Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Number of replies: 34

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Santika Tri Adelia Putri 2213053055 གིས-
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055
Kelas : 3F

Analisis video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini (pertemuan 6)

Melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Manfaat penilaian dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Bagi Anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
2. Bagi Orang Tua. Orang tua akan memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru, untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya, berikan dukungan yang tepat kepada anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak.

Prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu :
1. Mendidik, proses hasil penilaian menjadi dasar untuk mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.
2. Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan Kembangan anak.
3. Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
4. Akuntabel, penilaian dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
5. Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat di akses oleh semua orang.
6. Sistematis, penilaian yang dilakukan secara teratur dan terprogram.
7. Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek.
8. Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermakna.

Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak. Mekanisme penilaian yaitu :
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.

Teknik penilaian dibagi menjadi 4 yaitu :
1. BB artinya belum berkembang. Anak-anak masih perlu dibantu.
2. MB artinya mulai berkembang. Anak melakukan kegiatan tetapi masih perlu diingatkan.
3. BSH artinya berkembang sesuai haralan. Anak melakukan kegiatannya secara mandiri tanpa harus diingatkan dan tanpa dibantu guru.
4. BSB artinya berkembang sangat baik. Anak-anak dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan dapat membantu anak yang lainnya.
Bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Indra Ulfayani 2213053171 གིས-
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 21213053171

Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Adapun definisi dari Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam, alat penilaian belajar peserta didik penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak, bagi orangtua, maupun bagi guru.
-Bagi Anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, dan optimal
-Bagi Orang Tua, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah
-Bagi Guru, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya.

Prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu :
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna.
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.

Bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan :
Penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dan dokumen lainnya
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Jeky Septa Anggara 2213053253 གིས-
Nama : Jeky Septa Anggara
NPM : 2213053253
Kelas : 3F

Analisis Video 2

Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan dalam menginput segala informasi yang dapat dijadikan alat ukur keberhasilan belajar dari siswa. Manfaat penilaian bagi anak yaitu untuk memelihara perkembangan anak sehingga anak akan senantiasa konsisten dalam belajar. Kemudian bagi orangtua manfaatnya adalah orangtua mendapatkan informasi terkait pertumbuhan dan perkembangan anak dalam proses belajar di satuan pendidikan. Sedangkan bagi guru manfaatnya adalah membantu seorang guru dalam memperoleh informasi perkembangan anak baik dari segi sikap, pengetahuan , maupun keterampilan siswa.

Prinsip - prinsip dari penilaian antara lain : mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Teknik penilaian dalam satuan pendidik secara umum mengacu pada tingkat perkembangan anak dengan instrumennya berupa instrumen penilaian proses, catatan anekdot, dan rubrik penilaian. Mekanisme penilaian terdiri dari menyusun teknik penilaian (indikator capaian), menjalankan proses penilaian, mendokumentasikan penilaian proses, dan melaporkan hasil capaian perkembangan siswa. Sedangkan teknik penilaian terbagi menjadi 4 bentuk yakni BB (belum berkembang), MB (mulai berkembang), BSH (berkembang sesuai harapan), dan BSB (berkembang sangat baik). Untuk penilaian sendiri bisa dilakukan dengan penilaian harian, mingguan, bulanan, ataupun semester.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Okta Rizkika Ramadhona 2213053191 གིས-
Okta Rizkika Ramadhona
2213053191
3F

#Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai agama dan Moral#

Dalam sebuah pembelajaran guru bertugas bukan hanya mengevaluasi maupun menilai karakter peserta didik setiap pembelajaran namun guru juga wajib menilai apa-apa saja yang dilakukan oleh peserta didik yang di dalamnya mengandung arti nilai moral dan agama.
Instrumen penilaian ini adalah alat untuk mengukur dan mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian dibagi menjadi 3,yakni manfaat bagi anak, orang tua, dan guru. Manfaat bagi anak ini berupa untuk memelihara pertumbuhan anak, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangan nya, anak mendapatkan kebutuhan yang sesuai dengan perkembangan nya. Lalu bagi orang tua berupa mendapatkan informasi mengenai perkembangan anaknya di sekolah, memudahkan ortu dalam memberikan stimulasi kepada anak, membuat keputusan bersama antar orang tua dan pihak sekolah, demi memenuhi kebutuhan anak. Lalu manfaat bagi guru berupa mengetahui perkembangan sikapsikap, pengetahuan da keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan setiap anak, mengetahui kesesuaian stimulasi peserta didik, dan memberikan dukungan yang tepat terhadap peserta didik, memiliki data dan informasi setiap anak untuk membuat rencana pembelajaran yang akan datang.
Prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu :
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna.
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Amanda Gita Devi Rahmawati 2213053092 གིས-
Nama : Amanda Gita Devi Rahmawati
NPM : 2213053092

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Pada setiap satuan PAUD tugas guru tidak hanya merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi tetapi juga menilai hasil belajar setiap anak. Penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan harus dilakukan oleh guru PAUD. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak, termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama. Melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. 

Penilaian memiliki manfaat bagi semua pihak, yaitu :
1) bagi anak
memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, dan anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya.

2) bagi orang tua
orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.

3) bagi guru
mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya, dapat memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya.

Prinsip-prinsip Penilaian
  1. Mendidik, proses hasil penilaian ini dapat dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal
  2. Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya
  3. Objektif, penilaian harus dilakukan secara adil
  4. Akuntabel, penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan
  5. Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak yang berkepentingan
  6. Sistematis, penilaian ini dilakukan secara teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan berbagai instrumen
  7. Menyeluruh, penilaian ini mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap pengetahuan maupun keterampilan
  8. Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orang tua, guru dan pihak lain yang relevan

Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian ini meliputi Instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.

Mekanisme Penilaian
  1. Menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
  2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian
  3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
  4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orangtua

Teknik Penilaian
  1. BB artinya belum berkembang. Bila anak-anak dalam melakukan kegiatan harus dibantu dibimbing dan dicontohkan.
  2. MB artinya mulai berkembang. Bila anak-anak melakukan kegiatan tetapi harus diingatkan harus sedikit dibantu oleh guru.
  3. BSH artinya berkembang sesuai harapan. Bila anak ini dapat melakukan kegiatannya secara mandiri konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru.
  4. BSB artinya berkembang sangat baik. Jika anak-anak ini sudah dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator.

Bentuk-bentuk Penilaian
  1. Penilaian harian
  2. Penilaian mingguan
  3. Penilaian bulanan
  4. Penilaian semester
  5. Portofolio anak
  6. Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Destia Rahmah Fitriani 2213053082 གིས-
Nama : Destia Rahmah Fitriani
NPM : 2213053082
Kelas : 3F

Analisis Video 2
"Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini (Pertemuan 6)"

Penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini adalah suatu proses penting dalam mendukung perkembangan moral dan spiritual anak. Instrumen penilaian adalah alat atau sarana yang digunakan untuk mengukur atau menilai sesuatu. Dalam konteks pendidikan, instrumen penilaian digunakan untuk mengukur kemajuan, prestasi, atau karakteristik individu atau kelompok dalam berbagai aspek seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku. Instrumen penilaian dapat beragam jenisnya tergantung pada tujuan dan bidang penilaian.

Manfaat penilaian dalam konteks pendidikan dapat dibagi menjadi tiga kategori utama untuk anak, orang tua, dan guru:
1. Bagi Anak :
- Meningkatkan Pemahaman : Penilaian formatif membantu anak-anak dalam memahami tingkat pemahaman mereka terhadap materi. Ini memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada area di mana mereka perlu meningkatkan pemahaman.
- Mendorong Kemajuan : Dengan umpan balik dari penilaian, anak-anak dapat merasa termotivasi untuk mengembangkan keterampilan dan mencapai target pembelajaran.
- Merencanakan Tujuan Pribadi : Penilaian membantu anak-anak dalam merencanakan tujuan pembelajaran pribadi dan memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan diri mereka sendiri.
2. Bagi Orang Tua :
- Mengetahui Kemajuan Anak : Penilaian membantu orang tua untuk memahami sejauh mana anak-anak mereka telah memahami dan berkembang dalam berbagai aspek, seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan karakter.
- Mengidentifikasi Kebutuhan dan Potensi : Dengan penilaian, orang tua dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan anak-anak mereka. Ini membantu mereka dalam merancang strategi dan dukungan yang sesuai untuk meningkatkan prestasi anak-anak.
- Terlibat dalam Pendidikan Anak : Orang tua dapat menggunakan hasil penilaian untuk lebih terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka, berdiskusi dengan guru tentang kemajuan anak, dan memberikan dukungan tambahan di rumah.
3. Bagi Guru :
- Mengarahkan Pengajaran : Penilaian formatif membantu guru dalam mengarahkan pengajaran mereka. Mereka dapat menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan spesifik peserta didik.
- Evaluasi Pengajaran : Guru dapat menggunakan penilaian untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran dan kurikulum mereka. Ini membantu mereka untuk terus-menerus meningkatkan pendidikan.
- Menyesuaikan Kurikulum : Hasil penilaian dapat membantu guru dalam menyesuaikan kurikulum untuk mencakup kebutuhan dan minat peserta didik.
Dengan pemahaman yang baik tentang manfaat penilaian, orang tua, anak, dan guru dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Penilaian yang seimbang dan berkelanjutan adalah kunci untuk membantu peserta didik mencapai potensi mereka dan menjadi pembelajar yang lebih efektif.

Adapun prinsip-prinsip penilaian dalam pendidikan, antara lain :
1. Mendidik :
- Penilaian seharusnya bukan hanya alat untuk mengukur, tetapi juga untuk mengajar. Ini berarti bahwa penilaian harus dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat memahami tujuan pembelajaran dan mendapatkan umpan balik yang membantu mereka meningkatkan pemahaman dan kinerja.
2. Berkesinambungan :
- Penilaian harus berlangsung sepanjang proses pembelajaran, bukan hanya pada akhir periode. Ini memungkinkan peserta didik untuk terus menerima umpan balik dan perbaikan yang berkelanjutan.
3. Objektif :
- Penilaian seharusnya obyektif, artinya hasil penilaian tidak boleh dipengaruhi oleh bias atau pendapat subjektif. Kriteria penilaian harus jelas dan diterapkan secara konsisten.
4. Akuntabel :
- Penilaian harus dapat dipertanggungjawabkan. Ini berarti bahwa prosedur penilaian dan hasilnya seharusnya dapat dijelaskan dan dipertanggungjawabkan oleh semua pihak terkait.
5. Transparan :
- Proses dan kriteria penilaian seharusnya terbuka dan dapat dipahami oleh semua pihak yang terlibat, termasuk peserta didik, orang tua, dan guru. Ini menciptakan keadilan dalam penilaian.
6. Sistematis :
- Penilaian seharusnya dilakukan secara terstruktur dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Ini membantu dalam konsistensi dan keseragaman penilaian.
7. Menyeluruh :
- Penilaian seharusnya mencakup berbagai aspek pembelajaran, termasuk pengetahuan, keterampilan, sikap, dan karakter. Ini memberikan gambaran yang lengkap tentang kemajuan peserta didik.
8. Bermakna :
- Penilaian seharusnya memiliki makna yang jelas bagi peserta didik. Hasil penilaian harus digunakan untuk membantu peserta didik memahami perkembangan mereka dan merencanakan langkah-langkah perbaikan.
Penerapan prinsip-prinsip ini membantu menciptakan penilaian yang lebih efektif dan relevan dalam pendidikan, yang tidak hanya mengukur kemajuan peserta didik tetapi juga mendukung perkembangan mereka secara keseluruhan.

Penggunaan jenis penilaian tertentu tergantung pada tujuan pembelajaran, konteks, dan kompetensi yang ingin diukur. Kombinasi berbagai bentuk penilaian seringkali digunakan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kemajuan anak..
Penting untuk diingat bahwa penilaian pada anak harus dilakukan dengan sensitif dan pengertian terhadap kebutuhan mereka. Selain itu, melibatkan orang tua dalam proses penilaian anak juga merupakan hal yang penting, karena orang tua memiliki wawasan yang berharga tentang perkembangan anak mereka. Teknik-teknik penilaian ini dapat digunakan secara individual atau digabungkan untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang perkembangan anak dan untuk mendukung perkembangan mereka secara positif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Putri sarah afifah གིས-
Nama : Putri sarah afifah
Npm : 2213053001
Kelas : 3F

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Pada setiap satuan PAUD tugas guru tidak hanya merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi tetapi juga menilai hasil belajar setiap anak. Penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan harus dilakukan oleh guru PAUD. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak, termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama. Melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Maya Nurdianti 2213053230 གིས-
Nama : Maya Nurdianti
NPM : 2213053230
Kelas : 3F

Video 2

definisi dari Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam, alat penilaian belajar peserta didik penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak, bagi orangtua, maupun bagi guru.

Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai.
Bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Meyin syabira 2213053185 གིས-
Nama: Meyin syabira
Npm:2213053185

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak-anak dalam usia dini (biasanya di bawah usia 6 tahun). Analisis materi instrumen ini dapat mencakup beberapa poin penting:

1. Tujuan Instrumen: Pertama, perlu dianalisis tujuan instrumen ini. Apakah instrumen ini dirancang untuk mengukur pemahaman anak terhadap nilai-nilai agama tertentu, moralitas, atau etika dalam konteks agama tertentu?

2. Komponen Penilaian: Instrumen penilaian mungkin mencakup berbagai komponen, seperti pertanyaan, aktivitas, atau observasi yang dirancang untuk mengukur pengembangan nilai agama dan moral anak. Analisis akan melibatkan peninjauan komponen-komponen ini dan sejauh mana mereka mencakup aspek-aspek yang relevan.

3. Metode Pengukuran: Bagaimana instrumen ini mengukur pengembangan nilai agama dan moral? Apakah itu berdasarkan respons anak terhadap cerita-cerita agama, permainan, observasi perilaku, atau jenis metode lainnya? Metode pengukuran ini harus relevan dan sesuai dengan usia anak.

4. Validitas dan Reliabilitas: Instrumen penilaian harus memiliki validitas (mengukur apa yang seharusnya diukur) dan reliabilitas (konsistensi dalam pengukuran). Analisis akan mencakup pertanyaan apakah instrumen ini telah diuji untuk validitas dan reliabilitasnya.

5. Aspek Kultural dan Keagamaan: Penting untuk mempertimbangkan konteks kultural dan agama dalam analisis instrumen ini. Apakah instrumen ini mencerminkan nilai-nilai agama yang berbeda atau budaya tertentu? Apakah itu sensitif terhadap perbedaan keagamaan?

6.Kemampuan Penggunaan: Instrumen ini harus dapat digunakan dengan baik oleh orang tua, guru, atau profesional yang bekerja dengan anak-anak usia dini. Analisis akan mencakup apakah instrumen ini mudah digunakan dan diinterpretasikan.

7. Kegunaan Hasil: Analisis juga akan mempertimbangkan bagaimana hasil dari instrumen ini dapat digunakan untuk mendukung pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini.

Penting untuk memastikan bahwa instrumen penilaian semacam ini dikembangkan dengan cermat dan mempertimbangkan karakteristik anak usia dini serta mematuhi prinsip-prinsip etika dalam penilaian anak-anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Richia Deha Azizah 2213053024 གིས-
Nama : Richia Deha Azizah
NPM : 2213053024
Kelas : 3F

Analisis Video 2

Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini, dari penilaian tersebut guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Manfaat penilaian dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Bagi Anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
2. Bagi Orang Tua. Orang tua akan memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru, untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya, berikan dukungan yang tepat kepada anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak.

Kemudian adapun prinsip-prinsip penilaian yang terbagi menjadi 8 yaitu :
1. Mendidik, proses hasil penilaian menjadi dasar untuk mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.
2. Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan Kembangan anak.
3. Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
4. Akuntabel, penilaian dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
5. Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat di akses oleh semua orang.
6. Sistematis, penilaian yang dilakukan secara teratur dan terprogram.
7. Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek.
8. Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermakna.

Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak. Mekanisme penilaian yaitu :
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.

Teknik penilaian dibagi menjadi 4 yaitu :
1. BB artinya belum berkembang. Anak-anak masih perlu dibantu.
2. MB artinya mulai berkembang. Anak melakukan kegiatan tetapi masih perlu diingatkan.
3. BSH artinya berkembang sesuai haralan. Anak melakukan kegiatannya secara mandiri tanpa harus diingatkan dan tanpa dibantu guru.
4. BSB artinya berkembang sangat baik. Anak-anak dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan dapat membantu anak yang lainnya.

Dan bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Elyna Aprilia 2253053009 གིས-
Nama : Elyna Aprilia
NPM : 2253053009
Kelas : 3F


Analisis video 2
INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN NILAI DAN MORAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

instrumen nilai adalah alat untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam akat penilaian belajar peserta didik, instrumen penilaian mempunyai manfaat seperti :
• Bagi Anak untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
• Bagi Orang Tua untuk memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
• Bagi Guru untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya, berikan dukungan yang tepat kepada anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran.

prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu :
• Mendidik, proses hasil penilaian menjadi dasar untuk mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.
• Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan Kembangan anak.
• Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
• Akuntabel, penilaian dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
• Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat di akses oleh semua orang.
• Sistematis, penilaian yang dilakukan secara teratur dan terprogram.
• Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek.
• Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orang tua dan guru.
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak. beberapa mekanisme penilaian :
• Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
• Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
• Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar secara akuntabel dan transparan.
• Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.

Teknik penilaian terbagi menjadi BB (belum berkembang) Anak-anak masih perlu dibantu, MB (mulai berkembang) Anak melakukan kegiatan tetapi masih perlu diingatkan, BSH (berkembang sesuai haralan) anak melakukan kegiatan secara mandiri dan dapat membantu temannya. bentuk penilaian yaitu Penilaian harian, Penilaian mingguan, Penilaian bulanan, Penilaian semester, Portofolio anak, Dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Ilma Fuadah 2213053225 གིས-
Nama : Ilma Fuadah
NPM : 2213053225
Kelas : 3F

Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini itu seperti alat ukur untuk melihat sejauh mana si kecil memahami dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan dan moral. Bayangkan ini seperti peta perkembangan budi pekerti mereka. Instrumen ini bisa berupa pertanyaan, observasi, atau tugas yang membantu guru atau orang tua melihat apakah si kecil sudah mulai menunjukkan sikap jujur, tolong-menolong, atau pengertian terhadap nilai-nilai agama yang diajarkan.

Jadi, inilah semacam alat deteksi untuk melihat seberapa baik nilai-nilai agama dan moral meresap dalam perilaku si kecil. Seperti mengukur seberapa sukses pelajaran ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Kinanti Dyah_ 2213053015 གིས-
Nama : Kinanti Dyah
Kelas : 3F
NPM : 2213053015

Instrumen penilaian dalam pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini memiliki peran penting dalam proses pendidikan. Guru PAUD menggunakan instrumen ini untuk mengukur perkembangan anak-anak dan menilai sejauh mana mereka mencapai tujuan pembelajaran. Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data yang menggambarkan kemajuan anak, dan hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara dan alat penilaian.

Penilaian ini memberikan manfaat kepada berbagai pihak, termasuk anak-anak, orang tua, dan guru. Bagi anak, penilaian membantu memelihara pertumbuhan mereka, mengoptimalkan perkembangan, memberikan stimulasi yang sesuai dengan minat mereka, dan menawarkan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan mereka. Bagi orang tua, penilaian memberikan informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan anak mereka di PAUD, memudahkan mereka dalam memberikan stimulasi yang sesuai di rumah, dan memungkinkan mereka berkolaborasi dengan guru dalam mendukung kebutuhan anak. Sementara bagi guru, penilaian memberikan wawasan tentang perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak-anak, membantu mendeteksi hambatan atau gangguan perkembangan, menilai kesesuaian stimulasi dalam pelayanan PAUD, memberikan dukungan yang sesuai, dan memberikan data yang diperlukan untuk perencanaan pembelajaran selanjutnya.

Prinsip-prinsip penilaian yang diikuti adalah bahwa penilaian harus mendidik anak, berkelanjutan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Teknik penilaian mencakup penilaian berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak, dan instrumen yang digunakan dapat berupa penilaian proses, catatan anekdot, rubrik, atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.

Mekanisme penilaian mencakup penyusunan teknik dan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, dokumentasi yang akuntabel dan transparan, serta pelaporan capaian perkembangan anak kepada orang tua. Teknik penilaian itu sendiri memiliki empat tingkat, yaitu BB (belum berkembang), MB (mulai berkembang), BSH (berkembang sesuai harapan), dan BSB (berkembang sangat baik).

Selain itu, penilaian dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, seperti penilaian harian, mingguan, bulanan, semester, portofolio anak, dan dokumen lain yang sesuai dengan kebutuhan satuan PAUD. Semua ini bertujuan untuk memantau kemajuan anak, mengevaluasi hasil belajar, dan mengarahkan pendidikan anak usia dini dengan lebih efektif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Hasa Hesta Wahid 2213053042 གིས-
Nama : Hasa Hesta Wahid
NPM : 2213053042

Alat penilaian perkembangan nilai agama dan moral dalam pendidikan anak usia dini sangat penting. Di setiap lembaga PAUD, guru memiliki tanggung jawab tidak hanya untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, tetapi juga untuk menilai pencapaian setiap anak. Penilaian ini merupakan tugas utama guru PAUD, dimaksudkan agar guru dapat menggambarkan kemajuan perkembangan tiap anak, termasuk perkembangan nilai agama dan moral. Penilaian ini membantu guru dalam mengukur sejauh mana peserta didik mencapai perkembangan mereka, dan membantu mengidentifikasi area perkembangan yang belum tercapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai metode dan alat penilaian yang berbeda. Melalui proses penilaian ini, guru dapat memantau perkembangan masing-masing peserta didik, serta menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memajukan perkembangan yang mungkin belum tercapai atau mempertahankan perkembangan yang sudah dicapai. Instrumen penilaian ini menjadi alat penting dalam mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan cara yang beragam dan efektif.

Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam instrumen penilaian:
1. Mendidik, hasil penilaian harus digunakan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang dengan cara yang terbaik. Informasi dari penilaian membantu mengarahkan cara kita mendidik mereka.
2. Berkesinambungan, penilaian ini tidak hanya sekali-kali, tetapi dilakukan secara terencana dan berulang untuk memahami bagaimana anak tumbuh dan berkembang seiring waktu.
3. Objektif, penilaian harus adil dan tidak memihak. Semua anak dinilai dengan cara yang sama, sehingga hasilnya mencerminkan kenyataan.
4. Akuntabel, proses penilaian harus sesuai dengan aturan dan kriteria yang jelas. Semua langkah dalam penilaian harus dapat dijelaskan dan dipertanggungjawabkan.
5. Transparan, semua orang tua dan pihak yang berkepentingan harus dapat melihat bagaimana penilaian dilakukan dan hasilnya. Ini menciptakan transparansi dan kepercayaan.
6. Sistematis, ini dilakukan secara teratur dan terencana sesuai dengan pertumbuhan anak. Berbagai metode penilaian digunakan untuk memberikan gambaran yang komprehensif.
7. Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek perkembangan, termasuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.
8. Dan Bermakna, hasil penilaian memberikan informasi yang bermanfaat untuk anak, orang tua, guru, dan pihak lain yang terlibat dalam pendidikan anak. Informasi ini digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Vita Novianti 2213053238 གིས-
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas : 3F

Analisis Video 2

Guru memiliki tugas untuk menilai. Yang mana melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik. Dalam melakukannya penilaian erat hubungannya dengan instrumen penilaian.
Instrumen penilaian dapat kita definisikan sebagai alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Yang digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian.
Dengan begitu anak pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal. Mereka akan mendapatkan stimulasi dan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
Selanjutnya, penilaian tersebut pun bermanfaat untuk orangtua. Dengan mengetahui hasil belajar anaknya maka orang tua dapat memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah.
Dan penilaian tersebut juga bermanfaat untuk guru sebagai panduan untuk memberikan kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan kebutuhan perkembangannya.

Prinsip - prinsip dari penilaian antara lain : mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Mekanisme penilaian yakni meliputi tahapan menyusun, melaksanakan, mendokumentasikan dan selanjutnya tahapan pelaporan.

Teknik penilaian pun dibagi menjadi 4 yakni BB (belum berkembang), MB (mulai berkembang), BSH (berkembang sesuai haralan), BSB (berkembang sangat baik). Bentuk penilaian pun bermacam-macam yakni penilaian harian, mingguan, bulanan, semester, portofolio dll.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Depi Septiani གིས-
Nama : Depi Septiani
NPM : 2253053005

Analisis Video 2
"Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini"
Penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini ,Jadi guru juga harus melakukan penilaian karakter peserta didik,melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Adapun manfaat penilaian :Bagi Anak,memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, dan optimal.Selanjutnya untuk Orang Tua, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah.Dan yang selanjutnya untuk Guru, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, baik dari segi sikap, pengetahuan , maupun keterampilan siswa.

Prinsip penilaian terbagi menjadi 8 : Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Teknik penilaian dibagi menjadi 4 yaitu :
1. BB artinya belum berkembang.
2. MB artinya mulai berkembang.
3. BSH artinya berkembang sesuai haralan.
4. BSB artinya berkembang sangat baik.
Bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan : Penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dan dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Nazila Amryna 2213053140 གིས-
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Kelas : 3F

Analisis video 2
“Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini”

Tujuan utama dari instrumen penilaian yang dijelaskan adalah untuk mengukur perkembangan setiap peserta didik. Dengan menggunakan instrumen yang tepat, guru dapat menilai sejauh mana kemampuan dan keterampilan peserta didik telah berkembang.
Pentingnya Instrumen:
Instrumen penilaian berfungsi sebagai alat untuk mengumpulkan data yang relevan mengenai perkembangan peserta didik. Dengan data ini, pendidik dapat merencanakan intervensi yang diperlukan atau merancang kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Penilaian memberikan manfaat yang berbeda bagi anak, orang tua, dan guru. Bagi anak, hal ini dapat memfasilitasi perkembangan yang lebih optimal. Orang tua memperoleh informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Bagi guru, penilaian membantu dalam proses pembelajaran, memberikan data untuk intervensi, dan meningkatkan efektivitas pengajaran.
Prinsip-prinsip yang dijelaskan dalam materi menekankan pentingnya pendekatan yang adil, transparan, dan bermakna dalam proses penilaian. Setiap prinsip menyoroti bagaimana penilaian harus dilakukan agar hasilnya relevan dan akurat.
Teknik penilaian mencerminkan tahapan perkembangan anak dan bagaimana mereka diharapkan bereaksi terhadap stimulasi pembelajaran. Mekanisme penilaian mencakup langkah-langkah konkret yang diambil oleh guru selama proses penilaian, dari penyusunan instrumen hingga pelaporan hasil.
Materi menyoroti berbagai bentuk penilaian yang dapat diadopsi dalam PAUD, mulai dari penilaian harian hingga semesteran. Ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka.

Instrumen penilaian yang tepat sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Ini tidak hanya memberikan gambaran mengenai perkembangan peserta didik tetapi juga memfasilitasi interaksi yang lebih efektif antara guru, anak, dan orang tua. Sebagai hasil dari penilaian yang baik, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap peserta didik, memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Septiana Sabila 2213053105 གིས-
Nama : Septiana Sabila
NPM : 2213053105
Kelas: 3F
Analisis Video 2 :
Video tersebut menjelaskan terkait instrumen penilaian agama dan moral .

Proses penilaian merupakan salah satu proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan
penilaian autentik. Penilaianautentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Teknik yang dapat digunakan dalam melakukan pencatatan,
berupa empat skala berikut ini:
BB artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan
bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
MB artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus
diingatkan atua dibantu oleh guru;
BSH artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat
melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan
atau dicontohkan oleh guru;

Seluruh kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik perlu dinilai sehingga diperoleh berbagai informasi mengenai keberhasilan kompetensi dan gambaran tumbuh kembang anak. Penilaian mencakup 15 Panduan Penilaian Aspek Agama dan Moral pada Kelompok Anak 5-6 tahun seluruh lingkup perkembangan yang terkait dengan Kompetensi Dasar (KD), yakni sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Informasi hasil penilaian dicatat pada dokumen penilaian yang disusun oleh setiap satuan PAUD. Dokumen tersebut antara lain dokumen penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, dan portofolio
anak, dan dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD untuk mencatat seluruh informasi yang akan dapat membantu guru untuk memantau kemajuan belajar, hasil belajar dan melakukan perbaikan hasil kegiatan belajar anak. Bentuk penilaian yang telah dilakukan oleh guru PAUDtersebut akan dijabarkan pada rekaman hasil penilaian
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Fara Adilia 2213053003 གིས-
Nama : Fara Adilia
NPM: 2213053003

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini harus dirancang dengan cermat dan memperhatikan aspek-aspek berikut:
Kesesuaian dengan perkembangan anak: Instrumen harus mempertimbangkan tahap perkembangan anak usia dini dan dapat diadaptasi sesuai dengan usia mereka.
Holistik: Instrumen sebaiknya mencakup berbagai aspek pengembangan nilai agama dan moral, seperti pemahaman nilai, perilaku, dan sikap.
Keberlanjutan: Instrumen penilaian harus dapat digunakan secara berkelanjutan untuk mengukur perkembangan anak seiring waktu.
Objektif: Instrumen harus dirancang sedemikian rupa sehingga hasil penilaian dapat diinterpretasikan secara objektif dan konsisten.
Validitas dan reliabilitas: Instrumen harus diuji untuk memastikan bahwa ia mengukur apa yang seharusnya diukur (validitas) dan memberikan hasil yang konsisten (reliabilitas).
Konteks budaya dan agama: Instrumen harus mempertimbangkan konteks budaya dan agama di mana anak tumbuh, sehingga nilai-nilai yang dinilai sesuai dengan nilai-nilai yang dihormati dalam lingkungan tersebut.
Fleksibilitas: Instrumen penilaian sebaiknya fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai situasi dan pengaturan pendidikan anak usia dini.
Manfaat penilaian dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Bagi Anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
2. Bagi Orang Tua. Orang tua akan memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru, untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya, berikan dukungan yang tepat kepada anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Nida Rahmaniya Hakim 2213053222 གིས-
Nama : Nida Rahmaniya Hakim
NPM : 2213053222
Kelas : 3F

Analisis Video 2

Berdasarkan pada video terlampir yang memiliki jusul ‘Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini’ dikatakan mengenai pentingnya dilaksanakan penilaian perkembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini oleh guru. Adapaun manfaat dari kegiatan ini bagi masing-masing peserta didik, orang tua, dan guru adalah untuk mengetahui tumbuh kembang anak sehingga nantinya baik orang tua maupun guru dapat mempersiapkan pertumbuhan anak dan mendukung perkembangan mereka secara optimal. Dengan diketahui informasi perkembangan mereka, nantinya baik orang tua ataupun guru akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan serta apa saja hambatan yang perlu dihadapi dalam tumbuh kembang anak. Di dalam pelaksanaan penilaian tentu ada prinsip-prinsip yang dijunjung untuk dilaksanakan sebagai acuan dasar pelaksanaannya. Adapun prinsip-prinsip ini di antaranya ialah bahwa penilaian harus mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, serta juga bermakna.

Dalam proses pelaksanaan kegiatan penilaian perkembangan anak ini instrumen yang dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman penilaian perkembangan anak di antaranya meliputi penilaian proses, catatan anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak. Dengan ragam bentuk penilaian yang terdiri atas penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dan dokumen lainnya. Kemudian, teknik guru dalam memberikan penilaian atas perkembangan anak dapat diberikan 4 bentuk nilai yang mana macam-macamnya adalah BB (belum berkembang), MB (mulai berkembang), BSH (berkembang sesuai harapan), dan BSB (berkembang sangat baik).
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Selly Defi Maharani 2253053024 གིས-
Nama : Selly Defi Maharani
Npm : 2253053024

Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

Instrumen penilaian adalah alat atau sarana yang digunakan untuk mengukur atau menilai pencapaian hasil berlajar peserta didik.Manfaat penilaian dalam konteks pendidikan dapat dibagi menjadi tiga kategori utama untuk anak, orang tua, dan guru:
1. Bagi Anak
Untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, dan anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
2. Bagi Orang Tua.
Orang tua akan memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru, untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya, berikan dukungan yang tepat kepada anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak.
Prinsip-prinsip penilaian :
•Mendidik, proses hasil penilaian menjadi dasar untuk mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.
•Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan Kembangan anak.
•Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
•Akuntabel, penilaian dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
•Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat di akses oleh semua orang.
•Sistematis, penilaian yang dilakukan secara teratur dan terprogram.
•Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek.
•Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermakna.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

LIZA DWI WAHYUNI 2253053015 གིས-
Nama : Liza dwi wahyuni
Npm : 2253053015
Kelas : 3F

Analisis video 2

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral

instrumen penilaian
alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untukpengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik

manfaat penilaian
1. bagi anak
untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
2. bagi orang tua
orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak
3. bagi guru
untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak

prinsip-prinsip penilaian
1. mendidik
2 berkesinambungan
3. objektif
4. akuntabel
5. transparan
6. sistematis
7. menyeluruh
8. bermakna

teknik dan lingkup penilaian
teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrument penilaian hasil kemampuan anak.

mekanisme penilaian
1. menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator perkembangan anak.
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak serta akuntabel dan transparan
4. melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua

teknik penilaian
1. BB (belum berkembang)
2. MB (mulai berkembang)
3. BSH(berkembang sesuai harapan)
4. BSB ( berkembang sangat baik)

bentuk penilaian
-penilaian harian
-penilaian mingguan
-penilaian bulanan
-penilaian semester
-portofolio anak
-dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Irvanda Julian Awal 2213053069 གིས-
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069
Kelas: 3F

Analisis Video 2

Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik yang memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak bagi orang tua maupun bagi guru
1) Bagi anak manfaatnya untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap panas sehingga tahu ketika adanya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing-masing anak, perkembangan anak menjadi lebih optimal yang, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan perkembangannya, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya berikutnya
2) Bagi orang tua orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan berikutnya, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak saekolah dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak
3) Bagi guru untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tubuh kembang setiap hari, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya, memberikan dukungan yang tepat kepada setiap, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran

Prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu:
1) Mendidik jadi proses hasil penilaian ini dapat dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal
2) Berkesinambungan berkesinambungan ini penilaian dilakukan secara terencana bertahap dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak
3) Objektif jadi penilaian harus dilakukan secara adil
4) Akuntabel penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat di pertanggung jawabkan
5) Transparan jadi penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak yang berkepentingan
6) Sistematis penilaian ini dilakukan secara teratur teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan berbagai instrumen yang ketujuh yaitu
7) Menyeluruh jadi penilaian ini mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap pengetahuan maupun keterampilan yang ke-8 yaitu
8) Mermakna jadi hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak orang tua guru dan pihak lain yang relevan

Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian ini mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian ini meliputi instrumen penilaian proses catatan anekdot publik dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak, mekanisme penilaian terbagi menjadi 4 yaitu:
1) Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2) Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap teknik dan instrumen penilaian
3) Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4) melaporkan capaian perkembangan anak ini pada orang tua biasanya laporan cerpen perkembangan anak ini diterima oleh orang tua
Teknik penilaian ini terbagi menjadi 4 yaitu:
1) BB ini artinya belum berkembang jadi bila anak-anak ini dalam melakukan kegiatan harus dibantu dibimbing dan dicontohkan
2) MB artinya mulai berkembang jadi bila anak-anak melakukan kegiatan tetapi harus diingatkan harus sedikit dibantu oleh guru itu nilainya MB
3) BSH artinya berkembang sesuai harapan jadi bila anak ini dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru
4) BSB artinya berkembang sangat baik Jadi jika anak-anak ini sudah dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Annida Dwi Kirasti 2213053220 གིས-
Nama : Annida Dwi Kirasti
Npm : 2213053220

Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Pada setiap satuan PAUD tugas guru tidak hanya merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi tetapi juga menilai hasil belajar setiap anak. Penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan harus dilakukan oleh guru PAUD. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak, termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama. Melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

yunita Lestari 2213053219 གིས-
Nama : Yunita Lestari
NPM : 2213053219

Analisis Video 2

Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral
Melalui penilaian seorang guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didiknya, serta dapat mengetahui dan menerapkan aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Penilaian memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu
1. Bagi anak
-untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten perkembangan anak menjadi lebih optimal anak
-mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangan anak
- mendapatkan dukungan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya
2. Bagi orang tua
-orang tua dapat memperoleh informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan pertumbuhan anak
-memudahkan orang tua untuk memberikan simulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah
3. Bagi guru
-untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak
-mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan pada tubuh kembang anak
-mengetahui kesesuaian simulasi dapat memberikan dukungan yang tepat bagi setiap anak
-memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rancangan pembelajaran
Berikut merupakan prinsip-prinsip penilaian
-Mendidik
-Berkesinambungan
-Objektif
-Akuntabel
-Transparan
-Sistematis
-Menyeluruh
-Bermakna

Teknik dan lingkup penilaian
teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi Instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubric, dan atau Instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
mekanisme penilaian
1 Menyusun teknik Instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2 melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap teknik dan Instrumen penilaian
3 mendokumentasikan Penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4 melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua

Teknik penilaian
BB (Belum berkembang ) Iyalah ketika seorang anak ketika melakukan kegiatan harus dibimbing dibantu udah dicontohkan
MB (Mulai berkembang) bila anak melakukan kegiatan harus diingatkan harus sedikit dibantu oleh guru
BSH(Berkembang sesuai Harapan) bila anak dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan dan dicontohkan oleh guru
BSB ( Berkembang sangat baik) ini merupakan capaian tertinggi untuk perkembangan anak-anak PSP ini Iyalah ketika seorang anak melakukan kegiatan dengan secara mandiri dan dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator
Adapun bentuk-bentuk penilaian ialah sebagai berikut:
1 penilaian harian
2 penilaian mingguan
3 penilaian bulanan
4 penilaian semester
5 portofolio anak
6 dokumen lain yang diperlukan oleh setiap
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Anis Sarlia གིས-

Nama : Anis Sarlia Putri

Npm : 2213053173

Analisis video 2

Dalam satuan pendidikan guru tidak hanya sebatas mengajar tetapi juga melakukan penilaian terhadap kemampuan peserta didik agar mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan secara merata. Maka ada yang namanya instrumen penilaian yaitu sebagai alat ukur untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.

Prinsip-prinsip Penilaian

1. Mendidik, hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi dan mengembangkan minta bakat peserta didik agar tumbuh dengan optimal.

2. Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Objektif, penilaian harus dilakukan secara adil.

4. Akuntabel, penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

5. Transparan, hasil penilaian yang sudah dilaksanakan sesuai prosedur dapat diakses oleh orangtua murid dan semua pihak yang berkepentingan.

6. Sistematis, penilaian ini dilakukan secara teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan berbagai instrumen.

7. Menyeluruh, mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan.

8. Bermakna, hasil penilaian memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orang tua dan guru.

Mekanisme Penilaian

A) Menyusun teknik, instrument penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.

B) Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrument penilaian.

C) Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.

D) Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Presti Saraswati 2213053038 གིས-
Nama : Presti Saraswati
NPM : 2213053038
Kelas : 3F

“Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini”

Melalui penilaian, guru dapat mengukur perkembangan dari masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau yang sudah dicapai. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Terdapat 3 manfaat penilaian yaitu:
1) Bagi anak, yaitu untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya.
2) Bagi orang tua yaitu orang tua akan mendapatkan informasi, perkembangan dan minat anak, memudahkan orang tua memberikan stimulus yang sesuai serta keberlanjutan di rumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dan pendidik, dan memberikan dukungan untuk kebutuhan anak.
3) Bagi guru/pendidik yaitu untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengtahuan, mendapat informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak.

Terdapat 8 prinsip penilaian yaitu mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak. Kemudian teknik penilaan dibagi menjadi 4 yaitu: BB (belum berkembang) artinya anak-anak masih perlu dibantu, MB (mulai berkembang) artinya anak melakukan kegiatan tetapi masih perlu diingatkan, BSH (berkembang sesuai harapan) artinya anak melakukan kegiatannya secara mandiri tanpa harus diingatkan dan tanpa dibantu guru, BSB (berkembang sangat baik) artinya anak-anak dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan dapat membantu anak yang lainnya.Bentuk penilaiannya dapat dilakukan dengan penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Febrianti Azzahra 2213053208 གིས-
Nama : Febrianti Azzahra
NPM : 2213053208
Kelas : 3 F

Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

- Instrumen Penilaian
Disini pendidik tidak hanya merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi namun pendidik juga perlu memberikan penilaian.
Instrumen penilaian adalah suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai suatu informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Manfaat penilaian :
1. Bagi anak ; untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat.
2. Bagi Orang tua ; Orang tua akan memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah.
3. Bagi Guru ; untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya.
Prinsip-prinsip penilaian ada 8 :
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna.
Bentuk-bentuk Penilaian, ada Penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Arif Rahman Hakim 2213053294 གིས-
Nama: Arif Rahman Hakim
Npm:2213053294
Kelas :3/F


Pada setiap satuan PAUD guru ini tugasnya tidak hanya merencanakan melaksanakan mengevaluasi saja tetapi juga menilai menilai hasil belajar setiap anak, penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan yang harus dilakukan oleh guru PAUD.

hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk di dalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai.

adapun definisi dari instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak bagi orang tua maupun bagi guru manfaatnya bagi anak untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tahu ketika harganya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing-masing anak yang kedua perkembangan anak menjadi lebih optimal yang ketiga anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan perkembangannya yang keempat anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya berikutnya bagi orang tua orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan berikutnya yang kedua memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah yang ketiga yaitu membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan berikutnya yaitu manfaat bagi guru manfaat bagi guru untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak yang kedua mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tubuh kembang setiap malam yang ketiga mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya yang keempat dapat memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak yang terakhir yaitu yang kelima memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya yaitu prinsip-prinsip penilaian prinsip-prinsip penilaian ini terbagi menjadi 8 yang pertama yaitu mendidik jadi proses hasil penilaian ini dapat dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal yang kedua yaitu berkesinambungan berkesinambungan ini penilaian dilakukan secara terencana bertahap dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak yang ketiga yaitu objektif jadi penilaian harus dilakukan secara adil yang keempat adalah akun table penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan yang kelima yaitu transparan jadi penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak yang berkepentingan yang keenam adalah sistematis penilaian ini dilakukan secara teratur teratur dan terprogram sesuai

Selanjutnya yaitu teknik penilaian teknik penilaian ini terbagi menjadi 4 yaitu BB,MB,BSH, BSB ini artinya belum berkembang jadi bila anak-anak ini dalam melakukan kegiatan harus dibantu dibimbing dan dicontohkan itu nilainya BB.

berikutnya MB artinya mulai berkembang jadi bilang anak-anak melakukan kegiatan tetapi harus diingatkan harus sedikit dibantu oleh guru itu nilainya MB mulai berkembang.

BSH artinya berkembang sesuai harapan jadi bila anak ini dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru ini akan mendapatkan yang tertinggi untuk perkembangan anak-anak.

berkembang sangat baik Jadi jika anak-anak ini sudah dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator anak-anak seperti ini dapat diberi nilai BSB yaitu berkembang sangat baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Tria Selvia གིས-
Nama : Tria Selvia
NPM : 2213053358

Analisis Video 2

Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam, alat penilaian belajar peserta didik penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak, bagi orangtua, maupun bagi guru.
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai.

Kemudian adapun prinsip-prinsip penilaian yang terbagi menjadi 8 yaitu :
1. Mendidik, proses hasil penilaian menjadi dasar untuk mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.
2. Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan Kembangan anak.
3. Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
4. Akuntabel, penilaian dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
5. Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat di akses oleh semua orang.
6. Sistematis, penilaian yang dilakukan secara teratur dan terprogram.
7. Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek.
8. Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermakna.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Aulia Amanah 2213053126 གིས-
nama : aulia amanah
npm : 2213053126
kelas : 3f
Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan dalam menginput segala informasi yang dapat dijadikan alat ukur keberhasilan belajar dari siswa. Manfaat penilaian bagi anak yaitu untuk memelihara perkembangan anak sehingga anak akan senantiasa konsisten dalam belajar. Kemudian bagi orangtua manfaatnya adalah orangtua mendapatkan informasi terkait pertumbuhan dan perkembangan anak dalam proses belajar di satuan pendidikan. Sedangkan bagi guru manfaatnya adalah membantu seorang guru dalam memperoleh informasi perkembangan anak baik dari segi sikap, pengetahuan , maupun keterampilan siswa.

Prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu :
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna.
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan Penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dan dokumen lainnya
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Dwi Harianti 2213053295 གིས-
Nama : Dwi Harianti
NPM : 2213053295
Kelas : 3 F

Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai dan Moral pada Pendidikan Aank Usia Dini

Instrumen nilai adalah alat untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam akat penilaian belajar peserta didik, instrumen penilaian mempunyai manfaat seperti :

1. Bagi Anak
Untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.

2. Bagi Orang Tua
untuk memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.

3. Bagi Guru
untuk mengetahui perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan, mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan gangguan dalam perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan dengan Kebutuhan perkembangannya, berikan dukungan yang tepat kepada anak, dan memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran.

Prinsip-prinsip penilaian terbagi menjadi 8 yaitu :
a. Mendidik, proses hasil penilaian menjadi dasar untuk mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.
b. Berkesinambungan, penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan Kembangan anak.
c. Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
d. Akuntabel, penilaian dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
e. Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat di akses oleh semua orang.
f. Sistematis, penilaian yang dilakukan secara teratur dan terprogram.
g. Menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek.
h. Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orang tua dan guru.

Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan Anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak. beberapa mekanisme penilaian :
• Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
• Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
• Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar secara akuntabel dan transparan.
• Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.

Teknik penilaian dibagi menjadi 4 :
1. BB artinya belum berkembang. Anak-anak masih perlu dibantu.
2. MB artinya mulai berkembang. Anak melakukan kegiatan tetapi masih perlu diingatkan.
3. BSH artinya berkembang sesuai haralan. Anak melakukan kegiatannya secara mandiri tanpa harus diingatkan dan tanpa dibantu guru.
4. BSB artinya berkembang sangat baik. Anak-anak dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan dapat membantu anak yang lainnya.

Dan bentuk penilaian yaitu dapat dilakukan dengan :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Selfi Yudia Ellsa Agustina 2213053305 གིས-
Nama: Selfi Yudia Ellsa Agustina
NPM: 2213053305
Kelas: 3F
Analisis Video 2

Instrumen penilaian adalah alat atau sarana yang digunakan untuk mengukur atau menilai pencapaian hasil berlajar peserta didik.manfaat penilaian:
1. bagi anak
untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
2. bagi orang tua
orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak
3. bagi guru
untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak
prinsip-prinsip penilaian
1. mendidik
2 berkesinambungan
3. objektif
4. akuntabel
5. transparan
6. sistematis
7. menyeluruh
8. bermakna
mekanisme penilaian
1. menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator perkembangan anak.
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak serta akuntabel dan transparan
4. melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua

teknik penilaian
1. BB (belum berkembang)
2. MB (mulai berkembang)
3. BSH(berkembang sesuai harapan)
4. BSB ( berkembang sangat baik)

bentuk penilaian
-penilaian harian
-penilaian mingguan
-penilaian bulanan
-penilaian semester
-portofolio anak
-dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Fatimatuz zahro 2213053160 གིས-
Nama: Fatimatuz Zahro
Kelas: 3F
NPM: 2213053160

Alat Penilaian Perkembangan Nilai Agama dan Moral Pendidikan Prasekolah
Alat Penilaian Perkembangan Nilai Agama dan Moral Pendidikan Prasekolah. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat menggambarkan hasil perkembangan setiap anak, termasuk perkembangan moral dan agama. Melalui penilaian ini, guru dapat mengukur tingkat perkembangan setiap siswa serta dapat mengidentifikasi dan menerapkan bidang perkembangan yang mungkin dicapai atau tidak. telah dilakukan. Pengertian alat penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk mendokumentasikan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa dalam berbagai cara. Alat penilaian belajar siswa ini bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi anak, bagi orang tua, dan bagi Guru.
Prinsip evaluasi terbagi menjadi 8 prinsip, yaitu:
1. Dalam pendidikan, proses penilaian hasil menjadi landasan pembentukan dan pendidikan anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
2. Asesmen berkelanjutan dilakukan secara terencana, bertahap dan berkelanjutan untuk lebih memahami tumbuh kembang anak.
3. Secara obyektif penilaian dilakukan secara wajar.
4. Secara bertanggung jawab, evaluasi dilakukan sesuai prosedur dan kriteria yang jelas.
5. Transparan, penilaian dilaksanakan sesuai proses yang benar dan setiap orang dapat mengakses hasil penilaian.
6. Penilaian yang sistematis, dilakukan secara berkala dan terencana.
7. Penilaian secara keseluruhan mencakup seluruh aspek.
8. Bermakna, hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermakna.