FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 22

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risnawati Hutapea -
Nama: Risnawati Hutapea
NPM: 2213022079
No urut : 8

Izin bertanya,Bagaimana cikal bakal munculnya model pembelajaran POE?
Sebagai balasan Risnawati Hutapea

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No urut 7

Izin menjawab Cikal bakal munculnya model pembelajaran POE yaitu pertama kali dikembangkan dan diperkenalkan oleh White dan Gustone pada tahun 1995 dalam bukunyaProbing Understanding, sebagai pembelajaran yang efisien untuk memunculkan ide atau gagasan danmelakukan diskusi dari ide mereka. Dengan harapan para siswa mampu menguasai ketiga jenis keterampilan tersebut.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mutia Azizah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mutia Azizah
Npm : 2213022069
No. urut : 6 (genap)

izin bertanya
Apa alasan digunakannya model POE dalam proses pembelajaran

Terimakasih
Sebagai balasan Mutia Azizah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Risyania Az zuhruf -
Nama : Risyania Az Zuhruf
NPM : 2213022093
No urut : 5

Izin menjawab pertanyaan Mutia Azizah
Alasan mengapa digunakan model POE dalam proses pembelajaran yaitu antara lain :
1)Siswa merasa senang untuk melaksanakannya, hal ini disebabkan dalam kegiatan belajar siswa tidak hanya terbatas mendengarkan apa yang diberikan oleh guru, namun turut berperan aktif dalam kegiatan belajar seperti melaksanakan demonstrasi terkait materi yang dibahas.
2)Siswa dapat memberikan contoh dari sebuah konsep absrak yang diberikan, yaitu kemampuan siswa akan berkembang dalam mengaitkan materi yang dibahas dengan dunia nyata.
3)penerapan model ini dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran, karena pembelajaran yang dilalui siswa akan dirasakan lebih menarik dan bervariasi
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh YAYANG SAFITRI -
Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No urut : 22

Izin bertanya
Apa yang menjadi prioritas dalam dengan model pembelajaran POE?
Terimakasih
Sebagai balasan YAYANG SAFITRI

Re: RUANG DISKUSI

oleh Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin menjawab pertanyaan dari YAYANG SAFITRI.
Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) adalah suatu pendekatan pembelajaran aktif yang memprioritaskan tiga tahapan utama, yaitu:
1. Predict (Prediksi) - Siswa diminta untuk membuat prediksi tentang hasil suatu eksperimen atau peristiwa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka sebelumnya.
2. Observe (Observasi) - Siswa kemudian melakukan pengamatan terhadap eksperimen atau peristiwa yang terjadi, dan mencatat hasil pengamatan mereka.
3. Explain (Penjelasan) - Setelah melakukan prediksi dan pengamatan, siswa diminta untuk menjelaskan hasil eksperimen atau peristiwa yang diamati. Mereka harus menggunakan bukti-bukti yang mereka kumpulkan melalui prediksi dan pengamatan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep atau fenomena yang sedang dipelajari.

Dalam model POE, prioritas tertinggi adalah memberikan pengalaman langsung pada siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang konsep atau fenomena yang sedang dipelajari. Siswa diharapkan untuk menjadi aktif dalam proses pembelajaran mereka dan berpartisipasi dalam semua tahap dari prediksi hingga penjelasan. Hal ini membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan membuat mereka lebih siap untuk menghadapi situasi dunia nyata.

Selain itu, dalam model POE, penting juga untuk memberikan umpan balik yang efektif dan mendukung pada siswa selama proses pembelajaran. Hal ini membantu siswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pemahaman mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah dan mengembangkan pemikiran kritis.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213022086
No urut: 10(genap)

Izin bertanya, apa yang dikemukakan Trianto tentang model pembelajaran POE?
Sebagai balasan Lutfiah Mazidah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Nindi Putri Indah Sari -
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No urut: 09(Ganjil)

Izin menjawab pertanyaan dari Lutfiah.
Menurut Trianto, model pengajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi lain metode atau prosedur ciri-ciri tersebut adalah
1.rasional teoritik logis yang disusun oleh para pencipta atau penggemarnya
2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai)
3. Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil
4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan itu dapat tercapai
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ananda Suci Ariefiana -
Nama:ananda suci Ariefiana
Npm:2213022090
No urut 26
Izin bertanya
Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran poe?
Terimakasih
Sebagai balasan Ananda Suci Ariefiana

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No urut. 25

Izin menjawab POE merupakan model pembelajaran dimana guru berperan menggali pemahaman peserta didik dengan cara meminta mereka untuk melaksanakan tiga tugas utama, yaitu prediksi (predict), observasi (observe), dan penjelasan
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mila Rosalia Putri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No. urut : 20

izin bertanya
Bagaimanakah proses terbentuknya model pembelajaran Predict-Observe-Explaine (POE) ini, dan apa sajakah elemen-elemen dasar yang terdapat dalam model pembelajaran ini?
terimakasih
Sebagai balasan Mila Rosalia Putri

Re: RUANG DISKUSI

oleh PUPUT PUPUT RAHAYU -
Nama :Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut 19
Izin menjawab pertanyaan Mila Rosalia putri

Proses munculnya model pembelajaran Predict-Observe-Explaine (POE) ini yaitu pertama kali dikembangkan dan diperkenalkan oleh White dan Gustone pada tahun 1995 dalam bukunya Probing Understanding, sebagai pembelajaran yang efisien untuk memunculkan ide atau gagasan dan melakukan diskusi dari ide mereka. Dengan harapan para siswa mampu menguasai tiga jenis keterampilan yaitu Mamprediksi, Mengamati, dan penjelasan.
Adapun unsur-unsur dasar yang terkandung dalam model pembelajaran POE ini yaitu :
1. Membentuk konsep yang terdiri dari:
a. Mengkalkulasikan dan membuat daftar,
b. Mengelompokkan,
c. Membuat tabel dan kategori.

2. Data interpretasi, yang terdiri dari:
a. Mengidentifikaasi hubungan yang penting;
B. Mengeksplorasi menghubungkan pola-pola dari suatu hubungan hubungan;
C. membuat dugaan dan kesimpulan.

3. Penerapan prinsip, terdiri dari:
a. Memprediksi konsekuensi, menjelaskan fenomena asing;
B. penjelasan atau mendukung prediksi;
C. Menguji kebenaran (verifikasi) prediksi
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rabiatul Adawwiah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2

Izin bertanya,
Salah satu model pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan aktivitas mental dan fisik secara optimal adalah model pembelajaran POE. Ada tiga bagian dalam pembelajaran dengan model poe, salah satunya yaitu prediction. Jelaskanlah yang dimaksud dengan bagian dari pembelajaran prediction itu !

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Sebagai balasan Rabiatul Adawwiah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1
Izin menjawab,
Tiga Bagian Pembelajaran dengan Model POE


Prediction
Prediction (prediksi) atau membuat, merupakan suatu proses membuat dugaan terhadap suatu peristiwa fisika. Dalam membuat dugaan siswa sudah memikirkan alasan mengapa ia membuat dugaan seperti itu. Dalam proses ini siswa diberi kebebasan seluas-luasnya menyusun dugaan dengan alasannya, sebaiknya guru tidak membatasi pemikiran siswa sehingga banyak gagasan dan konsep fisika muncul dari pikiran siswa. Semakin banyaknya muncul dugaan siswa, guru akan dapat mengerti bagaimana konsep dan pemikiran fisika siswa tentang persoalan yang diajukan. Pada proses prediksi ini guru juga dapat mengerti miskonsepsi apa yang banyak terjadi pada diri siswa. Hal ini penting bagi guru dalam membantu siswa untuk membangun konsep yang benar.

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Azosila _ -
Nama: Azosila
Npm: 2213022082
No urut: 24

Izin bertanya, Sebutkan dan jelaskan 3 langkah utama dalam model pembelajaran poe predict observer explain?
Trimakasih
Sebagai balasan Azosila _

Re: RUANG DISKUSI

oleh Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 221322096
No.urut: 23

Izin menjawab pertanyaan dari Azosila,
Prosedur POE (predict-observe-explain) adalah meliputi prediksi siswa dari hasil demonstrasi (predict), melakukan eksperimen (observe), mendiskusikan alasan dari prediksi (hasil demonstrasi) yang mereka buat dan terakhir menjelaskan hasil prediksi dari pengamatan mereka (explain).
Sebagai balasan Azosila _

Re: RUANG DISKUSI

oleh Agi Melianse -
Nama: Agi Melianse
Npm: 2213022076
No urut: 11

Izin menjawab pertanyaan Azosila
Prosedur POE (predict-observe-explain) adalah meliputi prediksi siswa dari hasil demonstrasi (predict), melakukan eksperimen (observe), mendiskusikan alasan dari prediksi (hasil demonstrasi) yang mereka buat dan terakhir menjelaskan hasil prediksi dari pengamatan mereka (explain).
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dwi Rahayu -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No urut : 18

Izin bertanya,Sebutkan manfaat model pembelajaran POE menurut wah Liew?

Terimakasih
Sebagai balasan Dwi Rahayu

Re: RUANG DISKUSI

oleh Adinda Putri purnamasari -
Waalaikumsalam warohmatullahi wanarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : adinda putri purnamasari
Npm : 2213022092
No. Urut : 17
Izin menjawab, Menurut Wah liew 2004 manfaat model pembelajaran poe adalah sebagai berikut: 1. Model pembelajaran BOE dapat digunakan untuk menggali gagasan awal yang dimiliki oleh siswa
2.Membangkitkan diskusi baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru
3. Memberikan motivasi kepada siswa untuk menyelidiki konsep yang belum dipahami
4. Membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu permasalahan
Terima kasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fita Fita Agustia -
Nama: Fita agustia
Npm: 2213022091
No urut : 4

Izin bertanya, Sebutkan dan jelaskan 3 langkah utama dalam model pembelajaran poe?
Sebagai balasan Fita Fita Agustia

Re: RUANG DISKUSI

oleh Melda Adinda Putri -
Nama: Melda Adinda Putri
Npm: 2213022072
Izin menjawab pertanyaan dari Fita Agustia
Prosedur POE (predict-observe-explain) adalah meliputi prediksi siswa dari hasil demonstrasi (predict), melakukan eksperimen (observe), mendiskusikan alasan dari prediksi (hasil demonstrasi) yang mereka buat dan terakhir menjelaskan hasil prediksi dari pengamatan mereka (explain).
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Bella Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama : Bella Wahyuni
Npm : 2213022080
No urut : 28
Izin bertanya
Apa saja kelebihan dan kekurangan model pembelajaran POE?