Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Number of replies: 37
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Yogi Adi Pratama Unila གིས-
Nama : Yogi Adi Pratama
Npm : 2315011066

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut rememiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.sponden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Muhammad Atha Rakha Rifdana AthaRakha གིས-
Nama : Muhammad Atha Rakha Rifdana
NPM : 2315011060

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi
IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan
sampel dalam penelitian
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek
yang mengalami perkembangan yang
signifikan.Perkembangan yang terjadi
tentunya membawa suatu kemajuan bagi
segala aspek yang mendapat dampak
adanya globalisasi. Sebagai proses,
globalisasi berlangsung melalui dua
dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu
dimensi ruang dan waktu. Ruang makin
dipersempit dan waktu makin dipersingkat
dalam interaksi dan komunikasi pada skala
Globalisasi mendorong munculnya
berbagai kemungkinan tentang perubahan
dunia yang akan berlangsung. Pengaruh
globalisasi dapat menghilangkan berbagai
halangan dan rintangan yang menjadikan
dunia semakin terbuka dan saling
bergantung satu sama lain. Globalisasi akan
membawa perspektif baru tentang konsep
“Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini
diterima sebagai realita masa depan yang
akan mempengaruhi perkembangan
budaya.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-maslah pembangunan bangsa dan
Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar
Pancasila sebagai ideology dan dasar
Negara Republik Indonesia. Dalam
pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar,
Menurut Oxford Advanced Menurut
Oxford Advanced Learner Dictionary
mencantumkan bahwa sikap (attitude)
berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu
“Manner of placing or holding the body,
dan way of feeling, thinking or behaving”.
Campbel (1950) dalam buku Notoadmodjo
(2003, p.29) mengemukakan bahwa sikap
adalah “A syndrome of response
consistency with regard to social objects”.
Artinya sikap adalah sekumpulan respon
yang konsisten terhadap obyek sosial.
Dalam buku Notoatmodjo (2003, p.124)
mengemukakan bahwa sikap (attitude)
adalah merupakan reaksi atau respon yang
masih tertutup dari seseorang terhadap
stimulus atau obyek.
Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan analisis
deskriptif verifikatif.
Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan di
Univeristas Pancasakti Tegal khususnya
program studi matematika semester II.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester
genap tahun akademik 2016/2017.
Target/Subjek Penelitian
Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 103 orang.
Tehnik
pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah proporsional cluster random
sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil
70% sehingga jumlah mahasiswa yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini
berjumlah 40 orang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Evrillia Putri Nirmala གིས-
Nama : Evrillia Putri Nirmala
NPM : 2315011102

Izinkan saya menyampaikan hasil analisis saya dari jurnal yang diberika berjudul
‘Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi’

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia.
Jurnal ini membahas tentang dasar dalam pelaksanaan pancasila di perguruan tinggi,yaitu :
1. Dasar filosofis (sejarah)
2. Dasar Sosiologis (sosial)
3. Dasar Yuridis (ketentuan/norma)

Jurnal ini membahas tentang tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yaitu :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila
3. membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jurnal ini membahas ciri-ciri sikap, tingkatan sikap dan fungsi sikap.
Jurnal ini menjabarkan data hasil penelitian pengembangan pancasila dengan kesimpulan secara umum responden dalam penelitian mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

MUHAMMAD FARID SAPUTRA Unila གིས-
NAMA : Muhammad Farid Saputra
NPM : 2315011077

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
(1) Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamasikan pasca Perang Dunia kedua, dunia dicekam oleh pertentangan ideologi kapitalisme dengan ideologi komunisme. Kapitalisme berakar pada faham individualisme yang menjunjung tinggi kebebasan dan hak-hak individu; sementara komunisme berakar pada faham sosialisme atau kolektivisme yang lebih mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan individual. Kedua aliran ideologi ini melahirkan sistem kenegaraan yang berbeda. Pertentangan ideologi ini telah menimbulkan ‘perang dingin’ yang dampaknya terasa di seluruh dunia. Namun para pendiri negara Republik Indonesia mampu melepaskan diri dari tarikan-tarikan dua kutub ideologi dunia tersebut, dengan merumuskan pandangan dasar (philosophische grondslag) pada sebuah konsep filosofis yang bernama Pancasila,
(2) Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisibudaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu. Data sejarah menunjukan bahwa setiap kali ada upaya perpecahan atau pemberontakan oleh beberapa kelompok masyarakat, maka nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan sebagai solusi untuk menyatukan kembali. Bangsa Indonesia yang plural secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilainilai Pancasila perlu dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat disemaikan dan dikembangkan secara terencana dan terpadu,
(3) Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Azka Muhammad Bayzoni གིས-
Nama : Azka Muhammad Bayzoni
NPM : 2315011087

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu Filosofi, Sosiologis, dan Yuridis

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila.
3. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa.
4. Penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

secara garis besar sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten).
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Yogi Adi Pratama Unila གིས-
Nama : Renaldy Afriza maulana
Npm : 2315011070

*PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PANCASILA DALAM MENYIKAPI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI*

Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikut adalah beberapa analisis mengenai topik ini:

1. Pemahaman nilai-nilai Pancasila: Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Nilai-nilai seperti keadilan sosial, persatuan, dan gotong royong dapat membentuk sikap dan pandangan yang positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan lebih cenderung menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bersama dan kesejahteraan masyarakat.

2. Etika dalam penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi: Mata kuliah ini juga membahas tentang etika dalam penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan diajarkan untuk menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bertanggung jawab, menghormati hak asasi manusia, dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Hal ini penting dalam menghindari penyalahgunaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat merugikan masyarakat.

3. Pemahaman konteks sosial dan budaya: Mata kuliah ini juga mengajarkan mahasiswa untuk memahami konteks sosial dan budaya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan belajar bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan nilai-nilai masyarakat Indonesia. Hal ini penting agar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mengabaikan kearifan lokal dan kepentingan masyarakat.

4. Pengembangan kepribadian yang holistik: Mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa secara holistik. Mahasiswa akan diajarkan untuk memiliki sikap kritis, mandiri, dan bertanggung jawab dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka juga akan diajarkan untuk memiliki integritas dan moralitas yang tinggi dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan demikian, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang positif dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai Pancasila, etika penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi, konteks sosial dan budaya, serta pengembangan kepribadian yang holistik. Hal ini akan membantu mereka menjadi profesional yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Alya Wafiq Fadhilah གིས-

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Nama    : Alya Wafiq Fadhilah
NPM      : 2315011058

Izinkan saya menyampaikan analisis dari Jurnal yang Bapak berikan.

Berikut adalah analisis singkat dari jurnal "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi". Mata kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan dengan sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

Jurnal ini juga membahas dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi terhadap pendidikan dan nilai-nilai Pancasila, serta menjelaskan dasar filosofis, sosiologis, dan yuridis dari mata kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi

Sekian analisis Jurnal yang bisa saya sampaikan.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Olanicola Saputra གིས-
Nama : Olanicola saputra
Npm : 2315011091

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas nya menggunakan pearson product moment. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian
Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Rahmania Shalshabila གིས-
NAMA : RAHMANIA SHALSHABILA HAPSARI
NPM : 2315011097

Globalisasi membawa potensi transformasi dunia dengan mengatasi hambatan dan memperkuat ketergantungan antar negara. Konsep "Dunia Tanpa Batas" muncul sebagai realitas masa depan yang akan memengaruhi perkembangan budaya.

Pancasila, sebagai nilai-nilai luhur warisan pendiri bangsa, dianggap tak tergantikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup masyarakat Indonesia. Kesadaran kolektif tentang urgensi Pancasila, terutama di kalangan mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila, menjadi penting.

Generasi muda, khususnya mahasiswa, perlu menjaga identitas bangsa di era perkembangan Iptek, menghindari pengaruh negatif budaya baru, dan tetap setia pada Pancasila. Penguatan kesadaran Pancasila pada generasi muda dapat dilakukan melalui pendekatan pendidikan yang tidak bersifat indoktrinasi oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

2315011094 2315011094 གིས-
Nama : Mutua salwa
Npm : 2315011094

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di era globalisasi.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu Filosofi, Sosiologis, dan Yuridis

Jurnal ini membahas tentang tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yaitu :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila
3. membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
1. Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamasikan pasca Perang Dunia kedua, dunia dicekam oleh pertentangan ideologi kapitalisme dengan ideologi komunisme.
2. Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisibudaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu.
3. Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Erlingga Hafiz གིས-
Nama : Erlingga Hafiz
NPM : 2315011084

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu Filosofi, Sosiologis, dan Yuridis

Generasi muda, khususnya mahasiswa, perlu menjaga identitas bangsa di era perkembangan Iptek, menghindari pengaruh negatif budaya baru, dan tetap setia pada Pancasila. Penguatan kesadaran Pancasila pada generasi muda dapat dilakukan melalui pendekatan pendidikan yang tidak bersifat indoktrinasi oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Arnando Lion Valentino Unila གིས-
Nama : Arnando Lion Valentino
NPM : 2315011079

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Pancasila, sebagai nilai-nilai luhur warisan pendiri bangsa, dianggap tak tergantikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup masyarakat Indonesia. Kesadaran kolektif tentang urgensi Pancasila, terutama di kalangan mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila, menjadi penting.
Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa.2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila.3. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa.4. Penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Wisnu Pradana གིས-
Nama: Wisnu Pradana
NPM:2315011089

PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PANCASILA DALAM MENYIKAPI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80.memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi
yang tinggi akan adanya perbedaan ras
dan agama dan perlu memiliki
pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan Pancasila. Untuk itu
Pendidikan Pancasila penting dalam
kehidupan bermasyarakat dan harus
ditetapkan sejak dini.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu Filosofi, Sosiologis, dan Yuridis
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Aditya Gilang Mahardika གིས-
Nama : Aditya Gilang Mahardika
Npm : 2315011083


Perkembangan yang terjadi
tentunya membawa suatu kemajuan bagi
segala aspek yang mendapat dampak
adanya globalisasi. Sebagai proses,
globalisasi berlangsung melalui dua
dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu
dimensi ruang dan waktu. Ruang makin
dipersempit dan waktu makin dipersingkat
dalam interaksi dan komunikasi pada skala
Globalisasi mendorong munculnya
berbagai kemungkinan tentang perubahan
dunia yang akan berlangsung.
Jurnal ini membahas tentang tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yaitu :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila
3. membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Erlingga Hafiz གིས-
Nama : Erlingga Hafiz
NPM : 2315011084

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi
IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan
sampel dalam penelitian.

Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian
Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.
In reply to Erlingga Hafiz

Re: Forum Analisis Jurnal

ATHFAL IBBNU ABDILLAH གིས-
NAMA : ATHFAL IBBNU ABDILLAH
NPM : 2315011082

Hasil analisis dari jurnal yang berjudul "The Effect of Pancasila Personality Development Subject in Responding Science and Technology".
Globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Farid Wicaksono Setiawan གིས-
Nama : Farid Wicaksono Setiawan
NPM. : 2315011095

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila.
3. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa.
4. Penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan
berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan
perkembangan Negara.
Perlu mengaktualisaikan Pancasila
khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Wahyu Kurniawan གིས-
Nama : Wahyu Kurniawan
NPM : 2315011086

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Data sejarahmenunjukan bahwa setiap kali ada upaya perpecahan atau pemberontakan oleh beberapa kelompok masyarakat, maka nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan sebagai solusi untuk menyatukan kembali.
Menurut Oxford Advanced menurut Oxford Advanced Learner Dictionary mencantumkan bahwa sikap (attitude berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu “Manner of placing or holding the body, dan way of feeling, thinking or behaving”.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Nilam Pratiwi Putri གིས-
Nilam Pratiwi Putri
2315011090

Jurnal ini berisi tentang Hasil penelitian yang membuktikan bahwa responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila.


Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara

Generasi muda, khususnya mahasiswa, perlu menjaga identitas bangsa di era perkembangan Iptek, menghindari pengaruh negatif budaya baru, dan tetap setia pada Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

ILSYAR ASRIMANSYAH གིས-
NAMA:ILSYAR ASRIMANSYAH HARAHAP
NPM:2315011104
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia.Perkembangan IPTEK yang sangat pesat saat ini tentunya harus sejalan dengan nilai-nilai Pancasila Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu Filosofi, Sosiologis, dan Yuridis

Jurnal ini membahas tentang tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yaitu :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila
3. membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
1. Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamasikan pasca Perang Dunia kedua, dunia dicekam oleh pertentangan ideologi kapitalisme dengan ideologi komunisme.
2. Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisibudaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu.
3. Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Muhammad zaky ash-shiddiq གིས-
NAMA : M.Zaky Ash-Shiddiq
NPM : 2315011101

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia.Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

HIZKIA CHRISTOFEL གིས-
Nama : Hizkia Christofel
Npm : 2315011054
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut rememiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.sponden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Rafi Subing གིས-
Nama : Rafi Avicenna S
NPM : 2315011053
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional cluster random sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80.
Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Stefanus Nicolas Manik གིས-
Nama : Stefanus Nicolas Manik
NPM : 2315011064

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu dasar filosofis, dasar sosiologis, dan dasar yuridis.

Menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003, p.34), sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajarisepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan obyeknya, Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu. Sikap tidak berdiri sendiri, tetapi senantiasa mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu obyek. Dengan kata lain sikap itu terbentuk, dipelajari, atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu obyek tertentu yang dapat dirumuskan dengan jelas.

Ilmu dan pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun tidak selamanya bahwa pengetahuan itu sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan. Ilmu sebagai pengetahuan (knowledge) adalah pengertian ilmu pada umumnya. Ilmu dikatakan sebagai aktivitas (activity) adalah serangkaian aktivitas atau kegiatan yang dilaksanakan manusia sebagaimana dikatakan oleh Charles Singer, ilmu adalah proses yang membuat pengetahuan.

Hasil penelitian yang dilakukan dalam jurnal ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Dari jumlah 40 mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian, dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agamadanperlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Selain itu, hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Jonathan Artha Putra Hermawan Unila གིས-
nama : Jonathan Artha Putra Hermawan
npm : 2315011073

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Di era globalisasi, banyak aspek mengalami perkembangan signifikan. Perkembangan tersebut membawa kemajuan pada berbagai aspek yang terpengaruh oleh globalisasi. Globalisasi terjadi melalui dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan waktu, yang mempersempit ruang dan mempersingkat waktu dalam interaksi dan komunikasi skala global. Proses globalisasi mencakup berbagai bidang kehidupan, seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan lainnya. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi faktor pendukung utama dalam globalisasi, dengan perkembangan teknologi yang cepat sehingga informasi dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Globalisasi membuka kemungkinan perubahan dunia dan menghilangkan hambatan serta rintangan, menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung. Konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas" menjadi perspektif baru yang berpengaruh pada perkembangan budaya.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila memberikan pedoman bagi setiap individu untuk memahami, menganalisis, dan menyelesaikan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dengan mempertimbangkan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi didasarkan pada tiga dasar, yaitu:
1. Dasar Filosofis: Merujuk pada waktu pasca Perang Dunia II, ketika dunia dipenuhi pertentangan ideologi antara kapitalisme dan komunisme. Indonesia, melalui para pendiri negara, berhasil merumuskan konsep filosofis bernama Pancasila sebagai dasar negara yang mampu melepaskan diri dari pengaruh dua kutub ideologi dunia tersebut.
2. Dasar Sosiologis: Indonesia yang kaya akan kebhinekaan masyarakat, dengan perbedaan agama, ras, etnik, bahasa, dan tradisi budaya, menjadikan Pancasila sebagai ideologi pemersatu yang dapat menyatukan kembali masyarakat dalam menghadapi upaya perpecahan atau pemberontakan.
3. Dasar Yuridis: Pancasila dianggap sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku, tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Zaky Adrian གིས-
Nama : Zaky Adrian
NPM : 2315011068

Jurnal ini berjudul Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknolog yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional cluster random sampling, di mana jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel berjumlah 40 orang. Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara. Jurnal ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta relevansinya dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat memengaruhi sikap dan respons mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Prameswari Buana Sabrina གིས-
Nama : Prameswari Buana Sabrina
Npm : 2315011098

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Inas Fauziah གིས-
Nama: Inas Fauziah
Npm: 2315011085

Perkembangan zaman tentu membawa perubahan disegala bidang kehidupan terutama dalam bidang perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu: (1) Fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian atau fungsi manfaat, Fungsi ini berkaitan dengan sarana dan tujuan. Orang memandang sejauh mana obyek sikap dapat digunakan sebagai sarana atau alat dalam rangka mencapai tujuan. Bila obyek sikap dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuannya, maka orang akan bersifat positif terhadap obyek tersebut. Demikian sebaliknya bila obyek sikap menghambat pencapaian tujuan, maka orang akan bersikap negatif terhadap obyek sikap yang bersangkutan, (2) Fungsi pertahanan ego, Ini merupakan sikap yang diambil oleh seseorang demi untuk mempertahankan ego atau akunya. Sikap ini diambil oleh seseorang pada waktu orang yang bersangkutan terancam keadaan dirinya atau egonya, (3) Fungsi ekspresi nilai, Sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya. Dengan mengekspresikan diri seseorang akan mendapatkan kepuasan dapat menunjukkan kepada dirinya. Dengan individu mengambil sikap tertentu akan menggambarkan keadaan sistem nilai yang ada pada individu yang bersangkutan, (4) Fungsi pengetahuan Individu mempunyai dorongan untuk ingin mengerti dengan pengalaman-pengalamannya. Ini berarti bila seseorang mempunyai sikap tertentu terhadap suatu obyek, menunjukkan tentang pengetahuan orang terhadap obyek sikap yang bersangkutan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Manda Amelia Putri གིས-
Nama : Manda Amelia Putri
NPM: 2315011056

Kemajuan teknologi ini menyebabkan
perubahan yang begitu besar pada
kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya. Perubahan
ini juga memberikan dampak yang begitu
besar tehadap dunia pendidikan.
Khususnya masyarakatdengan budaya dan
adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini,
di Indonesia dapat kita saksikan begitu
besar pengaruh kemajuan teknologi bahan terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada
di masyarakat, baik masyarakat perkotaan
maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon
dan telepon genggam (HP), bahkan internet
bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh
masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi yang bernilai
positif maupun negatif, dapat dengan
mudah di akses oleh masyarakat. Dan di
akui atau tidak, perlahan-lahan mulai
mengubah pola hidup dan pola pemikiran
masyarakat khususnya dalam aspek
pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi
yang dianut Indonesia yakni pancasila.
Maka akar permasalahan yang dihadapi
adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila
yang selama ini menjadi pedoman hidup.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Sheila Tri Okvani 2315011055 གིས-
Nama:Sheila Tri Okvani
Npm:2315011055

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK.Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional cluster random sampling, di mana jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel berjumlah 40 orang. Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek,dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.Di dalam jurnal ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap mahasiswa, serta relevansinya dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat memengaruhi sikap dan respons mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini dan masa yang akan datang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Nabila Nidiya Putri གིས-
nama nabila nidiya putri
npm : 2315011062

jadi oenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap terhadap IPTEK. Dengan populasi sebanyak 103 orang, penelitian menggunakan teknik proporsional cluster random sampling, dengan mengambil 70% dari setiap kelas, sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel adalah 40 orang. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan metode deskriptif dan regresi, setelah sebelumnya menguji validitas dan reliabilitas menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang positif. Mahasiswa sebagai generasi muda diharapkan mempertahankan karakter bangsa dalam menghadapi perkembangan IPTEK, dan memegang teguh Pancasila sebagai landasan negara agar perkembangan IPTEK dapat berkontribusi pada pembangunan negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Amelia Tyas Pratiwi གིས-
Nama : Amelia Tyas Pratiwi
Npm : 2315011057

Jurnal berjudul “Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila” karya Hartati, Ponoharjo, dan Khamim. Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia.

Jurnal ini juga menyajikan data deskriptif statistik dari survei yang dilakukan di kalangan pelajar yang menunjukkan tanggapan mereka terhadap pernyataan terkait sikap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dan pentingnya pendidikan Pancasila. Hasil survei menunjukkan bahwa responden secara umum mempunyai sikap positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pentingnya pendidikan Pancasila.
Jurnal ini membahas makna sejarah dan hukum Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia, serta menekankan perannya dalam mempersatukan masyarakat Indonesia yang beragam. Diuraikan tujuan pengajaran Pancasila di tingkat universitas, bertujuan untuk memantapkan Pancasila sebagai dasar filosofis negara dan mempersiapkan mahasiswa untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan masyarakat dan nasional berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Secara keseluruhan, jurnal memberikan wawasan tentang pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk nilai dan cara pandang mahasiswa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Rifa Mutiara Ashara གིས-
NAMA : RIFA MUTIARA ASHARA
NPM : 2315011061

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi
IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan
sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek,dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.

Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi didasarkan pada tiga dasar, yaitu:
1. Dasar Filosofis: Merujuk pada waktu pasca Perang Dunia II, ketika dunia dipenuhi pertentangan ideologi antara kapitalisme dan komunisme. Indonesia, melalui para pendiri negara, berhasil merumuskan konsep filosofis bernama Pancasila sebagai dasar negara yang mampu melepaskan diri dari pengaruh dua kutub ideologi dunia tersebut.
2. Dasar Sosiologis: Indonesia yang kaya akan kebhinekaan masyarakat, dengan perbedaan agama, ras, etnik, bahasa, dan tradisi budaya, menjadikan Pancasila sebagai ideologi pemersatu yang dapat menyatukan kembali masyarakat dalam menghadapi upaya perpecahan atau pemberontakan.
3. Dasar Yuridis: Pancasila dianggap sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku, tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Aliza Nurfadila གིས-
ALIZA NURFADILA
2315011063.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek,dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi didasarkan pada tiga dasar, yaitu:
Dasar Filosofis:
ketika dunia dipenuhi pertentangan ideologi antara kapitalisme dan komunisme. Indonesia, melalui para pendiri negara, berhasil merumuskan konsep filosofis bernama Pancasila sebagai dasar negara yang mampu melepaskan diri dari pengaruh dua kutub ideologi dunia tersebut.
Dasar Sosiologis
Indonesia yang kaya akan kebhinekaan masyarakat, dengan perbedaan agama, ras, etnik, bahasa, dan tradisi budaya, menjadikan Pancasila sebagai ideologi pemersatu yang dapat menyatukan kembali masyarakat dalam menghadapi upaya perpecahan atau pemberontakan.
Dasar Yuridis
pancasila dianggap sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku, tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

Viora Bilfina གིས-
NAMA : VIORA BILFINA
NPM : 2315011059

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70%. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek,dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi didasarkan pada tiga dasar, yaitu:
1. Dasar Filosofis
Pancasila sebagai dasar negara yang mampu melepaskan diri dari pengaruh dua kutub ideologi dunia tersebut.
2. Dasar Sosiologis
Pancasila sebagai ideologi pemersatu yang dapat menyatukan kembali masyarakat dalam menghadapi upaya perpecahan atau pemberontakan.
3. Dasar Yuridis
Pancasila dianggap sebagai norma dasar negara berlaku dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

2315011088 2315011088 གིས-
Nama : Joen Siburian
NPM : 2315011088

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden memiliki penguatan nilai-nilai Pancasila yang kuat, tercermin dari hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Para mahasiswa menekankan pentingnya sikap jujur, toleransi terhadap perbedaan, dan pemahaman mendalam terhadap Pendidikan Pancasila. Mereka juga menunjukkan sikap yang positif dalam menyikapi kemajuan Iptek dengan skor kuisioner di atas 80, menekankan penggunaan teknologi secara bertanggung jawab dan pembatasan terhadap konten negatif di media sosial. Hasil analisis regresi menunjukkan signifikansi bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang berarti terhadap cara mahasiswa menyikapi kemajuan Iptek, menjelaskan sekitar 28,2% variabilitas, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar lingkup penelitian.