FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

oleh Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Jumlah balasan: 31

Mhs bernomor urut ganjil mengajukan pertanyaan

Mhs bernomor urut genap menjawab salah satu pertanyaan

Pertanyaan yg sudah dijawab, tidak perlu dijawab lagi


Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh MALIKA MALIKA GHIFARINA -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Malika Ghifarina
NPM:2213022041
No: 13

Izin bertanya
Bagaimana cara memperbaiki dan mengembangkan keterampilan proses sains yang sudah dimiliki?

terimakasih
wassalamualikum warahmatullhi wabarakatuh
Sebagai balasan MALIKA MALIKA GHIFARINA

Re: RUANG DISKUSI

oleh Reza Santia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Santia
NPM : 2213022060
No urut : 26

Izin menjawab pertanyaan Malika Ghifarina
Untuk memperbaiki dan mengembangkan keterampilan proses sains yang sudah dimiliki, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Refleksi dan evaluasi: Tinjau kembali keterampilan proses sains yang sudah dimiliki dan identifikasi area yang perlu ditingkatkan. Evaluasi secara kritis apa yang telah dilakukan dan cari tahu cara untuk memperbaikinya.

Belajar dari sumber daya yang tersedia: Banyak sumber daya yang dapat membantu meningkatkan keterampilan proses sains, seperti buku teks, jurnal, artikel, video online, dan kursus online.

Berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah: Bergabung dengan komunitas sains atau kelompok penelitian dapat membantu meningkatkan keterampilan proses sains. Misalnya, ikut serta dalam proyek penelitian atau mengikuti seminar dan konferensi ilmiah.

Praktik: Keterampilan proses sains akan semakin terasah melalui latihan dan praktik secara terus-menerus. Berlatihlah dengan melakukan eksperimen sains, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menulis laporan penelitian.

Berkolaborasi dengan orang lain: Berdiskusi dan bekerja sama dengan orang lain dapat membantu meningkatkan keterampilan proses sains. Dalam berkolaborasi, kita dapat saling belajar dan memberikan umpan balik satu sama lain.

Terus mengembangkan diri: Selalu mencari cara untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berusaha untuk memperbaiki kelemahan kita.

Dengan melakukan hal-hal di atas secara terus-menerus, kita dapat memperbaiki dan mengembangkan keterampilan proses sains yang sudah dimiliki.

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Dwi Jayanti -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh , sebelumnya izin memperkenalkan diri

Nama : Indah Dwi Jayanti
Npm : 2213022049
No urut : 11

Izin bertanya , Bagaimana cara mengajarkan keterampilan proses sains?

Terimakasih , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Sebagai balasan Indah Indah Dwi Jayanti

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rain Rizky Maritza -
Assalamu'alaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rain Rizky Maritza
No urut : 4 (genap)
NPM   : 2213022063

Izin menjawab pertanyaan dari Indah Dwi Jayanti yaitu Bagaimana cara mengajarkan keterampilan proses sains?

jawaban
Keterampilan proses sains sebagai pendekatan dalam pembelajaran sangat penting karena menumbuhkan pengalaman selain proses belajar.
Dalam keterampilan proses terdapat tiga komponen yang perlu dikembangkan, yaitu: 1) kemampuan menggunakan pikiran (keterampilan intelektual), 2) kemampuan nalar, 3) perbuatan efisien dan efektif untuk mencapai hasil tertentu termasuk kreativitas. Komponen keterampilan intelektual dalam keterampilan proses sains terjadi sebagai hasil proses tranformasi atau informasi yang diterima otak.
Menurut Rustaman (2005:78) keterampilan proses meliputi: 1) keterampilan melakukan pengamatan (observasi), 2) mengelompokkan (klasifikasi), 3) menafsirkan pengamatan (interpretasi), 4) meramalkan (prediksi), 5) sains mengajukan pertanyaan, 6) berhipotesis, 7) merencanakan percobaan atau penyelidikan, 8) menggunakan alat dan bahan , 9) menerapkan konsep atau prinsip, 10) berkomunikasi.

Terimakasih
waalaikumsalam wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amaliya -
Nama: Firda Amaliya
NPM: 2213022061
No Urut: 5

Izin bertanya sebutkan empat alasan mengapa pendekatan proses sains diterapkan dalam proses belajar mengajar menurut Semiawan?
Sebagai balasan Firda Amaliya

Re: RUANG DISKUSI

oleh SALSABILA PUTRI AZAHRA KESUMA 2213022044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Salsabila Putri Azahra Kesuma
Npm : 2213022044
No.urut :2

Izin menjawab pertanyaan dari Firda Amaliya

Alasan pendekatan proses sains diterapkan dalam proses pembelajaran menurut Semiawan yaitu :

1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung semakin cepat sehingga tidak mungkin lagi guru mengajarkan sesuatu konsep dan fakta pada siswa.
2. Adanya kecenderungan bahwa siswa lebih memahami konsep yang rumit dan abstrak jika disertai dengan contoh yang kongkret.
3. Penemuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bersifat mutlak 100% tanpa relative.
4. DAlam proses belajar mengajar, pengembangan konsep tidak terlepas dari pengembangan sikap dan nilai dalam diri anak didik.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh silfia herlina -
assalamualaikum wr.wb
nama: silfia herlina
kelas: 2213022039

izin bertanya:
Mengapa dalam pembelajaran IPA perlu diterapkan pembelajaran keterampilan proses sains?
Sebagai balasan silfia herlina

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ariyanti Dwi Wahyuningsih -
assalamualaikum wr wb
Nama : ariyanti dwi wahyuningsih
Npm :2213022062
no urut:10

izin menjawab pertanyaan dari silfia herlina

Menerapkan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA menyebabkan guru menyajikan materi secara sistematis dan menarik serta dapat menampilkan konsep- konsep abstrak menjadi konkrit pada pokok bahasan “Energi Bunyi”, sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya.

wassalamualaikum wr wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Andia Nur Afifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Andia Nur Afifah
NPM: 2213022036
Nomor Urut: 1

Izin bertanya,
Apa saja aspek-aspek keterampilan proses sains menurut Dahar?

Sekian, terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Andia Nur Afifah

Re: RUANG DISKUSI

oleh Putri Nadia Sari -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Putri Nadia Sari
Npm: 2213022048
No.: 18

Izin menjawab pertanyaan dari Andia Nur Afifah
Jawab:
Aspek keterampilan proses sains menurut dahar yaitu:
1. Mengamati
2. Menafsirkan pengamatan
3. Meramalkan
4. Menggunakan alat dan bahan
5. Menerapkan konsep
6. Merencanakan penelitian
7. Berkomunikasi
8. Mengajukan pertanyaan

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Wayan Sinta Dewi Saputri -
Izin memperkenalkan diri
Nama: wayan sinta dewi saputri
Npm: 2213022054
Kelas: B
No.urut: 03

Izin bertanya, apa saja aspek keterampilan proses sains yang sering digunakan dalam proses pembelajaran?
Sekian terimakasih.
Sebagai balasan Wayan Sinta Dewi Saputri

Re: RUANG DISKUSI

oleh Angel angelina shinta augustin salsabela -
Izin memperkenalkan diri
Nama: angelina shinta augustin salsabela
Npm: 2213022055
Kelas: B
No.urut: 28

Izin menjawab pertanyaan dari wayan Sinta
Aspek keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 7 aspek, yaitu melakukan observasi, mengelompokkan, mengajukan hipotesis, merencanakan percobaan, menginterpretasi data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan hasil (Modifikasi dari Samatowa, 2016: 101-102 & Rustaman, 2003: 4).

Sekian terimakasih
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Lintang Nimas k -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19

Izin bertanya
Mengapa keterampilan proses sains penting dimiliki oleh siswa?

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Sebagai balasan Lintang Nimas k

Re: RUANG DISKUSI

oleh niken novia wenty -
Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri
Nama: Niken Novia Wenty
Npm: 2213022059
No urut: 20

Izin menjawab pertanyaan dari
Nama: Lintang Nimas k
NPM: 2213022057
No: 19

Pertanyaan:
Mengapa keterampilan proses sains penting dimiliki oleh siswa?

jawaban:
keterampilan proses sains penting untuk diajarkan karena dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan berprilaku aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memiliki kualitas dan kuantitas hasil belajar yang lebih tinggi daripada hanya sekedar menghafal.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amelia Amelia Choirunnisa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Amelia choirunnisa
NPM : 2213022045
No : 9

Bagaimana cara merumuskan hipotesis menggunakan model pembelajaran keterampilan proses sains yang sering digunakan dalam pembelajaran?

Sekian, terimakasih.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Kharinta Oxana Ferodova -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Kharinta Oxana Ferodova
Npm : 2213022058
No. Urut : 21

Izin bertanya
Keterampilan apa saja yang diperoleh anak dalam proses sains?

Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sebagai balasan Kharinta Oxana Ferodova

Re: RUANG DISKUSI

oleh Saniya Saniya Putri Ayu Febiolantika -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri
Nama : Saniya Putri Ayu F
Npm : 2213022056
No. Urut : 22

Izin menjawab pertanya dari Kharinta Oxana Ferodova, Mengamati, membandingkan, mengklasifikasi atau mengelompokkan, mengukur dan mengkomunikasikan.

Sekian terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Dini Rismawati -
Izin memperkenalkan diri
Nama: Dini Rismawati
NPM : 2213022043
NO urut: 24

Izin menjawab pertanyaan dari Wayan Sinta Dewi S.

Apa saja aspek keterampilan proses sains yang sering digunakan dalam proses pembelajaran?

Keterampilan proses sains yang sering digunakan adalah
a. Mengamati
Kemampuan mengumpulkan fakta, mengklasifikasi, mencari kesamaan dan perbedaan atau memilah-milah mana yang penting, kurang atau tidak penting, dengan menggunakan semua indera untuk melihat, mendengar, merasa,mengecap dan mencium.

b. Merumuskan Hipotesis
Membuat perkiraaan atau jawaban sementara yang beralasan (logis) untuk menerangkan suatu kejadian atau pengamatan tertentu. Kebenaran hipotesa akan diuji melalui percobaan.

c. Merencanakan Penelitian atau percobaan
Kemampuan yang merupakan rekapitulasi dari seluruh keterampilan proses, dimulai penentuan masalah sampai cara-cara melakukan penelitian dan keterampilan menggunakan alat/bahan.

d. Melakukan Penelitian atau Percobaan Kemampuan yang merupakan rekapitulasi dari seluruh keterampilan proses, dimulai dari penentuan masalah sampai cara-cara melakukan penelitian dan keterampilan menggunakan alat atau bahan.

e. Menginterpretasi atau menafsirkan data
Kemampuan mencatat hasil pengamatan dan menyatakan pola hubungan atau kecendrungan gejala tertentu yang ditunjukan oleh sejumlah data hasil pengamatan. Pernyataan ini hanya merupakan kesimpulan sementara dari suatu penelitian.

f. Menerapkan Konsep
Ilmiah kemampuan menerapkan konsep yang telah dikuasai untuk memecahkan masalah tertentu, atau menjelaskan suatu peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki.

g. Berkomunikasi
Kemampuan mendiskusikan dan menyampaikan hasil penemuannya kepada orang lain, baik secara lisan maupun tertulis berupa gambar, model,tabel, diagram dan grafik yang dikemas dalam bentuk laporan penelitian, peratau karangan ilmiah secara bersama-sama.


Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Fadila Aulia Ibnu -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Fadila Aulia Ibnu
Npm:2213022052
No urut: 7
Izin bertanya
Mengapa teori behaviorisme tidak dapat diterapkan dalam semua pembelajaran?
Sekian terimakasih
Sebagai balasan Fadila Aulia Ibnu

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ikha Aryanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
Nama : Ikha Aryanti
Npm : 2213022050
No urut : 6

Izin menjawab pertanyaan dari Fadila
Kekurangan Teori Belajar Behavioristik
Tidak semua pelajaran dapat memakai teori belajar behavioristik. Guru diharuskan untuk menyusun bahan pelajaran dalam bentuk yang sudah siap. Murid cenderung diarahkan untuk berpikir linier, konvergen, tidak kreatif, dan memposisikan murid sebagai murid pasif.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rana Zayyan -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Rana Zayyan
npm : 2213022038
no absen : 31

izin bertanya, Apa saja aspek - aspek keterampilan proses sains menurut Gega ?

sekian terimakasih
Sebagai balasan Rana Zayyan

Re: RUANG DISKUSI

oleh Mahmudatul Khoiriyah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mahmudatul Khoiriyah
Npm : 2213032042
No. urut : 16
Izin menjawab pertanyaan Rana zayyan, Apa saja aspek - aspek keterampilan proses sains menurut Gega ?
Jawab :
1. pengamatan (observasi)
2. pengklasifikasian
3. pengukuran
4. identifikasi dan pengendalian variabel
5. perumusan hipotesa
6. perancangan eksperimen
7. penyimpulan hasil eksperimen
8. pengkomunikasian hasil eksperimen

Sekian terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Indah Indah Sukma Melati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Nama:Indah Sukma Melati
Npm:221302204
No urut:17

Izin bertanya
Bagaimana pandangan teori konstruktivisme dalam proses pembelajaran?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Sebagai balasan Indah Indah Sukma Melati

Re: RUANG DISKUSI

oleh Amar Firdaus -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Amar Firdaus (2213022040)
No Urut 12

Izin menjawab pertanyaan dari Indah Sukma Melati

Pandangan konstruktivistik mengemukakan bahwa lingkungan belajar sangat mendukung munculnya berbagai pandangan dan interpretasi terhadap realitas, konstruksi pengetahuan, serta aktivitas-aktivitas lain yang didasarkan pada pengalaman. Hal ini memunculkan pemikiran terhadap usaha mengevaluasi belajar konstruktivistik.

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Leony Leony Laili Nafisah Sholekhah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Leony Laili Nafisah Sholekhah
NPM:2213022065
No urut:27

Izin mengajukan pertanyaan
Sebutkan kelemahan dan kelebihan teori belajar behaviorisme dan kognitivisme!

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Rizka Agustin -
assalamualikum wr wb
Izin memperkenalkan diri

Nama : Rizka Agustin
NPM. : 2213022037
No.absen : 25

Izin bertanya
apa dampak positif pendekatan teori belajar menggunakan keterampilan proses sains terhadap siswa?

sekian,terimakasih
wassalamuaikum wr wb
Sebagai balasan Rizka Agustin

Re: RUANG DISKUSI

oleh Meilani Wulandari -
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri

Nama : Meilani Wulandari
NPM : 2213022035
No Urut : 30

Izin menjawab pertanyaan dari Rizka Agustin

1). Dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran;
2). Mengalami sendiri proses untuk mendapatkankonsep-konsep pengetahuan;
3). Mengembangkan sikap ilmiah dan merangsang rasa ingin tahu siswa;
4). Mengurangi ketergantungan siswa terhadap orang lain dalam belajar;
5). Menumbuhkan motivasi instrinsik pada diri siswa;
6). Memiliki ketrampilan-ketrampilan dalam melakukan suatu kegiatan ilmiah sebagaimana yang biasa dilakukan para saintis pada diri siswa.

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Alfina Ramadani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Nama: Alfina Ramadani
Npm:2213022051
No urut: 23

Izin bertanya
Apa ciri belajar dan pembelajaran yang berlandaskan teori behaviorisme?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Sebagai balasan Alfina Ramadani

Re: RUANG DISKUSI

oleh Firda Amalia Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Firda Amalia Hanifah
Npm ; 2213022053
No. Urut : 14

Izin menjawab pertanyaan dari alfina Ramadhani
Ciri-ciri teori belajar behavioristik :
a. Mementingkan pengaruh lingkungan
b. Mementingkan bagian-bagian ( elementalistik )
c. Mementingkan peranan reaksi.
d. Mengutamakan mekanisme terbentuknya hasil belajar.

Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

oleh Ratna Arianty Sutrisno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ratna Arianty Sutrisno
NPM : 2213022034
No urut : 29

Izin bertanya
Apa pentingnya keterampilan kerja sama dalam proses sains?

terimakasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Ratna Arianty Sutrisno

Re: RUANG DISKUSI

oleh ASMARADANA ASMARADANA RIZKI AZIZ PRIABODO -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Asmaradana Rizki Aziz P
NPM: 2213022066
No urut: 08

Izin menjawab pertanyaan dari Ratna Ariyanti Sutrisno

Keterampilan kerja sama sangat penting dalam proses sains karena sains seringkali dilakukan dalam tim yang terdiri dari beberapa ahli dengan latar belakang yang berbeda-beda. Keterampilan kerja sama yang baik antar anggota tim dapat memungkinkan mereka untuk saling mengisi kekurangan dan memaksimalkan kekuatan masing-masing individu.

Selain itu, dalam proses sains, seringkali terdapat banyak percobaan yang harus dilakukan dan hasilnya harus dianalisis secara kritis. Dalam situasi seperti ini, kerja sama yang baik dapat membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.

Sekian,
Wassalamualaikum wr.wb