FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. གིས-
Number of replies: 22

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Melda Adinda Putri གིས-
Nama: Melda Adinda Putri
NPM: 2213022072
No: 3(ganjil)

Izin bertanya
Bagaimana cara mengatasi kekurangan pada model pembelajaran Problem Based Learning?
In reply to Melda Adinda Putri

Re: RUANG DISKUSI

Fita Fita Agustia གིས-
Nama: Fita Agustia
Npm: 2213022091
No: 4

Izin menjawab pertanyaan melda
1. Memfasilitasi peserta didik dalam menghadapi masalah.

2. Membatasi waktu peserta didik dalam menyelesaikan proyek.

3. Meminimalisir biaya.

4. Menyediakan peralatan sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar.

5. Memilih lokasi penelitian yang mudah dijangkau
In reply to Melda Adinda Putri

Re: RUANG DISKUSI

Isna Zakiyah Solehah གིས-
Nama : Isna Zakiyah Solehah
NPM : 2213022067
NO : 1(ganjil)

Izin bertanya, menurut anda bagaimana cara agar penerapan problem Based Learning dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin
In reply to Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

Ananda Suci Ariefiana གིས-
Nama: ananda suci Ariefiana
Npm: 221302209
No urut 26
Izin menjawab
secara umum terdiri dari beberapa langkah yaitu :
1) Orientasi peserta didik pada masalah,
(2) mengorganisasikan kegiatan pembelajaran,
(3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok,
(4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

PUPUT PUPUT RAHAYU གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh
Nama : Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut 19
Izin bertanya
apakah model problem based learning ini berbeda di setiap tingkatannya?
Terima kasih
In reply to PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

Mila Rosalia Putri གིས-
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No. urut : 20

Izin menjawab pertanyaan dari no 19
Berdasarkan hal tersebut penerapan model Problem Based Learning sangat cocok digunakan di Sekolah Dasar dalam membangun kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir kritis inilah yang nantinya di SMP akan membawa siswa mampu memecahkan permasalahan yang muncul dalam dunia nyata siswa.
Daripada menyusun pelajaran berdasarkan prinsip atau keterampilan akademis tertentu, pembelajaran berbasis masalah menyusun pengajaran berdasarkan pertanyaan atau masalah yang secara sosial penting dan secara pribadi bermakna bagi siswa. Penerapan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan juga karakteristik. Siswa SD dan SMP mampu berpikir secara sistematis melalui benda- benda konkret ataupun memecahkan masalah-masalah nyata. Namun bedanya Siswa SD lebih memiliki karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang berkelompok, dan senang melakukan sesuatu secara langsung.
Terima kasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1
Izin bertanya,

Sebutkan pengelolaan pembelajaran berdasarkan masalah !

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi
In reply to Rizka Diah Nuariyanti 2213022078

Re: RUANG DISKUSI

Rabiatul Adawwiah གིས-
waalaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2
Izin menjawab pertanyaan dari Rizka Diah Nuariyanti

Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Masalah terdapat 5 langkah utama, yaitu:
1. Mengorientasika siswa pada masalah
2. Mengorganisasikan siswa untuk belajar
3. Memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok
4. Menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahkan
5. Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Azosila _ གིས-
Nama: Azosila
Npm: 2213022082
No urut: 24

Menjawab pertanyaan dari agi Melianse,
Daripada menyusun pelajaran berdasarkan prinsip atau keterampilan akademis tertentu, pembelajaran berbasis masalah menyusun pengajaran berdasarkan pertanyaan atau masalah yang secara sosial penting dan secara personal bermakna bagi siswa. Penerapan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan juga karakteristik. Siswa SD dan SMP mampu berpikir secara sistematis melalui benda- benda konkret ataupun memecahkan masalah-masalah nyata. Namun bedanya Siswa SD lebih memiliki karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang berkelompok, dan senang melakukan sesuatu secara langsung.
Berdasarkan hal tersebut penerapan model Problem Based Learning sangat cocok digunakan di Sekolah Dasar dalam membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis inilah yang nantinya di SMP akan membawa siswa mampu memecahkan permasalahan yang muncul dalam dunia nyata siswa.
Terima kasih.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Indah Purnama གིས-
Nama : Indah purnama
NPM : 2213022087
NO.urut 16
menjawab pertanyaan Isma salwa No. urut 23
jawabannya
Problem-Based Learning (PBL) Dapat mendorong peserta didik untuk berfikir kritis, keterampilan menyelesaikan masalah,menghubungkan pengetahuan mengenai masalah - masalah dan isu -isu dunia nyata.
Kemudian proses PBL untuk mahasiswa dalam keterampilan berfikir kritis yang terjadi adalah interpretasi,analisis,evaluasi,inferensi,penjelasan dan sel-Regulation.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Nindi Putri Indah Sari གིས-
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No urut: 09 (Ganjil)

Izin bertanya, Bagaimana peran seorang guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah?
In reply to Nindi Putri Indah Sari

Re: RUANG DISKUSI

Lutfiah Mazidah གིས-
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213022086
No urut: 10(genap)

Izin menjawab pertanyaan dari nindi, peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah adalah menyodorkan masalah – masalah, mengajukan pertanyaan – pertanyaan, dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog. Guru juga berperan untuk menciptakan lingkungan kelas yang di dalamnya terjadi suatu pertukaran dan berbagi ide secara terbuka, tulus, dan jujur.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Adinda Putri purnamasari གིས-
Assalamualaikum warahmatullaahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nma : Adinda Putri Purnamasari
NPM : 22130220092
No. Urit : 17

Izin bertanya Kemampuan apa yang diperoleh peserta didik melalui strategi problem based learning?
Terima kasih
In reply to Adinda Putri purnamasari

Re: RUANG DISKUSI

Dwi Rahayu གིས-
Walaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No urut : 18

Izin menjawab pertanyaan no urut 17
Problem base learning merupakan sala salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran kurikulum 2013 karena dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, keterampilan menyelesaikan masalah, menghubungkan pengetahuan mengenai masalah-masalah, dan isu-isu dunia nyata.
Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Risyania Az zuhruf གིས-
Nama : Risyania Az Zuhruf
NPM : 2213022093
No urut : 5(ganjil)

Izin bertanya, apa manfaat penerapan PBL bagi siswa?
In reply to Risyania Az zuhruf

Re: RUANG DISKUSI

Mutia Azizah གིས-
Nama : Mutia Azizah
Npm : 2213022069
No. urut : 6 (genap)

Izin menjawab pertanyaan dari no 5
dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berfikir dan keterampilan mengatasi masalah, belajar peranan orang dewasa dan menjadi pembelajar yang mandiri.
In reply to Mutia Azizah

Re: RUANG DISKUSI

Ririn Elysa གིས-
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No.urut 07

Izin bertanya Apakah pembelajaran yang dilakukan dapat lebih efektif jika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning?
In reply to Ririn Elysa

Re: RUANG DISKUSI

Risnawati Hutapea གིས-
Nama:Risnawati Hutapea
NPM: 2213022079
NO.urut 08

Izin menjawab pertanyaan ririn
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning lebih efektif jika dibandingan dengan metode Cooperative Learning tipe Jigsaw dan ceramah dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencana- an Pembelajaran.
Terimakasih