Forum 1

Forum 1

Forum 1

Number of replies: 35

mahasiswa berikan tanggapan terkait pertanyaan berikut ini.

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?

In reply to First post

Re: Forum 1

Chindy Alviona 2213053093 གིས-
Nama: Chindy Alviona
NPM: 2213053093
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab:
Sekolah Dasar merupakan pendidikan formal yang bisa membangun peserta didik yang bermoral. Karena Sekolah Dasar atau SD merupakan pendidikan yang awal bagi peserta didik, sehingga para pendidik harus memberikan pendidikan moral kepada peserta didik agar kelak di masa yang akan datang peserta didik tersebut sudah mempunyai pengetahuan tentang pendidikan moral (Rachmadtullah et al., 2020). Dan peserta didik dapat menerapkannya di manapun mereka berada, dan mencerminkan bawasannya peserta didik tersebut bermoral. Pada dasarnya pembentukkan anak secara mendasar tergantung dari lingkungan mereka berada (Dewi, 2020). Lingkungan yang ada pada disekitar anak atau peserta didik jika memberikan dampak yang baik atau memberikan kondisi yang baik maka peserta didik juga akan mendapat dampak yang baik juga dan sebaliknya. Sekolah merupakan lingkungan dimana peserta didik dapat membangun moral dan kepribadian yang baik (Setiawan & Iasha, 2020a). Oleh karena itu semaksimal mungkin sekolah harus bisa membangun dan memberikan pembelajaran yang dapat membentuk kepribadian dan moral yang baik. Sekolah yang baik adalah sekolah dimana mereka fokus memberikan pendidikan moral yang baik. Karena sekolah adalah mikrosistem atau lingkungan disekitar mereka yang dapat
dijadikan acuan bagi peserta didik untuk membentuk moral yang baik (Setiawan & Iasha, 2020).

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab:
Dalam konteks ini, pendidik berfungsi untuk mewujudkan peserta didik agar menjadi warga negara yang aktif dalam masyarakat yang demokratis (Rachmadtullah et al., 2020).
Peserta didik belajar wacana tentang organisasi umum dan tanggung jawab social. Selain itu pendidik juga bertugas meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak yang mulia dalam diri peserta didik. Karena pendidik adalah ujung tombak untuk mewujudkan moral yang baik dalam diri peserta didik, maka pendidik terlebih dahulu harus bermoral baik pula (Syaparuddin, 2020).

3. berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
- Pendidikan moral terhadap diri sendiri penting diberikan kepada peserta didik
berkaitan dengan nilai kebersihan diri, kerajinan dalam belajar/bekerja, keuletan, disiplin waktu.
- Pendidikan moral sesama manusia mencakup nilai-nilai moral sosial seperti kerjasama, toleransi, berlaku adil, jujur, rendah hati, tanggung jawab, dan peduli. -Pendidikan moral untuk hubungan manusia dengan alam semesta dapat diberikan dengan menguatkan nilai-nilai
keseimbangan alam, menjaga kelestarian alam, tidak merusak alam dan menggunakan kembali barang-barang bekas (daur ulang) dalam bentuk yang baru.
-Pendidikan moral untuk hubungan
manusia dengan Tuhan YME adalah negara yang berketuhanan Yang Maha Esa (pasal 29 UUD 1945). Indonesia berbeda dengan negara sekuler dan negara komunis. Pendidikan agama di
dalamnya ada nilai-nilai moral yang diberi tempat yang khusus dan penting (Rukiyati, 2019).
In reply to First post

Re: Forum 1

Ihya Ghulam Halim 2213053178 གིས-
Nama : Ihya Ghulam Halim
NPM : 2213053178
Kelas : 3G

1. Adapun cara untuk melakukan pembelajaran Pendidikan nilai dan moral agar bisa diajarkan di sekolah dasar yaitu dengan menggunakan berbagai cara contohnya dengan cerita dan dongeng, dengan cara ini seorang guru menceritakan kisah-kisah yang bermoral untuk mengilustrasikan kepada peserta didik nilai-nilai kebaikan seperti belajar jujur dan tolong-menolong. Ataupun bisa dengan cara seorang guru yang menunjukkan atau mempraktikkan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

2. Ada banyak cara pendidikan untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral agar bisa tersampai ke peserta didik contohnya yaitu dengan dimasukkannya ke dalam kurikulum, pembelajaran aktif, dan juga pengalaman sosial.

3. Adapun contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral salah satunya adalah kesadaran lingkungan yaitu seorang peserta didik yang ikut andil dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah ataupun apabila ia menemukan sampah di jalan ia akan mengambilnya lalu memasukkannya ke kotak sampah. Hal itu bisa terbentuk karena mereka melihat dan mengamati perilaku gurunya yang seperti itu.
In reply to Ihya Ghulam Halim 2213053178

Re: Forum 1

Natasya Bunga Nitara 2213053012 གིས-
Nama : Natasya Bunga Nitara
Npm : 2213053012

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?

Jawab: Implementasi pendidikan nilai dan moral di Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan cara pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik didorong untuk memiliki pengalaman langsung dalam pendidikan moral. Pembelajaran secara komprehensif untuk menghasilkan peserta didik yang bermoral menjadi fokus utama dalam perkembangan sekarang karakter saat ini. Pendidik harus mampu menciptakan lingkungan belajar di sekolah seperti lingkungan kehidupan dalam keluarga. Kasih sayang dan kepedulian seorang ibu kepada anaknya dalam kehidupan keluarga, harus dapat diterapkan dalam kehidupan di kelas. Peran orangtua dalam menanamkan pendidikan moral akan berdampak positif terhadap tingkah laku peserta didik di sekolah.



2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?

Jawab : Pendidik memberi stimulus agar anak didik memberi respon sesuai dengan keinginan pendidik, dan dengan stimulus, respon itu anak didik diberi classical conditioning untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih kondusif. Agar tujuan pendidikan moral dapat tercapai, pendidik dapat memberi hadiah kepada anak didik yang berhasil dan hukuman bagi yang gagal, namun dalam koridor memanusiakan manusia. Proses stimulus dan respon dalam pendidikan moral harus diberikan terus menerus dan terprogram, sehingga anak SD akan memiliki habitus (pendidikan yang merubah perilaku) dalam mewujudkan manusia Indonesia yang bermoral.



3. berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?

Jawab: Mengajarkan peserta didik untuk selalu mengucapkan "terima kasih" saat diberi sesuatu atau dibantu oleh orang lain, Mengucap kata “tolong” saat meminta bantuan kepada orang lain, Selalu membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, Memberikan salam saat bertemu pendidik ataupun orang yang lebih tua, serta Tidak melakukan plagiarisme saat mengerjakan tugas.
In reply to First post

Re: Forum 1

Ivo Yuniarta 2213053231 གིས-
Nama: Ivo Yuniarta
NPM: 2213053231
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. Bagaimana pembelajaran nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Pada sekolah dasar pembelajaran nilai dan moral diajarkan pada mengajarkan peserta didik untuk menanaman nilai-nilai moral dilakukan dengan cara menanamkan disetiap mata pelajaran yang diajarkan, baik berupa nasehat, teguran ataupun tingkah laku pendidik yang menjadi contoh panutan mereka. Selain itu juga dapat ditanamkan diluar jam pelajaran seperti dilingkungan sekolah maupun di rumah karena hal tersebut akan menjadikan siswa mempunyai moral yang baik.

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Pembelajaran nilai dan moral diajarkan pada peserta didik mengajarkan untuk
bertingkah laku didalam/ diluar kelas dengan baik namun kadang-kadang sedikit nakal, suka berkelahi kecil, menganggu teman namanya juga masih anak-anak yang mempunyai banyak sifat yang berbeda. Sehingga melalu tingkah laku tersebut, pendidik dapat membimbing, mendidik peserta didik agar lebih baik karena jikalau di didik sedari kecil maka ke depannya akan lebih mudah untuk melanjutkannya.

3. Berikan contoh y=hal yang dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Peserta didik dapat menunjukkan sikap hormat, sopan, dan santun kepada pendidik maupun orang yang lebih tua, teman sekelas, dan semua individu di lingkungan sekolah. Peserta didik mendengarkan dengan baik saat pendidik berbicara dan menghargai pendapat teman-teman. Peserta didik Menghormati perbedaan agama maupun keyakinan merupakan salah satu nilai moral yang harus dijunjung tinggi.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum 1

Shelly Shelly གིས-
Nama : Shelly
NPM : 2253053019
Kelas: 3G
Prodi: PGSD 

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab:
Pendidik dapat menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik dengan cara yaitu,
- Saling Menghargai
- Kejujuran
- Sikap Rendah Hati
- Tanggung Jawab.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab:
Banyak cara untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral agar bisa tersampai ke peserta didik contohnya yaitu dengan dimasukkannya ke dalam kurikulum, pembelajaran aktif, dan juga pengalaman sosial. Agar tujuan pendidikan moral dapat tercapai, pendidik dapat memberi hadiah kepada anak didik yang berhasil dan hukuman bagi yang gagal, namun dengan batasan yang wajar.

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Mengajarkan peserta didik untuk selalu jujur, mengucapkan kata “Tolong” saat meminta bantuan kepada oleh orang lain, Mengucap kata “trimakasih” saat di berikan sesuatu atau mendapat bantuan dari orang lain, Selalu membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, Memberikan salam saat bertemu pendidik ataupun orang yang lebih tua, mengucapkan maaf jikalau bersalah, membantu sesama.
In reply to First post

Re: Forum 1

Rohmah Shela Saputri 2213053112 གིས-
Nama: Rohmah Shela Saputri
NPM: 2213053112
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. bagaimana pembelajaran nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab:
Pembelajaran nilai dan moral di sekolah dasar ialah bagian penting dari pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa dan membantu mereka menjadi warga yang baik dan bertanggung jawab dalam masyarakat. Seperti Pembelajaran melalui Contoh yakni Guru sering kali menjadi contoh yang baik bagi peserta didik dalam perilaku dan nilai-nilai yang diharapkan. Mereka menunjukkan cara berinteraksi dengan baik, berbicara dengan sopan, dan menunjukkan empati kepada sesama dan guru sering menggunakan cerita dan dongeng untuk mengilustrasikan nilai-nilai moral. Setelah membaca cerita, peserta didik dapat berdiskusi tentang pelajaran moral yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab:
Sebagai seorang pendidik memberikan pendidikan nilai-nilai moral dan pendidikan karakter bagi peserta didik Sekolah dasar seperti dalam pembelajaran PKn dengan cara Memasukkan pendidikan nilai moral dan karakter ke dalam muata semua mata pelajaran di sekolah terutama PKn , sehingga peserta didik sekolah dasar dapat bertingkah laku yang baik, Membiasakan perilaku yang positif di kalangan sekolah, dan menciptakan peserta didik yang berakhlak baik seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama.

3. berikan contoh y=hal yang dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Contoh yang dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral seperti menolong Sesama teman jadi siswa dapat memberikan bantuan kepada teman yang membutuhkan, seperti membantu mengangkat buku yang berat atau memberikan dukungan moral kepada teman yang sedang menghadapi masalah. Contoh berikutnya adalah memiliki sifat yang jujur seperti peserta didik tidak mencontek saat sedang ujian.
In reply to First post

Re: Forum 1

Widia Nata Saputri 2213053057 གིས-
Nama : Widia Nata Saputri
NPM : 2213053057
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
-> Pembelajaran pendidikan nilai dan moral yang diajarkan di SD ditujukan agar peserta didik dapat mencapai tujuan sesuai dengan nilai pancasila. Dalam memberikan pembelajaran pendidikan nilai dan moral, pendidik harus memperhatikan unsur-unsur moral yakni pengertian atau pemahaman moral, perasaan moral, tindakan moral. Disamping itu program pembelajaran nilai dan moral seharusnya disesuaikan dengan karakteristik dan budaya peserta didik.
Dalam pembelajaran tersebut tentunya sebagai pendidik harus memberikan pengetahuan dan contoh mengenai etika, nilai, dan norma yang baik kepada peserta didik untuk membentuk peserta didik yang memiliki karakter berkualitas.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
-> Pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarkan pada peserta didik dengan cara menanamkan kejujuran, saling menghargai, bersikap rendah hati, dan nilai moral yang baik lainnya. Dalam memberikan pembelajaran pendidikan nilai dan moral, pendidik harus memperhatikan unsur-unsur moral yakni pengertian atau pemahaman moral, perasaan moral, tindakan moral. Disamping itu program pembelajaran nilai dan moral seharusnya disesuaikan dengan karakteristik dan budaya peserta didik. Penanaman nilai dan moral yang baik bertujuan agar peserta didik mampu berperilaku dan beretika yang benar dan dapat membedakan antara perbuatan salah dan benar. Dengan begitu suatu bangsa akan maju karena berisi generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia.

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
-> Hal-hal yang sering dilakukan oleh peserta didik mengenai penerapan pendidikan nilai dan moral adalah mereka saling tolong menolong terhadap sesama teman, menghormati dan bersikap sopan santun kepada guru, teman, dan yang lainnya. Peserta didik menaati aturan tata tertib, bersikap disiplin, serta patuh terhadap guru.
In reply to First post

Re: Forum 1

Afanin Yuli Safitri 2213053020 གིས-
Nama: Afanin Yuli Safitri
NPM: 2213053020
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?

Pendidik mengajarkan wacana tentang organisasi umum dan tanggung jawab social. Selain itu Pendidik juga bertugas meningkatkan keimanan dan ketaqwaan juga akhlak mulia dalam diri peserta didik. Karena pendidik adalah ujung tombak dalam mewujudkan moral yang baik dalam diri peserta didik, maka guru terlebih dahulu harus bermoral baik pula. Pendidikan moral terhadap diri sendiri penting diberikan kepada peserta didik berkaitan dengan nilai kebersihan diri, kerajinan dalam belajar/bekerja, keuletan, disiplin. Pendidikan moral sesama manusia mencakup nilai-nilai moral sosial seperti kerjasama, toleransi, berlaku adil, jujur, rendah hati, tanggung jawab, dan peduli. Pendidikan moral untuk hubungan manusia dengan alam semesta dapat diberikan dengan menguatkan nilai-nilai keseimbangan alam, menjaga kelestarian alam, tidak merusak alam dan menggunakan kembali barang-barang bekas.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Pendidikan di sekolah harus bisa membangun dan memberikan pembelajaran yang dapat membentuk kepribadian dan moral yang baik dan berfokus memberikan pendidikan moral yang baik. Sekolah perlu membentuk moral yang baik pada peserta didiknya dengan menanamkan nilai – nilai moral dalam setiap pembelajarannya. Peserta didik akan dapat membentuk moral yang baik dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari -hari dan nantinya di masa depan peserta didik dapat menjadi contoh yang baik bagi orang di sekitar mereka.



3. berikan contoh y=hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?

Peserta didik bisa menerapkan pendidikan nilai dan moral dengan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari mulai dari diri sendiri seperti menjaga kebersihan diri dan disiplin. Peserta didik juga menerapkan nilai moral sosial seperti kerjasama, toleransi, jujur, rendah hati, dan bertanggung jawab. Peserta didik juga bisa menjaga lingkungan sekitar dan todak merusaknya.
In reply to First post

Re: Forum 1

ADELIA PRASETIYANI 2213053039 གིས-
Nama : Adellia Prasetiyani
Npm : 2213053039
Kelas : 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?

Jawab: Pendidikan nilai dan moral biasanya diajarkan di sekolah dasar melalui berbagai metode, termasuk:
•Pengajaran Langsung: Guru dapat memberikan pelajaran langsung tentang nilai-nilai moral, seperti kejujuran, kerjasama, dan empati. Mereka dapat menggunakan cerita, contoh, dan diskusi untuk menjelaskan konsep-konsep ini kepada siswa.
•Contoh dari Guru: Guru seringkali menjadi contoh yang baik bagi siswa dalam hal perilaku moral. Mereka harus menunjukkan nilai-nilai positif melalui tindakan mereka sehari-hari.
•Cerita dan Dongeng: Cerita-cerita dan dongeng dapat digunakan untuk mengilustrasikan nilai-nilai moral dan memicu diskusi di kelas.
•Diskusi Kelas: Diskusi di kelas dapat membantu siswa memahami sudut pandang yang berbeda tentang isu-isu moral dan etika. Ini dapat merangsang pemikiran kritis mereka.
•Proyek dan Aktivitas: Proyek-proyek dan aktivitas kreatif dapat digunakan untuk memungkinkan siswa menerapkan nilai-nilai moral dalam situasi nyata. Misalnya, proyek amal atau proyek lingkungan.
•Kegiatan Pengembangan Karakter: Sekolah dapat memiliki program pengembangan karakter yang berfokus pada nilai-nilai moral seperti integritas, tanggung jawab, dan kejujuran.
•Penguatan Positif: Siswa yang menunjukkan perilaku moral yang baik dapat menerima penghargaan atau penguatan positif sebagai insentif.
•Pembelajaran melalui Contoh Negatif: Terkadang, pengajaran nilai-nilai moral juga dapat melibatkan pembelajaran dari contoh-contoh negatif atau konsekuensi dari perilaku yang tidak etis.
•Pendekatan yang digunakan dapat bervariasi di setiap sekolah, tetapi penting bagi pendidikan nilai dan moral untuk menjadi bagian integral dari kurikulum sekolah dasar untuk membantu membentuk karakter dan perilaku positif siswa.


2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?

Jawab: Pendidikan memiliki peran penting dalam mengajarkan nilai dan moral kepada peserta didik. Ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti:

Kurikulum: Sekolah dapat mengintegrasikan pembelajaran nilai dan moral ke dalam kurikulum mereka. Ini bisa dalam bentuk mata pelajaran khusus seperti etika atau melalui pendekatan lintas mata pelajaran yang mengajarkan nilai-nilai dalam konteks pelajaran yang ada.

Pembelajaran karakter: Program-program pembelajaran karakter mengajarkan nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, empati, dan lain-lain. Mereka membantu peserta didik memahami dan menginternalisasi prinsip-prinsip moral.

Contoh dari pendidik: Guru dan staf sekolah memiliki peran penting sebagai contoh bagi peserta didik. Ketika mereka mempraktikkan nilai-nilai yang diinginkan, peserta didik cenderung mengikuti.

Aktivitas ekstrakurikuler: Kegiatan di luar jam pelajaran, seperti klub sosial atau pelayanan masyarakat, dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai yang mereka pelajari dalam situasi dunia nyata.

Diskusi dan refleksi: Mendiskusikan isu-isu moral dan etika, serta merenungkan tindakan dan keputusan, dapat membantu peserta didik mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai dan moral.

Mendukung pengembangan karakter: Pendidikan harus mendorong pengembangan karakter yang positif, seperti kejujuran, toleransi, dan empati. Ini membantu peserta didik menjadi individu yang lebih baik dan anggota masyarakat yang bertanggung jawab.

Kolaborasi dengan orang tua: Sekolah dan orang tua dapat bekerja sama dalam mendidik nilai dan moral. Komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua dapat memperkuat pesan-pesan yang diajarkan di sekolah.

Penting untuk diingat bahwa pendidikan nilai dan moral harus berkelanjutan dan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Ini membantu menciptakan generasi yang lebih sadar nilai, etika, dan moral dalam masyarakat.


3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?

Jawab: Kebijakan Anti-Pelecehan Bullying: Peserta didik dapat mendukung teman-teman mereka yang mengalami pelecehan atau intimidasi di sekolah dengan melaporkan insiden tersebut kepada guru atau staf sekolah.

Partisipasi dalam Kegiatan Sosial: Peserta didik dapat terlibat dalam kegiatan pelayanan masyarakat, seperti membersihkan pantai, mengunjungi panti jompo, atau menggalang dana untuk amal. Ini menunjukkan empati dan rasa tanggung jawab terhadap komunitas.

Kehormatan Akademik: Peserta didik dapat menjaga kejujuran akademik dengan tidak mencontek atau melakukan kecurangan saat ujian atau tugas sekolah.

Respek Terhadap Perbedaan: Peserta didik dapat menunjukkan sikap terbuka dan toleransi terhadap teman-teman yang memiliki latar belakang atau keyakinan yang berbeda, mendorong inklusi sosial di sekolah.

Menolong Sesama: Peserta didik dapat membantu teman sekelas yang mengalami kesulitan dalam pembelaja
In reply to First post

Re: Forum 1

Nola Diva Brilian 2213053199 གིས-
Nama: Nola Diva Brilian
Npm: 2213053199
Kelas: 3G


mahasiswa berikan tanggapan terkait pertanyaan berikut ini.

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Pembelajaran pendidikan nilai dan moral di sekolah dasar, harus dirancang agar sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak tersebut. Menghadirkan materi-materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Tujuan utama adalah untuk membantu mereka memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral sehingga dapat menjadi individu yang bertanggung jawab dan berperilaku baik dalam kehidupan mereka.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Sekolah biasanya memiliki kurikulum yang mencakup pelajaran tentang nilai dan moral. Pendidik mengajar secara langsung tentang nilai-nilai moral seperti kejujuran, kebaikan, keadilan, dan toleransi. Pendidik dan staf sekolah seharus menjadi model perilaku positif bagi peserta didik . Mereka harus menunjukkan nilai-nilai moral dalam tindakan dan kata-kata mereka. Dapat diadakan diskusi tentang dilema moral, contohnya apakah membantu teman yang kesulitan belajar atau melaporkan tindakan tidak benar.
Hal ini membantu speserta didik memahami perbedaan antara benar dan salah serta mengeksplorasi konsep etika dalam kehidupan sehari hari.

3. berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, atau berbagi makanan atau barang dengan yang lain.
Mengucapkan terima kasih, permisi, dan tolong. berbicara jujur dan menghindari berbohong atau menipu, baik kepada guru, teman sekelas, atau orang tua. Menunjukkan empati kepada teman yang sedang bersedih atau kepada orang-orang yang mengalami kesulitan.
In reply to First post

Re: Forum 1

Evinna Winda Merita 2213053297 གིས-
Nama : Evinna Winda Merita
NPM : 2213053297
Kelas : 3G

1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab: Dalam melaksanakan pendidikan bermoral untuk mewujudkan anak SD, pendidikan harns mempu mengembangkan kapasitas peserta didik untuk membuat mereka sadar akan keberadaannya di dunia ini. Prinsip humanisme hams dijunjung secara otentik. Prinsip humanisme yang ada dalam UU Sisdiknas adalah untuk mencapai manusia bermoral, bermartabat, beradab dan berbudi pekerti luhuR

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab : Pendidikan moral dapat dilakukan dengan pendekatan yang bersifat integrated, yaitu dengan melibatkan seluruh disiplin ilmu pengetahuan. Serta harus didukung oleh kemauan, kerjasama yang kompak dan usaha yang sungguh-sungguh dari keluarga, rumah tangga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Yang turut bertanggung jawab terutama mengenai aspek efektifnya melalui mata pelajaran yang diajarkan dan contoh teladan dalam tingkah laku serta perbuatan-perbuatan.

3. Berikan contoh yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab : Contohnya dalam perilaku sehari-hari tidak memaksakan pendapat sendiri di atas kepentingan golongan, dan menghargai pemikiran orang lain yakni sifat toleransi dan saling menghargai kepada masyarakat lainnya
In reply to First post

Re: Forum 1

Farida Juwita 2213053179 གིས-
Nama : Farida Juwita
NPM : 2213053179
Kelas : 3G

1.bagaimana pembelajaran nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
= Pembelajaran nilai dan moral sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Pendidikan nilai dan moral ini disubtitusikan kedalam mata pelajaran berupa pendidikan kewarganegaraan serta pendidikan agama. Dalam mata pelajaran tersebut, mengandung nilai susila atau nilai moral agar dapat dipelajari kemudian diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan.

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
= Pendidikan dapat memberikan pengetahuan terkait pendidikan nilai dan moral melalu berbagai arah, seperti dikemas dalam tujuan sebuah kurikulum, indikator pencapaian dalam pembelajaran, bahkan disubtitusikan kedalam beberapa mata pelajaran.

3. berikan contoh hal yang dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
= Terdapat banyak contoh yang sudah dilakukan oleh peserta didik terkait implementasi pendidikan nilai dan moral, seperti berperilaku sopan santun, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, menolong sesama teman, kerja sama dalam tugas kelompok, jujur, adil dan sikap lainnya.
In reply to First post

Re: Forum 1

NADIA NUR SAFITRI 2213053275 གིས-
Nama : Nadia Nur Safitri
Npm : 2213053275
Kelas : 3G

1. Pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar dapat di implementasikan melalui kegiatan upacara atau acara sekolah acara-acara seperti peringatan Hari Kartini, Hari Pahlawan, atau perayaan hari besar lainnya dapat digunakan sebagai kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, dan sejarah. Kerja kelompok, seperti permainan peran atau proyek kelompok, dapat digunakan untuk mengajarkan kerja sama, toleransi, dan nilai-nilai sosial lainnya. Kemudian dapat melalui contoh kita sebagai seorang pendidik, kita sendiri harus menjadi contoh/teladan yang baik dalam menunjukkan nilai-nilai moral. Tindakan pendidik sehari-hari dapat menjadi contoh bagi peserta didik yang melihatnya. Pembelajaran tersebut dapat membantu siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral yang penting dalam pembentukan karakter mereka.

2. Pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral kepada peserta didik melalui berbagai metode dan komponen dalam kurikulum .Kurikulum Sekolah biasanya memiliki kurikulum yang mencakup pelajaran khusus tentang nilai dan moral. Ini dapat mencakup mata pelajaran seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, atau bahkan pelajaran khusus tentang etika dan moral. Bisa juga dengan contoh nyata, Peserta didik seringkali diberikan contoh nyata dari kehidupan sehari-hari yang menghadirkan dilema moral yang membantu mereka memahami bagaimana nilai-nilai diterapkan dalam situasi nyata serta Pengembangan Karakter,Pendidikan juga berfokus pada pengembangan karakter secara keseluruhan yang mencakup pembelajaran tentang sikap seperti integritas, empati, kejujuran, dan tanggung jawab.Dengan demikian, pendidikan memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai moral, yang membantu peserta didik dalam mengembangkan landasan moral yang kuat untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

3.Beberapa contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik terkait penerapan pendidikan nilai dan moral yaitu Kejujuran, Peserta didik menghindari mencontek atau berbohong saat mengerjakan ujian atau tugas sekolah. Mereka mengakui kesalahan jika terjadi dan tidak berusaha untuk menyalahkan orang lain.Kerja Keras, Peserta didik menunjukkan usaha maksimal dalam pembelajaran mereka. Mereka belajar dengan tekun dan melakukan tugas-tugas mereka dengan sungguh-sungguh.Empati, Peserta didik menunjukkan empati terhadap teman-teman mereka yang mengalami kesulitan atau masalah. Mereka mencoba untuk memahami perasaan orang lain. Toleransi dan Menghormati Perbedaan, Peserta didik menghargai perbedaan budaya, agama, dan pandangan dalam kelompok mereka. Mereka tidak mendiskriminasi atau membully teman-teman yang berbeda.Pendidikan bertujuan untuk membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai ini sehingga dapat dijalani dalam kehidupan sehari-hari mereka.
In reply to First post

Re: Forum 1

Aulia Zahwa Adinda 2213053103 གིས-
Nama: Aulia Zahwa Adinda
NPM:2213053103
Kelas: 3G


1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Winataputra (1987) mengemukakan bahwa untuk membantu pemahaman umum tentang perspektif model pendidikan moral maka terlebih dahulu harus dipahami hubungan antara perhatian /kepedulian (Carring) menilai/mempertimbang kan (Judging), dan tindakan (acting).
Simon,dkk (1972) mengajukan lima model umum yakni:(a) Model Penanaman Moral atau Moral Inculcation, (b) Model Transmisi nilai, (c) Model Tauladan atau Modelin, (d) Model Klarifikasi Nilai, dan (e) Model Klarifikasi Nilai.
Berdasarkan alternatif model sebagaimana dikemukakan di atas, Winataputra (1989) mengelompokkan model-model itu menjadi: (1) Model yang berorientasi pada penalaran moral, (2) Model yang berorientasi pada interaksi sosial, (3) Model yang berorientasi pada pembinaan pribadi, (4) Model yang berorientasi pada sistem perilaku.
Nurfaizah AP, Nurfaizah AP. "Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Moral di Sekolah Dasar." Jurnal Publikasi Pendidikan 7.2 (2017): 102-107.

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Banyak cara untuk memberikan pengetahuan mengenai Pendidikan nilai dan moral dengan cara memberikan pemahaman mengenai pendidikan nilai dan moral agar bisa tersampai ke peserta didik. Contohnya dengan cara mengembangkannya ke dalam materi pembelajaran dan juga pengalaman sosial siswa.

3. Berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Saling tolong menolong, bertoleransi, jujur, Amanah, adil dan bersikap baik.
In reply to First post

Re: Forum 1

Chalistya Syahla Ilham Radinda 2213053262 གིས-
Nama : Chalistya Syahla Ilham Radinda
Npm : 2213053262
Kelas : 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab :
Sekolah Dasar merupakan pendidikan yang awal bagi peserta didik, sehingga para pendidik harus memberikan pendidikan nilai dan moral kepada peserta didik agar kelak di masa yang akan datang sudah mempunyai pengetahuan tentang pendidikan nilai dan moral. Pendidikan nilai dan moral sangat penting bagi peserta didik, tak terkecuali peserta didik di Sekolah Dasar. Dengan diberikannya pendidikan moral bagi peserta didik di SD diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi personal dan social sehingga menjadi warga negara yang baik. Dalam hal ini memiliki tujuan untuk membantu para pendidik khususnya guru untuk menanamkan pendidikan moral di Sekolah Dasar. Pendidikan nilai dan moral memang sangat diharapkan perbaikannya, apalagi dalam dunia pendidikan agar seluruh komponen dalam masyarakat terutama pada dunia pendidikan menjadi lebih baik dan dapat mencetak generai muda yang lebih bermoral.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab :
Dalam dunia pendidikan pembelajaran nilai dan moral menjadi sangat penting untuk menata kepribadian diri seseorang peserta didik tersebut, melalui nilai-nilai moral juga diajarkan dalam pembelajaran moral di dunia pendidikan agar tidak melakukan hal yang dapat merusak moral dari diri seseorang peserta didik untuk menjadi pribadi yang baik. Di sekolah dasar perkembangan pendidikan nilai dan moral tidak pernah beranjak dari nilai nilai luhur yang ada dalam tatanan moral bangsa Indonesia, yang terpapar jelas dalam pancasila sebagai dasar Negara. Pendidikan moral bertujuan sangat mulia yaitu untuk membentuk anak negeri sebagai individu yang beragama, memiliki rasa kemanusiaan dan tenggang rasa demi persatuan menjunjung tinggi nilai nilai musyawarah untuk kerakyatan serta keadilan yang hakiki. Pendidikan moral memang sangat diharapkan perbaikannya. Apalagi dalam dunia pendidikan agar seluruh komponen dalam masyarakat terutama pada dunia pendidikan menjadi lebih baik dan dapat mencetak generasi muda yang lebih bermoral.

3. berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab :
1. Mengajarkan peserta didik untuk selalu mengucapkan tolong, terima kasih dan maaf saat diberi sesuatu atau dibantu oleh orang lain.
2. Membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan. Menghargai pendapat orang lain.
In reply to First post

Re: Forum 1

Wike Oktaviana 2213053194 གིས-
Nama : Wike Oktavian
NPM : 2213053194
Kelas : 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab : pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar yakni dengan disisipkan pada setiap kegiatan atau waktu di lingkungan sekolah baik di dalam jam pembelajaran seperti ajaran untuk saling menerima pendapat ataupun mendengarkan saat pendidik menjelaskan, dan juga di luar jam pembelajaran seperti pada kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini tentunya juga berkaitan dengan adanya tata tertib di sekolah dasar tersebut.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab : pendidikan dapat memberikan pengetahuan nilai dan moral yakni dengan adanya pendidikan itu sendiri maka peserta didik akan lebih mengetahui atau lebih menghargai ilmu yang didapat dari pendidikan tersebut, ilmu yang didapat juga tentu bervariatif salah satunya pasti pendidikan nilai dan moral, maka dengan ini saja peserta didik sudah mulai mendapat pendidikan nilai dan moral dan tentunya selalu di tunjang oleh pendidik yang selalu mendampingi peserta didik dalam proses pendidikannya.

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral!
Jawab : contoh yang sering dilakukan oleh peserta didik yakni selalu menjawab salam dari pendidik dikelas maupun diluar kelas, juga ucapan terima kasih dan lainnya, selain itu peserta didik yang saling menyapa satu sama lain dan juga pendidik, dan juga peserta didik yang melakukan kerja bakti di lingkungan sekolah.
In reply to First post

Re: Forum 1

Fadhila Cahya Ningtyas 2213053271 གིས-
Nama : Fadhila Cahya Ningtyas
Npm : 2213053271
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. Bagaimana pembelajaran Pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab : Pembelajaran pendidikan nilai dan moral memiliki arti penting bagi peserta didik di Sekolah Dasar dalam pembentukan pribadi warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak serta kewajiban menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter seperti yang tercantum dalam UUD 1945 (Depdiknas, 2006:97-104). Pendidikan nilai-nilai dan moral memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk peserta didik maupun sikap dalam berperilaku sehari-hari sehingga diharapkan mampu menjadi pribadi yang lebih baik. Disekolah dasar pendidikan moral dapat diterapkan dengan memberikan contoh secara nyata kepada peserta didik bagaimana cara bersikap yang baik dimulai dari lingkungan yang terkecil. Bermula dari keluarga, pertemanan disekolah dan dirumah, sampai di masyarakat. Pendidik dapat menggunakan berbagai cara dan metode yang menyenangkan agar peserta didik dapat memahami dan mengimplementasikan materi yang diajarkan dalam kehidupan sehari hari.Ada intinya pendidikan moral memiliki tujuan agar peserta didik di sekolah dasar dapat berpikir secara kritis, kreatif, cerdas, dan bertanggung jawab sehingga pendidikan nilai dan moral tidak hanya mengedepankan kemampuan intelektual melainkan juga mengedepankan moralitas peserta didik di sekolah dasar.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab : Pendidikan dapat dikatakan wadah bagi peserta didik untuk menimba ilmu, salah satu pendidikan yang wajib ditempuh peserta didik sejak dini ialah pendidikan nilai dan moral.Disekolah dasar sendiri pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral wajib didapatkan peserta didik sejak masuk sekolah dasar. Pendidik sebagai fasilitator juga berperan penting dalam membantu memfasilitasi peserta didik guna mendapatkan pengetahuan yang terus meningkat mengenai pendidikan nilai dan moral. Dikelas rendah pembelajaran pkn harus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik di usianya, misalnya dalam materi menghormati keluarga pendidik dapat memberikan contoh menggunakan media yang mudah dipahami peserta didik seperi gambar keluarga ata video animasi yang menarik.

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?

Jawab : Ada banyak contoh penerapan pendidikan nilai dan moral disekolah dasar, hal hal yang sering dilakukan oleh peserta didik dapat dimulai dari hal sederhana seperti bersalaman kepada orang tua dan guru sebelum dan sesudah pulang sekolah. Peserta didik juga harus diajarkan saling menyapa dan bersikap baik kepada teman sesama juga menghormati yang lebih tua. Dalam menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik diajarkan untuk mengikuti upacara setiap senin dan menyanyikan lagu wajib nasional sebelum pembelajaran dimulai. Dalam menanamkan nilai religius kepada peserta didik, sebelum pembelajaran dimulai peserta didik dihimbau untuk berdoa sebelum dan setelah melakukan pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum 1

Silvia Novi Fitriana 2213053062 གིས-
Nama : Silvia Novi Fitriana
Npm : 2213053062
Kelas : 2G

1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawaban : Pendidikan nilai dan moral di Sekolah Dasar dapat dilakukan melalui pembelajaran, ekstra kurikuler dan melalui budaya sekolah. Dalam penguatan nilai dan moral peserta didik dikelas maupun diluar kelas dapat dilakukan dengan cara menetapkan tata tertib, mengadakan upacara bendera setiap hari senin guna meningkatkan rasa cinta tanah air anak terhadap bangsa, serta memberikan ilmu pengetahuan yang mengutamakan moral, karakter, sikap, etika dan tingkah laku sesuai dengan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

2. Bagaimana pendidik memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang di ajarkan pada peserta didik?
Jawaban : Salah satu peran pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan mengajarkan sopan santun. Jika peserta didik melakukan hal yang kurang pantas, sebagai pendidik jangan langsung menghakimi dan langsung memberikan label pada siswa tersebut. Dekati peserta didik kemudian koreksi tindakan tersebut dengan cara yang baik karena kadang kala bukan peserta didik sengaja bertindak tidak sopan, tetapi mereka belum tahu caranya bertindak secara sopan santun. Dari situlah kita sebagai pendidik memberikan sedikit pengajaran mengenai nilai sopan santun kepada peserta didik untuk dapat diimplementasikan kedepannya.

3. Berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawaban : Contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, melaksanakan piket kelas sesuai jadwal yang telah ditentukan, datang ke sekolah tepat pada waktunya.
In reply to First post

Re: Forum 1

RAMADYA VINTIKA LARAS 2213053264 གིས-
Nama : Ramadya Vintika Laras
Npm : 2213053264
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawaban :
Pembelajaran Sekolah Dasar merupakan pendidikan formal yang bisa membangun peserta didik yang
bermoral. Karena Sekolah Dasar merupakan pendidikan yang awal bagi peserta didik,
sehingga para pendidik harus memberikan pendidikan moral kepada peserta didik agar kelak di
masa yang akan datang . Peserta didik harus menguasai pengetahuan tentang pendidikan moral dan menerapkannya dilingkungan sekitar.
Pendidikan Moral sangat penting diberikan kepada anak Sekolah Dasar . Pendidikan moral
bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku peserta didik agar dapat berfikir secara kreatif , kritis , dan bertanggung jawab sehingga peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya .

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarkan pada peserta didik?

Jawaban :

Pendidikan nilai dan moral sangat penting kepada anak Sekolah Dasar , Terutama di masa sekarang dimana pengaruh teman atau media sosial sangat besar. Sehingga peserta didik menjadi lupa sopan santun dan memiliki moral yang kurang baik. Oleh karna itu Pendidik harus mengajarkan peserta pendidik yang sopan dan santun serta memiliki moral yang baik . Pendidik dapat memberikan pemahaman mengenai pendidikan nilai dan moral misalnya bersikap jujur kepada orang lain .


3. Berikan contoh hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?

Jawaban:
Contoh hal yang sering di lakukan oleh peserta didik tentang penerapan nilai dan moral seperti:
- Bersikap sopan santun dengan sesama teman
- Saling bertoleransi dengan sesama teman yang berbeda agama , ras , dan budaya
- Menghormati dengan orang yang lebih tua
- Mengikuti upacara bendera pada setiap hari senin
- Menaati tatatertib di sekolah
In reply to First post

Re: Forum 1

RILIAN TSABITHA SURI 2213053141 གིས-
Nama: Rilian Tsabitha Suri
NPM: 2213053141
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab: Dalam pembelajaran nilai moral ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
agar pembelajaran nilai dapat efektif yaitu perbuatan dan pembiasaan. Oleh karena
dengan perbuatan anak SD (peserta didik) dapat secara langsung melakukan
pengulangan perbuatan agar menjadi kebiasaan.
Interaksi antara panutan yang memberi keteladanan pada peserta didik dan kondisi lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran nilai moral sangat
menguntungkan untuk transfer nilai melalui saling membagi dalam pengalaman.
Guru yang baik juga dapat mengerti perasaan, pemahaman, jalan pikiran peserta
didik dan mereka diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan sekaligus dapat memberi jalan keluar dalam pergumulan pemilihan nilai budi pekerti yang ada
tanpa mengindoktrinasi.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab: Pendidikan tidak semata-mata mentrasfer ilmu pengetahuan kepada
peserta didik, tetapi juga mentransfer nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan
yang bersifat universal. Dengan transfer moral bersifat universal, diharapkan peserta
didik dapat menghargai kehidupan orang lain tercermin dalam tingkah laku serta aktualisasi diri, semenjak usia SD hingga kelak dewasa menjadi warga negara yang
baik. Dengan diberikannya pendidikan moral bagi anak SD diharapkan dapat
merubah perilaku anak, sehingga peserta didik jika sudah dewasa lebih
bertanggung jawab dan menghargai sesamanya dan mampu menghadapi
tantangan jaman yang cepat berubah

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab: Beberapa contoh perilaku penerapan nilai dan moral dalam pendidikan dan pembelajaran di SD oleh peserta didik seperti: Mematuhi tata tertib sekolah dengan penuh kesadaran, memelihara ketertiban dan kebersihan sekolah, bersikap santun dan hormat terhadap sesama warga sekolah, rajin belajar dengan penuh kesadaran, memahami dan menyadari akan tugas tanggung jawab di sekolah, konsekuen dan tanggung jawab terhadap peraturan yang berlaku di sekolah.
In reply to First post

Re: Forum 1

Annisa Fadillah Quraini 2253053026 གིས-
Nama: Annisa Fadillah Quraini
NPM: 2253053026

1. Pendidikan nilai dan moral di sekolah dasar dapat diajarkan melalui berbagai cara yang relevan dengan perkembangan anak-anak. Seperti Kisah dan Literatur dengan menggunakan cerita pendek, buku anak-anak, atau dongeng moral cara ini efektif untuk mengilustrasikan nilai-nilai moral. Setelah membaca cerita, pendidik bisa mengajukan pertanyaan reflektif untuk mendorong diskusi.
2. Pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral kepada peserta didik, salah satunya melalui Pengajaran Langsung. Pendidik secara aktif mengajar nilai-nilai moral kepada peserta didik dengan menjelaskan konsep-konsep moral, etika, dan prinsip-prinsip moral, serta memberikan contoh konkret tentang bagaimana nilai-nilai ini berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
3. Adapun contoh tindakan atau perilaku yang sering dilakukan oleh peserta didik dalam penerapan pendidikan nilai dan moral, yaitu berbicara jujur, ber empati terhadap perasaan orang lain, bekerja sama, toleransi, membantu sesama, dan memperdulikan lingkungan.
In reply to Annisa Fadillah Quraini 2253053026

Re: Forum 1

DEVI KELANA RINDU BINTARA 2213053095 གིས-
Nama: DEVI KELANA RINDU BINTARA
NPM: 2213043095
Kelas : 3G

Pertemuan 2
Forum 1
1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Modernisasi tidak selalu membawa perubahan yang lebih baik, contohnya yaitu terjadinya degradasi moral yang tampak pada perilaku generasi muda sekarang dengan maraknya pemberitaan tawuran pelajar yang berujung kematian. Hal ini menjadi tanggung jawab orang tua karena kurangnya perhatian yang cukup untuk anak melalui edukasi nilai dan moral. Padahal, salah satu cara menanamkan nilai dan moral pada anak disampaikan melalui kegiatan storytelling atau mendongeng, yang sudah mulai jarang dilakukan para orang tua. Di sisi lain, perkembangan media komunikasi visual (berwujud cetak dan digital) menciptakan peluang guna menyampaikan nilai dan moral dengan pendekatan storytelling. Dengan menjabarkan kandungan nilai dan moral dari cerita, hal ini bisa menjadi terobosan guna menghidupkan kembali budaya storytelling yang telah ditinggalkan.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Kita sebagai calon peserta didik tentunya tidak menginginkan peserta didik nya memiliki sifat yang tidak baik, artinya kita harus menanamkan sifat positif/kebaikan kepada peserta didik kita. dapat di contohkan "harus membuang sampah pada tempatnya", "jika lewat di depan orang yang lebih tua harus permisi" dll.

3. berikan contoh y-hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Menerapkan sifat 5S yaitu salam senyum sapa sopan dan santun, karena jika peserta didik sudah menerapkan sifat tersebut di dalam dirinnya pastinya akan mempunyai etika yang baik.
In reply to First post

Re: Forum 1

Aura Fitria Ananda 2213053094 གིས-
Nama : Aura Fitria Ananda
NPM : 2213053094
Kelas : 3G

1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab : 
Pembelajaran pendidikan nilai dan moral selain di ajarkan di dalam keluarga, juga di ajarkan di sekolah. Pendidik harus menjadi salah satu contoh yang baik untuk peserta didiknya dan memberi arahan untuk sesama individu agar saling menghargai, bersikap rendah hati, jujur, bertanggung jawab atas setiap perbuatan. Hal tersebut dapat membantu peserta didik untuk menjadi individu yang mempunyai nilai moral yang baik di lingkungan masyarakat.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab :
Ada banyak cara untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral kepada peserta didik, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :
Pendidik : Pendidik dan staf sekolah harus menjadi contoh bagi peserta didiknya. Ketika mereka mempraktikkan nilai dan moral yang baik pasti peserta didik akan cenderung mengikuti apa yang mereka lihat.
Kegiatan Diskusi : Setiap kegiatan diskusi pasti terdapat beberapa peserta yang menyampaikan pendapat berbeda-beda, dari hal tersebut peserta didik bisa menerapkan sikap saling menghargai yaitu menerima setiap masukan atau pendapat dari peserta didik lainnya.

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab : 
Contoh sederhananya yaitu peserta didik harus saling menghargai pendapat antar peserta didik lainnya, menerapkan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, santun. Mengucapkan kata “tolong” dan “terimakasih” setiap meminta ataupun menerima bantuan dari orang lain.
In reply to First post

Re: Forum 1

Ricca Tri Fadillah 2213053161 གིས-
Nama:Ricca Tri Fadillah
Npm:2213053161
Kelas:3G

1.pembelajaran pendidikan nilai dan moral yang diajarkan di sekolah dasar dapat dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan terkait nilai nilai moral seperti keadilan, kejujuran, sikap toleransi, serta sikap bertanggung jawab.Dengan memberikan pengetahuan terkait nilai nilai tersebut diharapkan peserta didik dapat berakhlak mulia serta memiliki karakter yang baik.

2. pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarkan pada peserta didik dengan cara memberikan pengetahun terkait nilai nilai moral serta memberikan Fasilitas yang dapat digunakan peserta didik agar dapat merealisasikan nilai-nilai moral dalam dirinya baik secara individu maupun berkelompok.contoh dalam aspek agama yakni dengan adanya masjid yang nantinya akan digunakan peserta didik dan pendidik untuk meningkatkan nilai nilai agama dalam dirinya.

3.Contoh yang dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral seperti, Peserta didik yang menghormati guru, Peserta didik yang jujur ketika melaksanakan ujian sekolah,peserta didik yang menghargai perbedaan antar teman.
In reply to First post

Re: Forum 1

Andika Purbaya 2213053169 གིས-
Nama : Andika Purbaya
Npm : 2213053169
Kelas : 2G

Jawaban :

1. Pembelajaran Pendidikan nilai dan moral yang biasanya diajarkan di sekolah dasar melalui berbagai metode dan pendekatan, seperti guru menggunakan cerita atau contoh-contoh di kehidupan sehari-hari untuk mengilustrasikan nilai-nilai seperti jujur, kerja sama dan kasih sayang. Lalu, melalui materi kurikulum materi yang terkait dengan nilai dan moral dapat di masukkan ke dalam kurikulum pelajaran seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, atau bahkan mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia atau Sastra.


2. Pendidikan memiliki peran penting dalam mengajarkan nilai dan moral kepada peserta didik. Pendidikan memberikan pengetahuan mengenai nilai dan moral yang utama menggunakan Kurikulum: Sekolah seringkali memiliki kurikulum yang mencakup mata pelajaran tentang etika, moral, dan nilai-nilai. Ini dapat termasuk pelajaran agama, pendidikan kewarganegaraan, atau bahkan mata pelajaran yang secara khusus mengajarkan tentang etika dan moral. Guru , guru dapat menjadi model peran yang kuat dalam pembelajaran moral. Mereka harus mengamalkan dan menunjukkan nilai-nilai yang diinginkan kepada peserta didik.


3. Contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik dalam penerapan pendidikan nilai dan moral:
1. Peserta didik Menunjukkan sikap sopan santun dalam berinteraksi dengan guru, teman sekelas, dan orang lain, seperti menyapa, mengucapkan salam dan berbicara dengan tutur kata yang baik.
2. Membantu teman yang sedang mengalami kesulitan dalam belajar atau juga membutuhkan bantuan.
3. Mematuhi peraturan di sekolah
4. Menunjukkan sikap disiplin dan jujur seperti rajin mengerjakan tugas dan berangkat tepat waktu.
In reply to First post

Re: Forum 1

Safira Sita Salsabilla 2213053027 གིས-
Nama: Safira Sita Salsabilla
NPM: 2213053027
Kelas: 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab: Pendidikan nilai dan moral sangat penting diterapkan di sekolah dasar karena jiwa bersosialisasi yang baik tepat diajarkannya pada saat peserta didik sekolah di sekolah dasar karena peserta didik harus diberi pemahaman akan pentingnya nilai dan moral sejak dini. Penerapan nilai dan moral tersebut dapat dimulai dari pendidik memberikan pemahaman dan mengajarkan secara nyata tentang perbuatan baik dan buruk dilingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki pedoman atau acuan dalam bersosialisasi dan bertingkah laku sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab: Pendidikan dipercaya sebagai sarana untuk mengenalkan diri dan menanamkan nilai dan moral kepada peserta didik. Pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral melalui penanaman pendidikan nilai dan moral dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, sekolah menengah, dan perguruan tinggi yang dapat diterapkan dalam berbagai metode dan diimplementasikan dalam kehidupan nyata.
Salah satu bagian dari sekolah yang menjadi sarana pendidikan nilai dan moral adalah tata tertib sekolah. Pengenalan nilai dan moral pada mata pelajaran membutuhkan upaya optimal untuk menjaga ketertiban. Sehingga aturan yang dibuat tidak hanya legal secara formal, tetapi membutuhkan moralitas yang harus diikuti tentangnya.

3. Berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab: Contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral yaitu:
A. Peserta didik mematuhi tata tertib sekolah
B. Peserta didik melaksanakan 5S (Senyum, sapa, salam, sopan, dan santun) kepada guru, kepala sekolah, dan sesama teman
C. Peserta didik menjaga fasilitas sekolah dan tidak merusaknya
D. Peserta didik berlaku jujur
E. Peserta didik memiliki sikap saling memiliki sehingga tidak saling membully atau menyakiti teman
F. Peserta didik mengerti bahwa perbedaan adalah hal yang tak terhindarkan sehingga tidak membeda-bedakan dalam bergaul
In reply to First post

Re: Forum 1

DINDA MULIA SAPUTRI 2253053042 གིས-
Nama : Dinda mulia saputri
Npm : 2253053042
1.Dalam pembelajaran nilai moral ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Agar pembelajaran nilai dapat efektif yaitu perbuatan dan pembiasaan. Oleh karena Dengan perbuatan anak SD (peserta didik) dapat secara langsung melakukan pengulangan perbuatan agar menjadi kebiasaan.Interaksi antara panutan yang memberi keteladanan pada peserta didik dan Kondisi lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran nilai Moral Sangat Menguntungkan untuk transfer nilai melalui saling membagi dalam pengalaman. Guru yang baik juga dapat mengerti perasaan, pemahaman, jalan pikiran peserta Didik dan mereka diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan sekaligus dapat Memberi jalan keluar dalam pergumulan pemilihan nilai budi pekerti yang ada Tanpa mengindoktrinasi. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap materi pembelajaran nilai,Peserta didik dapat memilih berbagai altematif nilai yang ada dan mengamalkan Sebagai ujud aktualisasi diri. Guru sebagai panutan yang meberi hidupnya bagi Peserta didik diharapkan dapat merefleksi diri melalui perasaan dan pikirannya Setelah merenung dan mendapat masukan. Dan oleh karena itu peserta didik harus Menanamkan 10 nilai moral yaitu nilai religius, nilai Sosialitas, nilai gender, nilai keadilan, nilai demokrasi, nilai kejujuran, nilai Kemandirian, nilai daya juang, nilai tanggungjawab, dan nilai penghargaan terhadap Lingkungan. Adapun cara untuk menanamkan nilai-nilai tersebut adalah dengan Menyisipkan ke semua mata pelajaran yang diajarkannya, melalui lingkungan Sekolah dan kerjasama dengan orang tua. Disamping itu siswa di SD Negeri Lampeuneurut mempunyai tingkah laku yang baik karena sudah mengetahui Beberapa nilai-nilai moral dan memudahkan guru untuk melanjutkannya.

2.berperan dalam menanamkan nilai-nilai moral (1) sikap saling menghargai, (2) kejujuran, (3) sikap rendah hati, dan (4) tanggungjawab. Oleh karena itu pendidik menggunakan metode bercerita, Metode bercerita adalah penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita, dalam proses pelaksanaanya dilakukan secara terus menerus sehingga anak dapat dengan mudah memahami dan menanamkan nilai-nilai yang baik.
3. Peserta didik pembiasaan berdoa sebelum memulai pelajaran, baik siswa pandai atau kurang pandai, mengajarkan untuk saling menghargai dalam menghadapi perbedaan pendapat, mengajarkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab siswa sendiri, mengajarkan keberanian dan sportivitas.
In reply to First post

Re: Forum 1

AULIA MAHARANI PUTRI 2213053010 གིས-
Nama : Aulia Maharani Putri
Npm : 2213053010
Kelas : 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Pembelajaran pendidikan nilai dan moral di sekolah Dasar perlu diterapkan kepada peserta didik untuk membentuk karakter dan pribadi peserta didik dan membangun generasi bangsa yang berkualitas di masa yang akan datang, pembelajaran Pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar sebab sejak usia dini adalah saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan nilai serta moral anak.
2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarkan pada peserta didik melalui Kurikulum sekolah yang mencakup mata pelajaran khusus untuk pendidikan nilai dan moral contoh nya seperti pendidikan kewarganegaraan dan bisa juga pendidik memberikan pengajaran tentang nilai dan moral pada saat belajar berlangsung yaitu dengan cara melakukan diskusi ataupun ceramah.
3. berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral yaitu :
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menghormati temannya yang berbeda keyakinan
3. Bertanggung jawab
4. Jujur dalam berbicara
5. Mentaati peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah
In reply to First post

Re: Forum 1

Dinda Kusumawati Subagio 2253053016 གིས-
Nama: Dinda Kusumawati Subagio
Npm: 2253053016
Kelas: 3G

1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab: Dalam pembelajaran nilai moral ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pembelajaran nilai dapat efektif yaitu perbuatan dan pembiasaan. Oleh karena dengan perbuatan anak SD (peserta didik) dapat secara langsung melakukan pengulangan perbuatan agar menjadi kebiasaan.
Pendididikan moral di sekolah dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk membentuk peserta didik memiliki moral yang luhur, berakhlak mulia, agar kelak berguna bagi bangsa dan negara. Program pendidikan moral diwujudkan terintegrasi dalam semua pelajaran yang ada, agar mengahasilakan warga negara yang baik (Romi Taofeqoh, 2007; 5).

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab: Pendidikan moral dapat dilakukan dengan pendekatan yang bersifat integrated, yaitu dengan melibatkan seluruh disiplin ilmu pengetahuan. Serta harus didukung oleh kemauan, kerjasama yang kompak dan usaha yang sungguh-sungguh dari keluarga, rumah tangga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Yang turut bertanggung jawab terutama mengenai aspek efektifnya melalui mata pelajaran yang diajarkan dan contoh teladan dalam tingkah laku serta perbuatan-perbuatan.

3. Berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab: Contohnya seperti berdoa sebelum memulai pelajaran, saling tolong menolong sesame manusia, menghargai perbedaan pendapat orang lain.
In reply to First post

Re: Forum 1

LATIFA NURMALA 2213053166 གིས-
Nama : Latifa Nurmala
Npm : 2213053166
Kelas : 3G

1. Bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?

Jawab: Pembelajaran pendidikan nilai dan moral di sekolah dasar biasanya diajarkan melalui berbagai pendekatan dan kegiatan yang disesuaikan dengan perkembangan anak-anak. Di sini pendidik bisa menggunakan cerita dan dongeng untuk mengilustrasikan nilai-nilai moral. Melalui cerita, anak-anak dapat belajar tentang karakter, keputusan, dan konsekuensi dari tindakan yang baik atau buruk. Selain itu, pendidik juga harus mampu menciptakan lingkungan belajar di sekolah seperti lingkungan kehidupan dalam keluarga. Kasih sayang dan kepedulian seorang ibu kepada anaknya dalam kehidupan keluarga, harus dapat diterapkan dalam kehidupan di kelas. Karena peran orang tua dalam menanamkan pendidikan moral akan berdampak positif terhadap tingkah laku peserta didik di sekolah.

2. Bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab : Melalui kurikulum, sekolah biasanya memiliki kurikulum yang mencakup mata pelajaran atau pembelajaran khusus yang berfokus pada pendidikan nilai dan moral. Ini dapat mencakup pelajaran etika, kebijakan sekolah terkait perilaku, atau bahkan mata pelajaran agama atau kajian kewarganegaraan yang membahas nilai-nilai moral. Program pendidikan memiliki pendekatan khusus yang disebut "pendidikan karakter" yang secara khusus menekankan pembentukan karakter dan pengembangan nilai-nilai moral dalam siswa.

3. Berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab : Pertama mengenai kejujuran, peserta didik tidak mencontek atau berbohong dalam tugas atau ujian, serta mengakui kesalahan mereka jika mereka melakukan pelanggaran. Lalu, biasanya peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan amal untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti penggalangan dana untuk amal atau kegiatan lingkungan. Peserta didik yang mengikuti peraturan sekolah dan tata tertib kelas, termasuk tata tertib berpakaian dan jadwal pelajaran adalah contoh penerapan pendidikan nilai dan moral.
In reply to First post

Re: Forum 1

MIFTAHUL JANNAH 2253053012 གིས-
Nama : Miftahul Jannah
Npm : 2253053012
Kelas :3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
• Pendidikan nilai moral di sekolah dasar perlu dilaksanakan secara bersungguh-sungguh agar dapat membangun generasi bangsa yang berkualitas.
Dengan pembelajaran pendidikan moral bagi anak SD dapat
merubah perilaku peserta didik, sehingga peserta didik lebih bertanggung jawab,menghargai sesamanya dan mampu menghadapi
tatangan pada zaman yang sekarang ini.


2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik? •Pendidik dapat mencontohkan dan menerapkan perilaku moral yang konsisten dan menghormati nilai nilai yang di ajarkan kepada peserta didik. Menerapkan juga untuk selalu bilang kata maaf dan terimakasih.
para pendidik perlu mempelajari strategi yang digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai baik kepada peserta didik baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.


3. Berikan contoh hal yang ering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
•terdapat contoh yang sering di lakukan oleh peserta didik seperti salim kepada orang tua/guru, menyapa teman nya dan selalu ramah.
In reply to First post

Re: Forum 1

Nura Assyifa 2213053134 གིས-
Nama : Nura Assyifa
NPM : 2213053134
Kelas : 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawaban:
Dalam menanamkan pendidikan nilai dan moral kepada peserta didik, seorang pendidik dapat memberikan pembelajaran yang mengandung nilai dan moral dalam setiap pembelajarannya. Diharapkan juga pembelajaran dapat menyenangkan agar menarik perhatian peserta didik, Selain
peserta didik belajar ilmu pengetahuan dan secara tidak langsung peserta didik mendapat
pendidikan moral selama proses pembelajarannya. Jika hal tersebut diterapkan di Sekolah Dasar maka peserta didik akan dapat membentuk moral yang baik dan dapat menerapkannya di
kehidupan sehari -hari serta memiliki karakter yang baik pula.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawaban:
Dalam sekolah peran seorang pendidik sangat penting dalam menanamkan pendidikan nilai dan moral kepada peserta didik. Seperti pada nilai kebersihan diri, kerajinan dalam belajar, keuletan, disiplin
waktu. Pendidikan moral sesama manusia dengan nilai-nilai moral sosial seperti bekerjasama,
toleransi, berlaku adil, jujur, rendah hati, tanggung jawab, dan peduli. Pendidikan moral untuk
hubungan manusia dengan alam semesta dapat diberikan dengan menguatkan nilai-nilai
keseimbangan alam, menjaga kelestarian alam, tidak merusak alam dan menggunakan kembali
barang-barang bekas (daur ulang) dalam bentuk yang baru. Pendidikan moral untuk hubungan
manusia dengan Tuhan YME.

3. berikan contoh yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawaban:
Contoh nilai dan moral yang diterapkan peserta didik yaitu, membantu temannya yang kesulitan mengerjakan tugas, mengerjakan tugas piket kebersihan sesuai jadwalnya, menyapa dan bersalaman jika bertemu dengan guru, ikut berpartisipasi dan berdiskusi dalam kegiatan kelompok, patuh kepada orang tuanya dan selalu menjalani rutinitas ibadahnya.
In reply to First post

Re: Forum 1

KHAIRANI ULYA 2213053115 གིས-
Nama : Khairani Ulya
NPM : 2213053115
Kelas : 3G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab:
Dalam rangka untuk memberikan nilai positif bagi peserta didik maka pelaksanaan penguatan pendidikan karakter perlu disupport oleh keteladanan, pengajaran dan penguatan. Dari sisi keteladanan,  dimana guru,  orang tua atau anggota masyarakat dapat menjadi panutan / model positif bagi peserta didik,  sedangkan dari sisi pengajaran, guru dan keluarga mengajarkan karakter / nilai-nilai yang baik serta menggabungkan pengetahuan akademik dengan nilai-nilai kearifan lokal, dan yang lebih penting juga dari sisi penguatan dimana sekolah dan keluarga harus dapat meningkatkan atau memperkuat karakter dan nilai – nilai yang baik dengan kegiatan pendukung di luar sekolah,  di luar  rumah, maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Terutama pada jenjang SD yang menerapkan kurikulum 2013, tujuan Kurikulum 2013 adalah mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Pendidik juga harus menanamkan nilai-nilai pancasila pada diri peserta didik agar terbentuk karakter yang religius, cinta tanah air, dan berbudi pekerti.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab:
Ada banyak cara pendidikan untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral, contohnya yaitu dengan penanaman nilai-nilai pancasila pada diri peserta didik melalui pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan penanaman nilai dan moral melalui pelajaran Pendidikan Agama di sekolah.

3. Berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Dalam penerapan nilai dan moral dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik menerapkan setidaknya dalam 3 aspek yaitu, dalam menerapkan nilai dan moral terhadap diri sendiri seperti belajar, disiplin waktu, dan kebersihan diri. Yang kedua, terhadap oranglain seperti saling menghormati sesama, toleransi, tolong menolong, dan rukun dengan keluarga juga sesama. Yang ketiga yaitu terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan nilai yang tertanam dalam sila pertama.
In reply to First post

Re: Forum 1

SELVIA NUR SAQINAH 2213053193 གིས-
Nama: Selvia Nur Saqinah
Npm: 2213053193
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab:
Guru dapat memberikan contoh yang baik dengan menunjukan perilaku moral yang konsisten dan menghormati nilai-nilai yang diajarkan pada peserta didik. Hal ini melibatkan sikap empati, keadilan, kerja sama, rasa hormat, dan integritas dalam interaksi sehari-hari dengan peserta didik. Guru juga dapat memberikan pesan moral saat pelaksanaan pembelajaran di sekolah

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
dalam pelaksanaan pembelajaran guru dapat menyelipkan pesan moral yang harus di lakukan peserta didik, lalu dapat juga dengan mengajarkan murid dengan kejujuran saat mengerjakan tugas

3. berikan contoh hal yang sering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
berempati ketika ada temannya yang terkena musibah dengan memberi sumbangan seiklasnya, berbagi kepada teman, menaati peraturan yang berlaku di sekolah, mengerjakan tugas rumah sebagi bentuk tanggung jawab menjadi peserta didik
In reply to First post

Re: Forum 1

Mutiara Deva Gusti 2213053135 གིས-
Nama : Mutiara Deva Gusti
Npm : 2213053135
Kelas : 2G

1. bagaimana pembelajaran pendidikan nilai dan moral diajarkan di sekolah dasar?
Jawab
Adapun cara untuk melakukan pembelajaran Pendidikan nilai dan moral agar bisa diajarkan di sekolah dasar yaitu dengan menggunakan berbagai cara contohnya dengan cerita dan dongeng, dengan cara ini seorang guru menceritakan kisah-kisah yang bermoral untuk mengilustrasikan kepada peserta didik nilai-nilai kebaikan seperti belajar jujur dan tolong-menolong. Ataupun bisa dengan cara seorang guru yang menunjukkan atau mempraktikkan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

2. bagaimana pendidikan memberikan pengetahuan mengenai pendidikan nilai dan moral yang diajarakan pada peserta didik?
Jawab :
Pendidik memberi stimulus agar anak didik memberi respon sesuai dengan keinginan pendidik, dan dengan stimulus, respon itu anak didik diberi classical conditioning untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih kondusif. Agar tujuan pendidikan moral dapat tercapai, pendidik dapat memberi hadiah kepada anak didik yang berhasil dan hukuman bagi yang gagal, namun dalam koridor memanusiakan manusia. Proses stimulus dan respon dalam pendidikan moral harus diberikan terus menerus dan terprogram, sehingga anak SD akan memiliki habitus (pendidikan yang merubah perilaku) dalam mewujudkan manusia Indonesia yang bermoral.

3. berikan contoh y=hal yangsering dilakukan oleh peserta didik tentang penerapan pendidikan nilai dan moral?
Jawab
Contoh yang dilakukan oleh peserta didik terhadap penerapan pendidikan nilai dan moral yaitu tolong menolong Sesama teman jadi peserta didik sehingga mereka memberikan bantuan kepada teman yang membutuhkan, seperti menolong temen yang sedang terjatuh atau memberikan dukungan moral kepada teman yang sedang menghadapi masalah.