Forum Analisis Jurnal 2

Forum Analisis Jurnal 2

Forum Analisis Jurnal 2

Number of replies: 30

Lampirkan analisis anda mengenai jurnal diatas, dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Destia Rahmah Fitriani 2213053082 གིས-
Nama : Destia Rahmah Fitriani
NPM : 2213053082
Kelas : 3F

Analisis Jurnal 2
"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIIIKota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Berdasarkan tujuan kajian/studi tentang moralitas (pengetahuan moral dan perilaku moral) pada siswa SMP Negeri yang terdapat Kota Pekanbaru, di antaranya adalah untuk mendapat penjelasan serta mendeskripsikan pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswakelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan Pendidikan Orangtua.

Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.
Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Kinanti Dyah_ 2213053015 གིས-
Nama : Kinanti Dyah
Kelas : 3F
NPM : 2213053015

Artikel berjudul "Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua" merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa SMP di Kota Pekanbaru, Indonesia. Studi ini mengumpulkan data primer dari sampel 360 siswa dari SMP Negeri Kota Pekanbaru menggunakan kuesioner. Data tersebut dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, termasuk analisis regresi, dengan bantuan perangkat lunak SPSS 18. Statistik deskriptif digunakan untuk menjelaskan situasi dan kondisi responden berdasarkan tingkat pendidikan orangtua mereka, sementara statistik inferensial digunakan untuk menentukan pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral. Studi ini menemukan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara pengetahuan moral dan perilaku moral pada siswa SMP di Kota Pekanbaru. Secara keseluruhan, artikel ini memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan moral dan dampaknya terhadap perilaku generasi muda.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Jeky Septa Anggara 2213053253 གིས-
Nama : Jeky Septa Anggara
NPM : 2213053253
Kelas : 3F

Analisis Jurnal [ PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA ]

Perkembangan zaman yang semakin maju tentunya membawa banyak dampak dalam kehidupan salah satunya dampak negatif. Dampak tersebut dapat terlihat melalui kemorosotan nilai moral anak. Dalam dunia pendidikan terdapat faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru. Seorang guru perlu memberikan contoh moral yang baik kepada anak muridnya hal ini bertujuan agar mereka mampu mencontoh teladan tersebut.

Terdapat 6 pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter yaitu :
1. Kesadaran moral
2. Mengetahui nilai - nilai moral
3. Pengambilan perspektif
4. Penalaran Moral
5. Membuat keputusan
6. Memahami diri sendiri
Pengetahuan moral ternyata mempengaruhi perilaku moral (moral action) siswa berdasarkan pendidikan karakter orangtua saat di lingkungan keluarga.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Indra Ulfayani 2213053171 གིས-
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 3F

Analisis Jurnal 2
PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANG TUA
Jurnal ini membahas dampak pendidikan orang tua terhadap perkembangan perilaku moral anak. Penelitian ini menyoroti hubungan antara metode pendidikan orang tua dan nilai-nilai moral yang muncul pada anak. Analisisnya melibatkan evaluasi terhadap pengaruh positif atau negatif dari interaksi pendidikan orang tua terhadap perkembangan moral anak, dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memainkan peran penting dalam proses ini. Pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Amanda Gita Devi Rahmawati 2213053092 གིས-
Nama : Amanda Gita Devi Rahmawati
NPM : 2213053092

Berdasarkan jurnal tersebut, di sekolah siswa memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan pengetahuan moral (moral knowing), untuk menghargai nilai-nilai murni (moral feeling) dan untuk melaksanakan moral (moral action) yang baik. Sebab perilaku dan moralitas tidak terbentuk begitu saja atau membiarkan seorang anak berkembang apa adanya.

Enam pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter, yakni Kesadaran Moral (Moral Awareness), Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values), Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking), Penalaran Moral (Moral Reasoning), Membuat Keputusan (Decision Making), dan Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge). Tiga aspek karakter lainnya dalam memahami sepenuhnya apa yang menggerakkan seseorang sehingga mampu melakukan tindakan bermoral atau justru menghalanginya, yaitu kompetensi, kemauan, dan kebiasaan.

Hasil dari penelitian tersebut adalah pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa. Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Elyna Aprilia 2253053009 གིས-
Nama : Elyna Aprilia
NPM : 2253053009
Kelas : 3F

Analisis jurnal 2
PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA

jurnal tersebut menjelaskan tentang Aspek moralitas, dimana aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa yang difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa adalah adalah keteladanan dari guru, orang tua, dan masyarakat. Keteladanan ini dalam alam Indonesia dianggap langka.Terjadinya berbagai perilaku negatif yang dilakukan oleh anak bangsa, salah satunya disebabkan oleh krisis keteladanan di kalangan pemimpin bangsa. Kondisi ini menjadikan anak tidak lagi peduli dengan nasihat guru karena contoh perilaku negatif yang dipertontonkan oleh elit politik yang diperoleh anak di luar kelas melalui media massa jauh lebih berpengaruh terhadap pembentukan pribadinya. Di sekolah siswa memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan :
1. pengetahuan moral (moral knowing)
yang meliputi Kesadaran Moral (Moral Awareness) yang sering terjadi pada diri manusia, Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values) seperti menghormati, Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking) seperti kemampuan untuk mengambil sudut pandang orang lain, Penalaran Moral (Moral Reasoning) seperti perkembangan terjadi secara bertahap, Membuat Keputusan (Decision Making) seperti menghadapi persoalan moral, Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge) seperti Memahami diri sendiri.
2. Perilaku Moral (Moral Action)
yang meliputi kompetensi, kehendak, kebiasaan, dan pendidikan orang tua.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Santika Tri Adelia Putri 2213053055 གིས-
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055
Kelas : 3F

Analisis jurnal 2
PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA

Dari jurnal tersebut dijelaskan bahwa aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. Pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai- nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini).

Ada banyak faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut adalah keteladanan dari guru, orangtua, dan masyarakat. Di sekolah siswa memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan pengetahuan moral (moral knowing), untuk menghargai nilai-nilai murni (moral feeling) dan untuk melaksanakan moral (moral action) yang baik. Oleh karena itu sesi formal haruslah dimuat dalam kurikulum sekolah, di sini kurikulum berperan penting sebagai pemandu yang dapat mengarahkan pendidikan nilai-nilai moral dan karakter kepada siswa. Ada enam pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter, yaitu :
1. Kesadaran Moral (Moral Awareness)
2. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values)
3. Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking)
4. Penalaran Moral (Moral Reasoning)
5. Membuat Keputusan (Decision Making)
6. Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge)

Perilaku moral adalah produk dari dua bagian karakter lainnya. Untuk memahami sepenuhnya apa yang menggerakkan seseorang sehingga
mampu melakukan tindakan bermoralatau justru menghalanginyakita perlu melihat lebih jauh dalam tiga aspek karakter lainnya yakni: kompetensi, kemauan, dan kebiasaan. Salah satu cara untuk menumbuhkan aspek moral feeling adalah dengan cara membangkitkan kesadaran anak akan pentingnya memberikan komitmen terhadap nilai-nilai moral. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Fatimatuz zahro 2213053160 གིས-
Nama: Fatimatuz Zahro
NPM: 2213053160
Kelas: 3F

"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"

Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilainilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini)sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu. Ada beragam pengetahuan moral yang dapat kita manfaatkan ketika kitaberhadapan dengan tantangan-tantangan moral dalam hidup antara lain:
1. Kesadaran Moral (Moral Awareness)
2. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values)
3. Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking)
4. Penalaran Moral (Moral Reasoning)
5. Membuat Keputusan (Decision Making)6. Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge)
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Ilma Fuadah 2213053225 གིས-
Nama : Ilma Fuadah
NPM : 2213053225
Kelas : 3F

PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA

Dalam era globalisasi, nilai-nilai negatif dari luar dengan mudah mempengaruhi generasi muda. Jurnal ini membahas pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku siswa SMP di Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua. Ada kekhawatiran akan pengikisan jatidiri dan merosotnya nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, dan moralitas individu. Faktor guru, orangtua, dan masyarakat berperan penting dalam membentuk moral siswa. Pendidikan karakter perlu diperkuat melalui kurikulum formal untuk mengarahkan nilai-nilai moral dan karakter kepada siswa. Konsep dasar moral mencakup nilai, norma, etika, kesusilaan, budi pekerti, akhlak, dan adat istiadat. Pendidikan nilai harus mencakup aspek moral knowing hingga moral feeling dan action. Pengetahuan moral mencakup kesadaran moral, pengetahuan nilai, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pemahaman diri. Perilaku moral dipengaruhi oleh kompetensi, kehendak, dan kebiasaan. Pendidikan karakter tidak hanya sampai pada pengetahuan, tetapi juga melibatkan perasaan dan tindakan moral. Pendidikan orangtua memiliki peran krusial dalam membentuk karakter anak, melibatkan alih nilai yang meliputi imtaq, budaya, dan aspek lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Maya Nurdianti 2213053230 གིས-
Nama : Maya Nurdianti
Kelas : 3F
NPM : 2213053230

Analisis Jurnal 2

Jurnal ini membahas dampak pendidikan orang tua terhadap perkembangan perilaku moral anak. Penelitian ini menyoroti hubungan antara metode pendidikan orang tua dan nilai-nilai moral yang muncul pada anak. Analisisnya melibatkan evaluasi terhadap pengaruh positif atau negatif dari interaksi pendidikan orang tua terhadap perkembangan moral anak, dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memainkan peran penting dalam proses ini.

Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Meyin syabira 2213053185 གིས-
Nama : Meyin syabira
Npm :2213053185

Jurnal ini berfokus pada aspek moralitas dari perspektif siswa, terutama dalam hal pengetahuan moral dan perilaku moral. Penelitian bertujuan untuk memahami hubungan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan mempertimbangkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian mencakup 40 SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan total 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian terdiri dari 9 SMP Kota Pekanbaru dengan 360 siswa.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk mendapatkan rata-rata dan simpangan baku. Selain itu, analisis inferensi, khususnya regresi, diterapkan melalui program SPSS18. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII di Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.

Jurnal ini memberikan wawasan yang penting tentang keterkaitan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa SMP, dengan mempertimbangkan pengaruh pendidikan orang tua. Dengan menggunakan metode analisis yang kuat, penelitian ini menambah pemahaman kita tentang bagaimana faktor-faktor ini saling terkait dan memberikan kontribusi pada pengembangan karakter moral siswa di tingkat SMP. Keywords yang digunakan, yaitu Moral Knowledge, Moral Behavior, dan Parental Education, mengindikasikan bahwa keterlibatan orang tua memainkan peran penting dalam membentuk moralitas siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Putri sarah afifah གིས-
nama : putri sarah afifah
npm : 2213053001
kelas : 3f

Pengetahuan moral yang diterima siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru sangat mempengaruhi perilaku moral mereka, khususnya sejauh mana nilai dan norma moral tersebut tercermin dalam tindakan mereka sehari-hari. Pengaruh ini seringkali dipengaruhi oleh pendidikan yang mereka dapatkan dari orangtua.
Orangtua memiliki peran sentral dalam membentuk pengetahuan moral anak. Pendidikan moral yang diberikan oleh orangtua, baik secara langsung maupun melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, memberikan dasar kuat untuk pemahaman nilai-nilai moral.
Hambatan yang mungkin muncul adalah ketidakselarasan antara pengetahuan moral yang diajarkan di rumah dan pengaruh lingkungan sekolah atau masyarakat. Selain itu, kurangnya keterlibatan orangtua dalam mendiskusikan masalah moral dengan anak dapat menghambat pemahaman mendalam.
Strategi yang tepat melibatkan kerjasama erat antara orangtua dan sekolah. Pelibatan orangtua dalam kegiatan sekolah terkait moral, seperti seminar atau forum diskusi, dapat memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di rumah. Komunikasi terbuka antara orangtua dan guru juga dapat membantu menyamakan persepsi dan memastikan konsistensi dalam pendidikan moral.
Dalam keseluruhan, pengetahuan moral yang diperoleh dari pendidikan orangtua memainkan peran kunci dalam membentuk perilaku moral siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Upaya bersama antara keluarga dan sekolah menjadi krusial untuk memastikan adanya kesinambungan dan konsistensi dalam pengembangan karakter moral anak-anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Hasa Hesta Wahid 2213053042 གིས-
Nama : Hasa Hesta Wahid
NPM : 2213053042

Di era globalisasi saat ini, perkembangan informasi yang luas dan mudah diakses telah membawa dampak besar terhadap konsep moral dasar masyarakat. Kemudahan akses terhadap informasi berarti bahwa nilai-nilai negatif dan faktor eksternal tidak dapat dikesampingkan secara efektif. Akibatnya, pemikiran dan kepribadian generasi modern cenderung dipengaruhi oleh nilai-nilai berbeda yang mungkin tidak sejalan dengan nilai-nilai agama, nasionalisme, dan sosial budaya negara tersebut.

Pentingnya pengetahuan moral disorot dalam enam dimensi mulai dari kesadaran moral, pengetahuan tentang nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pemahaman diri. Semua aspek tersebut menjadi dasar perilaku moral dan pada akhirnya merupakan produk karakter seseorang. Proses pendidikan moral di sekolah mencakup lembaga formal dan sesi-sesi yang termasuk dalam kurikulum yang bertujuan untuk membimbing siswa dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai moral. Namun pendidikan moral tidak terbatas pada lingkungan sekolah saja. Peran orang tua juga berperan besar dalam membentuk kepribadian anak. Pendidikan nilai dan akhlak yang ditanamkan orang tua dapat mencakup aspek-aspek seperti pendidikan imtak, nilai-nilai budaya, dan apresiasi terhadap teknologi dan industrialisasi.

Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan konsep-konsep dasar moral di era globalisasi memerlukan pendekatan yang serius dan terpadu, dengan peran aktif berbagai pemangku kepentingan seperti sekolah, orang tua, dan masyarakat luas. Hanya melalui upaya kolektif inilah kita dapat memperkuat karakter generasi muda, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan menghasilkan individu-individu yang bertanggung jawab, terdidik, dan berdaya saing dalam konteks global.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Richia Deha Azizah 2213053024 གིས-
Nama : Richia Deha Azizah
NPM : 2213053024
Kelas : 3F

Analisis Jurnal 2

“PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"

Jurnal memberitahu aspek moralitas yaitu pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIIIKota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.
Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Annida Dwi Kirasti 2213053220 གིས-
Nama : Annida Dwi Kirasti
Npm : 2213053220
Kelas : 3F

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan moral memiliki pengaruh positif terhadap perilaku moral siswa SMP. Faktor kunci yang diperhatikan adalah peran pendidikan orangtua dalam memediasi hubungan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa. Orangtua yang memberikan pendidikan moral yang kuat cenderung memiliki dampak positif pada perkembangan perilaku moral anak-anak mereka.

Metode analisis statistik, seperti regresi, mungkin digunakan untuk mengukur sejauh mana pengaruh pengetahuan moral dan pendidikan orangtua terhadap perilaku moral siswa. Selain itu, studi ini dapat memberikan wawasan bagi praktisi pendidikan dan orangtua untuk memahami peran penting pengetahuan moral dan pendidikan orangtua dalam membentuk perilaku moral siswa.

Namun, penting untuk dicatat bahwa analisis jurnal ini hanya bersifat umum dan belum memperhatikan detail spesifik seperti metode penelitian yang digunakan, ukuran sampel, dan hasil statistik yang lebih rinci. Sebaiknya, baca jurnal tersebut untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang penelitian dan temuannya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Depi Septiani གིས-
Nama:Depi Septiani
Npm:2253053005
Kelas:3F

Analisis jurnal 2
“PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA”

Jurnal ini membahas dampak pendidikan orang tua terhadap perkembangan perilaku moral anak. Ada 6 pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter diantaranya yaitu Kesadaran Moral (Moral Awareness), Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values), Pengambilan Perspektif (Perspektive Taking), Penalaran Moral (Moral Reasoning), Membuat Keputusan (Decision Making), dan Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge).

Dari kurnal tersebut siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) Perilaku Moral (Moral Action) yang meliputi kompetensi, kehendak, kebiasaan, dan pendidikan orang tua. Salah satu cara untuk menumbuhkan aspek moral feeling yaitu dengan cara membangkitkan kesadaran anak akan pentingnya memberikan komitmen terhadap nilai-nilai moral. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Selly Defi Maharani 2253053024 གིས-
Nama : Selly Defi Maharani
Npm : 2253053024

PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA

Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai- nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu.Terdapat enam karakter utama (pilar karakter) pada diri manusia yang dapat digunakan untuk mengukur dan menilai watak dan prilaku dalam hal-hal khusus. Keenam karakter ini dapat dikatakan sebagai pilar-pilar karakter manusia, di antaranya: (1) Respect (Penghormatan); (2) Responsibility (Tanggung Jawab); (3) Citizenship-Civic Duty (Kesadaran Berwarga Negara); (4) Fairness (Keadilan dan Kejujuran); (5) Caring (Kepedulian dan Kemauan Berbagi); dan (6) Trustworthiness (Keparcayaan).
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Vita Novianti 2213053238 གིས-
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas : 3F

Analisis jurnal 2
" Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua"

Saat ini jaman modern yakni ditanda dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Informasi pun semakin tidak terbatas. Dengan hal itu informasi dapat diakses dengan sangat mudah dan menyebabkan berbagai nilai-nilai dari luar yang bersifat negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi bangsa.

Peserta didik memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan pengetahuan moral (moral knowing), untuk menghargai nilai-nilai murni (moral feeling) dan untuk melaksanakan moral (moral action) yang baik.
Serta Enam pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter, yakni
1). Kesadaran Moral (Moral Awareness)
2. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values)
3).Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking)
4). Penalaran Moral (Moral Reasoning)
5).Membuat Keputusan (Decision Making)
6). Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge).

Di dalam lingkungan sekolah diperlukan nya keteladanan dari seorang guru. Guru menjadi roll model bagi semua peserta didiknya. Yang mana segala hal yang diucapkan atau dilakukan akan ditiru. Oleh karena itu seorang guru harus memberikan contoh moral yang baik kepada anak peserta didiknya.Agar mereka pun mampu mencontoh teladan tersebut. Kemudian, pendidikan orang tua juga berdampak baik terhadap pengetahuan moral dan mempengaruhi perilaku moral peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Anis Sarlia གིས-

Nama: Anis Sarlia Putri

Npm: 2213053173

Analisis jurnal 2 (PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA)

Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai- nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu.

1. Konsep dasar karakter 

  A. Pengetahuan moral (moral knowing)

    Kesadaran moral, mengetahui nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, membuat keputusan, dan memahami diri sendiri.

  B. Perilaku moral (moral Action)

Perilaku moral adalah produk dari dua bagian karakter lainnya. Jika orang memiliki kualitas moral intelektual dan emosional seperti yang baik, mereka memiliki kemungkinan melakukan tindakan yang menurut pengetahuan dan perasaan mereka adalah tindakan yang benar. Meliputi kompetensi, kehendak , dan kebiasaan.

  C. Pendidikan orang tua

 Pendidikan karakter pada dasarnya mempunyai esensi yang tidak berbeda dengan pendidikan moral, budi pekerti dan pendidikan akhlak, yang bertujuan membentuk pribadi siswa, supaya menjadi pribadi yang baik, jika di masyarakat menjadi warga yang baik, dan jika dalam kehidupan bernegara menjadi warga negara yang baik. 

Perlu juga disadari bahwa pembinaan imtaq dan pembudayaan pada dasarnya meliputi pembinaan terhadap keyakinan, sikap, budi pekerti, dan nilai-nilai luhur budaya bangsa, Aspek-aspek tersebut dapat berkembang apabila ada pemahaman dan wawasan keagamaan dan budaya yang diperoleh dari proses alih nilai. Dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, proses alih nilai berlangsung secara lebih berkesinambungan sehingga interaksi berlangsung lebih efektif dibandingkan yang terjadi di kelas. Di samping faktor pembiasaan dan peneladanan, pembinaan imtaq dan pembudayaan dalam keluarga juga akan lebih berhasil karena adanya penghayatan terhadap nilai-nilai agama yang melahirkan keyakinan, sikap, perilaku dan budi pekerti dan akhlak yang seperti yang di atas.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Fara Adilia 2213053003 གིས-
Nama : Fara Adilia
NPM : 2213053003
Pengetahuan moral (moral knowing) mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan
pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa
berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku
moral siswa.
Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap
pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan
pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral
siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah
perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih
intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu
menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

yunita Lestari 2213053219 གིས-
Nama : Yunita Lestari
NPM : 2213053219
Kelas : 3F

Analisis Jurnal 2
“PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA”

Pendidikan moral yang diberikan oleh orang tua memiliki peran sentral dalam membentuk pengetahuan moral siswa, dan secara langsung mempengaruhi perilaku moral mereka. Ini menegaskan perlunya pendekatan holistik yang melibatkan orang tua dalam upaya pendidikan moral untuk menciptakan generasi yang memiliki landasan moral yang kuat. Adapun enam pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter yaitu kesadaran moral (moral awareness), mengetahui nilai-nilai moral (moral values), pengambilan perspektif (perspektive taking), penalaran moral (moral reasoning), membuat keputusan (Decision Making) dan memahami diri sendiri atau (self Knowledge).
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Irvanda Julian Awal 2213053069 གིས-
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069
Kelas: 3F

Analisis Jurnal 2


Pada era globalisasi saat ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai-nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi muda saat ini hal ini menyebabkan kemerosotan moral pada remaja.
Jadi para remaja saat ini sangat penting untuk mengetahui pengetahuan tentang moral yang baik hal ini dapat di mualai dari pendidikan orang tua jadi orang tua dapat menanamkan nilai nilai yang baik kepada anaknya kemudian setalah itu mereka mendapat pendidikan moral di sekolah melaui materi materi yang menanamkan nilai nilai kebaikan sehingga secara perlahan anak yang terpengaruh dampak buruk yanga membuat karakter mereka tidak baik mereka akan jadi baik
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Okta Rizkika Ramadhona 2213053191 གིས-
Okta Rizkika Ramadhona
3F
2213053191

#PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANG TUA#

untuk mengetahui aspek moralitas yaitu pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa.

6(enam) pengetahuan moral yang diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter, yakni •Kesadaran Moral (Moral Awareness),
• Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values), •Pengambilan Perspektif (Perspektive Taking), •Penalaran Moral (Moral Reasoning),
•Membuat Keputusan (Decision Making), •Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge).
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Nazila Amryna 2213053140 གིས-
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140

Analisis jurnal 2
"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"

Dalam jurnal membahas tentang hubungan antara pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan perilaku moral (moral action) siswa, dengan fokus pada pengaruh pendidikan orang tua. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa memiliki dampak pada perilaku moral mereka, dan pendidikan orang tua berperan penting dalam memengaruhi kedua aspek tersebut.

Pentingnya pendidikan orang tua sebagai faktor pengaruh terhadap pengetahuan dan perilaku moral siswa menjadi sorotan utama dalam jurnal ini. Pendidikan moral yang diterapkan oleh orang tua di rumah diyakini berdampak positif pada pengetahuan moral siswa, yang selanjutnya memengaruhi tindakan moral mereka. Hasil analisis ini memberikan dukungan bagi konsep bahwa lingkungan keluarga dan pendidikan yang diterapkan oleh orang tua dapat membentuk dasar moral siswa di tingkat SMP. Rekomendasi yang diajukan pada akhirnya dapat memberikan panduan bagi pendekatan pendidikan moral, khususnya melibatkan peran orang tua, untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku moral siswa di tingkat pendidikan tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Presti Saraswati 2213053038 གིས-
Nama : Presti Saraswati
NPM : 2213053038
Kelas : 3F

“Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa Smp Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua”

Ada banyak faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru, orangtua, dan masyarakat.

Pengetahuan moral yaitu kesadaran moral, mengetahui nilai-nilai moral, pengambilan persepektif, penalaran moral, membuat keputusan, memahami diri sendiri. Perilaku moral (moral action) yakni: kompetensi, kemauan, dan kebiasaan.

Dari penelitian jurnal tersebut dapat disimpulkan pengaruh pengetahuan moral mempengaruhi perilaku moral siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan Pendidikan Orangtua. Hal ini dapat terlihat dari pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap siswa, baik itu pengetahuan moral dan mempengaruhi perilaku moral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Tria Selvia གིས-
Nama : Tria Selvia
NPM : 2213053358

Analisis Jurnal 2

"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"

Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilainilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini)sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu. Ada beragam pengetahuan moral yang dapat kita manfaatkan ketika kitaberhadapan dengan tantangan-tantangan moral dalam hidup antara lain:
1. Kesadaran Moral (Moral Awareness)
2. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values)
3. Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking)
4. Penalaran Moral (Moral Reasoning)
5. Membuat Keputusan (Decision Making)6. Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge)
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Arif Rahman Hakim 2213053294 གིས-
Nama : Arif Rahman Hakim
Npm:2213053294
Kelas: 3/F
PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA yakni salah satunya mengutip dalam jurnal dikatakan bahwa ada banyak faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru, orangtua, dan masyarakat. Keteladanan ini dalam alam Indonesia dianggap langka.Terjadinya berbagai perilaku negatif yang dilakukan oleh anak bangsa, salah satunya disebabkan oleh krisis keteladanan di kalangan pemimpin bangsa. Kondisi ini menjadikan anak tidak lagi peduli dengan nasihat guru karena contoh perilaku negatif yang dipertontonkan oleh elit politik yang diperoleh anak di luar kelas melalui media massa jauh lebih berpengaruh terhadap pembentukan pribadinya.

Moralitas adalah pengetahuan tentang bagaimana berperilaku dalam kehidupan ini, baik dalam konteks lokus maupun tempus tertentu. Jika seseorang hidup tanpa nilai-nilai moralitas, hakikatnya dia akan lenyap dalam kehidupan ini, terlepas dari semua bentuk tatanan dan model kebaikan dan keburukan. Moral dapat membentengi peserta didik dari hal buruk. Jika peserta didik telah membentengi diri mereka dari hal buruk maka mereka akan terhindar dari kejahatan-kejahatan dan tetap bertindak benar meskipun ada godaan. Untuk menjaga keharmonisan dalam suatu hubungan sosial. Pendidikan moral adalah suatu program yang memiliki tujuan untuk mengembangkan perilaku seseorang agar lebih baik lagi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Septiana Sabila 2213053105 གིས-
Nama : Septiana Sabila
NPM : 2213053105
Kelas : 3F

Analisis Jurnal 2
"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"
Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar
luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilainilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan
mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait
merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu. Hal ini menimbulkan kecemasan
sehingga memerlukan satu pendekatan yang lebih serius dalam memperkokoh jatidiri generasi muda melalui pendidikan karakter dan budaya bangsa. Di negara-negara
maju, pembangunan karakter menjadi satu elemen penting dalam proses pendidikan guna menerapkan kembali nilai-nilai yang baik dan menyaring segala bentuk unsur
negatif yang dapat mempengaruhi tingkahlaku kalangan anak-anak dan tidak terkecuali kalangan remaja.

Salah satu cara untuk menumbuhkan aspek moral feeling adalah dengan cara membangkitkan kesadaran anak akan pentingnya memberikan komitmen terhadap
nilai-nilai moral. Sebagai contoh untuk untuk menanamkan kecintaan anak untuk jujur dengan tidak mencontek, orang tua harus dapat menumbuhkan rasa bersalah,
malu dah tidak empati atas tindakan mencontek tersebut. Kecintaan ini (moral feeling) akan menjadi kontrol internal yang paling efektif, selain kontrol eksternal berupa pengawasan orang tua terhadap tindak tanduk anak dalam keseharian.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

Aulia Amanah 2213053126 གིས-
nama : aulia amanah
npm : 2213053126

Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.
Di negara-negara maju, pembangunan karakter menjadi satu elemen penting dalam proses pendidikan guna menerapkan kembali nilai-nilai yang baik dan menyaring segala bentuk unsur negatif yang dapat mempengaruhi tingkahlaku kalangan anak-anak dan tidak terkecuali kalangan remaja. Di sekolah siswa memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan pengetahuan moral (moral knowing), untuk menghargai nilai-nilai murni (moral feeling) dan untuk melaksanakan moral (moral action) yang baik Oleh karena itu sesi formal haruslah dimuat dalam kurikulum sekolah, di sini kurikulum berperan penting sebagai pemandu yang dapat mengarahkan pendidikan nilai-nilai moral dan karakter kepada siswa. Bahkan konsepsi di atas terkait erat dalam konsepsi karakter dalam Pendidikan Karakter di Indonesia. Selain itu Moral merujuk nilai yang dianggap oleh individu dan masyarakat sebagai nilai sesuatu yang baik dan patut.
Sementara pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa pada diri peserta didik, sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

LIZA DWI WAHYUNI 2253053015 གིས-
Nama : Liza dwi wahyuni
Npm : 2253053015
Kelas : 3 F

Analisis jurnal 2

PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA

Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral
dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu;
pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.
Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar
luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilainilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan
mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini)sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait
merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya
bangsa dan perkembangan moralitas individu. Hal ini menimbulkan kecemasan
sehingga memerlukan satu pendekatan yang lebih serius dalam memperkokoh jatidiri
generasi muda melalui pendidikan karakter dan budaya bangsa.
Setidaknya, ada banyak faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas
moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru,
orangtua, dan masyarakat.
Istilah Moral berasal dari bahasa Latin, yakni mores kata jamak dari mos
yang sepadan dengan kata adat kebiasaan. Budi pekerti, nilai, norma, dan moral dalam istilah lain dinamakan juga
akhlak. Pendidikan nilai mencakup kawasan budi pekerti, nilai, norma, dan moral.
Budi pekerti adalah buah dari budi nurani.
Apabila kita membicarakan pengertian moral, etika dan nilai, tiada satu
definisi universal yang diterima oleh semua pihak. Terdapat banyak pengetahuan
yang berbeda tentang moral, etika dan nilai menurut ahli yang berbeda pula makna kegunaan (berharga) , sedangkan moral berasal dari bahasa latin yaitu 'mores'. Etika atau 'ethics' berasal dari bahasa yunani yaitu 'ethos' yang memiliki arti hampir
sama dengan etika. Moral merujuk nilai yang dianggap oleh individu dan masyarakat
sebagai nilai sesuatu yang baik dan patut.