Selamat pagi class, silahkan berdiskusi disini ya kelompok 9
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi teman-teman kelompok 5!
Hari ini kita diskusi mengenai aplikasi pendekatan pemecahan masalah yaa.
Hari ini kita diskusi mengenai aplikasi pendekatan pemecahan masalah yaa.
wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, pagii jihan
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh, pagi Jihan
Kita akan menganalisis video seperti pertemuan sebelumnya ya
siapp, baca-baca materi dulu ya
Menurut saya video pembelajaran diatas telah menerapkan aalah satu strategi pendekatan pemecahan masalah yaitu strategi act it out dimana strategi ini bertujuan membantu siswa memvisualisasikan soal/materi yang diberikan menggunakan contoh objek konkret dalam kehidupan sehari-hari. Dalam video pembelajaran ini guru memberikan contoh benda konkret yaitu akuarium dalam membahas materi volume kubus dan balok
Tetapi menurut pemahaman saya, jika menggunakan strategi act it out maka digunakan pergerakan benda konkret yang artinya benda tersebut harus benar-benar dilihat secara langsung oleh siswa.
Jadi jika hanya memberikan contoh benda konkret ya saja berarti tidak menerepkan strategi tersebut ya?
Benar, karena strategi act it out itu adanya gerakan-gerakan fisik
Jadi video ini termasuk dalam strategi apa
Sebenarnya strategi yang dimaksud disini adalah strategi yang digunakan siswa untuk menyelesaikan/memecahkan masalah. Sedangkan, pemecahan masalah pada video dilakukan dalam kelompok sehingga tidak bisa dipastikan strategi mana saja yang dipakai oleh siswa. Akan tetapi, pada saat siswa mempresentasikan hasil pemecahan masalah, siswa membuat gambar terlebih dahulu maka dapat dipastikan bahwa salah satu strategi yang digunakan adalah strategi membuat gambar. Selain itu alur pemecahan masalah dengan menuliskan informasi yang diketahui pada soal, yang ditanyakan serta hasil pemecahannya dapat menunjukkan bahwa siswa juga menerapkan strategi menentukan yang diketahui, yang ditanyakan, dan informasi yang diperlukan.
Saya setuju bahwa video pembelajaran tersebut telah menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Akan tetapi penerapan tersebut dilihat berdasarkan aktivitas dalam pendekatan pemecahan masalah menurut Polya (1993), yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahannya, menyelesaikan masalah, dan looking back. Aktivitas tersebut dapat dilihat ketika siswa mengerjakan LKPD. Karena pada saat siswa mengerjakan LKPD, pasti terlebih dahulu ia akan mencoba memahami masalah berupa soal pada LKPD yang diberikan. Setelah itu siswa dalam kelompok akan bersama-sama merencanakan langkah apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Kemudian mereka akan melakukan pemecahan masalah dengan menuliskan jawaban soal pada LKPD. Kemudian setelah dipresentasikan, guru bersama dengan siswa akan memeriksa kembali jawaban mereka. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada video telah menerapkan pendekatan pemecahan masalah.
Saya setuju dengan pendapat saudari jihan
Saya sependapat dengan saudara Jihan
Sebelum kita analisis video nya, kita diskusikan dulu ya, pendekatan pemecahan masalah matematika itu yang seperti apa...
Sebagai balasan Jihan Tama Farasiska 2113021027
Re: Kelompok 5
Pemecahan masalah pada dasarnya ialah proses seseorang yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya sampai masalah itu tidak menjadi masalah lagi baginya (Hudojo, 1988 dalam Aisyah, 2008). Jadi, dapat saya simpulkan bahwa pendekatan pemecahan masalah matematika itu merupakan pendekatan dalam pembelajaran dimana aktivitas siswa dalam belajar adalah dengan melakukan pemecahan masalah berupa soal matematika.
Berikut tujuan pendekatan pemecahan masalah:
Pendekatan pemecahan masalah merupakan pendekatan dengan maksud agar siswa memahami suatu bahasan dan sanggup menerapkan konsep yang diperolehnya untuk dapat memecahkan masalah (Kusuma, 2016).
Pendekatan pemecahan masalah merupakan pendekatan dengan maksud agar siswa memahami suatu bahasan dan sanggup menerapkan konsep yang diperolehnya untuk dapat memecahkan masalah (Kusuma, 2016).
Baik, jadi pembelajaran yang menerapkan pendekatan pemecahan masalah mempunyai tujuan utama agar siswa dapat memahami materi/bahasan pembelajaran melalui aktivitas yang dilakukan dalam memecahkan masalah.
Dalam buku Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Praktik (2015) dijelaskan bahwa pemecahan masalah adalah proses pemikiran dan pencarian jalan keluar. Macam-macam metode pemecahan masalah di antaranya lewat pengalaman masa lalu, berdasarkan firasat, trial and error, pemikiran ilmiah, dan secara rasional.
Dalam prosesnya, ada empat tahap yang dilalui seseorang untuk menyelesaikan masalah. Prosedur pemecahan masalah sebagai berikut :
1. Memahami masalah
2. Merencanakan penyelesaian
3. Penyelesaian masalah sesuai rencana
4. Melakukan pengecekan terhadap semua langkah yang sudah dikerjakan
Dalam prosesnya, ada empat tahap yang dilalui seseorang untuk menyelesaikan masalah. Prosedur pemecahan masalah sebagai berikut :
1. Memahami masalah
2. Merencanakan penyelesaian
3. Penyelesaian masalah sesuai rencana
4. Melakukan pengecekan terhadap semua langkah yang sudah dikerjakan
Baik, prosedur pemecahan masalah tersebut sudah sesuai dengan sumber yang saya baca.
Dikarenakan waktu kuliah telah habis, maka diskusi lebih lanjut mengenai penyusunan laporan hasil analisis akan kita lanjutkan mengenai grup wa. Saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam memandu jalannya diskusi pada hari ini. Saya akhiri,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh