembangan Iptek dipengaruhi secara positif oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila. Responden dalam penelitian ini menunjukkan sikap yang baik terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar mahasiswa menjaga identitas nasional mereka dan secara selektif mengadopsi pengaruh budaya baru. Pemerintah juga perlu meningkatkan penyaringan informasi untuk melawan radikalisme.

Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan pemahaman tentang pentingnya mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Azita Zahra -

Nama : Azita Zahra

Npm  : 2315031115

Kelas : Elektro B 

IPTEK adalah hasil ciptaan manusia yang pada prinsipnya digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia dalam menghadapi kehidupan mereka. IPTEK dapat dimanfaatkan untuk tujuan tertentu, baik yang berdampak positif maupun negatif.

Pancasila, pada dasarnya, merupakan pedoman hidup bagi seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Perkembangan IPTEK saat ini dan di masa depan berlangsung dengan cepat.

Prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa adalah hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pandangan ini mungkin berbeda dengan pandangan sekuler yang lebih umum diikuti di dunia Barat, di mana ilmu pengetahuan menjadi rujukan utama para cendekiawan.

Sila-sila Pancasila merupakan dasar etika dalam pengembangan IPTEK:

1.      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Mempromosikan keseimbangan antara akal dan keyakinan dalam pengembangan IPTEK. Ini memerlukan pertimbangan lebih dari sekadar apa yang dapat dibuktikan atau diciptakan, tetapi juga dampaknya pada manusia dan lingkungannya.

2.      Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Menekankan perlunya moralitas dalam pengembangan IPTEK, karena IPTEK adalah hasil budaya manusia yang beradab dan beretika.

3.      Sila Persatuan Indonesia

Menggabungkan konsep universalitas dan internasionalisme dalam pengembangan IPTEK, sambil memupuk rasa nasionalisme dan kebesaran bangsa.

4.      Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan menggarisbawahi pendekatan demokratis dalam pengembangan IPTEK, yang memungkinkan kebebasan ilmuan dalam pengembangannya, serta keterbukaan terhadap kritik dan perbandingan dengan penemuan lainnya.

5.       Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Menekankan pentingnya menjaga keseimbangan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan kemanusiaan, termasuk hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, masyarakat, bangsa, dan alam lingkungan.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari video tersebut adalah:

IPTEK adalah hasil karya manusia yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, dengan potensi dampak positif dan negatif. Pancasila, sebagai pedoman hidup bagi rakyat Indonesia, memainkan peran penting dalam pengembangan IPTEK. Serta membentuk dasar etika dalam pengembangan IPTEK. Keseluruhan, Pancasila memandu pengembangan IPTEK untuk menjaga keseimbangan antara akal, moralitas, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan dalam rangka mendukung kesejahteraan manusia dan lingkungan

 


In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Juan Julius Jehezkiel Hutabarat Juan -

Nama : Juan Julius Jehezkiel Hutabarat 

NPM : 2315031132


Hasil Analisis Jurnal

Jurnal ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan menguji dampak mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis verifikasi deskriptif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki sikap positif terhadap perkembangan Iptek, menandakan pengaruh signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap Iptek. Koefisien determinasi menyatakan bahwa 28,2% variasi sikap terhadap Iptek dapat dijelaskan oleh mata kuliah tersebut.


Penelitian juga menemukan bahwa perkembangan Iptek dipengaruhi positif oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila, dengan 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.


Berdasarkan temuan, peneliti merekomendasikan agar mahasiswa mempertahankan identitas nasional dan selektif dalam mengadopsi pengaruh budaya baru. Pemerintah disarankan meningkatkan penyaringan informasi untuk melawan radikalisme.


Jurnal ini memberikan wawasan tentang pentingnya mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek, berkontribusi dalam bidang pendidikan, dan memberikan rekomendasi bagi perguruan tinggi dan pemerintah untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan Iptek di Indonesia.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ferdinand Nito Hutahaean -
Nama: Ferdinand Nito H
NPM: 2315031107
Kelas: TE B

Hasil Analisis Jurnal
1. Teks membahas dampak mata kuliah "Pengembangan Kepribadian Pancasila" terhadap sikap dan pandangan mahasiswa terkait globalisasi dan kemajuan teknologi.

2. Globalisasi, khususnya melalui kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, menjadi fokus utama, dengan penekanan pada pengaruhnya terhadap ideologi, politik, ekonomi, dan budaya.

3. Keprihatinan penulis terhadap potensi dampak teknologi terhadap nilai-nilai tradisional, terutama nilai-nilai Pancasila, dalam masyarakat Indonesia.

4. Penekanan pada perlunya memastikan bahwa perkembangan teknologi sejalan dengan nilai-nilai inti Pancasila sebagai dasar filosofis negara.

5. Pengenalan mata kuliah "Pengembangan Kepribadian Pancasila" sebagai upaya mengatasi keprihatinan tersebut.

6. Tujuan mata kuliah mencakup penguatan Pancasila sebagai dasar filosofis bangsa, pemahaman mendalam mahasiswa terhadap nilai-nilai tersebut, dan persiapan untuk menganalisis dan menyelesaikan isu-isu masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila.

7. Metodologi penelitian melibatkan analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-verifikatif, fokus pada mahasiswa program matematika, dan pengumpulan data melalui kuesioner.

8. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan positif mahasiswa terhadap pentingnya mata kuliah ini dalam mengembangkan nilai-nilai Pancasila, dengan penekanan pada disiplin, kejujuran, saling menghormati, dan pemahaman mendalam terhadap pendidikan Pancasila.

9. Kesimpulan teks menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dengan pelestarian nilai-nilai budaya dan ideologis, terutama dalam kerangka Pancasila di Indonesia.

10. Mata kuliah tersebut diakui memainkan peran dalam membentuk sikap dan pandangan mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muhammad Dhowi Akbar 2315031099 -
Nama : Muhammad Dhowi Akbar
NPM : 2315031099

hasil analisis jurnal 

Judul Jurnal : The Effect of Pancasila Personality Development Subject in Responding Science and Technology

Globalisasi melibatkan interaksi antar bangsa dalam dimensi ruang dan waktu. Perkembangan teknologi, terutama internet, memainkan peran kunci dalam penyebaran informasi secara luas. Di Indonesia, dampaknya terlihat dalam perubahan pendidikan dari tradisional ke modern, terutama dengan akses mudah ke sumber daya online.

Namun, kemajuan teknologi juga menghadirkan tantangan. Pengaruh teknologi informasi dapat mempengaruhi nilai-nilai dalam Pancasila. Masyarakat, terutama mahasiswa, berada di garis depan perubahan ini. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi menjadi krusial untuk memelihara nilai-nilai tersebut. Pemulihan kesadaran kolektif tentang vitalitas Pancasila diperlukan, terutama di era informasi yang memudahkan masuknya pengaruh dari luar yang mungkin bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Mata kuliah Pendidikan Pancasila memainkan peran penting dalam memberikan pedoman kepada mahasiswa untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila. Dalam pelaksanaannya, mata kuliah ini didasarkan pada dasar filosofis, sosiologis, dan yuridis. Pancasila, sebagai norma dasar negara, perlu dilestarikan melalui pendidikan formal untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa.