FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 30

SILAHKAN MAHASISWA BERTANYA

MAHASISWA YG LAIN SILAHKAN MENJAWAB

Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Angel angelina shinta augustin salsabela -
selamat pagi
izin memeperkenalkan diri
nama: angelina shinta augustin salsabela
npm: 2213022055
kelas: B
no absent: 28

izin bertanya
Sebutkan dan jelaskan 3 langkah utama dalam model pembelajaran poe?
terimakasih
Sebagai balasan Angel angelina shinta augustin salsabela

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin menjawab

Berikut adalah 3 langkah utama dalam model pembelajaran POE:

1. Prediksi (Predict)

Langkah pertama dalam model POE adalah meminta siswa untuk membuat prediksi atau perkiraan tentang apa yang akan terjadi dalam sebuah situasi atau eksperimen tertentu. Tujuan dari langkah ini adalah untuk membantu siswa memperhatikan dan mempertimbangkan informasi yang telah mereka pelajari sebelumnya, serta mengembangkan kemampuan mereka dalam merumuskan hipotesis.

2. Pengamatan (Observe)

Langkah kedua dalam model POE adalah meminta siswa untuk melakukan pengamatan terhadap situasi atau eksperimen yang sedang berlangsung. Tujuan dari langkah ini adalah untuk membantu siswa mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan untuk memahami konsep fisika yang terkait dengan situasi atau eksperimen tersebut. Selama pengamatan, siswa diharapkan untuk memperhatikan dan mencatat setiap perubahan atau peristiwa yang terjadi, serta melihat bagaimana hal-hal tersebut dapat dihubungkan dengan hipotesis yang mereka buat sebelumnya.

3. Penjelasan (Explain)

Langkah ketiga dalam model POE adalah meminta siswa untuk menjelaskan hasil pengamatan dan hubungannya dengan prediksi yang mereka buat sebelumnya. Tujuan dari langkah ini adalah untuk membantu siswa memahami dan mengkomunikasikan konsep fisika yang terkait dengan situasi atau eksperimen tersebut. Dalam langkah ini, siswa diharapkan untuk menghubungkan antara pengamatan mereka dengan konsep fisika yang telah mereka pelajari sebelumnya, serta menjelaskan bagaimana hal-hal tersebut saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain.

Dalam keseluruhan model pembelajaran POE, siswa diharapkan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dengan merumuskan hipotesis, melakukan pengamatan, dan menjelaskan hasil pengamatan tersebut. Dengan demikian, model pembelajaran POE dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep fisika, serta memperkuat keterampilan mereka dalam merumuskan hipotesis dan mengumpulkan data.

Terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ikha Aryanti -
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ikha Aryanti
Npm 2213022050
No urut : 6

Izin bertanya
apa itu model pembelajaran poe

Sekian terimakasih
Sebagai balasan Ikha Aryanti

Re: RUANG DISKUSI

oleh MALIKA MALIKA GHIFARINA -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Malika Ghifarina
NPM: 2213022041
No: 13
izin menjawaba pertanyaan IKha
Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam ilmu sains. Model pembelajaran POE digunakan untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep sains dengan cara mengamati fenomena alamiah, memprediksi hasil dari fenomena tersebut, dan menjelaskan mengapa hasil yang diamati sesuai atau tidak sesuai dengan prediksi mereka.

Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

Izin bertanya
sebutkan karakteristik model pembelajaran POE?

Terimakasih
waalaikumsalam wr.wb
Sebagai balasan Rain Rizky Maritza

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fadila Aulia Ibnu -
Assalamualaikum wr. Wb
Izin memperkenalkan diri
Nama: Fadila Aulia Ibnu
Npm:2213022052
No urut:7
Izin menjawab pertanyaan dari rain Rizki maritza
Karakteristik model pembelajaran poe
1. Membentuk konsep yang terdiri dari: a. Mengkalkulasikan dan membuat
daftar, b. Mengelompokkan, c. Membuat tabel dan kategori.
2. Interpretasi data, yang terdiri dari: a. Mengidentifikaasi hubungan
yang penting; b. Mengeksplorasi menghubungkan pola-pola dari suatu
hubungan-hubungan; c. membuat dugaan dan kesimpulan.
3. Penerapan prinsip, terdiri dari: a. Memprediksi konsekuensi, menjelaskan
fenomena asing; b. Menjelaskan atau mendukung prediksi; c. Menguji
kebenaran (verifikasi) prediksi.

Sekian terimakasih
Sebagai balasan Rain Rizky Maritza

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh , izin memperkenalkan diri

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin menjawab , Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah metode pembelajaran ilmiah yang digunakan untuk membantu siswa memahami konsep-konsep ilmiah melalui observasi dan eksperimen. Berikut adalah beberapa karakteristik model pembelajaran POE:

1. Berpusat pada siswa: Model pembelajaran POE fokus pada aktivitas siswa, di mana siswa memprediksi hasil dari sebuah eksperimen, mengamati hasilnya, dan kemudian menjelaskan temuan mereka. Ini memungkinkan siswa untuk membangun pemahaman mereka sendiri tentang konsep-konsep ilmiah melalui proses yang terstruktur.

2. Mendorong pemikiran kritis: Melalui model pembelajaran POE, siswa dituntut untuk memikirkan hasil eksperimen dan menjelaskan fenomena yang diamati. Proses ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan membuat asumsi yang tepat berdasarkan observasi.

3. Menghubungkan teori dan praktik: Model pembelajaran POE membantu siswa menghubungkan teori dengan praktik melalui eksperimen dan observasi yang mereka lakukan. Siswa memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana konsep-konsep ilmiah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Berorientasi pada hasil: Model pembelajaran POE menghasilkan hasil yang dapat diukur, di mana siswa dapat melihat kemajuan mereka dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ilmiah.

5. Inklusif: Model pembelajaran POE dapat diadaptasi untuk berbagai tingkat kesulitan dan berbagai gaya belajar siswa. Hal ini memungkinkan siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda untuk belajar dan berkembang dengan cara yang sesuai dengan mereka.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mahmudatul Khoiriyah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213022042
No. 16

Izin bertanya, Bagaimana metode POE dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit?

Sekian, terima kasih
Sebagai balasan Mahmudatul Khoiriyah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rana Zayyan -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Rana Zayyan
npm : 2213022038
no urut : 31

izin menjawab pertanyaan dari Mahmudatul Khoiriyah

Metode POE dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit dengan memberikan pengalaman langsung melalui percobaan atau eksperimen yang diarahkan. Dengan cara ini, siswa dapat mengalami sendiri dan memahami konsep tersebut melalui pengamatan, refleksi, dan diskusi yang terlibat dalam proses POE. Hal ini dapat membantu siswa memperdalam pemahaman mereka dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amar Firdaus -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Amar Firdaus
NPM: 2213022040
NO URUT: 12

Izin bertanya, apa maksud dari predict pada model pembelajaran POE?

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Amar Firdaus

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Sukma Melati -
Waalaikumsalan warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Indah Sukma Melati
NPM: 2213022047
NO URUT: 17

Izin menjawab pertanyaan dari Amar Firdaus No. Urut 12

Memprediksi (predict) Pada tahap ini, siswa memprediksi/meramalkan peristiwa yang akan terjadi terhadap suatu permasalahan yang diinformasikan oleh guru. Penyusunan prediksi/ramalan berdasarkan pengetahuan awal, pengalaman, atau buku yang pernah mereka baca berkaitan dengan permasalahan yang akan pecahkan.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Putri Nadia Sari -
Nama: Putri Nadia Sari
Npm: 2213022048

Izin bertanya:
Apa kekurangan dari model pembelajaran POE?
Terima kasih
Sebagai balasan Putri Nadia Sari

Re: RUANG DISKUSI

oleh Andia Nur Afifah -
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036
Nomor Urut: 1

Izin Menjawab:
Adapun kekurangan dari model pembelajaran POE adalah
1. Menjadi tempat mengobrol atau gossip.
2. Sering terjadi debat sepele di dalam kelompok.
3. Bisa terjadi kesalahan kelompok.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amalia Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No .urut : 14

Izin bertanya
Apa saja kelebihan model pembelajaran POE?

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Firda Amalia Hanifah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh , izin memperkenalkan diri

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin menjawab , Kelebihan model pembelajaran POE
a) Merangsang peserta didik untuk lebih kreatif khususnya dalam
mengajukan prediksi, dari prediksi yang dibuat siswa guru
menjadi tahu konsep awal yang dimilki siswa.
b) Membangkitkan rasa ingin tahu siswa untuk melakukan
penyelidikan, membuktikan hasil prediksinya.
c) Dapat mengurangi verbalisme dengan melakukan eksperimen .
d) Proses pembelajaran menjadi lebih menarik, sebab peserta
didik tidak hanya mendengarkan tetapi juga mengamati
peristiwa yang terjadi.
e) Dengan cara mengamati secara langsung peserta didik akan
memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori
(dugaan) dengan kenyataan. Dengan demikian, peserta didik
akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran.

Terimakasih , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Reza Santia -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No urut : 26

Izin bertanya :
Sebutkan langkah-langkah yang diperlukan untuk model pembelajaran POE?

Sekian terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Reza Santia

Re: RUANG DISKUSI

oleh Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM: 2213022065
No urut:27

Izin menjawab pertanyaan dari Reza
Menurut Suyono (2015: 41) pembelajaran dengan Model POE ini menggunakan 3 langkah utama, yaitu sebagai berikut.

1. Predict yaitu memprediksi, membuat dugaan terhadap suatu peristiwa.

2. Observe (observasi atau pengamatan) Dugaan yang diberikan siswa dengan alasan yang diberikan harus dibuktikan dengan mempraktikannya, melihatnya dalam kenyataan seperti melakukan percobaan (observe) untuk membuktikan apakah prediksi yang diberikan benar atau tidak.

3. Explain Membuat penjelasan (explanation) pada langkah ini dugaan siswa ternyata terjadi dalam eksperimenya atau percobaannya, jika ini terjadi siswa akan semakin yakin akan konsepnya. Siswa setelah itu merangkum apa yang ditemukannya dan kemudian menguraikan atau menjelaskan dengan lebih lengkap.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh 
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Meilani Wulandari -
assalamualaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
nama : Meilani Wulandari
npm : 2213022035
no urut : 30

izin bertanya
Apa manfaat dari menggunakan Model Pembelajaran Poe?

terimakasih, wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Meilani Wulandari

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Agustin -
assalamualaikum wr wb
izin memperkenalkan diri
Nama : Rizka Agustin
Npm. : 2213022037
No.urut : 25

Izin menajwab pertanyaan dari meilani wulandari (30)

manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan Model Pembelajaran Poe adalah:

Meningkatkan keterlibatan siswa: Model ini mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan motivasi dan minat mereka dalam mempelajari materi.

Pemahaman yang lebih baik: Dengan mengorganisir materi pembelajaran secara logis dan memanfaatkan pengalaman belajar yang beragam, siswa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memahami dan mengaitkan konsep-konsep yang diajarkan.

Pengembangan keterampilan kritis: Model ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan mengambil keputusan berdasarkan pemahaman mereka.

Sekian ,terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Asmaradana Rizki AP
NPM: 2213022066
No urut: 08

Izin bertanya: Apa keuntungan dari menggunakan model pembelajaran POE dalam pembelajaran?
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dini Rismawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin memeperkenalkan diri
nama: Dini Rismawati
npm: 2213022043
kelas: B
no absent: 20

izin bertanya
Apa saja kekurangan dan kelebihan model pembelajaran poe
Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Dini Rismawati

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri:
Nama : Amelia Choirunnisa
Npm : 2213022045
No : 9

Izin menjawab pertanyaan Dini Rismawati,

Adapun Kekurangan POE:

1. Keterbatasan prediksi: Proses prediksi pada langkah pertama mungkin tidak selalu akurat.

2. Fokus pada observasi: POE mendorong siswa untuk mengamati hasil eksperimen yang sebenarnya, tetapi kurang memberikan fokus pada pemahaman konsep sebelum melakukan pengamatan.

3. Tergantung pada eksperimen: Dalam beberapa kasus, sulit untuk mengaplikasikan model ini secara efektif dalam konteks pembelajaran yang tidak melibatkan eksperimen langsung.

Kelebihan POE:

1. Mendorong pemikiran kritis: Model POE mendorong siswa untuk berpikir secara kritis dengan membandingkan prediksi mereka dengan hasil observasi.

2. Aktifkan siswa dalam pembelajaran: POE melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

3. Meningkatkan pemahaman konsep: Melalui langkah-langkah POE, siswa memiliki kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan.

4. Memfasilitasi koreksi kesalahan: Melalui langkah menjelaskan perbedaan antara prediksi dan observasi, POE membantu siswa mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan pemahaman.

5. Merangsang minat dan motivasi: POE dapat merangsang minat dan motivasi siswa karena mereka aktif terlibat dalam eksperimen dan penjelasan.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
assalamualaikum wr wb
Nama : ariyanti dwi wahyuningsih
npm: 2213022062

izin bertanya
apa saja hal yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran POE?
Sebagai balasan Ariyanti Dwi Wahyuningsih

Re: RUANG DISKUSI

oleh silfia herlina -
assalamualaikum wr wb
Nama: silfia herlina
Npm:2213022039

izin menjawab pertanyaan dari ariyanti dwi wahyuningsih
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam model pembelajaran POE
adalah sebagai berikut.
1) Masalah yang diajukan sebaiknya masalah yang memungkinkan
terjadi konflik kognitif dan memicu rasa ingin tahu.
2) Prediksi harus disertai alasan yang rasional. Prediksi bukan
sekedar menebak.
3) Demonstrasi harus bisa diamati dengan jelas, dan dapat memberi
jawaban atas masalah.
4) Siswa dilibatkan dalam proses eksplanasi (Djamarah, dkk, 2006)
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 -
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No.utut : 2

Izin bertanya
Bagaimana cikal bakal munculnya model pembelajaran poe?

Terimakasih
Sebagai balasan SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amaliya -
Nama: Firda Amaliya
NPM: 2213022061
No Urut: 5

Izin menjawab pertanyaan dari Salsabila Putri Azahra Kesuma .
Cikal bakal munculnya model pembelajaran POE yaitu pertama kali dikembangkan dan diperkenalkan oleh White dan Gustone pada tahan 1995 dalam
bukunya Probing Understanding, sebagai pembelajaran yang efisien untuk menimbulkan ide atan gagasan dan melakukan diskusi dari ide mereka. Dengan harapan para siswa mampu menguasai ketiga jenis keterampilan tersebut.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh niken novia wenty -
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin bertanya

Bagaimanakah penilaian pada penggunaan model pembelajaran POE ?
Sebagai balasan niken novia wenty

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lintang Nimas k -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama: lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Bagaimanakah penilaian pada penggunaan model pembelajaran POE ?

Penilaian pada penggunaan model POE meliputi penilaian proses yang dilakukan pada proses pembelajaran dan juga penilaian hasil yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Penilaian proses melalui pengamatan aktivitas siswa dan hasil melalui tes formatif akan menciptakan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hasil tetapi juga proses yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin bertanya, Jelaskan dan Sebutkan contoh unsur - unsur pembelajaran poe!

Sekian terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebagai balasan Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika

Re: RUANG DISKUSI

oleh Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No. Urut : 21

Izin menjawab pertanyaan dari saniya
a. Unsur dinamis pembelajaran pada diri guru
b. Unsur pembelajaran kongruen dengan unsur belajar

Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.