FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. གིས-
Number of replies: 30

Mhs bernomor urut genap mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut ganjil menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Putri Nadia Sari གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Putri Nadia Sari
Npm: 2213022048
No.urut: 18

Izin bertanya
Apa saja faktor-faktor penting dalam pelaksanaan model pembelajaran CLIS ?

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Putri Nadia Sari

Re: RUANG DISKUSI

Ratna Arianty Sutrisno གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin menjawab
Model pembelajaran CLIS (Contextual Teaching and Learning with Information Society) merupakan salah satu model pembelajaran yang fokus pada pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan model pembelajaran CLIS antara lain:

1. Konteks pembelajaran: Model CLIS menekankan pada pembelajaran yang kontekstual, yaitu pembelajaran yang terkait erat dengan kehidupan nyata siswa. Oleh karena itu, faktor konteks harus dipertimbangkan dengan cermat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

2. Teknologi informasi dan komunikasi: TIK adalah faktor kunci dalam model pembelajaran CLIS. Penggunaan teknologi harus dilakukan secara bijak dan terintegrasi dengan baik dalam proses pembelajaran.

3. Guru sebagai fasilitator pembelajaran: Guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran, bukan sebagai sumber informasi tunggal. Guru harus memiliki kompetensi teknologi dan pedagogis yang cukup untuk dapat mengelola pembelajaran dengan baik.

4. Kerjasama siswa: Model CLIS mendorong siswa untuk belajar secara kolaboratif, dengan mengutamakan kerjasama dan interaksi antar siswa dalam pembelajaran.

5. Evaluasi pembelajaran: Evaluasi pembelajaran harus dilakukan secara komprehensif dan terkait erat dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran yang telah dilakukan.

6. Pengembangan kemampuan literasi digital: Model CLIS dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi digital, yaitu kemampuan untuk menggunakan TIK dengan bijak dan efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memperhatikan faktor-faktor penting tersebut, pelaksanaan model pembelajaran CLIS dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Reza Santia གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
Npm : 2213022060
No urut : 26

Izin bertanya
upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kekurangan dalam model pembelajaran Children learning in science (CLIS)?

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Reza Santia

Re: RUANG DISKUSI

Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM: 2213022065
No urut: 27

Izin menjawab pertanyaan dari Reza
Beberapa upaya yang dapat dilakukan agar model pembelajaran CLIS tidak mengalami kekurangan di antaranya:

1. Menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif, seperti eksperimen, diskusi, atau game-based learning.

2. Meningkatkan kualitas materi pembelajaran dan menyesuaikan dengan karakteristik belajar siswa

3. Menerapkan pendekatan keterampilan proses sains, seperti observasi, pengamatan, dan eksperimen, guna memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran.

4. Menyediakan sumber belajar yang beragam, seperti buku, video, dan perangkat lunak, guna mendukung variasi dalam pembelajaran.

5. Melaksanakan evaluasi secara berkala agar dapat mengetahui efektivitas dan efisiensi model pembelajaran CLIS.

6. Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran guna mendukung pembelajaran yang efektif dan efisien.

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Ariyanti Dwi Wahyuningsih གིས-
assalamualaikum wr wb
Nama : ariyanti dwi wahyuningsih
Npm : 2213022062

apa saja Langkah langkah model pembelajaran Children Learning in Science?
In reply to Ariyanti Dwi Wahyuningsih

Re: RUANG DISKUSI

silfia herlina གིས-
assalamualaikum wr wb
Nama : silfia herlina
npm: 2213022039

izin menjawab pertanyaan dari
ariyanti dwi wahyuningsih

Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terdiri dari lima langkah yaitu (1) orientasi,
(2) pemunculan gagasan,
(3) penyusunan ulang gagasan, (4) penerapan gagasan, dan
(5) pemantapan gagasan.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Rain Rizky Maritza གིས-
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

izin bertanya
Apakah ruang lingkup dari CLIS hanya berbatas pada fenomena alam?

Terimakasih
waalaikumsalam wr.wb
In reply to Rain Rizky Maritza

Re: RUANG DISKUSI

Indah Indah Dwi Jayanti གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh ,

nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049

Izin menjawab pertanyaan rain Rizky , Seperti yang telah diketahui CLIS
(Children Learning In Science)
merupakan model pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatumasalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide atau gagasan berdasarkanhasil pengamatan atau percobaan.Para ilmuan pada umumnya berpandangan bahwa sains sebagai suatu bentuk metoda yang berpusat kepada pembuktian suatu hipotesa. Sebagian besar para filosof menyatakan bahwasannya sains dipandang sebagai jalan untuk mendapatkan kebenaran dari apa yangdiketahui. Dari pandangan ini dapat dinyatakan bahwa sains adalah suatu bentuk cara berfikir untuk memahami gejala alam, sebagai suatu cara penyelidikan tentang kejadianalam, dan sebagai batang tubuh keilmuan yang diperoleh dari suatu penyelidikan(Supriyadi, 2003).Selanjutnya, Rohadi (2001) menyimpulkan bahwa: 1) IPA dapat dipandang sebagai suatu proses dari upaya manusia untuk memahami berbagai gejala alam, 2) IPA dapat dipandangsebagai suatu produk dari upaya manusia untuk memahami berbagai gejala alam. Produkini berupa prinsip-prinsip, teori-teori, hukum-hukum, konsep-konsep maupun fakta-faktayang kesemuanya itu ditujukan untuk menjelaskan tentang berbagai gejala alam, 3) IPAdapat dipandang sebagai faktor yang dapat mengubah sikap dan pandangan manusiaterhadap alam semesta, dari sudut pandang mitologis menjadi sudut pandang ilmiah.Jadi, sesuai dengan namanya
Children Learning In Science
atau cara anak belajar sains,model pembelajaran CLIS dapat dinyatakan bahwa sains adalah suatu bentuk cara berfikiruntuk memahami gejala alam, sebagai suatu cara penyelidikan tentang kejadian alam, dansebagai batang tubuh keilmuan yang diperoleh dari suatu penyelidikan.CLIS sangat tepat diterapkan pada pembelajaran sains/IPA. Hal ini karena dalam pelajaranIPA selalu ada konsep ilmiah yang dapat dibuktikan oleh siswa dengan bimbingan gurumelalui kegiatan ilmiah (pengamatan dan percobaan). Namun, tidak menutup
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Ikha Aryanti གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Ikha Aryanti
Npm : 2213022050
No urut : 06

Izin bertanya
Apa saja faktor faktor yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran CLIS ini?

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sekian Terimakasih
In reply to Ikha Aryanti

Re: RUANG DISKUSI

Andia Nur Afifah གིས-
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036
No Urut: 01

Izin menjawab,
Faktor faktor yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran CLIS antara lain:
1. Menciptakan situasi belajar terbuka dan memberikan kebebasan pada siswa
dalam mengemukakan ide atau gagasan.
2. Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya pada teman atau gurunya,
kemudian pada akhir kegiatan pembelajaran guru menjelaskan konsep-konsep
ilmiah untuk menghindari miskonsepsi pada siswa
3. Memberikan tugas perorangan yang dikerjakan siswa di rumah berupa PR
sebagai penerapan konsep.
In reply to Ikha Aryanti

Re: RUANG DISKUSI

Wayan Sinta Dewi Saputri གིས-
Wayan Sinta Dewi Saputri
2213022054
No.urut 03

Izin menjawab pertanyaan dari ikha, Faktor-faktor penting dalam pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran CLIS ini adalah: menciptakan situasi belajar terbuka dan memberikan kebebasan pada siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan, memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya pada teman atau gurunya.
Sekian terimakasih.
In reply to Ikha Aryanti

Re: RUANG DISKUSI

Fadila Aulia Ibnu གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Fadila Aulia Ibnu
Npm:2213022052
No urut:7

Izin menjawab pertanyaan dari ikha Ariyanti
Faktor-faktor penting dalam pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran CLIS ini adalah: menciptakan situasi belajar terbuka dan memberikan kebebasan pada siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan, memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya pada teman atau gurunya.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin bertanya, Sebutkan Contoh dan Tujuan Pembelajaran CLIS!

Sekian terima kasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika

Re: RUANG DISKUSI

Kharinta Oxana Ferodova གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No. Urut : 21

Izin menjawab pertanyaan dari saniya
Contoh Penerapan pembelajaran CLIS adalah kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa dalam kegiatan pengamatan dan percobaan dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). CILS pada dasarnya singkatan dari Children Learning In Science dimana tujuan model pembelajaran ini ialah membentuk pengetahuan dalam memberi peserta didik agar pengetahuan tersebut mampu masuk dalam ingatan murid.
Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Firda Amalia Hanifah གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm : 2213022053
No urut 14

Izin bertanya
Apa saja ciri ciri model pembelajaran CLIS?
sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Firda Amalia Hanifah

Re: RUANG DISKUSI

MALIKA MALIKA GHIFARINA གིས-
assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh
nama: malika ghifarina
npm: 2203022041
no 13
izin menjawab pertanyaan firda
Beberapa ciri-ciri dari model pembelajaran CLIS antara lain:

Mengutamakan pembelajaran yang aktif dan partisipatif, di mana siswa lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran.

Menyajikan materi pembelajaran secara kontekstual dan berbasis masalah, sehingga siswa dapat memahami hubungan antara konsep-konsep sains dengan kehidupan sehari-hari.

Menggunakan pendekatan pembelajaran yang terintegrasi antara sains dengan keterampilan lain, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen atau observasi langsung, sehingga siswa dapat mengalami konsep-konsep sains secara langsung.

Mendorong siswa untuk memecahkan masalah nyata yang terkait dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan kritis dan kreativitas mereka.

terimakasi
wassalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Amar Firdaus གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Amar Firdaus
2213022040
No urut 12

izin bertanya
Apa saja kelemahan model pembelajaran CLIS menurut salwin?

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Amar Firdaus

Re: RUANG DISKUSI

Indah Indah Sukma Melati གིས-
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarrokatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama: Indah Sukma Melati
Npm:2213022047
No urut:17

Izin menjawab pertanyaan dari amar
M.D Salwin (1996:8) mengemukakan beberapa kelemahan model pembelajaran
CLIS antara lain :
1. Guru dituntut untuk menyiapkan model pembelajaran untuk setiap
topik pembelajaran dan sarana laboratorium harus lengkap.
2. Siswa yang belum terbiasa belajar mandiri atau berkelompok akan
merasa asing dan sulit untuk dapat menguasai konsep.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Mahmudatul Khoiriyah གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213022042
No. urut 16

Izin bertanya, Bagaimana CLIS membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada anak-anak?

Sekian, terima kasih
In reply to Mahmudatul Khoiriyah

Re: RUANG DISKUSI

Rana Zayyan གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rana Zayyan
NPM : 2213022038
No Urut : 31
izin menjawab pertanyaan dari Mahmudatul Khoiriyah,
CLIS membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada anak-anak dengan memberikan kesempatan untuk melakukan eksplorasi, menemukan pola-pola baru, membuat hipotesis, menguji ide, dan merancang solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi. Dengan cara ini, anak-anak belajar untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah, menganalisis informasi, dan membuat keputusan yang baik. Selain itu, CLIS juga membantu anak-anak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka dengan cara mempresentasikan hasil penemuan mereka secara lisan atau tertulis.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

niken novia wenty གིས-
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin bertanya

karakteristik model pembelajaran CLIS dilandasi oleh?
In reply to niken novia wenty

Re: RUANG DISKUSI

Lintang Nimas k གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

karakteristik model pembelajaran CLIS dilandasi oleh?

Adapun karakteristik model pembelajaran CLIS antara lain: dilandasi oleh pandangan konstruktivisme, pembelajaran berpusat pada siswa, melakukan aktifitas hands on/minds on, dan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Faktor-faktor penting dalam pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran CLIS ini adalah: menciptakan situasi belajar terbuka dan memberikan kebebasan pada siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan, memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya pada teman atau gurunya, kemudian pada akhir kegiatan pembelajaran guru menjelaskan konsep-konsep ilmiah untuk menghidari miskonsepsi pada siswa dan memberikan tugas perorangan yang dikerjakan siswa di rumah berupa PR sebagai penerapan konsep.

Artikel ini telah terbit di :
https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/01/08/pembelajaran-perubahan-pada-benda-lebih-mudah-dengan-model-clis/
Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm ,: 2213022044
No. Urut : 2
Izin bertanya

Apakah ruang lingkup CLIS hanya terbatas pada fenomena alam?

Sekian, terimakasih
In reply to SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044

Re: RUANG DISKUSI

Amelia Amelia Choirunnisa གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri:

Nama: Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No : 9

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama : Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm ,: 2213022044
No. Urut : 2

Tidak, ruang lingkup Children Learning in Science tidak hanya terbatas pada fenomena alam saja. Pembelajaran sains bagi anak-anak meliputi berbagai topik dan aspek ilmu pengetahuan, termasuk ilmu fisika, biologi, kimia, dan sains lingkungan. Selain itu, pembelajaran sains juga mencakup aspek teknologi, seperti teknologi informasi, teknologi medis, dan teknologi pertanian.

Dalam pembelajaran sains, anak-anak diajarkan tentang cara kerja dunia di sekitar mereka, bagaimana benda-benda bekerja, bagaimana manusia dan hewan hidup, serta bagaimana lingkungan mempengaruhi kehidupan kita. Anak-anak juga belajar tentang cara-cara untuk menjaga lingkungan hidup, menjaga kesehatan dan kesejahteraan, dan bagaimana sains dapat digunakan untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Dengan demikian, ruang lingkup Children Learning in Science sangat luas dan mencakup berbagai topik dan aspek ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbeda

Sekian, terimakasih
In reply to SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044

Re: RUANG DISKUSI

Firda Amaliya གིས-
nama : Firda Amaliya
npm : 2213022061
no urut : 5
izin menjawab pertanyaan Salsabila Putri Azahra Kesuma

Apakah ruang lingkup dari CLIS hanya berbatas pada fenomena alam?Jawaban:Seperti yang telah diketahui CLIS
(Children Learning In Science)
merupakan model pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatumasalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide atau gagasan berdasarkanhasil pengamatan atau percobaan. memahami gejala alam, sebagai suatu cara penyelidikan CLIS sangat tepat diterapkan pada pembelajaran sains/IPA. Hal ini karena dalam pelajaranIPA selalu ada konsep ilmiah yang dapat dibuktikan oleh siswa dengan bimbingan gurumelalui kegiatan ilmiah (pengamatan dan percobaan). Namun, tidak menutup kemungkinan model pembelajaran CLIS dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain misalnya Matematika, PKn, dll. Adapun syarat model pembelajaran CLIS ini dapat diterapkan pada suatu mata pelajaran antara lain sebagai berikut.

•Mata pelajaran tersebut mengandung konsep ilmiah yang dapat dibuktikan sendiri oleh siswa dengan bimbingan guru melalui pengamatan, percobaan atau terjun langsung melaksanakannya.

•Dalam tahapan orientasi, guru harus mampu mengemas secara menarik sebuah fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mempertontonkan kepada siswa secara nyata agar konsepsi awal siswa bisa terfokus pada fenomena tersebut. Misalnya fenomena pada tahapan orientasi dapat disajikan melalui kegiatan nyata, sekumpulan gambar atau video yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.

• Guru harus terampil dalam mengemas materi pembelajaran serta terampil mengondisikan alur pemikiran siswa agar sesuai dengan tahapan model pembelajaran CLIS. (Misalnya dalam pembelajaran PKn dengan materi Kebebasan Berorganisasi, siswa diajak secara langsung untuk melaksanakan proses pemilihan ketua kelas sehingga siswa tahu secara nyata bagaimana proses hingga ketua kelas tersebut terpilih dan siswa dengan bimbingan guru benar-benar merasakan etika dalam berdemokrasi, menyampaikan pendapat dan menghargai hasil keputusan bersama).

•Guru harus menguasai teknik bertanya probing atau melontarkan pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali pemahaman siswa agar guru mampu mengetahui sejauh mana kemampuan dan pemahaman siswa dalam mengkonstruksi gagasan baru/gagasan ilmiah yang telah diperolehnya melalui kegiatan pengamatan, percobaan ataupun terjun langsung di lapangan.

•Guru harus mampu memberikan umpan balik yang dapat menguatkan gagasan ilmiah yang telah diperoleh siswa. Hal ini penting dilakukan dalam tahap pemantapan gagasan. Selain itu, guru juga harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan daya pikir siswa melalui umpan balik yang dilontarkan sehingga pikiran siswa dapat berkembang ke arah yang lebih kompleks setelah memperoleh konsep ilmiah.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

Meilani Wulandari གིས-
Assalamualaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
nama : Meilani Wulandari
npm : 2213022035
no urut : 30

izin bertanya
Apa tujuan model pembelajaran CLIS secara umum?

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb
In reply to Meilani Wulandari

Re: RUANG DISKUSI

Rizka Agustin གིས-
assalamualikum wr wb
izin memperkenalkan diri
Nama : Rizka Agustin
NPM. :2213022037
No.absen :25

Izin menjwab pertanyaan dari meilani wulandari
Secara umum, model pembelajaran CLIS bertujuan membentuk pengetahuan (konsep) ke dalam memori awal siswa agar konsep tersebut dapat bertahan lama, karena model pembelajaran CLIS memuat sederetan tahap-tahap kegiatan siswa dalam mempelajari konsep yang diajarkan.

sekian,terimakasih
wassalamualikum wr wb