FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 26

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Nindi Putri Indah Sari -
Nama: Nindi Putri Indah Sari
Npm: 2213022083
No urut: 09 (Ganjil)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin bertanya termasuk teori belajar apakah model pembelajaran Keterampilan Proses Sains? Terimakasih
In reply to Nindi Putri Indah Sari

Re: RUANG DISKUSI

by Lutfiah Mazidah -
Nama: Lutfiah Mazidah
Npm: 2213022086
No urut: 10(genap)

Waalaikummussalam warahmatullahi wabarakatuh

Izin menjawab pertanyaan dari nindi,termasuk ke dalam teori konstruktivisme, teori Konstruktivisme adalah teori dasar model pembelajaran Keterampilan Proses Sains. Esensi dari teori konstruktivisme adalah ide bahwa siswa sendiri yang menemukan atau menstransformasikan suatuinformasi dan secara aktif membangun sistem pemahaman terhadap suatu pengetahuan melalui pengalaman.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by PUPUT PUPUT RAHAYU -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh
Nama :Puput Rahayu
Npm : 2253022001
No urut : 19
Izin bertanya
Keterampilan apa saja yang akan di peroleh anak usia dini dalam proses sains?

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh
In reply to PUPUT PUPUT RAHAYU

Re: RUANG DISKUSI

by Mila Rosalia Putri -
Nama : Mila Rosalia Putri
Npm : 2213022099
No. Urut : 20

Izin menjawab pertanyaan dari No 19
Keterampilan proses ilmiah pada pembelajaran anak usia dini memungkinkan anak untuk memproses informasi baru melalui eksperimen. Keterampilan yang paling sesuai untuk anak usia dini adalah mengamati, mengklasifikasi, membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan dan eksperimen.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Risyania Az zuhruf -
Nama : Risyania az zuhruf
Npm : 2213022093
No urut : 5(ganjil)

Izin bertanya, mengapa seorang guru IPA ketika mengajar harus menerapkan keterampilan proses sains?
In reply to Risyania Az zuhruf

Re: RUANG DISKUSI

by Mutia Azizah -
Nama : Mutia azizah
NPM : 2213022069
No urut : 6

Izin menjawab
Adanya keterampilan proses sains diharapkan siswa dapat menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa dapat mengembangkan kemampusn berpikir kritis dan kreatif karena mereka terlibat langsung dalam memecahkan suatu permasalahan.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by ismi pranika -
Nama : ismi pranika
Npm : 2213022084
No urut : 29 (ganjil)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,izin bertanya Apakah keterampilan proses sains penting untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Rizka Diah Nuariyanti 2213022078 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Rizka Diah Nuariyanti
Npm : 2213022078
No. Urut : 1
Izin bertanya
Sebutkan aspek keterampilan proses sains menurut Gege?
Terimakasih
In reply to Rizka Diah Nuariyanti 2213022078

Re: RUANG DISKUSI

by Rabiatul Adawwiah -
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh

Nama : Rabiatul Adawwiah
Npm : 2213022073
No. Urut : 2
Izin menjawab pertanyaan dari Rizka Diah Nuariyanti

Aspek Keterampilan Proses Sains Menurut Gege

1. Pengamatan (observasi)
2. Pengklasifikasian
3. Pengukuran
4. Identifikasi dan pengendalian variabel
5. Perumusan Hipotesa 6. Perancangan Eksperimen
7. Penyimpulan Hasil Eksperimen
8. Pengkomunikasian Hasil Eksperimen

Terimakasih banyak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Jennita Yuliana -
Nama : jennita yuliana
Npm : 2213022075
No urut : 29

Izin bertanyaa Bagaimana cara mengajarkan keterampilan proses sains?
Terimakasih
In reply to Jennita Yuliana

Re: RUANG DISKUSI

by Isna Zakiyah Solehah -
Nama : Isna Zakiyah Solehah
Npm : 2213022067
No urut : 25

Izin bertanya apakah teori belajar behaviorisme masih relevan diterapkan dalam bidang pembelajaran ?
In reply to Isna Zakiyah Solehah

Re: RUANG DISKUSI

by Ananda Suci Ariefiana -
Nama:Ananda suci Ariefiana
Npm:2213022090
No 26
Izin menjawab

Tingkah laku siswa merupakan reaksi-reaksi terhadap lingkungan dan segenap tingkah laku merupakan hasil belajar. Pembelajaran behavioristik meningkatkan mutu pembelajaran jika dikenalkan kembali penerapannya dalam pembelajaran. Berdasarkan komponennya, teori ini relevan digunakan dalam pembelajaran sekarang ini.
In reply to Jennita Yuliana

Re: RUANG DISKUSI

by Ririn Elysa -
Nama : Ririn Elysa
Npm : 2213022095
No.urut : 7

Izin bertanya Sebutkan 5 Langkah keterampilan proses sains dasar?
In reply to Ririn Elysa

Re: RUANG DISKUSI

by Risnawati Hutapea -
Nama : Risnawati Hutapea
NPM : 2213022079
NO urut 8
izin menjawab pertanyaan ririn elysa
Keterampilan proses dasar terdiri dari keterampilan mengamati (melakukan observasi), keterampilan mengukur (melakukan pengukuran), keterampilan memprediksi (meramalkan), keterampilan mengelompokkan (mengklasifikasi), menginferensi (mengemukakan asumsi) dan keterampilan mengkominikasi.
In reply to Jennita Yuliana

Re: RUANG DISKUSI

by Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa -
Nama : Siti Ulfa Nur Annisa
NPM : 2213022088
No Urut 13 :

Izin Bertanya
Mengapa keterampilan proses sains perlu dikembangkan pada siswa sekolah dasar ?
In reply to Ulfa Siti Ulfa Nur Annisa

Re: RUANG DISKUSI

by Yuli Yani Permata Sakti -
Nama : Yuli Yani Permata Sakti
NPM : 2213022068
N Urut : 14

Izin menjawab pertanyaa Siti Ulfa Nur Annisa

Keterampilan proses perlu dikembangkan dalam pengajaran sains karena keterampilan proses dapat membantu siswa belajar mengembangkan pikirannya, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penemuan, meningkatkan daya ingat, memberikan kepuasan intrinsik bila anak telah berhasil melakukan sesuatu.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Melda Adinda Putri -
Nama: Melda Adinda Putri
Npm: 2213022072

Izin bertanya
Mengapa keterampilan proses sains itu pentingnya bagi Menguasai KPS?
In reply to Melda Adinda Putri

Re: RUANG DISKUSI

by Fita Fita Agustia -
Nama: Fita agustia
Npm:2213022091
No urut: 4

Izin menjawab pertanyaan dari melda
keterampilan proses sains penting untuk diajarkan karena dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan berprilaku aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memiliki kualitas dan kuantitas hasil belajar yang lebih tinggi daripada hanya sekedar menghafal.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Isma Salwa -
Nama: Isma Salwa
Npm: 221322096
No urut: 23

Izin bertanya,
Mengapa keterampilan proses sains perlu dikembangkan pada siswa sekolah dasar?
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Adinda Putri purnamasari -
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Izin memperknalkan diri
Nama : adinda putri purnamasari
Npm : 2213022092
No. Urit : 17
Izin bertanya, Mengapa keterampilan proses sains penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran IPA?
Terima kasih
In reply to Adinda Putri purnamasari

Re: RUANG DISKUSI

by Dwi Rahayu -
Walaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Dwi Rahayu
Npm : 2213022071
No urut : 18
Izin menjawab pertanyaan no urut 17
IPA sangat mengedepankan adanya suatu proses. Keterampilan proses sains sangat penting untuk dimiliki bagi peserta didik dalam proses pembelajaran karena dapat menjadikan peserta didik lebih kreatif dan berfikir logis dalam memecahkan masalah.
Terimakasih
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Nisa Ulfa Dila -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Nisa Ulfa Dila
NPM : 2213022085
No Urut: 27

Izin menjawab bertanya.

Mengapa keterampilan proses sains sangat penting?
In reply to Nisa Ulfa Dila

Re: RUANG DISKUSI

by Bella Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama: bella Wahyuni
Npm : 2213022080
No urut 28
Izin menjawab pertanyaan dari no urut 27
Keterampilan proses sains sangatlah penting untuk dimiliki bagi setiap peserta didik dalam melakukan sebuah proses pembelajaran, karena hal tersebut dapat menjadikan peserta didik menjadi lebih kreatif dan dapat berfikir logis dalam memecahkan setiap masalah. Keterampilan proses sains juga dapat digali melalui pembelajaran berbasis praktikum untuk lebih meningkatakan kemampuan siswa mengenai pembelajaran tentang sains.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Novia Mita Safitri -
NAMA : NOVIA MITA SAFITRI
NPM : 2213022081
NO ABSEN : 21

Izin bertanya.
Apa saja indikator pembelajaran keterampilan proses sains?
Terimakasih
In reply to Novia Mita Safitri

Re: RUANG DISKUSI

by YAYANG SAFITRI -
Izin menjawab
Nama : Yayang Safitri
Npm : 2213022089
No Absen : 22

Indikator keterampilan proses sains yaitu: keterampilan mengamati (observasi), mengelompokkan (klasifikasi), menafsirkan (interpretasi), meramalkan (prediksi), mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan, menerapkan konsep, dan berkomunikasi
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Agi Melianse -
Nama:Agi Melianse
NPM:2213022076
No urut:11

Izin bertanya.
Apa perbedaan keterampilan proses sains dasar dan terintegrasi?