Forum 1

Forum 1

Forum 1

Number of replies: 35

berikan pendapat kalian pada forum diskusi berikut ini.

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

In reply to First post

Re: Forum 1

Rohmah Shela Saputri 2213053112 གིས-
Nama: Rohmah Shela Saputri
NPM: 2213053112
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
Pendidikan nilai dan moral adalah aspek penting dalam perkembangan individu maupun masyarakat.
Pendidikan nilai dan moral menurut para Ahli diantaranya sebagai berikut:

1. Lawrence Kohlberg
Lawrence Kohlberg mengembangkan Teori Perkembangan Moral yang menguraikan tahapan perkembangan moral individu dari tingkat pramoral hingga tingkat etika prinsip-prinsip universal. Pendidikan nilai dan moral dapat membantu individu mencapai tahap moral yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan perspektif etika.

2. Jean Piaget
Jean Piaget memandang moral sebagai hasil perkembangan kognitif. Pendidikan nilai dan moral harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak, sehingga mereka dapat memahami nilai dan norma sosial dengan lebih baik.

3. Lawrence Walker
Lawrence Walker menekankan pentingnya pengembangan karakter dan etika dalam pendidikan. Lawrence Walker berpendapat bahwa pendidikan nilai dan moral harus mencakup pembelajaran mengenai nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, serta empati.

4. John Dewey
John Dewey menyatakan bahwa pendidikan harus membantu individu memahami nilai-nilai sosial dan berpartisipasi dalam masyarakat. Pendidikan nilai dan moral harus menggabungkan pengalaman praktis dan refleksi untuk mengembangkan pemahaman moral.

5. Viktor Frankl
Viktor Frankl mengemukakan bahwa manusia mempunyai potensi untuk mencari makna dalam hidup. Pendidikan nilai dan moral harus membantu individu menemukan makna dalam tindakan mereka dan mendorong mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang mereka yakini.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Dari pendapat atau teori para ahli maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan nilai dan moral berfokus pada pengembangan karakter, etika, dan pemahaman nilai-nilai yang akan membentuk perilaku individu dalam masyarakat. Yang melibatkan pemahaman, refleksi, dan pengamalan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to First post

Re: Forum 1

Ivo Yuniarta 2213053231 གིས-
Nama: Ivo Yuniarta
NPM: 2213053231
Kelas: 2G
Prodi: PGSD 

1. menjelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Menurut beberapa ahli tentang pendidikan nilai dan moral:
-Jean Piaget: Pendidikan nilai dan moral harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak agar mereka dapat memahami nilai-nilai dan norma sosial dengan lebih baik.
-Lawrence Kohlberg: Pendidikan nilai dan moral harus membantu individu mencapai tahapan perkembangan moral yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan perspektif etika.
-Lawrence Walker: Pendidikan nilai dan moral harus menekankan pengembangan karakter dan etika, termasuk nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, dan empati.
-Viktor Franky: Pendidikan nilai dan moral harus membantu individu menemukan makna dalam tindakan mereka dan mendorong mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang mereka yakini.
-John Dewey: Pendidikan nilai dan moral harus mengintegrasikan pengalaman praktis dan refleksi untuk membantu individu memahami nilai-nilai sosial dan berpartisipasi dalam masyarakat.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Terkait pendidikan nilai dan moral rangkumannya adalah bahwa pendidikan nilai dan moral bertujuan untuk mengembangkan karakter, etika, dan pemahaman nilai-nilai yang akan membentuk perilaku individu dalam masyarakat. Nilai moral adalah bagian dari kebajikan, dan bahwa orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak dengan cara yang tepat. Orang yang memiliki izin akan selalu bertindak demi kebaikan orang lain, bukan hanya demi kepentingan dirinya sendiri. Ini melibatkan pemahaman, refleksi, dan pengamalan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai perkembangan moral yang lebih tinggi dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum 1

Afanin Yuli Safitri 2213053020 གིས-

Nama: Afanin Yuli Safitri
NPM: 2213053020
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

a. Aristotle berpendapat bahwa nilai-nilai moral merupakan bagian dari kebajikan, dan orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak dengan cara yang tepat. Menurutnya, orang yang punya kebajikan akan selalu bertindak demi kebaikan orang lain, bukan demi kepentingan diri sendiri
b. Lawrence Walker, pendidikan nilai harus mempromosikan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai moral melalui diskusi, pemecahan masalah, dan pemodelan peran.
c. Jean Piaget berpendapat bahwa pendidikan moral harus memahami bagaimana anak-anak berkembang secara kognitif dan moral seiring waktu.
d. John Rawls memiliki bahwa nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan semua orang dengan adil dan sama.

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Pendidikan moral merupakan suatu program pendidikan yang mengorganisasikan dan menyederhanakan sumber-sumber moral dan disajikan dengan pertimbangan psikologis untuk tujuan pendidikan. Pendidikan moral bertujuan supaya manusia belajar menjadi bermoral, sehingga seseorang bisa melakukan pilihan dan penilaian moral yang paling tepat. Pendidikan moral dapat pula disamakan dengan pendidikan etik, budi pekerti, pendidikan nilai atau pendidikan afektif.

Orang yang memiliki pendidikan moral akan bertindak sesuai demgan kebijakan dan tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Pndidikan nilai penting dalam mempromosikan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai moral melalui metode seperti diskusi, pemecahan masalah, dan pemodelan peran. Perlunya mempertimbangkan perkembangan kognitif dan moral anak. Nilai-nilai moral juga harus berdasar pada prinsip keadilan sosial, dengan tindakan moral yang didefinisikan sebagai tindakan yang memperlakukan semua orang secara adil dan setara.

In reply to First post

Re: Forum 1

Safira Sita Salsabilla 2213053027 གིས-
Nama: Safira Sita Salsabilla
NPM : 2213053027
Kelas : 2G

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
1. Menurut Steeman, nilai merupakan sesuatu yang memberi makna dalam hidup, yang memberi acuan, titik tolak dan tujuan hidup.

2. Tyler merumuskan nilai sebagai suatu objek, aktivitas atau idea yang dinyatakan oleh individu yang mengendalikan pendidikan dalam mengarahkan minat, sikap, dan kepuasan.

3. Mardiatmaja mengemukakan pendidikan nilai sebagai bantuan terhadap peserta didik agar menyadari dan mengalami nilai-nilai serta menempatkannya secara integral dalam keseluruhan hidupnya.

4. Pendidikan nilai menurut
Mulyana adalah pengajaran atau
bimbingan kepada peserta didik
agar menyadari kebenaran,
kebaikan, dan keindahan melalui
proses pertimbangan nilai yang
tepat dan pembiasaan bertindak
yang konsisten (Mulyana, 2004).

5. Menurut Dian Ibung
Moral adalah nilai (value) yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang.

6. Menurut W. J. S. Poerdarminta
Definisi moral diartikan sebagai sebuah ajaran moral dari perbuatan baik dan buruk dan perilaku.

7. Emile Durkheim, seorang ahli sosiologi moralitas Prancis,
pendidikan moral adalah bagian dari pewarisan nilai-nilai.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab: Pendidikan nilai dan moral adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh manusia yang terencana untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam menanamkan ketuhanan, nilai baik dan buruk, benar dan salah, mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban, akhlak mulia, budi pekerti luhur agar mencapai tujuan hidup.
In reply to First post

Re: Forum 1

Widia Nata Saputri 2213053057 གིས-
Nama : Widia Nata Saputri
NPM : 2213053057
Kelas : 2G
Prodi : PGSD

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

Para ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai pendidikan nilai dan moral. Pendapat tersebut diantaranya adalah:
• John Dewey, menganggap bahwa pendidikan moral merupakan usaha dalam membentuk karakter individu melalui pengalaman yang didapat dalam masyarakat. Pendidikan moral adalah tentang belajar melalui refleksi dan partisipasi aktif dalam situasi sosial.
• Lawrence Kohlberg memiliki pendapat bahwa pendidikan moral adalah proses membantu individu naik ke tingkat moral yang lebih tinggi melalui pemberian pemahaman tentang prinsip-prinsip moral.
• Martin Seligman, mengaitkan pendidikan nilai dan moral dengan pembelajaran karakter positif dan kebahagiaan. Menurutnya, pendidikan moral harus mencakup pemahaman tentang nilai-nilai moral dan kualitas karakter yang mendukung kehidupan yang lebih bahagia.
• Jean Piaget, melihat pendidikan moral sebagai upaya membantu anak memahami norma-norma sosial berdasarkan pemahaman mereka sendiri. Piaget menekankan pentingnya pendidikan moral yang sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif anak.

2. Dari pendapat atau teori para ahli, jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Dari berbagai pengertian di atas, maka dapat diketahui bahwa pendidikan nilai dan moral memiliki tujuan untuk membantu individu menjadi warga yang bertanggung jawab dan memiliki perilaku yang baik dalam masyarakat. Pendidikan nilai dan moral adalah usaha untuk mengajar individu tentang prinsip-prinsip etika, perilaku yang baik, dan nilai-nilai yang sesuai dalam kehidupan sosial. Pendidikan nilai dan moral merupakan suatu usaha dan upaya yang diberikan agar peserta didik mampu memahami nilai, norma, dan etika yang baik dan benar untuk membentuk karakter yang berkualitas.
In reply to First post

Re: Forum 1

ADELIA PRASETIYANI 2213053039 གིས-

Nama : Adellia Prasetiyani

Npm : 2213053039

Kelas : 3G

Prodi : PGSD


1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

Jawaban:

Pendidikan nilai dan moral adalah aspek penting dalam pembentukan karakter individu. Berikut adalah beberapa pandangan para ahli tentang pendidikan nilai dan moral:

•Lawrence Kohlberg: Kohlberg mengembangkan Teori Perkembangan Moral yang mengidentifikasi enam tahap perkembangan moral yang berurutan. Menurutnya, pendidikan moral harus mendorong individu untuk mencapai tahap-tahap moral yang lebih tinggi, seperti tahap kesadaran moral universal.

•Jean Piaget: Piaget berpendapat bahwa pendidikan moral harus memperhitungkan perkembangan kognitif anak. Anak-anak harus diberi kesempatan untuk berpikir secara abstrak tentang nilai dan moralitas.

•Lawrence Stenhouse: Stenhouse mengemukakan bahwa pendidikan moral harus melibatkan refleksi dan diskusi yang mendalam tentang nilai-nilai yang mendasari keputusan etis.

•John Dewey: Dewey mengaitkan pendidikan moral dengan pengalaman praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dia percaya bahwa pendidikan moral harus melibatkan tindakan nyata dan refleksi terhadap konsekuensinya.

•Albert Bandura: Bandura menekankan pentingnya pembelajaran sosial dalam pendidikan moral. Dia mengemukakan bahwa anak-anak belajar nilai dan moral melalui pengamatan dan interaksi sosial.

Setiap ahli memiliki pandangan unik tentang pendidikan nilai dan moral, tetapi semuanya setuju bahwa ini adalah bagian penting dari perkembangan individu dan masyarakat. Pendekatan yang digunakan dapat bervariasi tergantung pada teori yang mereka anut.


2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Jawaban:

Pendidikan nilai dan moral adalah proses penting dalam membentuk karakter individu. Para ahli memiliki pendekatan berbeda, tetapi ada beberapa prinsip umum:

Tahap Perkembangan Moral: Menurut Lawrence Kohlberg, individu melalui tahap perkembangan moral yang berurutan. Pendidikan moral harus mendukung perkembangan menuju tahap-tahap moral yang lebih tinggi.

Perkembangan Kognitif: Jean Piaget menyoroti pentingnya memahami perkembangan kognitif anak-anak dalam pendidikan moral. Anak-anak harus diberi kesempatan untuk berpikir secara abstrak tentang nilai dan moralitas.

Refleksi dan Diskusi: Lawrence Stenhouse mengemukakan bahwa pendidikan moral harus melibatkan refleksi dan diskusi mendalam tentang nilai-nilai yang mendasari keputusan etis.

Pengalaman Praktis: John Dewey mengaitkan pendidikan moral dengan pengalaman praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penting bagi individu untuk belajar nilai dan moral melalui tindakan nyata dan refleksi terhadap konsekuensinya.

Pembelajaran Sosial: Albert Bandura menekankan peran pembelajaran sosial dalam pendidikan moral. Anak-anak belajar nilai dan moral melalui pengamatan dan interaksi sosial dengan orang lain.

Dengan merangkum pandangan ini, pendidikan nilai dan moral dapat didefinisikan sebagai upaya untuk membentuk karakter individu dengan memperhatikan perkembangan moral, perkembangan kognitif, refleksi, pengalaman praktis, dan interaksi sosial. Ini bertujuan untuk membantu individu memahami, menginternalisasi, dan menerapkan nilai-nilai etis dalam kehidupan mereka.


In reply to First post

Re: Forum 1

Nola Diva Brilian 2213053199 གིས-

Nma: Nola Diva Brilian

Npm: 2213053199


berikan pendapat kalian pada forum diskusi berikut ini.

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

  1. Ki Hajar Dewantara: Ki Hajar Dewantara, pendiri Taman Siswa, mengemukakan bahwa pendidikan moral adalah pendidikan budi pekerti yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan memiliki nilai-nilai luhur.

  2. Soedijarto: Soedijarto, seorang filsuf pendidikan Indonesia, menyatakan bahwa pendidikan moral adalah usaha sadar yang dilakukan oleh individu, keluarga, dan masyarakat untuk membentuk karakter yang baik dan perilaku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

  3. Lawrence Kohlberg: Kohlberg adalah seorang psikolog yang mengembangkan Teori Perkembangan Moral. Menurutnya, pendidikan moral adalah proses pengembangan moralitas individu melalui pengalaman dan pemaparan pada konflik moral yang semakin kompleks. Tujuannya adalah mencapai tingkat moral yang lebih tinggi.

  4. Jean Piaget: Piaget, seorang psikolog perkembangan, menganggap pendidikan moral sebagai upaya untuk membantu anak-anak memahami norma-norma sosial dan aturan moral yang mengatur perilaku mereka dalam masyarakat.

  5. UNESCO: Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mendefinisikan pendidikan moral sebagai bagian integral dari pendidikan yang bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, hak asasi manusia, perdamaian, dan toleransi.


2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Dapat disimpulkan bahwa mencerminkan berbagai macam sudut pandang tentang pendidikan nilai dan moral, tetapi pada intinya  pendidikan ini bertujuan untuk membentuk karakter yang baik, perilaku yang etis, dan kesadaran moral pada individu sehingga mereka dapat berkontribusi positif pada masyarakat dan dunia secara keseluruhan.

In reply to First post

Re: Forum 1

Annisa Fadillah Quraini 2253053026 གིས-
Nama: Annisa Fadillah Quraini
NPM: 2253053026

1. Adapun pengertian nilai dan moral menurut para ahli:
1) Lawrence Kohlberg:
Menurutnya pendidikan moral harus memungkinkan individu mencapai tahap perkembangan moral yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip etis dan moral dalam pengambilan keputusan.
2) John Dewey:
Dewey mengemukakan bahwa pendidikan moral adalah proses sosial yang mempromosikan pemahaman, refleksi, dan tindakan etis dalam kehidupan sehari-hari.
3)Lawrence Stenhouse:
Stenhouse berpendapat bahwa pendidikan moral harus bersifat reflektif dan responsif terhadap nilai-nilai sosial yang berkembang. Pendidik harus menciptakan lingkungan di mana peserta didik dapat berdiskusi dan merenungkan nilai-nilai moral secara kritis.
4) Jean Piaget:
Piaget berpendapat bahwa anak-anak mengalami evolusi pemahaman moral seiring bertambahnya usia, dan pendidikan moral harus mempertimbangkan tahap perkembangan kognitif anak.

2. Dari pendapat para ahli diatas, maka dapat di rangkum bahwa Pendidikan Nilai dan Moral merupakan proses yang bertujuan untuk membentuk individu yang memiliki kesadaran moral, kemampuan berpikir etis, dan kemampuan membuat keputusan moral yang baik dalam kehidupan mereka. Pendidikan nilai dan moral juga mendorong individu untuk peduli terhadap kesejahteraan orang lain dan memiliki rasa toleransi terhadap perbedaan yang ada.
In reply to First post

Re: Forum 1

Chalistya Syahla Ilham Radinda 2213053262 གིས-
Nama : Chalistya Syahla Ilham Radinda
NPM : 2213053262
Kelas : 3G

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab :
Maragustam (2014) menemukan bahwa ada enam strategi dalam pembentukan nilai yang membutuhkan proses keberlanjutan seperti pembiasaan nilai, nilai budaya, pengetahuan moral, perasaan dan cinta yang baik, akting moral, dan nilai keteladanan. Kemudian, Lawrence Kohlberg, seorang pakar pendidikan moral pernah mengatakan bahwa perkembangan moral seorang anak erat hubungannya dengan cara berfikir seseorang anak. Artinya bagaimana seorang anak memiliki kemampuan untuk melihat, mengamati, memperkirakan, berpikir, menduga, mempertimbangkan dan menilai akan mempengaruhi perkembangan moral dalam diri anak. Sedangkan menurut Ouska dan Whellan (Kurnia, 2015), moral adalah prinsip baik, buruk yang melekat dalam diri individu/seseorang. Walaupun moral itu berada dalam diri individu, tetapi moral berada dalam suatu system yang berwujud aturan.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab :
Menurut, Maragustam (2014) berpendapat bahwa dalam nilai dan moral terdapat enam pendapat dalam membentuk nilai yang membutuhkan proses keberlanjutan. Kemudian, Lawrence Kohlberg, seorang pakar pendidikan moral pernah mengatakan bahwa perkembangan moral seorang anak erat hubungannya dengan cara berfikir seseorang anak. Sedangkan, menurut Ouska dan Whellan (Kurnia, 2015), moral adalah prinsip baik, buruk yang melekat dalam diri individu/seseorang.
In reply to First post

Re: Forum 1

RILIAN TSABITHA SURI 2213053141 གིས-

Nama: Rilian Tsabitha Suri

NPM: 2213053141

Kelas: 3G

Prodi: PGSD

1. Beberapa ahli mengungkapkan pengertian pendidikan moral dalam perspektif yang berbeda, diantaranya:

a). Zakiyah Daradjat

Menurut Zakiyah Daradjat pendidikan moral merupakan pengembangan nilai-nilai atau tata cara untuk mewujudkan titik optimal moral sehingga dapat bersifat dengan baik dan membedakan perbuatan baik dan buruk sehingga dapat hidup bermasyarakat dengan baik. Moral sangat penting karena merupakan kelakuan yang sesuai dengan ukuran-ukuran masyarakat yang timbul dari hati sendiri bukan karena paksaan dari luar, moral merupakan rasa tanggung jawab atas tindakan, dan moral itu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

b). Jean Piaget

Perkembangan moral Jean Piaget merupakan teori pendekatan moral yang kognitif yang secara intrinsik lebih sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk yang berpikir.

c). Aristoteles

Menurut Aristoteles dalam bukunya yang berjudul "Etika Nikomacheia" pengertian etika dibagi menjadi dua yaitu, Terminius Technicus yang artinya etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia, dan yang kedua yaitu Manner dan Custom yang artinya membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan yang melekat dalam kodrat manusia.

d). Immanuel Kant

Etika sebenarnya adalah sebagai sistem nilai. Ini berarti nilai- nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan hidup atau sebagai pedoman penilaian baik-buruknya suatu perilaku manusia, baik secara individual maupun dalam suatu masyarakat.

2. Dari pendapat dan teori para ahli, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Nilai dan Moral adalah ilmu atau pengembangan nilai yang mempelajari perbuatan atau tindakan manusia sebagai pedoman penilaian baik-buruknya suatu perilaku manusia. Ilmu ini membahas tata cara dan kebiasaan yang melekat pada diri manusia.

In reply to First post

Re: Forum 1

Mutiara Deva Gusti 2213053135 གིས-
Nama : Mutiara Deva Gusti
Npm : 2213053135
Kelas : 2G

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab :
Pendidikan nilai dan moral menurut para Ahli diantaranya sebagai berikut:
1.Jean Piaget
Jean Piaget memandang moral sebagai hasil perkembangan kognitif. Pendidikan nilai dan moral harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak, sehingga mereka dapat memahami nilai dan norma sosial dengan lebih baik.
2. Lawrence Kohlberg
Lawrence Kohlberg mengembangkan Teori Perkembangan Moral yang menguraikan tahapan perkembangan moral individu dari tingkat pramoral hingga tingkat etika prinsip-prinsip universal. Pendidikan nilai dan moral dapat membantu individu mencapai tahap moral yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan perspektif etika.
3. Lawrence Walker
Lawrence Walker menekankan pentingnya pengembangan karakter dan etika dalam pendidikan. Lawrence Walker berpendapat bahwa pendidikan nilai dan moral harus mencakup pembelajaran mengenai nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, serta empati.
4. Viktor Frankl
Viktor Frankl mengemukakan bahwa manusia mempunyai potensi untuk mencari makna dalam hidup. Pendidikan nilai dan moral harus membantu individu menemukan makna dalam tindakan mereka dan mendorong mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang mereka yakini.
5.John Dewey
John Dewey menyatakan bahwa pendidikan harus membantu individu memahami nilai-nilai sosial dan berpartisipasi dalam masyarakat. Pendidikan nilai dan moral harus menggabungkan pengalaman praktis dan refleksi untuk mengembangkan pemahaman moral.

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab :
Dapat disimpulkan bahwa pendidikan nilai dan moral itu mencerminkan berbagai macam sudut pandang tentang pendidikan nilai dan moral, tetapi pada intinya pendidikan ini bertujuan untuk membentuk karakter yang baik, perilaku yang etis, dan kesadaran moral pada individu sehingga mereka dapat berkontribusi positif pada masyarakat dan dunia secara keseluruhan.
In reply to First post

Re: Forum 1

Silvia Novi Fitriana 2213053062 གིས-
Nama : Silvia Novi Fitriana
Npm : 2213053062
Kelas : 2G

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawaban : 1. Menurut Mardiatmadja (1986: 105), nilai menunjuk pada sikap orang
terhadap sesuatu hal yang baik. Nilai-nilai dapat saling berkaitan membentuk suatu sistem dan antara yang satu dengan yang lain koheren dan mempengaruhi segi
kehidupan manusia.
2. Menurut Immanuel Kant moral merupakan kesusilaan sikap dan pandangan kita dengan norma atau hukum batin kita, yakni apa yang kita pandang sebagai kewajiban kita.
3. Adapun pendapat dari Helden (1977) dan Richards (1971)
pengertian moral sebagai suatu kepekaan dalam pikiran, perasaan, dan tindakan dibandingkan dengan tindakan-tindakan lain yang tidak hanya berupa kepekaan terhadap prinsip-prinsip dan aturan-aturan.

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawaban : Dari pendapat beberapa ahli dapat disimpulkan bahwa pendidikan nilai dan moral adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang secara sadar yang bertujuan untuk membentuk kehidupan manusia yang memiliki karakter berkualitas seperti disiplin dalam waktu, membentuk sikap mandiri dalam jiwa seseorang, dan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.
In reply to First post

Re: Forum 1

Ihya Ghulam Halim 2213053178 གིས-

Nama : Ihya Ghulam Halim

NPM : 2213053178

Kelas : 3G


1. Pendidikan nilai dan moral adalah suatu komponen yang penting dalam suatu sistem pendidikan di Indonesia. Ki Hajar Dewantara pun menekankan betapa pentingnya pendidikan untuk membentuk karakter anak-anak, sehingganya mereka bisa menjadi sosok individu yang memiliki nilai-nilai moral yang baik sebagai landasan untuk membentuk generasi yang berkualitas, Prof. Dr. A. Syafi'i Maarif juga berpendapat bahwasannya pendidikan nilai dan moral adalah kunci untuk membentuk sikap dan juga perilaku yang baik dalam masyarakat.


2. Bisa kita simpulkan dari teori para ahli terkait pendidikan nilai dan moral yaitu pendidikan nilai dan moral memiliki tujuan untuk membentuk karakter individu yang melibatkan pengajaran dan pemahaman nilai-nilai moral yang baik, karena hal itu merupakan suatu landasan penting untuk menghadapi permasalahan-permasalahan sosial dan untuk mencapai pendidikan yang lebih luas, dan juga untuk membangun generasi muda yang berkualitas. 

In reply to First post

Re: Forum 1

Chindy Alviona 2213053093 གིས-
Nama: Chindy Alviona
NPM: 2213053093
Kelas: 3G
Prodi: PGSD

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
- Sjarkawi menyatakan moral adalah nilai kebaikan manusia sebagai manusia. Kebaikan moral mengandung nilai-nilai yang universal tentang kemanusiaan (Kohlber dalam Sjarkawi, 2006).

- Jamaal (2005) menyatakan
perbuatan-perbuatan bermoral adalah perbuatan-perbuatan terpuji.

- Durkheim menyatakan bahwa moralitas akan mencegah individu agar tidak melakukan hal-hal yang terlarang. Disiplin moral tidak diciptakan untuk kepentinganNya tetapi untuk kepentingan manusia.

- Pendidikan moral adalah suatu program pendidikan (sekolah dan luar sekolah) yang mengorganisasikan dan menyederhanakan sumber-sumber
moral dan disajikan dengan pertimbangan psikologis untuk tujuan pendidikan. Menurut paham ahli pendidikan moral, jika tujuanpendidikan moral akan mengarah seseorang menjadi bermoral, yang penting adalah bagaimana agar seseorang dapat menyesuaikan diri dengan tujuan hidup bermasyarakat (Zuriah, 2011: 22).

- Goods menyatakan bahwa pendidikan moral dapat dilakukan secara formal maupun incidental, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.

- Emile Durkheim, seorang ahli sosiologi moralitas Prancis,pendidikan moral adalah bagian dari pewarisan nilai-nilai. Pandangan demikian sering dianggap tidak relevan dengan paradigma pendidikan modern, yakni pendidikan untuk perubahan. Paradigma pendidikan modern yang fungsional adalah pendidikan yang mampu menjawab tantangan masa kini dan tantangan masa depan, bukan untuk pewarisan dan pelestarian nilai-nilai seperti pandangan pendidikan pada paradigma lama. Meskipun, pendidikan pada paradigma lama sebatas pada pewarisan dan pelestarian nilai-nilai, namun hal tersebut sangat relevan untuk solusi perbaikan moralitas bangsa (Muchson AR& Samsuri, 2013:85).

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Dari beberapa penjelasan di atas dapat dipahami bahwa moral atau akhlak kharimah, moral dengan etika, moral dengan budi pekerti, dan moral dengan nilai. Sangat ditentukan oleh niat atau iktikad dari lingkungan manusia. Akhlak melibatkan niat dan iktikad mencari ridho Allah dalam pelaksanaannya. Nilai-nilai kemanusiaan yang menjadi isi akhlak juga ada di dalam moral seperti menolong sesama, kejujuran, kebersihan, dan lain-lain yang pada akhirnya membentuk kepribadian utuh yang benar.
In reply to First post

Re: Forum 1

Andika Purbaya 2213053169 གིས-
Nama : Andika Purbaya
Kelas : 3G
Npm : 2213053169

Jawaban:

1. Menurut paham ahli pendidikan nilai dan moral :
a. Menurut Kohlberg, pendidikan nilai moral adalah proses perkembangan moral yang melewati tahap-tahap tertentu, mulai dari moralitas prekonvensional (berdasarkan hukum dan aturan eksternal), moralitas konvensional (berdasarkan norma sosial), hingga moralitas postkonvensional (berdasarkan prinsip-prinsip etis pribadi).

b. Menurut Martin Seligman: mengemukakan konsep pendidikan karakter, yang mencakup pengembangan karakter dan nilai-nilai moral positif dalam pendidikan formal.

c. Menurut Lawrence Walker: Walker menekankan pentingnya pendidikan nilai moral dalam membangun kepribadian anak-anak, dengan fokus pada pengembangan rasa empati, tanggung jawab sosial, dan moralitas.

2. Berdasarkan teori dan gagasan para ahli dapat di simpulkan bahwasanya pendidikan nilai dan moral adalah suatu usaha untuk berproses dalam mengembangkan nilai dan moral positif ataupun karakter, terutama kepada peserta didik dengan menanamkan keTuhanan, nilai-nilai estetik dan etik, nilai baik dan buruk, benar dan salah,
mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban.
In reply to First post

Re: Forum 1

Fadhila Cahya Ningtyas 2213053271 གིས-
Nama : Fadhila Cahya Ningtyas
Npm : 2213053271
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan norma menurut para ahli?
Jawab :
Nilai menurut Kaelan (2010) merupakan sifat atau kualitas yang melekat pada suatu objek, sesuatu itu mengandung nilai artinya ada sifat atau kualitas yang melekat pada sesuatu. Menurut Hendropuspito,nilai adalah segala sesuatu yang dihargai masyarakat karena mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangaan kehidupan manusia. Sedangkan Karel J. Veeger mengemukakan nilai- nilai sebagai pengertian-pengertian (sesuatu didalam kepala orang) tentang baik tidaknya perbuatan-perbuatan.
Terkait dengan pendidikan moral, menurut (Zuriah, 2011 :22) Pendidikan moral merupakan pendidikan yang mengarahkan seseorang menjadi bermoral, yang penting adalah bagaimana agar seseorang dapat menyesuaikan diri dengan tujuan hidup bermasyarakat. Indonesia pendidikan moral dimaksudkan agar manusia dapat belajar menjadi manusia yang bermoral yang mengutamakan penalaran dan pertumbuhan intelegensi sehingga seseorang bisa melakukan pilihan dan penilaian moral yang tepat Zuriah, 2011 : 21). Terdapat teori pendidikan moral menurut ahli
1) Jean Piaget (1896-1980)
Jean Piaget menyusun teori perkembangan moral dikenal sebagai teori struktural kognitif, yaitu teori yang melihat perkembangan moral sebagai hasil suatu interaksi antara pelaksanaan aturan, pengikut atau pembuatnya secara individu dengan kerangka jalinan aturan yang bersangkutan yang menunjukan esensi moral.
2) Tepri Kohlberg
Kohlberg memperluas teori dari Piaget, dalam teori ini Kohlberg (1971) menekankan tujuan pendidikan moral adalah merangsang perkembangan tingkat pertimbangan moral siswa.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral
Jawab :
Dari pendapat atau teori para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai merupakan sesuatu yang melekat pada seseorang yang menyangkut pada baik tidaknya perbuatan seseorang. Jadi Pendidikan nilai merupakan penanaman dan pengembangan nilai-nilai yang ada pada diri seseorang. Dalam peserta didik pendidikan nilai menjadi pembelajaran yang membantu peserta didik agar menyadari dan mengalami nilai-nilai serta mendapatkannya secara integral ke dalam seluruh hidupnya. Sedangkan pendidikan moral merupakan pendidikan yang mengarahkan peserta didik menjadi seseorang yang bermoral dan dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Dari teori Jean Piaget dan Tepri Kohlberg dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan nilai dan moral merupakan pendidikan yang di dalamnya meliputi nilai-nilai, norma, dan peraturan hukum yang mengatur perilaku warga negara yang merupakan nilai-nilai moral dan nantinya diharapkan peserta didik dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi masyarakat yang bermoral.
In reply to First post

Re: Forum 1

Wike Oktaviana 2213053194 གིས-
Nama = Wike Oktaviana
NPM = 2213053194
Kelas = 3G

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab = Pendidikan nilai dan moral merupakan prinsip yang berguna dalam menentukan apa yang dianggap benar ataupun salah dalam tingkah laku serta keputusan yang diambil oleh seseorang atau sekelompok orang.
Menurut para ahli:
1. Aristotle
Menurut Aristotle yakni nilai-nilai moral adalah bagian dari kebajikan, dan bahwa orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak dengan cara yang tepat.
2. John Rawls
Menurut Rawls yakni nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial.
3. Jean-Paul Sartre
Menurut Sartre yaitu setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih tindakan yang ia anggap tepat, dan bahwa tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan orang lain dengan respect.
4. Martha Nussbaum
Menurut Nussbaum yakni nilai-nilai moral hars berdasarkan empati dan perhatian terhadap orang lain. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan orang lain dengan hormat dan menunjukkan empati terhadap kebutuhan mereka.
5. Immanuel Kant
Pendapat Kant yakni nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip universal yang dapat diterapkan kepada semua orang.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab = pendidikan nilai dan moral adalah bagian dari kebajikan yang harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih tindakan yang ia anggap tepat yang harus berdasarkan empati dan perhatian terhadap orang lain dan juga harus berdasarkan pada prinsip universal yang dapat diterapkan kepada semua orang.
In reply to First post

Re: Forum 1

Evinna Winda Merita 2213053297 གིས-
Nama : Evinna Winda Merita
NPM : 2213053297
Kelas : 3G

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab: Menurut paham ahli pendidikan moral ialah mengarahkan seseorang menjadi bermoral, yang penting adalah bagaimana agar seseorang dapat menyesuaikan diri dengan tujuan hidup bermasyarakat (Zuriah, 2011: 22).
Berikut Pendidikan nilai dan moral menurut ahli
*Lawrence Kohlberg : nilai dan Moral adalah sistem nilai dan prinsip yang memandu perilaku individu dalam situasi sosial. Ia juga mengembangkan teori perkembangan moral yang menggambarkan tahapan perkembangan moral individu mulai dari bayi hingga dewasa.
* Jean Piaget : Pendidikan nilai dan moral harus memahami bagaimana anak-anak berkembang secara kognitif dan moral seiring waktu.
*John Rawls : Pendidikan nilai dan moral bahwa nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan semua orang dengan adil dan sama.
* Viktor Franky: Pendidikan nilai dan moral harus membantu individu menemukan makna dalam tindakan mereka dan mendorong mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang mereka yakini.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab : Pendidikan nilai moral adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia (orang dewasa) yang bertujuan untuk membekali peserta didik (anak-anak, generasi penerus) kemampuan untuk mengajarkan nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai estetika dan etika, nilai-nilai baik dan buruk, baik dan buruk dalam kaitannya dengan perbuatan. , sikap dan kewajiban
In reply to First post

Re: Forum 1

RAMADYA VINTIKA LARAS 2213053264 གིས-
Nama : Ramadya Vintika Laras
NPM : 2213053264
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. Menjelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

Jawaban :
Pendidikan nilai dan moral adalah aspek penting dalam membentuk karakter individu. Berikut ini adalah beberapa pandangan para ahli tentang pendidikan nilai dan moral
- Menurut Chabib Thoha nilai merupakan sifat yang
melekat pada sesuatu (sistemkepercayaan) yang telah
berhubungan dengan subjek yang memberi arti (manusia
yang meyakini). Jadi nilai adalah sesuatu yang
bermanfaat dan
berguna bagi manusia sebagai acuan
tingkah laku.
- Menurut Maria Assumpta
Arti moral adalah aturan-aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai seorang manusia.
- Menurut Suseno (1987: 19) kata moral selalu mengacu pada baik-buruknya
manusia sebagai manusia.
- Jean Piaget
Pendidikan nilai dan moral harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak, sehingga mereka dapat memahami nilai dan norma sosial dengan lebih baik.
- menurut teori Kohlberg
Lawrence Kohlberg mencoba memperluas teori yang telah
dikemukakan oleh Piaget.Berdasarkan tujuan pendidikan moral di atas dapat diambil
kesimpulan bahwa pendidikan moral bertujuan untuk membentuk peserta
didik yang bermoral yang tidak hanya tampak dalam tingkah lakunya
sehari-hari tetapi juga alasan seseorang bermoral tersebut muncul dalam
dirinya.


2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Jawaban :
Dari beberapa pendapat atau teori para ahli mengenai pendidikan nilai dan moral adalah bahwa pendidikan nilai dan moral bertujuan membentuk karakter pada peserta didik , kemudian menurut Lawrence Kohlberg pendidikan moral pernah mengatakan bahwa perkembangan moral seorang anak erat hubungannya dengan cara berfikir seseorang anak dan baik buruknya melekat dalam diri seseorang.
In reply to First post

Re: Forum 1

Shelly Shelly གིས-
Nama : Shelly
NPM : 2253053019
Kelas: 3G

Prodi: PGSD 



1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
- Jean Piaget
Jean Piaget berpendapat bahwa pendidikan moral harus memahami bagaimana anak-anak berkembang secara kognitif dan moral seiring waktu.
- John Dewey
John dewey mengaitkan pendidikan moral dengan pengalaman praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dia percaya bahwa pendidikan moral harus melibatkan tindakan nyata dan refleksi terhadap konsekuensinya.
- Lawrence Walker
Lawrence walker Pendidikan nilai dan moral harus menekankan pengembangan karakter dan etika, termasuk nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, dan empati
- John rawles
John Rawls memiliki bahwa nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan semua orang dengan adil dan sama.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Pendidikan nilai dan moral memiliki tujuan untuk membantu individu menjadi warga yang bertanggung jawab dan memiliki perilaku yang baik dalam masyarakat. Pendidikan nilai dan moral juga mendorong individu untuk peduli terhadap kesejahteraan orang lain dan memiliki rasa toleransi terhadap perbedaan yang ada.
In reply to First post

Re: Forum 1

Nura Assyifa 2213053134 གིས-
Nama : Nura Assyifa
NPM : 2213053134
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawaban:
Menurut paham ahli pendidikan moral, jika tujuan pendidikan moral akan mengarah seseorang menjadi bermoral, yang penting adalah bagaimana agar seseorang dapat menyesuaikan diri dengan tujuan hidup bermasyarakat. (Zuriah, 2011: 21).

Goods menyatakan bahwa pendidikan moral dapat dilakukan secara formal maupun incidental, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Tetapi, Durkheim, menekankan agar pendidikan moral dipindahkan dari lingkungan rumah ke sekolah karena sekolah mempunyai tugas khusus dalam hal moral.

Perkembangan moral dalam tinjauan paradigma absolutistic, menurut Liebert, lebih memperhatikan kemajuan dalam tingkatan atau tahapan perkembangan moral berkaitan dengan perkembangan moral insani yang berlaku secara universal.

Kohlberg (1971) menekankan tujuan pendidikan moral adalah merangsang perkembangan tingkat pertimbangan moral siswa. Kematangan pertimbangan moral jangan diukur dengan standar regional, tetapi hendaknya diukur dengan pertimbangan moral yang benar-benar menunjukan nilai kemanusiaan yang bersifat universal, berlandaskan prinsip-prinsip keadilan, persamaan, dan saling terima.

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawaban:
Dari beberapa pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa pendidikan nilai dan moral merupakan ilmu yang mengajarkan bagaimana kita menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan nilai dan moral penting untuk di pelajari agar dapat merangsang pertimbangan moral terutama pada peserta didik agar mereka dapat menunjukkan nilai kemanusiaan yang berlandaskan keadilan, persamaan, dan saling terima baik dalam lembaga formal seperti di sekolah maupun dilingkungan rumah.
In reply to First post

Re: Forum 1

NADIA NUR SAFITRI 2213053275 གིས-
Nama : Nadia Nur Safitri
Npm : 2213053275
Kelas : 3G

1.Terdapat beberapa penjelasan pendidikan nilai dan moral menurut para ahli :
- Menurut Lawrence Kohlberg, pendidikan nilai dan moral berkaitan dengan perkembangan tahap-tahap moral individu. Beliau mengemukakan bahwa individu melalui enam tahap moral yang berbeda, dari orientasi berdasarkan hukum dan kewajiban eksternal hingga pemahaman nilai-nilai moral yang lebih abstrak.
-Jean Piaget menekankan pentingnya pendidikan moral dalam konteks perkembangan kognitif. Ia berpendapat bahwa anak-anak harus menciptakan pemahaman moral mereka sendiri melalui pengalaman sosial dan kognitif.
- Lawrence P. Nucci memfokuskan pendidikan moral pada pengembangan pemahaman anak-anak tentang konsep keadilan dan nilai-nilai moral yang mendasarinya.
- John Dewey, seorang filsuf pendidikan, menekankan pendidikan nilai melalui pengalaman. Baginya, pendidikan moral harus terintegrasi dalam pembelajaran sehari-hari untuk membantu anak-anak memahami konsep etika dan nilai-nilai sosial.
- B.F. Skinner, seorang psikolog behavioristik, berpendapat bahwa pendidikan moral seharusnya berfokus pada pembentukan perilaku yang diinginkan melalui penguatan positif dan negatif.

2. Dari pendapat atau teori para ahli terkait pendidikan nilai dan moral dapat di rangkum bahwa pendidikan nilai dan moral merupakan pembentukan Karakter/perilaku seseorang yang harus di bentuk agar perilaku individu dapat berperilaku positif sehingga dapat memahami konsep etika serta nilai-nilai sosial.
In reply to First post

Re: Forum 1

MIFTAHUL JANNAH 2253053012 གིས-

Nama : Miftahul Jannah

Npm : 2253053012

Kelas : 3G


1.  Pendidikan nilai dan moral menurut para ahli 

•Maria J. Wantah mengemukakan bahwa pengertian moral adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan kemampuan untuk menentukan nilai benar maupun salah dan baik buruknya suatu perilaku individu yang melekat pada diri setiap individu yang hidup dalam masyarakat.

• Maksud dari Jean piaget perkembangan ide moral pada anak berjalan secara bertahap yang berarti anak dapat menciptakan konsep dunianya sendiri sehingga sejalan dengan teori sosiologis, dimana dalam konsep ini dunia (moral).

•Zainuddin Saifullah Nainggolan mengemukakan Pengertian moral adalah suatu tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat.


2. Mengenai pendidikan nilai dan moral dapat di simpulkan bahwap Pendidikan nilai dan moral yaitu suatu perilaku yang dilakukan oleh manusia secara terencana untuk memberikan kesempatan kepada anak anak/ generasi penerus sehingga tertanam nya nilai ke- Tuhanan, nilai-nilai etik, nilai baik dan buruk, benar dan salah, mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban.

In reply to First post

Re: Forum 1

Ricca Tri Fadillah 2213053161 གིས-

Nama:Ricca Tri Fadillah

Npm:2213053161

Prodi: PGSD

1.Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli? 

Jawab:

1.Zuriah

Pendidikan moral menurut zuriah merupakan suatu program pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah yang mengorganisasikan dan menyederhanakan sumber-sumber moral dan disajikan dengan pertimbangan psikologis untuk tujuan pendidikan.

2.Zakiyah Daradjat

Pendidikan moral merupakan pengembangan nilai-nilai atau tata cara untuk mewujudkan titik optimal moral sehingga dapat bersifat dengan baik dan membedakan perbuatan baik dan buruk sehingga dapat hidup bermasyarakat dengan baik. 

3.Karel J. Veeger

Ahli sosiologi ini memberikan pengertian bahwa nilai adalah suatu kriteria yang diberikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang dilakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan berdasarkan moral.

4.Russel Swanburg

Pengertian nilai moral adalah sebagai semua pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut.

2.Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Jawab:

Dari beberapa pendapat diatas dapat diambil kesimpulan pendidikan nilai dan moral adalah Suatu program pengembangan nilai nilai atau kriteria individu yang dapat membedakan perbuatan baik dan buruk yang nantinya akan dijadikan pedoman dalam berprilaku.

In reply to First post

Re: Forum 1

Farida Juwita 2213053179 གིས-
Nama : Farida Juwita
NPM : 2213053179
Kelas : 3G

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
= Pendidikan nilai dan moral menurut para ahli, yakni :
a) W. J. S. Poerdarminta mengartikan bahwa moral merupakan ajaran tentang baik buruknya perbuatan dan kelakuan. 
b) John Dewey menyatakan bahwa moral sebagai usaha atau hal-hal yang berhubungan dengan nilai-nilai susila.
c) Lawrence Kohlberg menyatakan bahwa pendidikan moral merupakan suatu proses yang dapat membantu individu naik ke tingkat moral yang lebih tinggi melalui pemberian pemahaman tentang prinsip-prinsip nilai moral.
d) Imanuel Kant berpendapat bahwa nilai-nilai moral berdasarkan prinsip universal yang dapat diterapkan untuk semua orang.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
= Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan nilai dan moral merupakan ilmu atau prinsip yang mengajarkan bahwa perbuatan atau perilaku berhubungan dengan nilai-nilai susila dalam kehidupan sosial. Artinya, nilai moral ini mengajak individu agar dapat memahami baik atau buruknya suatu nilai sehingga dapat berperilaku atau beretika dengan baik di masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum 1

Aulia Zahwa Adinda 2213053103 གིས-
Nama: Aulia Zahwa Adinda
NPM: 2213053103
Kelas:3G

A. Bidang moral adalah bidang kehidupan manusia dilihat dari segi kebaikannya sebagai manusia. Norma-norma moral adalah tolok ukur untuk menentukan betul salahnya sikap dan tindakan manusia dilihat dari segi baik buruknya sebagai manusia dan bukan sebagai pelaku peran tertentu dan terbatas (Suseno, 1987: 19)

B. Bertindak secara moral adalah bertindak demi kepentingan bersama. Jika masyarakat dipandang sebagai tujuan tingkah laku moral di dalamnya haruslah kita dapat melihat sesuatu yang lain daripada sekedar penjumlahan individu-individu belaka. Masyarakat itu haruslah merupakan suatu makhluk sui generis (Abdullah, 1986: 192-193).

C. Moralitas adalah gagasan mengenai moralitas tersebut. Moralitas tidak lagi hanya bertindak secara sukarela, lebih dari itu kaidah yang menyuruh tindakan tersebut haruslah diinginkan secara bebas, yakni diterima dengan suka rela (Abdullah, 1986 :249)

Sinulingga, Setia Paulina. "Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia." Jurnal Demo 26.2 (2016): 214-248

D. Pendidikan nilai dan moral merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya, dan jika hal itu telah tertanam serta terpatri dengan baik dalam setiap insan sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Nilai-nilai luhur ini pun dikehendaki menjadi motivasi spiritual bagi bangsa ini dalam rangka melaksanakan sila-sila lainnya dalam pancasila (Hidayat: 2007).

Nurfaizah AP, Nurfaizah AP. "Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Moral di Sekolah Dasar." Jurnal Publikasi Pendidikan 7.2 (2017): 102-107.


Jadi dapat disimpulkan, bahwa Moral merupakan syarat bagi perkembangan pribadi. Permasalahan moral merupakan permasalahan yang menjadi perhatian semua orang di seluruh dunia, bahkan dalam suatu masyarakat maju maupun di masyarakat kurang berkembang. Sebab, kemerosotan moral seseorang mengganggu ketenangan orang lain. Dalam masyarakat banyak sekali masyarakat yang terdegradasi moralnya sehingga terguncang status sosialnya. Pendidikan etika pada anak dapat mengubah perilaku anak-anak, agar ketika dewasa mereka lebih bertanggung jawab dan bersyukur dan mampu menjawab tantangan zaman yang berubah dengan cepat.
In reply to First post

Re: Forum 1

Aura Fitria Ananda 2213053094 གིས-
Nama : Aura Fitria Ananda
NPM : 2213053094
Kelas : 3G

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab :
Para ahli mengemukakan pendapat tentang nilai dan moral dengan pengertian yang berbeda-beda diantaranya sebagai berikut :
1.Jean Piaget
Jean Piaget memandang moral sebagai hasil perkembangan kognitif. Pendidikan nilai dan moral harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak, sehingga mereka dapat memahami nilai dan norma sosial dengan lebih baik.

2. Immanuel Kant
Kant berpendapat bahwa nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip universal yang dapat diterapkan kepada semua orang. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang sesuai dengan prinsip “agihkan kepada orang lain apa yang kamu inginkan agar orang lain agihkan kepadamu.”

3. Lawrence Walker
Lawrence Walker menekankan pentingnya pengembangan karakter dan etika dalam pendidikan. Lawrence Walker berpendapat bahwa pendidikan nilai dan moral harus mencakup pembelajaran mengenai nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, serta empati.

4. John Rawls
Rawls berpendapat bahwa nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan semua orang dengan adil dan sama.

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab :
Dapat disimpulkan, dari berbagai sudut pandang para ahli terkait pendidikan nilai dan moral, hal tersebut bertujuan untuk membentuk karakter yang baik, dan kesadaran moral pada masing-masing individu sehingga dapat bersikap positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.
In reply to First post

Re: Forum 1

LATIFA NURMALA 2213053166 གིས-
Nama : Latifa Nurmala
Npm : 2213053166
Kelas : 3G
Prodi : PGSD

1. Pendidikan nilai dan moral menurut para ahli:

A. Emile Durkheim, seorang ahli sosiologi moralitas Prancis, pendidikan moral adalah bagian dari pewarisan nilai-nilai.

B. Lawrence Walker, pendidikan nilai harus mempromosikan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai moral melalui diskusi, pemecahan masalah, dan pemodelan peran.

C. Aristotle berpendapat bahwa nilai-nilai moral adalah bagian dari kebajikan, dan bahwa orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak dengan cara yang tepat. Menurutnya, orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak demi kebaikan orang lain, tidak hanya demi kepentingan diri sendiri.

D. John Rawls berpendapat bahwa nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan semua orang dengan adil dan sama.

2. Dari pendapat atau teori para ahli diatas terkait pendidikan nilai dan moral, maka pendidikan nilai dan moral adalah proses pembentukan, penyampaian, dan internalisasi nilai-nilai moral, etika, serta prinsip-prinsip yang mengatur perilaku individu dan masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kesadaran moral, penilaian yang baik, dan kemampuan individu dalam membuat keputusan moral yang tepat. Melalui pendidikan nilai dan moral, individu diajarkan untuk memahami perbedaan antara baik dan buruk, serta cara bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip etika, keadilan, dan tanggung jawab sosial.
In reply to First post

Re: Forum 1

AULIA MAHARANI PUTRI 2213053010 གིས-

Nama : Aulia Maharani Putri

Npm : 2213053010

Kelas : 3G


1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?

Pendidikan dan moral menurut para ahli

1. Menurut Zuriah, 2011: 21,  Pendidikan moral di Indonesia dimaksudkan agar manusia belajarmenjadi bermoral, dan bukannya pendidikan tentang moral yang akan mengutamakan penalaran moral (moral reasoning) dan pertumbuhan inteligensi sehingga seseorang bisa melakukan pilihan dan penilaian moral yang paling tepat.


2. Menurut Emile Durkheim, seorang ahli sosiologi moralitas Prancis, pendidikan moral adalah bagian dari pewarisan nilai-nilai. 


3. Menurut Ki Hajar Dewantara, sebagaimana yang dikutip oleh suwarno, pendidikan yaitu tuntutan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi - tingginya.



2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?

Rangkumkan:

Pendapat atau teori para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan moral bertujuan agar manusia belajar menjadi bermoral dan bukannya pendidikan tentang moral saja akan tetapi mengutamakan penalaran moral, pendidikan moral juga merupakan pewarisan nilai-nilai, dan tuntunan di dalam tumbuh kembang anak dan pendidikan merupakan suatu tuntunan kekuatan kodrat yang ada pada anak supaya anak tahu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi mungkin.


In reply to First post

Re: Forum 1

SELVIA NUR SAQINAH 2213053193 གིས-
Nama: Selvia Nur Saqinah
Npm: 2213053193
Kelas: 2G
Prodi: PGSD

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
menurut para ahli pendidikan nilai moral adalah:
a) Sonny Keraf
segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai dasar guna menilai perbuatan seseorang yang dirasakan baik atau buruk di dalam sebuah masyarakat.

b) Maria J. Wantah
sesuatau yang bersanggkutan dengan keterampilan dalam menentukan benar atau salah serta baik atau buruknya sebuah perilaku pada diri seseorang.

c) Russel Swanburg
semua pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut

d) Elizabeth B. Hurlock
suatu kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu ketentuan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan untuk anggota suatu kebiasaan dalam masyarakat

e) Merriam Webster
berhubungan erat dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dirasakan benar dan baik oleh banyak sekali orang dengan standar perilaku yang tepat pada kumpulan atau masyarakat tersebut.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Dari pendapat atau teori para ahli maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan nilai dan moral adalah pembelajaran yang melatih perilaku seseorang ataupun merubah sebuah kebiasaan menjadi lebih baik dan mempunyai tingkat kesadaran moralitas yang tinggi dalam mewujudkan tujuan-tujuan sosial.
In reply to SELVIA NUR SAQINAH 2213053193

Re: Forum 1

DEVI KELANA RINDU BINTARA 2213053095 གིས-
Nama : DEVI KELANA RINDU BINTARA
NPM : 2213053095
Kelas :3G

Pertemuan 1
Forum 1
1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
- Menurut pendapat Aristotle pendidikan nilai dan moral adalah bagian dari kebajikan, dan bahwa orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak dengan cara yang tepat. Menurutnya, orang yang memiliki kebajikan akan selalu bertindak demi kebaikan orang lain, tidak hanya demi kepentingan diri sendiri.

- Kemudian menurut Immanuel Kant yaitu nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip universal yang dapat diterapkan kepada semua orang. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang sesuai dengan prinsip “agihkan kepada orang lain apa yang kamu inginkan agar orang lain agihkan kepadamu"

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Dari pendidikan para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa orang yang mempunyai prinsip nilai dan moral akan mempunyai alur hidup yang benar dan tidak mudah tergoda dengan orang lain.
In reply to First post

Re: Forum 1

Dinda Kusumawati Subagio 2253053016 གིས-
Nama: Dinda Kusumawati Subagio
Npm: 2253053016
Kelas: 3G

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
- Moral didefinisikan sebagai suatu kebiasaan seseorang dalam bertingkah laku dengan penuh sopan santun dan akhlak yang baik (Margno, dkk, 2002).

- Moral merupakan sifat perilaku atau keseluruhan yang berkaitan dengan asas baik buruk seseorang (Ridiana, 2017).

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab: Jadi, nilai moral merupakan suatu hal yang penting dalam diri seorang individu. Seseorang harus memiliki nilai moral yang baik maka dengan memiliki nilai moral yang baik, individu akan terhidar dari hal-hal yang dapat membuat seseorang dalam bertingkah laku secara amoral.
In reply to First post

Re: Forum 1

KHAIRANI ULYA 2213053115 གིས-
Nama : Khairani Ulya
NPM : 2213053115
Kelas : 3G

1. Jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
- Menurut Richard Eyre dan Linda nilai yang benar dan diterima secara universal adalah nilai yang menghasilkan suatu perilaku dan perilaku itu berdampak positif baik bagi yang menjalankan maupun orang lain. Inilah prinsip yang memungkinkan tercapainya ketentraman atau tercegahnya kerugian atau kesusahan.

- Ya’kub menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan moral ialah sesuai dengan ide-ide yang umum diterima tentang tindakan manusia mana baik dan wajar. Jadi sesuai dengan ukuran tindakan-tindakan yang oleh umum diterima, yang meliputi kesatuan social lingkungan tertentu.

- Rohmat Mulyana menyimpulkan definisi pendidikan nilai yang mencakup keseluruhan aspek sebagai pengajaran atau bimbingan kepada peserta didik agar menyadari nilai kebenaran, kebaikan, dan keindahan, melaui proses pertimbangan nilai yang tepat dan pembiasaan bertindak yang konsisten.

- John Dewey
John Dewey menyatakan bahwa pendidikan harus membantu individu memahami nilai-nilai sosial dan berpartisipasi dalam masyarakat. Pendidikan nilai dan moral harus menggabungkan pengalaman praktis dan refleksi untuk mengembangkan pemahaman moral.

- Jean Piaget
Jean Piaget memandang moral sebagai hasil perkembangan kognitif. Pendidikan nilai dan moral harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak, sehingga mereka dapat memahami nilai dan norma sosial dengan lebih baik.

2. Dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Pendidikan nilai merupakan suatu upaya pembelajaran kepada peserta didik, untuk memahami dan mengenal, menanamkan dan melestarikan, menyerap dan merealisasikan nilai-nilai luhur dalam kehidupan manusia, yang berhubungan dengan kebenaran, kebaikan, dan keindahan dalam pembiasaan bertindak yang konsisten dengan tuntutan nilai. Pendidikan nilai menjadi penting karena dengan pendidikan nilai maka akan terbentuk da terciptanya nilai-nilai luhur dalam hehidupan manusia yang berhubungan dengan kebenaran dan kebaikan sehingga akan menjadi kebiasaan dalam bertindak dan berjalan dengan konsisten.
Pendidikan moral adalah siatu upaya untuk memperkenalkan dan melatih peserta didik mengenai perilaku yang mulia dan perilaku yang tercela.  Setelah mendapatkan pendidikan moral, diharapkan peserta didik memiliki dan menerapkan perilaku terpuji dan meninggalkan perilaku tercela. Pendidikan moral menjadi penting karena dengan pendidikan moral, anak mampu memiliki pertahanan diri dalam menghindari hal-hal negative yang mungkin terjadi dalam perjalanan hidupnya.
In reply to First post

Re: Forum 1

DINDA MULIA SAPUTRI 2253053042 གིས-
Nama : Dinda mulia saputri
Kelas 2G
1. Menurut Setyo Raharjo, Pendidikan moral adalah suatu proses, pendekatan yang digunakan secara Komperhensip, pendidikan ini hendaknya dilakukan secara kondusif baik di Lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat, semua partisan dan komunitas Terlibat di dalamnya. Sosialisasi pendidikan moral Perlu diadakan bagi Kepala sekolah, guru-guru, murid-murid, orang tua murid, dan komunitas Pemimpin yang merupakan esensial utama. Perlu perhatian terhadap latar Belakang murid yang terlibat dalam proses kehidupan pendidikan moral . Perhatian pendidikan moral harus berlangsung cukup lama (terus menerus),Dan pembelajaran moral Harus diintegrasikan dalam kurikulum secara praksis Di sekolah dan masyarakat
Pendidikan nilai menurut Mulyana adalah pengajaran atau bimbingan kepada peserta didik agar menyadari kebenaran, kebaikan, dan keindahan melalui proses pertimbangan nilai yang tepat dan pembiasaan bertindak yang konsisten.


2. Dengan demikian, pendidikan nilai moral merupakan upaya sadar masyarakat (orang dewasa) untuk membekali peserta didik (anak-anak, generasi penerus) kemampuan menanamkan ketuhanan, nilai estetika dan moralitas, nilai baik dan buruk, baik dan jahat, tindakan, sikap dan kewajiban.
In reply to First post

Re: Forum 1

Natasya Bunga Nitara 2213053012 གིས-
Nama : Natasya Bunga Nitara
Npm : 2213053012
Kelas : 2G

1. jelaskan tentang pendidikan nilai dan moral menurut para ahli?
Jawab:
Lawrence Kohlberg adalah seorang psikolog yang dikenal karena teorinya tentang perkembangan moral. Menurut Kohlberg, pendidikan moral berkaitan dengan perkembangan moral individu melalui serangkaian tahap. Pendidikan moral harus menggiring individu menuju tahap-tahap moral yang lebih tinggi.
Lawrence Walker adalah seorang pendidik yang mengemukakan bahwa pendidikan nilai dan moral adalah proses untuk mengajarkan individu tentang apa yang benar dan salah, serta bagaimana mengambil keputusan etis dalam kehidupan sehari-hari. Walker menekankan pentingnya pembelajaran nilai-nilai seperti kejujuran, empati, tanggung jawab, dan menghormati hak orang lain dalam pendidikan moral.
Menurut William Kilpatrick, pendidikan nilai dan moral seharusnya terintegrasi dalam kurikulum pendidikan. Ini berarti pendidikan tidak hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang membentuk karakter dan sikap individu melalui pengalaman-pengalaman praktis dalam belajar bersama.

2. dari pendapat atau teori para ahli jadikan rangkuman terkait pendidikan nilai dan moral?
Jawab:
Berdasarkan pendapat dan teori para ahli yang telah disebutkan sebelumnya, maka pendidikan nilai dan moral adalah bagian penting dari pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter dan perilaku individu dalam masyarakat. Lawrence Kohlberg menekankan bahwa pendidikan moral melibatkan perkembangan moral individu melalui tahap-tahap moral yang berbeda. Lawrence Walker menggarisbawahi pentingnya mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, empati, tanggung jawab, dan menghormati hak orang lain dalam pendidikan moral. William Kilpatrick mengembangkan konsep "projek belajar untuk hidup bersama" yang menekankan integrasi nilai dan moral dalam kurikulum pendidikan melalui pengalaman praktis.