Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
Npm : 2213053002
Analisis video 2
judul : Degradasi Moral Pelajar Jaman modern
sebuah tragedi tragis kembali muncul dari dunia pendidikan di indonesia.seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya seorang gurunya sendiri hingga tewas ,dengan korban bernama ahmad budi cahyono guru honorer SMA N 1 torjun sampang jawa timur, budi juga meninggal kan seorang istri yang bernama sianingsih yang tengah mengandung 5 bulan.
tidak hanya itu belum reda kasus siswa menghabisi nyawa guru, muncul video seorang murid yang sepertinya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama mengajak duel kepala sekolahnya. tidak jelas kalimat yang dikatakan namun siswa mengatakan siap berulang kali, sikap dan bahasa tubuh yang terlihat arogan menunjukan murid tidak takut sama sekali pada para guru bahkan kepala sekolahnya.
lantas dimanakah moral anak bangsa? dan calon penerus masa depan kita
•menurut Retno Listyarti selaku kovesioner KPAI bidang pendidikan .
kekerasan cukup tinggi yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya. sejak tahun 2014 meningkat tetapi pada tahun 2017 menurun tetapi meskipun terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka itu kemudian berkurang atau kejadiannya berkurang namun tidak.
namun terkait dengan kasus ini sebenarnya anak tidak berdiri sendiri artinya pasti ada sebab dan penyebabnya
1. memang mungkin dari pola pengasuhan bagaimana anak ini di rumah yang artinya sikap dan prilaku ketika di sekolah tidak terbentuk secara tiba tiba pasti ada sebuah proses panjang dalam hidupnya.
2. bagaimana cara guru di kelas melakukan pengolaan pada kelas jadi menghadapi anak anak tertentu seperti ini memang pasti ada di banyak sekolah , walaupun tidak banyak jumlah anak di sekolah tetapi di setiap sekolah pasti ada anak yang seperti ini.
dan untuk kejadian di pukul hingga tewas ini menjadi yang pertama di indonesia
• menurut Dr Itje chodidjah,MA (praktisi pendidikan )
untuk sosok menjadi seorang guru ini kelengkapan yang utaman adalah kelengkapan dalam dirinya sebagai sosok pribadi. karena sebenarnya sudah di atur dalam UUD yang mana seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu
1. kompetensi kepribadian
2. kompetensi sosial
3. kompetensi profesional
4. kompetensi pedagogi
yang sementara ini baik dalam pembekalan sebelum jadi guru apalagi dalam pelatihan setelah menjadi guru.
apa yang melatar belakangi seorang anak yang belum memiliki nolec tetapi tiba" melakukan suatu tindakan kekerasan.
• menurut Vero Adesla (psikolog)
masih mudah kemudian anak bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi sebenarnya yaitu kemampuan untuk menalar dan berfikir apakah aksi itu berlanjut pada konsekuensi tertentu , tapi pada kasus kalo anak itu tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah ,ketika dia benci itu muncul rangsangan yang mendorong dia untuk bereaksi seketika, itu kita seperti reaktif ketika seperti itu dia tidak tau konsekuensinya apa dia sudah tidak mikir. kemampuan emosi ini lah yang seharusnya di latih pada anak anak agar hal serupa tidak terjadi.
Npm:2213053100
Analisis video 2
judul : Degradasi Moral Pelajar Jaman modern
Tragedi mengenaskan kembali muncul dari dunia pendidikan di indonesia.seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya seorang gurunya sendiri hingga membunuh.korban bernama ahmad budi cahyono guru honorer SMA N 1 torjun sampang jawa timur.Lingkungan sekolah dianggap berperan penting dalam pembentukan moral siswa. Sekolah merupakan lingkungan pendidikan sekunder, yang secara secara sistematis melaksanakan bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa supaya mampu mengembangkan potensinya, baik berkenaan dengan aspek moral, spiritual, intlektual, emosional, maupun sosial. Maka dari itu peran sekolah terbilang cukup besar ditambah lagi hampir sepertiga waktu siswa dihabiskan di sekolah. Kebanyakan orang tua juga menganggap dunia pendidikan sudah cukup memberikan muatan-muatan moral pada anak-anaknya. Namun kondisi dunia Pendidikan saat ini dirasa belum mampu sepenuhnya untuk membentuk moral siswanya. Kebanyakan para pendidik dalam mengajar hanya gugur kewajiban saja dalam mengajar. Para siswa lebih ditonjolkan dalam hal intlektual saja dan mngesampingkan pendidikan moral. Contoh kasus yang sering terjadi adalah Ketika ujian nasional (UN) mata pelajaran yang diujikan hanya mata pelajaran umum saja, mata pelajaran yang menyangkut aspek moral/akhlak diabaikan. Sehingga para siswa beranggapan bahwa intlektualitas/kepintaran siswa jauh lebih penting dibandingkan moral siswa tersebut. Hal tersebutnya harusnya dikaji ulang oleh para pemangku kebijakan.
Degradasi moral pada remaja Indonesia dapat diperbaiki apabila kedua lini tersebut berhasil mencapai tujuan dengan baik dan penuh kesadaran dalam hal mendidik remaja saat ini. Alangkah lebih baik juga apabila kedua lini tersebut dapat berkolaborasi, bekerja sama, dan saling mendukung demi terciptanya generasi yang bermoral/berakhlaq mulia
NPM: 2213053233
ANALISIS VIDEO 2
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern
1. Menurut KPAI
sikap anak harus dilihat dari pengasuhan anak di rumah dan juga bagaimana pengelolaan kelas di sekolah. menurut data, kasus kekerasan yang dilakukan anak atau terhadap anak meningkat.
2. Sisi Pengamat Pendidikan
seorang guru memiliki komponen utama: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. calon guru mendapatkan berbagai pembekalan sebelum menjadi guru, tetapi untuk saat ini fokus utama pembekalannya hanya berfokus pada knowledge, bidang karakter kurang. guru harus memiliki keterampilan sosial yang baik. maka dari itu, diperlukan penguatan kepribadian.
3. Sisi Psikologis
ketika anak tidak mampu mengelola emosi, maka anak akan bersikap impulsif, dia tidak berpikir akibat dari perbuatan. Anak perlu sekali untuk diajarkan mengelola emosi. Anak sekarang juga memiliki tekanan yang semakin besar, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mengelola. Untuk itu anak perlu dibekali cara mengelola emosi dan stress.
NPM : 2213053129
Kelas : 3H
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern-Opini
1. Menurut KPAI
Moral peserta didik dilihat dari pola pengasuhan di dalam rumah atau keluarga. Selain itu pengelolaan guru di dalam kelas sangat diperlukan untuk peserta didik.
2. Sisi Pengamat Pendidikan
Seorang guru harus memiliki 4 standar utama, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik.
Pembekalan untuk guru yang penting terutama dalam psikologisnya, ketika menjadi guru sudah siap untuk menghadapi peserta didiknya. Selain itu hal yang paling penting adalah Kepribadian dan sosial guru untuk menangani ragam sikap perilaku peserta didik di dalam kelas.
3. Sisi Psikologis
Latar belakang anak melakukan kekrasan karena emosi yang tidak terkontrol dan melakukan tindakan tanpa berpikir, seseorang anak tentu memiliki tingkatan kognifiti/ cara berpikir dan bernalar, ketika Terjadi suatu hal dalam dirinya kemampuan emosi peserta didik tidak terkontrol maka peserta didik sudah tidak memikirkan apapun. Anak zaman sekarang juga memiliki tekanan yang semakin besar, tetapi tidak memiliki kemampuan dalam mengelola hal tersebut. Maka, perlu adanya pengajaran pengelolaan emosi pada anak.
NPM : 2213053107
Kelas : 3H
ANALISIS VIDEO 2 "Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern"
Sebuah tragedi tragis kembali muncul dari dunia pendidikan di Indonesia. Seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya gurunya sendiri hingga tewas , korban bernama Ahmad Budi Cahyono guru honorer SMA N 1 torjun sampang jawa timur, Budi meninggal kan seorang istri yang bernama Sianingsih yang tengah mengandung 5 bulan. Selain itu muncul video seorang murid yang masih duduk di bangku SMP mengajak duel kepala sekolahnya.
Lantas dimanakah moral anak bangsa? calon penerus masa depan kita?
1. Menurut KPAI (Retno Listyarti selaku kovesioner bidang pendidikan)
Kekerasan cukup tinggi yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya. Sejak tahun 2014 meningkat tetapi pada tahun 2017 menurun tetapi meskipun terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka atau kejadian berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini pasti ada sebab dan penyebabnya seperti Pola pengasuhan dirumah dan bagaimana guru dikelas dalam pengelolaan kelas di sekolah
2. Menurut Sisi Pengamat Pendidikan (Itje Chodidjah selaku Praktisi pendidikan)
Untuk sosok menjadi seorang guru kelengkapan yang utamanya adalah kelengkapan dalam dirinya sebagai sosok pribadi. Hal tersebut telah di atur dalam UUD yang mana seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu Kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Calon guru mendapatkan berbagai pembekalan sebelum menjadi guru.
3. Menurut Sisi Psikologi
Anak masih muda bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi (kemampuan untuk menalar dan berfikir) apakah aksi nya ada konsekuensi tertentu. Pada kasus anak tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah, ketika dia benci maka akan muncul impuls yang mendorong dia untuk bereaksi seketika. Kemampuan untuk mengelola emosi dan stress harus di latih kepada anak anak.
NPM : 2213053091
Kelas : 3H
ANALISIS VIDEO
Degradasi Moral Pelajaran Jaman Modern
1) Menurut KPAI
Dari data KPAI kekerasan memang sangat tinggi semenjak 2014 terjadi penaikan kasus yang sangat tinggi baik yang dilakukan oleh anak atau anak menjadi korban
Berkaitan dengan kasus kekerasan ini sebenernya anak tidak akan berdiri sendiri tentu ada sebab dan penyebab, salah satu yang paling utama adalah kita harus melihat pola pengasuhan bagaimana anak dirumah.
2) Menurut Praktisi Pendidikan
Untuk menjadi sosok seorang guru tentu saja harus memiliki kelengkapan, hal ini sudah diatur dalam UUD bahwa seorang guru harus memiliki empat standar kompetensi utama, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi professional, kompetensi pedagogi
3) Menurut sisi psikologi
Anak akan tumbuh ada tingkat level kognisi. Kognisi adalah kemampuan untuk menalar dan berfikir apakah aksi itu akan berlanjut pada konsekuensi tertentu. Tetapi, pada kasus kalau anak itu tidak mampu mengelola emosi, Ketika dia marah akan muncul rangsangan yang mendorong dia untuk bereaksi seketika.
Kelas : 3H
NPM : 2213053209
ANALISIS VIDEO 2
Tragedi tragis yang ada didunia Pendidikan
Seorang peserta didik menganiyaya seorang pendidik hingga tewas, korban Bernama ahmad budi cahyo guru honorer smk n 1 jawa timur, selain itu dilain sisi terdapat tragedi juga yaitu Seorang peserta didik mengajak duel seorang kepala sekolah tidak diketahui untuk motif yang ada didalamnya.
Menurut kovesioner KPAI bidang pendidikan
Melihat dari kasus ini pasti ada sebab dan akibatnya kemungkinan yang pertama yaitu dari pola pengasuhan anak didalam rumah, dan kemungkinan kedua yaitu dari sekolah bagaimana cara pendidik melakukan pengelolaan kelas saat berada disekolah.
Sisi Pengamat Pendidikan (Dr Itje chodidjah,MA)
Pendidik memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu,
1. kompetensi kepribadian
2. kompetensi sosial
3. kompetensi profesional
4. kompetensi pedagogi
Pendidik harus memiliki keterampilan sosial yang baik. maka dari itu, diperlukan penguatan kepribadian.
Sisi psikolog (Vero Adesla)
anak itu tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah muncul rangsangan yang bereaksi seketika, karena nya Anak-anak perlu sekali untuk diajarkan mengelola emosi sejak dini.
Nama : Refiana Sari
NPM : 2213053261
Degredasi Moral Pelajar Jaman Modern
Didalam video tersebut menyoroti kasus
1. seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya seorang gurunya sendiri hingga tewas ,dengan korban bernama ahmad budi cahyono guru honorer SMA N 1 torjun sampang jawa timur.2. Murid SMP mengajak duel Kepala Sekolahnya
Dari kasus kasus diatas muncullah beberapa opini
1. Retno Listyarti (KPAI)
pola pengasuhan menjadi faktor bagaimana anak ini di rumah yang artinya sikap dan prilaku ketika di sekolah tidak terbentuk secara tiba tiba pasti ada sebuah proses panjang dalam hidupnya.
2. Dr Itje chodidjah,MA ( Praktisi Pendidikan)
untuk sosok menjadi seorang guru ini kelengkapan yang utaman adalah kelengkapan dalam dirinya sebagai sosok pribadi. karena sebenarnya sudah di atur dalam UUD yang mana seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu
- kompetensi kepribadian
-kompetensi sosial
-kompetensi profesional
-kompetensi pedagogi
3. Vero Adesla (Psikolog)
anak bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi sebenarnya yaitu kemampuan untuk menalar dan berfikir apakah aksi itu berlanjut pada konsekuensi tertentu , tapi pada kasus tersebut anak itu tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah ,ketika dia benci itu muncul rangsangan yang mendorong dia untuk bereaksi seketika, itu kita seperti reaktif ketika seperti itu dia tidak tau konsekuensinya apa
NPM :2213053070
Degradasi Moral pelajar Jaman Modern
Maraknya kasus kriminal yang di lakukan pelajar saat ini menimbulkan pencitraan apakah nilai moral pelajar saat ini sudah mulai susah di kontrol?
Menurut KPAI Retno Listyarti, kekerasan cukup tinggi dilakukan, baik dari yang dilakukan oleh anak maupun oleh korban. Apa yang dilakukan oleh ada terjadi akibat adanya sebab, yang paling utama yaitu pola pengasuhan yang diberikan dirumah, lalu yang kedua yaitu guru melakukan pengelolaan kelas dengan mengidentifikasi sifat dan karakter anak di kelas.
Menurut praktisi pendidikan Dr. Itje Chodidjah. MA, seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu kompetensi sosial, kepribadian, profesional dan pedagogik. Sebelum memasuki tahapan menjadi calon guru, kepribadian menjadi faktor penting dalam pembekalan dan pelatihan agar benar-benar siap menjadi seorang guru. Saat ini pembekalan yang di berikan hanya bersifat kbowledge. Pembekalan yang bersifat keterampilan perilaku belum menjadi fokus pembekalan.
Menurut Psikolog, Vero Adesla, yang melatarbelakangi seorang anak melakukan tindakan kekerasan bisa dari emosi yang tidak terkontrol, sehingga perlu dilakukannya kemampuan pengelolaan emosi kepada anak,level stress yang semakin tinggi yang terjadi atas berbagai tuntutan namun tidak diimbangi dengan kemampuan pribadi untuk mengelola stress tersebut
NPM : 2213053247
Analisis Video 2
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern-Opini
1. Menurut Retno Listyarti (KPAI)
Sejak tahun 2014, kasus kekerasan di Indonesia meningkat secara signifikan. Baik yang dilakukan oleh anak, maupun anak yang jadi korbannya. Pada tahun 2017 sempat terjadi penurunan kasus kekerasan di Indonesia. Perilaku anak juga dapat dilihat dari bagaimana pola pengasuhan di dalam rumah maupun cara guru dalam pengelolaan di kelas.
2. Menurut Dr. Itje Chodidjah, MA (Sisi Pengamat Pendidikan)
Seorang guru harus memiliki 4 standar kompetensi utama, yaitu kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik. Calon guru mendapatkan berbagai pembekalan sebelum menjadi guru.
3. Menurut Vero Adesla (aspek psikologi)
Kemampuan untuk mengontrol emosi harus dilatih kepada anak sejak usia dini. Karena ketika anak tidak dapat mengontrol emosinya, maka ia akan melakukan tindakan tanpa memikirkan apa akibat dari tindakannya tersebut.
NPM : 2213053234
Analasis Video
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern
1. Menurut KPAI
Penyebab terjadinya tindakan amoral dipengaruhi oleh pola asuh dirumah, yang artinya peran orang tua dalam mendidik dan mengajarkan pendidikan moral yang dirasa cukup kurang, lalu peran guru di kelas dalam menghadapi sikap perilaku anak disekolah.
2. Sisi pengemat pendidikan
Saat inipembekalan pada guru hanya berfokus pada pengetahuan, sedangkan pembekalan guru terhadap penguatan keterampilan, serta pembenahan perilaku masih belum menjadi fokus utama. Guru harus memiliki 4 komponen utama yaitu, kopetensi sosial, kepribadian, profesional, dan pedagogik.
3. Sisi psikologi
Kurangnya kemampuan mengelola emosi, menyebabkan anak bereaksi tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkan, perilaku impulsif tersebut disebabkan juga oleh tekanan yang besar tanda diimbangi dengan kemampuan mengelola emosi, hal tersebut menyebabkan anak mudah stress.
Npm : 2253053034
Kelas :3/H
Analisis video 2
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern
Topik 1
Seorang siswa di kabarkan menganiaya gurunya sendiri hingga tewas
Topik 2
Siswa SMA yang berani melawan dan tidak sopan kepada kepala sekolah
RETNO LISTYARTI ( Komisioner KPAI Bidang Pendidikan )
Apa yang di lakukan oleh anak sebenernya tidak berdiri sendiri pasti ada sebab penyebab salah satu yang utama dilihat dari pola pengasuhan bagaimana anak ini dirumah , sikap dan perilaku di sekolah tidak di bentuk secara tiba-tiba itu ada sebuah proses panjang dalam hidup nya . Kemudian yang kedua ada kaitannya dengan guru di kelas dalam mengelola kelas , jadi menghadapi anak anak tertentu .
Apapun tidak boleh di lakukan dengan kekerasan baik dari guru maupun siswa itu tidak di benarkan
Dr. ITJE CHODIDJAH , MA (Praktisi Pendidikan )
Untuk sosok menjadi guru yaitu kelengkapan di dalam dirinya sebagai sosok pribadi dan hal itu sudah di atur dalam undang undang . Guru mempunyai 4 standar kompetensi utama
1. Kompetensi kepribadian
2. Kompetensi sosial
3. Kompetensi profesional
4. Kompetensi pedagogik
Yang sementara ini baik dalam pembekalan sebelum jadi guru apalagi dalam pelatihan setelah jadi guru ke empat hal ini belum dilaksanakan secara holistik .
Jadi misalnya pelatihan sebelum menjadi guru faktor kepribadian sebelum seseorang memasuki tahapan menjadi seorang pendidik mestinya dilakukan scrining (scrining psikologis ) supaya ketika dia sudah siap sekolah guru dia sudah betul betul siap untuk menjadi seorang pendidik . Setelah dia di dalam proses itu dia juga di kenalkan ragam - ragam sekolah kita ragam-ragam anak kita , bagaimana menangani anak dengan perilaku yang berbeda berada di Salma satu kelas , nah pembekalan itu memang tidak cukup seperti yang sekarang sementara ini di lakukan yaitu pembekalan yang bersifat knowledge (pengetahuan) apa yang mendominasi bersifat penguatan di dalam keterampilan dan pembenahan perilaku ini belum menjadi fokus utama .
VERO ADESLA ( Psikolog)
Anak itu bertumbuh ada level tingkat kognisi ( kemampuan untuk menalar dan berpikir ) apakah aksi itu berlanjut pada konsekuensi . Tapi pada kasus kalo anak tidak mampu mengelola emosi ketika dia marah dan benci itu muncul impulsif atau rangsangan mendorong dia untuk bereaksi seketika . Ketika dia muncul dorongan dan langsung bereaksi itu dia sudah tidak tahu dengan konsekuensi dan di lampiaskan langsung . Kemampuan untuk mengelola emosi ini yang harusnya juga di latih pada anak anak , kemudia toleransi level terhadap stres ini semakin turun , tuntutan nya sekarang berbeda banyak informasi yang harus banyak di serap padahal belum tentu informasi itu penting untuk di serap , belum juga di dalam pelajaran tuntutan nya juga semakin besar , banyak yang harus di pelajari mengajar nilai , itu level stres nya makin tinggi tapi tidak diimbangkan dengan kemampuan pribadi untuk mengelola itu.
NPM : 2213053127
Kelas : 3H
Analisis video
Degradasi Moral Pelajaran Jaman Modern
1. Menurut KPAI
Sikap dan perilaku yang dilakukan seorang anak tidak akan berdiri sendiri, semuanya pasti ada latar belakang yang menjadikan dirinya seperti itu, hal ini dapat kita tinjau dari latar belakang pendampingan serta pengelolaan mulai dari keluarga dan guru di sekolah
2. Menurut praktisi pendidikan
Untuk menjadi guru harus memiliki kelengkapan yang cukup pada dirinya sendiri sebagai sosok pribadi, seperti yang sudah diatur didalam undang-undang bahwa seorang guru harus memiliki 4 standar kompetensi utama diantaranya.
-Kompetensi kepribadian
-Kompetensi sosial
-Kompetensi profesional
-Kompetensi pedagogi
Oleh sebab itu guru harus memiliki pembekalan yang cukup melalui pelatihan guru, praktik mengajar dan program magang untuk menghadapi peserta didiknya.
3. Menurut Psikolog
Ketika seorang anak memiliki emosi yang tidak terkontrol maka akan muncul impuls yang mendorong untuk bereaksi seketika tanpa memikirkan konsekuensi yang akan terjadi, oleh sebab itu perlu dilatih untuk meningkatkan dan mengelola pengontrolan emosi pada anak. Kemudian level toleransi yang berbeda terhadap stress yang diserap secara berlebihan yang tidak diimbangi oleh kemampuan pada dirinya sendiri.
NPM: 2253053040
Kelas: 3H
Analisis Video 2
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern
Terdapat banyak kasus yang melibatkan siswa di sekolah. Seperti siswa yang mengajak duel kepala sekolahnya sendiri bahkan siswa yang menghabisi nyawa gurunya sendiri.
1. Komisaris KPAI bidang Pendidikan yaitu Ibu Retno Listianti menyebutkan bahwa anak memiliki alasan atau penyebab dalam melakukan sesuatu. Kekerasan baik yang dilakukan siswa ataupun guru itu tidak dibenarkan.
2. Dr. Itje Chodidjah, MA selaku Praktisi Pendidikan juga memenambahkan bahwa guru harus memiliki 4 standar kompetensi utama. Dimana 4 standar tersebut belum sepenuhnya terpenuhi. Sehingga jika 4 standar tersebut terpenuhi, guru dapat menangani beragam perilaku siswa yang berbeda yang terdapat didalam kelas.
3. Vero Adesla selaku Psikolog juga mengatakan bahwa anak memiliki kemampuan untuk menalar dan berfikir . Anak tidak mampu untuk mengelola emosi. Jadi, ketika marah muncul rangsangan yang mendorong untuk bereaksi seketika . Saat bereaksi atau emosi sudah tidak berfikir bagaimana konsekuensinya.
Nama: Febe Ririn Ariyani
NPM: 2213053277
Sebuah tragedi yang mengenaskan dari dunia pendidikan di Indonesia yaitu terdapat seorang siswa yang membunuh gurunya sendiri .
kasus lain yaitu seorang murid yang mengajak duel kepala sekolahnya.
Retno Listyarti selaku Konvesioner KPAI bidang pendidikan berpendapat ada sebab alibat terjadinya kasus ini yaitu:
- pola pengasuhan anak dirumah , artinya sikap dan perilaku ketika di sekolah tidak terbentuk tiba tiba, pasti ada proses yang panjang dalam hidupnya
- bagaimana cara guru di kelas melakukan pengelolaan pada kelas
Dr. Itje Chodidjah, MA (praktisi pendidikan) berpendapat
menjadi sosok seorang guru harus memiliki standar konpetensi. Yang sudah diatur dalam UUD:
- Kompetensi kepribadian
- kompetensi pedagogik
- kompetensi profesional
- kompetensi sosial
Vero Adesla (psikolog) berpendapat
jika anak tidak bisa mengontrol emosi ketika marah ketika dia benci, muncul rangsangan yang mendorong dia untuk bereaksi seketika. kemampuan emosi inilah yang seharusnya dilatih pada anak agar hal serupa tidak terjadi
Npm : 2213053142
Analisis video 2
DEGRADASI MORAL PELAJAR JAMAN MODERN
Pada video tersebut terdapat tragedi seorang siswa telah menganiyaya guru hingga tewas, hal ini mendapat sorotan dari berbagahi pihak.
1. Retno Listyarti (KPAI)
Sesuatu yang dilakukan anak tidak berdiri sendiri, pasti ada sebab-penyebab. Dilihatnya pada pola pengasuhan orang tua, bagaimana pengelolaan pendidik dikelas.
2. Dr Itje chodidjah,MA ( Praktisi Pendidikan)
Untuk menjadi guru kelengkapan utama adalah kelengkapan dalam diri. Seorang guru mempunya empat standar komptensi utama yang sudah diatur dalam undang-undang yaitu komptensi kepribadian, kompetensi sosial, komptensi profesional, dan kompetensi pedagogik.
3. Vero Adesla (Psikolog)
Setiap anak bertumpu pada level tingkat kognisi, jika seorang anak tidak mampu mengelola emosi/marah/benci akan muncul implus membuat mendorong untuk bereaksi seketika. Kemampuan mengelola emosi perlu dilatih kepada anak-anak.
NPM : 2213053050
judul : Degradasi Moral Pelajar Jaman modern
Tragedi mengenaskan kembali muncul dari dunia pendidikan di indonesia.seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya seorang gurunya sendiri hingga membunuh.korban bernama ahmad budi cahyono guru honorer SMA N 1 torjun sampang jawa timur.Lingkungan sekolah dianggap berperan penting dalam pembentukan moral siswa. Sekolah merupakan lingkungan pendidikan sekunder, yang secara secara sistematis melaksanakan bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa supaya mampu mengembangkan potensinya, baik berkenaan dengan aspek moral, spiritual, intlektual, emosional, maupun sosial. Maka dari itu peran sekolah terbilang cukup besar ditambah lagi hampir sepertiga waktu siswa dihabiskan di sekolah. Kebanyakan orang tua juga menganggap dunia pendidikan sudah cukup memberikan muatan-muatan moral pada anak-anaknya. Namun kondisi dunia Pendidikan saat ini dirasa belum mampu sepenuhnya untuk membentuk moral siswanya. Kebanyakan para pendidik dalam mengajar hanya gugur kewajiban saja dalam mengajar. Para siswa lebih ditonjolkan dalam hal intlektual saja dan mngesampingkan pendidikan moral. Contoh kasus yang sering terjadi adalah Ketika ujian nasional (UN) mata pelajaran yang diujikan hanya mata pelajaran umum saja, mata pelajaran yang menyangkut aspek moral/akhlak diabaikan. Sehingga para siswa beranggapan bahwa intlektualitas/kepintaran siswa jauh lebih penting dibandingkan moral siswa tersebut. Hal tersebutnya harusnya dikaji ulang oleh para pemangku kebijakan.
Indonesia dikenal bukan hanya negara yang sangat indah, namun juga dikenal dengan negara yang sangat ramah dan bermoral. Namun tawuran pelajar, perundungan, kasus korupsi, memerasan, narkoba, seks bebas, seksual mengungkapkan, pembunuhan, kasus mutilasi, dan lain sebagainya yang terjadi saat ini membuat anggapan itu semuanya sirna seketika. Memang tidak bisa dipungkiri dalam suatu kehidupan pasti ada problematika. Namun hal tersebut menandakan masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami gangguan degradasi moral.
NAMA: MESRI RAHAYU
NPM: 2213053250
DEGRADASI MORAL PELAJAR JAMAN MODERN
1. Menurut KAPI
Penyebab terjadinya tindakan abnormal dipengaruhi oleh pola asuh dirumah, yang artinya peran orang tua dalam mendidik anak dirasa kurang. Dalam pembelajaran nilai dan moral di rasa kurang, baik dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
2. Sisi Pengamat Pendidikan
Tenaga pendidik bukan hanya harus berfokus pada pengetahuan, tetapi juga penguatan keterampilan. Tenaga pendidik pada dasarnya harus menguasai 4 komponen utama yaitu, kompetensi sosial, kepribadian, profesional dan pedagogik.
3. Sisi Psikologi
Kurangnya kemampuan dalam mengelola emosi, menyebabkan anak bertindak abnormal. Anak akan beraksi tanpa memikirkan akibat yang akan di timbulkan. Perilaku tersebut juga dipicu oleh tekanan yang besar tanpa diimbangi kemampuan dalam pengelolaan emosi.
NPM : 2213053192
Kelas : 3H
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern
Sebuah tragedi tragis kembali muncul dari dunia pendidikan di indonesia.seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya seorang gurunya sendiri hingga tewas, tidak hanya itu belum reda kasus siswa menghabisi nyawa guru, muncul video seorang murid yang sepertinya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama mengajak duel kepala sekolahnya.
Sebuah kisah yang menyedihkan yang datang dari dunia pendidikan Indonesia karena telah jatuh korban yaitu seorang guru menyimpulkan pencitraan apakah moral anak zaman sekarang sudah mulai susah dikontrol.
Menurut kovesioner KPAI bidang pendidikan yaitu, Retno Listyarti
Kekerasan yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya cukup tinggi. Sejak tahun 2014 meningkat, tetapi pada tahun 2017 menurun. Meskipun terjadi penurunan bukan berarti angka itu kemudian berkurang atau kejadiannya berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini sebenarnya anak tidak berdiri sendiri artinya pasti ada sebab dan penyebabnya, yaitu :
1. Dari pola pengasuhan bagaimana anak di rumah yang artinya sikap dan prilaku ketika di sekolah tidak terbentuk secara tiba tiba pasti ada sebuah proses panjang dalam hidupnya.
2. Bagaimana cara guru di kelas melakukan pengolaan pada kelas, walaupun tidak banyak jumlah anak di sekolah tetapi di setiap sekolah pasti ada anak yang seperti ini.
Menurut sisi pengamat pendidikan, yaitu Itje Chodidjah selaku praktisi Pendidikan
Seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yang telah di atur dalam UUD yaitu : kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Calon guru mendapatkan berbagai pembekalan sebelum menjadi guru.
Menurut sisi psikologis, yaitu Vero Adesla selaku psikolog
Anak masih mudah bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi atau kemampuan untuk menalar dan berfikir apakah aksi nya ada konsekuensi tertentu. Pada kasus anak tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah, ketika dia benci maka akan muncul impuls yang mendorong dia untuk bereaksi seketika. Anak zaman sekarang juga memiliki tekanan yang semakin besar, tetapi tidak memiliki kemampuan dalam mengelola hal tersebut. Maka, perlu adanya pengajaran untuk mengelola emosi dan stress yang di latih kepada anak anak.
Npm: 2213053034
“Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern”
Seorang siswa dikabarkan telah menganiaya gurunya sendiri hingga tewas.
Dari Kpai sejak tahun 2014 meningkat lalu tahun 2017 terjadi penurunan tetapi kalo terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka itu kemudian berkurang atau kejadiannya berkurang memang tidak tetapi kalo berkaitan dengan ini sebenernya memang apa yang dilakukan oleh anak sebenarnya tidak berdiri sendiri artinya pasti ada sebab penyebabnya. Salah satu yang utama memang ini muncul tentu saja kita harus melihat pola pengasuhan bagaimana anak ini dirumah yang artinya sikap dan perilaku tidak terbentuk begitu saja atau tiba” ada sebuah proses panjang dalam hidupnya. Kedua memang ada kaitannya bagaimana guru dikelas melakukan pengelolaan kelas, untuk menghadapi anak anak yang seperti ini.
apakah guru guru ini dibekali cara cara menghadapi anak” yang bermasalah atau nakal?
memang untuk sosok menjadi guru ini kelengkapan yang utama adalah kelengkapan yang ada didalam dirinya sebagai sosok pribadi dan hal itu sudah diatur dalam undang undang bahwa seorang guru mempunyai 4 standar kompetensi utama:
1. Kompetensi kepribadian
2. Kompetensi sosial
3. Kompetensi profesional
4. Kompetensi pedagogi.
Faktor kepribadian Sebelum seseorang memasuki tahapan untuk menjadi calon guru mestinya perlu dilakukan skrining sikologis supaya ketika dia masuk dalam sekolah guru dia sudah siap memang untuk menjadi seorang pendidik. Kemudian setelah dia didalam proses itu dia juga dikenalkan ragam sekolah” kita ragam anak” kita dan bagaimana menangani anak dengan perilaku yang berbeda dan berada didalam satu kelas.
calon guru tidak hanya praktek ngajar tetapi juga magang dan kemendikbud juga mempunyai program program pelatihan guru.
apa yang melatarbelakangi seorang anak melakukan tindakan kekerasan?
anak bertumbuh ada level tingkat kognisi sebenarnya. Ketika anak marah ketika dia benci itu akan muncul impuls atau rangsangan yang mendorong anak bereaksi seketika.
ketika dia muncul dorongan lalu bereaksi anak sudah tidak memikirkan konsekuensinya, seperti emosi tanpa berpikir. kemampuan untuk mengelola emosi ini yang harus dilatih kepada anak” kemudian juga level toleransi terhadap stress makin menurun.
Npm :2253053035
Kelas :3H
Analisis video 2
DEGRADASI MORAL PELAJAR JAMAN MODERN
Dalam video tersebut •seorang siswa menganiaya guru nya sendiri hingga tewas,korban bernama ahmad budi cahyono guru honorer.
•terdapat tragedi juga yaitu Seorang peserta didik mengajak duel seorang kepala sekolah
1.Menurut Retno Listyarti (KPAI)
Kekerasan itu cukup tinggi menurut KPAI
Sejak tahun 2014 meningkat tetapi pada tahun 2017 menurun tetapi meskipun terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka atau kejadian berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini pasti ada sebab dan penyebabnya seperti Pola pengasuhan dirumah dan bagaimana guru dikelas dalam pengelolaan kelas di sekolah.
2.Menurut Dr. Itje Chodidjah, MA ( praktisi pendidikan) seorang guru sudah memiliki Kelengkapan yang utama dalam dirinya sebagai sosok pribadi,dan itu sudah di aturan di UUD,Harus memiliki 4 standar kompetensi utama
-Kompetensi kepribadian
-Kompetensi sosial
-Kompetensi profesional
-Kompetensi pedagogi
3. Menurut Vero Adesla (aspek psikologi)
Anak-anak berkembang pada tingkat kognisi (kemampuan bernalar dan berpikir) jika tindakan mereka menimbulkan konsekuensi. Namun jika anak tidak dapat mengendalikan emosinya saat marah dan penuh kebencian, akan muncul sifat impulsif atau kesal yang menyebabkan anak langsung bereaksi. Ketika dia memiliki keinginan dan segera bereaksi, dia bergegas keluar tanpa mengetahui konsekuensinya. Kemampuan mengelola emosi ini juga perlu dilatig pada diri anak, pada saat itu tingkat toleransi terhadap stres sedang menurun, kebutuhan sekarang berbeda-beda, banyak informasi yang harus diserap, bahkan informasi itu pun belum tentu penting untuk diserap, yang bahkan bukan bagian dari persyaratan akademik. Tekanan pun meningkat, banyak yang harus dipelajari tentang nilai-nilai yang diajarkan, tingkat stres meningkat namun tidak diimbangi dengan kemampuan individu dalam mengelolanya.
NPM : 2213053168
KELAS : 3H
ANALISIS VIDEO 2
Sebuah tragedi tragis kembali muncul dari dunia pendidikan di Indonesia seorang siswa dikabarkan telah menganiaya gurunya sendiri hingga tewas korban bernama Ahmad Budi cahyono guru honorer di SMA N 1 Torjun Sampang Jawa timur,Budi meninggalkan seorang istri bernama sianit Sinta yang saat ini sedang mengandung 5 bulan. Selain itu muncul Kembali Video seorang murid yang sepertinya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama mengajak duel kepala sekolahnya.
1. Menurut KPAI (Retno Listyarti selaku kovesioner bidang pendidikan)
Kekerasan cukup tinggi yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya. Sejak tahun 2014 meningkat tetapi pada tahun 2017 menurun tetapi meskipun terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka atau kejadian berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini pasti ada sebab dan penyebabnya seperti Pola pengasuhan dirumah dan bagaimana guru dikelas dalam pengelolaan kelas di sekolah.
2. Menurut Sisi Pengamat Pendidikan (Itje Chodidjah selaku Praktisi pendidikan)
Untuk sosok menjadi seorang guru kelengkapan yang utamanya adalah kelengkapan dalam dirinya sebagai sosok pribadi. Hal tersebut telah di atur dalam UUD yang mana seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu Kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Calon guru mendapatkan berbagai pembekalan sebelum menjadi guru.
3. Menurut Sisi Psikologi
Anak masih muda bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi (kemampuan untuk menalar dan berfikir) apakah aksi nya ada konsekuensi tertentu. Pada kasus anak tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah, ketika dia benci maka akan muncul impuls yang mendorong dia untuk bereaksi seketika. Kemampuan untuk mengelola emosi dan stress harus di latih kepada anak anak.
Guru di beri kelengkapan yang utama adalah kelengkapan di dalam dirinya sebagai sosok pribadi dan hal itu sebetulnya sudah diatur dalam undang-undang bahwa seorang guru mempunyai empat standar kompetensi utama yaitu
1. kompetensi kepribadian
2. kompetensi sosial
3. kompetensi profesional dan
4. kompetensi pedagogi
faktor kepribadian sebelum seseorang memasuki tahapan untuk menjadi calon guru mestinya perlu dilakukan screening dalam "skrining psikologis” supaya ketika dia masuk dalam sekolah guru dia betul-betul sudah siap memang untuk menjadi seorang pendidik maksudnya dengan adanya psikotes.
Apa sih yang melatar belakangi seorang anak yang katakanlah belum punya noleh tiba-tiba melakukan suatu tindak kekerasan tingkat kognisi sebenarnya apakah aksi itu berlanjut pada konsekuensi tertentu tapi pada kasus kalau anak itu tidak mampu mengelola emosi ketika dia marah ketika dia benci itu kan muncul impuls yang atau orang sangat yang mendorong dia untuk bereaksi seketika itu kita sebagai impulsif atau reaktif ketika dia muncul dorongan dan langsung bereaksi. dia sudah tidak tahu tuh konsekuensinya apa dia udah enggak mikir emosi tanpa berpikir jadi dilampiaskan langsung.
kemampuan untuk mengelola emosi ini yang harusnya juga dilatih kepada anak-anak itu kemudian level toleransi terhadap stress frustrasi ini yang sekarang tuh makin turun kan di mana kemudian reaksi mudah tertekan mudah diferensi terus kenapa sih tuntutannya berbeda di dalam pelajaran sekarang tuntutannya semakin besar yang harus dipelajari nilai segala macam semakin berat gitu itu level stress-nya sebenarnya makin tinggi tapi tidak diimbangi dengan kemampuan pribadi untuk mengelola itu. sebetulnya anak itu lebih penting dibekali kemampuan mengelola emosi atau pelajaran-pelajaran sekolah?
Kelas : 3H
NPM : 2213053290
ANALISIS VIDEO 2
DEGRADASI MORAL PELAJAR JAMAN MODERN
1. Menurut KPAI
kasus kekerasan yang ada di Indonesia cukup tinggi, Baik yang dilakukan oleh anak ataupun anak yang menjadi korban, kasus ini mulai meningkat pada tahun 2014 lalu pada tahun 2017 mengalami penurunan. hal yang paling utama dilihat dari pola pengasuhan seorang anak di rumah, lalu bagaimana juga seorang pendidik mendidik peserta didiknya di sekolah karena seorang anak merupakan manusia yang belum dewasa jadi masih diperlukan pengawasan yang cukup.
2. Parktisi Pendidikan
Seorang guru di mempunyai 4 standar kompetensi utama yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogi namun kempat hal ini blm dilaksakan secara holistik oleh seorang pendidik.
3. psikologi
kognisi adalah kemampuan bernalar dan berfikir. tetapi seorang anak belum mampu berfikir akan konsekuensi Yang akan terjadi. seorang anak juga harus bisa melatih kemampuan untuk mengelola emosi Yang ada pada dirinya sendiri, turunnya level toleransi terhadap stres/frustasi dikarena tuntutan yang diterima.
Npm : 2213053033
Kelas :3/H
Analisis video 2
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern
Berita 1 : Seorang siswa di kabarkan menganiaya gurunya sendiri hingga tewas
Berita 2 :Siswa SMA yang berani melawan dan tidak sopan kepada kepala sekolah
Lantas bagaimanakah moral calon penerus masa depan bangsa kita?
1. Menurut KPAI bidang pendidikan ( Retno Listyarti)
Melihat dari kasus tersebut pasti ada sebab dan penyebab dari sikap anak, salah satunya pola pengasuhan di mana anak ini di rumah dan bagaimana guru melakukan pengelolaan di kelas.
2. Menurut Praktisi Pendidikan ( Dr. Itje Chodidjah, MA)
Untuk menjadi seorang guru kelengkapan yang paling utama adalah kelengkapan dalam dirinya. Diatur dalam UU bahwa guru mempunyai 4 standar kompetensi utama: kompetensi kepribadian, sosial, profesional dan pedagogik .
Guru diberi pembekalan sebelum menghadapi bagaimana menangani anak dengan perilaku yang berbeda.
3. Menurut Psikolog (Vero Adesla )
Pada kasus jika anak itu tidak mampu mengelola emosi, ketika dia benci ketika dia marah ketika dia benci kemudian muncul impuls atau rangsangan yang turun dia untuk bereaksi seketika (impulsif).
Perempuan mengelola emosi ini yang harusnya juga dilatih kepada anak-anak.
NPM: 2213053259
Kelas: 3H
ANALISIS VIDEO 2
Tragedi tragis yang ada didunia Pendidikan
Seorang siswa menganiyaya seorang pendidik hingga tewas, korban Bernama ahmad budi cahyo guru honorer SMKN 1 di Jawa Timur, selain itu dilain sisi terdapat tragedi juga yaitu Seorang peserta didik mengajak duel seorang kepala sekolah tidak diketahui untuk motif yang ada didalamnya.
Lingkungan sekolah dianggap berperan penting dalam pembentukan moral siswa. Sekolah merupakan lingkungan pendidikan sekunder, yang secara secara sistematis melaksanakan bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa supaya mampu mengembangkan potensinya, baik berkenaan dengan aspek moral, spiritual, intlektual, emosional, maupun sosial.
Maka dari itu peran sekolah terbilang cukup besar ditambah lagi hampir sepertiga waktu siswa dihabiskan di sekolah. Kebanyakan orang tua juga menganggap dunia pendidikan sudah cukup memberikan muatan-muatan moral pada anak-anaknya. Namun kondisi dunia Pendidikan saat ini dirasa belum mampu sepenuhnya untuk membentuk moral siswanya.
1. Menurut KPAI
Moral peserta didik dilihat dari pola pengasuhan di dalam rumah atau keluarga. Selain itu pengelolaan guru di dalam kelas sangat diperlukan untuk peserta didik.
2. Sisi Pengamat Pendidikan
Seorang guru harus memiliki 4 standar utama, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Pembekalan untuk guru yang penting terutama dalam psikologisnya, ketika menjadi guru sudah siap untuk menghadapi peserta didiknya. Selain itu hal yang paling penting adalah Kepribadian dan sosial guru untuk menangani ragam sikap perilaku peserta didik di dalam kelas.
3. Sisi Psikologis
Latar belakang anak melakukan kekrasan karena emosi yang tidak terkontrol dan melakukan tindakan tanpa berpikir, seseorang anak tentu memiliki tingkatan kognifiti/ cara berpikir dan bernalar, ketika Terjadi suatu hal dalam dirinya kemampuan emosi peserta didik tidak terkontrol maka peserta didik sudah tidak memikirkan apapun. Anak zaman sekarang juga memiliki tekanan yang semakin besar, tetapi tidak memiliki kemampuan dalam mengelola hal tersebut. Maka, perlu adanya pengajaran pengelolaan emosi pada anak.
Npm :2213053046
Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern.
Sebuah tragedi tragis kembali muncul dari dunia pendidikan di Indonesia. Seorang siswa dikabarkan telah menganiyaya gurunya sendiri hingga tewas , korban bernama Ahmad Budi Cahyono guru honorer SMA N 1 torjun sampang jawa timur, Budi meninggal kan seorang istri yang bernama Sianingsih yang tengah mengandung 5 bulan.setelah itu muncul video seorang murid yang sepertinya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama mengajak duel kepala sekolahnya.
lantas dimanakah moral anak bangsa? dan calon penerus masa depan kita?
_Menurut kovesioner KPAI bidang pendidikan yaitu, Retno Listyarti
Kekerasan yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya cukup tinggi. Sejak tahun 2014 meningkat, tetapi pada tahun 2017 menurun. Meskipun terjadi penurunan bukan berarti angka itu kemudian berkurang atau kejadiannya berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini sebenarnya anak tidak berdiri sendiri artinya pasti ada sebab dan penyebabnya, yaitu :
1. memang mungkin dari pola pengasuhan bagaimana anak ini di rumah yang artinya sikap dan prilaku ketika di sekolah tidak terbentuk secara tiba tiba pasti ada sebuah proses panjang dalam hidupnya.
2. bagaimana cara guru di kelas melakukan pengolaan pada kelas jadi menghadapi anak anak tertentu seperti ini memang pasti ada di banyak sekolah , walaupun tidak banyak jumlah anak di sekolah tetapi di setiap sekolah pasti ada anak yang seperti ini.
dan untuk kejadian di pukul hingga tewas ini menjadi yang pertama di indonesia.
NPM : 2213053241
Kelas : 3H
Degradasi moral pelajar jaman modern
Sejak tahun 2014 kasus kekerasan oleh anak meningkat, namun di tahun 2017 berkurang.
Kekerasan oleh anak pasti ada penyebabnya antara lain yaitu dari pola pengasuhan, bagaimana pendidik mengelola kelas, dan lain lain.
Cara pendidik menghadapi murid :
Seorang guru harus memiliki 4 standar kompetensi utama, yaitu kepribadian, sosial, profesional, dan pedagogi. Sebelum seseorang menjadi seorang guru mestinya perlu dilakukan screening psikologis, supaya ketika masuk ke dalam dunia pendidikan dia sudah siap untuk menjadi seorang pendidik, lalu dikenalkan dengan ragam sekolah dan bagaimana menanganinya, lalu pembekalan bersifat knowledge dan penguatan keterampilan.
Npm : 2253053054
Kelas : 3H
ANALISIS VIDEO 2
DEGRADASI MORAL PELAJARAN JAMAN MODERN
1. Menurut KPAI (Retno Listyarti selaku kovesioner bidang pendidikan)
Kekerasan cukup tinggi yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya. Sejak tahun 2014 meningkat tetapi pada tahun 2017 menurun tetapi meskipun terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka atau kejadian berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini pasti ada sebab dan penyebabnya seperti Pola pengasuhan dirumah dan bagaimana guru dikelas dalam pengelolaan kelas di sekolah
2. Menurut Sisi Pengamat Pendidikan (Itje Chodidjah selaku Praktisi pendidikan)
Untuk sosok menjadi seorang guru kelengkapan yang utamanya adalah kelengkapan dalam dirinya sebagai sosok pribadi. Hal tersebut telah di atur dalam UUD yang mana seorang guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu Kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Calon guru mendapatkan berbagai pembekalan sebelum menjadi guru.
3. Menurut Sisi Psikologi
Anak masih muda bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi (kemampuan untuk menalar dan berfikir) apakah aksi nya ada konsekuensi tertentu. Pada kasus anak tidak mampu mengontrol emosi ketika dia marah, ketika dia benci maka akan muncul impuls yang mendorong dia untuk bereaksi seketika. Kemampuan untuk mengelola emosi dan stress harus di latih kepada anak anak.
NPM : 2213053255
Kelas : 3H
Analisis video 2
Degredasi Moral Pelajaran Zaman Modern
Dalam video tersebut terdapat informasi bahwa seorang siswa telah menganiaya gurunya hingga tewas. Korban bernama Budi Cahyono yang merupakan seorang guru honorer SMAN 1 Torjun, Sampang Jawa Timur. Korban meninggalkan istri yang tengah hamil 5 bulan. Selain itu juga terdapat siswa yang masih duduk di bangku SMP tengah mengajak duel kepala sekolahnya. Lantas bagaimana moral anak bangsa Indonesia saat ini?
Menurut KPAI kita harus melihat pola asuh anak di rumah karena itu merupakan sebuah proses panjang dalam hidupnya. Di banyak sekolah pasti terdapat anak-anak yang memiliki perilaku kurang baik. Cara menghadapi murid zaman dulu dengan zaman sekarang tentunya berbeda. Menurut sisi pengamat pendidikan, seorang guru tentunya memiliki standar kompetensi. Pembekalan seorang sebelum menjadi guru harus memiliki 4 standar kompetensi yaitu ompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Kompetensi sosial dan kepribadian harus dimiliki seorang guru ketika mengajar di kelas. Berdasarkan sisi prikologis, anak memiliki tingkat kognisi tertentu, level stress seorang anak misalnya tuntutan tugas yang harus dipelajari saat ini, kemampuan dalam mengelola emosi inilah yang harus dilatih dan diajarkan kepada anak atau peserta didik.
NPM : 2213053285
Kelas : 3H
ANALISIS VIDEO 2
judul : Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern-Opini
1. Menurut KPAI
Moral peserta didik dilihat dari pola pengasuhan di dalam rumah atau keluarga. Selain itu pengelolaan guru di dalam kelas sangat diperlukan untuk peserta didik.
2. Sisi Pengamat Pendidikan
Seorang guru harus memiliki 4 standar utama, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik.
Pembekalan untuk guru yang penting terutama dalam psikologisnya, ketika menjadi guru sudah siap untuk menghadapi peserta didiknya. hal yang paling penting adalah Kepribadian dan sosial guru untuk menangani ragam sikap perilaku peserta didik di dalam kelas.
3. Sisi Psikologis
Latar belakang anak melakukan kekerasan karena emosi yang tidak terkontrol dan melakukan tindakan tanpa berpikir, seseorang anak tentu memiliki tingkatan kognitif atau cara berpikir dan bernalar, ketika Terjadi suatu hal dalam dirinya kemampuan emosi peserta didik tidak terkontrol maka peserta didik sudah tidak memikirkan apapun.
Anak zaman sekarang juga memiliki tekanan yang semakin besar, tetapi tidak memiliki kemampuan dalam mengelola hal tersebut.
NPM : 2213053251
Analisis Video
Judul Video : Degradasi Moral Pelajar Jaman Modern-Opini
1. Menurut KPAI
Moral peserta didik dilihat dari pola pengasuhan di dalam rumah atau keluarga. Selain itu pengelolaan guru di dalam kelas sangat diperlukan untuk peserta didik.
2. Sisi Pengamat Pendidikan
Seorang guru harus memiliki 4 standar utama, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik.
Pembekalan untuk guru yang penting terutama dalam psikologisnya, ketika menjadi guru sudah siap untuk menghadapi peserta didiknya. Selain itu hal yang paling penting adalah Kepribadian dan sosial guru untuk menangani ragam sikap perilaku peserta didik di dalam kelas.
3. Sisi Psikologis
Latar belakang anak melakukan kekrasan karena emosi yang tidak terkontrol dan melakukan tindakan tanpa berpikir, seseorang anak tentu memiliki tingkatan kognifiti/ cara berpikir dan bernalar, ketika Terjadi suatu hal dalam dirinya kemampuan emosi peserta didik tidak terkontrol maka peserta didik sudah tidak memikirkan apapun. Anak zaman sekarang juga memiliki tekanan yang semakin besar, tetapi tidak memiliki kemampuan dalam mengelola hal tersebut. Maka, perlu adanya pengajaran pengelolaan emosi pada anak.
2213053029
3H
Analisis video 2
judul : Degradasi Moral Pelajar Jaman modern
Menurut KPAI Kekerasan yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya cukup tinggi. Sejak tahun 2014 meningkat, tetapi pada tahun 2017 menurun.Namun terkait dengan kasus ini sebenarnya anak tidak berdiri sendiri artinya pasti ada sebab dan penyebabnya, yaitu :
1. memang mungkin dari pola pengasuhan bagaimana anak ini di rumah yang artinya sikap dan prilaku ketika di sekolah tidak terbentuk secara tiba tiba pasti ada sebuah proses panjang dalam hidupnya.
2. bagaimana cara guru di kelas melakukan pengolaan pada kelas jadi menghadapi anak anak tertentu seperti ini memang pasti ada di banyak sekolah , walaupun tidak banyak jumlah anak di sekolah tetapi di setiap sekolah pasti ada anak yang seperti ini.
Menurut Dr Itje chodidjah,MA (praktisi pendidikan )
untuk sosok menjadi seorang guru ini kelengkapan yang utaman adalah kelengkapan dalam dirinya sebagai sosok pribadi.
Karena sudah di atur dalam UUD guru memiliki 4 standar kompetensi utama yaitu
1. kompetensi kepribadian
2. kompetensi sosial
3. kompetensi profesional
4. kompetensi pedagogi
Menurut Vero Adesla (psikolog)
masih mudah kemudian anak bertumbuh dan memiliki tingkat level koknisi sebenarnya yaitu kemampuan untuk menalar dan berfikir apakah aksi itu berlanjut pada konsekuensi tertentukemampuan emosi ini lah yang seharusnya di latih pada anak anak agar hal serupa tidak terjadi.
NPM : 2213053088
Analisis Video 2
judul : Degradasi Moral Pelajar Jaman modern
Apa yang di lakukan oleh anak sebenernya tidak berdiri sendiri pasti ada sebab penyebab salah satu yang utama dilihat dari pola pengasuhan bagaimana anak ini dirumah , sikap dan perilaku di sekolah tidak di bentuk secara tiba-tiba itu ada sebuah proses panjang dalam hidup nya . Kemudian yang kedua ada kaitannya dengan guru di kelas dalam mengelola kelas , jadi menghadapi anak anak tertentu .
Apapun tidak boleh di lakukan dengan kekerasan baik dari guru maupun siswa itu tidak di benarkan.
Guru mempunyai 4 standar kompetensi utama
1. Kompetensi kepribadian
2. Kompetensi sosial
3. Kompetensi profesional
4. Kompetensi pedagogik
Yang sementara ini baik dalam pembekalan sebelum jadi guru apalagi dalam pelatihan setelah jadi guru ke empat hal ini belum dilaksanakan secara holistik .
Jadi misalnya pelatihan sebelum menjadi guru faktor kepribadian sebelum seseorang memasuki tahapan menjadi seorang pendidik mestinya dilakukan scrining (scrining psikologis ) supaya ketika dia sudah siap sekolah guru dia sudah betul betul siap untuk menjadi seorang pendidik .
Re: Forum Analisis Video 2
NPM : 2253053050
ANALISIS VIDEO 2
DEGRADASI MORAL PELAJAR JAMAN MODERN
1. Menurut Retno Listyarti selaku kovesioner bidang pendidikan (KPAI)
Kekerasan cukup tinggi yang di lakukan oleh anak maupun anak yang jadi korbannya. Sejak tahun 2014 meningkat tetapi pada tahun 2017 menurun tetapi meskipun terjadi penurunan bukan berarti mungkin angka atau kejadian berkurang.
Namun terkait dengan kasus ini pasti ada sebab dan penyebabnya seperti Pola pengasuhan dirumah dan bagaimana guru dikelas dalam pengelolaan kelas di sekolah
2. Menurut Dr Itje chodidjah,MA ( Praktisi Pendidikan)
Untuk menjadi guru kelengkapan utama adalah kelengkapan dalam diri. Seorang guru mempunya empat standar komptensi utama yang sudah diatur dalam undang-undang yaitu komptensi kepribadian, kompetensi sosial, komptensi profesional, dan kompetensi pedagogik.
3. Menurut Vero Adesla (aspek psikologi)
Anak-anak berkembang pada tingkat kognisi (kemampuan bernalar dan berpikir) jika tindakan mereka menimbulkan konsekuensi. Namun jika anak tidak dapat mengendalikan emosinya saat marah dan penuh kebencian, akan muncul sifat impulsif atau kesal yang menyebabkan anak langsung bereaksi. Ketika dia memiliki keinginan dan segera bereaksi, dia bergegas keluar tanpa mengetahui konsekuensinya. Kemampuan mengelola emosi ini juga perlu dilatig pada diri anak, pada saat itu tingkat toleransi terhadap stres sedang menurun, kebutuhan sekarang berbeda-beda, banyak informasi yang harus diserap, bahkan informasi itu pun belum tentu penting untuk diserap, yang bahkan bukan bagian dari persyaratan akademik. Tekanan pun meningkat, banyak yang harus dipelajari tentang nilai-nilai yang diajarkan, tingkat stres meningkat namun tidak diimbangi dengan kemampuan individu dalam mengelolanya.