Diskusi Pertemuan 8

Diskusi Pertemuan 8

Re: Diskusi Pertemuan 8

by Isnaini 2216041156 -
Number of replies: 0
Nama : Isnaini
Npm: 2216041156

Menanggapi pertanyaan diatas dalam materi yang disampaikan pada link berita tersebut terdapat bahwa ada seorang pasien yang tak sabar akan rasa sakit yang dialaminya sehingga pasien tersebut beranggapan bahwa dokter internship tidak baik dalam melayani pasien tersebut apalagi pasien tersebut menggunakan BPJS. Hal ini pun menimbulkan konflik antara dokter internship dan pasien. Sampai-sampai pasien memberikan kejadian yang tidak wajar terhadap dokter. Hal ini juga dapat melanggar hukum yang berlaku terkait ham dan perlindungan terhadap dokter.

Menurut saya, komunikasi antara dua pihak tersebut kurang baik sehingga menimbulkan kesalahpahaman diantara keduanya. Selain itu, pasien juga memiliki sikap yang egois dan tak sabaran . Padahal tidak semua reaksi kimia dalam obat berjalan sebegitu cepatnya.

Jadi, dalam kasus ini. Kedepannya pasien dan dokter harus mengedepankan dan mengimplementasikan etika yang benar. Sebagai pasien, kita harus sabar dalam penanganan yang diberikan oleh dokter. Selagi itu masuk akal, kita harus sabar dalam menghadapi serta menunggu hasilnya.
Kemudian, perlu ditingkatkan pelayanan bagi pasien pemegang BPJS kesehatan supaya mereka merasa dihargai. Apalagi, para dokter juga dapet komisi dari sistem BPJS tersebut. Karena dokter dan pasien sama sama mendapatkan keuntungan maka keduanya harus saling menghargai, menjaga komunikasi dengan baik, tidak semena-mena, dan mematuhi peraturan yang ada.